Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Sihir adalah Sulap – Misteri Pukulan Satu Inci

hai hai's picture

Mengungkap Misteri Perempuan Berselubung Matahari

Sulap adalah ilmu dan seni melakukan hal-hal gaib yang tidak ajaib. Pesulap melakukannya untuk menghibur, dukun melakukannya untuk menipu sementara pengkotbah menceritakannya sebagai kekuatan Iblis dan setan-setan untuk mencuri kebajikan atau karena tidak tahu bahwa dia tidak tahu.

Para penganut Wayangisme percaya bahwa setiap makluk hidup adalah Tuhan. Itu sebabnya setiap makluk hidup memiliki benih-benih kekuatan supranatural. Bila diaktivasi lalu dilatih dengan benar dan telaten maka benih-benih itu akan bertumbuh kembang menjadi kekuatan supranatural yang dasyat. Misalnya, tahu tentang masa depan, mampu melihat menembus tembok, mampu membaca pikiran orang lain, mampu mendeteksi penyakit dan menghajar orang lain tanpa menyentuhnya, mengusir roh jahat dan menyembuhkan penyakit serta menguasai jiwa orang lain. Contoh para penganut Wayangisme adalah Genius Mind Consultancy (GMC) dengan doktrin aktivasi otak tengahnya. The Secret dengan doktrin daya ciptanya. Perguruan tenaga dalam, Prana, reiki, chikung, yoga dan lain-lainnya dengan doktrin kekuatan gelombang dan getaran.

Para penganut Dualisme Kosmos percaya tentang keberadaan dua kekuatan yang saling bertarung dari kekal sampai kekal. Yang satu adalah kekuatan baik sementara yang lain adalah kekuatan jahat. Bagi para penganut agama Politeis, kekuatan baik berasal dari dewa-dewi sementara kekuatan jahat datang dari roh-roh jahat. Bagi para penganut agama Monoteis, kekuatan baik datang dari Tuhan sementara kekuatan jahat diberikan oleh Iblis dan setan-setan. Penganut Dualisme Kosmos percaya bahwa manusia sama sekali tidak memiliki kekuatan supranatural namun bisa mendapatkannya baik dari Tuhan maupun dari Iblis, dari dewa-dewi maupun roh-roh jahat.

Kedatangan si pendurhaka itu adalah pekerjaan Iblis, dan akan disertai rupa-rupa perbuatan ajaib, tanda-tanda dan mujizat-mujizat palsu, 2 Tesalonika 2:9

Dan aku melihat dari mulut naga dan dari mulut binatang dan dari mulut nabi palsu itu keluar tiga roh najis yang menyerupai katak Wahyu 16:13


Itulah roh-roh setan yang mengadakan perbuatan-perbuatan ajaib, dan mereka pergi mendapatkan raja-raja di seluruh dunia, untuk mengumpulkan mereka guna peperangan pada hari besar, yaitu hari Allah Yang Mahakuasa. Wahyu 16:14

Umat Kristen percaya bahwa Alkitab adalah Firman Tuhan itu sebabnya mereka menjadikannya standard kebenaran. Semua orang Kristen percaya bahwa manusia mampu melakukan mujizat bila diberi kuasa oleh Allah. Sebagian besar orang Kristen juga percaya bahwa manusia juga bisa melakukan mujizat bila diberi kuasa oleh Iblis atau setan-setan. Saya menyebut mereka orang Kristen Alam Roh. Mereka menggunakan 2 Tesalonika 2:9 dan Wahyu 16:13-14 untuk mendukung keyakinannya.

2 Tesalonika 2:9 dengan gamblang mengajarkan bahwa yang dilakukan oleh pendurhaka itu adalah mujizat-mujizat palsu. Emas palsu bukan emas, uang palsu bukan uang. Seharusnya mujizat palsu bukan mujizat. Itulah faktanya. Apa yang dilakukan oleh para dukun walaupun nampak gaib namun sama sekali tidak ajaib. Yang mereka lakukan bukan mujizat namun trik sulap belaka. Namun, orang-orang Kristen alam roh memiliki pemahaman yang unik tentang mujizat palsu. Dengan berbagai alasan mereka meyakini bahwa frasa "mujizat palsu" di dalam 2 Tesalonika 2:9 tidak boleh dipahami secara hurufiah atau  akali namun harus ditafsirkan secara rohani atau alam roh. Menurut mereka, mujizat palsu adalah mujizat sejati namun kuasanya bukan dari Allah tetapi dari setan.

Harun mengubah tongkat menjadi ular. Yang dilakukannya adalah mujizat karena kuasanya dari Allah. Para penyihir Mesir mengubah tongkat menjadi ular. Walaupun para penyihir itu benar-benar mengubah tongkat menjadi ular namun yang mereka lakukan adalah mujizat palsu karena kuasanya dari Iblis. Mujizat palsu adalah mujizat sejati yang dilakukan dengan kuasa Iblis atau setan-setan. Yesus dan Petrus pernah berjalan di atas air. Yang mereka lakukan adalah mujizat karena kuasanya berasal dari Allah. Banyak dukun yang mengaku mampu berjalan di atas air.  Walaupun para dukun itu benar-benar berjalan di atas air namun yang mereka lakukan adalah mujizat palsu karena kuasanya berasal dari Iblis. Walaupun penafsiran demikian sangat aneh bin ajaib serta tidak masuk akal sama sekali namun, menurut orang-orang Kristen alam roh, itulah penafsiran yang benar.

Orang-orang Kristen alam roh percaya ada dukun asli dan ada dukun palsu. Dukun palsu adalah mereka yang menipu dengan menunjukkan trik-trik sulap namun dukun asli benar-benar mampu melakukan mujizat dengan kuasa dari Iblis dan setan-setan. Ada dukun yang mengaku mampu melakukan operasi gaib. Bila anda sakit ginjal lalu berobat kepadanya, maka dia akan mengoperasi dengan membelah perut anda dengan kuku lalu merogoh ginjal dan mengambil batunya kemudian menutup luka operasi dengan kesaktiannya. Pada saat itu juga ginjal anda sembuh karena batunya telah diambil dan luka operasinya sama sekali tidak berbekas begitu darah diseka bersih dari perut anda. Memang benar, ada dukun palsu yang melakukan operasi gaib dengan trik sulap namun ada dukun sejati yang benar-benar mampu melakukan hal demikian. Orang-orang Kristen alam roh yang percaya keberadaan dukun-dukun sejati sama sekali tidak memberi bukti, namun mereka kekeh jumekeh dengan kayakinannya walaupun saya sudah menjelaskan kepada mereka bagaimana trik operasi gaib dilakukan.

Orang-orang Kristen alam roh percaya bahwa dukun mampu melakukan mujizat dengan kuasa dari Iblis dan setan-setan. Apa yang mereka yakini benar apabila kedua syarat di bawah ini terpenuhi:

  1. Iblis dan roh-roh jahat memang BERKUASA
  2. Iblis dan roh-roh jahat memang berkuasa untuk memberi kesaktian kepada manusia

BERHALA Perjanjian Lama

Berhala adalah dewa-dewi. Dari generasi ke generasi para teolog alam roh mengajarkan bahwa ketika manusia menyembah BERHALA, maka pada saat itulah Iblis dan roh-roh jahat MENYAMAR menjadi dewa-dewi yang disembah itu lalu MEMBERI kuasa dan BERKAT kepada para penyembahnya. Itu sebabnya mereka MENGAJARKAN bahwa menyembah BERHALA alias dewa-dewi sama dengan MENYEMBAH Iblis dan roh-roh jahat. Apakah itu yang diajarkan oleh Alkitab? BUKAN! Alkitab TIDAK mengajarkan HAL demikian. Inilah yang diajarkan oleh Alkitab.

Sebab yang disegani bangsa-bangsa adalah kesia-siaan. Bukankah berhala itu pohon kayu yang ditebang orang dari hutan, yang dikerjakan dengan pahat oleh tangan tukang kayu? Orang memperindahnya dengan emas dan perak; orang memperkuatnya dengan paku dan palu, supaya jangan goyang. Berhala itu sama seperti orang-orangan di kebun mentimun, tidak dapat berbicara; orang harus mengangkatnya, sebab tidak dapat melangkah. Janganlah takut kepadanya, sebab berhala itu tidak dapat berbuat jahat, dan berbuat baik pun tidak dapat." Yeremia 10:3-5

Yeremia 10:3-5 dengan GAMBLANG mengajarkan bahwa BERHALA tidak BERKUASA untuk berbuat jahat, dan berbuat baik pun tidak dapat.

Setiap manusia ternyata bodoh, tidak berpengetahuan, dan setiap pandai emas menjadi malu karena patung buatannya. Sebab patung tuangannya itu adalah tipu, tidak ada nyawa di dalamnya, semuanya adalah kesia-siaan, pekerjaan yang menjadi buah ejekan, dan yang akan binasa pada waktu dihukum. Yeremia 10:14-15

Yeremia 10:14-15 dengan GAMBLANG mengajarkan bahwa TIDAK ada NYAWA di dalam berhala.

Apakah gunanya patung pahatan, yang dipahat oleh pembuatnya? Apakah gunanya patung tuangan, pengajar dusta itu? Karena pembuatnya percaya akan buatannya, padahal berhala-berhala bisu belaka yang dibuatnya. Celakalah orang yang berkata kepada sepotong kayu: "Terjagalah!" dan kepada sebuah batu bisu: "Bangunlah!" Masakan dia itu mengajar? Memang ia bersalutkan emas dan perak, tetapi roh tidak ada sama sekali di dalamnya. Habakuk 2:18-19

Habakuk 2:18-19 mengajarkan dengan GAMBLANG bahwa BERHALA tidak punya ROH.

Handai taulan sekalian, walaupun masih banyak ayat lainnya yang mengajarkan hal yang sama namun, ketiga ayat tersebut di atas CUKUP untuk mengajarkan dengan GAMBLANG dan TEGAS bahwa TIDAK ada MAKLUK HIDUP yang disembah oleh manusia selain Allah. Manusia HANYA bisa menyembah dua HAL yaitu: MENYEMBAH Allah atau MENYEMBAH berhala. TIDAK ada yang MENYEMBAH Iblis atau setan-setan.

Perjanjian Lama sama sekali tidak MENCATAT kisah orang kerasukan setan-setan namun mengajarkan tentang kerasukan Iblis. Saul menjadi jahat ketika dirasuki roh jahat YHWH alias Iblis. Nabi-nabi menjadi PEMBUAL sehingga BERDUSTA atau BERNUBUAT palsu ketika dirasuki oleh Iblis. Perjanjian Lama sama sekali tidak mencatat kisah orang-orang menjadi sakti mandraguna karena kerasukan atau karena mendapat kesaktian dari Iblis dan setan-setan.

Sesudah lewat tengah hari, mereka kerasukan sampai waktu mempersembahkan korban petang, tetapi tidak ada suara, tidak ada yang menjawab, tidak ada tanda perhatian. 1 Raja-raja 18:29   

Kisah nabi Elia berhadapan dengan 450 dukun Baal adalah BUKTI orang yang KERASUKAN namun TIDAK dirasuki roh sama sekali. Itu sebabnya mereka sama sekali tidak bisa melakukan mujizat mendatangkan api untuk membakar korban persembahan. KERASUKAN namun TIDAK dirasuki roh sama sekali disebut HISTERIA atau swahipnotis alias menghipnotis diri sendiri.

