Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace
Sebelum Abraham Ada, Aku Ada ( Misteri Kalimat Yesus)
“Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, sebelum Abraham ada, Aku telah ada.”
-Yohanes 8:58-
Segala sesuatu awalnya berupa konsep/ide. Berpijak dari hal itu maka segala sesuatu akan sangat mudah untuk dimengerti. Manusia diciptakan dengan tools untuk bisa mencerna konsep/ide/logos. Segala konsep, apakah itu konsep jahat, baik, dosa, dll dapat dimengerti oleh manusia dengan menggunakan pikirannya. Tools inilah yang diinjekkan oleh ILAHI or saya sebut ELOHIM kepada manusia sehingga manusia bisa mendapatkan pengertian. Dengan tools itulah manusia memberi nama2 kepada hewan2, tumbuh2an, dan mengklasifikasikannya. Hingga saat ini, tools tersebut telah banyak membawa kebaikan dan juga keburukan bagi manusia. Wajar karena memang tools itu digunakan untuk mencerna segala macam konsep yang sudah disediakan oleh ILAHI or saya sebut ELOHIM
Jika teori itu kita gunakan untuk mencerna kalimat YESUS, menurut anda apa maksud dari kalimat itu ? Adakah sesuatu yang istimewa ? Ataukah hanya kalimat biasa yang memang benar dan tidak perlu diperdebatkan apalagi sambil bawa batu sebesar mangga ? Ataukah YESUS mau mengatakan secara implisit bahwa Dia adalah "THE ONE" yang disebut juga sebagai "ALLAH"
Bagaimana kalau saya ubah kalimatnya menjadi sbb :
“Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, sebelum Yesus ada, Aku telah ada.”
Jika kalimat itu diucapkan oleh orang yang paling rendah kastanya yang hidup saat ini di jagat ini ? Or diucapkan oleh sang Koruptor bernama Nazaruddin ? Lalu apakah Nazaruddin bisa mengklaim dirinya ALLAH ? or Pengikutnya mengklaim Nazaruddin adalah ALLAH ? Ya, itu sih sah-sah aja, ga ada yang larang soal klaim mengklaim.
Anyway, bicara dalam tatanan konsep/ide, ketika dunia ini dikonsep sedemikian rupa, dari awal sampai akhir sebelum implementasi, maka ide/konsep tentang YESUS sudah ada sebelum ABRAHAM muncul didunia. Konsep tentang ABRAHAM dan YESUS sudah ada sebelum implementasi dari konsep tersebut kedalam realitas. Hal itu tidak dimengerti oleh idiot2 yahudi yang hidup dizaman Yesus, walaupun bergelar Imam Besar ataupun Ahli Taurat. Oleh sebab itu ketika mendengar ucapan Yesus, alih-alih berpikir, mereka malah mengamuk ingin membunuh Yesus.
"Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, jika seseorang melihat perkataan-Ku, ia tidak akan melihat maut sampai selama-lamanya.”
Itu adalah kalimat Yesus pada Yohanes 8:51, sebelum dia berkata tentang Abraham.
Kita semuanya adalah konsep dari ALLAH. Maut, dosa, sorga, neraka, hidup kekal dll merupakan konsep yang memang sudah ada sebelum dunia dijadikan. Ketika melihat bahwa semua adalah konsep yang berasal dari ALLAH, tentunya setiap orang akan melihat maut bukan lagi sebagai ancaman tapi sebagai sebuah jalan yang telah ALLAH implementasikan dari konsep yang dibuatnya.
-Just a concept from the begining-
Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS
- Veritas's blog
- Login to post comments
- 10723 reads
@ Veritas, kamu mau ngomong apa lagi sih?
[ Anyway, bicara dalam tatanan konsep/ide, ketika dunia ini dikonsep sedemikian rupa, dari awal sampai akhir sebelum implementasi, maka ide/konsep tentang YESUS sudah ada sebelum ABRAHAM muncul didunia. Konsep tentang ABRAHAM dan YESUS sudah ada sebelum implementasi dari konsep tersebut kedalam realitas. Hal itu tidak dimengerti oleh idiot2 yahudi yang hidup dizaman Yesus, walaupun bergelar Imam Besar ataupun Ahli Taurat. Oleh sebab itu ketika mendengar ucapan Yesus, alih-alih berpikir, mereka malah mengamuk ingin membunuh Yesus. ]
Yohanes 8:51 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa menuruti firman-Ku, ia tidak akan mengalami maut sampai selama-lamanya."
Saya tidak melihat perkataan Yesus dalam Yohanes 8:51 mengindikasikan tentang kosep yang kamu usulkan dalam blog ini bahwa pada mulanya adalah IDE / KONSEP, artinya bahwa Yesus tidak benar-benar ada sebelum Abraham ada.
Tetapi saya menangkap bahwa kamu jelas menyangkal Yohanes 8:58.
Tetapi yang saya pahami Yoh 8:58 seperti apa yang tertulis, tidak perlu ditafsir seperti yg kamu lakukan (canggih amat tafsiran lu?).
Yohanes 8:58 Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada."
Karena Yohanes 8: 58 adalah jawab Yesus atas pertanyaan:
Yohanes 8:57 Maka kata orang-orang Yahudi itu kepada-Nya: "Umur-Mu belum sampai lima puluh tahun dan Engkau telah melihat Abraham?"
Jadi Yesus memang benar2 hendak berkata bahwa Yesus sudah ada sebelum Abraham ada ! Karena Yesus adalah Anak Allah = Allah !
Di Sabda memang bebas nulis apa saja (sepanjang admin tidak menanggap melanggaar policy lho ya), tapi berhentilah menulis blog abu-abu begini !
Ayolah Veritas, tunjukkan tanduk mu, apakah kamu sedang menyangkal bahwa Yesus itu Allah ? Nyatakan secara explisit dalam blog-blog mu bahwa kamu menyangkal bahwa Yesus itu Allah. Bahwa menurut kamu Yesus itu hanyalah TUAN (Lord) atau Yesus itu BUKAN ALLAH ! Kalo kamu memang hendak mengatakan bahwa Yesus belum ada sebelum Abraham, maka kamu harus tunjukkan dengan Alkitab sebagai standar kebenaran.
Debu tanah kembali menjadi debu tanah...
@DETA, Kalau kamu bisa kenapa saya tidak ?
Jika anda menafsirkan ucapan Yesus sebagai pengakuan akan dirinya sebagai ALLAH walaupun dia tidak mengatakan bahwa dia ALLAH, lalu mengapa anda melarang orang lain memberikan suatu pandangan atau pengertian lain tentang ucapan YESUS ?
YESUS sendiri mengakui bahwa BAPAK lebih besar dari Dia, dengan logika sederhana, adalakah yang lebih besar dari ALLAH ?
Jika kamu tidak mengerti akan konsep/IDE maka kamu akan berputar-putar terhadap penafsiran akan YESUS adalah ALLAH :)
Lalu akan mencari-cari alasan untuk membenarkan pengertianmu.
Misalnya :
Engkau mengakui bahwa YESUS adalah ALLAH, lalu ketika ada ucapan YESUS mengenai dirinya yang tidak tahu akan kedatangannya lalu kamu cari 1001 alasan untuk mensinkronkan pemahamanmu dengan ucapan YESUS dengan berkata : yang ngucapin itu adalah manusia YESUS.
Lalu ada lagi ucapan YESUS tentang ALLAH-Nya dan ALLAH-kita, BAPA-nya dan BAPA kita, lalu kamu sinkronisasi ucapan itu untuk memuaskan pengertianmu dasarmu.
