Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Musa Melihat Rupa Allah Bapa atau Yesus Kristus?

Debu tanah's picture

Siapakah manusia yang terbesar dalam Perjanjian Lama? Banyak yang sepakat bahwa Musa adalah nabi terbesar dalam Perjanjian Lama. Tentang Musa, TUHAN sendiri mengakui dia sebagai manusia yang paling lembut hatinya di seluruh muka bumi dan sebagai manusia yang berbicara secara langsung dengan Dia.

Bilangan
12:7 Bukan demikian hamba-Ku Musa, seorang yang setia dalam segenap rumah-Ku.
12:8 Berhadap-hadapan Aku berbicara dengan dia, terus terang, bukan dengan teka-teki, dan ia memandang rupa TUHAN. Mengapakah kamu tidak takut mengatai hamba-Ku Musa?"
12:9 Sebab itu bangkitlah murka TUHAN terhadap mereka, lalu pergilah Ia.

Benarkah Musa melihat rupa TUHAN? Rupa TUHAN yang mana yang dilihat oleh Musa? Allah Bapa atau Anak Allah (Yesus Kristus) ?

Banyak penafsir yang sepakat bahwa “Malaikat TUHAN” (dengan huruf “M” kapital) yang menampakkan dirinya kepada orang-orang dalam Perjanjian Lama adalah Yesus Kristus. Tetapi Alkitab mengajarkan bahwa manusia tidak mampu MELIHAT Allah, tidak mampu melihat kemuliaan Allah.

Ketika TUHAN menampakkan diri-Nya dan “berhadapan muka” dengan Musa, pastilah TUHAN tidak sedang dalam rupa “Malaikat TUHAN”, karena bila demikian, tidak perlu Allah mengatakan "Engkau tidak tahan memandang wajah-Ku, sebab tidak ada orang yang memandang Aku dapat hidup." Pertama kali Allah = TUHAN menampakkan diri-Nya kepada Musa dalam bentuk api yang menyala-nyala di semak duri.

KELUARAN
3:1. Adapun Musa, ia biasa menggembalakan kambing domba Yitro, mertuanya, imam di Midian. Sekali, ketika ia menggiring kambing domba itu ke seberang padang gurun, sampailah ia ke gunung Allah, yakni gunung Horeb.
3:2 Lalu Malaikat TUHAN menampakkan diri kepadanya di dalam nyala api yang keluar dari semak duri. Lalu ia melihat, dan tampaklah: semak duri itu menyala, tetapi tidak dimakan api.
3:3 Musa berkata: "Baiklah aku menyimpang ke sana untuk memeriksa penglihatan yang hebat itu. Mengapakah tidak terbakar semak duri itu?"
3:4 Ketika dilihat TUHAN, bahwa Musa menyimpang untuk memeriksanya, berserulah Allah dari tengah-tengah semak duri itu kepadanya: "Musa, Musa!" dan ia menjawab: "Ya, Allah."
3:5 Lalu Ia berfirman: "Janganlah datang dekat-dekat: tanggalkanlah kasutmu dari kakimu, sebab tempat, di mana engkau berdiri itu, adalah tanah yang kudus."
3:6 Lagi Ia berfirman: "Akulah Allah ayahmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub." Lalu Musa menutupi mukanya, sebab ia takut memandang Allah.

Tetapi kemudian Musa ingin melihat wajah TUHAN = Kemuliaan TUHAN:

Keluaran
33:18 Tetapi jawabnya: "Perlihatkanlah kiranya kemuliaan-Mu kepadaku."
33:19 Tetapi firman-Nya: "Aku akan melewatkan segenap kegemilangan-Ku dari depanmu dan menyerukan nama TUHAN di depanmu: Aku akan memberi kasih karunia kepada siapa yang Kuberi kasih karunia dan mengasihani siapa yang Kukasihani."
33:20 Lagi firman-Nya: "Engkau tidak tahan memandang wajah-Ku, sebab tidak ada orang yang memandang Aku dapat hidup."
33:21 Berfirmanlah TUHAN: "Ada suatu tempat dekat-Ku, di mana engkau dapat berdiri di atas gunung batu;
33:22 apabila kemuliaan-Ku lewat, maka Aku akan menempatkan engkau dalam lekuk gunung itu dan Aku akan menudungi engkau dengan tangan-Ku, sampai Aku berjalan lewat.
33:23 Kemudian Aku akan menarik tangan-Ku dan engkau akan melihat belakang-Ku, tetapi wajah-Ku tidak akan kelihatan."

Waktu melihat TUHAN, supaya tidak mati Musa harus “ditudungi" oleh tangan TUHAN. Tetapi Musa sama sekali tidak melihat wajah TUHAN, Alkitab jelas berkata Musa HANYA melihat bagian belakang Nya. Dalam perjanjian baru, manusia harus ditutupi dan dibasuh oleh darah Kristus supaya mampu datang ke hadapan Bapa. Inilah bukti pertama bahwa YHWH = TUHAN yang “menampakkan”  diri kepada Musa adalah Allah Bapa.

Bukti ke dua adalah bahwa Allah Anak belum pernah menyatakan dirinya kepada manusia selain dalam rupa Yesus Kristus:

IBRANI
9:24 Sebab Kristus bukan masuk ke dalam tempat kudus buatan tangan manusia yang hanya merupakan gambaran saja dari yang sebenarnya, tetapi ke dalam sorga sendiri untuk menghadap hadirat Allah guna kepentingan kita.
9:25 Dan Ia bukan masuk untuk berulang-ulang mempersembahkan diri-Nya sendiri, sebagaimana Imam Besar setiap tahun masuk ke dalam tempat kudus dengan darah yang bukan darahnya sendiri.
9:26 Sebab jika demikian Ia harus berulang-ulang menderita sejak dunia ini dijadikan. Tetapi sekarang Ia hanya satu kali saja menyatakan diri-Nya, pada zaman akhir untuk menghapuskan dosa oleh korban-Nya.
9:27 Dan sama seperti manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi,
9:28 demikian pula Kristus hanya satu kali saja mengorbankan diri-Nya untuk menanggung dosa banyak orang. Sesudah itu Ia akan menyatakan diri-Nya sekali lagi tanpa menanggung dosa untuk menganugerahkan keselamatan kepada mereka, yang menantikan Dia.

Ibrani 9:26 dengan eksplisit berkata bahwa Anak Allah HANYA satu kali menyatakan diri-Nya di dunia yaitu pada saat menjelma dalam diri Yesus Kristus. Jadi Yesus BELUM PERNAH menyatakan diri-Nya dalam Perjanjian Lama, karena Allah Bapa belum mengutus Anak Allah ke dunia.

Bukti ke tiga: Musa adalah Tipologi Kristus dalam perjanjian lama. Allah menyelamatkan manusia dengan mengutus Anak Allah menjadi manusia dalam diri Yesus Kristus. Sama seperti Allah Bapa mengutus Musa menyelamatkan bangsa Israel. Bahkan dengan eksplisit disebutkan bahwa TUHAN mengangkat Musa sebagai Allah !

Tentang Musa:

Keluaran
3:6 Lagi Ia berfirman: "Akulah Allah ayahmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub." Lalu Musa menutupi mukanya, sebab ia takut memandang Allah.
3:7. Dan TUHAN berfirman: "Aku telah memperhatikan dengan sungguh kesengsaraan umat-Ku di tanah Mesir, dan Aku telah mendengar seruan mereka yang disebabkan oleh pengerah-pengerah mereka, ya, Aku mengetahui penderitaan mereka.
3:8 Sebab itu Aku telah turun untuk melepaskan mereka dari tangan orang Mesir dan menuntun mereka keluar dari negeri itu ke suatu negeri yang baik dan luas, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya, ke tempat orang Kanaan, orang Het, orang Amori, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus.
3:9 Sekarang seruan orang Israel telah sampai kepada-Ku; juga telah Kulihat, betapa kerasnya orang Mesir menindas mereka.
3:10 Jadi sekarang, pergilah, Aku mengutus engkau kepada Firaun untuk membawa umat-Ku, orang Israel, keluar dari Mesir."

Keluaran 7:1. Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Lihat, Aku mengangkat engkau sebagai Allah bagi Firaun, dan Harun, abangmu, akan menjadi nabimu.

Tentang Yesus:

Matius  10:40 Barangsiapa menyambut kamu, ia menyambut Aku, dan barangsiapa menyambut Aku, ia menyambut Dia yang mengutus Aku.

Yohanes
5:20 Sebab Bapa mengasihi Anak dan Ia menunjukkan kepada-Nya segala sesuatu yang dikerjakan-Nya sendiri, bahkan Ia akan menunjukkan kepada-Nya pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar lagi dari pada pekerjaan-pekerjaan itu, sehingga kamu menjadi heran.
5:21 Sebab sama seperti Bapa membangkitkan orang-orang mati dan menghidupkannya, demikian juga Anak menghidupkan barangsiapa yang dikehendaki-Nya.
5:22 Bapa tidak menghakimi siapapun, melainkan telah menyerahkan penghakiman itu seluruhnya kepada Anak,
5:23 supaya semua orang menghormati Anak sama seperti mereka menghormati Bapa. Barangsiapa tidak menghormati Anak, ia juga tidak menghormati Bapa, yang mengutus Dia.

Bahkan Perjanjian Baru  dengan jelas memperbandingkan jalan keselamatan oleh hukum Musa dengan jalan keselamatan oleh Anak Allah.

Ibrani
10:28 Jika ada orang yang menolak hukum Musa, ia dihukum mati tanpa belas kasihan atas keterangan dua atau tiga orang saksi.
10:29 Betapa lebih beratnya hukuman yang harus dijatuhkan atas dia, yang menginjak-injak Anak Allah, yang menganggap najis darah perjanjian yang menguduskannya, dan yang menghina Roh kasih karunia?


KESIMPULAN

1.    Allah Bapa lah yang mengutus Anak Allah ke dunia untuk menyelamatkan manusia dan Allah Bapa juga yang telah mengutus Musa untuk menyelamatkan bangsa Israel dalam Perjanjian Lama.
2.    YHWH adalah Allah Bapa yang menyatakan diri kepada manusia dalam perjanjian lama.

Note:
Blog ini ditulis untuk menyanggah blog sesat yang INI.

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Samuel Franklyn's picture

Musa melihat Yesus dalam kemuliaanNya secara penuh

Waktu melihat TUHAN, supaya tidak mati Musa harus “ditudungi" oleh tangan TUHAN. Tetapi Musa sama sekali tidak melihat wajah TUHAN, Alkitab jelas berkata Musa HANYA melihat bagian belakang Nya. Dalam perjanjian baru, manusia harus ditutupi dan dibasuh oleh darah Kristus supaya mampu datang ke hadapan Bapa. Inilah bukti pertama bahwa YHWH = TUHAN yang “menampakkan”  diri kepada Musa adalah Allah Bapa.

Firman jelas menyatakan bahwa tidak seorangpun yang pernah melihat Bapa kecuali Yesus.

Yoh 6:46
(46)  Hal itu tidak berarti, bahwa ada orang yang telah melihat Bapa. Hanya Dia yang datang dari Allah, Dialah yang telah melihat Bapa.

Musa meminta kepada YHVH (Tuhan Yesus sebelum menjadi manusia) untuk melihat kemuliaanNya secara penuh.