Bagaimanakah aku menyerapah yang tidak diserapah Allah? Bagaimanakah aku mengutuk yang tidak dikutuk TUHAN? Bilangan 23:8

Sebab raja Babel berdiri pada persimpangan jalan itu, pada awal kedua jalan itu untuk melakukan tenungan; ia mengocok  panah, meminta petunjuk dari terafim  dan menilik hati binatang. Yehezkiel 21:21

Aku akan mengacungkan tangan-Ku melawan nabi-nabi yang melihat perkara-perkara yang menipu dan yang mengucapkan tenungan-tenungan  bohong; mereka tidak termasuk perkumpulan umat-Ku dan tidak akan tercatat dalam daftar kaum Israel, dan tidak akan masuk lagi di tanah Israel; dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah Tuhan ALLAH. Yesaya 13:9


Penglihatan mereka menipu dan tenungan  mereka adalah bohong; mereka berkata: Demikianlah firman TUHAN, padahal TUHAN tidak mengutus mereka, dan mereka menanti firman itu digenapi-Nya. Yesaya 13:6


Perjanjian Lama mencatat keberadaan dukun sihir, dukun kutuk dan dukun ramal di kalangan bangsa Israel. Salah satu teknik meramal yang digunakan adalah menilik panah dan hati binatang. Walaupun medianya berbeda namun pada hakekatnya semua teknik meramal itu sama. Dukun setelah melihat medianya lalu bebas ngoceh apa saja. Bila ocehannya TEPAT, itu berarti DUKUNNYA sakti. Bila ocehannya MELESET itu berarti anda BELUM beruntung. Kurang beriman, ada dosa yang belum diakui, ada kutuk yang belum dipatahkan, ada serangan dari dukun lainnya. PERSIS prilaku para pengkotbah alam roh bukan?

Bileam mengaku dengan jujur bahwa dia sama sekali tidak berkuasa untuk menyerapah yang tidak diserapah oleh Allah dan mengutuk yang tidak dikutuk oleh TUHAN. Nabi Yesaya dengan tegas dan gamblang mencatat firman TUHAN bahwa penglihatan dan tenungan para dukun adalah dusta belaka.

Handai taulan sekalian, Perjanjian Lama mengajarkan bahwa dewa-dewi hanya berhala belaka, tidak bernyawa dan tidak memiliki roh, itu sebabnya tidak berkuasa untuk berbuat baik apalagi berbuat jahat kepada manusia. Iblis sama sekali tidak diberi kuasa untuk menyamar menjadi dewa-dewi alias berhala. Itu sebabnya tidak ada kisah tentang Iblis menyamar menjadi berhala yang disembah oleh bangsa-bangsa. Itu berarti para dukun Perjanjian Lama sama sekali tidak berhubungan dengan Iblis dan setan-setan. Mereka hanya penyembah berhala dan sama sekali tidak punya SUMBER kuasa dan kesaktian. Itu sebabnya MUSTAHIL melakukan sihir-sihir dengan kuasa Iblis dan setan-setan. Karena tidak punya sumber KUASA lalu apa sesungguhnya yang dilakukan oleh dukun-dukun Perjanjian Lama? Perbuatan-perbuatan gaib mereka sama sekali tidak ajaib karena dilakukan dengan trik sulap belaka.

BERHALA Perjanjian Baru

Tentang hal makan daging persembahan berhala kita tahu: "tidak ada berhala di dunia dan tidak ada Allah lain dari pada Allah yang esa." 1 Korintus 8:4

Sebab sungguhpun ada apa yang disebut "allah", baik di sorga, maupun di bumi--dan memang benar ada banyak "allah" dan banyak "tuhan" yang demikian-- 1 Korintus 8:5

namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup. 1 Korintus 8:6

Handai taulan sekalian, Perjanjian Baru mengajarkan bahwa dengan berlalunya waktu kondisinya tetap sama. Walaupun banyak orang yang menyembah dewa-dewi dan mengakui keberadaan mereka namun sesungguhnya yang mereka sembah tidak lebih dari BERHALA yang tidak punya nyawa dan roh serta tidak BERKUASA berbuat baik apalagi berbuat JAHAT kepada manusia.

Pada Jaman Yesus Hidup di dunia, kerasukan setan-setan adalah fakta, demikian juga kerasukan Iblis. Namun tidak ada satu catatan pun tentang orang yang kerasukan lalu menjadi sakti mandra guna.

Pada suatu kali ketika kami pergi ke tempat sembahyang itu, kami bertemu dengan seorang hamba perempuan yang mempunyai roh tenung; dengan tenungan-tenungannya tuan-tuannya memperoleh penghasilan besar. Kisah Para Rasul 16:16

Bukankah hamba perempuan yang kerasukan itu bisa meramal? Tuan-tuannya memang menyatakan bahwa dia bisa meramal dan menjual ramalannya. Namun mengikuti Paulus ke mana-mana sembil berteriak-teriak adalah prilaku orang gila. Bila perempuan itu tidak gila, dia pasti menjadi dukun yang mandiri, bukan hamba perempuan tuan-tuannya. Di samping itu, Alkitab sama sekali tidak pernah mengajarkan bahwa Iblis dan setan-setan memiliki kuasa untuk megnetahui masa depan. Hukumnya tetap sama. Bila ocehannya tepat, itu berarti dukunnya sakti. Bila ocehannya meleset itu berarti anda belum beruntung. Kurang beriman, ada dosa yang belum diakui, ada kutuk yang belum dipatahkan. PERSIS prilaku para pengkotbah alam roh bukan?

Karena Iblis dan roh-roh jahat tidak diberi kuasa sama sekali untuk menyamar sebagai dewa-dewi dan menerima penyembahan dari manusia, itu berarti semua penyembahan dewa-dewi adalah penyembahan berhala alias penyembahan kepada SANG MAHATIADA ciptaan manusia.

Bagaimana dengan nabi-nabi palsu? Nabi-nabi palsu berarti bukan nabi sejati. Untuk disebut nabi palsu, dia harus mengaku dirinya orang Kristen. Bila tidak mengaku dirinya Kristen, itu berarti dia adalah penyembah dewa-dewi alias penyembah berhala. Itulah yang diajarkan oleh Alkitab. Nabi-nabi palsu hanya bisa melakukan mujizat palsu. Mujizat palsu bukan mujizat sejati yang dilakukan dengan kuasa Iblis atau setan-setan namun hal-hal gaib yang tidak ajaib.

Benny Hinn adalah contoh nabi palsu generasi ini. Perbuatan gaibnya yang tidak ajaib adalah kemampuannya menjatuhkan orang-orang tanpa menyentuhnya. Teknik yang dia gunakan sama dengan yang digunakan oleh para pendekar tenaga dalam menjatuhkan murid-murid dan saudara-saudara seperguruan mereka  dan sama sekali tidak berlaku bagi orang di luar perguruan. Para pendekar menyebutnya tenaga dalam alias Qi (dibaca: chi) alias prana alias reiki, Benny Hinn menyebutnya roh kudus. Hanya para nabi palsu yang nekad mengklaim dirinya diberi kuasa untuk membaptis dengan Roh Kudus.

Misteri Pukulan Satu Inci - One Inchi Punch

One inchi punch alias pukulan satu inci adalah pukulan yang dilontarkan dari jarak satu inci dengan sasaran. Pukulan ini pertama kali diperkenalkan oleh almarhum Bruce Lee. Sasaran pukulan satu inci adalah ulu hati. Walaupun dilontarkan dari jarak satu inci namun pukulan demikian bisa membuat yang dipukul terpental dan sesak nafas bahkan muntah darah. Pukulan satu inci dikenal oleh para ahli ilmu bela diri sebagai pukulan aneh bin ajaib. Aneh bin ajaib karena bisa membuat manusia yang beratnya di atas empat puluh kilogram mencelat namun tidak bisa digunakan untuk memecahkan papan atau batu bata.

Perkembangan teknologi memungkinkan untuk mengukur kecepatan dan kekuatan pukulan satu inci. Teknologi yang sama juga memungkinkan untuk mengukur benturan yang diterima tubuh yang dipukul dengan pukulan satu inci. Walaupun peralatan teknologi canggih menunjukkan kekuatan pukulan satu inci mustahil membuat orang yang dipukulnya mencelat dan terluka namun anehnya banyak orang yang mencelat dan sesak nafas karena pukulan satu inci. Apa yang sesungguhnya terjadi dengan pukulan satu inci? SUGESTI alias SWAHIPNOTIS. Itu sebabnya pukulan satu inci mustahil membuat orang yang tidak percaya atau tidak tahu tentang pukulan satu inci mencelat apalagi sesak nafas.

Apabila percaya dengan kekuatan pukulan satu inci maka secara reflek tubuh anda akan melindungi diri ketika menghadapi pukulan demikian dengan meredamnya. Bagi mata orang awam tubuh anda mencelat ketika terpukul dan anda merasa sesak nafas akibatnya. Namun, yang sesungguhnya terjadi bukan demikian. Yang sesungguhnya terjadi adalah anda mencelatkan diri dan menghentikan pernafasan untuk meredam kekuatan pukulan itu. Anda merasakan kekuatan pukulan itu sesuai dengan yang anda sangka bukan karena kekuatan pukulan itu sendiri. Itulah yang disebut ideomotor response atau  ideomotor efect di mana anggota tubuh bergerak secara reflek tanpa anda sadari.

Apabila anda yakin Benny Hinn atau siapa saja memiliki kemampuan untuk melontarkan Roh Kudus maka tubuh anda akan bereaksi secara reflek untuk me-respon atau menanggapinya. Karena anda SUDAH melihat cara orang-orang meresponnya, maka tubuh anda secara reflek pun menirunya.

Kesimpulan


Handai taulan sekalian, mustahil meyakini para dukun melakukan mujizat dengan kuasa dari Iblis dan roh-roh jahat karena keyakinan demikian bertentangan dengan ajaran Alkitab. Penyembahan dewa-dewi adalah penyembahan berhala yang tidak memiliki nyawa dan atau roh sehingga tidak berkuasa untuk berbuat baik apalagi berbuat jahat kepada manusia. Iblis dan roh-roh jahat sama sekali tidak diberi kuasa untuk memberikan kesaktian kepada manusia. Itu sebabnya, semua hal-hal gaib yang dilakukan oleh dukun-dukun dan nabi-nabi palsu sama sekali tidak ajaib, makanya disebut mujiza-mujizat palsu. Itu sebabnya hai hai berkata:

Sulap adalah ilmu dan seni melakukan hal-hal gaib yang tidak ajaib. Pesulap melakukannya untuk menghibur, dukun melakukannya untuk menipu sementara pengkotbah menceritakannya sebagai kekuatan Iblis dan setan-setan untuk mencuri kebajikan atau karena tidak tahu bahwa dia tidak tahu.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

smile's picture

Nis : gue masih cari....

gue sendiri masih berpikir apa tafsiran gue bener apa salah, karena ngelihat kejadian dalam samuel itu, bisa membuka tabir akan hal hal lain yang berhubungan dengan itu.

Itu membuat gue kadang bisa memastikan sesuatu itu asli atau bukan, walau itu tetap dalam koridor keyakinan gue sendiri.

Gue mau cerita sedikit tentang sebuah acara yang menampilkan tentang pemanggilan roh. Dilakukan oleh ahli metafisika. Dan mediatornya ada seseorang yang mau dirasuki oleh arway yang dipanggil itu.