YESUS = ALLAH dan MANUSIA
KAPAN jadi ALLAH dan KAPAN jadi manusia kamu sendiri yang menentukan seenak jidatmu. Kalau omongannya A, ooo itu dia manusia. Kalau omongnya B, ooo itu dia ALLAH.
Tapi gpp sih, sah-sah saja karena konsep itu kan hanya kamu yang mengerti. Dan sejak awal juga ALLAH yang merancang konsep itu ada, sebab segala sesuatu berasal dari ALLAH
Shalom
Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS
http://www.facebook.com/veritasq
@ Veritas, saya tidak melarang
Lho, yang melarang kamu ngomong gitu siapa? Tapi eksplisit dong ngomong nya seperti saya, contohnya:
Saya berkata: Yesus itu Allah ! Yesus = Anak Allah = Allah.
Harusnya kamu juga (dalam blog) eksplisit bilang: Yesus itu bukan Allah atau Yesus bukan Anak Allah atau Yesus itu hanya manusia biasa.
Gitu lho maksud saya ! Jangan dibungkus2 dengan konsep2 OMONG KOSONG (menurut saya) seperti yang kamu tunjukkan dalam blog di atas!!
Namun demikian saran saya, dalam berbicara (apa saja itu), bertanggung jawablah dengan Alkitab sebagai standar kebenaran (tidak apa kl tafsiran mu aneh bin ajaib seperti di atas). Tapi harus eksplit mengatakan apa yang hendak kamu katakan ! Itu saja.
Debu tanah kembali menjadi debu tanah...
@DETA, Pengertian saya adalah Pengertian saya !
Hi Deta,
Anda menganggap omong kosong itu wajar. Bahkan Orang Yahudi pun menganggap omongan YESUS itu sesat :)
Bahkan itupun sudah ada konsepnya dibuat oleh ALLAH :)
Masalah YESUS adalah ALLAH atau tidak sudah sangat jelas sekali bahwa Dia tidak pernah mengaku bahwa Dia ALLAH
Masalah Dia itu Tuan (LORD) itu masalah lain, karena memang dia Mesias atau penyelamat atau disebut KRISTUS yang diurapi.
Yang diurapi adalah RAJA, NABI or IMAM
dan yang mengurapi adalah ALLAH
Kita disuruh patuh kepada pemimpin, pemimpin kita satu yaitu Mesias. Begitulah kata YESUS KRISTUS
Shalom
Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS
http://www.facebook.com/veritasq
@ Veritas, ini yang saya maksud
[ Masalah YESUS adalah ALLAH atau tidak sudah sangat jelas sekali bahwa Dia tidak pernah mengaku bahwa Dia ALLAH ]
Ini contoh komentar mu yang tidak eksplisit. Kamu mau bilang Yesus bukan Allah ?? Kenapa tidak terus terang ?
Memang tidak ada ayat yang mencatat Yesus ngaku sebagai Allah, tetapi ada ayat yang berkata bahwa Yesus adalah Allah.
Debu tanah kembali menjadi debu tanah...
@DETA, Oke Deta... :)
:)
Saya tidak akan minta anda tunjukkan ayatnya, karena memang ayatnya tidak ada sama sekali yang mengatakan YESUS adalah ALLAH
Tetapi YESUS adalah Tuhan, Raja, Mesias, Pemimpin, Imam, banyak sekali dan seperti itulah harusnya kita mengimani :)
Shalom
Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS
http://www.facebook.com/veritasq
@ Veritas, ada ayatnya
Karena kamu yakin sekali bahwa tidak ada ayat yang berkata bahwa Yesus adalah Allah, maka tidak ada gunanya saya menunjukkan pada kamu. Karena kamu tentu sudah khatam sekali baca Alkitab ya ? Dan saya yakin kamu sudah menyusun konsep-konsep sesuai dengan pengertian dan tafsiran mu sendiri !
Namun saya sendiri yakin sekali bahwa ada ayat yang eksplisit berkata bahwa Yesus adalah Allah. Dan banyak ayat yg implisit berkata bahwa Yesus adalah Allah, bukan hanya sekedar Tuan, mesias, pemimpin dan imam.
Oke, saya kira kamu sedang tidak minat berdebat bukan? Sampai jumpa di blog kamu berikut yang eksplisit berkata bahwa Yesus itu BUKAN Allah dan sejenisnya (Yesus hanya lah Tuan / Lord, Yesus hanya Mesias, Yesus hanya manusia biasa, pemimpin, imam, dst) !
Debu tanah kembali menjadi debu tanah...
@deta : veritas filsuf dodolll
kalau dia ADIL harusnya kontruksi TRINITAS yang dianggap "sebuah pemikiran" ditujukan juga kepada ALLAH nya dia.
dia sebenarnya bukan hanya mencoba menolak Trinitas tapi juga Alkitab. cuma serigala itu masih memakai bulu dombanya.
Jesus Freaks,
"Live X4J, Die As A Martyr"
-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-
@ JF, kita tunggu saja
Kita tunggu saja konsep2 nya di Filsuf itu. Hehehe..
Tampaknya dia memang masih malu2 mengungkapkan "pemikirannya" secara gamblang.
Debu tanah kembali menjadi debu tanah...
Deta dan veritas:perdebatan tanpa dasar yang sama adalah kosong.
veritas bukankah kamu tidak percaya bahwa seluruh alkitab adalah firman Allah?..........menurut saya kamu tidak percaya bukan?
Deta ,kalau veritas tak percaya bahwa perkataan seluruh alkitab adalah firman Tuhan maka ngak ada gunanya berdebat dengannya tentang apakah alkitab mengajarkan......dan ...... karena dasarnya sudah berbeda . yang di nyatakan oleh veritas hanyalah pendapat dan opininya saja .............dan apapun itu sah2 saja.
Deta ,bagi veritas benar dan salah alkitab 100% tergantung pada masing2 subject ,bagi veritas sebagian perkataan yohanes benar dan sebagian salah jadi ngak ada gunanya berdebat tentang ajaran alkitab dengannya dan semua pendapatnya hanyalah opininya terhadap sebagian ayat alkitab.
Perdebatan hanya mungkin di lakukan jika 2 belah pihak sama2 menyatakan bahwa seluruh perkataan di alkitab adalah dasarnya dan seluruh perkataan di alkitab adalah firman Allah
@ Jlwijaya, tidak mengapa
Diskusi kan tidak harus dengan yg se-iman toh?
Walaupun Veritas itu tidak seiman dengan saya, tidak ada salah nya diskusi bukan? Siapa tahu karena berdiskusi dia insyaf dan kembali ke jalan yang benar ?
Debu tanah kembali menjadi debu tanah...
@Veritas, terasa seperti bingung
Yesus berkata:
"Abraham bapamu bersukacita bahwa ia akan melihat hari-Ku dan ia telah melihatnya dan ia bersukacita."
Orang-orang Yahudi berkata:
"Umur-Mu belum sampai lima puluh tahun dan Engkau telah melihat Abraham?"
Yesus berkata:
"Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada."
>> Orang-orang Yahudi ini bingung atau nyindir ya, memangnya kalau sudah lima puluh tahun berarti bisa lihat Abraham? Tapi Yesus jawab kalau Dia sudah ada sebelum Abraham ada. Apakah ini menjawab kenapa Dia bisa tau Abraham bersukacita/sudah melihat Abraham? Yang pasti ini bikin orang-orang Yahudi kesel...
Lalu mereka mengambil batu untuk melempari Dia; tetapi Yesus menghilang dan meninggalkan Bait Allah.