Keluaran 33:18-19
(18)  Tetapi jawabnya: "Perlihatkanlah kiranya kemuliaan-Mu kepadaku."
(19)  Tetapi firman-Nya: "Aku akan melewatkan segenap kegemilangan-Ku dari depanmu dan menyerukan nama TUHAN di depanmu: Aku akan memberi kasih karunia kepada siapa yang Kuberi kasih karunia dan mengasihani siapa yang Kukasihani."

Pada saat Tuhan mengenakan segenap kemuliaanNya secara penuh maka manusia akan mati apabila melihat wajahNya. Itulah sebabnya YHVH berkata:

Keluaran 33:20-23
(20)  Lagi firman-Nya: "Engkau tidak tahan memandang wajah-Ku, sebab tidak ada orang yang memandang Aku dapat hidup."
(21)  Berfirmanlah TUHAN: "Ada suatu tempat dekat-Ku, di mana engkau dapat berdiri di atas gunung batu;
(22)  apabila kemuliaan-Ku lewat, maka Aku akan menempatkan engkau dalam lekuk gunung itu dan Aku akan menudungi engkau dengan tangan-Ku, sampai Aku berjalan lewat.
(23)  Kemudian Aku akan menarik tangan-Ku dan engkau akan melihat belakang-Ku, tetapi wajah-Ku tidak akan kelihatan."

Pernyataan Firman diatas berarti Musa melihat YHVH walaupun cuma belakang Nya saja. Dengan kata lain Musa melihat. Karena bisa dilihat maka yang dilihat Musa adalah YHVH (Tuhan Yesus sebelum menjadi manusia) dalam kemuliaanNya secara penuh. Kalau yang dilihat Musa adalah Allah Bapa berarti Yesus berbohong.

Ibrani 9:26 dengan eksplisit berkata bahwa Anak Allah HANYA satu kali menyatakan diri-Nya di dunia yaitu pada saat menjelma dalam diri Yesus Kristus. Jadi Yesus BELUM PERNAH menyatakan diri-Nya dalam Perjanjian Lama, karena Allah Bapa belum mengutus Anak Allah ke dunia.

Tolong diperhatikan dulu konteks dari ayat ini. Ayat ini tidak menyatakan bahwa Yesus hanya satu kali menyatakan diri saja. Ibrani 9:24-28 menceritakan keunggulan pengorbanan Yesus Kristus. Tidak seperti pengorbanan yang dilakukan oleh Imam Besar maka Yesus Kristus cukup mengorbankan diri satu kali saja. Itulah yang dimaksudkan oleh Ibrani 9:26. Silahkan bandingkan beberapa terjemahan lainnya dengan menggunakan Sabda Alkitab: http://alkitab.sabda.org/verse.php?book=Ibr&chapter=9&verse=26

Ibrani 9:26 WBTC Draft
Jika Kristus harus mempersembahkan diri-Nya berulang kali, berarti Ia harus menderita berulang kali sejak dunia dijadikan, tetapi Ia datang dan mempersembahkan diri-Nya hanya satu kali untuk selama-lamanya. Ia datang pada waktu dunia hampir mencapai kesudahannya. Ia datang mengambil semua dosa dengan memberikan diri-Nya sebagai kurban.

Ibrani 9:26 NetBible
or then he would have had to suffer again and again since the foundation of the world. But now he has appeared once for all at the consummation of the ages to put away sin by his sacrifice.

Ibrani 9:26 KJV
For then must he often have suffered since the foundation of the world: but now once in the end of the world hath he appeared to put away sin by the sacrifice of himself.

Jadi muncul satu kali saja yang dimaksud adalah muncul untuk mengorbankan diri bukan muncul secara umum. Yesus Kristus sudah ada sebelum Abraham ada. Dia menyatakan diriNya kepada manusia-manusia pilihan di segala zaman yang beroleh kasih karuniaNya. Yesus menyatakan dirinya kepada Abraham dan hal itu tercatat dalam Firman.

Yohanes 8:56-59
(56)  Abraham bapamu bersukacita bahwa ia akan melihat hari-Ku dan ia telah melihatnya dan ia bersukacita."
(57)  Maka kata orang-orang Yahudi itu kepada-Nya: "Umur-Mu belum sampai lima puluh tahun dan Engkau telah melihat Abraham?"
(58)  Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada."
(59)  Lalu mereka mengambil batu untuk melempari Dia; tetapi Yesus menghilang dan meninggalkan Bait Allah.

Kej 18:1
(1)  Kemudian TUHAN menampakkan diri kepada Abraham dekat pohon tarbantin di Mamre, sedang ia duduk di pintu kemahnya waktu hari panas terik.

Kej 18:10
(10)  Dan firman-Nya: "Sesungguhnya Aku akan kembali tahun depan mendapatkan engkau, pada waktu itulah Sara, isterimu, akan mempunyai seorang anak laki-laki." Dan Sara mendengarkan pada pintu kemah yang di belakang-Nya.

Tepat seperti yang dikatakan oleh Tuhan Yesus. Kemunculan Tuhan Yesus membawa sukacita buat Abraham.

 

Debu tanah's picture

@ SF, MUSA “MELIHAT” TUHAN ?

Judul komentar anda kontradiktif:
1.    Judul: Musa melihat Yesus dalam kemuliaanNya secara penuh
2.    Pada saat Tuhan mengenakan segenap kemuliaanNya secara penuh maka manusia akan mati apabila melihat wajahNya.

Pertama, menurut saya kemuliaan Anak Allah yang penuh ya melihat WAJAH Anak Allah. Jadi menurut saya Musa TIDAK benar-benar melihat TUHAN / YHWH (entah YHWH itu Bapa atau Anak).

Ilustrasi, misalkan anda ditanya:
A: Anda pernah melihat SBY?
B: Pernah!
A: Oh ya, seperti apa rupanya?
B: Wah, saya tidak tahu, saya hanya lihat dari belakang!
A: Wah gimana toh, katanya pernah lihat?
B: Iya, pernah lihat, tapi belakangnya.
A: Kalo melihat orang itu dari depan dong!
B: Saya juga lihat dari depan sih, tapi wajahnya gak kelihatan karena ditutupi pake tangannya.
A: Dasar, itu namanya gak lihat, kalo lihat ya lihat wajah dong!


 Adakah manusia yang pernah melihat TUHAN? (Entah itu Bapa atau Anak Allah sebelum menjadi manusia). Menurut saya tidak ada! Musa pun tidak benar-benar MELIHAT TUHAN. Karena Alkitab mengajarkan bahwa tidak ada manusia yang melihat TUHAN bisa tetap hidup, yang melihat TUHAN pasti mati!

Lalu kenapa Musa tidak mati waktu melihat belakang TUHAN? Apa karena belakang-Nya Tuhan kurang mulia??  Musa juga tidak mati waktu melihat TANGAN TUHAN, apa karena tangan TUHAN juga kurang mulia??
 

Menurut saya Musa TIDAK benar-benar MELIHAT TUHAN, manusia TIDAK MUNGKIN benar-benar bisa melihat TUHAN (entah Allah Bapa & Anak Allah).

Manusia HANYA mampu melihat selain WAJAH TUHAN (bisa TANGAN atau bagian BELAKANG TUHAN !) Melihat belakang Tuhan artinya TIDAK MELIHAT WAJAH TUHAN, tidak ada yang tetap hidup bila melihat wajah TUHAN (Keluaran 33:20). Alasan lain manusia adalah daging (materi) sedangkan TUHAN adalah ROH. Mata manusia tidak mungkin dapat mendeteksi ROH. Bila manusia bisa mendeteksi ROH karena disingkapkan oleh Tuhan, maka tubuh materi tidak bisa bertahan dihadapan TUHAN tetap hidup!!

Keluaran
33:20 Lagi firman-Nya: "Engkau tidak tahan memandang wajah-Ku, sebab tidak ada orang yang memandang Aku dapat hidup."

Melihat Yesus Kristus dalam bentuk manusia pun, bukan berarti benar-benar melihat TUHAN! Yesus adalah Anak Allah setelah menjadi manusia. Tetapi manusia PASTI MATI bila benar2 melihat TUHAN / melihat WAJAH TUHAN (BAPA maupun WAJAH ANAK ALLAH sebelum menjelma menjadi manusia dalam diri Yesus).

Kesimpulan tentang Musa MELIHAT TUHAN:


MELIHAT BELAKANG TUHAN tidak sama dengan MELIHAT TUHAN !

MELIHAT TANGAN TUHAN tidak sama dengan MELIHAT TUHAN !

MUSA MELIHAT BELAKANG & TANGAN TUHAN ! Tidak melihat TUHAN / WAJAH TUHAN !

KARENA bila melihat TUHAN /WAJAH TUHAN, MUSA pasti mati (entah TUHAN = Bapa atau TUHAN = Anak Allah sebelum menjadi manusia). Keluaran 33:20

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Samuel Franklyn's picture

Deta saya tidak sepakat dengan anda

Deta saya tidak sepakat dengan anda. Melihat adalah melihat. Kalau saya melihat belakang seseorang dan saya bilang saya melihat orang tersebut maka saya tidak berdusta dan menyatakan kebenaran. Musa melihat Tuhan berarti yang dilihatnya bukanlah Allah Bapa. Kalau anda tetap ngotot melihat itu musti melihat muka ya sudah. Silahkan dipertahankan tapi sampai kapanpun saya tidak akan sepakat. Tapi saya harap anda konsisten ya. Siapapun orang yang tidak anda lihat mukanya anda harus bilang anda tidak pernah melihat orang tersebut. He he he.
Debu tanah's picture

@ SF, ada apa dengan wajah TUHAN?

Ini bukan masalah harus konsisten atau tidak, tapi apa benar kita sudah MEMAHAMI yang ditulis oleh Alkitab.

Ini diskusi ya, bukan soal memang atau kalah debat. Saya mau tanya kembali:

1. Ada apa dengan wajah TUHAN, sehingga manusia akan mati bila melihat wajah TUHAN tapi tidak mati waktu melihat bagian yang lain seperti bagian BELAKANG dan TANGAN TUHAN ? Apa WAJAH TUHAN lebih mulia dari TANGAN dan BELAKANG NYA ?

2. Kita tahu TUHAN adalah ROH. Kenapa TUHAN punya TANGAN, WAJAH dan BAGIAN BELAKANG? Emangnya TUHAN punya WUJUD?

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Samuel Franklyn's picture

Deta soal wajah Tuhan

1. Ada apa dengan wajah TUHAN, sehingga manusia akan mati bila melihat wajah TUHAN tapi tidak mati waktu melihat bagian yang lain seperti bagian BELAKANG dan TANGAN TUHAN ? Apa WAJAH TUHAN lebih mulia dari TANGAN dan BELAKANG NYA ?

Begini. Musa sesudah berhadapan dengan Tuhan waktu loh batu perjanjian ditulis yang bercahaya itu apanya? Bukankah yang bercahaya adalah mukanya.

2 Korintus 3:7
(7)  Pelayanan yang memimpin kepada kematian terukir dengan huruf pada loh-loh batu. Namun demikian kemuliaan Allah menyertainya waktu ia diberikan. Sebab sekalipun pudar juga, cahaya muka Musa begitu cemerlang, sehingga mata orang-orang Israel tidak tahan menatapnya. Jika pelayanan itu datang dengan kemuliaan yang demikian.

Bukankah Musa menghadap Tuhan dengan segenap tubuh secara utuh? Lalu kenapa tubuh Musa tidak bercahaya? Untuk menjelaskan hal ini kita bisa memberikan 2 penjelasan.

