Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Prima Causa : Kebiadaban Tuhan atau Kedaulatan Tuhan

jesusfreaks's picture

; dan segala sesuatu berasal dari Allah.

 

( I Korintus 11 : 12b )
 
-------
 
Memahami TUHAN sebagai PRIMA CAUSA atau "ASAL" dari SEGALA SESUATU,  TIDAKLAH MUDAH.
 
Jikalau SEGALA SESUATU, "asalnya" dari TUHAN,
itu berarti DOSA & KEJAHATAN juga "berasal" dari TUHAN.
itu berarti PENYAKIT & PENDERITAAN juga "berasal" dari TUHAN
 
TUHANlah yang "menciptakan" DOSA
TUHANlah yang "menciptakan" KEJAHATAN
TUHANlah yang "menciptakan" SAKIT & PENYAKIT
TUHANlah yang "menciptakan" PERANG
TUHANlah yang "menciptakan" KELAPARAN
TUHANlah yang "menciptakan" KEMISKINAN
TUHANlah yang "menciptakan" PEMERKOSAAN
TUHANlah yang "menciptakan" PEMBUNUHAN
Itulah "KEBIADABAN" TUHAN.
 
Namun demikian,
APAKAH yang BISA kita lakukan terhadap "KEBIADABAN" TUHAN ?
TIDAK ADA !!!
APAKAH kita bisa PROTES ?
TIDAK BISA !!!
APAKAH kita bisa MELAWAN ?
TIDAK BISA !!!
itulah KEDAULATAN TUHAN.
 
YANG BISA KITA LAKUKAN HANYALAH :
USAHAKAN YANG TERBAIK & P.A.S.R.A.H.
PASRAH SEPENUH-PENUHNYA...
PASRAH SEPASRAH PASRAHNYA...
 
 
Tidak perlu protes jikalau kita ditentukan binasa dan masuk neraka
Tidak perlu protes jikalau istri kita selingkuh, sekalipun kita sudah memberikannya CINTA yang terbaik.
 
Tidak perlu protes jikalau anak kita morfinis, bahkan sampai mati OD (over dosis), padahal kita sudah memberikan KASIH SAYANG & pemeliharaan TERBAIK.
 
Tidak perlu protes jikalau hal-hal buruk terjadi pada kita & keluarga kita...
sebagai PENCIPTA & PEMILIK ALAM SEMESTA ini, TUHAN BERHAK melakukan APAPUN terhadap hidup kita,
 
TIDAK USAH PROTES !!!
Hiduplah sebaik mungkin, lakukan yang terbaik, sedangkan HASIL AKHIRNYA, TERSERAH TUHAN !!!
 
-------
 
Demikianlah "KEBIADABAN" TUHAN
Demikian "KEDAULATAN" TUHAN
 
PASRAH... PASRAH,,, dan PASRAH...
 
 
 
 
Palopo, 280609
 
 
Jesus Freaks,
"Live X4J, Die As A Martyr"

 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jesusfreaks's picture

@mike : KEPINTARAN YANG MEMBUTAKAN

Kayaknya lo kepintaran deh. Saking pintarnya, maka beranggapan TUHAN itu BODOH membiarkan kejahatan dan dosa, ADA TANPA SEIZIN NYA. Jikalau ADA sesuatu yang HADIR dengan sendirinya, bukankah sesuatu itu identik kayak TUHAN. Coba kamu renungkan, ADA TIDAK YANG HADIR TANPA TUHAN ??

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

mike's picture

-J F

-Di ijinkan Tuhan adalah otomatis demikian, ngak perlu di jelasin lagi karena itu tercakup dalam pengertian Allah menciptakan kebebasan.bebas berarti di ijinkan untuk memberontak dan di ijinkan untuk mau menjadi "Allah"

kata saya menciptakan kebebasan ber arti menciptakan seperti "Allah"

Kebebasan bisa berarti bisa terjadi terjadi dari diri sendiri dan bukan dari Tuhan.

1)Allah menetapkan (Dekrit Allah): hal itu pasti terjadi.

2)Allah menghendaki/kehendak Allah: banyak yang tak terjadi atas diri kita ,bukan karena Dia ngak snggup tapi karena Dia memberi kebebasan.

3)Allah mengijinkan: Allah tidak menghendaki tapi diperboleh kan terjadi

4)Allah membiarkan: Allah membiarkan ciptaan melakukan kejahatan hatinya .

jesusfreaks's picture

@mike : Kenapa diberi KEBEBASAN ???

ALLAH MAHA TAHU.

1. kenapa di BIARKAN, kenapa di BEBASKAN, padahal DIA tahu akibat buruknya ? 

2. apakah kehendak manusia mampu melawan kehendak ALLAH ? sehingga ketika ALLAH berkehendak baik, yang jadi tetap buruk ?

3. atau apakah ALLAH tidak berkehendak terhadap manusia ? sehingga hidup manusia mengalir dan berjalan tanpa kehendak ALLAH ?

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

@Mike, Siapa Yang menciptakan ORANG?

Mike, siapa yang melahirkan anda?

Ha ha ha ha ... Anda masih belum berani menjawab pertanyaan sederhana itu?

Mike, Siapakah yang menciptakan ORANG?

Ha ha ha ha ha ... Anda pasti tidak berani menjawab pertanyaan yang saya beri warna merah tersebut.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

mike's picture

hai hai

-Tuhan

hai hai's picture

Mike, Anda TIDAK Konsisten

Mike, izinkan saya menasehati anda dengan kalimat anda sendiri, dengan demikian, mungkin anda akan mendapat pencerahan.