Pertama masuk arwah orang belanda,....terus ngomong belanda tapi ga jelas,..bergumam gumam aja gue juga bisa. trus, tiba tiba sang host mengatakan telah pergi arwah yang pertama dan masuk yang namanya singa barong...itu seperti penuturan ahli metafisika yang berkata tentunya kepada host tersebut.

tiba tiba ngomong sunda,.....ah,...gue langsung dengan yakin berkata kalau itu memang gila. suatu kebohongan dimuka umum. Setan itu bisa segala bahasa, mungkin mediatornya kurang pandai untuk berbahasa belanda, dan kurang pandai berbohong, sehingga lebih bisa berlaku kesurupan si singan barong itu.

itu jelas saya katakan suatu kebohongan besar, tapi alkitab?

Bukankah ALKITAB ADALAH FIRMAN ALLAH yang hidup?  jika dia mengatakan , ya artinya mengatakan. Jika kita bisa menafsirkan apa yang tidak tertulis, jadinya dibilang main tafsir seenaknya, bukan? Itu ga apa, kalau hanya diri kita sendiri yang tahu, dan tidak mengatakannya kepda orang lain, karena jika salah, maka akan banyak orang yang salah juga pada akhirnya.

Gue ngikutin kata elo aja Nis,..mungkin iman gue dan Hai Hai akan ayat itu berbeda.

karena gue memang ga tau dan mau tau, mau ga mau gue akan cari lagi yang bisa ngeyakini gue, karena seperti yang gue katakan, satu pembahasan ini berguna untuk hal hal lainnya.

Niwei,, thanks bro,...

 

smile

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

Pakunoda Harvey's picture

hmm ..

saya pikir kalo yang namanya beriman, kita percaya kalo Alkitab kita pasti benar ..

Iman itu bukan percaya yang tidak keliatan, tetapi beriman = yakin kalo pasti benar.

saya pikir memang agak sulit memahami PL, karena Tuhan memakai budaya yang ada pada pada jaman itu .. mungkin akan sedikit membantu kalo melihat sedikit kebudayaan jaman itu ...

 

maachi ^^

dennis santoso a.k.a nis's picture

@pakunoda

pakunoda, comment kamu senada sama okulasi so gue bales jadi satu di link ini

iman, buat gue, bukan yakin bahwa sesuatu pasti benar. karena bila kita yakin bahwa sesuatu itu pasti benar, buat apa lagi kita perlu berharap? dengan begitu, pengharapan tidak dibutuhkan lagi dan harus dicoret dari alkitab.

yang gue percaya adalah bahwa iman dan pengharapan adalah satu paket. gue berharap karena gue beriman. bila gue ga beriman, maka gue ga perlu berharap. 

lebih lanjut, beriman adalah tentang memilih kesukaan / kecintaan. mana yang kamu suka / cinta, pilihlah itu. saat itulah gue beriman dan lantas berharap bahwa pilihan gue ini (iman) adalah benar.

kamu tau kenapa pernikahan dibilang sebagai gambaran hubungan kita dengan Tuhan? karena intinya sama, semuanya adalah soal iman. pilih wanita yang kamu suka dan berharaplah pilihan kamu itu ga salah :-)

bintang seven's picture

@hai2...eh gw kasih tau ya

Bintang seven, intinya adalah BERHALA itu Tidak punya NYAWA, tidak punya ROH dan tidak berkuasa berbuat baik juga berbuat jahat.

eh gw kasih tau ya....ayat itu berbicara ttg patung/berhala buatan tangan manusia.

apakah nabi2 baal adalah patung? buatan tangan manusia? tolong diluruskan dlm mencocokkan ayat....

 

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

hai hai's picture

@B7, Berhala Ala Thomy Matakupan

bintang Seven, soal berhala, menurut saya, definisi sahabat saya Pdt. Thomy Matakupan paling cocok.

Berhala adalah PENCIPTA yang diciptakan oleh CIPTAAN untuk menjadi PENCIPTA dan disembah sebagai PENCIPTA yang MENCIPTAKAN ciptaan yang MENCIPTAKAN pencipta.

Rupa dan wujudnya bermacam-macam, juga banyak yang tidak berwujud.

Anda tahu perintah pertama dari sepuluh hukum Allah diberikan dan siapa yang pertama kali melanggarnya?

Perintah itu pertama kali diberikan kepada Adam alias Iblis dan Adam alias Iblis pula yang melanggarnya dengan MENCIPTAKAN pencipta yang TAKUT manusia tahu hal yang baik dan yang jahat seperti pencipta ciptaan Adam.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

bintang seven's picture

hai2

ketika patung emas di buat dan disembah sedang musa belum turun dari gunung, bukankah patung emas itu adalah ciptaan dan penciptanya adalah manusia. patung emas itu adalah berhala karena dicipta. sedang Allah bukan berhala krn IA adalah Pencipta dan tidak dicipta.

tapi suhu anda mengatakan hal2 yg dalam, yg agak sulit dicerna, ijinkan saya sedikit membungkuk dan bertanya,

.................................................................

Berhala adalah PENCIPTA yang diciptakan oleh CIPTAAN untuk menjadi PENCIPTA dan disembah sebagai PENCIPTA yang MENCIPTAKAN ciptaan yang MENCIPTAKAN pencipta.

Rupa dan wujudnya bermacam-macam, juga banyak yang tidak berwujud.

apakah maksudnya?

......................................................................

Anda tahu perintah pertama dari sepuluh hukum Allah diberikan dan siapa yang pertama kali melanggarnya?

Perintah itu pertama kali diberikan kepada Adam alias Iblis dan Adam alias Iblis pula yang melanggarnya dengan MENCIPTAKAN pencipta yang TAKUT manusia tahu hal yang baik dan yang jahat seperti pencipta ciptaan Adam.

apakah anda sedang memikirkan bhw adam menjadikan dirinya dg keinginannya utk menjadi Allah lain/berhala, spt yg dikatakannya pada hawa: pasti engkau tidak mati dan akan menjadi spt Allah?

bukankah Allah telah menciptakan adam? kini adam menjadi allah lain?

terimakasih suhu, saya suka sekali anda mengucapkan kalimat2 diatas mungkin jam2 tidur saya akan sedikit berkurang krn memikirkannya, sedikit pencerahan dari anda mungkin akan membuat tidur saya agak pulas. thx

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

hai hai's picture

@B7, Binatang Yang Keluar Dari Bumi

B7, berhala banyak wujudnya. DAri generasi ke generasi orang Kristen tidak sadar bahwa mereka sedang menyembah berhala. Saya juga pernah melakukannya.

Yesus yang SATU pribadi dua HAKEKAT adalah BERHALA.

Bapa yagn namanya YHWH adalah berhala.

Yesus yang disalibkan oleh Allah adalah BERHALA

Allah yang menyalibkan Yesus adalah Allah yang menerima KORBAN manusia, Allah demikian adalah BERHALA

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

tonypaulo's picture

siapakah ayah dan ibu Adam?

hai :

Berhala adalah PENCIPTA yang diciptakan oleh CIPTAAN untuk menjadi PENCIPTA dan disembah sebagai PENCIPTA yang MENCIPTAKAN ciptaan yang MENCIPTAKAN pencipta

tony ;

tentu tidak bisa disebut PENCIPTA kalau diciptakan oleh CIPTAAN, jika CIPTAAN yang menciptakan "PENCIPTA" maka justru CIPTAAN itulah yang menjadi PENCIPTA (lihat saya tidak gunakan tanda kutip lagi)

jadi jelas dalam kalimat tersebut (permainan kata-kata) mengandung banyak fallacy dari sisi logika konsktruksi kalimat, jika dari konstruksi kalimatnya saja sudah mengandung fallacy, maknanya tentu adalah fallacy juga

hai :
Anda tahu perintah pertama dari sepuluh hukum Allah diberikan dan siapa yang pertama kali melanggarnya?

Perintah itu pertama kali diberikan kepada Adam alias Iblis dan Adam alias Iblis pula yang melanggarnya dengan MENCIPTAKAN pencipta yang TAKUT manusia tahu hal yang baik dan yang jahat seperti pencipta ciptaan Adam

tony :
kalau menurut Alkitab, jelas asumsi tersebut tidak sesuai dengan alur waktu (kronologis), 10 perintah Tuhan baru diberikan ketika jaman Musa, tidak pernah tercatat sejak jaman Adam sudah ada 10 perintah Tuhan, dan sangat tidak mungkin Tuhan memberikan 10 perintah Tuhan kepada Adam,

Exo 20:12  Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.
Exo 20:13  Jangan membunuh.
Exo 20:14  Jangan berzinah.
Exo 20:15  Jangan mencuri.
Exo 20:16  Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu.
Exo 20:17  Jangan mengingini rumah sesamamu; jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya atau keledainya, atau apapun yang dipunyai sesamamu."

bagaimana mungkin Adam menghormati ayah dan ibunya? apa Adam mempunyai Ayah dan Ibu?
bagaimana mungkin Adam mencuri? mencuri dari gajah? apa yang bisa dicuri dari gajah?
bagaimana mungkin Adam mengingini isteri orang lain? siapa orang lain itu selain keturunannya?

jadi Tuhan Allah tidak pernah memberikan perintah pertama dari kesepuluh perintah Tuhan, itu yang tercatat di Alkitab pak Hai

hai :

Yesus yang SATU pribadi dua HAKEKAT adalah BERHALA.

Bapa yagn namanya YHWH adalah berhala.

Yesus yang disalibkan oleh Allah adalah BERHALA

Allah yang menyalibkan Yesus adalah Allah yang menerima KORBAN manusia, Allah demikian adalah BERHALA

tony:

siapakah yang menyatakan Yesus satu pribadi dengan dua hakekat?
siapakah yang menyatakan nama Bapa adalah YHWH?
siapakah yang menyatakan bahwa Yesus disalibkan oleh Allah?
siapakah yang menyatakan Allah yang menyalibkan Yesus adalah Allah yang menerima KORBAN manusia?

kalau dalam diskusi ini tidak pernah ada yang menyatakannya pak Hai, lalu apa relevansinya ?

apakah pak Hai tahu bahwa hobi juga bisa menjadi berhala?

 

1Co 4:6  Saudara-saudara, kata-kata ini aku kenakan pada diriku sendiri dan pada Apolos, karena kamu, supaya dari teladan kami kamu belajar apakah artinya ungkapan: "Jangan melampaui yang ada tertulis", supaya jangan ada di antara kamu yang menyombongkan diri dengan jalan mengutamakan yang satu dari pada yang lain.

salam

 

 

hai hai's picture

@tonypaulo, bila Nggak NGerti, Bertanya

tonypaulo, bila anda nggak ngerti yagn harus anda lakukan adalah BERTANYA, bukannya mengagulkan ketidaktahuan anda lalu menuduh ornag sembarangan. Malu tahu.

Sebaiknya anda baca dulu komentar saya itu baik-baik selum menjatuhkan tuduhan. Selamat membaca tony.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

tonypaulo's picture

justru karena saya mengerti saya berkomentar

hai :

tonypaulo, bila anda nggak ngerti yagn harus anda lakukan adalah BERTANYA, bukannya mengagulkan ketidaktahuan anda lalu menuduh ornag sembarangan. Malu tahu.