>> Kalo yang ini udah pasti bingung. Baru meleng sebentar buat ambil batu, eh orangnya udah ilang hehehe
Ada banyak ayat tentang eksistensi Yesus Kristus: pada mulanya, awal dan akhir, sebelum dunia ada, sebelum dunia dijadikan. Apakah menurut veritas semua ayat itu berarti bahwa Yesus hanya ada sejak awal secara konsep? Bagaimana kemuliaan, kasih, dan penciptaan bisa bersumber dari sekedar konsep?
imprisoned by words...
@lapan, Sumbernya ALLAH !
Sumbernya adalah ALLAH, karena ALLAH yang memiliki konsep. Konsep itu diimplementasikan dalam wujud ALAM SEMESTA dan segala aturan-aturan yang berlaku didalamnya.
ALLAH tak berbatas hanya bisa kita pahami sejauh konsep yang DIA nyatakan melalui nabi-nabi.
Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS
http://www.facebook.com/veritasq
@veritas : maksudmu apa sih ???
veritas : Saya tidak akan minta anda tunjukkan ayatnya, karena memang ayatnya tidak ada sama sekali yang mengatakan YESUS adalah ALLAH
Tetapi YESUS adalah Tuhan, Raja, Mesias, Pemimpin, Imam, banyak sekali dan seperti itulah harusnya kita mengimani :)
kamu kok kayak orang KEBLINGER yahhh. perhatikan katamu yang saya blok merah, ALLAH yang kamu maksud disitu apa ? Allah BAPA ? lah memang Yesus bukan Allah BAPA.
Jesus Freaks,
"Live X4J, Die As A Martyr"
-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-
@JF, Dasar Pemikiranmu itu TRINITAS !
Jika dasar pemikiranmu adalah TRINITAS maka jadilah demikian :)
Yesus mengajarkan BAPAK untuk memanggil kepada ALLAH.
Seperti perkataannya : BAPAK-KU dan BAPAK-MU, ALLAH-KU dan ALLAH-MU !
Mengapa begitu karena memang semua orang berasal dari satu yaitu ALLAH dan Yesus mengajarkan untuk memanggil BAPAK !
Karena pengaruh alkohol TRINITAS maka jadilah ALLAH BAPAK, ALLAH ANAK dan ALLAH ROH KUDUS.
Tetapi bukan seperti itu sebenarnya. Yang benar adalah :
ALLAH, Anak ALLAH
Tetapi itu bukan TRITUNGGAL. ALLAH adalah bapak dan kita adalah anak sehingga kloplah kalau kita juga disebut anak ALLAH.
Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS
http://www.facebook.com/veritasq
@veritas dodol kampret : sejak kapan trinitas itu pemikiran
dodol kampret, sejak kapan Trinitas itu pemikiran.
itu mah cocok buat lo. gendeng lo ah.
Trinitas itu pengakuan, gimana caranya, alkitab berkata untuk mengaku Yesus itu TUHAN butuh Roh Kudus, untuk dapat Roh Kudus butuh Anugerah Allah Bapa.
Anugerah itu SEKAREP Allah Bapa bukan sekarepmu.
dodol lo ahhh, makanya gak pernah nyambung, karena lo maksa trinitas ke dalam sebuah konsep ataupun pemikirin.
lo itu kayak filsuf dodol, yang gak yakin bahwa diri lo itu ada, eksis.
lo merasa diri lo bukan diri lo, hanya sebuah pemikiran, lo pikir lo ada.
bwi hi hi hi
Jesus Freaks,
"Live X4J, Die As A Martyr"
-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-
@JF, Anda salah Kaprah :)
Ia bertanya kepada mereka: /"Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?"* Maka jawab Petrus: "Engkau adalah Mesias!" (Mar 8:31)
Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!" (Mat 16:16)
Anda tahu apa selanjutnya catatan dari kedua kitab itu ?
Kata Yesus kepadanya: /"Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.* (Mat 16:17)
Maka berpalinglah Yesus dan sambil memandang murid-murid-Nya Ia memarahi Petrus, kata-Nya: /"Enyahlah Iblis, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia."* (Mar 8:33, Mat 16:23)
===================================
Anyway, Jika memang pengakuan YESUS sebagai ALLAH yang anda maksudkan seperti tertulis didalam perkataan PETRUS berarti anda telah salah KAPRAH !
YESUS adalah Mesias ! Yang diurapi !
Yang diurapi adalah RAJA, IMAM dan NABI
Yang mengurapi adalah ALLAH !
Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS
http://www.facebook.com/veritasq
@veritas : ya itu maksud saya ALLAH BAPA bukan ALLAH ANAK
Veritas mengenai Oknum Kedua yang turun menjadi Yesus Kristus, tidak bisa dipandang hanya Oknum Kedua saja.
makanya saya katakan bahwa YESUS KRISTUS adalah PERWUJUDAN SEJATI dari ALLAH TRITUNGGAL.
cara memahami ALLAH yang kamu MAKSUD hampir TIDAK ADA BEDANYA dengan KEBANYAKAN MANUSIA di SELURUH DUNIA.
yaitu MEMAHAMI ALLAH YANG TIDAK DIKENAL. apakah itu salah, jelas tidak salah.
oleh karena Anugerah yang saya terima, saya akhirnya bisa MENGENAL ALLAH YANG TIDAK DIKENAL tersebut lewat YESUS KRISTUS.
kalau saya harus kembali lagi mengikuti pemahamanmu ya menurut saya balik maning balik maning, gak ada bedanya dengan Animisme, Dinamisme, dan kepercayaan kepada ALLAH YANG TIDAK DAPAT DIKENAL lainnya.
Jesus Freaks,
"Live X4J, Die As A Martyr"
-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-
@Veritas: Konsep apa yang kamu maksud?
Di Alkitab tertulis: “<Joh 8:58> Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada."”
Saya pengen tahu, memangnya konsep apa yang sedang dibicarakan di sini? Veritas belum ada bilang lho.
Kamu tulis: “Anyway, bicara dalam tatanan konsep/ide, ketika dunia ini dikonsep sedemikian rupa, dari awal sampai akhir sebelum implementasi, maka ide/konsep tentang YESUS sudah ada sebelum ABRAHAM muncul didunia. Konsep tentang ABRAHAM dan YESUS sudah ada sebelum implementasi dari konsep tersebut kedalam realitas. Hal itu tidak dimengerti oleh idiot2 yahudi yang hidup dizaman Yesus, walaupun bergelar Imam Besar ataupun Ahli Taurat. ”
Hal apa yang belum dimengerti “Idiot2 Yahudi” itu? Para Yahudi itu telak2 membantah, jangan-jangan kita bulat2 menelan. Siapa yang idiot nih?
Kamu tulis: “Kita semuanya adalah konsep dari ALLAH. Maut, dosa, sorga, neraka, hidup kekal dll merupakan konsep yang memang sudah ada sebelum dunia dijadikan.”
Konsep dari Allah yang seperti apa? Konsep sebelum dunia dijadikan ada ditulis dimana? Kalau memang sudah konsep maut dan dosa sudah ada duluan, siapa yang pernah mengalami?
Jika kamu tidak menjelaskan hal ini, maka kamu betul-betul berhenti di area abu-abu. Ada hal yang saya takutkan di sini. Area abu-abu adalah area orang yang ingin main save, takut disalahkan.
@jee eiych, Apa itu Konsep ?
ALAM SEMESTA (RUANG dan WAKTU, AWAL dan AKHIR) dan segala proses didalamnya adalah sebuah Ide/Konsep yang berasal dari ALLAH.