Tuhan memang menciptakan MANUSIA namun TIDAK menciptakan ORANG. Mengatakan Allah menciptakan ORANG adalah tidak tepat dan salah karena menimbulkan pengertian Allah menciptakan yang  jahat. Jadi jika mau bicara gunakan lah kata2 yang tepat karena yang Allah ciptakan adalah yang baik dan yang jahat adalah timbul dari kesombongan dan pemberontakan, yang jahat itu sendiri tidak diciptakan.

Kebenaran yang tidak konsisten bukan kebenaran sejati!

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

sandman's picture

@JF Iblis Bertopeng Setan...

Ayo ilmu BELANTARA keluarkan biar hancurkan TOPENGna .. rasana gw jadi males bikin blog ... kalau semua sudah terjawab.. menyebalkan...

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

jesusfreaks's picture

@sandman : lo kelamaan sih

Lo kelamaan sih. Tapi gak apa apa, lo release aza. Banyak kok blog blog yg bertema sama, bahkan isinya sama. Injil aza ceritanya sama.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

dennis santoso a.k.a nis's picture

"obsesi"

hehehe inilah dilema penulis blog yang "terobsesi" jadi pengajar... begitu materi abis, males deh bikin blog lagi.

gimana kalo "obsesi" nya diganti? sekedar nulis blog buat pengingat? supaya suatu hari nanti ketika udah uzur, bisa buka SS dan bercerita ke anak cucu... "cu, engkong dulu waktu muda rada sinting nya kayak gini nih...."

:-)

sandman's picture

@Nis...

Pengajar?  gak bisa euy jadi pengajar, blog yang aku buat bukan secara UMUM tapi ada hubungannya dan kaitannya dengan BLOG jf tapi sepertinya menurutku kalau dibuatpun sudah basi,

btw,

saran elo tentang blog pengingat bisa diterima ok juga, but kalau soal ngajar gak ada niatain sih nis, cuma menulis apa yang aku tahu, dan mencoba belajar dari ke-TAHU-an aku serta ke-TIDAK TAHUAN-an aku.

thx nis.

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

mike's picture

hai hai :terlalu banyak kepintaran yang bodoh sekali.

-merasa pinter ,sangat berlogika hasilnya adalah sebaliknya.

 

dennis santoso a.k.a nis's picture

@mike: gimana dong?

mike, hai2 mungkin memang tolol, tapi, sejauh yang gue baca di diskusi kalian, elo belom bisa ngalahin si tolol itu. gimana dong? ;-)

mike's picture

denis: hai2 pinter

- sejujurnya hai2 pinter.kalau sampai terlepas saya bilang dia tololpun bukan berarti dia orangnya tolol tapi hal tertentu yang dia katakan tolol.

-Saya bukan ingin mengalahkan orang lain , saya hanya menyatakan apa pendapat dan maksud saya yang sesungguhnya.

-kalau mau di kupas tuntas gampang sih menunjukkan ketololan orang yang kadang salah mengerti.tapi apa gunanya.

dennis santoso a.k.a nis's picture

menunjukan ketololan orang itu BANYAK gunanya

buat yang terakhir itu... gue jawab kamu: gunanya BANYAK.... :-)

so, jangan malu2, kupas lah tuntas dan gantilah jurus kamu karena keliatannya, di mata gue, kamu lebih kepancing dengan gaya bahasa hai2 soal tolol2an daripada bener2 ngebahas sisi substantif dari argumentasi kamu.

jesusfreaks's picture

@mike : lo tahu BELAGU...

Orang orang yang lebih hebat dari lo, BANYAK DISINI.

lo cuma pinter dikit aza, belagunya minta ampun.

silahkan lo keliling blog ini, lo akan tahu BETAPA CETEKNYA ilmu lo.

 

dan cara berdiskusi lo yang ngalor ngidul, serta gak ada isinya, ampunnn.

jauhhhh kalau dibandingin hai hai...

mendingan lo belajar banyak dulu deh... sebelum tepar disini...

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

mike's picture

J F :supaya adil

 

JF kamu kan mengatakan tulisan kamu untuk kemuliaan Tuhan:
Kamu copy deh kalau kamu ketemu siapa aja minta waktu untuk baca tulisan kamu itu dan minta tanggapan mereka?.
Jadi kan adil itu bukan pendapat saya pribadi.
Nb : aku udah surfai sih keberbagai orang (7 orang )hasilnya he he?........kamu cobasendirilah ya.
Penonton's picture

@Nis n Mike : Kok jadi ngomongin si Hai2?

Halo,

 

Gimana seh....malah asik berdua mojok...dan gossip ttg Hai2....

Babi Pink....udah mandi sono......trus joging buat kecilin perut : )

Jangan gangguin si Mike yg lagi konsentrasi....( gimana seh !!! )

 

 

__________________

xxx

dennis santoso a.k.a nis's picture

supporter

kan jadi supporter... ayo 'nton, kostum cheerleader nya dipake dong ^^

billy chien's picture

@JF permisi ya

@penonton ajarin saya cara memasukan gambar dengan format GIF atau JPG dong, melihat adanya si Hades membuat saya terinspirasi membuat blog baru berjudul "provokator" entah ini dejavu atau bukan saya merasa pernah melakukan hal ini, dan untuk membuat blog lebih menarik saya hendak memasukan gambar berformat tsb ,bantuin ya....penting buat aku, makasih gbu

 

salam   ...VEGETA

__________________

Kerjakanlah Keslamatanmu dengan takut dan gentar...

hai hai's picture

Billy, Pelajari Ini

Billy, untuk cara memasang gambar, silahkan klik di sini.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

billy chien's picture

@hai

billy: trims langsung dibalas oleh bung hai hai.... makasih lebih cepat belajar nya hehehe , salam....


__________________

Kerjakanlah Keslamatanmu dengan takut dan gentar...