  1. Tubuh Musa bercahaya juga tapi tidak terlihat karena pakai pakaian.
  2. Tubuh Musa tidak bercahaya karena cuma wajah Musa yang terkena langsung cahaya kemuliaan. Sedangkan tubuh Musa walaupun terkena cahaya kemuliaan akan tetapi tidak kena langsung ke kulit melainkan kena ke pakaian dahulu. Mungkin saja pakaian Musa juga menjadi berkilauan akan tetapi yang jelas tidak sampai seperti wajahnya.

Manakah penjelasan yang benar? Penjelasan yang benar adalah yang ke dua. Dasarnya apa?

2 Korintus 3:18
(18)  Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.

Jelas sekali kemuliaan Musa adalah cerminan dari kemuliaan Tuhan. Kalau Musa terlihat lebih bercahaya di wajahNya jelas ini sama seperti Tuhan. Wajah Tuhan lebih mulia atau bercahaya dibandingkan bagian tubuhnya yang lain.

2. Kita tahu TUHAN adalah ROH. Kenapa TUHAN punya TANGAN, WAJAH dan BAGIAN BELAKANG? Emangnya TUHAN punya WUJUD?

Kalau kita menganggap bahwa YHVH alias TUHAN yang dilihat Musa adalah Yesus sebelum menjadi manusia maka jelas Yesus memiliki wujud. Lain halnya kalau kita beranggapan bahwa YHVH adalah Bapa atau Roh Kudus. Mereka memang senantiasa berwujud Roh dan tidak pernah memiliki wujud fisik. Manusia adalah gambar dan teladan rupa Allah. Nah Allah manakah yang di maksud? Jelas Anak Allah alias Yesus Kristus alias YHVH. Dialah Allah berwujud manusia dan manusia dibentuk mengikuti Dia. Jadi sebelum manusia ada maka YHVH alias Yesus Kristus sudah ada dalam wujud manusia.

jesusfreaks's picture

@sf : spekulasi oh spekulasi

1. Kita harus merubah pengakuan iman, karena Yesus telah jadi manusia sebelum lahir jadi manusia. 2. Yesus bukan Anak Manusia, karena jadi manusia tanpa dilahirkan. 3. Yesus gak perlu dilahirkan jadi manusia, jangan jangan Yesus yang lahir adalah Yesus yang lain alias palsu. Jadi kita dibego begoin sama Yesus palsu selama ini.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Samuel Franklyn's picture

JF: Baca Kejadian 18

Baca Kejadian 18. Abraham sujud menyembah YHVH/TUHAN/Yesus atau manusia? Darimana kita tahu itu berwujud manusia? Bisa berbicara dan terdengar oleh semua orang yang berada disekitarnya. Bisa makan dan minum. Tidak bisa kamu sangkal bahwa YHVH/Tuhan/Yesus bisa menampakkan diri dalam wujud manusia.

Lalu bedanya YHVH dan Yesus dimana? Bedanya walaupun YHVH bisa menampakkan diri dalam wujud manusia akan tetapi Dia tidak menjalani hidup sebagai manusia. Sesudah YHVH selesai berurusan dengan Abraham Dia bisa langsung menghilang meninggalkan Abraham. Barulah sesudah YHVH alias Yesus menanggalkan seluruh kemuliaanNya dan lahir dari Maria dia menjalani hidup sebagai manusia.

Debu tanah's picture

@ SF, saya tidak sependapat

SF:

Kalau kita menganggap bahwa YHVH alias TUHAN yang dilihat Musa adalah Yesus sebelum menjadi manusia maka jelas Yesus memiliki wujud.

 

DETA:

Megatakan bahwa Yesus sudah SUDAH memiliki wujud sama artinya mengatakan bahwa Yesus memiliki TUBUH. Dan ini tidak Alkitabiah. Allah memiliki wujud setelah menjadi manusia.

Lebih tepat bila Allah "MENAMPAKKAN" diri dalam rupa manusia. Tetapi itu bukan TUBUH / WUJUD Allah!

 

Kejadian 18 justru mengindikasikan bahwa YHWH adalah BAPA.

Kejadian

18:25 Jauhlah kiranya dari pada-Mu untuk berbuat demikian, membunuh orang benar bersama-sama dengan orang fasik, sehingga orang benar itu seolah-olah sama dengan orang fasik! Jauhlah kiranya yang demikian dari pada-Mu! Masakan Hakim segenap bumi tidak menghukum dengan adil?"
18:26 TUHAN berfirman: "Jika Kudapati lima puluh orang benar dalam kota Sodom, Aku akan mengampuni seluruh tempat itu karena mereka."

Siapakah HAKIM Bumi sebelum Yesus ditinggikan? Allah Bapa !!

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Samuel Franklyn's picture

Deta: Hakim seluruh bumi adalah Anak Allah

Yohanes 5:22


(22)  Bapa tidak menghakimi siapapun, melainkan telah menyerahkan penghakiman itu seluruhnya kepada Anak,



Vantillian's picture

SF, terlalu cepat...

SF, terlalu cepat pukulan telaknya...

Debu tanah's picture

@ Vant, supporter

Langkah pertama emang belajar jadi supporter dl.. hehe

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Debu tanah's picture

@ SF, kapan Anak menjadi Hakim seluruh bumi?

I Petrus  1:17 Dan jika kamu menyebut-Nya Bapa, yaitu Dia yang tanpa memandang muka menghakimi semua orang menurut perbuatannya, maka hendaklah kamu hidup dalam ketakutan selama kamu menumpang di dunia ini.

Yohanes  5:27 Dan Ia telah memberikan kuasa kepada-Nya untuk menghakimi, karena Ia adalah Anak Manusia. 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Samuel Franklyn's picture

Deta: Sejak Dia menjadi Sang Hikmat

Untuk menjadi Hakim maka yang terutama dibutuhkan adalah Hikmat

2 Tawarikh1:10-12
(10)  Berilah sekarang kepadaku hikmat dan pengertian, supaya aku dapat keluar dan masuk sebagai pemimpin bangsa ini, sebab siapakah yang dapat menghakimi umat-Mu yang besar ini?"
(11)  Berfirmanlah Allah kepada Salomo: "Oleh karena itu yang kauingini dan engkau tidak meminta kekayaan, harta benda, kemuliaan atau nyawa pembencimu, dan juga tidak meminta umur panjang, tetapi sebaliknya engkau meminta kebijaksanaan dan pengertian untuk dapat menghakimi umat-Ku yang atasnya Aku telah merajakan engkau,
(12)  maka kebijaksanaan dan pengertian itu diberikan kepadamu; selain itu Aku berikan kepadamu kekayaan, harta benda dan kemuliaan, sebagaimana belum pernah ada pada raja-raja sebelum engkau dan tidak akan ada pada raja-raja sesudah engkau."

Sejak kapankah Anak Allah menjadi Hakim? Sejak Dia menjadi Sang Hikmat dan Anak Manusia. Kapankah Dia menjadi Sang Hikmat dan Anak Manusia?

Pro 8:22-31
(22)  TUHAN telah menciptakan aku sebagai permulaan pekerjaan-Nya, sebagai perbuatan-Nya yang pertama-tama dahulu kala.
(23)  Sudah pada zaman purbakala aku dibentuk, pada mula pertama, sebelum bumi ada.
(24)  Sebelum air samudera raya ada, aku telah lahir, sebelum ada sumber-sumber yang sarat dengan air.
(25)  Sebelum gunung-gunung tertanam dan lebih dahulu dari pada bukit-bukit aku telah lahir;
(26)  sebelum Ia membuat bumi dengan padang-padangnya atau debu dataran yang pertama.
(27)  Ketika Ia mempersiapkan langit, aku di sana, ketika Ia menggaris kaki langit pada permukaan air samudera raya,
(28)  ketika Ia menetapkan awan-awan di atas, dan mata air samudera raya meluap dengan deras,
(29)  ketika Ia menentukan batas kepada laut, supaya air jangan melanggar titah-Nya, dan ketika Ia menetapkan dasar-dasar bumi,
(30)  aku ada serta-Nya sebagai anak kesayangan, setiap hari aku menjadi kesenangan-Nya, dan senantiasa bermain-main di hadapan-Nya;
(31)  aku bermain-main di atas muka bumi-Nya dan anak-anak manusia menjadi kesenanganku.

Yesus sudah memiliki wujud Anak Manusia sejak awalNya. Yesus Kristus adalah blue print dari manusia.

Kejadian 1:27
(27)  Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

Sejak Dia menjadi Sang Hikmat dan sebelum manusia diciptakan maka sejak itulah Dia menjadi Hakim.
 

jesusfreaks's picture

@sf : beda hikmat sama anak manusia.

Apa bedanya wujud hikmat dan wujud anak manusia. Kalau sejak semula Yesus adalah anak manusia, terus bapanya siapa ? Kamu tentu tahu arti ANAK dong ?

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Debu tanah's picture

@ SF, Bapa adalah Hakim

Penjelasan anda bahwa Yesus adalah Hakim sebelum Dia ditinggikan, hanya tersirat saja, tidak EKSPLISIT. Yah terkesan disambung-sambung supaya nyambung !

Sebaliknya saya telah mengutip ayat yang berkata secara eksplist bahwa Bapa adalah Hakim. Jadi argumen anda lebih RENDAH derajatnya dari argumen saya, iya gak?


I Petrus  1:17 Dan jika kamu menyebut-Nya Bapa, yaitu Dia yang tanpa memandang muka menghakimi semua orang menurut perbuatannya, maka hendaklah kamu hidup dalam ketakutan selama kamu menumpang di dunia ini.
 

Bukti berikut:

Dalam Perjanjian Baru YESUS adalah ANAK DOMBA sebagai korban penghapus dosa. Kepada siapakah korban Anak Domba dipersembahkan? ? Kepada BAPA.

TUHAN (YHWH) adalah Allah Abraham, Ishak dan Yakub (Israel). TUHAN memerintahkan Musa dan orang Israel untuk mempersembahkan korban ternak: lembu sapi / kambing domba jantan yang tidak bercela. Kepada siapa kah korban itu dipersembahkan ? ? Kepada TUHAN (YHWH)

Disimpulkan YHWH = BAPA, dan MUSTAHIL bahwa TUHAN = Yesus Kristus!


Tentang Yesus Kristus dalam kitab Yesaya dinubuatkan:

Yesaya
53:5 Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.
53:6 Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian.
53:7 Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya.
53:8 Sesudah penahanan dan penghukuman ia terambil, dan tentang nasibnya siapakah yang memikirkannya? Sungguh, ia terputus dari negeri orang-orang hidup, dan karena pemberontakan umat-Ku ia kena tulah.
53:9 Orang menempatkan kuburnya di antara orang-orang fasik, dan dalam matinya ia ada di antara penjahat-penjahat, sekalipun ia tidak berbuat kekerasan dan tipu tidak ada dalam mulutnya.
53:10. Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya.

 

Firman di atas berkata bahwa TUHAN menimpakan kejahatan kita kepada Yesus, TUHAN berkendak meremukkan dia = Yesus !

Bukankah sangat jelas bahwa TUHAN (YHWH) = Allah Bapa dan mustahil TUHAN = Yesus ?

Bila YHWH =  Yesus, masak Yesus meremukkan Yesus ?? Yang benar aza bos ??
 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Samuel Franklyn's picture

Deta: Tetap tidak sependapat.

Penjelasan anda bahwa Yesus adalah Hakim sebelum Dia ditinggikan, hanya tersirat saja, tidak EKSPLISIT. Yah terkesan disambung-sambung supaya nyambung !