Didalam ALAM SEMESTA ada GALAKSY yang memiliki aturan-aturan tertentu. Didalam GALAKSI ada bintang-bintang yang memiliki aturan-aturan tertentu. Diantaranya juga ada planet2. Dari planet tersebut ada BUMI yang dihuni oleh makhluk hidup dengan aturan-aturan tertentu. Diantara makhluk itu ada manusia yang mampu berpikir. Manusia tersusun atas materi2 dan juga jiwa dan (roh). Ada lagi dunia yang tidak terdeteksi oleh panca indera manusia.
Kesemuanya itu adalah implementasi dari PIKIRAN ALLAH yang saya sebut sebagai KONSEP BERPIKIR ALLAH atau LOGOS !
Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS
http://www.facebook.com/veritasq
@Veritas: Konsep apa yang kamu maksud?
Penjelasan di atas seperti penjelasan filsafat yang tidak akan mendewasakan iman siapa pun, baik penulis maupun pembaca blog karena tidak jelas relasi sumber masalah dan argumen. Jika saya tanggapi paragraf pertama kamu di atas, di mananya dari ayat kutipan tsb yang sedang menjelaskan ruang dan waktu?
Jelas sekali orang-orang yang kamu tulis "yahudi2 idiot" itu sedang mempermasalahkan hal yang lebih jelas daripada tulisan kamu. Kok bisa seseorang paruh-baya di depan mereka itu lebih tua daripada Abraham yang hidupnya lebih tua ribuan tahun daripada mereka?
Pertanyaan saya tidak terjawab sama sekali. Saya ulangi sekali lagi apa yang saya tulis di posting sebelumnya ya.
- Saya pengen tahu, memangnya konsep apa yang sedang dibicarakan di sini?
- Hal apa yang belum dimengerti “Idiot2 Yahudi” itu? Para Yahudi itu telak2 membantah, jangan-jangan kita bulat2 menelan. Siapa yang idiot nih?
- Konsep dari Allah yang seperti apa? Konsep sebelum dunia dijadikan ada ditulis dimana? Kalau memang sudah konsep maut dan dosa sudah ada duluan, siapa yang pernah mengalami?
@ jee eiych, Konsep Siklus Hujan :D
Konsep Siklus Hujan, Matahari menyinari Bumi dan Laut, Laut menguap menjadi uap air dan naik ke atas menjadi awan, dan awan ditiup angin menjadi hujan, dan hujan turun dan airnya jatuh ke bumi, mengalir ke laut kembali :)
Planning --- Implementation
Seorang ingin membuat rumah, maka dia akan lebih dulu merancangnya, bentuknya, interiornya, eksteriornya, dll. Setelah semua komplit maka dia membuatnya.
Allah ingin membuat sebuah alam semesta, maka dia akan lebih dahulu merancang bentuknya, system didalamnya, penghuninya, perilaku penghuninya. Setelah semua komplit maka dia membuatnya. Lalu melihat semuanya itu AMAT BAIK
Shalom
Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS
http://www.facebook.com/veritasq
@Veritas: Pemahaman kamu itu betul sampai saat waktu tertentu
Saya cukup tercengang dengan kalimat kamu tulis terakhir di atas. Ayat yang mencantumkan bahwa Elohim terakhir kali mengatakan ciptaanNya adalah "Amat baik" *hanya* di Kejadian 1:31.
Saya setuju dengan kamu bahwa semua hal pada mulanya adalah konsep. Planning, Implementation, lalu lebih awal lagi kamu tulis: “Kita semuanya adalah konsep dari ALLAH. Maut, dosa, sorga, neraka, hidup kekal dll merupakan konsep yang memang sudah ada sebelum dunia dijadikan.” Saya setuju! Pada saat semua "AMAT BAIK" maka semuanya adalah "KONSEP" saja.
Maut, dosa, surga, neraka dan hidup yang kekal semata-mata hanya konsep pada saat tidak ada pelakunya. Ya, semua itu menjadi real pada saat Adam dan Hawa makan buah itu dan jatuh ke dalam dosa.
Pada saat manusia dengan free-will nya melakukan apa yang dipandangnya baik dan menolak apa yang diperintahkan Elohim maka manusia jauh dari Elohim. Apa yang semula konsep berubah jadi kenyataan.
Apakah konsep itu tetap sebagai konsep? kita ini buktinya, manusia jaman sekarang mengenal maut dan dosa. Sepanjang hidup kita berusaha kembali ke hidup yang kekal, mempelajari apa itu neraka dan surga. Sudah sedemikian samarnya masa Adam dan Hawa itu sehingga Hidup kekal, neraka dan surga kembali menjadi konsep.
Elohim kemudian mengenalkan satu konsep lagi: Kasih. Dengan cara apa Elohim mengenalkan konsep itu? Dengan dirinya, dengan citranya yang lebih tua dari pada Abraham (Col 1:15) yang dengan kuasa ilahi dilahirkan dari perawan Maria datang merendahkan diri dengan mengenalkan diri di depan para manusia yang dikasihinya (Yoh 8).
Seharusnya pada saat itu para farisi itu bertanya, jika sudah lebih tua daripada Abraham untuk apa ada di situ? Maka Tuhan Yesus pasti akan mengatakan bahwa konsep kasih akan dikenalkan secara utuh dan riil yaitu Salib.
@ jee eiych, Nice :)
Anda bisa mengikuti cara berpikir saya :)
Jika memang benar anda setuju dengan alurnya, maka anda harus menerima bahwa konsep baik dan jahat, salah dan benar berasal dari ALLAH.
Dan saya setuju dengan alur berpikir anda mengenai citra ALLAH (YESUS).
Satu hal lagi bahwa JURUSELAMAT sejati adalah ALLAH dan metodenya melalui pengorbanan KRISTUS. Maka dengan demikian YESUS hanyalah mediator, sebab ALLAH berada dibalik semua skenario tersebut. Itulah ke-KRISTENAN menurut saya.
Roma 5:12-20
Shalom
Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS
http://www.facebook.com/veritasq
@Veritas: Masalah kamu adalah single track mindset
Kamu tulis: "Jika memang benar anda setuju dengan alurnya, maka anda harus menerima bahwa konsep baik dan jahat, salah dan benar berasal dari ALLAH."
Not so fast. Lagi-lagi kamu mulai dari konsep. Pikiran kamu terlalu single track, jadinya seperti yang kamu sebut dungu2 itu. Alur kamu selalu mencari titik start, konsep lalu implementasi. Pada alur semacam ini tidak bisa ada satu faktor penting yaitu: "free will".
Tuhan tidak bohong pada saat dikatakan bahwa pada mulanya adalah Firman. Tuhan berfirman pada manusia (Adam dan Hawa) dan mereka tidak mematuhinya. Efeknya setelah mereka mengerjakan dosa pelanggaran perintah Tuhan, manusia jadi bisa membedakan benar dan salah (yang sebenarnya karena keinginan si manusia). Jadi dosa bukan konsep dari Tuhan. Manusia dikasih free will, malah menggunakannya untuk melawan Tuhan.
Free will manusia berpengaruh kepada konsep-konsep Tuhan.
Freewill ?
Apakah kamu menyangka freewill adalah benar2 freewill ?
Apakah kamu tidak sadar bahwa semua sudah dituliskan dan sudah terjadi ?
Didalam "pandangan" ALLAH, alam semesta ini hanya sebuah permainan dan semua pemain utama (manusia) tidak menyadarinya walaupun pemain utama tersebut diberi karakter seperti ALLAH :). Itulah sebabnya manusia ketika lahir ke dunia tidak memiliki kesadaran.
