Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Jawa

Admin's picture

Hore!! November sudah mulai!

Puji Tuhan, ada banyak pengalaman berharga di sepanjang bulan Oktober yang lalu, yang mampu menjadi pemompa semangat kami untuk melayani Tuhan lebih baik lagi. Dalam sejarah perjalanan pelayanan YLSA, bulan Oktober 2014 menjadi bulan yang penuh dengan produk-produk baru dari SABDA. Beberapa di antaranya: DVD Konseling Kristen TELAGA, SD Card TELAGA Anak, SD Card Dengar Alkitab, Alkitab Aksara Jawa, SABDA_YLSA Instagram, Buku Tahunan YLSA, Wikipedia YLSA, dll.. Semua produk ini kiranya dapat menjadi sarana untuk mengenalkan firman Tuhan ke lebih banyak orang.

y-control's picture

Anak Bajang Menggiring Angin

Kisah Ramayana memang sudah sangat dikenal terutama oleh orang Jawa. Sementara aku sendiri hanya tahu beberapa garis besarnya. Bahwa cerita itu tentang Rahwana yang bermuka sepuluh menculik Sinta. Sementara Sinta yang jadi eksil di hutan karena mengikuti Rama yang juga diikuti Lesmana, tertangkap Rahwana karena tidak mau menurut untuk terus berada di dalam lingkaran (cerita yang juga ada di kisah Sun Go Kong). Bahwa dalam usaha merebut Sinta itu, Rama dibantu oleh kera Anoman yang sempat membakar Alengka dengan ekornya. Bahwa setelah Sinta bisa didapatkan kembali, ternyata Rama ragu akan kesucian Sinta sehingga ia menyuruh supaya Sinta membuktikannya dengan masuk ke api, jika terbakar berarti tidak suci, tapi kalau tidak apa-apa berarti suci, masih belum diapa-apakan Rahwana. Tapi membaca buku karya Romo Sindhunata ini, aku baru sadar bahwa ada begitu banyak filosofi tentang cinta dan tentu saja fatalisme (yang di buku-buku karya orang asing disebut adalah ciri/karakter orang Jawa) di kisah itu.

Purnawan Kristanto's picture

Bakmi Jawa Balungan

 

"Cara niteni warung bakmi jawa yang enak adalah melihat jumlah ayam yang digandulkan" Tips ini diberikan oleh Felix, teman saya. Setiap warung bakmi jawa selalu menggantungkan ayam utuh yang sudah dicabuti bulunya pada dapur masak yang ada di bagian depan. Semakin banyak ayam yang digantungkan, berarti warung itu banyak dikunjungi pembeli. Maka biasanya itu adalah ciri bahwa masakannya cukup enak.
ebed_adonai's picture

"Bapak Bicara Pake Bahasa Apa Ta?"

“Pak, bapak bicara pake bahasa apa ta, pak?” demikian tanya putri ragilku pada suatu hari, dengan penuh rasa ingin tahu dan pandangan yang berbinar-binar. Saat itu aku baru saja habis berbicara dengan inang di telepon (pembicaraan di telepon itu merupakan bagian dari kisahku yang lain di sini), dengan menggunakan bahasa daerah kami, Batak Toba…
“Ada deh, Ndut,” jawabku saat itu ringan kepada boloku itu, yang meski sekarang sudah tidak ndut lagi, namun tetap kupanggil demikian, karena itulah panggilan sayangku padanya dari kecil (sebaliknya, ia juga membuat semacam panggilan sayang kepadaku, yaitu Chupi, yang katanya berasal dari nama boneka kelinci kesayangannya).