Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Bukan Iman Saya

Kejarlah Kasih's picture

Kalau ada sperma di dalam tubuh seorang perempuan maka sperma itu pasti bukan milik perempuan. Sperma itu masuk ke dalam tubuh perempuan melalui hubungan persetubuhan suka sama suka atau dapat juga karena pemerkosaan. Sekalipun ada di dalam tubuh wanita, itu bukan sperma wanita melainkan sperma laki-laki. Bahkan sekalipun tiba-tiba tanpa disadari seorang perawan menjumpai sperma di dalam tubuhnya, tetap saja itu bukan spermanya. Itu sperma laki-laki, bukan hasil produksi tubuh wanita melainkan pemberian laki-laki.

 

Di bumi ini, untuk melahirkan seorang manusia dibutuhkan benih manusia. Manusia harus dihasilkan dari benih manusia. Benih manusia belum dapat disebut sebagai manusia. Benih perlu melalui proses untuk menjadi janin. Sekalipun janin manusia sudah memiliki cetak biru untuk menjadi manusia dewasa, namun rupa janin itu belum sempurna, belum serupa seperti manusia. Janin perlu tinggal di dalam rahim manusia, sampai tiba waktunya untuk dilahirkan sebagai anak manusia. Hal yang serupa berlaku untuk membentuk anak-anak Allah. Dibutuhkan benih Allah untuk dapat menghasilkan anak-anak Allah. Alkitab menulis kita semua adalah anak-anak Allah melalui iman di dalam Yesus Kristus.

 

Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah melalui iman di dalam Yesus Kristus. Galatia 3:26

 

Rasul Paulus menulis iman di dalam Yesus Kristus,  bukan iman di dalam saya!

 

Iman di dalam saya adalah iman saya. Iman saya adalah iman yang dihasilkan diri saya sendiri. Iman saya tidak sanggup menjadikan saya sebagai anak Allah.  Iman di dalam Yesus Kristus bukan iman saya. Iman di dalam Yesus Kristus adalah iman Yesus Kristus. Melalui iman itulah anak-anak manusia menjadi anak-anak Allah.

 

yaitu pembenaran oleh Allah melalui iman dalam Yesus Kristus bagi semua orang yang percaya. Sebab tidak ada perbedaan. Roma 3:22

 

Pembenaran oleh Allah tidak datang melalui iman dalam saya, melainkan melalui iman dalam Yesus Kristus.

 

Iman dalam Yesus Kristus bukan iman saya. Iman dalam Yesus Kristus adalah iman milik Yesus Kristus. Iman saya tidak cukup untuk membuat Allah membenarkan saya. Iman yang membenarkan manusia di hadapan Allah adalah iman dalam Yesus Kristus. Iman Yesus. Bukan iman saya.

 

Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri. Efesus 2:8-9

 

Iman itu bukan iman saya. Iman yang menyelamatkan itu adalah pemberian Allah. Iman itu bukan iman saya,  bukan hasil usaha atau hasil pekerjaan saya. Iman itu diberikan Allah sebagai karunia kasih. Iman yang menyelamatkan itu bukan iman saya melainkan iman Yesus. Benih yang sudah menjadi sempurna itu yang diberikan kepada saya. Benih untuk menghasilkan buah yang sempurna.

 

Karena semua orang telah berbuat dosa dan kehilangan kemuliaan Allah, dan oleh anugerah-Nya telah dibenarkan dengan cuma-cuma melalui penebusan dalam Kristus Yesus.  Roma 3:23-24

 

Iman Yesus diberikan sebagai karunia kasih kepada manusia. Oleh anugerahNya saya telah dibenarkan dengan cuma-cuma melalui penebusan dalam Kristus Yesus. Itulah pengampunan tanpa syarat.

 

Pengampunan tanpa syarat telah diberikan. Hutang lama telah dihapuskan dan digantikan dengan hutang baru yang lebih ringan. Perjanjian yang lama telah berlalu, perjanjian yang baru sudah tiba. Segala ketentuan hukum yang mendakwa dan mengancam manusia berdasarkan perjanjian yang lama telah ditiadakan. Sekarang manusia hidup dalam perjanjian baru.

 

Seperti anggur baru harus disimpan dalam kantong kulit yang baru, demikian pula perintah yang baru ada di dalam suatu perjanjian baru. Perjanjian berdasarkan anugerah. Perjanjian yang hanya berisi satu perintah saja.

 

Perintah itu adalah untuk saling mengasihi di antara sesama manusia.


 

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

jlwijaya's picture

Iman Timbul dari Firman Kristus yang adalah roh dan hidup

Rom 10:17  Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus. 

 

Rom 10:8  Tetapi apakah katanya? Ini: "Firman itu dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu." Itulah firman iman, yang kami beritakan. 

 

Joh 6:63  Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup. 

 

Sangat benar sekali bahwa Firman Kristus yang adalah roh dan hidup membuat iman timbul di dalam kita, ini berarti iman dari Allah .Jadi iman lkita adalah iman yang timbul karena Firman Kristus dan inilah Iman di dalam kristus.

Kejarlah Kasih's picture

@jlwijaya, kapan tenggelamnya?

[jadi iman saya kepada Kristus adalah iman yang timbul di diri saya dari firman Kristus,] Iman yang timbul? Kapan tenggelamnya? Hahahaha.
__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

jlwijaya's picture

Dari Allah.

-Mata saya adalah mata diri saya bukan matamu. tetapi karena saya di ciptakan oleh Tuhan maka mata saya juga adalah ciptaan Tuhan dan juga adalah benar bahwa mata saya adalah dari Allah.

-Iman dari Allah jelas benar dan kita beriman kepada Kristus bukan ujuk2 tetapi karena Firmen diberitakan dan melalui firman yang adalah roh dan hidup maka saya percaya, jadi iman saya kepada Kristus adalah iman yang timbul di diri saya dari firman Kristus, tentunya tak lepas pula dari pekerjaan Roh Kudus ,dengan demikian  adalah benar bahwa  iman dari firman yang timbul di dalam diri saya adalah iman dari Allah.

Kejarlah Kasih's picture

@jlwijaya, jangan mengaku-ngaku, malu!