Jerry Elim's picture

ANTITESIS BUAT PRIMA KAUSA.... jesusfreaks

ANTITESIS :

PRIMA KAUSA BUKANLAH PENYEBAB SEGALA SESUATU TANPA KECUALI

 

Jesusfreaks (penggemar yesus) telah jauh membahas CAUSA PRIMA secara liberalis tanpa batas dengan alasan-alasan teologis yang telah “melanggar” HAK ASASI ALLAH.

Perhatikan firman Allah ini : (penderitaan Ayub yang menyayat)

 

Maka berdirilah Ayub, lalu mengoyak jubahnya, dan mencukur kepalanya, kemudian sujudlah ia dan menyembah,

katanya: "Dengan telanjang aku keluar dari kandungan ibuku, dengan telanjang juga aku akan kembali ke dalamnya. TUHAN yang memberi, TUHAN yang mengambil, terpujilah nama TUHAN!"

Dalam kesemuanya itu Ayub tidak berbuat dosa dan tidak menuduh Allah berbuat yang kurang patut.

(Ayub 1:20-22)

 

Jadi bila premis dari jesusfreaks itu benar maka kesimpulan logiknya adalah TUHAN bukan saja MAHABAIK tetapi juga ABSOLUT JAHAT sehingga dapat pula dibenarkan apa yang terungkap dari tulisan jesusfreaks, KEBIADABAN TUHAN. Ini benar-benar mengerikan.... Ciptaan terlalu PONGAH mengatakan sesuatu yang TIDAK PANTAS terhadap PENCIPTA-nya. TUHAN adalah HAKIM MAHAADIL telah di PRAPERADILANKAN oleh CIPTAANNYA bahkan TELAH DIHAKIMI DAN DIHUKUM oleh manusia ciptaan-Nya.

 

IBLIS saja MERINDING membaca topik ini.

 

Supaya jangan kita terjebak dengan pemikiran menyimpang karena bahasan atas topik ini, sebaiknya kita harus mendefinisikan kembali istilah CAUSA PRIMA. Apakah dapat dipahami secara Alkitabiah (walaupun tidak tercatat dalam Alkitab seperti TRINITAS) ataukah hanyalah sebuah peng-istilahan sensasional TANPA BATAS pemahaman (semau gw aje).

 

Marilah kita mulai memeriksanya....

 

Diawali dengan konsep KEJAHATAN...

 

Menurut beberapa teolog, “Kejahatan adalah sesuatu (bisa zat) yang menguasai benda atau makhluk hidup tertentu dan membuatnya menjadi buruk (mis. Virus yang menginfeksi hewan dan kemudian menjalar pada manusia) atau kejahatan juga dapat didefinisikan sebagai kekuatan lawan didunia (lawan dari kebaikan).”

 

Jadi jika TUHAN adalah pencipta dari segala sesuatu (tanpa kecuali), maka berarti membuat TUHAN bertanggung-jawab atas segala bentuk KEJAHATAN.

 

Argumentasi yang dapat diberikan adalah seperti ini :

  1. TUHAN adalah pencipta segala sesuatu
  2. Kejahatan adalah sesuatu
  3. Jadi, Allah adalah pencipta kejahatan

 

Selanjutnya...

  1. Setiap makhluk yang diciptakan Allah sempurna
  2. Makhluk yang sempurna itu tidak bisa melakukan hal yang tidak sempurna.
  3. Jadi, setiap makhluk yang diciptkan Allah tidak bisa melakukan apa yang tidak sempurna

 

Bila demikian maka mengapa Adam dan Hawa yang adalah ciptaan yang termulia dan sempurna bisa berbuat dosa?

 

Perhatikan lagi beberapa premis berikut :

  1. Allah menciptakan segala sesuatu dengan sempurna.
  2. Salah satu hal sempurna yang diciptakan-Nya adalah makhluk yang bebas (dan dalam hal ini adalah manusia)
  3. Kehendak bebas yang dimiliki manusia adalah penyebab kejahatan.
  4. Jadi ketidaksempurnaan (kejahatan) bisa muncul dari kesempurnaan (bukan secara langsung tetapi secara tidak langsung melalui kebebasan)

 


APOLOGETIKAnya adalah :

 

Manusia (dan juga para malaikat) memiliki pilihan yang nyata tentang apa yang dilakukannya. TUHAN menciptakan manusia dan menaruh kehendak bebas padanya supaya manusia bisa seperti TUHAN dalam hal memilih dan memutuskan sesuatu tanpa paksaan dari pihak lain.

 

Jadi bila kita menyebut DIA, TUHAN yang MAHAKASIH, mengasihi ciptaannya tanpa paksaan / dipaksa-paksa (karena DIA ABSOLUT BEBAS) maka manusia pun dapat mengasihi TUHAN, sesama, binatang dan juga alam raya TANPA PAKSAAN (sebab kasih yang dipaksakan sama sekali bukan kasih namanya).

 

Jadi..., kalo manusia diciptakan TUHAN dengan kebebasan memilih lalu TIDAK ADA SESUATU YANG HARUS DIPILIH... apalah gunanya KEBEBASAN ? BAIK dan JAHAT adalah dua hal yang sangat bertentangan tetapi SALING MELENGKAPI sehingga manusia bisa membuat pilihan.

 

Kebebasan berarti kita diberi hak istimewa oleh TUHAN, bukan hanya untuk memilih yang baik-baik saja tetapi juga mempunyai peluang atau kesempatan untuk memilih yang jahat.

 

Itu adalah konsekuensi logis atau risiko yang diambil TUHAN dengan kesadaran mutlak atas segala ciptaan-Nya. Tetapi ingat... hal tersebut tidaklah membuat TUHAN bertanggung jawab atas KEJAHATAN.

 

TUHAN menciptakan fakta/kenyataan adanya KEHENDAK BEBAS MEMILIH;  manusia melakukan tindakan-tindakan bebas. TUHAN membuat kejahatan itu MUNGKIN, manusia membuat kejahatan itu MENJADI NYATA.