Didalam Alkitab, banyak yang mengklaim tangannya ditentukan ALLAH untuk membunuh.
Seorang yang telah menemukan kesadaran akan dirinyalah yang memiliki freewill !
Dengan apa yang kamu tulis saja saya sudah tahu bahwa kamu tidak memiliki freewill sama sekali :)
Shalom
Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS
http://www.facebook.com/veritasq
@veritas: Freewill yang diberikan adalah freewill yang utuh.
Singkatnya: Kalau kita sudah bisa pisahkan yang dimaksud dorongan daging dengan freewill maka kita akan bisa diskusi lebih luas.
Topik freewill sudah diluar topik umur Yesus lebih tua dari pada Abraham. Saya pikir saya lebih baik menahan diri.
Menahan diri itu bagus, tidak menahan pun gpp :)
Silahkan anda menahan diri, silahkan pula melampiaskannya. Keduanya tidak menjadi masalah dan anda silahkan memilihnya. Bukankah anda memiliki freewill menurut pemahaman anda ?
Jika pemahaman akan suatu hal membuat anda puas, biarlah kepuasan itu menjadi milik anda. Jika ingin membagikan kepuasan itu bagikanlah dengan bijak, sehingga jikalau target tidak tercapai, mungkin ada orang lain yang tidak menjadi target mendapatkan kepuasan seperti anda :)
Namun ingat, apapun itu, semuanya itu sudah dikonsep dari sejak dahulu kala dan sudah diketahui dan sudah terjadi dimata ALLAH. Jika belum terjadi, mustahil ALLAH tahu masa depan !
Shalom
Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS
http://www.facebook.com/veritasq
@veritas: Freewill yang diberikan adalah freewill yang utuh.
Singkatnya: Kalau kita sudah bisa pisahkan yang dimaksud dorongan daging dengan freewill maka kita akan bisa diskusi lebih luas.
Topik freewill sudah diluar topik umur Yesus lebih tua dari pada Abraham. Saya pikir saya lebih baik menahan diri.
@veritas : ayat dari Grand Design ya
veritas : Didalam "pandangan" ALLAH, alam semesta ini hanya sebuah permainan dan semua pemain utama (manusia) tidak menyadarinya walaupun pemain utama tersebut diberi karakter seperti ALLAH :). Itulah sebabnya manusia ketika lahir ke dunia tidak memiliki kesadaran.
kamu bilang diberi karakter seperti ALLAH, tapi kamu bilang juga tidak memiliki kesadaran.
pi ye sih ? kamu harus tentukan dulu yang dimaksud KARAKTER SEPERTI ALLAH itu apa ? apasaja dan bagaimana ?
Jesus Freaks,
"Live X4J, Die As A Martyr"
-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-
@Veritas: Pengorbanan Kristus adalah pengorbanan Allah
Konsep kamu bahwa "Yesus adalah media"
Perhatikanlah ayat Roma yang kamu share, Rom 5:15-16, dengan membaca itu harusnya jelas kuasa Yesus bukan kuasa layaknya satu manusia belaka. Pada titik ini, konsep media kamu harus gugur. Kalau semata-mata medianya manusia maka sejauh-jauhnya satu manusia ganti satu manusia (ini pun tidak alkitabiah).
Manusia Yesus ini materinya ilahi, dikandung daripada Roh kudus dan lahir dari perawan. Manusia Yesus hidupnya tetap seperti manusia dan dengan keterbatasan manusia yang semata-mata dipimpin oleh Roh Kudus. Di bumi, Manusia Yesus ini berhasil dibunuh dengan salib.
Manusia Yesus bisa ditimpakan kesalahan manusia tapi karena Dia sendiri selama hidupnya tidak berbuat dosa jadi kalaupun cuma satu kesalahan Dia tanggung, itu pun bukan milik-Nya.
Karena dia ilahi, Dia bahkan tidak hanya ditimpakan kesalahan satu orang tetapi semua manusia. Karena kesalahan-kesalahan itu maka dia harus turun ke alam maut.
Apakah saya masih harus lanjutkan? Dengan single track mindset, ini hanya akan jadi mutiara pada babi.
@jee eiych, Pelempar mutiara
:)
Dari sudut pandang saya, sayalah pelempar mutiara itu :))
Sayang walaupun mutiara itu saya lempar kepada manusia, cuma seekor babi yang mau mendekat :)
Roti ini bukan untuk seekor anjing kata YESUS :)
Terimakasih telah mampir ke lapak ini, dan anda tidak perlu lanjutkan sesuatu yang anda anggap mutiara sebab saya memiliki mutiara sendiri karunia ALLAH :)
Shalom
Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS
http://www.facebook.com/veritasq
@veritas: Maaf ya saya terlalu kasar
Saya rasa kekasaran kalimat saya bisa menghalangi pesan saya ke kamu. Saya minta maaf untuk itu.
Saya perlu tekankan saja, konsep kamu tentang Yesus sebagai media terlalu mengecilkan pengorbanan YHWH untuk manusia.
Alkitab Indonesia menuliskannya sbb:
<Joh 1:18> Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.
KJV: <Joh 1:18> No man hath seen God at any time; the only begotten Son, which is in the bosom of the Father, he hath declared him.
Ungkapan kecintaan Bapa pada manusia adalah Yesus. Yesus bukan sekedar media. Yesus bukan media penanggung derita sementara Roh Allah terlindung badan manusia tersebut. Kesakitan karena penanggungan dosa manusia betul-betul dirasakan Tuhan. Itu pemahaman saya.
Karena ini juga sudah diluar topik umur Yesus. Saya cukupkan ya.
Tabik.
Veritas menulis:Anyway,
Veritas menulis:
Anyway, bicara dalam tatanan konsep/ide, ketika dunia ini dikonsep sedemikian rupa, dari awal sampai akhir sebelum implementasi, maka ide/konsep tentang YESUS sudah ada sebelum ABRAHAM muncul didunia. Konsep tentang ABRAHAM dan YESUS sudah ada sebelum implementasi dari konsep tersebut kedalam realitas. Hal itu tidak dimengerti oleh idiot2 yahudi yang hidup dizaman Yesus, walaupun bergelar Imam Besar ataupun Ahli Taurat. Oleh sebab itu ketika mendengar ucapan Yesus, alih-alih berpikir, mereka malah mengamuk ingin membunuh Yesus.
========================================================
Jadi maksud anda sebelum Abraham jadi pribadi Yesus juga belum ada? Cuma konsep tentang Yesus yang belum diimplementasikan?
Perhatikan ayat berikut:
Kej 1:26 Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita,
Kalau pribadi Yesus belum ada lalu siapa yang dimaksud dengan Kita dalam ayat di atas? Apakah Yesus tidak termasuk di dalamnya?
Bandingkan juga dua ayat berikut:
Yes 44:6 Beginilah firman TUHAN, Raja dan Penebus Israel, TUHAN semesta alam: "Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian; tidak ada Allah selain dari pada-Ku.
Why 1:17-18 Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: "Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir, dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.
Yesus menyatakan bahwa Dialah yang awal dan akhir, jadi Dialah yang membuat konsep. Dia sudah ada sebelum konsep dunia dibuat.
@ Hendrik, soal YHWH
Saya tidak akan menanggapi dulu pendapat si Veritas, karena dia masih abu-abu. Saya mau menanggapi pendapat Hendrik.
Pak Hendrik, anda mengutip Yesaya 44:6 untuk menjawab Veritas bahwa Yesus sudah ada sejak dahulu kala. Apa anda menganut pendapat bahwa TUHAN = YHWH adalah Yesus? Apa argumentasinya?