Sebaliknya saya telah mengutip ayat yang berkata secara eksplist bahwa Bapa adalah Hakim. Jadi argumen anda lebih RENDAH derajatnya dari argumen saya, iya gak?

Suatu argumen baik itu bersifat deduktif maupun induktif sama derajatnya. Dalam hal ini saya tidak sependapat dengan anda. Sekalipun Allah Bapa dikatakan sebagai hakim dalam I Petrus 1:17 akan tetapi apakah ini menyatakan bahwa Anak Allah bukan Hakim? Jika anda mau ayat yang eksplisit bisa saya berikan.

Kisah 10:40-42
(40)  Yesus itu telah dibangkitkan Allah pada hari yang ketiga, dan Allah berkenan, bahwa Ia menampakkan diri,
(41)  bukan kepada seluruh bangsa, tetapi kepada saksi-saksi, yang sebelumnya telah ditunjuk oleh Allah, yaitu kepada kami yang telah makan dan minum bersama-sama dengan Dia, setelah Ia bangkit dari antara orang mati.
(42)  Dan Ia telah menugaskan kami memberitakan kepada seluruh bangsa dan bersaksi, bahwa Dialah yang ditentukan Allah menjadi Hakim atas orang-orang hidup dan orang-orang mati.

Nah silakan anda bantah bahwa Yesus bukan Hakim.

 

Dalam Perjanjian Baru YESUS adalah ANAK DOMBA sebagai korban penghapus dosa. Kepada siapakah korban Anak Domba dipersembahkan? ? Kepada BAPA.

TUHAN (YHWH) adalah Allah Abraham, Ishak dan Yakub (Israel). TUHAN memerintahkan Musa dan orang Israel untuk mempersembahkan korban ternak: lembu sapi / kambing domba jantan yang tidak bercela. Kepada siapa kah korban itu dipersembahkan ? ? Kepada TUHAN (YHWH)

Disimpulkan YHWH = BAPA, dan MUSTAHIL bahwa TUHAN = Yesus Kristus!

Dengan argumentasi ini anda menyamakan keimaman Yesus dengan keimaman Lewi. Bukankah sudah jelas dinyatakan dalam kitab Ibrani bahwa keimamatan mereka berbeda?

Ibrani 7:11-16
(11)  Karena itu, andaikata oleh imamat Lewi telah tercapai kesempurnaan--sebab karena imamat itu umat Israel telah menerima Taurat--apakah sebabnya masih perlu seorang lain ditetapkan menjadi imam besar menurut peraturan Melkisedek dan yang tentang dia tidak dikatakan menurut peraturan Harun?
(12)  Sebab, jikalau imamat berubah, dengan sendirinya akan berubah pula hukum Taurat itu.
(13)  Sebab Ia, yang dimaksudkan di sini, termasuk suku lain; dari suku ini tidak ada seorangpun yang pernah melayani di mezbah.
(14)  Sebab telah diketahui semua orang, bahwa Tuhan kita berasal dari suku Yehuda dan mengenai suku itu Musa tidak pernah mengatakan suatu apapun tentang imam-imam.
(15)  Dan hal itu jauh lebih nyata lagi, jikalau ditetapkan seorang imam lain menurut cara Melkisedek,
(16)  yang menjadi imam bukan berdasarkan peraturan-peraturan manusia, tetapi berdasarkan hidup yang tidak dapat binasa.

Firman di atas berkata bahwa TUHAN menimpakan kejahatan kita kepada Yesus, TUHAN berkendak meremukkan dia = Yesus !

Bukankah sangat jelas bahwa TUHAN (YHWH) = Allah Bapa dan mustahil TUHAN = Yesus ?

Bila YHWH =  Yesus, masak Yesus meremukkan Yesus ?? Yang benar aza bos ??

Yesus memang meremukkan diri-Nya sendiri. Bukankah Yesus bisa memilih hidup tapi Dia sengaja memilih mati. Coba baca lagi kisah pengadilan Yesus di dalam Injil. Yesus memang ingin menanggung hukuman yang tidak adil tersebut. Setiap saat Yesus bisa memanggil malaikat untuk melepaskan Dia dari sengsara salib akan tetapi Dia menahan diri dari hal tersebut. Bukankah ini bisa disebut meremukkan diriNya sendiri?

Mat 26:53
(53)  Atau kausangka, bahwa Aku tidak dapat berseru kepada Bapa-Ku, supaya Ia segera mengirim lebih dari dua belas pasukan malaikat membantu Aku?

Mat 26:53 (KJV)
(53)  Thinkest thou that I cannot now pray to my Father, and he shall presently give me more than twelve legions of angels?

1 legion=6000 orang. 12 legion=72.000 orang. Kapan saja Yesus bisa berseru dan Bapa akan mengirim lebih dari 72 ribu malaikat. Satu malaikat saja bisa membunuh manusia dalam jumlah yang luar biasa banyak. 72.000 lebih malaikat bisa jadi bisa memusnahkan seluruh isi bumi pada saat itu. Tapi Yesus menahan diri dan tidak melakukan hal tersebut. Bukankah ini yang namanya meremukkan diri sendiri?
 

Debu tanah's picture

@ SF, gpp beda pendapat

SF:
Suatu argumen baik itu bersifat deduktif maupun induktif sama derajatnya. Dalam hal ini saya tidak sependapat dengan anda. Sekalipun Allah Bapa dikatakan sebagai hakim dalam I Petrus 1:17 akan tetapi apakah ini menyatakan bahwa Anak Allah bukan Hakim? Jika anda mau ayat yang eksplisit bisa saya berikan.

DETA:
Gpp beda pendapat, itu sah-saja. Saya sudah memberikan argument yang menurut saya LEBIH BAIK dan dasar2 Alkitab yang cukup eksplist. Biarlah pembaca yang menilai argument siapa yang lebih dapat diterima.

SF:
Nah silakan anda bantah bahwa Yesus bukan Hakim.

DETA:
Ayat yang anda kutip (Kisah 10:40-42) berkata bahwa Yesus menjadi Hakim setelah Dia dibangkitkan  dan ditinggikan!

Tolong dikaitkan dengan komentar saya sebelumnya yang INI:

Yesus memang Hakim setelah Dia ditinggikan. Tetapi tidak ada ayat yang eksplisit berkata bahwa Anak Allah adalah Hakim sebelum Dia menjadi Manusia dan ditinggikan. Hayo mana ayat nya? Sampe peot juga gak nemu!
 

Sebelum Yesus ditinggikan Bapa adalah Hakim. Bila Yesus sebelum ditinggikan adalah Hakim juga, masak Hakimnya ada 2 bos?

Silakan dibantah argument saya ini !

SF:
Dengan argumentasi ini anda menyamakan keimaman Yesus dengan keimaman Lewi. Bukankah sudah jelas dinyatakan dalam kitab Ibrani bahwa keimamatan mereka berbeda?

DETA:
Tidak. Tapi saya mengatakan bahwa Yesus adalah Anak Domba, bukan imam. Disamakan dengan lembu sapi dan kambing domba pada perjanjian lama.


SF:
Yesus memang meremukkan diri-Nya sendiri. Bukankah Yesus bisa memilih hidup tapi Dia sengaja memilih mati. Coba baca lagi kisah pengadilan Yesus di dalam Injil. Yesus memang ingin menanggung hukuman yang tidak adil tersebut. Setiap saat Yesus bisa memanggil malaikat untuk melepaskan Dia dari sengsara salib akan tetapi Dia menahan diri dari hal tersebut. Bukankah ini bisa disebut meremukkan diriNya sendiri?


DETA:
Saya TIDAK sependapat.

Alkitab mengajarkan bahwa kesaksian 1 orang tidak sah. Tetapi kesaksian 2 orang lah yang sah. Mana bisa sah bila Yesus meremukkan Yesus?

Sekali lagi bila tidak sependapat pun gpp, biar pembaca yang menilai dan menerima argument siapa yang lebih baik. Ok?

Tp thanks, untuk komentar2 nya yang sangat berharga !

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Samuel Franklyn's picture

Deta: Siapa yang dilihat Abraham?

Yesus memang Hakim setelah Dia ditinggikan. Tetapi tidak ada ayat yang eksplisit berkata bahwa Anak Allah adalah Hakim sebelum Dia menjadi Manusia dan ditinggikan. Hayo mana ayat nya? Sampe peot juga gak nemu!
 

Sebelum Yesus ditinggikan Bapa adalah Hakim. Bila Yesus sebelum ditinggikan adalah Hakim juga, masak Hakimnya ada 2 bos?

Silakan dibantah argument saya ini !

Siapa yang dilihat Abraham? Kita sepakati dulu siapa yang dilihat oleh Abraham. Saya sudah kemukakan ayat eksplisit yang menyatakan bahwa yang dilihat adalah Yesus. Nah anda silakan kemukakan ayat eksplist yang menyatakan bahwa itu adalah Bapa.

Yoh 8:56
(56)  Abraham bapamu bersukacita bahwa ia akan melihat hari-Ku dan ia telah melihatnya dan ia bersukacita."

Kalau anda sepakat bahwa yang dilihat Abraham adalah Yesus maka Abraham berkata:

Kejadian 18:25
(25)  Jauhlah kiranya dari pada-Mu untuk berbuat demikian, membunuh orang benar bersama-sama dengan orang fasik, sehingga orang benar itu seolah-olah sama dengan orang fasik! Jauhlah kiranya yang demikian dari pada-Mu! Masakan Hakim segenap bumi tidak menghukum dengan adil?"

Kalau anda berkata bahwa yang dilihat Abraham adalah Bapa karena anda berpegang pada ayat eksplisit maka anda perlu menunjukkan ayat eksplisit yang menyatakan bahwa yang dilihat Abraham adalah Allah Bapa dan bukan Yesus.

Tidak. Tapi saya mengatakan bahwa Yesus adalah Anak Domba, bukan imam. Disamakan dengan lembu sapi dan kambing domba pada perjanjian lama.