 

Ketidaksempurnaan muncul melalui penyalahgunaan kesempurnaan moral manusia sebagai makhluk bermoral yang bebas.

 

TAMBAHAN....,

Adam dan Hawa ketika hidup dalam kekekalan hanyalah “robot-robot”/ONGGOKAN DAGING BERNYAWA ketika berinteraksi dengan sang PENCIPTA. Mereka belum “BEBAS” mengasihi TUHAN karena belum menggunakan hak pilih mereka. Mereka tidak tahu apa itu KEJAHATAN dan juga buta tentang KEBAIKAN. Mereka “BUTA WARNA” hingga mereka menggunakan hak pilih sebagai suatu kebebasan natural. Adam dan Hawa menggunakan kebebasan natural untuk memilih, demikian juga U n I.

Kita semua bebas memilih menurut kesadaran logik/rasio kita.... tapi “Why we blame the ALMIGHTY GOD for all we did (bad or good things) as Prime Cause?”

 

Mengapa TUHAN juga DITUDUH sebagai penyebab utamanya ketika kita dengan kesadaran penuh menggunakan kebebasan natural untuk memilih KEJAHATAN?

 

Sobat.... ketika nt berbuat dosa karena pilihan sendiri..., janganlah dicari-cari “kambing hitamnya” doang.... masih ada khan warna kambilng laen... hehehehe jokes only...

 

Kalo sohib jatuh dalam dosa (karena milih sendiri)... janganlah jadi PILATUS... sohib harus bertanggungjawab atas akibatnya karena sohib lah yang jadi BIANG-KEROK/PENYEBABNYA.

 

Inget ini...

 

Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman.

Karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan, dan menurut ucapanmu pula engkau akan dihukum."

 

Jesus cares...

mike's picture

jefry: namanya juga kebablasan,ya hamblas.

-kasih kebablasan jadi children of god dan pada saksi yeh ;yaitu ngak ada hukuman neraka tapi di lenyapkan.

-baik dan belas kasih kebablasan jadi Theologia Modern:yaitu tak ada penghakiman,hukuman dan neraka

-Allah penuh pengertian sampai kebablasan jadi Unity :yaitu ngak ada dosa penyakit dan kematian .

-Nah sampailah kita pada J E yang kebablasan akrabnya dengan Tuhan hingga TUHAN di katakan "kebiadapan"

-kedaulatan,ketetapan kehendak dan theosentris kebablasan untuk memuliakan Tuhan ternyata malah menghina dan merendahkan Tuhan dan Membuat Tuhan bertabrakan dalam atributNya yang lain.

KEBABLASAN adalah Karena salah ngerti ,dan karena salah ngerti harus kebablasan supaya konsisten.

kebablasan hanya ada satu jurus maut karena ada tertulis di alkitab tapi lupa :YESUS MENJAWAB ADA PULA TERTULIS.

jesusfreaks's picture

@mike : kamu kayaknya bermasalah dengan huruf ya...

JF jadi JE

Jerry jadi Jefry

Biadab jadi Biadap

 

Yesus juga KEBABLASAN turun kedunia...

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

mike's picture

J F :he he aku emang ngak teliti.

-aku emang ngak teliti kalau nulismaklumya apalagi tulis huruf inggris jadi tolonglah kalau baca tulisan saya yang penting artinya.

-tapi aku akan coba lebih teliti.

jesusfreaks's picture

@Jerry : SAYA TIDAK MENYALAHKAN TUHAN

Silahkan baca kembali,

saya TIDAK MENYALAHKAN TUHAN.

saya CUMA BILANG, TERSERAH TUHAN.

DIA punya HAK, kita gak bisa PROTES...

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

mike's picture

J F:Kamu secara ngak langsung membuat Tuhan bersalah.

-Aku tahu dengan jelas kamu tuh baik dan tunduk sekali terhadap Tuhan,aku juga tahu hati kamu adalah memuliakan Tuhan.

-kamu memang ngak menyalahkan Tuhan tetapi dari tulisan kamu itu kamu membuat Tuhan jadi salah ,ada 5 akibat dari tulisan kamu:

1)bagi orang yang ngak beribadah kamu membuat orang menilai Tuhan itu ngak adil ,semena-mena ,baik sekaligus jahat dan membuat mereka anti sama Tuhan.

2)Bagi orang beragama :kamu itu kurang ajar sama Tuhan,kafir,biadab dsb

3)Bagi saya kamu salah semuanya........

4)bagi sebagian calvinis dan reformed ok tapi salah konklusi pada saat kamu pakai kata kebiadaban

5) bagi sebagian besar bloger ss ya tanya aja sendiri ?,setuju sepertinya.

billy chien's picture

testing

vegeta Pictures, Images and Photos

HUAHAHAHAHHAHA AKHIRNYA BERHASILLLL......SUDAH JADI Super Saiya 2....makasih Suhu Hai hai lewat referensi anda ilmu saya nambah,... sekarang saya mau buat link gimana caranya??????

BTW makasih yah sebelom nya

__________________

Kerjakanlah Keslamatanmu dengan takut dan gentar...

hai hai's picture

@billy, Buat Link

billy, untuk membuat link coba kamu klik FAQ dan cari di sana.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Yenti's picture

Tuhan berdaulat is Yes .Tuhan biadab is NO...

Tuhan berdaulat Yes.. Tuhan biadab is No. 

Jika Tuhan biadab, kita lebih biadab dari Tuhan karena kita adalah ciptaanNya.

JIka Tuhan biadab, untuk apa kita percaya kepada Tuhan yang biadab, berarti kita manusia yang paling bodoh di dalam dunia.

