Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Iman yang Berharga

sujinto's picture

IMAN YANG BERHARGA

 

Tuhan, tingkatkan rasa lapar dan haus saya akan Engkau dan akan Iman- Mu yang berharga. Amin.

 

Renungan bagi kita yaitu Iman yang berasal dari Tuhan dapat diperoleh bagi setiap orang yang memintanya.

 

Sebagai bahan hikmat dari Alkitab : 2 Petrus 1:1-8

Dari Simon Petrus, hamba dan rasul Yesus Kristus, kepada mereka yang bersama-sama dengan kami memperoleh iman oleh karena keadilan Allah dan Juruselamat kita, Yesus Kristus.

Kasih karunia dan damai sejahtera melimpahi kamu oleh pengenalan akan Allah dan akan Yesus, Tuhan kita.

Karena kuasa ilahi-Nya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia, yang telah memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib.

Dengan jalan itu ia telah menanugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia.

Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada iman-mu kebajikan, dan kepada kebajikaan pengetahuan, dan kepada pengetahuan penguasaan diri, kepada penguasaan diri ketekunan, dan kepada ketekunan kesalehan, dan kepada kesalehan kasih akan saudara-saudara, dan kepada kasih akan saudara-saudara kasih akan semua orang.

Sebab apabila semuanya itu ada padamu dengan berlimpah-limpah, kamu akan dibuatnya menjadi giat dan berhasil dalam pengenalanmu akan Yesus Kristus, Tuhan kita.

 

Suatu pandangan bahwa Iman yang berharga? Yang dapat diambil dalam renungan 2 Ptr 1:1-12 adalah saya percaya  Tuhan  ingin kita menerima kasih karunia Tuhan agar supaya kita dapat menaklukkan kerajaan-kerajaan, dan mengerjakan kebenaran yang telah kita dapat darinya, atas iman yang berharga kita peroleh dari-Nya.

Bagaimana kita tahu iman yang berharga itu? Buanglah pikir-pikiran yang tidak membangun  dan imajinasi-imajinasi yang menyesakkan. Yang kita perlukan hanya memiliki Firman Tuhan, dan itu sudah cukup. Seperti rasul Paulus mengatakaan “ tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup didalam aku” (Galatia 2:20)

Firman Tuhanlah yang mengubah pola pikiran kita, karakter dan pola hidup kita sehingga menggerakkan dari suatu kemulian menuju kemulian, dan didapatilah diri kita menjadi pewaris sifat Tuhan.

Caranya untuk mendapatkan iman yang berharga kita harus merasa haus dan lapar akan Firman Tuhan. Disanalah akan dibukakan rahasia-rahasia visi tentang apa yang ada di depan , dan tentang sesuatu yang lebih besar dari yang pernah kita capai.

Jika kita pernah berhenti di suatu titik, bangkitlah dari tempat  dimana kita pernah jatuh dan mulailah lagi di bawah terang yang baru dan benar dalam kuasa surga. Tuhan akan selalu menemui kita disaat kita mengaku atas ketidak berdayaan untuk melakukan jalan hidup ini sehingga kemulian Tuhan itu benar-benar dinyata, dan kita dapat mengatakan amin, terima kasih Tuhan atas anugerah dan kebaikan serta kemurahan-Nya. Sehingga  suka cita itu terus mengalir-mengalir  sampai ke siapapun yang melihat kita dapat merasakan kehadirannya..

 

PERTANYAAN UNTUK DIRENUNGKAN

  1. Apakah kita sudah kehilangan rasa lapar dan haus akan Firman Tuhan? Bagaimana kita dapat memperolehnya kembali?
  2. Pewahyuan baru tentang iman yang berharga apakah yang Tuhan tujukkan kepada kita?

 

Kuncinya 2 Petrus 1:8 bunyinya “sebab apabila semuanya itu ada padamu dengan berlimpah-limpah,  kamu akan dibuatnya menjadi giat dan berhasil dalam pengenalanmu akan Yesus Kristus, Tuhan kita. Amin.

 

GBU for all of us