[Jadi iman lkita adalah iman yang timbul karena Firman Kristus dan inilah Iman di dalam kristus.] Jlwijaya, kamu betul2 sombong, mengaku-ngaku iman di dalam kristus adalah iman JLwijaya.
__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

Huanan's picture

self-confident faith

Pada kenyataannya masih banyak orang yg memiliki Iman yg berasal dari kepercayaan diri(percaya diri) yang sudah tercemari dgn keyakinan bahwa Allah akan menjawab apapun yang mereka minta.
__________________

Huanan

Kejarlah Kasih's picture

@Huanan, berbahagialah

Biarkan saja. Ada orang-orang yang membawa imannya sendiri ke hadapan Allah. Ada juga yang miskin di hadapan Allah. Yesus berkata: Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga. Matius 5:3
__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

Debu tanah's picture

Salah terjemahan

[Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah melalui iman di dalam Yesus Kristus. Galatia 3:26

Rasul Paulus menulis iman di dalam Yesus Kristus,  bukan iman di dalam saya! ]

 

Terjemahan di atas tidak tepat, jadi nya ada orang yang memahami tentang iman seperti penulis blog ini. Ini pemahaman yang ANEH bin AJAIB ! Embarassed

Terjemahannya harusnya sbb:

(TL)  Karena kamu sekalian anak-anak Allah oleh sebab iman kepada Kristus Yesus. Gal 3:26

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Yohanes Paulus's picture

kasus

Sebelumnya silakan pelajari dulu kasus datif dan akusatif dalam bahasa-bahasa fleksi. (Dan tentunya tamatin dulu baca Alkitabnya baru belajar bahasa fleksi (yunani, arab, latin dll) hehehe).

Tidak ada kata "kepada" dalam teks Yunaninya. Bahkan, ada preposisi "en" yang malah jadi hilang jika mengikuti terjemahan TL.

dia ho pistis en christos iesous

melalui iman dalam kristus yesus

Jadi TB lebih mempertahankan struktur asli yunaninya. Plus ada makna gramatikal yang penting, kalimat tersebut adalah kalimat nominal dan bukan verbal.

"kamu semua adalah anak-anak Allah karena iman di dalam Kristus Yesus" (nominal)

bukan

"kamu beriman kepada Kristus Yesus  sehingga menjadi anak-anak Allah. (verbal intransitif datif)

apalagi bukan

"kamu mengimani Kristus Yesus sehingga menjadi anak-anak Allah. (verbal transitif akusatif)

Dalam struktur aslinya, jelas iman adalah kata yang dirujuk oleh kata "Kristus Yesus" dan bukan "kamu".

Debu tanah's picture

Iman kepada Yesus vs iman di dalam Yesus

Saya kurang mengerti penjelasan anda.

Kl menurut Alkitab Sabda, kata Yunani "en" adalah preposisi yang bisa diterjemahkan antara lain:

- "di dalam"

- "pada" atau "kepada"

Kl menurut saya lebih tepat diterjemahkan "kepada", karena memang Alkitab mengajarkan bahwa yang menyelamatkan adalah "iman manusia kepada Yesus".

 

Namun bila benar menurut anda bahwa "en" lebih tepat diterjemahkan "di dalam", maka apa maksud dari "iman di dalam Yesus" ?

Apa seperti pengertian Kejarlah kasih: bahwa iman yang dimaksud adalah "iman Yesus" dan bukan "iman saya" ?

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Yohanes Paulus's picture

en christos

dia (melalui) ho (kata sandang) pistis (iman) en (dalam) christos iesous (kristus Yesus)

 

definisi en: a primary preposition denoting (fixed) position (in place, time or state), and (by implication) instrumentality (medially or constructively)

jadi setelah preposisi en kata bendanya berkasus positional ataupun intrumental.

en christos = menyatakan posisi tempat (bukan arah misalnya kepada)

 

 

Yohanes Paulus's picture

iman di dalam kristus

Deta:

Kl menurut saya lebih tepat diterjemahkan "kepada", karena memang Alkitab mengajarkan bahwa yang menyelamatkan adalah "iman manusia kepada Yesus".

 Namun bila benar menurut anda bahwa "en" lebih tepat diterjemahkan "di dalam", maka apa maksud dari "iman di dalam Yesus" ?

Apa seperti pengertian Kejarlah kasih: bahwa iman yang dimaksud adalah "iman Yesus" dan bukan "iman saya" ?

Menurut saya dua-duanya ditemukan dalam Alkitab, baik "percaya kepada kristus" maupun "iman di dalam Kristus".

Kalau kita perhatikan, pembicaraan "percaya kepada kristus" bersifat umum di berbagai topik di Alkitab. Sementara pembicaraan "iman di dalam Kristus" bersifat khusus, yaitu ketika menyangkut perkara "lahir baru" dan "anak-anak Allah".

"Iman di dalam Kristus" dibicarakan ketika orang sudah mati terhadap dirinya sendiri dan yang sekarang hidup bukan dia lagi, melainkan kristus yang tinggal di dalam dia. Orang ini tidak lagi mengikuti keinginan sendiri, melainkan mengikuti kehendak Kristus. Ini artinya iman orang itu bukan lagi imannya sendiri melainkan iman kristus, karena ia hidup oleh iman yang bukan dari dirinya lagi, tetapi dari kristus.

"Iman di dalam kristus" tentunya tidak dikenal oleh orang yang belum mati terhadap dirinya sendiri.

Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah melalui iman di dalam Yesus Kristus. Galatia 3:26

Mereka ini menjadi anak-anak Allah dan mereka hidup oleh iman ini.

 

Persoalannya, Yesus sendiri bilang (kepada Nikodemus), bahwa untuk melihat kerajaan Allah, seseorang musti terlebih dahulu dilahirkan kembali. Agak diskriminatif yah, hehehe. Repotnya lagi istilah "lahir baru" sekarangini sudah diobral dan malahan sering jadi syarat lowongan pekerjaan di iklan-iklan kristen, hehehe.

Debu tanah's picture

@ Yopa, belum menjawab

Iman yang dimaksud iman siapa? Iman saya atau iman Yesus?

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Yohanes Paulus's picture

@deta: iman siapa

Saya tidak keberatan dengan  gagasan bahwa Allah bekerjasama dengan manusia dalam karya keselamatan. Namun pemrakarsa awalnya adalah Allah, dan pelaku utamanya adalah Allah dan penyempurnanya adalah Allah. Jadi jika pada saya didapati iman dalam Kristus, iman itu milik Allah.

Setidaknya tiap kali bicara soal perkara manusia dilahirkan kembali dan menjadi anak-anak Allah, iman yang dimaksud adalah iman Allah.

Dalam perkara lain, iman yang dimaksud bisa saja adalah "iman manusia". Menurut saya iman manusia juga berguna, setidakna sebagai prasangka baik kepada Allah bahwa nanti pada waktunya Allah akan mengaruniai "iman Allah".

"Iman manusia" menjadi persoalan jika menyebabkan takabur dan geer.

Namun sah saja misalnya saya percaya bahwa setelah mati nanti saya akan selamat. Ini artinya saya berprasangka baik kepada Allah, bahwa Allah sedang mengerjakan rencana keselamatannya untuk saya. 

 

 

wnee's picture

@Yohanes: boleh tolong jelaskan definisi " iman Allah" ?

saudara yohanes saya ingin tanya dimana ada ayat yang menyatakan" Iman Allah"?

Iman Allah lalu siapa Allahnya Allah? apakah Allah perlu beriman sehingga ada iman Allah?