Untuk semua pertanyaan di atas, aku hanya mengambil satu kesimpulan :

Just the Mystery of The God. Pembahasan ini pernah kutulis dalam blog ini.

www.sabdaspace.org/misteri_allah

akhung's picture

Allah Berdaulat

Bro JF. saya percaya Allah berdaulat. tapi mengenai dosa dan kejahatan, menurut saya itu konsekuensi kehendak bebas yang sempurna. Sempurna KARENA TIDAK HANYA BISA MEMILIH TAAT, TAPI JUGA BISA MEMILIH TIDAK TAAT. setelah kejatuhan manusia, kehendak bebas itu menjadi tidak murni dan tidak bisa lagi memilih kepada Allah. Anda bisa melihat lebih lanjut tentang pandangan saya pad tulisan saya di http://www.sabdaspace.org/allah_menciptakan_dosa_atau_dosa_konsekuensi_kehendak_bebas

Apa sih dosa itu? ketika ciptaan memilih untuk tidak taat bukan?

anda bertanya, kenapa Allah menciptakan manusia yang bisa berdosa? justru karena manusia itu memiliki KEHENDAK BEBAS YANG SEMPURNA. makanya dia bisa berdosa. kalau tidak, namanya Allah menciptakan robot.

God bless bro..

Kita tidak bisa selalu memiliki apa yang kita sukai, tapi kita bisa untuk belajar menyukai dan mensyukuri apa yang kita miliki

__________________

Jesus Bless U


Akhung Berithel

Kita tidak bisa selalu memiliki apa yang kita sukai, tapi kita bisa belajar menyukai dan mensyukuri apa yang kita miliki

jesusfreaks's picture

@akhung : Bisa tidak menciptakan manusia TAAT SAJA ?

Dear bro,

 

bisa gak TUHAN menciptakan manusia TAAT SAJA ? tanpa kemampuan berdosa ?

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

akhung's picture

bisa aja

Bisa aja... tapi nanti namanya bukan kehendak bebas lagi.. habis pilihannya cuma taat sih..

 

God Bless

 

Kita tidak bisa selalu memiliki apa yang kita sukai, tapi kita bisa untuk belajar menyukai dan mensyukuri apa yang kita miliki

__________________

Jesus Bless U


Akhung Berithel

Kita tidak bisa selalu memiliki apa yang kita sukai, tapi kita bisa belajar menyukai dan mensyukuri apa yang kita miliki

billy chien's picture

akhung senyum pepsodent

akung narsis...

JBU&m

__________________

Kerjakanlah Keslamatanmu dengan takut dan gentar...

akhung's picture

Close Up.. bukan Pepsodent

Bisa dibuktikan secara Alkitabiah kalo narsis dosa?? mana ayatnya??

 

Kita tidak bisa selalu memiliki apa yang kita sukai, tapi kita bisa untuk belajar menyukai dan mensyukuri apa yang kita miliki

__________________

Jesus Bless U


Akhung Berithel

Kita tidak bisa selalu memiliki apa yang kita sukai, tapi kita bisa belajar menyukai dan mensyukuri apa yang kita miliki

billy chien's picture

nga dosa sih bro...

tapi kalo yang lihat fotomu trus kaget dan ko it , gimana ? beban mental tuh huahahahahaahah (just joke ok)

JBU&m

__________________

Kerjakanlah Keslamatanmu dengan takut dan gentar...

jesusfreaks's picture

@billy : MANTAN NARSISSS...

Billy, kayaknya kamu DULU pernah NARSISSS kayak TOMING TSE

udah tobat dari narsis ya...

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

billy chien's picture

JF= ahahahahah

inget aja lu bro...

gua yang mirip F4 aja malu nampang di sini

lha ini akhung resepnya apa yah PD abisssss

JBU&m

__________________

Kerjakanlah Keslamatanmu dengan takut dan gentar...

jesusfreaks's picture

@akhung : NGAMBANG hubungan TAAT dan BEBAS

Kayaknya agak absurd kalau menghubung hubungkan TAAT dengan KEHENDAK BEBAS.

 

KEHENDAK BEBAS KAN BISA AZA BEBAS BERBUAT BAIK...

jadi PILIHANNYA HANYA YANG INDAH INDAH SAJA.

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

akhung's picture

JF...

ini caraku memahami kedaulatan Allah (mungkin bisa salah, tapi sejauh ini, itu yang saya yakini)

Bagaimana bisa mengkaitkan kedaulatan Allah dan kasih Allah?

1 prinsip yang kupegang, Allah beraksi dan bereaksi terhadap dirinya sendiri.. bukan terhadap kehendak bebas manusia..

Alkisah di kekekalan, Allah berencana untuk membuat manusia..

terus dia berencana membuat manusia dengan kehendak bebas, untuk bisa taat atau tidak (sempurna kan? karena bisa taat dan bisa tidak. kalo hanya bisa taat apa sempurna?).. tapi Tuhan Allah yang maha tahu... karena kemahatahuannya, Dia tau bahwa resiko dari menciptakan manusia yang bisa berdosa adalah suatu saat manusia akan berdosa.. karena Dia tahu itu, dia bereaksi terhadap rencanaNya sendiri, dengan rencana penebusan Kristus, dan menetapkan orang-orang pilihan.

Dengan demikian, dosa adalah pilihan manusia dengan kehendak bebasnya untuk tidak taat. Allah tidak menciptakan dosa.. tapi Allah menciptakan manusia yang bisa memilih untuk tidak taat...

Kita tidak bisa selalu memiliki apa yang kita sukai, tapi kita bisa untuk belajar menyukai dan mensyukuri apa yang kita miliki

__________________

Jesus Bless U


Akhung Berithel

Kita tidak bisa selalu memiliki apa yang kita sukai, tapi kita bisa belajar menyukai dan mensyukuri apa yang kita miliki

jesusfreaks's picture

@akhung : Lalu SIAPA PENCIPTA DOSA ???

