Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

11 hal dasar yang harus anak dapatkan dari gereja

obed nugroho's picture

Tulisan ini tulisan perkenalan sekaligus percobaan,

Saya dari dulu hanya jadi pengamat, mohon perkenankan untuk bisa bergabung... 

Gereja diberikan mandat oleh Tuhan untuk memuridkan berbagai bangsa, suku, dan bahkan usia. Ada beberapa hal yang penting bagi anak-anak yang harusnya didapatkan dari gereja. 11 hal mendasar inilah yang harus disediakan gereja bagi anak-anak dimana saja:

  • Pengajaran Firman Tuhan

Tuhan meminta gereja untuk mengajar anak-anak sesuai dengan umur dan kapasitasnya. Seharusnya ini menjadi prioritas dari semua gereja. Memperlengkapi anak-anak tidak perlu harus terpisah dengan orang dewasa, dalam hal isi, visi, dan arah pengajaran. Faktanya, hanya membutuhkan sedikit kreativitas untuk merencanakan kurikulum yang sesuai untuk seluruh keluarga. 

  • Pemuridan

Anak-anak seharusnya didorong dan diberikan kesempatan tidak hanya untuk percaya, namun juga belajar untuk mengikut Yesus melalui pengajaran dari Firman Tuhan. Hal ini juga prioritas bagi gereja.

  • Doa

Seluruh bagian gereja seharusnya secara teratur berdoa untuk semua anak baik dalam kelompok maupun dalam doa pribadi. Orang tua harus diajarkan berdoa untuk anak-anaknya dan juga anak-anak perlu juga untuk berdoa secara teratur.

  • Kasih dan Pemeliharaan

Anak-anak harus bertumbuh dan berkembang dalam kasih dan pemeliharaan yang gereja sedia bagi mereka. Sebuah gereja harusnya menyediakan telinga untuk anak-anak, dan mereka dapat dengan bebas untuk menyampaikan pendapat, kebutuhan, kesesakan, harapan dan impian mereka.

  • Kesempatan untuk berpartisipasi dalam Pelayanan

Anak-anak harus dilihat sebagai sumber daya untuk pelayanan, dan disiapkan untuk pekerjaan Tuhan bagi gereja. Gereja harus menyediakan kesempatan untuk anak-anak untuk mencari dan mengekspresikan talenta spiritual mereka.

  • Fasilitas gereja yang ramah anak

Fasilitas yang ada di gereja seharusnya aman bagi anak-anak. Sebaiknya ada tempat yang aman bagi anak-anak dan mereka dapat menjadi anak-anak di tempat ini - jika memungkinkan, bisa diadakan tempat bermain atau area bermain.

  • Ruang kelas yang layak

Setiap gereja sebaiknya bekerja keras supaya bisa menyediakan ruang kelas yang menarik untuk anak-anak belajar Alkitab dan aktivitas lain dengan ukuran meja dan kursi yang sesuai dengan anak-anak dan warna-warni yang menarik bagi anak-anak

  • Pengajar yang sesuai kualifikasi

Pengajar Alkitab bagi anak-anak seharusnya mendapatkan pelatihan secara berkala dan berkelanjutan sehingga mereka dapat menjadi dan semakin berkualitas. Guru-guru sebaiknya di monitor untuk memastikan mereka dapat mengajar dengan suara dan usia yang sesuai.

  • Kelas dan Kurikulum yang sesuai dengan usia anak

Gereja seharusnya memastikan anak-anak menerima pengajaran yang berdasarkan Alkitab yang sesuai dengan kapabilitas dan usia anak.

  • Mempersiapkan dan memperlengkapi keluarga

Gereja seharusnya mendidik dan mendorong orang tua untuk mampu membesarkan anak mereka seseuai dengan Firman Tuhan dan sekaligus melindungi anak-anak dari tradisi dan kebiasan yang buruk bagi anak-anak. Jika memungkinkan gereja bisa menyediakan sumber belajar di rumah (buku-buku, video, rekaman).

  • Perlindungan dari tradisi yang berbahaya.

Gereja seharusnya berusaha untuk memampukan anak untuk bertumbuh tanpa pengaruh buruk dari tradisi, kebiasaan, perilaku, dan kepercayaan yang berpontensi tidak baik bagi anak. 

jesusfreaks's picture

@obed n : salam kenal kembaran

Salam kenal ya kembaran. Hehehe.

Tulisan bagus tuh. Ada contohnya gak, siapa tahu dekat bisa studi banding. Sekarang ini pendidikan anak digereja sangat penting loh. Karena banyak orang tua yg sudah memberikan les anak anaknya dengan berbagai jenis les. Kecuali les rohani. Saya punya kerinduan adanya les les rohani yang menjamur dimana mana. Ada gak ya ?

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-