Terus bagaimana dengan Ibrani 7? Bukankah dengan jelas dinyatakan dalam Ibrani 7 bahwa Yesus adalah Melkisedek didalam Perjanjian Lama? Nah Yesus direpresentasikan sebagai Melkisedek atau Anak Domba dalam PL? Rasanya tidak sesederhana itu anda bisa bilang bahwa korban binatang di PL adalah simbol Yesus terus Yesus nggak bisa dikorbankan kepada Yesus. Rasanya lebih tepat dikatakan bahwa simbol Yesus yaitu korban binatang itu tidak bisa mewakili Yesus seutuhnya. Karena itulah maka korban binatang dilakukan terus menerus. Itulah yang diajarkan oleh kitab Ibrani. Korban binatang dipersembahkan kepada YHVH/Yesus dan itu memang mewakili diriNya akan tetapi itu bukan diriNya melainkan cuma simbol. Karena itulah pengorbanan perlu dilakukan terus menerus. Barulah sesudah Yesus/YHVH mengorbankan diriNya kepada Bapa maka realitas penebusan digenapi.

hai hai's picture

@SF, Hakim Dalam 1Petrus 1:17

Sebab itu siapkanlah akal budimu, waspadalah dan letakkanlah pengharapanmu seluruhnya atas kasih karunia yang dianugerahkan kepadamu pada waktu penyataan Yesus Kristus. 1 Petrus 1:13

Hiduplah sebagai anak-anak yang taat dan jangan turuti hawa nafsu yang menguasai kamu pada waktu kebodohanmu, 1 Petrus 1:14

tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu, 1 Petrus 1:15


sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus. 1 Petrus 1:16


Dan jika kamu menyebut-Nya Bapa, yaitu Dia yang tanpa memandang muka menghakimi semua orang menurut perbuatannya, maka hendaklah kamu hidup dalam ketakutan selama kamu menumpang di dunia ini. 1 Petrus 1:17

Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, 1 Petrus 1:18

melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus  yang sama seperti darah anak domba  yang tak bernoda dan tak bercacat. 1 Petrus 1:19

Ia telah dipilih sebelum dunia dijadikan, tetapi karena kamu baru menyatakan diri-Nya pada zaman akhir. 1 Petrus 1:20

Oleh Dialah kamu percaya kepada Allah, yang telah membangkitkan Dia dari antara orang mati dan yang telah memuliakan-Nya, sehingga imanmu dan pengharapanmu tertuju kepada Allah. 1 Petrus 1:21


Karena kamu telah menyucikan dirimu oleh ketaatan kepada kebenaran, sehingga kamu dapat mengamalkan kasih persaudaraan yang tulus ikhlas, hendaklah kamu bersungguh-sungguh saling mengasihi dengan segenap hatimu. 1 Petrus 1:22

Karena kamu telah dilahirkan kembali bukan dari benih yang fana, tetapi dari benih yang tidak fana, oleh firman Allah, yang hidup dan yang kekal. 1 Petrus 1:23

Sebab: "Semua yang hidup adalah seperti rumput dan segala kemuliaannya seperti bunga rumput, rumput menjadi kering, dan bunga gugur, 1 Petrus 1:24

tetapi firman Tuhan tetap untuk selama-lamanya." Inilah firman yang disampaikan Injil kepada kamu. 1 Petrus 1:25


Tetapi sekarang, ya TUHAN, Engkaulah Bapa kami! Kamilah tanah liat dan Engkaulah yang membentuk kami, dan kami sekalian adalah buatan tangan-Mu. Yesaya 64:8

Samuel Franklyn, Alkitab ditulis dengan sistematis, detail, akurat, logis dan konsisten. Itu sebabnya ketika mempelajarinya kita harus sistematis, detail, akurat, logis dan konsisten pula.

Sayang sekali hal demikian jarang sekali dilakukan karena umumnya orang-orang Kristen hanya mencara dan mencabut ayat untuk mendukung PEMIKIRANNYA saja.

1 Petrus 1:17 itu SETARA dengan Yesaya 64:8. Bila anda perhatikan dengan seksama, maka nampak jelas sekali bahwa BAPA di dalam 1 PEtrus 1:17 bukan Allah Bapa namun Logos Theos (Firman Allah) alias Yesus Kristus setelah Dia dibangkitkan.

SF, kata Firman Allah dalam 1 Petrus 1:23 = Logos Theos

Firman Tuhan dalam 1 Petrus 1:25 = Rhema Kurios

Yesus Kristus = Hakim, Imam Agung, Mesias, Pencipta, Bapa, Raja, Anak Domba, pembela.

SF, Itu adalah Jabatan-jabatan Yesus. Bila anda membaca kitab Ibrani, maka hal itu nampak gamblang sekali.

Menurut saya percuma menjelaskan hal itu kepada anjing tolol, sebab anjing tolol tidak punya akal budi. Anjing tolol hanya bisa menjilat dan menggonggong.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

@ SF, tolong ajari Hai hai

Hahaha.. nampaknya sahabat anda lagi mabok ya??

Hai hai  menulis:
1 Petrus 1:17 itu SETARA dengan Yesaya 64:8. Bila anda perhatikan dengan seksama, maka nampak jelas sekali bahwa BAPA di dalam 1 PEtrus 1:17 bukan Allah Bapa namun Logos Theos (Firman Allah) alias Yesus Kristus setelah Dia dibangkitkan.

SF, kata Firman Allah dalam 1 Petrus 1:23 = Logos Theos
Firman Tuhan dalam 1 Petrus 1:25 = Rhema Kurios
Yesus Kristus = Hakim, Imam Agung, Mesias, Pencipta, Bapa, Raja, Anak Domba, pembela.

SF, Itu adalah Jabatan-jabatan Yesus. Bila anda membaca kitab Ibrani, maka hal itu nampak gamblang sekali.

DETA:
I Petrus
1:17 Dan jika kamu menyebut-Nya Bapa, yaitu Dia yang tanpa memandang muka menghakimi semua orang menurut perbuatannya, maka hendaklah kamu hidup dalam ketakutan selama kamu menumpang di dunia ini.
1:18 Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas,
1:19 melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.
1:20 Ia telah dipilih sebelum dunia dijadikan, tetapi karena kamu baru menyatakan diri-Nya pada zaman akhir.
1:21 Oleh Dialah kamu percaya kepada Allah, yang telah membangkitkan Dia dari antara orang mati dan yang telah memuliakan-Nya, sehingga imanmu dan pengharapanmu tertuju kepada Allah.


Anda setuju dengan bualan Hai hai bahwa “Bapa” dalam ayat di atas = Yesus?
Tolong ajari sahabat anda itu, bahwa ada 2 oknum dalam perikop di atas:
1.    Ada Bapa
2.    Ada Yesus.

Bapa adalah Hakim dan Yesus adalah Anak Domba penghapus dosa dunia.

Bapa adalah yang membangkitkan Yesus dari antara orang mati dan Yesus adalah yang dibangkitkan oleh Bapa.

Bila benar bahwa Bapa = Yesus, bukankah Yesus membangkitkan Yesus? Dan Yesus memiliakan Yesus? Bukan ini sangat kacau sekali ??

“Allah” dalam ayat 21 merujuk kepada Bapa. Dan Allah = Bapa lah yang membangkitkan “Dia” = Yesus (ayat 21). Dan Allah = Bapa lah yang memuliakan “Nya” = Yesus.

1:21 Oleh Dialah kamu percaya kepada Allah, yang telah membangkitkan Dia dari antara orang mati dan yang telah memuliakan-Nya, sehingga imanmu dan pengharapanmu tertuju kepada Allah.

Oleh Yesus kita percaya kepada Allah = Bapa, yang membangkitkan Yesus dan yang memuliakan Yesus, sehingga iman kita dan pengharapan kita tertuju kepada Allah = Bapa.

Siapa yang berani menyangkal kebenaran yang demikian jelas?

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

@SF, Biarkan Saling Menjilat Dulu

Benar, SF, terlalu cepat. Harusnya biarkan mereka saling menjilat dulu baru dikasih tahu dengan demikian kita bisa melihat apakah mereka memilih untuk menjilat muntah sendiri atau terus nyeruduk seperti kambing bandot? Ha ha ha ha ... Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

@ Hai, keroyokan nih yee..

Wah main keroyokan nih yee... hahaha..

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

@Deta, Keroyokan?

Debu tanah, main keroyok itu baru dilakukan ketika tidak dapat mengalahkan lawan satu lawan satu. Mungkin lebih tepat bila dikatakan ikut MENGGEBAH anjing tolol dan kambing bandot agar kembali ke kandang. Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

@ Hai, gpp keroyokan..

Gpp juga keroyokan, itukan kebiasaan kalian.

Lagi pula gak banyak bedanya sendiri2 atau sekaligus bertiga, ilmu kalian sama saja koq. Cuman repot ngetik doang.  Hahaha..

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jesusfreaks's picture

@deta : glad to have you back SPARTAN

Saya pikir kamu gak survive dijungle ini. Ternyata kamu memiliki jiwa SPARTAN. Glad to have you back, SPARTAN.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

joli's picture

Deta kemana aja?

iya, Deta kemana aja? naik delman istimewa di Jogja ya..

Debu tanah's picture

@ Joli, ada koq

Ada di sini cik.

Lho kok tahu saya naik delman di Jogja? Cik Joli agen CIA ya??

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Debu tanah's picture

@ JF, sempat jenuh..

Mungkin sempat jenuh, jadi cuti dulu 2 bulanan. Sekarang baru mood nulis lagi.

Btw, waktu gak ada saya Sabda relatif aman yaaa? Hehehe..

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jesusfreaks's picture

@DETA : Gak ada loe, Gak aman...

kalau kata iklan rokok : gak ada loe, gak aman...

para penyesat biadab yak yak o, makin merajalela aza...

tapi saya yakin, kembalinya DETA, bikin gigit jari para penyesat biadab...

bwi hi hi hi...

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

alvarez's picture

@JF bisanya cuman MENGHASUT

Freaks, kamu ini kayak KELEDAI OOT aja, bukannya membahas topik blog atau setidaknya kalau kamu merasa diri kamu laki2, ya hadapin pihak yg kamu sebut yak yak o (Pniel cs) masa kamu ngga berani dan harus minta tolong DETA? atau JF udah bukan laki-laki?

 

alvazez,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

Huanan's picture

Musa ketemu Yesus 2 x

Bro SF, andaikata yang berbicara pada Musa di keluaran 33:18-23 adalah YHVH (Tuhan Yesus sebelum menjadi manusia) dan bukan Allah Bapa, berarti Musa melihat dan berbicara dengan Yesus 2 kali : 1. sebagai YHVH (kel 33:18-23) dan yang ke 2. di Markus 9:4 (YHVH dalam bentuk manusia yaitu : Yesus Kristus).

Jadi waktu di Kel 33:18-33 Musa berbicara sebagai Manusia (belum mati) dgn YHVH (Roh), dan di Markus 9:4 Musa (dalam wujud Roh) berbicara dgn (YHVH dalam bentuk manusia yaitu : Yesus Kristus). Bukankah demikian ?

GBU

__________________

Huanan

Samuel Franklyn's picture

Huanan betul demikian

Huanan betul demikian. Musa melihat Tuhan Yesus dua kali. Tapi soal Musa dalam wujud roh atau bukan itu tidak dinyatakan dalam Firman malah ada Firman yang menyatakan sebaliknya: Keluaran 34:5-6 (5) Lalu matilah Musa, hamba TUHAN itu, di sana di tanah Moab, sesuai dengan firman TUHAN. (6) Dan dikuburkan-Nyalah dia di suatu lembah di tanah Moab, di tentangan Bet-Peor, dan tidak ada orang yang tahu kuburnya sampai hari ini. Yudas 1:9 (9) Tetapi penghulu malaikat, Mikhael, ketika dalam suatu perselisihan bertengkar dengan Iblis mengenai mayat Musa, tidak berani menghakimi Iblis itu dengan kata-kata hujatan, tetapi berkata: "Kiranya Tuhan menghardik engkau!" Musa memang dikatakan mati. Akan tetapi mayatnya tidak pernah dilihat orang. Karena Elia menjumpai Yesus dalam tubuh jasmani (Elia tidak pernah mati melainkan terangkat ke surga). Maka mungkin saja Musa juga menjumpai Yesus dalam tubuh jasmani. Ini bukan kepastian akan tetapi kita boleh saja menafsirkan demikian karena ada dasar Firman walaupun tidak eksplisit.
alvarez's picture

Deta, si Dukun SS

Welcome Back bro, kamu datang2 langsung buat blog sanggahan dari blognya hai2 yang berjudul yhwh_adalah_yesus_kristus, kenapa tidak langsung kamu sanggah diblognya aja?

Oh ya gimana latihan santet kamu dua bulan ini? katanya mau langsung ngetes nyantet gua? ha ha ha hati2 kalo ngga berhasil ntar bini kamu yg susah lho

 

jesusfreaks's picture

@DETA : kamu Yakin Tritunggal BISA kelihatan ?