MOSO DOSA MUNCUL DENGAN SENDIRINYA ???

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

akhung's picture

@JF : Tuhan bukan sumber dosa

Dosa pertama manusia yaitu ketika dia tidak taat pada perintah Tuhan untuk tidak memakan pohon pengetahuan yang baik dan yang jahat... pertanyaannya apa Tuhan menciptakan dosa? yang kutahu, Tuhan menciptakan aturan. KAMU TIDAK BOLEH MAKAN... terus manusia memlih untuk makan...

kalau aku gambarkan taat sama aturan = terang, maka tidak taat gelap..

apakah sumber gelap ada?

gelap muncul karena ketiadaan terang...

tidak taat (dosa) muncul karena ketiadaan ketaatan

ketika ruangan yang gelap, anda membawa lampu (sumber terang), maka akan jadi terang.

mungkinkah di ruangan yang terang, terus anda membawa "SUMBER GELAP" dan ruangan itu jadi gelap? ga mungkin...

kesimpulannya Allah bukan sumber dosa. Allah menciptakan aturan.. Apakah dengan menciptakan aturan membuat Allah harus bertanggungjawab karena manusia melanggar aturan? Apakah dengan pemerintah menciptakan aturan kalau bawa kendaraan harus menggunakan SIM, artinya pemerintah menjadi sumber orang melanggar lalu lintas dan harus bertanggungjawab kalau ada yang melanggar aturan? tentu tidak...

God Bless Bro...

Kita tidak bisa selalu memiliki apa yang kita sukai, tapi kita bisa untuk belajar menyukai dan mensyukuri apa yang kita miliki

__________________

Jesus Bless U


Akhung Berithel

Kita tidak bisa selalu memiliki apa yang kita sukai, tapi kita bisa belajar menyukai dan mensyukuri apa yang kita miliki

jesusfreaks's picture

@akhung : KAMU SESATTT ???

TUHAN itu pencipta TUNGGAL.

DIA pencipta TERANG & GELAP.

 

DIA PENCIPTA KEJAHATAN & KEBAIKAN.

PERNAH DENGAR ISTILAH POHON PENGETAHUAN YANG BAIK & POHON PENGETAHUAN YANG JAHAT.

TUHAN lah PENCIPTA pohon itu.

 

KAMU SESAT JIKALAU MENYATAKAN KEJAHATAN BUKAN CIPTAAN TUHAN.

KAMU SESAT JIKA MENYATAKAN DOSA BUKAN CIPTAAN TUHAN.

 

Ayo coba renungkan dulu lebih seksama...

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

sandman's picture

@JF ini juga sesat ...

PERNAH DENGAR ISTILAH POHON PENGETAHUAN YANG BAIK & POHON PENGETAHUAN YANG JAHAT.

 

tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati."

Hi HIi Hi

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

jesusfreaks's picture

@sandman : masalah bahasa

Iye sori deh, kayaknya masalah bahasa aza deh...

maksud saya ya ITU pohon...

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

sandman's picture

@JF halah ..

Pake sori segala... sekedar MENGGODA dirimu kok...

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

akhung's picture

@JF: Anda hampir sesat...

JF :PERNAH DENGAR ISTILAH POHON PENGETAHUAN YANG BAIK & POHON PENGETAHUAN YANG JAHAT

Akhung: Hati-hati sesat lho... setauku yang ada pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat. kalo dr kalimatmu kesannya pohonnya ada dua, yang baik sendiri, yang jahat sendiri... hehe

JF: KAMU SESAT JIKALAU MENYATAKAN KEJAHATAN BUKAN CIPTAAN TUHAN.

KAMU SESAT JIKA MENYATAKAN DOSA BUKAN CIPTAAN TUHAN.


Akhung : Apa sih artinya pengetahuan yang baik dan yang jahat? apa sih yang baik dan yang jahat?
Apa sih standarnya sesuatu baik sesuatu jahat? Apa sih standarnya sesuatu dosa dan tidak? Tentunya ATURAN DAN KETETAPAN Tuhan.
kalau menurut Anda, dengan membuat aturan berarti membuat kejahatan, it's ok..
tapi menurut saya tidak.. dengan membuat aturan, tidak berarti Tuhan harus bertanggungjawab kalo manusia melanggar..




------------------------Jesus Bless U----------------------

Akhung Berithel

Kita tidak bisa selalu memiliki apa yang kita sukai, tapi kita bisa untuk belajar menyukai dan mensyukuri apa yang kita miliki

__________________

Jesus Bless U


Akhung Berithel

Kita tidak bisa selalu memiliki apa yang kita sukai, tapi kita bisa belajar menyukai dan mensyukuri apa yang kita miliki

jesusfreaks's picture

@akhung : SIAPA NGOMONGIN TANGGUNG JAWAB ???

Dear bro,

 

SAYA CUMA TANYA SIAPA YANG MENCIPTAKAN KEJAHATAN ?
saya gak tanya SIAPA YANG BERTANGGUNG JAWAB, kayaknya kamu masih belum ikuti petunjuk saya, untuk memahami dengan seksama.

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

akhung's picture

@JF: Tinggal ganti kalimat aja bro...

nih. ku ganti kalimat di atas

SEBELUM :

kalau menurut Anda, dengan membuat aturan berarti membuat kejahatan, it's ok..
tapi menurut saya tidak.. dengan membuat aturan, tidak berarti Tuhan harus bertanggungjawab kalo manusia melanggar..

 

SESUDAH :

kalau menurut Anda, dengan membuat aturan berarti membuat kejahatan, it's ok..
tapi menurut saya tidak.. dengan membuat aturan, tidak berarti Tuhan menciptakan kejahatan..