Yohanes Paulus's picture

@wnee

Saya menggunakan tanda petik "iman Allah".  Yang saya maksud adalah iman di dalam Kristus Yesus

LAI menggunakan frase Yesus Kristus, sedangkan saya lebih suka dalam bentuk aslinya yaitu Kristus Yesus. Mustinya iman di dalam Kristus Yesus, dan bukan iman di dalam Yesus Kristus.

pistis en christos, gitu lho.

 


wnee's picture

Y Paulus:

ini tulisan kamu:

Dalam perkara lain, iman yang dimaksud bisa saja adalah "iman manusia". Menurut saya iman manusia juga berguna, setidakna sebagai prasangka baik kepada Allah bahwa nanti pada waktunya Allah akan mengaruniai "iman Allah".

-apa maksud tanda kutip kamu yang sesungguhnya saat kamu menulis komentar itu?

-bukankah iman manusia di dalam tanda kutip kamu artikan biasa yaitu iman milik manusia atau iman yang ada pada diri manusia? kalau iman manusia kamu mengerti biasa lalau iman Allah dalam tanda kutip pada paragraf yang sama musti kita mengerti dengan cara yang berbedakah?

-Y paulus: tidak ada satu ayatpun yang mengajarkan tentang iman Allah ataupun di beri tanda kutib di PB?tidak ada juga permasalah dengan iman manusia dll itu hanya rekayasa kamu dan kk.

-saya lupa dari 18/20 th yang lalu sudah 25/35 kali saya baca pb secara teratur dari mat sampai wahyu dan semenjak itu saya sudah tidak pernah menghitung lagi berapa kali saya baca alkitab, baca PB atau baca tulisan paulus tetapi tidak sekalipun saya temukan konsep iman Allah ,iman milik Kristus atau iamn manusia ,bukan iman manusia tetapi iman Kristus ,buat saya semua itu hanyalah ajaran filsafat isapan jempol manusia .

-Pelajarilah apa itu iman dan apa itu definisi iman?

-mau diskusi lisan ? silakan hub saya di +8613554764475

 

Yohanes Paulus's picture

@cloningan

hehehe

jlwijaya's picture

teknih canggih

Ngak sanggup jawab kabur

wnee's picture

@Yohanes: boleh tolong jelaskan definisi " iman Allah" ?

saudara yohanes saya ingin tanya dimana ada ayat yang menyatakan" Iman Allah"

Iman Allah lalu siapa Allahnya Allah? apakah Allah perlu beriman sehingga ada iman Allah?

wnee's picture

@Yohanes: boleh tolong jelaskan definisi " iman Allah" ?

saudara yohanes saya ingin tanya dimana ada ayat yang menyatakan" Iman Allah"

Iman Allah lalu siapa Allahnya Allah? apakah Allah perlu beriman sehingga ada iman Allah?

guestx's picture

@Yopa, ikutan nanya

diskusi yang menarik, jadi pengen tau lebih jauh. gw baru tahu ada pendapat bahwa iman (milik) Yesuslah yang membuat manusia hidup. 

bagaimana dengan pernyataan Yohannes (yg di Alkitab, bukan Yopa) bahwa :

tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam namaNya. [Yoh 20:31]

__________________

------- XXX -------

Yohanes Paulus's picture

@guestx memperoleh

tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam namaNya. [Yoh 20:31]

Kata "memperoleh" ini lebih pas dibahasaindonesiakan menjadi "dapat beroleh".

Contohnya: Anak sekolah musti belajar yang rajin supaya nantinya (dapat) memperoleh pekerjaan bagus dan hidup berkecukupan.

 

Kejarlah Kasih's picture

@debu, berita iman

Debu, saya memang bukan ahli menterjemahkan. Makanya saya publikasikan tulisan di sini, karena disini banyak ahli. Sebab lainnya ialah karena saya tidak mau 'tersesat' sendirian. hehehehe..

 

Tapi seandainya kamu ahli, tolong kamu periksa ayat-ayat di bawah ini.


Tetapi kebenaran karena iman berkata demikian: "Jangan katakan di dalam hatimu: Siapakah akan naik ke sorga?", yaitu: untuk membawa Yesus turun, atau: "Siapakah akan turun ke jurang maut?", yaitu: untuk membawa Kristus naik dari antara orang mati. Tetapi apakah katanya? Ini: "Firman itu dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu." Itulah firman iman, yang kami beritakan. Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan. Roma 10:6-10 (ITB)


Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus. Roma 10:17 (ITB)


Tetapi Yesus menjawab, "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah." Matius 4:4 (ITB)

Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam. Matius 12:40 (ITB)

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

Debu tanah's picture

@ Kejarlah kasih, periksa ayat?

Saya tahu ayat2 itu. Tp tidak ada dalam ayat2 itu yang menyiratkan apalagi menyuratkan tentang "iman Yesus".

Malahan, dalam ayat yang pertama sangat jelas dikatakan:

Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia darkamu akan diselamatkan. Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dei antara orang mati, maka ngan mulut orang mengaku dan diselamatkan. Roma 10:6-10 (ITB)

 

Percaya dalam hati itulah IMAN. Jadi sangat jelas, yang dimaksud adalah IMAN manusia ?

Nah, kamu memahami ayat2 itu bagaimana, sehingga menyimpulkan yang dimaksud adalah "iman Yesus" ??

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Kejarlah Kasih's picture

@debu, gitu aja ga teliti

Yg telti. Saya tidak mengutip Roma 10:6-10 dalam blog saya untuk mendukung pengertian yg hendak disampaikan. Saya berkomentar: seandainya kamu ahli.. Kamu boleh periksa ayat2 tersebut untuk memahaminya. Masa gitu aja ga teliti.. Hehehe
__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

wnee's picture

kejarlah kasih:apa bedanya dengan your faith in Christ Jesus?

Kejarlah kasih ,saya ingin bertanya apa bedanya faith in Christ jesus dan Your faith in Christ Jesus?
 
 Colossians 1:4 (AKJV)
Since we heard of your faith in Christ Jesus, and of the love which you have to all the saints,

Iman milik Kristus itu seperti apa ?atau apa definisinya? kalau iman kitakan ada definisinya di Ibr 12:1 ?Bukankah Kristus adalah Allah ?lalu apa artinya iman milik Kristus yang ada di dalam diri Kristus ?iman milik Kristus di dalam diri Kristus untuk beriman kepada siapa?siapakah object dari iman Kristus?
Bukankah segala sesuatu ada di dalam Kristus (kol 1:17) .
Kejarlah Kasih's picture

@wnee, apa gunanya?

Wnee, iman yang membenarkan adalah iman dalam Yesus Kristus. Membenarkan artinya menyatakan tidak bersalah. Karena itu iman dalam Yesus Kristus tidak mungkin iman kamu. Saat itu kamu belum lahir, apalagi punya iman.

 

Kalau sekarang seandainya dalam diri kamu dijumpai iman yang melaluinya kamu menjadi anak Allah, iman itu adalah iman dalam Yesus Kristus, iman Yesus bukan iman kamu, itu pemberian Allah, jangan ada orang yang memegahkan diri.