Saya kok ragu ya soal Melihat Tritunggal,

Coba kamu renungin lagi deh...

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Debu tanah's picture

@ JF, kita sependapat

Kita sependapat, tidak ada manusia yang telah melihat salah satu dari ALLAH TRITUNGGAL dalam wujud yang sebenarnya (bila Allah punya wujud).

Allah Tritunggal adalah ROH.

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jesusfreaks's picture

@deta : stephen tong terkagum kagum

Stephen tong hanya bisa terkagum mengenai tritunggal ini. Dan hanya Kristus, perwujudan sejati Allah Tritunggal.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Arema's picture

TRITUNGGAL DAPAT DI LIHAT???

TRITUNGGAL DAPAT DI LIHAT??? bisa iya dan bisa enggak...

Di jawab salah ngak di jawab salah! Tapi dari sisi mana kita melihat?dari mata biasa atau mata hati(Roh).

Dari matakasar bisa di buktikan dengan fakta secara kedagingan...yang kita alami hari2..

Dari mata hati (roh)bisa dibuktikan dengan perkataan yang cuma bisa di dengar dengan mata hati(roh) juga, jadi jangan beramsumsi klu mata aja yang bisa melihat...Roh Bisa melihat,mendengar.dan berkata.

Sederhana saja kalau kamu mimpi siapa yang lihat,bicara,dan mendengar tentu Rohmukan, Wog kamu tidurnya ngorok masak bisa mendengar...hee..hee APALAGI MELIHAT..

Jadi menjawab di atas di lihat melalui mata kasar atau Roh..?KALAU ROH SAYA SETUJU DAN TIDAK BISA DI DEBAT karena dunia roh ngak punya batas jarak dan waktu seperti di kehidupan biasa,contohnya aku mimpi mancing di danau..padahal danau itu sudah jadi sawah sekarang rata dengan tanah tapi rohku mengalaminya 10 tahun yang lalu. wis mudeng...

 

 

(JADI ORANG KRISTEN TAK USA NEKO2 BIAR NAMPAK KRISTENYA)

hai hai's picture

@Deta, Saling Menjilat

Ketika anjing ketemu anjing, mereka saling menjilat. Namanya juga anjing. Ketika orang bodoh ketemu orang bodoh, mereka saling tersenyum lalu saling diam karena takut ketahuan bodonya. Ketika orang pinter ketemu orang pinter, mereka saling diskusi dan saling menguji, itu sebabnya mereka tambah pinter. Yang paling aneh adalah ketika orang bebal ketemu orang bebal. Mereka saling menjilat dengan cara saling mengungkapkan kebodohannya lalu saling memuji kebodohan masing-masing. Itu sebabnya mereka makin bodoh dan bebalya nggak ketulungan.

Tentang Allah Bapa, inilah kesaksian Yohanes dan Yesus Kristus:

Bapa yang mengutus Aku, Dialah yang bersaksi tentang Aku. Kamu tidak pernah mendengar suara-Nya, rupa-Nyapun tidak pernah kamu lihat, dan firman-Nya tidak menetap di dalam dirimu,  sebab kamu tidak percaya kepada Dia yang diutus-Nya. Yohanes 5:37-38.

Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya. Yohanes 1:18

Mustahil menyangkal kedua ayat tersebut di atas karena apa yang diajarkannya sangat TEGAS dan GAMBLANG.

YHWH mustahil adalah Allah Bapa. Sesungguhnya saya sudah menjelaskannya dengan gamblang dalam dua blog. Untuk membacanya, silahkan klik di sini dan di sini.

Kenapa YHWH mustahil Allah Bapa? Karena Perjanjian Lama mencatat BANYAK kisah tentang manusia melihat YHWH dan ngobrol dengan-Nya baik dalam mimpi maupun secara fisik. Salah satu manusia yang paling sering melihat dan ngobrol dengan YHWH adalah Musa.

Kitab Keluaran mencat sebuah kisah, inilah ayat-ayatnya:

Tetapi jawabnya: "Perlihatkanlah kiranya kemuliaan-Mu kepadaku." Keluaran 33:18

Lagi firman-Nya: "Engkau tidak tahan memandang wajah-Ku, sebab tidak ada orang yang memandang Aku dapat hidup." Keluaran 33:20

Berfirmanlah TUHAN: "Ada suatu tempat dekat-Ku, di mana engkau dapat berdiri di atas gunung batu; apabila kemuliaan-Ku lewat, maka Aku akan menempatkan engkau dalam lekuk gunung itu dan Aku akan menudungi engkau dengan tangan-Ku, sampai Aku berjalan lewat. Keluaran 33:21-22

Tentang kisah tersebut, ada orang tolol yang menulis:

Waktu melihat TUHAN, supaya tidak mati Musa harus “ditudungi" oleh tangan TUHAN. Tetapi Musa sama sekali tidak melihat wajah TUHAN, Alkitab jelas berkata Musa HANYA melihat bagian belakang Nya. Dalam perjanjian baru, manusia harus ditutupi dan dibasuh oleh darah Kristus supaya mampu datang ke hadapan Bapa. Inilah bukti pertama bahwa YHWH = TUHAN yang “menampakkan”  diri kepada Musa adalah Allah Bapa.

Pertanyaannya adalah:

Ayat-ayat Perjanjian Baru manakah yang mengajarkan bahwa: manusia harus ditutupi dan dibasuh oleh darah Kristus supaya mampu datang ke hadapan Bapa?

Dalam kisah tersebut yang diminta oleh Musa adalah melihat KEMULIAAN YHWH, bukan melihat wajah-Nya. Dalam kisah tersebut yang diperlihatkan oleh YHWH adalah KEMULIAAN-Nya. Bukan wajah-Nya.

Bukankah dalam Keluaran 33:20, YHWH menyatakan: "Engkau tidak tahan memandang wajah-Ku, sebab tidak ada orang yang memandang Aku dapat hidup." ?

Apa yang dapat kita simpulkan dari kisah tersebut? Kita dapat menyimpulkan bahwa selama seseorang HIDUP secara jasmani, dia tidak akan TAHAN memandang wajah YHWH yang tampil dengan SEGALA kemulian-Nya. Itu berarti Ketika bertemu dengan banyak manusia, YHWH tidak TAMPIL dalam segala kemuliaan-Nya. Itulah yang dimaksudkan dengan MENGOSONGKAN diri.

Kemuliaan bukan SESUATU yang bisa dipake atau ditanggalkan. Mengosongkan diri atau menanggalkan kemuliaan dapat dijelaskan sebagai berikut. 

Pangeran William adalah anak tertua Pangeran Charles. Di dalam hirarki Kerajaan Inggris, dia adalah orang ketiga TERMULIA setelah Ratu dan ayahnya. Dengan posisi seperti itu, bila dia tampil dalam kemuliaan-nya maka semua rakyat Ingris harus TAKLUK kepadanya dan memberi hormat ketika bertemu dengannya.

Pangeran William, ketika bertemu dengan teman-teman sebayanya, sama sekali tidak menuntut diperlakukan sebagai orang ketiga termulia di Ingris. Mereka bisa ha ha ha he he he seperti teman. Demikian pula ketika dia ada di dalam pasukan angkatan udara Inggris. Dia alih-alih dihormati, justru harus memberi hormat kepada semua yang menyandang pangkat lebih tinggi darinya dan menaati perintah mereka.

Apa yang dilakukan oleh pangeran William itu disebut MENGOSONGKAN diri atau MENANGGALKAN kemuliaannya.

Itulah yang terjadi ketika manusia betemu, melihat dan mendengar YHWH.

Ketika menyatakan bahwa tidak ada manusia yang pernah melihat dan mendengar Allah Bapa, Yesus Kristus sama sekali menyinggung tentang KEMULIAAN. Dia hanya menyatakan, tidak seorang pun yang pernah melihat dan mendengar Bapa. Tidak seorang pun pernah, artinya tidak seorang pun pernah, baik dalam mimpi, dalam penglihatan, maupun ketika sudah di sorga. Itu sebabnya, Yohanes ketika mendapat penglihatan tentang sorga yang tercatat dalam kitab Wahyu sama sekali tidak melihat Allah Bapa.

YHWH mustahil Allah Bapa karena Perjanjian Lama mencatat banyak sekali kisah tentang manusia-manusia yng melihat dan ngobrol dengan YHWH. Sebelum orang TOLOL tersebut menunjukkan kebebalannya dengan mengagul-agulkan ketololannya, baiklah saya akan mengutip apa yang sesungguhnya terjadi ketika Musa minta izin untuk melihat KEMULIAAN YHWH.

Dan TUHAN berbicara kepada Musa dengan berhadapan muka seperti seorang berbicara kepada temannya; kemudian kembalilah ia ke perkemahan. Tetapi abdinya, Yosua bin Nun, seorang yang masih muda, tidaklah meninggalkan kemah itu. Keluaran 33:11

Bila anda perhatikan, sesungguhnya cukup sering saya mengutip kalimat tersebut dengan kata-kata saya bukan?

MEMAKI dan MENYATAKAN kesalahan adalah dua hal yang berbeda.

Saya sama sekali tidak sedang MEMAKI orang itu TOLOL dan BEBAL namun MENYATAKAN kesalahannya karena berlaku BEBAL dan mengagul-agulkan ketololannya. Semoga setelah kebebalan dan ketololannya dinyatakan, orang tersebut mau bertobat.

Bila katakan tahu. bila tidak tahu katakan tidak tahu.

Belajar tanpa berpikir, sia-sia. Berpikir tanpa belajar, BERBAHAYA.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

@ Hai, YHWH itu ROH atau bukan?

Hai hai sang manusia PANDAI:

Tentang kisah tersebut, ada orang tolol yang menulis:
Waktu melihat TUHAN, supaya tidak mati Musa harus “ditudungi" oleh tangan TUHAN. Tetapi Musa sama sekali tidak melihat wajah TUHAN, Alkitab jelas berkata Musa HANYA melihat bagian belakang Nya. Dalam perjanjian baru, manusia harus ditutupi dan dibasuh oleh darah Kristus supaya mampu datang ke hadapan Bapa. Inilah bukti pertama bahwa YHWH = TUHAN yang “menampakkan”  diri kepada Musa adalah Allah Bapa.

Pertanyaannya adalah:
Ayat-ayat Perjanjian Baru manakah yang mengajarkan bahwa: manusia harus ditutupi dan dibasuh oleh darah Kristus supaya mampu datang ke hadapan Bapa?


Deta alias Anjing Tolol:
I Yohanes  1:7 Tetapi jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa.

Hai hai sang manusia PANDAI:
Dalam kisah tersebut yang diminta oleh Musa adalah melihat KEMULIAAN YHWH, bukan melihat wajah-Nya. Dalam kisah tersebut yang diperlihatkan oleh YHWH adalah KEMULIAAN-Nya. Bukan wajah-Nya.

 

DETA alias anjing tolol bertanya:

YHWH yang aneh! Musa minta melihat kemuliaan YHWH. Kenapa dikasih lihat BELAKANG YHWH sich?

Keluaran 33:23 Kemudian Aku akan menarik tangan-Ku dan engkau akan melihat belakang-Ku, tetapi wajah-Ku tidak akan kelihatan."