------------------------Jesus Bless U----------------------

Akhung Berithel

Kita tidak bisa selalu memiliki apa yang kita sukai, tapi kita bisa untuk belajar menyukai dan mensyukuri apa yang kita miliki

__________________

Jesus Bless U


Akhung Berithel

Kita tidak bisa selalu memiliki apa yang kita sukai, tapi kita bisa belajar menyukai dan mensyukuri apa yang kita miliki

KEN's picture

JF: Tuhan tidak menciptakan kejahatan

Tuhan hanya menciptakan pohon pengetahuan ttg yang baik dan yg jahat, bukan kejahatan.

billy chien's picture

JF...

MOSO DOSA MUNCUL DENGAN SENDIRINYA ???

 daripada bingung mending nikmatin aja bro...

kayak gini deh masa anjing bingung "ini daging darimana" kan ngak toh, ya santap aja langsung tuh daging tanpa mikir darimana datangnya...

dosa , yah di mengerti aja , jangan dilakukan dan hindari, masalah darimana datengnya dosa bodo amat ya ngak bro.....

sampai botak juga ga akan tahu bro...

JBU&m

__________________

Kerjakanlah Keslamatanmu dengan takut dan gentar...

jesusfreaks's picture

@billy : SETUBUH bro

Saya setubuh...

ada waktunya... kita membiarkan TUHAN memiliki misterinya sendiri...

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

billy chien's picture

JF - belajar tai chi..

lumayan bro... buat jaga jaga ...

JBU&M

__________________

Kerjakanlah Keslamatanmu dengan takut dan gentar...

andreasandreigo's picture

"Hanya dari kata orang saja aku mendengar tentang Engkau, ..."

 Saya tidak tahu apa yang kita dapat ketahui tentang Allah saat Allah berdiam diri. Saya bisa mengenal Dia saat Ia berfirman pada saya, dan dari sudut pandang iman saya, Ia bahkan mengungkapkan lebih dalam lagi diriNya pada saya saat firmanNya itu menjadi manusia. Saya jadi mengenalNya dengan lebih baik lagi.  Tapi memang, saya akui ada saatnya di mana Dia berdiam diri. Saat itu Dia menjadi Allah yang tidak saya kenal. Allah yang saya kenal adalah Allah yang 'bekerja dengan tangan kananNya,' sedangkan saat Dia bekerja dengan tangan kiriNya, saya hanya bisa terdiam. Itu adalah saat yang mencekam, karena bisa jadi pada saat seperti itulah Ayub mengatakan, "... tetapi sekarang mataku sendiri memandang Engkau. Oleh sebab itulah aku mencabut perkataanku dan dengan menyesal aku duduk dalam debu dan abu." (Ayb 42:5b-6).

Saat Allah berdiam diri atau saat Allah bekerja dengan tangan kiriNya, mungkin pada saat itulah pokok persoalan mendasar tentang dosa bisa menjadi jelas. Tapi bagamanakah ia menjadi jelas jika tidak ada yang menjelaskannya pada kita? Ya, seperti Ayub saya hanya bisa 'mencabut perkataanku dan dengan menyesal duduk dalam debu dan abu.'

Saya sendiri memandang 'dosa' tidak sebagai kata benda yang real, yang nyata, tetapi sebagai kata benda abstrak. Oleh sebab itu saya juga tidak sependapat dengan pandangan anda, my dear brother, bahwa dosa 'diciptakan.' Bagi saya, dosa tidak diciptakan tapi 'dibuat' (baca: dilakukan). Penekanannya lebih pada kata kerja 'berdosa' dan bukan kata benda 'dosa.' Sedangkan 'segala sesuatu' di sini yang saya kira dimaksudkan adalah 'segala benda yang real, nyata (meskipun ia tidak harus disentuh atau dilihat secara kasat mata, mahluk roh masuk dalam bagian ini). 

Tetapi yah, ada benarnya juga bahwa kita mesti membiarkan Allah sebagai Allah.

"Sebab, siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan? Atau siapakah yang pernah menjadi penasehatNya?" (Rm 11:34) 

acun's picture

asal nya dosa baca nich baik baik yah..

Banyak sekali pertentangan tentang Pohon ini ( asal Dosa ),saya sendiri pernah mau pindah agama gara gara ini tapi ALKITAB memang ada jawabanya ( Pemahaman dalam Kehidupan )..
jawabanya sangat mudah

1,pasti orang akan bertanya kenapa pohon ini ada,kenapa pohon ini diciptakan,kenapa allah membiarkan manusia memakan buah ini,sedangkan allah maha tahu,apapun yang manusia lakukan pasti allah tahu sebelumnya...so Allah bisa melihat future manusia,kalou begitu kenapa dibiarkan..ini lah pertannya an yang biasa saya dapati..
Jawabanya..
1,kita ini mewakili adam..karena manusia or Adam sudah memakan buah ini jadinya kita bertanya tanya..mengapa begini,mengapa begitu..
2,apakah kita akan mempunyai pertanyaan mengapa Allah menciptakan Pohon ini ( dengan berbagai pertanyaan yang mengapa dan mengapa ), Jika Adam tidak memakan nuah dari Pohon kehidupan ( menuruti perintah Allah ) saya jamin 100 % tidak akan ada pertanyaan itu..biarpun ada 100 pohon pun tidak akan ada pertanyaan seperti itu..mengapa >>>saya beri tahu..
- ketika saya dan kakak saya sekolah Ibu guru kami mengumumkan besok ada ujian,kalian harus belajar yah kata ibu guru..yang nyontek akan di beri nilai 0..
-saya belajar dan sungguh sungguh.akhirnya saya bisa mengerjakan ujian dari ibu guru ( apakah ujian itu masalah buat saya jawabanya adalah TIDAK ,karena saya mendengarkan kata ibu guru untuk belajar dengan sungguh sungguh )
-sedangkan kakak saya tidak belajar..dia malah menyontek dan ketahuan..Akibatnya ( diberi nilai ) dan dia menyalahkan kenapa ada ujian,kenapa begini,kenapa begitu..