Sebaiknya anda baca dulu komentar saya itu baik-baik selum menjatuhkan tuduhan. Selamat membaca tony

 

tony:

sekali lagi pak hai, itu bukan argumen sama sekali, itu hanya memancing pertengkaran saja, saya tidak ingin bertengkar dengan siapapun

mari jawab saya dan silahkan koreksi kalau saya salah dengan argumen sesuai dengan alur yang saya sampaikan

atau kalau tidak berkenan untuk dijawab, yah sudah diamkan saja, saya tidak akan memaksa kok pak Hai

 

salam

hai hai's picture

@tonypaulo, Anda Tidak PAHAM

tonypaulo, ketika menulis saya tidak sembarangan, itu adalah bentuk penghormatan saya kepada para penulis Alkitab dan para pembaca blog dan komentar saya. Orang-orang yang mencoba untuk MENAFSIRKAN tulisan sayya akan TERSESAT.

Berhala adalah PENCIPTA yang diciptakan oleh CIPTAAN untuk menjadi PENCIPTA dan disembah sebagai PENCIPTA yang MENCIPTAKAN ciptaan yang MENCIPTAKAN pencipta.

Anda harus pahami dulu kalimat itu sebelum unjuk pengetahuan anda. Itu bukan permainan kata-kata namun FAKTA tentang BERHALA.

Anda tahu perintah pertama dari sepuluh hukum Allah diberikan dan siapa yang pertama kali melanggarnya?

Perintah itu pertama kali diberikan kepada Adam alias Iblis dan Adam alias Iblis pula yang melanggarnya dengan MENCIPTAKAN pencipta yang TAKUT manusia tahu hal yang baik dan yang jahat seperti pencipta ciptaan Adam.

Saya lengkapi dulu pernyataan saya ya:

Anda tahu perintah pertama dari sepuluh hukum Allah diberikan KEPADA SIAPA dan siapa yang pertama kali melanggarnya?

Apakah saya mengajarkan bahwa SEPULUH perintah Allah sudah diberikan secara lengkap kepada Adam?

Tonypaulo, bila anda belajar dengan baik, maka SEHARUSNYA anda BERTANYA tentang maksud kalimat saya tersebut di atas, bukannya membuat dagelan tentang siapa Ayah Ibu Adam.

Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, saya belum pernah menemukan sumber pustakanya namun ketahuilah bahwa SEPULUH Perintah Allah diberikan SATU demi SATU.

Sepuluh Perintah Allah adalah Sepuluh TANDUK binatang yang keluar dari LAUT. Satu TANDUK satu kepala. KEPALA adalah RAJA sementara TANDUK adalah HUKUM.

Hukum pertama diberikan kepada Adam.

Hukum Kedua diberikan kepada Kain.

Hukum ketiga diberikan kepada Enos.

Hukum keempat diberikan kepada Nuh.

Hukum kelima diberikan kepada Anak-anak Nuh.

Hukum keenam diberikan kepada Abraham.

Hukum ketujuh diberikan kepada Firaun dan diingatkan kembali kepada Abimelek raja Gerar.

Hukum ke delapan diberikan kepada Yakub.

Hukum kesembilan diberikan kepada anak-anak Yakub terutama Yehuda.

Hukum ke sepuluh diberikan kepada Yusuf.

Pada zaman Musa, Allah MERANGKUM semuanya dan MENULISKANNYA serta menamainya SEPULUH PERINTAH ALLAH atau Sepuluh Hukum Allah.

tonypalo, itulah 10 Tanduk. di dalam Daniel 7 dicatat tentang sebuah TANDUK KECIL yang MEMATAHKAN 3 TANDUK TERBESAR dari sepuluh tanduk. TANDUK KECIL itu adalah BERHALA. TIGA tanduk terbesar dari SEPULUH tanduk yang dicabutnya adalah HUKUM pertama, kedua dan ketiga.

  1. JANGAN ada Ilah lain.
  2. Jangan membuat patung.
  3. Jangan menyebut nama TUHAN Allah sembarangan

tonypaulo, BAAL adalah TUHAN bangsa Kanaan. Bila anda mempelajari AJARAN agama BAAL, maka anda akan menumukan FAKTA bahwa agama itu mengajarkan KETUJUH HUKUM Allah yang lainnya. Jangan berkecil hati tonypaulo, anda bukan satu-satunya jemaat Kristen yang SOK TAHU namun tidak tahu sama sekali ajaran agama BAAL.

tonypaulo, anda bertanya:

  1. siapakah yang menyatakan Yesus satu pribadi dengan dua hakekat?
  2. siapakah yang menyatakan nama Bapa adalah YHWH?
  3. siapakah yang menyatakan bahwa Yesus disalibkan oleh Allah?
  4. siapakah yang menyatakan Allah yang menyalibkan Yesus adalah Allah yang menerima KORBAN manusia?

Bukankah anda mengajarkan bahwa Yesus adalah SEL TELUR Hawa? Masak anda tidak tahu bahwa gereja anda mengajarkan bahwa Yesus adalah SATU pribadi dan dua HAKEKAT?

Bukankah Anda memahami YHWH adalah nama Bapa-Nya Yesus Kristus?

Teologi Reformed meyakini bahwa Yesus MATI menggantikan MANUSIA, seharusnya manusia yang harus DISALIB namun Yesus menggantikannya.

Teologi alam roh mengajarkan bahwa Yesus MATI untuk MENEBUS manusia dari Iblis.

bukankah baik Teologi Reformed maupun Teologi alam roh mengajarkan bahwa KORBAN anak domba adalah GAMBARAN alias SIMBOL korban Yesus Kristus?

apakah pak Hai tahu bahwa hobi juga bisa menjadi berhala?

tonypaulo, orang yang menyatakan bahwa hoby bisa jadi berhala adalah orang-orang yang tidak belajar Alkitab dengan benar sehingga tidak memahami apa itu BERHALA menurut ajaran Alkitab.

BERHALA yang keluar dari LAUT adalah ILAH bangsa-bangsa. BERHALA yang keluar dari BUMI adalah PATUNG dari Allah umat Allah.

Anda tahu LAUT? Laut adalah UMAT MANUSIA. Anda tahu BUMI? Bumi adalah orang-orang yang menyebut dirinya UMAT Allah.

Itu adalah petunjuk kecil bagi anda untuk mempelajari kitab Wahyu. Anda sudah mengutip ayatnya namun belum memhaminya.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

tonypaulo's picture

yang saya pahami apa yang tertulis di Alkitab

Hai :
Berhala adalah PENCIPTA yang diciptakan oleh CIPTAAN untuk menjadi PENCIPTA dan disembah sebagai PENCIPTA yang MENCIPTAKAN ciptaan yang MENCIPTAKAN pencipta.
Anda harus pahami dulu kalimat itu sebelum unjuk pengetahuan anda. Itu bukan permainan kata-kata namun FAKTA tentang BERHALA.

Tony:
Mari perhatikan lebih baik argument saya sebelumnya

tentu tidak bisa disebut PENCIPTA kalau diciptakan oleh CIPTAAN, jika CIPTAAN yang menciptakan "PENCIPTA" maka justru CIPTAAN itulah yang menjadi PENCIPTA (lihat saya tidak gunakan tanda kutip lagi)

jadi jelas dalam kalimat tersebut (permainan kata-kata) mengandung banyak fallacy dari sisi logika konsktruksi kalimat, jika dari konstruksi kalimatnya saja sudah mengandung fallacy, maknanya tentu adalah fallacy juga

ketika anda menyampaikan “namun FAKTA tentang BERHALA” tanpa sedikitpun penjelasan, hanya ada dua kemungkinan, pertama ini pemaksaan tanpa memberikan argumen yang logis?, kedua ini mungkin ilham dari malaikat?

Atau saya masih bisa berharap pak Hai mau menyampaikan suatu argumen yang menjawab kesalahan argumen saya?

Kalau tidak juga tidak apa-apa

Hai :
Anda tahu perintah pertama dari sepuluh hukum Allah diberikan dan siapa yang pertama kali melanggarnya?
Saya lengkapi dulu pernyataan saya ya:
Anda tahu perintah pertama dari sepuluh hukum Allah diberikan KEPADA SIAPA dan siapa yang pertama kali melanggarnya?
Apakah saya mengajarkan bahwa SEPULUH perintah Allah sudah diberikan secara lengkap kepada Adam?
Tonypaulo, bila anda belajar dengan baik, maka SEHARUSNYA anda BERTANYA tentang maksud kalimat saya tersebut di atas, bukannya membuat dagelan tentang siapa Ayah Ibu Adam

Tony :

Silahkan anda membantah argumen anda sendiri (lihat dibawah ini)

Anda tahu perintah pertama dari sepuluh hukum Allah diberikan dan siapa yang pertama kali melanggarnya?

Perintah itu pertama kali diberikan kepada Adam alias Iblis dan Adam alias Iblis pula yang melanggarnya dengan MENCIPTAKAN pencipta yang TAKUT manusia tahu hal yang baik dan yang jahat seperti pencipta ciptaan Adam
Dan dengan tambahan penjelasan “ saya lengkapi dulu pernyataan saya”  malah semakin mengaburkan apa yang ingin pak Hai sampaikan

Hai :
Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, saya belum pernah menemukan sumber pustakanya namun ketahuilah bahwa SEPULUH Perintah Allah diberikan SATU demi SATU.
Sepuluh Perintah Allah adalah Sepuluh TANDUK binatang yang keluar dari LAUT. Satu TANDUK satu kepala. KEPALA adalah RAJA sementara TANDUK adalah HUKUM.
Hukum pertama diberikan kepada Adam.
Hukum Kedua diberikan kepada Kain.
Hukum ketiga diberikan kepada Enos.
Hukum keempat diberikan kepada Nuh.
Hukum kelima diberikan kepada Anak-anak Nuh.
Hukum keenam diberikan kepada Abraham.
Hukum ketujuh diberikan kepada Firaun dan diingatkan kembali kepada Abimelek raja Gerar.
Hukum ke delapan diberikan kepada Yakub.
Hukum kesembilan diberikan kepada anak-anak Yakub terutama Yehuda.
Hukum ke sepuluh diberikan kepada Yusuf.
Pada zaman Musa, Allah MERANGKUM semuanya dan MENULISKANNYA serta menamainya SEPULUH PERINTAH ALLAH atau Sepuluh Hukum Allah.

Tony :
Pak Hai, yang tertulis di Alkitab adalah :
Exo 20:1  Lalu Allah mengucapkan segala firman ini:
Exo 20:2  "Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan.
Exo 20:3  Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.

pertama ; Allah memberikan kesepuluh perintah tersebut ketika pada jaman Musa hidup, tidak pernah tercatat di Alkitab bahwa Allah pernah memberikan kesepuluha perintah itu sebelum jaman Musa

kedua ; jika mengikuti alur yang pak Hai bangun, semakin kacau saja interprestasinya, logikanya jika hukum ke dua diberikan ke Kain, mengapa Tuhan murka ketika Kain membunuh Habel adiknya, sedang Hukum ke enam menurut anda diberikan ke Abraham? Semakin lebih tidak masuk akal lagi ketika anda katakan hukum ke enam yang adalah jangan membunuh kepada Abraham, ketika Tuhan meminta Abraham untuk menyembelih Ishak

ketiga : jika tafsiran anda berkembang dalam konteks kekinian, berarti manusia bebas memilih untuk mentaati hukum keberapa yang dikhususkan kepadanya dan hukum yang mana yang tidak disukainya?  Atau saya bisa memilih hukum ke empat saja sementara saya bebas dari konsekuensi hukum  ketujuh?

