Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Holistik

victorc's picture
Shalom saudaraku, pagi ini ijinkan saya berbagi hasil survei kecil yang saya lakukan kepada beberapa pendeta yang saya kenal. Survei itu via sms, dan berisi suatu pertanyaan tunggal. Namun sebelum saya membahas hasil survei tsb, ada baiknya kita telusuri kisah yang mengawalinya.
Ceritanya dua hari lalu saya memimpin persekutuan doa lingkungan gereja kami dan di situ ada seorang bapak bercerita (sebutlah namanya: bapak A) bahwa dia baru mengalami kesembuhan dari tekanan darah yang tidak normal, pola detak jantung yang kacau dan gula darah yang menaik dalam beberapa hari terakhir. Setelah menghubungi dokter jantung dan menjalani tes ecg, hasilnya ternyata menunjukkan ada yang tidak beres. 
Malamnya dia berlutut dan berdoa, dan seperti ada suara Roh Kudus yang menegur dia bahwa semua sakit penyakit sudah ditanggung oleh Yesus di kayu salib, sekarang dia tinggal membereskan dosa-dosa yang belum diakui. Kira-kira seperti itulah pesan yang dia dengar dalam doa, akhirnya bapak A berdoa minta ampun kepada Tuhan sambil menangis kira-kira 30 menit. Dia mengucap syukur bahwa Yesus telah memikul semua penyakit oleh bilur-bilurNya. 
Ajaib, besok paginya waktu bangun tidur dia cek tekanan darah dan detak jantung ternyata sudah normal, gula darah juga sudah turun. Besoknya bapak A ini pergi ke dokter spesialis, dan dokter menyatakan semuanya normal. Akhirnya, bapak A menyimpulkan bahwa kalau kita beriman bahwa semua penyakit sudah ditanggung Yesus ya kita akan sembuh, kalau kita tidak yakin ya kita tidak sembuh.
Sewaktu bapak A bercerita memang saya tidak menanggapi, karena topik renungan persekutuan kami berbeda dengan yang dikisahkan, tetapi kemarin bapak A itu mengirim sms menanyakan pandangan saya. Saya menjawab beliau bahwa keselamatan yang diberikan Yesus itu merupakan pemulihan holistik yang meliputi tubuh, jiwa dan roh. Pemulihan tubuh berarti kesembuhan dari sakit penyakit. 
Namun saya menduga bahwa jawaban para hamba Tuhan tentang topik ini bisa bervariasi, jadi saya memutuskan untuk mengadakan survei kecil via sms kepada beberapa pendeta yang saya kenal.

Pertanyaan survei
Isi sms saya kira-kira sbb.: "Shalom pak pdt, bgm kabar? Boleh mengganggu sedikit? Ada jemaat yang tanya: penebusan dosa oleh Yesus Kristus sehingga orang yang percaya kepada-Nya beroleh keselamatan. Menurut bpk apakah keselamatan itu hanya terbatas pengampunan dosa saja atau meliputi pengampunan dosa, penyembuhan dan pembebasan? Trims. Gbu."
Ada sekitar 15 orang pendeta yang saya sms dgn pertanyaan tersebut, dan 9 orang pdt menjawab sms saya. Namun memang mesti saya akui survei kecil ini kurang berimbang, karena saya hanya menghubungi 1 pdt karismatik, dan selebihnya pendeta dari gereja kami (mainstream).

Respons beberapa pendeta gereja kami
Berikut beberapa jawaban yang saya terima via sms:
a. "Kadang-kadang bisa meliputi kesembuhan. Umumnya pengampunan dosa dan pemulihan relasi."
b. "Saya tidak jelas yang dimaksud dengan penyembuhan dan pembebasan. Namun kita bisa baca kitab Matius 18:21-35, mungkin bisa menjawab pertanyaan anda."
c. "Dalam penghayatan iman kita, keselamatan kita peroleh karena anugerah cinta kasih Allah semata. Anugerah keselamatan tersebut sedemikian utuh sehingga dosa kita diampuni, hidup kita dipulihkan dari kebobrokan holistik, dimampukan untuk tidak menjadi budak dosa, mengalami penbaruan hidup guna diutus untuk berkarya mengaktualisasikan keselamatan Allah bagi dunia." 
d. "Penebusan dosa itu mencakup keseluruhan hidup manusia. Pembebasan dari kuasa dosa merupakan konsekuensi logis dari penebusan sehingga kita bukan lagi hamba dosa tetapi hamba kebenaran. Tetapi kalau ada orang yang mengklaim bahwa penyembuhan dari sakit secara otomatis karena percaya kepada Kristus dan sudah ditebus...konsep spt itu perlu dicermati. Bahwa Yesus berkuasa atas penyembuhan sakit penyakit memang iya, tetapi Tuhan (kadang) memang mengijinkan orang percaya bisa sakit, karena tidak semua sakit karena dosa. Dan belum tentu orang yang sakit dan belum sembuh karena tidak atau belum percaya Kristus."
e. "Kalau bicara keselamatan Yesus ya pastinya menyeluruh, bukan hanya ditebus dari dosa. Juga dibebaskan diberi jaminan hidup kekal. Tager (tata gereja) tidak bicara banyak. Kan iman rasuli tersirat di bagian akhir ... Bahwa menyeluruh."
f. "Inti dari karya penebusan Kristus adalah menebus dosa manusia. Hasil dari karya penebusan Kristus tentu menyelamatkan alias memberi hidup yang kekal bagi yang percaya, memberikan hidup baru juga membebaskan kita dari hidup yang lama, dll."
g. "Semuanya dan lebih dari itu. Makna penebusan KRISTUS."
h. "Keselamatan di dakam Kristus berarti manusia memperoleh kehidupan baru secara menyeluruh. Penebusan dosa tidak dapat dipisah-pisahkan dengan yang lainnya, tetapi seringkali dipisahkan karena dianggap kalau sudah selamat berarti bebas dari masalah dunia."

