Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Mengenali Jerat “Penipuan Investasi”

Purnawan Kristanto's picture

Kalau Anda memiliki dana ekstra, sebaiknya jangan dibiarkan “menganggur.” Dari hari ke hari, nilai tukar uang Anda akan menurun karena digerogoti laju inflasi. Cara paling sederhana untuk mempertahankan, atau bahkan meningkatkan nilai tukar uang Anda adalah dengan menabung di bank. Tapi bunganya sangat kecil, sehingga pertambahannya sangat minim.
Maka alternatif berikutnya adalah menyimpan dalam bentuk deposito atau surat berharga. Jika Anda ingin pertambahan yang pesat, maka investasikan uang Anda. Tapi berhati-hatilah dalam menanamkan uang Anda, sebab banyak tawaran investasi yang menggiurkan. Sayangnya, ujungnya adalah penipuan. Berikut ini beberapa modus penipuan investasi:
Pertama, berupa perusahaan penggandaan uang yang berkedok MLM. Ciri-cirinya antara lain pungutan biaya pendaftaran anggota yang relatif besar dan sebagian digunakan sebagai kompensasi atau komisi kepada orang-orang yang merekrut atau mensponsori anggota baru. Keharusan setiap anggotanya untuk melakukan pembelian produk dalam jumlah besar dan dengan potongan harga setinggi mungkin. Ciri lainnya, adalah ketiadaan perjanjian atau kontrak tertulis antara perusahaan dengan distributornya. Hampir semua janji berupa iming-iming untuk menjadi kaya mendadak disampaikan secara lisan, sehingga sulit untuk dibuktikan bila terjadi pengingkaran.
Kedua, dengan pola binari. Proses sistem binari seperti ini:Anda harus membeli paket produk dan wajib mencari mencari dua orang investor baru yang juga membeli paket produk sama. Dua investor yang di bawah Anda ini wajib melakukan hal yang sama. Maka permainan pun bergulir. Bila downline jaringan sudah mencapai angka tertentu maka satu permainan (game) sudah selesai. Permainan baru dimulai lagi dengan merekrut dua orang baru lagi, dan seterusnya.
Dalam pola binari ini, bila kemajuan kanan-kiri (dari dua orang bawahan Anda) tidak seimbang maka Anda tidak mendapat bonus. Misalnya, Anda merekrut bpk. A dan bpk. B. Ternyata, laju pertumbuhan anggota baru di bawah bpk. A sangat pesat, sementara  bpk. B kesulitan menambah anggota baru. Maka kondisi ini disebut tidak seimbang. Sebagai upline, Anda tidakberhak mendapat keuntungan.
Ketiga adalah modus investasi dengan pola matrik. Modusnya seperti ini, Anda diminta untuk menempatkan dana, misalnya US$50-US$150 dalam bentuk draft ke alamat penyelenggara di luar negeri. Dalam hitungan bulan, Anda dijanjikan mendapatkan bonus keuntungan yang berlipat.
Pola investasi ini hampir menyerupai pola binari. Anda diharuskan untuk mencari orang baru. Masalah timbul, bila jaringan terputus ditengah, sehingga jumlah yang berkembang tidak lagi mencukupi maka Anda tidak mendapatkan seperti apa yang dijanjikan.
Keempat, investasi “bank gelap”. Jenis lembaga investasi ini menawarkan pola investasi dengan keuntungan spektakuler. Sebagai contoh, bila bunga deposito yang ditawarkan oleh perbankan adalah 10% pertahun, lembaga tersebut, konon berani menawarkan bunga 10% perbulan.
Secara akal sehat, tidak mungkin ada investasi yang memberikan keuntungan yang begitu besar dalam waktu singkat, kecuali bisnis haram atau terlarang. Tapi kenyataanya, mula-mula mereka dapat membayar bunga seperti yang dijanjikan. Dari mana uang itu diperoleh? Dari “gali lubang tutup lubang”. Mereka memakai uang setoran dari anggota baru untuk membayar kewajiban pada anggota lama. Jika uang yang terkumpul sudah banyak, pemiliknya lalu kabur.

__________________

------------

Communicating good news in good ways

henso's picture

Investasi

Dalam kisah tentang talenta, investasi adalah standard minimal Tuhan dalam mendapatkan penghasilan. Perintah utamanya adalah dengan mengusahakannya. Banyak orang terjebak dalam investasi karena berusaha kaya dengan cara mudah.

Bagaimanakah seharusnya memperlakukan uang simpanan kita?

1. Sadarilah bahwa itu adalah mandat dari Tuhan. Setiap berkat adalah mandat yang harus dipertanggung jawabkan.

2. Sebisa-bisanya gunakan untuk usaha/wiraswasta, kalau mau lebih menghasilkan. 

3. Kalu mau tetap ditabung, simpanlah di bank yang dijamin pemerintah. Karena disanalah uang kita diputarkan secara wajar, melalui bisnis-bisnis yang umum. Setiap investasi harus dilihat kewajaran prosesnya dan hasilnya. Jika terlalu menggiurkan hasilnya dan prosesnya nampaknya mudah, maka seringkali itu adalah jebakan.

Intinya, untuk menghindari penipuan dalam bentuk apapun, perbaiki motivasi kita.

Misalnya :

- Pengen cepet kaya tanpa bekerja.

- Menghasilkan tanpa berusaha.

- Orang lain yang kerja, kita yang menikmati.

- Dll.

Allah memerintahkan kita bekerja untuk menghasilkan nafkah hidup kita.