Keempat : pengertian kesepuluh perintah Tuhan itu satu paket, tidak bisa pak Hai preteli atau mutilasi, kemudian seperti membagi kue, potongan kue satu diberikan ke si A, potongan kue dua diberikan ke si B, dengan demikan pak Hai sudah bertindak seperti Tuhan

Hai :
tonypalo, itulah 10 Tanduk. di dalam Daniel 7 dicatat tentang sebuah TANDUK KECIL yang MEMATAHKAN 3 TANDUK TERBESAR dari sepuluh tanduk. TANDUK KECIL itu adalah BERHALA. TIGA tanduk terbesar dari SEPULUH tanduk yang dicabutnya adalah HUKUM pertama, kedua dan ketiga.
1.    JANGAN ada Ilah lain.
2.    Jangan membuat patung.
3.    Jangan menyebut nama TUHAN Allah sembarangan
tonypaulo, BAAL adalah TUHAN bangsa Kanaan. Bila anda mempelajari AJARAN agama BAAL, maka anda akan menumukan FAKTA bahwa agama itu mengajarkan KETUJUH HUKUM Allah yang lainnya. Jangan berkecil hati tonypaulo, anda bukan satu-satunya jemaat Kristen yang SOK TAHU namun tidak tahu sama sekali ajaran agama BAAL.

Tony:

Kapan saya membahas panjang lebar berhala pada comment saya sebelumnya?

Apa dalam komentar saya, saya membahas Baal, tanduk kecil, tanduk besar?

Tidak pernah

Saya hanya menyatakan

apakah pak Hai tahu bahwa hobi juga bisa menjadi berhala?

Untuk apa yang tidak saya jelaskan atau saya komentari, kemudian saya dilabeli SOK TAHU?

Itu bentuk kesewenang-wenangan, (sering saya nyatakan pada anda, jika saya menyatakan “abc” kemudian saya disebut sok tahu atas “axz”, entah bagaimana lagi saya bisa menerangkanya kepada anda)

Apa memang pak Hai bisa membaca keseluruhan isi hati saya? kalau begitu saya sedang berdiskusi dengan Tuhan? atau dengan pak Hai?

Hai :
tonypaulo, anda bertanya:
1.    siapakah yang menyatakan Yesus satu pribadi dengan dua hakekat?
2.    siapakah yang menyatakan nama Bapa adalah YHWH?
3.    siapakah yang menyatakan bahwa Yesus disalibkan oleh Allah?
4.    siapakah yang menyatakan Allah yang menyalibkan Yesus adalah Allah yang menerima KORBAN manusia?
Bukankah anda mengajarkan bahwa Yesus adalah SEL TELUR Hawa? Masak anda tidak tahu bahwa gereja anda mengajarkan bahwa Yesus adalah SATU pribadi dan dua HAKEKAT?
Bukankah Anda memahami YHWH adalah nama Bapa-Nya Yesus Kristus?
Teologi Reformed meyakini bahwa Yesus MATI menggantikan MANUSIA, seharusnya manusia yang harus DISALIB namun Yesus menggantikannya.
Teologi alam roh mengajarkan bahwa Yesus MATI untuk MENEBUS manusia dari Iblis.
bukankah baik Teologi Reformed maupun Teologi alam roh mengajarkan bahwa KORBAN anak domba adalah GAMBARAN alias SIMBOL korban Yesus Kristus?

Tony :

Anda salah menangkap maksud pertanyaan saya pak Hai

Ketika dalam diskusi sedang dibahas “a, b, c, d, dst” dan semua berjalan sesuai dengan sistematika dan relevansinya, tiba-tiba dari pembahasan “a, b, c, d, dst” muncul secara “gaib” pembahasan “@, *,^, %” yang tidak tahu asal usulnya darimana?

Dan akhirnya anda kembangkan sendiri menjadi

“Bukankah anda mengajarkan bahwa Yesus adalah SEL TELUR Hawa?”

Kapan juga saya pernah menyatakan demikian? Atau memang saya sedang berdiskusi dengan Tuhan kah?

Teologi alam roh? Itu jenis “makanan” apa ya pak Hai? Saya baru dengan ada teologi alam roh? Bisa berikan referensi atau linknya pak Hai, agar saya bisa tahu ternyata ada yang terlewatkan oleh saya mengenai teologi alam roh?

Dan lebih ironisnya lagi pak Hai, kok jadi saya jadi meladeni “pembahas ngarol-ngidul” ini?

Padahal maksud pertanyaan saya, adalah JIKA TIDAK PERNAH ADA SESEORANG YANG MEMBAHAS KEEMPAT PERTANYAAN SAYA TERSEBUT, DALAM BLOGS ANDA INI kenapa tiba-tiba anda munculkan? Artinya itu anda yang bertanya sendiri anda yang menjawab sendiri

Hai :
apakah pak Hai tahu bahwa hobi juga bisa menjadi berhala?
tonypaulo, orang yang menyatakan bahwa hoby bisa jadi berhala adalah orang-orang yang tidak belajar Alkitab dengan benar sehingga tidak memahami apa itu BERHALA menurut ajaran Alkitab.
BERHALA yang keluar dari LAUT adalah ILAH bangsa-bangsa. BERHALA yang keluar dari BUMI adalah PATUNG dari Allah umat Allah.
Anda tahu LAUT? Laut adalah UMAT MANUSIA. Anda tahu BUMI? Bumi adalah orang-orang yang menyebut dirinya UMAT Allah.
Itu adalah petunjuk kecil bagi anda untuk mempelajari kitab Wahyu. Anda sudah mengutip ayatnya namun belum memhaminya.

Tony :

Saya pun bisa dengan mudah orang-orang yang menyatakan bahwa hukum pertama diberikan kepada Adam walau sudah belajar Alkitab tidak mau tunduk pada kebenaran Alkitab

Kalau ternyata anda gagal menangkap esensi dari pernyataan saya

apakah pak Hai tahu bahwa hobi juga bisa menjadi berhala?

Saya bisa kasih sedikit petunjuk, dalam arti modern dan sesuai dengan kondisi jaman, hanya sedikit orang yang masih menyembah berhala kuno yang berupa patung2 dsb, justru berhala jaman kini adalah apa yang disebut dengan prioritas hidup

Nah saya harap dari sedikit petunjuk itu bisa memberikan kejelasan dari apa yang saya maksudkan

Dan mengenai Laut, dsb… itu yang saya sebut dengan muncul secara “gaib” pembahasan “@, *,^, %” atau istilah umumnya OUT OF TOPIC

salam
 

bintang seven's picture

belum

saya belum mau menanyakan apa2 lagi pak hai2, gw lagi pengen buka2 alkitab dlu malahan dg refernsi anda ttg laut dll itu. maaf klo belum ada pertanyaan lagi,...soalnya gw penasaran. moga2 malu bertanya gak sesat dijalan . salam

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

hai hai's picture

@tonypaulo, Ini Namanya Tonypaulo

Kapan saya membahas panjang lebar berhala pada comment saya sebelumnya?

Tonypaulo, karena anda tidak MEMBAHAS tentang berhala, itu berarti selama ini saya ngomong dengan EMBER. NGOMONG ma EMBER? amit-amit dech.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

tonypaulo's picture

Deja vu...

...

terulang dan terulang lagi, memahami dengan baik saja tidak bisa

 

tony :

Kapan saya membahas panjang lebar berhala pada comment saya sebelumnya?

hai :

karena anda tidak MEMBAHAS tentang berhala, 

tony :

apa sama antara Kapan saya membahas panjang lebar berhala dengan tidak MEMBAHAS tentang berhala ?

 

hai :

itu berarti selama ini saya ngomong dengan EMBER. NGOMONG ma EMBER? amit-amit dech.

 

tony :

dan pak Hai, untuk menyatakan sebenar-benarnya kebenaran kepada Dreamz anda tidak sampai hati takut melukai hatinya, lalu apa bedanya dreamz dengan saya?

karena saya jarang sekali sependapat dengan pak Hai?

itu namanya standar ganda pak Hai...kalau anda tidak sampai hati takut melukai hati dreamz, perlakukan kepada semua members bahkan members yang tidak pernah sepakat dengan anda

dan satu hal pak Hai, kebenaran Firman memang menyakitkan namun tetap harus disampaikan dengan cara yang selembut mungkin, dengan tidak menyampaikan kebenaran Firman untuk menjaga perasaan seseorang sama artinya anda sengaja menuntun orang tersebut ke jurang kegelapan

kalau memang anda sempat membalas komentar saya ini, jangan lupa juga membalas komentar saya sebelum komentar saya yg ini

kalau sempat, kalau tidak ya tidak mengapa juga

 

salam

dReamZ's picture

tony cemburu ni yeeee ahahahhaa

ton, makanya jangan terlalu obsesi gitu dunk ma hai2. Nanti lo jadi beneran cinta ma hai2 kan jd repot, lo jadi dosa sama kyak gw loq huehhehe..

e tapi kyaknya lo bkal ditolak ma hai2 de, karna om satu itu dah punya m23 huehhe *gossip*

*kabur ah sblun dijitak om hai2* ahahah .. jangan marah ya om ^^

tonypaulo's picture

mo jatuh hati sama dreamz boleh?

dreamz :

ton, makanya jangan terlalu obsesi gitu dunk ma hai2. Nanti lo jadi beneran cinta ma hai2 kan jd repot, lo jadi dosa sama kyak gw loq huehhehe..

e tapi kyaknya lo bkal ditolak ma hai2 de, karna om satu itu dah punya m23 huehhe *gossip*

 

tony :

kan mau juga dikasihi seperti dreamz dikasihi hai, tapi kalo tentang jatuh hati, boleh jatuh hati kepada dreamz aj?

gmn dreamz? apa langsung ditolak?

ihiks

 

lapan's picture

duh

wah tony sama hai2? imagination run wild... stop2 wahahahahha

__________________

imprisoned by words...

hai hai's picture

@Tonypaulo, Mau Belajar, Harus Mau Diajar

tonypaulo, orang yang mau BELAJAR harus mau DIAJAR. Orang yang bilang mau belajar namun ketika diajari HANYA asal menyangkal namanya KURANG AJAR. Orang-orang demikian, bukan orang-orang yang mau belajar namun orang-orang SOK tahu yang ingin mengagul-agulkan KEBODOHANNYA yang disangka pintar.

Saya paling malas MENGKALIBRASI orang-orang demikian karena mereka memang TIDAK mau PRESISI.

Bedanya anda dengan DreamZ adalah ketika saya minta dia belajar dan tidak mengajarinya, dia PERGI belajar. Setelah belajar dan merasa cukup baru dia kembali lagi dan menunjukkan apa yang TELAH dia pelajari.

Anda? Ketika saya memberi petunjuk agar BELAJAR, anda bukan hanya TIDAK belajar namun MEMBUAT penyataan-pernyataan PALSU (seolah itu pernyataan hai hai) lalu MENYERANGNYA habis-habisan.