 

Mengenai iman seperti apa, definisi, objek dari iman Kristus, apa gunanya itu semua?
Bahkan iman saja, kalau hanya iman saja, itu tidak berguna buat kamu.

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

wnee's picture

K kasih:pertanyaan saya adalah?

K Kasih pemahaman kamu terhadap "iman di dalam Kristus Yesus " adalah iman ada didalam Kristus Yesus yaitu iman milik Kristus Yesus atau iman Kristus Yesus yang menjadikan kita anak2 Allah bukan Iman saya atau iman kamu kepada kristus Yesus? bukankah begitu?

PERTANYAAN SAYA KE KAMU ADALAH :

Bagaimana kamu mengartikan Frasa "Imanmu didalam Kristus Yesus" ?

 

 

Kejarlah Kasih's picture

@wnee, hidup sia-sia

Wnee, silakan kamu pahami kolose itu sesukamu. Tetap saja kamu tidak akan sanggup menyangkal bahwa iman yg melaluinya kita menjadi anak Allah adalah iman dalam Yesus. Iman yang membenarkan adalah iman di dalam Yesus Kristus. Iman Yesus, mustahil iman kamu, karena saat itu kamu belum lahir. Iman di dalam Yesus pasti bukan iman kamu, karena kamu tidak pernah tercatat memberikannya kepada Yesus. Jangan kamu menyombongkan diri. Bukan urusan saya kalau kamu memiliki iman kamu sendiri. Jangan ngotot menyombongkan iman kamu, saya beritahu: iman saja tidak membuat kamu jadi blogger berguna. Sekalipun imanmu sempurna, kalau hanya imanmu saja, maka kamu tidak berguna. Hidup sia-sia. Kalau imanmu yang sempurna saja tidak mampu membuat kamu menjadi berguna, bagaimana mungkin ia sanggup membenarkan kamu? Bagaimana mungkin ia sanggup menjadikan kamu anak Allah?
__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

wnee's picture

k Kasih :

K kasih Allah adalah sumber segala sesuatu ,Dia adalah pencipta maka segala sesuatu dari Dia dan Miliknya tetapi Alkitab tak pernah mengajarkan ada iman milik Kristus ada iman Kristus Yesus itu semua rekayasa kamu .Gal 3:26 dan Kol 1:4 tentang iman di dalam Kristus dan imanmu di dalam Kristus adalah hal yang sama jadi iman di gal 3:26 adalah iman kita kepada Kristus Yesus.

 

Kejarlah Kasih's picture

@wnee, iman kamu tidak sanggup

Menuduh saya merekayasa, tetap tidak membuat iman kamu sanggup membenarkan. Apalagi menjadikan kamu anak Allah. Coba kamu baca lagi alkitabmu secara keseluruhan, pahami dan jangan cuma search-copy-paste ayat yg tidak nyambung dg yg sedang dibahas.
__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

Kejarlah Kasih's picture

@wnee, iman kamu tidak sanggup

Menuduh saya merekayasa, tetap tidak membuat iman kamu sanggup membenarkan. Apalagi menjadikan kamu anak Allah. Coba kamu baca lagi alkitabmu secara keseluruhan, pahami dan jangan cuma search-copy-paste ayat yg tidak nyambung dg yg sedang dibahas.
__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

Yohanes Paulus's picture

@admin

maksimal boleh berapa banyak bikin ID cloningan?

Hidup bukan Pilihan's picture

Allah tidak perlu Ber"Iman"

Perlu diperhatikan saat saudara-saudara sekalian membahas tentang Iman.

Sebelum anda membahas tentang Iman terlebih dahulu kita Cek dulu Iman kita. Apakah kita sudah memiliki iman yang benar.

orang awam seringkali menganggap bahwa iman dapat diartikan sebagai keyakinan seseorang terhadap sesuatu. akan tetapi saya berpendapat bahwa Iman lebih daripada sekedar keyakinan.

Saya Berani katakan bahwa "Allah tidak perlu Ber"IMAN"

 

---------

Hidup bukan Pilihan

Kejarlah Kasih's picture

@hbp, Yesus punya iman?

Hbp, apa Yesus punya iman?
__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

wnee's picture

K kasih: berdiskusilah dengan hati nurani yang murni

kalau kamu memiliki iman di dalam Kristus tentunya kamu memiliki Roh Kristus jadi berdiskusilah dengan hati nurani yang murni kalau salah ya salah kalau benar silakan bertahan kalau ngak mengerti mengakulah;

SAYA ULANGI YA:

KAMU MENGARTIKAN GAL 3:26 TENTANG IMAN DI DALAM KRISTUS YESUS sebagai berikut yaitu karena iman ada di dalam Kristus artinya itu adalah iman Kristus atau Iman milik Kristus. bukankan demikian K Kasih?

Berdasarkan prinsip atau cara kamu mengerti gal 3;26 maka saya tanya bagaimana kamu memahami  IMANMU DI DALAM kRISTUS YESUS YANG TERCANTUM DI KOLOSE 1:4

SILAKAN JAWAB K KASIH JANGAN BILANG TERSERAH YA?

nb:baca alkitab berapa banyak atau teratur dan masalah copy paste dsb  bukanlah masalah, masalanya kalau saya salah silakan tunjukkan di mana salahnya ,mengenai baca alkitab dan copy paste tidak relevan dengan diskusi kita .

Kejarlah Kasih's picture

@wnee, hati nurani, Jlwijaya?

Sebelum bicara hati nurani yg murni setelah menuduh sy merekayasa, silakan jawab: Apa kamu Jlwijaya?
__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

wnee's picture

K kasih :Kita sedang diskusi firman

Saya siapa bukan masalah jangan lari dari topik pembicaraan .sudah salah memahami firman ngak mau ngaku .

 

Yohanes Paulus's picture

Mustahal

Mustahil mendiskusikan gambar berwarna ke orang yg buta warna. Mustahil mendiskusikan gambar perspektid ke orang yg buta perspektif. Mustahil berdiskusi dengan orang yg mengalami gangguan kognitif hahahaha. Ketika harusnya menarik kesimpulan (reasoning), eh malah bikin alasan (excusing.
Kejarlah Kasih's picture

@jlwijaya, ngak mau ngaku

Kamu mau berdiskusi dengan saya? Kamu mau belajar dari saya?
Ngaku aja. Hahahaha.

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

jlwijaya's picture

KK:belajar dari kamu ?

belajar apa iman dari Kristus atau "iman Allah"........saya takut belajat ngak ngak ada di alkitab dan ngak logis...............................................saya takutnya jadi megadakan yang ada dan meniadakan yang ada ,jadi simpan saja buat anak cucu mu tapi ati2 ya jangan seperti eropa dimana gereja jadi kosong karena anak cucunya pusing nenek moyangnya kok oon tapi keras kepala.

Kejarlah Kasih's picture

@wnee, ngaku aja

Ngaku aja.