Saya berpendapat bahwa YHWH = Allah Bapa, bila anda sudah menjawab, maka saya juga akan memaparkan argumentasi saya bahwa YHWH = BAPA.
Debu tanah kembali menjadi debu tanah...
@DT
Benar, saya percaya bahwa TUHAN=YHWH adalah Yesus.
Di atas saya ada menyertakan ayat-ayat yang jelas membuktikan bahwa YHWH adalah Yesus.
Yes 44:6 Beginilah firman TUHAN (YHWH), Raja dan Penebus Israel, TUHAN semesta alam: "Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian; tidak ada Allah selain dari pada-Ku.
Why 1:17-18 Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: "Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir, dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.
Ini adalah bukti bahwa YHWH yang berfirman dalam Yesaya 44:6 adalah pribadi yang sama dengan Yesus yang berfirman dalam Wahyu 1:17-18.
Untuk lebih jelasnya bisa saya tambahkan ayat berikut:
Yoh 1:18 Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.
Tidak seorang pun pernah melihat Bapa. Adam, Abraham, Ishak, Yakub, Musa tidak pernah melihat Bapa. Yang mereka lihat adalah satu-satunya penyataan Bapa, yaitu Anak. YHWH yang dilihat Musa adalah Anak, bukan Bapa. Bapa tidak dapat dilihat karena Bapa adalah Roh (Yoh 4:24), seperti juga manusia tidak dapat melihat Roh Kudus (Yoh 14:17).
@ Hendrik, YHWH adalah BAPA
Bukti 1
Ibrani 1:1 Setelah pada zaman dahulu Allah berulang kali dan dalam pelbagai cara berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi-nabi,
1:2 maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta.
Pada ayat 1 dikatakan Allah (Bapa) berulang kali BERBICARA kepada nenek moyang orang Israel dan nabi-nabi Israel, tentu termasuk Yesaya 44:46. Kemudian baru pada zaman akhirlah BAPA berbicara dengan perantaraan ANAK Nya yaitu Yesus Kristus.
Bukti 2
Bila kita membaca tentang ibadah orang Israel dalam Kitab Keluaran atau Imamat, maka KORBAN binatang (domba, kambing, lembu, dll) ditujukan kepada siapa ? Kepada YHWH !
Dari Alkitab Perjanjian Baru, kita tahu bahwa korban binatang tersebut adalah bayangan pengorbanan Yesus. Jadi Yesus adalah Anak Domba yang dikorbankan kepada Allah (BAPA).
Efesus 5:2 dan hiduplah di dalam kasih, sebagaimana Kristus Yesus juga telah mengasihi kamu dan telah menyerahkan diri-Nya untuk kita sebagai persembahan dan korban yang harum bagi Allah.
Bagaimana Pak Hendrik, apakah 2 bukti di atas sudah cukup ?
Argumen anda:
[ Tidak seorang pun pernah melihat Bapa. Adam, Abraham, Ishak, Yakub, Musa tidak pernah melihat Bapa. Yang mereka lihat adalah satu-satunya penyataan Bapa, yaitu Anak. YHWH yang dilihat Musa adalah Anak, bukan Bapa. Bapa tidak dapat dilihat karena Bapa adalah Roh (Yoh 4:24), seperti juga manusia tidak dapat melihat Roh Kudus (Yoh 14:17). ]
Tidak seorang pun melihat Allah, karena Alkitab berkata bahwa manusia yang melihat Allah akan mati.
Keluaran
33:18 Tetapi jawabnya: "Perlihatkanlah kiranya kemuliaan-Mu kepadaku."
33:19 Tetapi firman-Nya: "Aku akan melewatkan segenap kegemilangan-Ku dari depanmu dan menyerukan nama TUHAN di depanmu: Aku akan memberi kasih karunia kepada siapa yang Kuberi kasih karunia dan mengasihani siapa yang Kukasihani."
33:20 Lagi firman-Nya: "Engkau tidak tahan memandang wajah-Ku, sebab tidak ada orang yang memandang Aku dapat hidup."
33:21 Berfirmanlah TUHAN: "Ada suatu tempat dekat-Ku, di mana engkau dapat berdiri di atas gunung batu;
33:22 apabila kemuliaan-Ku lewat, maka Aku akan menempatkan engkau dalam lekuk gunung itu dan Aku akan menudungi engkau dengan tangan-Ku, sampai Aku berjalan lewat.
33:23 Kemudian Aku akan menarik tangan-Ku dan engkau akan melihat belakang-Ku, tetapi wajah-Ku tidak akan kelihatan."
Ternyata Musa pun tidak melihat YHWH lho!
Jadi baik Bapa, Anak dan Roh Kudus, ketiga nya adalah ROH, manusia tidak dapat melihat roh. Yang bisa dilihat itu adalah perwujudannya. Dalam perjanjian lama, YHWH (= BAPA) menampakkan kemuliannya. Dalam perjanjian Baru: Anak Allah menjadi manusia.
Debu tanah kembali menjadi debu tanah...
@DT: Amin.
Anda benar bung DT, terima kasih untuk pembuktiannya. Saya menerima pendapat anda dan mengakui bahwa YHWH adalah Bapa seperti yang dinyatakan oleh Ibrani 1 :1.
Tapi ada satu yang menjadi pertanyaan saya. Bagaimana dengan pernyataan YHWH dalam Yesaya 44:6 dan pernyataan Yesus dalam Wahyu 1:17-18. Dapatkah anda menjelaskan ayat ini?
Tuhan memberkati.
@ Hendrik, Yesaya 44:6 & Wahyu 1:17
[ Tapi ada satu yang menjadi pertanyaan saya. Bagaimana dengan pernyataan YHWH dalam Yesaya 44:6 dan pernyataan Yesus dalam Wahyu 1:17-18. Dapatkah anda menjelaskan ayat ini? ]
Yesaya 44:6 Beginilah firman TUHAN, Raja dan Penebus Israel, TUHAN semesta alam: "Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian; tidak ada Allah selain dari pada-Ku.
Wahyu
1:17 Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: "Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir,
Istilah “yang terdahulu dan yang terkemudian” artinya “KEKAL”. Sama dengan “Yang Awal dan yang Akhir”, sama dengan “Alfa dan Omega”.
Wahyu 1:8 "Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."
Wahyu 21:6 Firman-Nya lagi kepadaku: "Semuanya telah terjadi. Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Awal dan Yang Akhir. Orang yang haus akan Kuberi minum dengan cuma-cuma dari mata air kehidupan.
TUHAN = YHWH dalam Yesaya 44:6 disebut kan sebagai "Yang terdahulu dan yang terkemudian, artinya "yang KEKAL". Yesus dalam Wahyu 1:17 disebut "Yang Awal dan yang Akhir" artinya "yang kekal ".
Yesus adalah Anak Allah = Allah yang kekal dan Bapa juga adalah Allah yang kekal.
Yohanes
1:1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
1:2 Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.
1:14 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.
Debu tanah kembali menjadi debu tanah...
@DT: Israel
Shalom bung DT. Bagaimana pendapat anda mengenai kisah Yakub bergumul dengan Allah dalam Kej 32:24-28. Apakah dia bergumul dengan Bapa atau Anak? Thanks for reply. Gbu.
