Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

freewill

Kejarlah Kasih's picture

Kehendak Bebas Manusia

Dengan kehendak bebas, setiap manusia dapat memilih untuk menerima atau menolak keselamatan. Jika menerima pasti masuk sorga, jika menolak pasti disiksa di dalam api neraka untuk selama-lamanya. Kalimat pembodohan seperti itu adalah dongeng turun-temurun yang bertentangan dengan ajaran Yesus Kristus.

 

Allah memang memberi kehendak bebas kepada manusia. Tetapi kehendak bebas manusia hanya berguna di dalam batas-batas yang telah ditentukan-Nya.  

 

Domba dilahirkan oleh domba. Kambing dilahirkan oleh kambing. Jika hendak menjadi domba maka kambing harus dilahirkan kembali sebagai domba.


Urusan ‘dilahirkan’ mustahil terjadi karena pilihan kehendak bebas manusia. 
mujizat's picture

Rahasia panggilan dan pilihan Allah

Bagiku, panggilan dan pilihan Allah atas Saulus seperti masih merupakan sebuah misteri, seperti masih merupakan rahasia Allah. Karena yang nampak dari tindakan Saulus sebelumnya adalah: penganiaya jemaat (Tuhan), bagian dari suatu kelompok dengan gerakan tertentu yang melegalkan aniaya dan - jika diungkapkan dengan parameter sekarang - yang melegalkan pelanggaran HAM demi menegakkan Taurat Tuhan. Saulus boleh dibilang sebagai "yang tidak mencari Yesus" tetapi MUNGKIN dia bisa dikategorikan sebagai "yang ingin menegakkan kebenaran" setidaknya kebenaran menurut tingkat pemahaman yang dicapai Saulus pada waktu itu.

josia_sembiring's picture

Predestinasi, Free Will dan Past Destinasi

Manusia sangat senang belajar sesuatu yang unik dan rumit seolah mereka sangat pintar membuat istilah-istilah yang kompleks yang sulit dimengerti sesamanya. Ada 2 istilah yang populer didunia kristen, islam dan Yahudi (Agama Samawi). Istilah tersebut adalah Predestinasi dan Freewill. Kedua istilah itu seperti kata mutiara yang wajib untuk dipahami oleh mereka-mereka yang menyematkan dirinya sebagai manusia pilihan "Allah". Dengan berbagai cara mereka menjelaskan seolah mereka memang menguasai maknanya.

Terlepas dari apa yang mereka percayai dan mengerti tentang istilah tersebut, saya akan mengambil posisi sebagai orang awam untuk menjelaskan pengertian saya sendiri. Bahkan saya mengambil istilah baru setelah saya mempelajari kedua istilah tersebut. Istilah baru itu saya sebut sebagai past destinasi. Past Destinasi adalah lawan dari predestinasi menurut pikiran saya.

mujizat's picture

Kasih Allah, respons manusia, kesetiaan dan keselamatan

Kita telah belajar memahami bahwa Tuhan memiliki rencana yang baik terhadap manusia dengan memberikan Firman-Nya, isi hati-Nya, rencana-Nya, maksud-Nya, aturan-aturan-Nya dan kemudian Anugerah-Nya dengan memberi kesempatan semua orang untuk mendengar informasi penting-Nya, panggilan-Nya dan berharap sebanyak-banyaknya manusia menanggapi panggilan-Nya dengan memberikan respon terbaik terhadap undangan-Nya itu, yang berdasarkan respon manusia tersebut, Tuhan dapat bekerja dalam segala sesuatu sampai Dia dapat memberikan keselamatan kepada gambar-Nya itu.

akhung's picture

Allah Menciptakan Dosa? Atau Dosa = Konsekuensi Kehendak Bebas?

ALLAH MENCIPTAKAN DOSA? ATAU DOSA = KONSEKUENSI KEHENDAK BEBAS?

Saya ingin menyampaikan pandangan saya dan hasil pembelajaran saya terhadap Firman Tuhan yang saya pelajari selama ini. Mungkin pandangan ini bisa saja salah. Tapi saya siap untuk mempertanggungjawabkan pandangan saya, dan saya siap untuk dikoreksi jika ada yang bisa membuktikan secara alkitabiah kalau pandangan saya salah.

kardi's picture

Tenang-kekuatan-pengharapan

Tenang- kekuatan- pengharapan

Bersama-sama kita melakukan 4M (membaca,merenungkan, melakukan dan membagikan).

NoStressInDepress's picture

Malaikat Bejat-Cabul ?(Freewill)

Malaikat memiliki Freewill kah ??