Kamu lupa ya pernah mengajak saya berdiskusi dengan hati nurani yang murni? Klik di sini.

Atau kebiasaan kamu menjilat kencing sendiri sudah membuat hati nurani kamu bau pesing?


Ingatlah, kamu sedang melakukannya dengan sadar didepan banyak saksi.

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

wnee's picture

Jangan Tengik

-Salah cara baca alkitab maka makin baca makin sombong dan kalau punya DNA TENGIK makin  baca makin tengik .ini salah satu kelebihan calvinismkah ?

-sadarlah yohanes jangan jadi manusia tengik sekalipun udah DNA nya, berubahlah ya, ok bro

 

 

Yohanes Paulus's picture

menjilat muntah sendiri

Menjilat muntah sendiri. Memalukan. Sedang apa kamu? Dulu bilang tidak mau lagi berdiskusi dengan saya. Eh ganti ID dan menjilat muntah sendiri mengomentari komentar saya. Memalukan.

 

Berobat sana, berobat.

wnee's picture

YOHANES PAULUS:nama yang bagus

Yohanes Paulus nama yang bagus ya sanyang ngak sesuai.

Yohanes Paulus's picture

Berhenti menghina

Sudah berapa orang jadi korban kekacauan berpikir Anda di Sabdaspace? Berapa banyak orang di Sabdaspace yg mengatakan Anda menyebalkan? Petantang petenteng sok merendahkan orang lain?

Berobatlah sana. Tekun berobat dan semoga bisa sembuh.

wnee's picture

Yohanes Paulus; Mari kita jangan saling menghina

maafkan saya telah membalas hinaan kamu .atau saya yang memulai ya ha haha ngak berasa............maaf kalau ya.

mari kita bicara pada pokok masalah bukan masalah pribadi.

KEPADA SEMUA BLOGGER YANG TERHINA OLEH PERKATAAN SAYA SAYA MINTA MAAF .

KEPADA YANG SESAT DAN PENGHINA ALLAH YANG MAHA BAIK ,MAHA ADIL ,MAHA SEMPURNA MAKA SAYA KATAKAN PENTAS KALIAN TERHINA.

Yohanes Paulus's picture

Orang sesat

Minta maaf macam apa itu. Dirinya sendiri sesat kok sok-sokan mau membetulkan orang lain. Bertobatlah (dan segera berobat).

wnee's picture

Yohanes paulus ;

Saya ngak mau meneruskan yang bukan membahas firman Tuhan.

kalau kamu bilang saya sesat silakan ,kalau mampu buktikan .mau di manapun saya layani .

bertobat hampir setiap hari karena saya memang orang dosa yang penuh kelemahan

Yohanes Paulus's picture

tamatin dulu Alkitabnya

Sok bahas Firman. Baca Alkitab aja belum tamat.

Kalo di tetangga sebelah, mana boleh diskusi agama kalo baca kitab suci belum khatam.

wnee's picture

yohanes paulus;

-double yg bawah saja

wnee's picture

yohanes paulus;

ha ha ha .............ngak jawab deh ,terserah kamu.bye

Kejarlah Kasih's picture

@jlwijaya, lari sambil terkencing-kencing

Jlwijaya, katanya tidak mau meneruskan yang bukan membahas firman Tuhan.

Kenapa masih berkomentar lagi?
Sudah jadi kebiasaan ya untuk menjilat kencing sendiri. Tidak jijik?

bye?
Yakin? Sebentar dijilat lagi.

Jlwijaya, kamu lari sambil terkencing-kencing. Tidak malu dilihat banyak saksi?
Atau kamu memang sudah kecanduan menjilat kencing sendiri?

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

wnee's picture

nickname kejarlah kasih

anomim atau nickname kejarlah kasih ,sebuah nama yang baik ,selamat mengejar jangan diri saya menjadi penghalang dari cita2 anda.

Kejarlah Kasih's picture

@jlwijaya, tuh kan balik lagi

Jlwijaya, kencing kamu belum juga kering, sudah balik lagi menjilat kencing sendiri. hahahaha.

 

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

wnee's picture

Yohanes paulus ;

Saya ngak mau meneruskan yang bukan membahas firman Tuhan.

kalau kamu bilang saya sesat silakan ,kalau mampu buktikan .mau di manapun saya layani .

bertobat hampir setiap hari karena saya memang orang dosa yang penuh kelemahan

Kejarlah Kasih's picture

@Jlwijaya, mau kabur ya?

Bertobat hampir setiap hari? Kalau ber-obat sudah belum?

 

Mau kabur ya? hahahaha..
Ngaku aja.

 
Takut ya? Suka ngomong gentleman kok takut.
Ngaku aja.


Apa ada pelanggaran hati nurani? hahaha...

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

Kejarlah Kasih's picture

@Jlwijaya, menjilat

Cara menjilat masih sama.

Kamu memang sakit. Sebaiknya kamu pergi berobat.

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

Hidup bukan Pilihan's picture

Allah tak perlu beriman

kalau Allah perlu beriman,.. kepada siapa dia harus yakin,..

ataukah ada yang bisa membimbangkan Allah,.. ???

 

 

--------------------

Hidup bukan Pilihan

Yohanes Paulus's picture

kata siapa?

Yang bilang Allah perlu beriman siapa? Anda?

jlwijaya's picture

Kesalahan 1 :kesalahan memahami ef 2:8


Kesalahan KK adalah mengartikan ITU di dalam Ef 2:8 mengacu pada iman.mari kita bahas ef 2:8 dengan melihat konteksnya yaitu ayat 7

Eph 2:7  supaya pada masa yang akan datang Ia menunjukkan kepada kita kekayaan kasih karunia-Nya yang melimpah-limpah sesuai dengan kebaikan-Nya terhadap kita dalam Kristus Yesus.
Eph 2:7  That in the ages to come he might shew the exceeding riches of his grace in his kindness toward us through Christ Jesus.

Dalam ayat 7 di atas dikatakan bahwa  allah menyatakan kepada kita kasih karunia-Nya atau his grace


Eph 2:8  Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,

Eph 2:8  For by grace are ye saved through faith; and that not of yourselves: it is the gift of God:

Pada ayat 8 kata sebab/for menyatakan hubungannya dengan kalimat sebelumnya ,bahkan dalam ayat ini paulus menyatakan apa isi dari kekayaan kasih karuniaNya yang di nyatakan kepada kita ? yaitu kita di selamatkan oleh iman ,jadi jelas sekali dalam ayat ini menyatakan bahwa kasih karunia Allah yang di nyatakan kepada kita adalah kita di selamatkan oleh iman , mengenai diselamatkan oleh iman adalah kasih karunia juga tercatum di rom 4:16

Rom 4:16  Karena itulah kebenaran berdasarkan iman supaya merupakan kasih karunia, sehingga janji itu berlaku bagi semua keturunan Abraham, bukan hanya bagi mereka yang hidup dari hukum Taurat, tetapi juga bagi mereka yang hidup dari iman Abraham. Sebab Abraham adalah bapa kita semua, --

Jika kita melihat bahwa yang di bicarakan dief 2:7-8 adalah mengenai kasih karunia Allah kepada kita yaitu kita di selamatkan oleh iman bukan karena usaha kita seumur hidup untuk melakukan hukum taurat maka kita dapat paham kata ITU didalam ayat 8 mengacu kepada kasih karunia yang isinya adalah kita diselamatkan oleh iman atau yang di maksud itu oleh paulus di ayat 8 adalah kita di selamatkan oleh iman.

