Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

pluralisme

ferrywar's picture

Keadaan buruk terjadi

Negeri ini sudah makin rusak. Ada kasus Singkil dimana gereja2 akan ditutup paksa. 16 gereja dalam berbagai aliran Kristianitas. Hanya diberi waktu sampai 2 bulan lagi.

Erfen Gustiawan Suwangto's picture

Pluralisme = Solusi atau Masalah ?

Indonesia adalah negara pluralis. Plural (keberagaman) dalam negara ini adalah fakta. Akan tetapi, ketika menjelma dalam suatu paham yang dinamakan pluralisme, maka ketika menjadi suatu -isme hanya akan memfasilitasi golongan tertentu yang memiliki kepentingan tertentu pula. Terkesan bahwa pluralisme ingin menyatukan semua agama, bahkan terkesan sinkretisme (mencampuradukan semua ajaran agama) dan menganggap semua agama pada taraf kebenaran yang sama.

Erfen Gustiawan Suwangto's picture

Ateisme Berkedok Pluralisme

Judul yang aneh? Tentu saja aneh karena orang umumnya mengganggap positif istilah pluralisme, sedangkan ateisme umumnya mendapat konotasi negatif , tetapi mengapa keduanya digabungkan? Tentu saja bagi mereka yang kritis akan segera menemui jawabannya, yaitu karena yang mendapat konotasi negatif itu ingin menyamar dalam bentuk yang lebih positif.

Purnawan Kristanto's picture

Jika Gus Dur itu Orang Kristen

 

Selepas wafatnya Gus Dur muncul kehendak yang kuat dari masyarakat untuk mengangkat swargi Gus Dur menjadi Pahalawan. Di Facebook, gerakan ini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Sampai tulisan ini dibuat ada sekitar 14.329 Facebooker yang mendukung usulan Gus Dur menjadi pahlawan.
Sementara itu, di kalangan gereja juga muncul semacam euphoria untuk menyanjung-nyanjung Gus Dur. Tak dapat disangkal, gereja memang banyak berhutang budi pada presiden RI ke-4 ini. Ketika ada gereja yang dirusak oleh massa atau dipaksa untuk ditutup, maka swargi Gus Dur akan membelanya. Orang Kristen juga merasa senang karena Gus Dur telah mempromosikan gagasan Pluralisme dan Multikulturalisme sehingga umat Kristen memiliki kebebasan beribadah yang relatif lebih baik. Sebagai bentuk terimakasih, maka beberapa sinode gereja memasang iklan dukacita di harian terkemuka.
kristenberea's picture

Mengapa harus jadi orang Kristen yang menderita jika .....

Di bawah ini adalah pendapat tokoh-tokoh Kristiani:

Prof. Dr. Phil. Franz Magnis-Suseno SJ mengatakan bahwa banyak jalan keselamatan sehingga Tuhan Yesus bukan satu-satunya jalan keselamatan.  (Sumber : http://www.islamlib.com/WAWANCARA/291202magnis.html)