DreamZ mengomentari blog saya untuk BELAJAR sementara anda mengomentari blog saya untuk MENGAGULKAN diri. Itu sebabnya ISI komentar anda hanya ALASAN-ALASAN yang dicari-cari untuk menyalahkan hai hai. Inilah salah satu BUKTINYA:

Hai: Berhala adalah PENCIPTA yang diciptakan oleh CIPTAAN untuk menjadi PENCIPTA dan disembah sebagai PENCIPTA yang MENCIPTAKAN ciptaan yang MENCIPTAKAN pencipta.

tonypaulo: jadi jelas dalam kalimat tersebut (permainan kata-kata) mengandung banyak fallacy dari sisi logika konsktruksi kalimat, jika dari konstruksi kalimatnya saja sudah mengandung fallacy, maknanya tentu adalah fallacy juga

Bila DEFINISI berhala yang saya tulis SALAH, yang harus anda lakukan adalah MENUNJUKKAN definisi yang benar. Itu namanya Aple to APEL.

MENGERITIK konstruksi KALIMAT definisi BERHALA sama sekali bukan ARGUMENTASI namun GEJALA otak yang TIDAK bekerja secara PRESISI karena kurang dikalibrasi.

Hai : Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, saya belum pernah menemukan sumber pustakanya namun ketahuilah bahwa SEPULUH Perintah Allah diberikan SATU demi SATU.

Sepuluh Perintah Allah adalah Sepuluh TANDUK binatang yang keluar dari LAUT. Satu TANDUK satu kepala. KEPALA adalah RAJA sementara TANDUK adalah HUKUM.

Hukum pertama diberikan kepada Adam.
Hukum Kedua diberikan kepada Kain.
Hukum ketiga diberikan kepada Enos.
Hukum keempat diberikan kepada Nuh.
Hukum kelima diberikan kepada Anak-anak Nuh.
Hukum keenam diberikan kepada Abraham.
Hukum ketujuh diberikan kepada Firaun dan diingatkan kembali kepada Abimelek raja Gerar.
Hukum ke delapan diberikan kepada Yakub.
Hukum kesembilan diberikan kepada anak-anak Yakub terutama Yehuda.
Hukum ke sepuluh diberikan kepada Yusuf.

Pada zaman Musa, Allah MERANGKUM semuanya dan MENULISKANNYA serta menamainya SEPULUH PERINTAH ALLAH atau Sepuluh Hukum Allah.

tonypaulo: pertama ; Allah memberikan kesepuluh perintah tersebut ketika pada jaman Musa hidup, tidak pernah tercatat di Alkitab bahwa Allah pernah memberikan kesepuluha perintah itu sebelum jaman Musa

tonypaulo, DISKUSI bukan adu PERNYATAAN. Sampai pohon semangka berdaun sirih pun anda nggak akan menang adu pernyataan dengan hai hai karena REPUTASINYA jauh di atas anda.

Tonypaulo: kedua ; jika mengikuti alur yang pak Hai bangun, semakin kacau saja interprestasinya, logikanya jika hukum ke dua diberikan ke Kain, mengapa Tuhan murka ketika Kain membunuh Habel adiknya, sedang Hukum ke enam menurut anda diberikan ke Abraham? Semakin lebih tidak masuk akal lagi ketika anda katakan hukum ke enam yang adalah jangan membunuh kepada Abraham, ketika Tuhan meminta Abraham untuk menyembelih Ishak

tonypaulo, tentang Kain dan Habel, TOTAL hanya ada 26 ayat. Silahkan pelajari baik-baik dulu baru komentar ya.

Kain dan Habel sama-sama menyembah YHWH. Persembahan Habel diterima dan persembahan Kain ditolak. Itu adalah CARA YHWH menyatakan Firman-Nya. Yang harus dilakukan oleh Kain adalah membuang persembahannya lalu memberikan persembahan baru SESUAI dengan KEHENDAK YHWH.

NAMUN dia MEMBUAT PATUNG. Membuat PATUNG berarti MEMBATASI YHWH harus begini dan begitu. Bukankah hal yang sama juga dilakukan oleh bangsa Israel ketika keluar dari Mesir? Mereka MAU YHWH menampakkan diri dalam RUPA lembu jantan. Ketika kehendaknya tidak dipenuhi, mereka MENUANG emas menjadi lembu jantan lalu menyembahnya sebagai YHWH.

Siapa yang menumpahkan darah manusia, darahnya akan tertumpah oleh manusia, sebab Allah membuat manusia itu menurut gambar-Nya sendiri. Kejadian 9:6

tonypaulo, ayat tersebut di atas diberikan kepada Nuh dan anak-anaknya sementara ayat ini diberikan kepada Abraham:

Lalu Ia berfirman: "Jangan bunuh anak itu dan jangan kauapa-apakan dia, sebab telah Kuketahui sekarang, bahwa engkau takut akan Allah,  dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku." Kejadian 22:12

Sayang anda bukan orang yang SUKA belajar itu sebabnya KEHILANGAN peluang untuk memahami berbagai hal. Saya maklum, katak dalam tempurung memang MUSTAHIL belajar tentang SAPI.

Ketika HUKUM diberikan maka HUKUM itu HARUS ditegakkan. Menegakkan hukum dalam istilah Inggris disebut Law Enforcement. Berdasarkan PRINSIP demikianlah saya MENYIMPULKAN kapan sebuah HUKUM dari sepuluh hukum Allah diberikan.

tonypaulo: ketiga : jika tafsiran anda berkembang dalam konteks kekinian, berarti manusia bebas memilih untuk mentaati hukum keberapa yang dikhususkan kepadanya dan hukum yang mana yang tidak disukainya?  Atau saya bisa memilih hukum ke empat saja sementara saya bebas dari konsekuensi hukum  ketujuh?

tonypaulo: Keempat : pengertian kesepuluh perintah Tuhan itu satu paket, tidak bisa pak Hai preteli atau mutilasi, kemudian seperti membagi kue, potongan kue satu diberikan ke si A, potongan kue dua diberikan ke si B, dengan demikan pak Hai sudah bertindak seperti Tuhan

tonypaulo, JANGAN BODOH dan jangan LICIK. Prilaku menyatakan hai hai menyatakan SESUATU (padahal dia tidak) lalu MENYERANGNYA adalah prilaku yang benar-benar BODOH dan LICIK.

tonypaulo, untuk yang lainnya BELAJAR ya?

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

tonypaulo's picture

anda berdiskusi dengan siapa ya?

hai :

tonypaulo, orang yang mau BELAJAR harus mau DIAJAR. Orang yang bilang mau belajar namun ketika diajari HANYA asal menyangkal namanya KURANG AJAR. Orang-orang demikian, bukan orang-orang yang mau belajar namun orang-orang SOK tahu yang ingin mengagul-agulkan KEBODOHANNYA yang disangka pintar.

Saya paling malas MENGKALIBRASI orang-orang demikian karena mereka memang TIDAK mau PRESISI.

Bedanya anda dengan DreamZ adalah ketika saya minta dia belajar dan tidak mengajarinya, dia PERGI belajar. Setelah belajar dan merasa cukup baru dia kembali lagi dan menunjukkan apa yang TELAH dia pelajari.

Anda? Ketika saya memberi petunjuk agar BELAJAR, anda bukan hanya TIDAK belajar namun MEMBUAT penyataan-pernyataan PALSU (seolah itu pernyataan hai hai) lalu MENYERANGNYA habis-habisan.

DreamZ mengomentari blog saya untuk BELAJAR sementara anda mengomentari blog saya untuk MENGAGULKAN diri. Itu sebabnya ISI komentar anda hanya ALASAN-ALASAN yang dicari-cari untuk menyalahkan hai hai.

 

tony:

dikampus saya yang banyak guru besar, tidak pernah seponggah ini dalam menjelaskan sesuatu, dan sama sekali ini bukan argumen, ini hanya ungkapan kemarahan karena mungkin saya harus sepakat dengan anda?

dan bagi saya pak Hai tidak penting untuk dicari-cari kesalahannya, karena itu membuang waktu saya saja, argumen anda yang saya soroti , tentang anda, itu urusan anda dengan Tuhan

 

Hai: Berhala adalah PENCIPTA yang diciptakan oleh CIPTAAN untuk menjadi PENCIPTA dan disembah sebagai PENCIPTA yang MENCIPTAKAN ciptaan yang MENCIPTAKAN pencipta.

tonypaulo: jadi jelas dalam kalimat tersebut (permainan kata-kata) mengandung banyak fallacy dari sisi logika konsktruksi kalimat, jika dari konstruksi kalimatnya saja sudah mengandung fallacy, maknanya tentu adalah fallacy juga

Hai :

Bila DEFINISI berhala yang saya tulis SALAH, yang harus anda lakukan adalah MENUNJUKKAN definisi yang benar. Itu namanya Aple to APEL.

MENGERITIK konstruksi KALIMAT definisi BERHALA sama sekali bukan ARGUMENTASI namun GEJALA otak yang TIDAK bekerja secara PRESISI karena kurang dikalibrasi.

 

Tony :

aple to apel? maksud anda aple to aple? aple bahasa Inggris, apel bahasa Indonesia, apel to apel itu translate atau salah nulis?

kalau anda kurang bisa mengerti arti kalimat in

banyak fallacy dari sisi logika konsktruksi kalimat, jika dari konstruksi kalimatnya saja sudah mengandung fallacy, maknanya tentu adalah fallacy juga

seharusnya jangan terlalu pede untuk menulis sesuatu yang tidak anda pahami benar, tahan diri jangan terlalu bernafsu pak Hai

memang saya belum MENUNJUKAN DEFINISI YANG BENAR?

lalu ini apa?

tentu tidak bisa disebut PENCIPTA kalau diciptakan oleh CIPTAAN, jika CIPTAAN yang menciptakan "PENCIPTA" maka justru CIPTAAN itulah yang menjadi PENCIPTA (lihat saya tidak gunakan tanda kutip lagi)

apa penjelasan saya tersilap dari mata anda? atau memang anda tidak mau membaca penjelasan orang lain?

mengenai definisi berhala sudahpun saya berikan

Saya bisa kasih sedikit petunjuk, dalam arti modern dan sesuai dengan kondisi jaman, hanya sedikit orang yang masih menyembah berhala kuno yang berupa patung2 dsb, justru berhala jaman kini adalah apa yang disebut dengan prioritas hidup

 

...

nampaknya sulit berdiskusi dengan anda, karena anda senang sekali bertengkar dengan orang yang tidak sepemahaman dengan anda, dan saya tidak ingin terpancing dalam pertengkaran demi aktualisasi ego, terlalu kekanak-kanakan, sudah jelas saya memberikan apa yang anda tanyakan, tapi anda masih bertanya

yang harus anda lakukan adalah MENUNJUKKAN definisi yang benar

kaget saya membaca hal itu, apa mungkin saya belum menunjukan definsi yang benar menurut saya, ketika saya telusuri kebelakang ternyata sudah...

kalau anda mau melanjutkan diskusi ini dengan saya, bahas saja yang menjadi argumen saya yang mengcounter argumen anda pak Hai, yang bukan argumen saya itu bukan urusan saya dan sayapun heran kok mudah buat anda untuk membahas yang bukan argumen saya? apa inspirasi dari malaikat? atau apa?

ironisnya orang-orang pintar yang pernah saya temui tidak ada yang searogan dan seangkuh anda, merasa orang lainlah yang harus belajar kepada anda? apa anda guru besar pak Hai? atau anda manusia setengah dewa? tahu segalanya?

dan lebih aneh lagi ketika anda berkata

Bedanya anda dengan DreamZ adalah ketika saya minta dia belajar dan tidak mengajarinya, dia PERGI belajar. Setelah belajar dan merasa cukup baru dia kembali lagi dan menunjukkan apa yang TELAH dia pelajari.

padahal yang saya sampaikan adalah

itu namanya standar ganda pak Hai...kalau anda tidak sampai hati takut melukai hati dreamz, perlakukan kepada semua members bahkan members yang tidak pernah sepakat dengan anda

apa hubungannya?  pantas saja saya lihat isi blog ini ada tiba-tiba secara gaib muncul dakocan, hukum pertama buat Adam, jangan bodoh dan licik

ternyata anda sedang berdiskusi dengan diri anda sendiri, sehingga satupun makna argumen orang yang sedang berdiskusi dengan anda tidak anda perhatikan?

saya suka belajar kepada siapapun, namun dari anda pak Hai, jujur tak ada yang bisa saya pelajari selain saya harus lebih mengerti dan lebih bisa menahan diri, untuk berusaha memahami saja

selamat berdiskusi dengan diri anda sendiri pak Hai

terima kasih atas waktu yang telah "diberikan" kepada saya

 

 

salam

hai hai's picture

@tonypaulo, Saya Hanya Menggunakan Timbangan ..