Saya setuju dengan KK kalau iman adalah pemberian Allah karena kepemilikan kita tak dapat dipisahkan dari Allah tetapi saya merasa sangat lucu kalau memaksakan untuk mengartikan bahwa kata ITU mengacu pada iman .

Eph 2:7  supaya pada masa yang akan datang Ia menunjukkan kepada kita kekayaan kasih karunia-Nya yang melimpah-limpah sesuai dengan kebaikan-Nya terhadap kita dalam Kristus Yesus.
Eph 2:8  Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,
Eph 2:9  itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.

 

 

Kejarlah Kasih's picture

@wnee, kamu Jlwijaya?

Kamu Wnee?
Ngaku aja.
Kamu takut menjawab ya? Takut kepada pelanggaran hati nurani? hahahaha.


Wnee, kamu mau tetap mepertahankan bahwa iman di Ef 2:8 adalah iman kamu? Iman yang timbul dari hati kamu?
Ngaku aja. Hahahaha.

Mengaku saja tidak berani, berani-beraninya menyombongkan iman kamu sanggup menyelamatkan.
Mengaku saja tidak berani, berani-beraninya menyombongkan kamu adalah anak Allah melalui iman kamu.

Wnee, membuat diri sendiri berguna saja, iman kamu itu tidak mampu.
Bagaimana mungkin iman kamu sanggup menyelamatkan? Bagaimana mungkin melalui iman kamu, kamu dapat menjadi anak Allah?

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

wnee's picture

B T

Cool 

Kejarlah Kasih's picture

@Jlwijaya/Wnee, banyak saksi


Dengan menggunakan 2 nickname secara bergantian pada hari ini, kamu dengan SADAR telah mencoba MENIPU pembaca Sabdaspace, admin Sabdaspace dan hati nurani kamu sendiri di hadapan banyak saksi.

 

Sekarang para pembaca Sabdaspace sudah mengenali siapa kamu. Kamu tidak dapat lagi seenaknya kesana-kesini BERLAGAK rohani dan MENIPU para pembaca dengan ilmu kamu yang seujung upil itu. Bertobatlah.

 

Saya sedang malas mengajari kamu.

Segeralah pergi berobat.
Semoga lekas sembuh.

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

jlwijaya's picture

Kesalahan ke 2:mengadakan yang tiada ,meniadakan yang ada

Kesalahan kedua ialah mengadakan yang tiada dan meniadakan yang ada.


-apakah ada statement iman milik Kristus ,iman Kristus, iman Kristus menjadi iman kita, iman Allah atau “ iman Allah” di PL dan PB ? Bukankah tidak ada?
-apakah ada pengajaran di alkitab tentang iman milik Kristus ,iman Kristus, iman Kristus menjadi iman kita, iman Allah atau “ iman Allah” di PL dan PB ?bukankah tidak ada?
-apakah ada pengajaran bahwa kita diselamatkan bukan dengan iman kita tetapi dengan iman milik Kristus?tentu tak ada .
-apakah ada yang mengatakan bahwa bukan iman mu jangan memegahkan iman mu ,bukan iman manusia atau  bukan “iman manusia”?juga tidak ada ?


Bukankah sebaliknya Yesus berkata imanmu telah menyelamatkan engkau ,bukankah yesus berkata kepada kita manusia : PERCAYALAH kepada Allah dan PERCAYALAH juga kepadaKU.bukankah para rasul juga menyatakan demikian?


Tanpa panjang lebar saya setuju bahwa iman kita ,iman saya kepada Kristus Yesus memang ada bukan ujuk2 dari diri kita sendiri bukan sulap bukan mimpi dan bukan sihir tetapi ada karena Firman dan Roh Kudus melalui pemberitaan injil oleh hamba2 Allah atau anak2 Allah.inilah yang di ajarkan Firman Tuhan.(rom 10:17: Yoh 16:8-10 : 1Tes1:5 ;mat 28:19 ; 2Cor 10:4 ;mat 13:18-23)


Ajaran yang bukan diajarkan oleh firman Tuhan sekalipun terlihat sangat rendah hati ,sangat santun ,sangat kudus bahkan seoleh sangat rohani  berasal dari si Jahat.karena itu alkitab berkata  Iblis dapat menyamar sebagai Malaikat terang.


2Co_11:14  Hal itu tidak usah mengherankan, sebab Iblispun menyamar sebagai malaikat Terang.

Hati2 terhadap kerendahan hati yang palsu:

 Col_2:18  Janganlah kamu biarkan kemenanganmu digagalkan oleh orang yang pura-pura merendahkan diri dan beribadah kepada malaikat, serta berkanjang pada penglihatan-penglihatan dan tanpa alasan membesar-besarkan diri oleh pikirannya yang duniawi,

Bacalah alkitab maka kita akan melihat bahwa tak ada persoalan dengan imanmu dan imanku ,iman abraham iman musa ,iman dll bacalah ibr psl 11 ,rom 4 ,gal psl 3 dan 4.

 

Kejarlah Kasih's picture

Wnee/Jlwijaya, kamu sakit?

Jlwijaya/Wnee, pergilah berobat.

 

Setelah sembuh, pahami alkitab dengan benar.Singkirkan dulu segala DUSTA dalam pikiran kamu, supaya dapat memahami dengan benar.

 

Kalau tidak mengerti juga, bersabarlah. Bertanyalah dengan rendah hati, pasti banyak blogger yg mau bermurah hati mengajari kamu. Tentu saja setelah kamu menyelesaikan urusan hati nurani yang murni: Jlwijaya, kamu Wnee? Wnee, kamu Jlwijaya?

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

jlwijaya's picture

Kk::

KK saya ngak mau bahas yang di luar konteks

Yohanes Paulus's picture

nafsu besar tenaga kurang

Bikin blog sendiri aja masih acak-acakan, nekat mau ngurusin blog orang lain. Mikir aja belum lempeng mau ngomongin konsep.

Nulis ejaan dan tanda baca aja masih berantakan mau ngomongin soal elegan.

Merusak kekristenan selama 500 tahun? Emang ada yg bisa merusak kekristenan? Alam maut saja tidak mampu menguasainya.