Hai hai sang manusia PANDAI:
YHWH mustahil adalah Allah Bapa. Sesungguhnya saya sudah menjelaskannya dengan gamblang dalam dua blog. Untuk membacanya, silahkan klik di sini dan di sini.
Kenapa YHWH mustahil Allah Bapa? Karena Perjanjian Lama mencatat BANYAK kisah tentang manusia melihat YHWH dan ngobrol dengan-Nya baik dalam mimpi maupun secara fisik. Salah satu manusia yang paling sering melihat dan ngobrol dengan YHWH adalah Musa.

DETA:
Ijinkanlah anjing tolol ini bertanya:
1.    YHWH itu roh atau punya tubuh fisik? Kok bisa ngobrol dengan manusia sich?
2.    Musa jelas masih dalam tubuh fisik waktu ngobrol dan melihat YHWH? Kenapa Musa tidak mati?

Anjing tolol ini berkata bahwa TIDAK ADA MANUSIA yang pernah melihat baik BAPA maupun ANAK ALLAH, karena Allah adalah roh. TETAPI manusia bisa melihat anak manusia yaitu Yesus Kristus.

HAI:
Apa yang dapat kita simpulkan dari kisah tersebut? Kita dapat menyimpulkan bahwa selama seseorang HIDUP secara jasmani, dia tidak akan TAHAN memandang wajah YHWH yang tampil dengan SEGALA kemulian-Nya. Itu berarti Ketika bertemu dengan banyak manusia, YHWH tidak TAMPIL dalam segala kemuliaan-Nya. Itulah yang dimaksudkan dengan MENGOSONGKAN diri.


DETA:
“YHWH mengosongkan diri”. Istilah anda kurang tepat, tp gpp kita gunakan.

Yang dilihat Musa adalah YHWH yang mengosongkan diri, BUKAN YHWH !!
Yang lebih tepat adalah istilah Alkitab: “bagian belakang YHWH”, “wajah YHWH yang ditutupi TANGAN-Nya”.

Bila benar YHWH sudah mengosongkan diri kenapa Musa hanya bisa lihat bagian belakang Nya? Kenapa tidak bisa melihat wajah YHWH?

TETAPI kita bisa melihat wajah Yesus Kristus, Allah yang mengosongkan diri menjadi manusia! Bukan hanya bagian belakang Allah yang mengosongkan diri!

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

@Deta alias Anjing TOLOL

Deta alias Anjing Tolol: Dalam perjanjian baru, manusia harus ditutupi dan dibasuh oleh darah Kristus supaya mampu datang ke hadapan Bapa.

Ayat-ayat Perjanjian Baru manakah yang mengajarkan bahwa: manusia harus ditutupi dan dibasuh oleh darah Kristus supaya mampu datang ke hadapan Bapa?

Deta alias Anjing Tolol: I Yohanes  1:7 Tetapi jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa.

Deta, darah Kristus yang MENUTUPI dan MEMBASUH mana? ke hongkong ya?

DETA alias anjing tolol bertanya: YHWH yang aneh! Musa minta melihat kemuliaan YHWH. Kenapa dikasih lihat BELAKANG YHWH sich?

Elu pikir gua YHWH? Naya langsung kepada yang bersangkutan? Benar-benar TOLOL! Guoblok.

Ijinkanlah anjing tolol ini bertanya:

1.    YHWH itu roh atau punya tubuh fisik? Kok bisa ngobrol dengan manusia sich?
2.    Musa jelas masih dalam tubuh fisik waktu ngobrol dan melihat YHWH? Kenapa Musa tidak mati?

Anjing tolol ini berkata bahwa TIDAK ADA MANUSIA yang pernah melihat baik BAPA maupun ANAK ALLAH, karena Allah adalah roh. TETAPI manusia bisa melihat anak manusia yaitu Yesus Kristus.

Dan TUHAN berbicara kepada Musa dengan berhadapan muka seperti seorang berbicara kepada temannya; kemudian kembalilah ia ke perkemahan. Tetapi abdinya, Yosua bin Nun, seorang yang masih muda, tidaklah meninggalkan kemah itu. Keluaran 33:11

Coba baca kalimat yang saya beri warna merah dalam ayat tersebut di atas lalu baca kembali komentar anjing tolol itu. Anjing itu benar-benar tolol karena dia menulis komentarnya setelah membaca ayat tersebut di komentar saya sebelumnya.

DETA: “YHWH mengosongkan diri”. Istilah anda kurang tepat, tp gpp kita gunakan. Yang dilihat Musa adalah YHWH yang mengosongkan diri, BUKAN YHWH !!  Yang lebih tepat adalah istilah Alkitab: “bagian belakang YHWH”, “wajah YHWH yang ditutupi TANGAN-Nya”. Bila benar YHWH sudah mengosongkan diri kenapa Musa hanya bisa lihat bagian belakang Nya? Kenapa tidak bisa melihat wajah YHWH?

YHWH mengosongkan diri:

Dan TUHAN berbicara kepada Musa dengan berhadapan muka seperti seorang berbicara kepada temannya; kemudian kembalilah ia ke perkemahan. Tetapi abdinya, Yosua bin Nun, seorang yang masih muda, tidaklah meninggalkan kemah itu. Keluaran 33:11

YHWH tidak mengosongkan diri:

Berfirmanlah TUHAN: "Ada suatu tempat dekat-Ku, di mana engkau dapat berdiri di atas gunung batu;apabila kemuliaan-Ku lewat, maka Aku akan menempatkan engkau dalam lekuk gunung itu dan Aku akan menudungi engkau dengan tangan-Ku, sampai Aku berjalan lewat. Kemudian Aku akan menarik tangan-Ku dan engkau akan melihat belakang-Ku, tetapi wajah-Ku tidak akan kelihatan." Keluaran 33:21-23

Debu tanah, Tadinya saya pikir ketika anda menyebut diri ANJING TOLOL, anda benar-benar rendah HATI, meneladani Mefoboset yang menjuluki dirinya Anjing mati. Ternyata saya salah sangka. And bukannya rendah hati namun sedang menunjukkan KEBEBALAN dengan mengagul-agulkan KETOLOLAN anda.

Debu tanah yang terhormat, saya benar-benar senang melihat anda mengenakan nama baru: ANJING TOLOL.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

 

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

@ Hai, manusia yang meninggikan diri

Abraham menyebut dirinya debu tanah..; Daud menyebut dirinya ulat.. ; Mefiboset menyebut dirinya anjing mati…
 

Siapa saya? Saya tidak lebih baik dari salah satu orang di atas!!

Tetapi anda? Dengan merendahkan orang lain, merendahkan hampir semua yang berseberangan dengan anda: anda merendahkan Budi Asali, Pendeta Gilbert, Pniel, Gondrong, dll. TIDAK membuat anda terhormat.

Tetapi dengan merendahkan orang lain, menunjukkan siapa anda!! Sungguh mengenaskan !!

Hai hai:
DETA alias anjing tolol bertanya: YHWH yang aneh! Musa minta melihat kemuliaan YHWH. Kenapa dikasih lihat BELAKANG YHWH sich?
Elu pikir gua YHWH? Naya langsung kepada yang bersangkutan? Benar-benar TOLOL! Guoblok.

DETA:
Nggak, gue pikir elu PINTAR !!

Hai hai (si manusia yang suka merendahkan orang lain):

Dan TUHAN berbicara kepada Musa dengan berhadapan muka seperti seorang berbicara kepada temannya; kemudian kembalilah ia ke perkemahan. Tetapi abdinya, Yosua bin Nun, seorang yang masih muda, tidaklah meninggalkan kemah itu. Keluaran 33:11

Coba baca kalimat yang saya beri warna merah dalam ayat tersebut di atas lalu baca kembali komentar anjing tolol itu. Anjing itu benar-benar tolol karena dia menulis komentarnya setelah membaca ayat tersebut di komentar saya sebelumnya.

DETA:
Kenapa anda tidak menjawab pertanyaan saya? TUHAN itu ROH atau manusia? Kenapa Musa bisa melihat Roh? Bila benar Musa melihat Tuhan, kenapa Musa tidak mati?
 

Walaupun anda meninggikan diri dengan menyebut orang lain ANJING TOLOL, tetapi anda sangat TOLOL SEKALI. Alias SUPER TOLOL !!!

Biarlah anjing tolol ini membantu anda menjawab:


Musa tidak melihat TUHAN, karena ada ayat yang berkata:


Yohanes  1:18 Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.


Sekali lagi Musa TIDAK MELIHAT TUHAN,
bila Musa benar-benar melihat TUHAN, maka Musa akan MATI, MODARRR !!!! Ngerti Om ??

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

@Deta, Selamat Belajar!

Dan TUHAN berbicara kepada Musa dengan berhadapan muka seperti seorang berbicara kepada temannya; kemudian kembalilah ia ke perkemahan. Tetapi abdinya, Yosua bin Nun, seorang yang masih muda, tidaklah meninggalkan kemah itu. Keluaran 33:11

DETA: Kenapa anda tidak menjawab pertanyaan saya? TUHAN itu ROH atau manusia? Kenapa Musa bisa melihat Roh? Bila benar Musa melihat Tuhan, kenapa Musa tidak mati?

Bapa yang mengutus Aku, Dialah yang bersaksi tentang Aku. Kamu tidak pernah mendengar suara-Nya, rupa-Nyapun tidak pernah kamu lihat, dan firman-Nya tidak menetap di dalam dirimu,  sebab kamu tidak percaya kepada Dia yang diutus-Nya. Yohanes 5:37-38.

Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya. Yohanes 1:18

Debu tanah, jangan PLINTAT-PLINTUT! YHWH mustahil Allah Bapa karena banyak orang MELIHATNYA. YHWH adalah Yesus Kristus sebelum Dia menjadi manusia.

Itulah yang saya bahas di dalam blog yang dengan TOLOLNYA anda sebut SESAT. 

Dengan TOLOLNYA pula anda menyatakan di dalam blog anda bahwa YHWH adalah Allah Bapa.

 

DETA: Biarlah anjing tolol ini membantu anda menjawab: Musa tidak melihat TUHAN, karena ada ayat yang berkata: Yohanes  1:18 Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya. Sekali lagi Musa TIDAK MELIHAT TUHAN, bila Musa benar-benar melihat TUHAN, maka Musa akan MATI, MODARRR !!!! Ngerti Om ??

Silahkan berlaku TOLOL sampai kuda GIGIT jari mengajarkan bahwa YHWH adalah Allah Bapa dan MUSA tidak melihat YHWH karena ayat ini mengajarkan dengan GAMBLANG:

Dan TUHAN berbicara kepada Musa dengan berhadapan muka seperti seorang berbicara kepada temannya; kemudian kembalilah ia ke perkemahan. Tetapi abdinya, Yosua bin Nun, seorang yang masih muda, tidaklah meninggalkan kemah itu. Keluaran 33:11

Sebenarnya masih banyak ayat lain lagi yang menceritakan kisah-kisah YHWH bertemu dan ngobrol dengan manusia seolah ngobrol dengan temannya. Namun percuma menunjukkan semua itu kepada orang yang dengan BANGGA menggelari dirinya ANJING TOLOL.

Debu tanah, pelajaran kali ini CUKUP sampai di sini ya. Silahkan saling menjilat dengan saling mengagulkan kebebalan dan saling memuji kebodohan masing-masing.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

@ Hai, silakan belajar lagi!