Tonypaulo, saya hanya menggunakan timbangan yang anda gunakan untuk menimbang saya. Bukankah anda yang mengajarkan bahwa hai hai TIDAK berhak untuk menghakimi Gilbert Lumoindong kecuali sudah membawa ratusan bahkan ribuan orang kepada Tuhan. Saya memang tidak membawa SATU orang pun kepada Tuhan namun sudah memberitakan Injil kepada ratusan bahkan ribuan orang.

Karena anda belum bercerita berapa ribu atau ratus bukankah anda seharusnya mengingatkan diri sendiri ketika hendak menghakimi hai hai?

Anda bruntung karena saya masih mengajari anda. Saya mengajari anda karena anda belum memiliki pengetahuan yang CUKUP untuk berdiskusi dengan saya. Anda harusnya bersyukur ketika saya suruh untuk belajar bahkan memberi petunjuk hal-hal yang harus anda pelajari.

Tentang definisi berhala, saya mengutip kalimat Thomy Matakupan, dia adalah seorang Sarjana Ekonomi, Sarjana Teologi dan Master Divinity Teologi.

Saya sombong? Bagi orang-orang sombong saya memang sombong. Namun bagi orang-orang rendah hati seperti DreamZ, saya adalah seorang teman yang lucu dan menggemaskan serta blak-blakkan.

Di kampus anda banyak guru besar yang sepongah hai hai? Belajarlah kepada mereka. Menurut saya percuma anda mencari-cari kesalahan dalam tulisan saya, bukankah anda sudah sering mencobanya namun akibatnya justru nampak gamblang bahwa anda tidak tahu apa-apa?

aple to apel? Benar, Aple to apel! Anda tidak suka dengan gaya bahasa saya? Terserah anda. Saya selalu PEDE dengan apa yang saya tulis, sebab saya sudah mengujinya sebelum memasangnya di SABDA Space.

tentu tidak bisa disebut PENCIPTA kalau diciptakan oleh CIPTAAN, jika CIPTAAN yang menciptakan "PENCIPTA" maka justru CIPTAAN itulah yang menjadi PENCIPTA (lihat saya tidak gunakan tanda kutip lagi)

anda sebut kalimat-kalimat tersebut di atas adalah definisi BERHALA? Ha ha ha ha ha ..... Mengenaskan.

Saya bisa kasih sedikit petunjuk, dalam arti modern dan sesuai dengan kondisi jaman, hanya sedikit orang yang masih menyembah berhala kuno yang berupa patung2 dsb, justru berhala jaman kini adalah apa yang disebut dengan prioritas hidup

Anda sebut kalimat tersebut di atas adalah definisi BERHALA? Ha ha ha ha ha .... MENGENASKAN! Ha ha ha ha ha ...... Berhala kuno dan berhala modern? PEngkotbah alamr oh memang mengajarkan hal demikian, namun mereka sama sekali tidak tahu apa yang diajarkannya. Sama seperti anda yang mengaku diri ahli statistik namun tidak hidup mencerminkan keahlian yang anda akui anda miliki itu.

Hai: Berhala adalah PENCIPTA yang diciptakan oleh CIPTAAN untuk menjadi PENCIPTA dan disembah sebagai PENCIPTA yang MENCIPTAKAN ciptaan yang MENCIPTAKAN pencipta.

Definisi Thomy Matakupan tersebut di atas sangat AKURAT. Saya belum menemukan ada definisi yang lebih akurat dari definisinya, itu sebabnya saya selalu mengutipnya.

Tentang berhala tidak ada yang perlu kita diskusikan. Bila anda hendak memahaminya anda harus belajar, bukan menyangkalinya membabibuta.

Anda salah, saya menulis di SABDA Space untuk mengajar dan untuk menguji apa yang saya pahami. Bukan untuk SEPAKAT. Tentu saja tidak ada yang BISA anda pelajari dari saya kerena tujuan anda memberi komentar hanya untuk mengagul-agulkan diri. Karena tujuan anda menulis blog-blog hanya untuk mengagul-agulkan diri.

Saya mengajari orang yang mau belajar. Saya berdiskusi dengan orang yang mau diskusi. Namun orang-orang yang hanya ingin mengagul-agulkan diri sendiri? Saya tetap mengajari mereka agar mau belajar rendah hati.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

tonypaulo's picture

lagi definisi dan tafsiran gaib bermunculan?

Hai :
Tonypaulo, saya hanya menggunakan timbangan yang anda gunakan untuk menimbang saya. Bukankah anda yang mengajarkan bahwa hai hai TIDAK berhak untuk menghakimi Gilbert Lumoindong kecuali sudah membawa ratusan bahkan ribuan orang kepada Tuhan. Saya memang tidak membawa SATU orang pun kepada Tuhan namun sudah memberitakan Injil kepada ratusan bahkan ribuan orang.

Tony:

Benar kan dugaan saya sebelumnya

apa hubungannya?  pantas saja saya lihat isi blog ini ada tiba-tiba secara gaib muncul dakocan, hukum pertama buat Adam, jangan bodoh dan licik

ternyata anda sedang berdiskusi dengan diri anda sendiri, sehingga satupun makna argumen orang yang sedang berdiskusi dengan anda tidak anda perhatikan?

Sekarang secara gaib muncul lagi tiba-tiba Gilbert Lumoindong

Melebar dan menjauh dari topic, ngarol ngidul ga jelas….

Tapi anda tidak sadar kan? Atau memang tidak pernah mau sadar?
selamat berdiskusi dengan diri anda sendiri pak Hai

Hai :
Karena anda belum bercerita berapa ribu atau ratus bukankah anda seharusnya mengingatkan diri sendiri ketika hendak menghakimi hai

Anda bruntung karena saya masih mengajari anda. Saya mengajari anda karena anda belum memiliki pengetahuan yang CUKUP untuk berdiskusi dengan saya. Anda harusnya bersyukur ketika saya suruh untuk belajar bahkan memberi petunjuk hal-hal yang harus anda pelajari.

Tony:

Saya harus merasa beruntung? Apa anda Tuhan?
Saya belum punya pengetahuan yang cukup? Darimana anda tahu? Apa anda Tuhan? atau ada malaikat yang memberikan ilham kepada anda?
Atau memang dari awal saya ternyata berdiskusi dengan Tuhan?
Baiklah “Tuhan” Hai, terima kasih karena sudah mau “mengajari”  saya

Masih belum jelaskah apa yang sudah saya sampaikan sebelumnya

saya suka belajar kepada siapapun, namun dari anda pak Hai, jujur tak ada yang bisa saya pelajari selain saya harus lebih mengerti dan lebih bisa menahan diri, untuk berusaha memahami saja

berkat anda kapasitas saya untuk memahami orang lain bertambah luas, tapi maaf sama sekali saya tidak dapat belajar dari apa yang anda sampaikan ini. titik

hai :
Tentang definisi berhala, saya mengutip kalimat Thomy Matakupan, dia adalah seorang Sarjana Ekonomi, Sarjana Teologi dan Master Divinity Teologi.

Tony :
Siapa Thomy Matakupan dibandingkan Bart Ehrman atau Carl Sagan? Tapi apa saya harus percaya dan tunduk terhadap ulasan Bart Ehrman atau Carl Sagan mengenai Tuhan?

Saya tantang anda pak Hai untuk memberikan beberapa tulisan anda kepada Thomy Matakupan, dan kita lihat bagaimana respon beliau?

Khususnya tulisan anda Adam adalah Iblis, Allah maha gelap, Tuhan Yesus yang adalah samudera

Saya duga dia akan shock…

Anda berani pak Hai?

hai :

Saya sombong? Bagi orang-orang sombong saya memang sombong. Namun bagi orang-orang rendah hati seperti DreamZ, saya adalah seorang teman yang lucu dan menggemaskan serta blak-blakkan.
Di kampus anda banyak guru besar yang sepongah hai hai? Belajarlah kepada mereka. Menurut saya percuma anda mencari-cari kesalahan dalam tulisan saya, bukankah anda sudah sering mencobanya namun akibatnya justru nampak gamblang bahwa anda tidak tahu apa-apa?

Tony :
Jadi sikap sombong anda bergantung situasi? Dan orang yang tidak sepaham dengan anda bisa langsung anda anggap orang sombong?

Ini argumen anak remaja yang masih mencari jati diri, bukan argumen orang dewasa

Dan lihatlah cara anda mengartikan kalimat saya

dikampus saya yang banyak guru besar, tidak pernah seponggah ini dalam menjelaskan sesuatu,?

Anda artikan secara sembarangan menjadi

Di kampus anda banyak guru besar yang sepongah hai hai? Belajarlah kepada mereka.

Kalau anda selalu mengatakan kepada orang lain belajarlah, nampaknya anda juga harus mengatakan kepada diri sendiri BELAJARLAH UNTUK MEMBACA DENGAN BAIK, dan mengartikan sesuai dengan apa yang anda baca

hai :
aple to apel? Benar, Aple to apel! Anda tidak suka dengan gaya bahasa saya? Terserah anda. Saya selalu PEDE dengan apa yang saya tulis, sebab saya sudah mengujinya sebelum memasangnya di SABDA Space.

Tony:
Nampak keangkuhan anda membuat kata “ya saya koreksi, saya salah menulis” tidak berlaku buat anda?

Baru kali ini ada saya dengar aple to apel? coba tanya sama rekan anda Thomy Matakupan  apa ada aple to apel?
a

tau tanyakan dreamz deh, aple to apel atau aple to aple yang benar?

PEDE? Walau salah ketik tetap pede?

Tidak ada seseorangpun yang benar selalu, tidak pernah ada! terimalah kenyataan itu

hai :
tentu tidak bisa disebut PENCIPTA kalau diciptakan oleh CIPTAAN, jika CIPTAAN yang menciptakan "PENCIPTA" maka justru CIPTAAN itulah yang menjadi PENCIPTA (lihat saya tidak gunakan tanda kutip lagi)
anda sebut kalimat-kalimat tersebut di atas adalah definisi BERHALA? Ha ha ha ha ha ..... Mengenaskan.