Respons seorang pendeta karismatik
Seorang teman pendeta dari gereja karismatik memberikan jawab yang menarik sbb: "Keselamatan yang diberikan Tuhan sudah termasuk semuanya, baik pengampunan dosa, penyembuhan dan pembebasan. Persoalannya: kita masih hidup dalam dagingkah? Berdosa, sakit, terikat dalam perhambaan dosa masih bisa terjadi. Oleh sebab itu Tuhan mengajarkan agar kita tidak menurut hawa nafsu daging, tapi ikut Roh Kudus."

Tanggapan bapak A
Setelah saya memperoleh beberapa respons tadi, kemudian saya berusaha sebaik mungkin meneruskan ke bapak A tersebut. Berikut ini kutipan tanggapan beliau: 
(1) "Ini jawaban khas pendeta gereja mainstream bahwa keselamatan hanya terbatas pada pengampunan. Penyembuhan pada Matius 8:16-17 juga dianggap penyembuhan rohani. Saya justru sependapat denganmu kalau penebusan oleh darah Yesus bersifat holistik."
(2) "Saya tidak sejalan dengan pendapat bahwa sakit akan sembuh jika Tuhan menghendaki. Saya setuju dengan pendapat kalau Tuhan selalu menghendaki kita sehat. Tuhan Yesus sewaktu di dunia, berkarya untuk menyembuhkan, tidak pernah memberi sakit. Sakit (bisa) akibat dosa, iblis, atau bersifat alami."

Catatan penutup
Demikian hasil survei kecil via sms kemarin, yang tentunya jauh dari lengkap. Tujuan saya menuangkannya di sini sederhana saja: (a) mungkin ada manfaatnya bagi para pembaca untuk meluruskan berbagai pandangan yang keliru tentang anugerah keselamatan dalam Yesus Kristus, dan (b) mungkin ada mahasiswa teologi yang berniat mengangkat dan mengolah topik penting ini menjadi penelitian serius setingkat skripsi atau tesis. 
Sejauh yang saya bisa peroleh, hanya ada beberapa buku yang membahas topik kesembuhan holistik secara sehat tanpa jatuh menjadi promosi teologi Health and Wealth yang cenderung dekat dengan teologi kemakmuran. Di antaranya ada buku yang baik [1] yang membahas beberapa konsep keliru seperti misalnya : Tuhan mengijinkan kita sakit dsb. 
Buku yang lain adalah Christ the Healer karya F.F. Bosworth [2]. Saya juga pernah membaca sekilas buku karya C. Peter Wagner yang mengulas bagaimana memulai pelayanan kesembuhan bahkan di gereja-gereja mainstream (gelombang ketiga).
Sebagai penutup, artikel ini tidak dimaksudkan untuk memicu perdebatan. Kalau kita membaca dengan teliti jawaban-jawaban di atas, para pendeta mainstream juga setuju akan keselamatan yang menyeluruh ( holistik ), hanya saja sedikit berbeda dalam memaknai kata 'menyeluruh' tersebut. Pada akhirnya, semuanya terpulang pada Anda sendiri.

Bagaimana pendapat Anda? Jika ada komentar dan saran silakan kirim ke email: victorchristianto@gmail.com

Note: terimakasih kepada para pendeta yang telah memberikan respons atas sms saya. Tuhan memberkati Anda semua.

Version 1.0: 11 nov 2015, pk. 7:14 pm.
VC

Referensi:
[1] Ken Blue. Authority to heal: otoritas untuk menyembuhkan. Jakarta: Pancar Pijar Alkitab, 2010.
[2] F.F. Bosworth. Christ the healer. Grand Rapids: Fleming H. Revell, 1973, 2000.
[3] Kim Harrington. The power of salvation. Url: http://www.masterbuilder.org/tracts/salvation.htm
__________________

Dari hamba yang tidak berguna (Lih. Lukas 17:10)

Prepare for the Second Coming of Jesus Christ.