Anda juga silakan belajar lagi, saya bermurah hati memberikan kalimat kunci:


1.    Tidak ada manusia yang pernah melihat TUHAN, karena manusia tidak bisa melihat TUHAN yang adalah Roh.

2.    Manusia akan MATI bila melihat TUHAN, Musa TIDAK melihat YHWH = TUHAN, tetapi melihat “BELAKANG” & “TANGAN YHWH”, itu yang diajarkan Alkitab.

3. Manusia tidak melihat TUHAN, tetapi hanya melihat PENAMPAKAN yang tidak akan membuat manusia yang melihat Nya MATI ! Jadi konsisten dengan ajaran Alkitab yang berkata tidak ada manusia yang pernah melihat Allah / TUHAN.

Pelajaran hari ini cukup ya Om, besok2 kita lanjutkan!

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jesusfreaks's picture

Pembual Sesat Sok Bijak

Hahaha Analogi TRITUNGGAL aza GAK GABLEK. Sok tahu, bikin Analogi MENGOSONGKAN diri. Ampun DJ... Memang orang sok bijak hopless dan mengenaskan. Baca lagi deh soal mengosongkan diri. Jangan membual terus. Pangeran william tidak berubah wujud, coba aza dia berubah wujud jadi badut pembual sesat, terus ngaku ngaku pangeran, pasti mengenaskan hidupnya.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

@JF, Persis

Benar-benar PERSIS. Selain menjilat, bisanya menggonggong. Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

@haihai : pembual sesat

Teruslah membual badut penyesat.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jesusfreaks's picture

@sf : baca kolose 1 dan 2

Saya akan baca kejadian 18. Kamu baca kolose. Tritunggal TIDAK PERNAH BERDIRI SENDIRI.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

@JF, Belajar Dulu Baru Mengembik

JF: Tritunggal TIDAK PERNAH BERDIRI SENDIRI.

Bila tahu katakan tahu. Bila tahu, katakan tidak tahu. Itulah tahu.

Belajar tanpa berpikir sia-sia. Berpikir tanpa belajar, BERBAHAYA.

Nggak mikir dan nggak belajar namun bisanya menjilat dan menggongong namanya anjing geladak.

Dan Yohanes memberi kesaksian, katanya: "Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia tinggal di atas-Nya. Yohanes 1:32

Dan akupun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air,  telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus. Yohanes 1:33

Dan aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah." Yohanes 1:34

Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, Bila ROH dan Yesus tadinya TIDAK sendiri-sendiri. MUSTAHIL Roh TURUN lalu TINGGAL di atas-Nya.

JF, ketika berpikir, gunakan OTAK sebab DENGKUL gunanya untuk berlutut.

Jangan-jangan BELOM tahu yang mana otak dan yang mana dengkul ya?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

@haihai : badut pembual

Allah adalah Roh. Allah itu ESA. 3 Pribadi 1 Allah. Mengapa kamu selalu berlaku mengenaskan dan sok bijak. Ketika Yesus dibaptis, PENAMPAKAN Roh Kudus dalam bentuk Merpati, PENAMPAKAN BAPA dalam bentuk Suara. JANGAN BERLAKU MENGENASKAN JIKA SKSDSTTT. Kenapa kamu yakin sekali TRITUNGGAL MAU REPOT REPOT turun ke dunia, PADAHAL DIA memiliki begitu BANYAK MALAIKAT. Sampai LO MAMPUSSS pun, PERWUJUDAN TRITUNGGAL, HANYA YESUS KRISTUS. Sungguh sangat mengenaskan. Makanya rendah hati, biar tahu posisi ALLAH DIMANA ? Sesat kok dipelihara.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

@JF, Makin BEBAL dan Makin TOLOL

Biarkan pembual terus membual sampai menyangkal bualannya sendiri.

Kalimat tersebut di atas belum pernah gagal!

JF: Tritunggal TIDAK PERNAH BERDIRI SENDIRI.

Dan Yohanes memberi kesaksian, katanya: "Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia tinggal di atas-Nya. Yohanes 1:32

Dan akupun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air,  telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus. Yohanes 1:33

Dan aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah." Yohanes 1:34

Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, Bila ROH dan Yesus tadinya TIDAK sendiri-sendiri. MUSTAHIL Roh TURUN lalu TINGGAL di atas-Nya.

Orang bodoh, ketika ditunjukkan kesalahannya dan diajari hal yang benar, umumnya akan senang sekali karena mereka tahu, tidak akan berbuat bodoh lagi untuk hal yang sama.

Namun, orang bebal, ketika ditunjukkan kesalahannya dan diajari hal yang benar,Dia akan kekeh jumekeh dalam KETOLOLANNYA bahkan mengagulkan kebodohannya yang lain.

JF adalah orang BEBAL! Itu sebabnya ketika diajari bahwa Allah Tritunggal PERNAH berdiri sendiri-sendiri, dia kekeh jumekeh mempertahankan KETOLOLANNYA ( Tritunggal TIDAK PERNAH BERDIRI SENDIRI. ) dan mengagulkan KETOLOLANNYA yang lain:

JF: Mengapa kamu selalu berlaku mengenaskan dan sok bijak. Ketika Yesus dibaptis, PENAMPAKAN Roh Kudus dalam bentuk Merpati, PENAMPAKAN BAPA dalam bentuk Suara. JANGAN BERLAKU MENGENASKAN JIKA SKSDSTTT.

Handai taulan sekalian, Si BEBAL JF memang KURANG AJAR. Setelah diajari hal yang benar, alih-alir berterima kasih, dia justru memaki nggak karu-karuan seolah dirinya paling benar. Dia pikir dirinya pinter ketika menyatakan:

JF: Ketika Yesus dibaptis, PENAMPAKAN Roh Kudus dalam bentuk Merpati, PENAMPAKAN BAPA dalam bentuk Suara.  

Si Bebal JF mustahil mengetahui kebenaran kisah pembaptisan Yesus, itu sebabnya dia menulis kalimat: PENAMPAKAN BAPA dalam bentuk Suara. 

Sebelum menunjukkan KETIDAKTAHUANNYA baiklah saya beri dia kesempatan untuk BELAJAR. Dengan demikian, mungkin dia MAU bertobat dan berlaku rendah hati serta belajar Alkitab dengan cara yang benar agar memahaminya dengan baik.

JF: Kenapa kamu yakin sekali TRITUNGGAL MAU REPOT REPOT turun ke dunia, PADAHAL DIA memiliki begitu BANYAK MALAIKAT.

Kalimat tersebut di atas adalah cara si BEBAL JF mengagul-agulkan KETOLOLANNYA. Dari kutu kupret mana dia tahu bahwa saya yakin sekali TRITUNGGAL MAU REPOT REPOT turun ke dunia PADAHAL DIA memiliki begitu BANYAK MALAIKAT?

Apabila saya menjawab pertanyaannya, bukankah itu berarti saya JAUH lebih tolol dari Si BEBAL JF? Saya tidak akan menjawab pertanyaannya tersebut karena saya jauh LEBIH pinter dan BIJAKSANA dibanding dirinya dan nggak mau membiarkannya berlaku PLINTAT-PLINTUT.

JF: Sampai LO MAMPUSSS pun, PERWUJUDAN TRITUNGGAL, HANYA YESUS KRISTUS. Sungguh sangat mengenaskan. Makanya rendah hati, biar tahu posisi ALLAH DIMANA

Orang-orang BEBAL seperti JF MERASA dirinya pinter ketika MENUDUH orang lain TOLOL dan MERASA dirinya bijaksana ketika menasehati orang lain. Saya tidak akan menanggapinya, biarlah dia hidup dengan KEBEBALANNYA hingga dia BERTOBAT sendiri. Saya hanya akan menunjukkan KEBEBALANNYA dan KETOLOLANNYA kepada khalayak ramai agar dia tidak ADIGUNG ADIGUNA, artinya SOK JAGO dan SOK BENAR SENDIRI.

Saudara JF, anda punya dua pilihan BEBAL terus sampai kuda gigit jari atau BERTOBATLAH sehingga mampu memahami ajaran Alkitab yang benar.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

@haihai : makin tua makin sesat

Saya udah bilang, saya punya LEBIH BANYAK WAKTU, untuk melihat BUALANmu melawan pemahaman yang lebih 2010 tahun. Stephen Tong aza dengan segala kerendahan hati, gak berani Yak Yak O soal TRITUNGGAL. Tapi kamu makhluk sok bijak yang mengenaskan, Yak Yak O soal tritunggal. Saya sudah bilang perwujudan sejati ALLAH, hanya Yesus Kristus. Allah masuk dalam sejarah, dalam dimensi dan dalam waktu hanya dalam Yesus Kristus. Segala kemunculan Allah diluar Yesus Kristus adalah penampakan, lewat utusan. Belajarlah dengan rendah hati, rasio mengikuti. Biar kamu gak sableng dan gendeng.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

@JF, Teruslah MUNTAH ...

JF, jangan lupa kalimat-kalimat di bawah ini yang kau bilang:

 

JF: Tritunggal TIDAK PERNAH BERDIRI SENDIRI.

JF: Ketika Yesus dibaptis, PENAMPAKAN Roh Kudus dalam bentuk Merpati, PENAMPAKAN BAPA dalam bentuk Suara. 

Sekarang kau tambah lagi dengan kalimat TOLOL ini?

JF: Segala kemunculan Allah diluar Yesus Kristus adalah penampakan, lewat utusan.

guna MENYANGKAL ucapan ini?

JF:  Saya sudah bilang perwujudan sejati ALLAH, hanya Yesus Kristus.
Allah masuk dalam sejarah, dalam dimensi dan dalam waktu hanya dalam Yesus Kristus.

Baiklah JF, teruslah MUNTAH lalu JILAT kembali sampai BERSIH.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

mama nia's picture

@Deta: yakin

Syalom Deta,

Deta said:

Waktu melihat TUHAN, supaya tidak mati Musa harus “ditudungi" oleh tangan TUHAN. Tetapi Musa sama sekali tidak melihat wajah TUHAN, Alkitab jelas berkata Musa HANYA melihat bagian belakang Nya. Dalam perjanjian baru, manusia harus ditutupi dan dibasuh oleh darah Kristus supaya mampu datang ke hadapan Bapa. Inilah bukti pertama bahwa YHWH = TUHAN yang “menampakkan”  diri kepada Musa adalah Allah Bapa.

 Adakah manusia yang pernah melihat TUHAN? (Entah itu Bapa atau Anak Allah sebelum menjadi manusia). Menurut saya tidak ada! Musa pun tidak benar-benar MELIHAT TUHAN. Karena Alkitab mengajarkan bahwa tidak ada manusia yang melihat TUHAN bisa tetap hidup, yang melihat TUHAN pasti mati!

Musa tidak melihat TUHAN, karena ada ayat yang berkata:


Yohanes  1:18 Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.

Mama nia said:

Jika tidak ada seorang manusiapun (termasuk Musa) yg melihat TUHAN (entah itu Bapa atau Anak Allah sebelum menjadi manusia), lalu dari mana anda yakin bahwa YHWH = TUHAN yg "menampakkan" diri kepada Musa adalah Allah Bapa? Bukankah baik Bapa atau Anak Allah sebelum menjadi manusia, sama2 gak bisa dilihat oleh Musa?

Thanks

 

Debu tanah's picture

@ Mama nia, yakin

Loh td sudah saya balas, koq hilang ya. Saya tulis lagi deh:

Saya memang berpendapat bahwa YHWH adalah Bapa.

Buktinya, baca blog saya, paragraf  yang ada "bukti pertama" , "bukti  ke dua" dan "bukti ke tiga" .

Bukti ke empat baca SINI.

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...