Tony :
Yang mengenaskan itu anda, jawaban saya yang saya berikan diatas itu bukan definsi berhala

Tetapi respon terhadap permintaan anda dibawah ini

Berhala adalah PENCIPTA yang diciptakan oleh CIPTAAN untuk menjadi PENCIPTA dan disembah sebagai PENCIPTA yang MENCIPTAKAN ciptaan yang MENCIPTAKAN pencipta.

Sebagaimana yang pernah saya nyatakan

jadi jelas dalam kalimat tersebut (permainan kata-kata) mengandung banyak fallacy dari sisi logika konsktruksi kalimat, jika dari konstruksi kalimatnya saja sudah mengandung fallacy, maknanya tentu adalah fallacy juga

mengenaskan memang pak Hai, tapi memang baik kok untuk mentertawai diri anda sendiri

tony
Saya bisa kasih sedikit petunjuk, dalam arti modern dan sesuai dengan kondisi jaman, hanya sedikit orang yang masih menyembah berhala kuno yang berupa patung2 dsb, justru berhala jaman kini adalah apa yang disebut dengan prioritas hidup

Hai :
Anda sebut kalimat tersebut di atas adalah definisi BERHALA? Ha ha ha ha ha .... MENGENASKAN! Ha ha ha ha ha ...... Berhala kuno dan berhala modern? PEngkotbah alamr oh memang mengajarkan hal demikian, namun mereka sama sekali tidak tahu apa yang diajarkannya. Sama seperti anda yang mengaku diri ahli statistik namun tidak hidup mencerminkan keahlian yang anda akui anda miliki itu.

Tony :
Memang ada pengkotbah alamroh? Saya baru dengar? Bisa anda berikan link atau apa untuk membuktikan perkataan anda tentang pengkotbah alamroh? Saya kuatir ini hanya hasil imajinasi anda yang agak berlebihan pak Hai

Kapan juga saya pernah mengaku-ngaku ahli statistik?
Kalau saya pernah menyampaikan bahwa studi saya statistic psikologi, bukan berarti anda bisa sembarangan dan seenaknya saja mengartikan itu saya sebagai ahli statistic?

Benar kan yang pernah saya sampaikan

Ketika dalam diskusi sedang dibahas “a, b, c, d, dst” dan semua berjalan sesuai dengan sistematika dan relevansinya, tiba-tiba dari pembahasan “a, b, c, d, dst” muncul secara “gaib” pembahasan “@, *,^, %” yang tidak tahu asal usulnya darimana?

Saya belajar statistic diartikan ahli statistic? Ya pak Hai tertawailah diri anda sendiri

Hai: Berhala adalah PENCIPTA yang diciptakan oleh CIPTAAN untuk menjadi PENCIPTA dan disembah sebagai PENCIPTA yang MENCIPTAKAN ciptaan yang MENCIPTAKAN pencipta.
Definisi Thomy Matakupan tersebut di atas sangat AKURAT. Saya belum menemukan ada definisi yang lebih akurat dari definisinya, itu sebabnya saya selalu mengutipnya.

Tony :
Definisi yang lebih presisi adalah

Berhala adalah “PENCIPTA” yang diciptakan oleh CIPTAAN untuk menjadi “PENCIPTA” dan disembah sebagai “PENCIPTA” yang MENCIPTAKAN ciptaan yang MENCIPTAKAN “pencipta”

Kenapa saya berikan tanda kutip? Tidak perlu saya jelaskan lagi bukan?

PENCIPTA yang diciptakan bukan PENCIPTA melainkan “PENCIPTA”

Hai :
Tentang berhala tidak ada yang perlu kita diskusikan. Bila anda hendak memahaminya anda harus belajar, bukan menyangkalinya membabibuta.
Anda salah, saya menulis di SABDA Space untuk mengajar dan untuk menguji apa yang saya pahami. Bukan untuk SEPAKAT. Tentu saja tidak ada yang BISA anda pelajari dari saya kerena tujuan anda memberi komentar hanya untuk mengagul-agulkan diri. Karena tujuan anda menulis blog-blog hanya untuk mengagul-agulkan diri.
Saya mengajari orang yang mau belajar. Saya berdiskusi dengan orang yang mau diskusi. Namun orang-orang yang hanya ingin mengagul-agulkan diri sendiri? Saya tetap mengajari mereka agar mau belajar rendah hati.

Tony :

Darimana anda tahu tujuan saya menulis blog-blog hanya untuk mengagul-agulkan diri?

Ini tehnik cold reading? Atau anda Tuhan?

Berhentilah bersikap seperti Tuhan, anda hanya manusia biasa yang pemahamanya dan buah pikirnya pun menurut saya pribadi tidak ada hebat-hebatnya sama sekali, argumen anda banyak mengandung kontradiksi dan logic fallacy, memaksakan definsi diluar definisi yang common sense, dan ketika anda tidak sanggup lagi mempertahankan argument anda, anda bermanuver untuk mencari celah menyerang pribadi dengan melakukan intimidasi-intimidasi dengan kekerasan verbal, sehingga seolah-olah anda nampak “besar” padahal itu hanya seperti “gelembung balon” yang kena sedikit duri saja sudah kembali ke “wujud aslinya”

Anda tidak punya hak untuk membatasi saya mau belajar sesuatu dari anda atau tidak, karena memang tidak ada hal baru sama sekali yang bisa saya pelajari dari anda, justru saya merasa lebih baik belajar buah pikir filsuf-filsuf atheis , setidaknya ada yang baru yang bisa saya dapatkan, daripada provokasi untuk mengajak bertengkar slalu

Mengenai saya rendah hati atau tidak, hanya Tuhan yang tahu kedalaman isi hati saya, justru saya belajar rendah hati bukan dari orang-orang seperti anda, karena sama sekali saya tidak bisa menemukan itu ada pada diri anda lewat argument-argumen ajaib yang memaksakan dari anda

 

salam

hai hai's picture

@tony, Saya Sudah Ajarkan

tonypaulo, saya sudah ajarkan yang ingin saya ajarkan kepada anda di blog ini. Sayang sekali, seperti yang saya katakan, anda bukan datang untuk belajar namun untuk mengagulkan diri itu sebabnya anda sama sekali tidak memahami apa yang saya ajarkan. Karena alih-alih belajar anda justru menyangkal membabibuta.

Tonypaulo, karena tidak ada hal baru lagi, maka saya akhiri sampai di sini dulu. Saya tidak mau buang-buang waktu untuk memuaskan keinginan anda yang tidak sehat itu.

Bila anda memang mau belajar. Baca blog saya ini baik-baik. Baca komentar-komentarnya baik-baik. Semoga anda mendapat pencerahan. Namun bila hanya mau mengagul-agulkan diri ya sebaiknya anda tulisa saja blog-blog untuk menyangkal blog-blog hai hai seperti yang pernah anda lakukan sebelumnya. Saya melihat walaupun blog-blog itu nggak laku namun CUKUP bagi anda untuk memegahkan diri kok sama seperti Adrina yagn membual KEMANA-MANA bahwa dia telah MENULIS blog untuk menguliti hai hai helai demi helai seperti menguliti bawang bombai.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

DAN-DAN's picture

@HAI, satu inchi...

Om Hai, kalo yang dilakukan seperti Hinn dkk itu mungkin saja bisa semacam hipno...

cuman kalo pukulan satu inchi itu kan emang dilatih tho om? itu memang bukan ilmu sihir, tapi setau saya itu memang dari hasil latihan ketrampilan beladiri dan olah tubuh seperti memecahkan kepala botol tapi botol nya tetep tegak berdiri.

 

DAN-DAN

__________________

Saya Suka Bebek Panggang...

hai hai's picture

@dan dan, bukan hipnotis

dan dan, yang dilakukan oleh benny hinn dan kawan-kawan bukan hipnotis. Namun prilaku orang-orang yang mengkhayal dan akting.

Dan dan, ADA batasnya. Pukulan satu inchi ada BATASNYA. Batasnya adalah:

E = MC2

Energi = Masa Kali Kecepatan Kuadrat

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

DAN-DAN's picture

@HAI, satu inchi dan hipno mas hinn

om Hai, kalo pukulan satu inchi itu setau saya bisa buat orang gak bisa napas bukan hanya karena kecepatan, kalo kecepatan memang ada batasnya, tapi juga karena yang diserang ulu hati nya. itu diafragma nya yang kena, jadi sesek napas. dan kalo itu pas banget di titik yang pas, maka hasil nya akan tokcer. Dulu guru saya juga mempraktekan nya, tapi sayang saya belum diajarin untuk berlatih yang ini. Dan semenjak saya memutuskan maen drum, saya udah gak ikut2 an beladiri lagi, karena takut keseleo atau cedera nanti saya gak bisa nge job kan payah hehehe ^_^

pertama dulu saya ikut satu seni beladiri dari korea, ketika saya coba ilmu sama temen saya yang diajari ilmu kuntao dari keluarganya, saya pus di ulu hati nya, gak terlalu keras juga, alhasil pertarungan berhenti karena dia sesek napas...

tapi pada akhirnya di ronde2 berikutnya saya yang kalah, jadi saya tinggalkan yang dari korea itu trus belajar sama sama dengan dia. hahaha...

trus kalo mengenai mas Hinn, saya sering ikut KKR2 demikian, ada yang sebelum orang didoakan atau ditumpang tangan atau sebagainya, biasanya para pendeta nya ngomong sesuatu agar si umat nya ini percaya. Waktu saya di samperin, dia bilang....."kau hambaku...!!!" entah yang dimaksut "ku" itu "ku"besar atau "ku"kecil hehehe. Terus saat ditumpang tangan saya gak jatuh, lalu kepala saya agak didorong2 dikit ke blakang, walaupun dalam posisi tangan ke atas dan merem saya gak jatuh juga(karena dalam posisi merem dan tangan menengadah ke atas itu posisi gampang sekali jatuh ke blakang atau fly), mungkin karena refleks kuda2 yang dulu sudah lama tidak saya latih masih ada manfaat nya ^_^  

mungkin kalo saya tersugesti dengan kata2 "kau hambaku" dan saya percaya memang saya adalah "hamba" saat itu dan harus nurut yang dia perintahkan, maka mungkin saya akan tersugesti seperti yang om Hai bilang dan akan jatuh atau apa lah gitu...

Mungkin juga pak pendeta nya rada ge'er(mungkin juga tidak) karena waktu KKR di retreat itu memang saya menangis, tapi itu karena saya merenungkan kasih Tuhan bagi diri saya dan berdoa untuk teman-teman di situ.

akhirnya bapak nya ngomong, kalo didoain harus percaya, kalo agak fly sedikit ikutin aja jatuh nya. jangan ditahan. Dan dia pun mengajarkan doktrin demikian kepada umatnya waktu KKR itu dengan iming2 berkat. kalo nahan2 hal seperti itu nahan berkat, kalo ngikutin jatuhnya dapet berkat.

nah maksut saya Hinn bisa saja(mungkin juga tidak) melakukan hipno adalah dengan menyuru pengikutnya PERCAYA dengan begitu tersugesti untuk percaya. Tapi ini mungkin lho, mungkin saya sendiri kurang paham.

 

DAN-DAN

__________________

Saya Suka Bebek Panggang...

Cakka's picture

sulap tipuan ?

klo sulap nya berupa tipuan gimana y... 

__________________

Blog Artikel Kristen

DAN-DAN's picture

@Cakka, maksut e opo?

maksut nya apa tho pak Cakka? kok aku ra ngerti

 

DAN-DAN

__________________

Saya Suka Bebek Panggang...