@ Hendrik & Jlwijaya, YHWH adalah Allah yang ESA
Yakub dalam Kej 32:24-28 diceritakan sedang bergulat dengan seorang “laki-laki”, dari percakapan orang itu orang itu mengaku sebagai Allah yang dikalahkan oleh Yakub bergulat. Yakub mengaku bahwa dia melihat Allah tetapi tidak mati. Tetapi kita tahu bahwa tidak ada manusia yang bisa melihat Allah, karena Allah itu makhluk roh, maka dapat kita simpulkan bahwa laki-laki yg bergulat dengan Yakub itu adalah perwujudan dari YHWH.
Nah, siapakah YHWH di sini? Apakah BAPA atau Anak Allah ?
YHWH memperkenalkan diri-Nya kepada Israel sebagai Allah yang ESA. Dalam Perjanjian Lama tidak pernah YHWH mengatakan bahwa Dia mempunyai Anak, karena Anak Allah belum di utus oleh Bapa untuk menyatakan diri-Nya ke dunia.
Sekarang pertanyaan Jlwijaya:
[Deta,bukankah Tuhan/kurios di matius 3:3 di tujukan kepada Yesus ?ayat itu di ambil dari yes 40:3 ,jadi bukankah TUHAN /YHWH di yesaya adalah Tuhan/kurios di mat 3:3 dan ini berarti Tuhan/kurios di mat 3:3 adalah YHWH ]
Yesaya 40:3 Ada suara yang berseru-seru: "Persiapkanlah di padang gurun jalan untuk TUHAN, luruskanlah di padang belantara jalan raya bagi Allah kita!
Matius 3:3 Sesungguhnya dialah yang dimaksudkan nabi Yesaya ketika ia berkata: "Ada suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya."
Sama dengan jawaban di saya kepada pak Hendrik:
YHWH memperkenalkan diri-Nya kepada Israel sebagai Allah yang ESA. Dalam Perjanjian Lama tidak pernah YHWH mengatakan bahwa Dia mempunyai Anak, karena Anak Allah belum di utus oleh Bapa untuk menyatakan diri-Nya ke dunia.
Matius mengutip ucapan nabi Yesaya dalam PL, tentu saja yang dimaksud oleh Yesaya adalah YHWH = Allah yang Esa = BAPA. (Ingat Yesaya tidak mengenal Anak Allah).
Namun demikian, Yesaya tetap benar, bahwa Yohanes Pembabtis mempersiapkan jalan YHWH (= BAPA), karena BAPA yang mengutus Anak Allah itu senantiasa bersama-sama dengan ANAK. (Yohanes 8:29).
Debu tanah kembali menjadi debu tanah...
@DT ?
Wah bung DT, jawabannya kurang memuaskan.
YHWH memperkenalkan diri-Nya kepada Israel sebagai Allah yang ESA. Dalam Perjanjian Lama tidak pernah YHWH mengatakan bahwa Dia mempunyai Anak, karena Anak Allah belum di utus oleh Bapa untuk menyatakan diri-Nya ke dunia.
Belum dinyatakan dan belum diutus bukan berarti belum ada. Anak Allah sudah ada bahkan sebelum dunia dijadikan, dan segala sesuatu dijadikan di dalam Dia.
Yoh 8:58 Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada."
Kol 1:17 Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia.
Coba lihat di Kejadian 1:26 ada pernyataan Kita. Berarti Bapa tidak sendirian. Ada pribadi lain di situ.
Kej 1:26 Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita,
Dalam Kejadian 2:14, nama sungai yang ketiga adalah Tigris, secara tersirat menyatakan adanya Tiga pribadi yang Ilahi.
@ Hendrik, gimana toh?
[Belum dinyatakan dan belum diutus bukan berarti belum ada. Anak Allah sudah ada bahkan sebelum dunia dijadikan, dan segala sesuatu dijadikan di dalam Dia.]
Lha, adakah saya berkata bahwa Anak Allah belum ada? Tidak ! Saya justru telah berkata bahwa Anak Allah itu KEKAL.
Tapi saya berkata: Anak Allah belum datang ke dunia, belum memperkenalkan dirinya pada manusia, faktanya: orang Israel hanya mengenal SATU Allah saja, bukan?
Debu tanah kembali menjadi debu tanah...
Deta: YHWH adalah Anak juga ?
1)Mat 3:3 Sesungguhnya dialah yang dimaksudkan nabi Yesaya ketika ia berkata: "Ada suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya."
Deta,bukankah Tuhan/kurios di matius 3:3 di tujukan kepada Yesus ?ayat itu di ambil dari yes 40:3 ,jadi bukankah TUHAN /YHWH di yesaya adalah Tuhan/kurios di mat 3:3 dan ini berarti Tuhan/kurios di mat 3:3 adalah YHWH
Isa 40:3 The voiceH6963 of him that criethH7121 in the wilderness,H4057 PrepareH6437 ye the wayH1870 of the LORD,H3068 make straightH3474 in the desertH6160 a highwayH4546 for our God.H430
H3068
????
yehôvâh
yeh-ho-vaw'
From H1961; (the) self Existent or eternal; Jehovah, Jewish national name of God: - Jehovah, the Lord. Compare H3050, H3069.
Mat 3:3 ForG1063 thisG3778 isG2076 he that was spoken ofG4483 byG5259 theG3588 prophetG4396 Esaias,G2268 saying,G3004 The voiceG5456 of one cryingG994 inG1722 theG3588 wilderness,G2048 PrepareG2090 ye theG3588 wayG3598 of the Lord,G2962 makeG4160 hisG846 pathsG5147 straight.G2117
G2962
??????
kurios
koo'-ree-os
From ????? kuros (supremacy); supreme in authority, that is, (as noun) controller; by implication Mr. (as a respectful title): - God, Lord, master, Sir.
Tak Sepaham :)
Bahkan para jagoan Kristen pun masih tak bisa sepaham :))
Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS
http://www.facebook.com/veritasq
Veritas: alasan saya dan deta ngak sepaham ?
dibawah
Veritas: alasan saya dan deta ngak sepaham ?
di bawah
Veritas: alasan saya dan deta ngak sepaham ?
Agama yang berasal dari akal budi ,tentu sangat mudah di mengerti oleh akal budi,sangat logis karena menang product dari logika manusia.Kalaupun ada yang berasal dari pengalamanpun ataupun kahyal sangat mudah di pahami karena itu dalam wilayah ciptaan .Alkitab berbeda ,Alkitab adalah wahyu dari diri yang tak terbatas Dan bersifat sorgawi dan rohaniah karenanya hal2 yang menyangkut diri yang tak terbatas tak mampu dipahami oleh konsep tak terbatas pada diri yang terbatas dan hal2 rohaniah dan sorgawi juga tak mampu di pahami oleh manusia natural yang belum lahir baru dan sarkikos dan psukikos.
Karena bersifat wahyu inilah ada perbedaan di antara orang kristen, untuk sesama orang kristen (yang lahir baru) perbedaan di bidang yang minor untuk dengan yang bukan krsten (atau yang ngaku kristen tapi yang tidak lahir baru) perbedaannya di bidang atau aspek mayor.Apa itu mayor dan minor?panjang penjelasannya saya kasih contoh saja ya?
saya dengan deta selama ini hanya beda pendapat di aspek minor cont : orang kristen bisa mutad tidak? dsb .
saya dengan kamu (veritas) ,kita berbeda dalam hal mayor yaitu Yesus Allah atau bukan? Allah Tritunggal atau tidak?dsb
contoh lebih jelasnya Saksi Yehovah dengan Reformed dan seluruh kekristenan adalah perbedaan mayor makanya bagi reformed dan kekristenan ,saksi yehovah adalah bidat .tetapi perbedaan Reformed dan betel, ngak mungkin reformed menganggap betel bidat karena perbedaannya di hal minor.