 

jlwijaya's picture

Yohanes :

sorry udah ke edit sayang saya masuk lebih cepat. jangan bulvarism terus ya ,saya sudah akui kekurangan saya untuk tulisan dan tak ada waktu tapi saya tak menolak lisan, jadi jadilah orang yang adil jangan jadi orang yang sombong.ok

yang merusak kekristenan 500 th ? mau tahu .............saya rasa orang sepinter kamu suah tahu .maju pelan2 ya saya ngak ada waktu

Yohanes Paulus's picture

salinan komentar jlwijaya

Kk saya ngak jawab perkataan kamu karena saya yakin kamu belum kuat menerimanya saat ini, saya seolah sedang mengupas kesalahan kamu tetapi sesungguhnya yang saya hadapi bukan kamu secara personal tetapi sebuah konsep yang sudah merusak kekristenan selama 500 th kebetulan kamu mungkin salah satu yang ada di dalamnya..kalau kamu mau membelanya lakukanlah dengan segenap kemampuan kamu agar terlihat elegan.

 

Kalau ada yang mau "printscreen"-nya juga saya sudah simpan. 

jlwijaya's picture

Yohanes : good

Ya bagus ,thank you kamu salin aja sebelum komentar supaya tidak hilang,saya memang biasa eit kalau belum ada yang komen.

Debu tanah's picture

@ Jlwijaya, kebiasaan buruk

[saya memang biasa eit kalau belum ada yang komen. ]

 

Jlwijaya, itu kebiasaan buruk, jadi jangan dilanjutkan ya..  Kenapa kamu biasa mengedit komentar kamu? Karena kamu biasa berkomentar SEBELUM berpikir  Embarassed, maka nasehat saya, berpikirlah sebelum berkomentar.

Kl hanya sekedar salah ketik tidak mengapa diedit, tetapi substansi komentar seharusnya tidak boleh diedit lagi.

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jlwijaya's picture

Ia deta:memang kebiasaan buruk.

Ia deta saya sadar kesalahan saya itu ,saya usahakan untuk di perbaiki.

maklum sekolah sampai kerja ngak pernah mencatat ,waktu sekolah hanya fotocopy hanya ualangan saja baru menulis sekarang kerjapun pakai mulut bukan tangan makanya kalau mau mengungkapkan pendapat ketulisan mengalami kesulitan besar.he he he ni di edit lagi dasar penyakit

jlwijaya's picture

satu2 nya tempat saya menulis hanya di sabda space.

-Satu2 tempat saya pernah berkomentar dengan tulisan adalah di sabda space .........ha ha ha .............itupun karena membaca tulisan Hai2 yang ajubileh . Semoga akan datang ya, ngak dalam waktu cepat berobah maklum sudah mulai tua.

jlwijaya's picture

Kesalahan ke 3:kesalahan memaknakan bentuk kebahasaan di alkitab

Kita tahu ada berbagai macam makna: Makna gramatikal, makna kontekstual,makna khusus, makna leksikal ,makna kiasan ,makna luas ,makna intensi ,makna ekstensi,makna konotatif ,makna denotatif DLL.

Memberikan makna adalah menyatakan pengertian dari suatu  bentuk kebahasaan dari pembicara atau penulis . Jika yang sedang kita beri makna bukanlah tulisan atau pembicaraan kita tetapi pembicaraan dan tulisan orang lain maka makna yang kita berikanpun harus sesuai dengan maksud penulis atau pembicara itu ,bukan? Demikian pula saat kita memaknakan suatu bentuk kebahasaan di dalam alkitab maka tak dapat kita lakukan semau kita sendiri tetapi harus sesuai dengan maksud alkitab itu sendiri .Banyak kesalahan dalam memahami alkitab karena kesalahan memberi makna yang di maksudkan olah alkitab, mis yang harus di mengerti secara kontekstual ternyata di beri makna denotatif atau leksikal atau mungkin sebaliknya . Tetapi sesungguhnya jika kita jujur maka tidak sulit untuk mengetahui apakah kita salah dalam memberikan makna pada bentuk kebahasaan yang ada di alkitab .Caranya adalah kita lihat apakah pengertian kita itu bertentangan dengan ayat yang jelas ,jika jelas2 ada, bahkan ada beberapa ayat yang nyata2 bertentangan dengan pemahaman kita maka kita karus waspada dan jika memang ternyata bertentangan maka sadarilah bahwa pemahaman awal kita pasti salah, karena tidak mungkin Paulus bertentangan dengan paulus ,Yesus bertentangan dengan Yesus dan Yohanes bertentangan dengan Yohanes kalau kita menganggapnya demikian maka kita adalah orang sombong yang  merasa diri pinter dan sebaliknya kita menganggap  paulus ber IQ jongkok sehingga paulus bisa mengucapkan hal2 yang bertentangan satu dengan yang lain di dalam surat2nya.Tetapi mungkin yang bertentangan itu adalah tulisan paulus dengan Yohanes lalu apakah benar salah satu salah atau kurang tepat?Jawaban saya adalah : jika kita percaya bahwa Alkitab adalah Firman Allah, maka lebih2 lagi kita sadari bahwa karena  Allah ngak mungkin sudah pikun sehingga firmannya melalui paulus bertentangan dengan firmannya malalui Yesus .Jadi pada akhirnya yang ada adalah jika ada pemahaman kita yang bertentangan dengan firman Tuhan berarti pastilah  pendapat kita yang salah karena kita salah memberi makna kepada perkataan Tuhan.

Di bawah ini saya akan memberi 2 contoh singkat keasalahan memberi makna ,yang pertama adalah kesalahan memberi makna kepada kata yang ada di alkitab yang ke 2 adalah kesalahan memberi makna kepada statement yang alkitabiah.

Contoh 1: Alkitab berkata bahwa manusia di selamatkan karena iman bukan karena perbuatan.

Sebenarnya jika kita membaca tulisan paulus saja kita sudah sangat jelas apa yang di maksud bukan karena PERBUATAN .Di 2 kitab yaitu roma dan galatia  (Rom 3-5:9-10dan gal 3-5 )kita jelas bahwa arti yang di maksud oleh paulus dengan bukan oleh perbuatan adalah bukan karena melakukan hukum taurat yang artinya juga bukan karena usaha kita seumur hidup kita memelihara dan melakukan hukum taurat maka kita di selamatkan ,tetapi ada orang, dalam hal ini penganut calvinisme mengartikan bahwa bukan oleh perbuatan termasuk di dalamnya bukan karena reaksi manusia karena jelas reaksi manusia adalah perbuatan bukan? Memaknai kata perbuatan ala calvinisme bukan salah tetapi bukan makna yang di maksud oleh firman Tuhan karena pengajaran yang demikian tak ada ayat pendukungnya jikalaupun ada adalah ayat yang salah di mengerti atau hanya sekedar dapat di tafsirkan demikian ,jadi jelaslah bahwa mengartikan secara demikian adalah mengartikan melampaui atau tidak sesuai dengan apa yang di maksudkan oleh alkitab .(untuk penjelasan detailnya saya ngak ada waktu dengan Tulisan tetapi saya tak menolak untuk lisan)