Veritas:mengadakan yang tiada dan meniadakan yang ada
-HANYA DENGAN LOGIKA YANG PAS2AN KAMU INGIN MEMUTAR BALIK FAKTA,MENGADA ADA AJA KAMU INI ,DAN DARI ALASAN2 KAMU BUKAN ORANG YAHUDI YANG IDIOT TETAPI KAMU YANG TERLIHAT IDIOT.
@Jlwijaya, saya idiot bagi para trinitas maniak :))
Trinitas maniak kayak anda memang pantas sekali menyebut saya idiot karena kapasitas anda yang tidak bisa berpikir :))
Anyway, BAPA, ANAK, ROH KUDUS
Anda harus mikir ada 12 Roh KUDUS seperti lidah api, belum lagi yang lain di kitab wahyu. Harusnya ente bilang seribu tunggal, bukan tritunggal.
Nah disitulah letak kehebatan anda dalam menyatakan saya idiot :))
Tapi gpp deh, sebab YESUS tidak pernah mengaku dia ALLAH, tapi orang2 sinting macam andalah yang menyebut YESUS ALLAH :)
Shalom
Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS
http://www.facebook.com/veritasq
Veritas :saya jawab seluruh komen mu ya.
Trinitas maniak kayak anda memang pantas sekali menyebut saya idiot karena kapasitas anda yang tidak bisa berpikir :))
Anyway, BAPA, ANAK, ROH KUDUS
TAK TERBUKTI ngak bisa berpikir .Bukan maniak tetapi percaya pernyataan alkitab ,dan satu lagi tritunggal adalah istilah dari manusia untuk manusia dalam menyatakan Allah yang di wahyukan Alkitab .sekali lagi ini product wahyu bukan ciptaan logika manusia.
Anda harus mikir ada 12 .Roh KUDUS seperti lidah api, belum lagi yang lain di kitab wahyu. Harusnya ente bilang seribu tunggal, bukan tritunggal
Pernyataan kamu ini karena kamu ngak mengerti Allah yang di ajarkan alkitab :Allah di dalam Alkitab adalah Allah yang Takterbatas ruang dan waktu dan ia hadir dalam seluruh ruang, Allah yang demikian adalah Allah bisa hadir berbicara dengan tak terbatas jumlah manusia sebagai pribadi. Tetapi Allah yang demikian menyatakan diri sebagai satuAllah yang berpribadi tiga. Satu Allah tritunggal yang hadir di seluruh ruang dan waktu ..........ITULAH YANG DI NYATAKAN OLEH TOTALITAS ALKITAB.
Nah disitulah letak kehebatan anda dalam menyatakan saya idiot :))
Keidiotan kamu adalah menyangkal ajaran alkitab dengan satu dua ayat alkitab ,Ayat yang sesuai kamu terima ayat yang ngak sesuai kamu tiadakan dengan cara2 yang lucu cont yang di blok ini kamu bilang orang2 yahudi idiot demi memutar balik sebuah pernyataan alkitab yang jelas dan tegas menjadi hanya konsep........
Tapi gpp deh, sebab YESUS tidak pernah mengaku dia ALLAH, tapi orang2 sinting macam andalah yang menyebut YESUS ALLAH :)
Inilah idiotnya kamu ,SBY ngak pernah ngaku2 kalau dia manusia lalu apakah dia bukan manusia?mao che tung ngak pernah ngaku ngaku dia orang china ,lalu apakah dia bukan orang china?bisakah kamu menentukan mana anjing dan mana kucing?apakah anjing perlu ngaku2 kalau dia anjing baru kamu percaya dan tahu kalau itu anjing?apakah orang negro harus ngomong dia negro baru kamu tahu dia negro?HANYA ORANG YANG BENAR2 SINTING YANG NGAK TAHU MANA ANJING DAN MANA KUCING ...............KELEEE?JENIS YANG KEDUA ADALAH ORANG BUTA TAK TAHU ORANG YANG SEDANG DI HADAPANNYA ORANG NEGRO ATAU ORANG CHINA ............KARENANYA ORANG BUTA SEKALIPUN BACA ALKITAB BERILANG ULANG TAK MELIHAT BAHWA YESUS ADALAH ALLAH .........INILAH YANG DI NYATAKAN YESUS DAN PAULUS:
Joh 9:39 Kata Yesus: "Aku datang ke dalam dunia untuk menghakimi, supaya barangsiapa yang tidak melihat, dapat melihat, dan supaya barangsiapa yang dapat melihat, menjadi buta."
Joh 9:40 Kata-kata itu didengar oleh beberapa orang Farisi yang berada di situ dan mereka berkata kepada-Nya: "Apakah itu berarti bahwa kami juga buta?"
oh 9:41 Jawab Yesus kepada mereka: "Sekiranya kamu buta, kamu tidak berdosa, tetapi karena kamu berkata: Kami melihat, maka tetaplah dosamu."
2Co 4:4 yaitu orang-orang yang tidak percaya, yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman ini,.............
Shalom
Shalom juga .....................niru2 salamnya orang kristen jaman ini nih ya.
Niru Salam ?
Ini nih asal bunyi namanya. Shalom itu berasal dari bahasa Ibrani !
Kacau banget nih cara mikirnya :))
Dan konteks kalimat Yesus kamu bawa untuk menghakimi sesuatu yang tidak pada tempatnya :)
Walaupun begitu tidak menjadi masalah karena ALLAH memang mengetahui semuanya dan konsep itu sudah ada dan berasal dari ALLAH karena Segala sesuatu bersumber dari ALLAH :)
Shalom
Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS
http://www.facebook.com/veritasq
Veritas:kamu lihat sendiri siapa yang kacau
Shalom juga .....................niru2 salamnya orang kristen jaman ini nih ya.(jl wijaya)
1)Ini nih asal bunyi namanya. Shalom itu berasal dari bahasa Ibrani !
Kacau banget nih cara mikirnya :))
Saya sudah mengantisipasi jawaban kamu ini karena itu saya tambah kata jaman ini ..............
Inti perkataan saya adalah kamu niru2...............artinya sekalipun kamu bukan benar2 orang kristen tetapi kamu meniru seperti orang kristen he he he.
2)Dan konteks kalimat Yesus kamu bawa untuk menghakimi sesuatu yang tidak pada tempatnya :)
Pada tempatnya donk ver, sebagaimana orang yahudi jaman Yesus yang sedang menantikan kedatangan masisas tapi tak tahu jika yang berdiri di hadapannya dan menyembuhkan orang buta sejak lahir adalah Masias ,demikian juga kamu ada 27 kitab PB tapi tak nampak bahwa Yesus adalah Allah ,jadi sebagaimana orang yahudi buta demikian pula kamu.....maaf ya bicara terus terang.
3)Walaupun begitu tidak menjadi masalah karena ALLAH memang mengetahui semuanya dan konsep itu sudah ada dan berasal dari ALLAH karena Segala sesuatu bersumber dari ALLAH :)
Ver ini baru pemikiran yang kacau sebab kalau semua konsep di dalam pikiran manusia dari Allah berarti manusia sama saja dengan komputer donk dimana Allah seolah menciptakan hardware ,software bahkan operatornya?..................alkitab ngak ada satu ayatpun mengajarkan konsep kamu itu, alkitab menyatakan manusia makhluk yang di ciptakan berdasarkan gambar Allah sebagai makhluk hidupyang berpribadi .
Shalom
Biarpun kamu niru salamnya orang Kristen jaman ini .........tetapi mereka jelas bahwa kamu bukan kok.