Contoh ke 2: Kesalahan memaknakan statement yang alkitabiah cont :PENGAMPUNAN TANPA SYARAT ,statement ini ngak ada di alkitab tetapi di terima olah banyak orang sebagai statement yang sesuai dengan pengajaran alkitab ,karena statement ini dibuat berdasarkan pengajaran alkitab maka seyogianya statement ini di artikan sesuai konteknya yaitu alkitab tetapi jika di maknai secara denotatif atau leksikal dan di lepas dari konteknya maka yang terjadi adalah makna itu menjadi bertentangan dengan ayat alkitab yang lainnya.Hal ini juga terjadi pada statement 2 yang lain yaitu seperti Allah menetapkan segala sesuatu ,Allah berdaulat mutlak ,Unconditional election dsb

Kesalahan memberikan makna adalah sebuah kesalahan yang sangat serius karena kesalahan ini bisa menyelewengkan pengajaran sejati yang alkitabiah dan kesalahan ini jarang disadari orang karena kesalahan memaknai tidak terlihat secara logika tetapi hanya menjadi nyata ketika munculnya ayat yang bertentangan dengan makna tersebut.Bahkan banyak orang ngak sadar bahwa dengan mempermainkan makna maka dapat pula terbentuk sebuah worldview yang amat2 sangat logis dan seolah-olah dari alkitab tetapi ternyata bukan ,hal inilah terjadi selama 500Th di dalam Theologi Protestan.

Sekali lagi mengenalinya mudah yaitu pengajaran yang salah dalam memaknakan suatu bentuk kebahasaan di alkitab mendapat perlawanan dari ayat yang lain dalam alkitab itu sendiri.

Kejarlah Kasih's picture

Wnee/Jlwijaya, udah mikir?

Sebelum menulis komentar, sudah berpikir belum? Komentar kok kacau balau begitu.
__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

jlwijaya's picture

KK :berdebatlah dengan kemampuan bukan jualan image

dan saya berusaha tidak melayani debat kusir kalau anda ada argumen baru saya lanyani ya KK baik tulisan maupun lisan .kapan pun di mana pun,kalau sekedar maki memaki dan hina menghina saya akan berusaha tak menjawab.

nasehat saya: kejarlah kasih seperti nickmane kamu baik di sabda space maupun di web pribadi kamu yang anonim

Kejarlah Kasih's picture

wnee/jlwijaya, yg sakit berobat

Kalau kamu sakit sebaiknya kamu pergi berobat bukannya berdebat. Sorry, saya lagi malas mengajari kamu, cari blogger lain saja yang masih mau mengajari kamu.
__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

jlwijaya's picture

KK :GR

-Siapa yang pernah minta di ajarin ...................bagi saya: ada bagian theologi kamu harus di buang ke sampah dan sudah menjadi sampah yang berbau busuk.

sudah jangan ngomong yang tak berarti ya.saya ngak akan tanggapi yang tak bernilai.

Kejarlah Kasih's picture

@wnee/jlwijaya, memang bernilai

Dalam hal ini kamu benar, karena blog dan komentar saya memang bernilai tinggi. Hahahaha..
__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

Hidup bukan Pilihan's picture

Iman saya dibuang kemana?

karena blog dan komentar anda bernilai tinggi tolong dong dikomentari komentar saya... kALAU IMAN YESUS YANG ADA DI DALAM SAYA YANG MEMBUAT KITA SELAMAT, saat yang bersamaan juga dimana "Iman" manusia saya berada??? dan bagaimana anda menjelaskan sebutan Bapa orang beriman yaitu Bapa Abraham Roma 4:16 Karena itulah kebenaran berdasarkan iman supaya merupakan kasih karunia, sehingga janji itu berlaku bagi semua keturunan Abraham, bukan hanya bagi mereka yang hidup dari hukum Taurat, tetapi juga bagi mereka yang hidup dari iman Abraham. Sebab Abraham adalah bapa kita semua, -- Iman Abraham mau dikemanain? ---------------------- Hidup bukan Pilihan
Kejarlah Kasih's picture

@hbp, bersabarlah.

Mengenai penjelasan Bapa orang beriman,Abraham, sudah saya tulis, tinggal tunggu waktu publikasi saja.

Bersabarlah.

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

jlwijaya's picture

KK:pahamilah perumpamaan tentang penabur

KK jangan menghadapi saya seperti musuh ,kalau mau marilah diskusi kalau tak sudi ya ngak apa.......pelajarilah sendiri perumpamaan tentang penabur di mat 13 mrk4 dan luk 8 ,Yesus berkata tanpa mengerti ini kamu ngak mengerti yang lain

-Baik Tanah maupun benih dari Allah bukan?

-tanah adalah kita tepatnya hati kita (jenisnya berbeda2 salah satunya karena" cuaca sudah cemar")adalah ciptaan Allah 

-Benih adalah benda ilahi bahkan pribadi ilahi ,dialah firman yang adalah roh dan hidup

janganlah berteori bahwa benih sanggup tumbuh di atas besi ,karena tak ada yang mustahil bagi Allah tetapi masalahnya ALLAH maunya benih tumbuh tergantung pada tanah?renungkanlah dengan seksama buanglah kaca mata lama anda maka kamu akan mengerti tentang IMAN .

KK yang kamu katakan, ngak 100% salah tetapi yang tidak !00% benar adalah salah juga.

NB: mengatakan ketakterbatasan Allah dalam masalah benih bukan salah tapi out of konteks , IN KONTEKSnya Benih tumbuh terbatas/tergantung oleh/pada tanah nya .

Kejarlah Kasih's picture

@jlwijaya/wnee, kebiasaan jelek

[KK jangan menghadapi saya seperti musuh]

Kebiasaan jelek, suka sok tau.

 

[pelajarilah sendiri perumpamaan tentang penabur di mat 13 mrk4 dan luk 8 ,Yesus berkata tanpa mengerti ini kamu ngak mengerti yang lain]

Kebiasaan jelek, sok jagoan.

 

[janganlah berteori bahwa benih sanggup tumbuh di atas besi ,karena tak ada yang mustahil bagi Allah tetapi masalahnya ALLAH maunya benih tumbuh tergantung pada tanah?]

Kebiasaan jelek, suka menuduh orang lain.

 

[renungkanlah dengan seksama buanglah kaca mata lama anda maka kamu akan mengerti tentang IMAN .]

Kebiasaan jelek, sok rohani.

 

[KK yang kamu katakan, ngak 100% salah tetapi yang tidak !00% benar adalah salah juga.]

Kebiasaan jelek, sok pintar.

__________________

Kejarlah kasih, follow the way of love.

http://kejarlahkasih.wordpress.com

jlwijaya's picture

Kk:cukup pintar

saya hargai kemampuan kamu untuk menjawab.
jlwijaya's picture

Kk:cukup pintar

saya hargai kemampuan kamu untuk menjawab.