dari kasus saya dan kakak saya..
1,apakah ujian tersebut menjadi suatu masalah bagi saya..100% TIDAK ( so jangan kan 1 ujian,1000 ujian pun tidak masalah jika kita melakukan sesuai yang diperintahkan ibu guru saya )

2,bagi kakak saya,apakah ujian itu menjadi masalah??..100 % iya..yang kerjanya hanya menyesali,terus penuh dengan pertanyaan ( KENAPA HARUS ADA UJIAN,KENAPA BEGINI,KENAPA BEGITU )..

so jika adam tidak memakan pohon itu ( case nya KAKAK saya tidak menyontek ) apakah Pohon tersebut menjadi masalah..tentu tidak..

dari sini lah saya mendapatkan jawabanya..
kita sebagai manusia sudah jatuh dalam dosa jangan menyesali dengan bertanya tanya ( kok buah itu ada or apakah tuhan gak bisa mikir )..tapi yang harus kita lakukan adalah MARI MAJU TERUS UNTUK ALLAH AGAR KITA BISA MENYELESAIKAN UJIAN UJIAN SELANJUTNYA..

GBU ALL..

matahari's picture

@JF

Teori anda tentang Allah yang berdaulat penuh dengan segala filosofi ngawur tersebut bukanlah Allahnya orang Kristen, bukan pula Allah yang tertulis di Alkitab... itu adalah Allah ciptaan imaginasi anda sendiri...

Allah yang Maha Mulia yang saya sembah bukanlah penyebab kejahatan, bukanlah penyebab dosa, juga bukan Allah yang menyebabkan sebagian manusia berdosa kemudian menjebloskannya ke neraka...

Allah yang saya sembah adalah Allah yang hanya menciptakan kebaikan semata-mata, namun karena freewill manusia lah dosa mulai muncul dan menyebar merajalela sehingga karya mulia yang dari awal dipersiapkan Allah menjadi kotor karena freewill manusia.  Apakah dengan demikian kedaulatan Allah dikalahkan oleh freewill manusia? Sama sekali tidak !  Desain Allah atas kehidupan memang melibatkan pilihan atas mahluk ciptaanNya... yang namanya pilihan ya tentu lebih dari satu.  Kalo tidak taat, ya tidak taat.  Itu memang diijinkan Allah bagi manusia.... Jadi pada saat penghukuman kelak, Allah tidak bisa dituding sebagai pihak yang turut andil atas masuknya manusia ke neraka, karena itu memang bukan kehendakNya...

Bila anda mengimani Allah seperti tulisan anda diatas, rasanya anda perlu merenung, berpikir kembali, lalu segera bertobat, karena sadar atau tidak sadar, anda sedang mendiskreditkan Allah Yang Maha Mulia... TUHAN YESUS YANG AGUNG...

Demikian himbauan saya, semoga bermanfaat...

 

jesusfreaks's picture

@matahari : kamu harus RELA...

Dear matahari,

 

tidak bisa tidak, pencipta itu TUNGGAL.

apakah ALLAH yang menciptakan kejahatan dan dosa, tentu YA.

apakah kejahatan atau dosa itu sebagai bentuk "kemungkinan" dimana manusia bisa berbuat dosa atau tidak ? mungkin itu yang perlu kita bahas.

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

matahari's picture

@JF : Mari kita bahas

Dear JF

Allah yang Maha Suci / Kudus sudah jelas / sudah pasti TIDAK menciptakan dosa.  Karena tidak ada sesuatu yang najis keluar dari sumber yang kudus.  Pengertian Dosa itu sendiri bila didefinisikan secara sederhana adalah Ketidaktaatan pada perintah Tuhan. Tuhan melarang A, eh manusia melakukan A, itulah pelanggaran perintah yg didefinisikan secara sederhana sebagai Dosa.  Tuhan nyuruh manusia melakukan B, eh manusia tidak melakukannya. Itu juga disebut Dosa.  Jadi bila ditelusuri, sesungguhnya bukan Dosa / Pelanggaran nya yang diciptakan Tuhan, namun Pilihannya.  Tuhan memberikan freewill yaitu pilihan bagi manusia untuk bebas memilih taat atau tidak taat.  Tuhan tidak menetapkan manusia agar tidak taat.  Justru Tuhan menginginkan manusia agar taat.  Dengan demikian jelas bahwa Tuhan tidak menciptakan Dosa.

Gambaran diatas bisa saya umpamakan dng mengutip statement Einstein tentang, Gelap - Dingin - dan Kejahatan.  Tuhan tidak pernah menciptakan kegelapan, sebab kegelapan pada dasarnya adalah ketiadaan Terang.  Apa buktinya? Buktinya tidak ada alat pengukur kegelapan.  Yang ada adalah Alat Pengukur Terang (Intensitas Cahaya).  Tuhan juga tidak pernah menciptakan Dingin, karena pada dasarnya dingin adalah ketiadaan Panas. Buktinya tidak ada alat pengukur dingin, adanya alat pengukur panas yang kita kenal dengan istilah termometer.  Kondisi beku solid, sebenarnya hanyalah ketiadaan panas.  Demikian pula dengan kejahatan. Pada dasarnya Tuhan tidak menciptakannya. Kejahatan adalah ketiadaan Kebaikan.  Jadi tampak ada 2 kutub, namun sebenarnya esensi dasarnya hanya ada 1 kutub, sedangkan kutub lainnya timbul karena gradasi dari kondisi asal.  Ini hanya sebuah contoh.

Karena diberikan kehendak bebas, maka manusia memiliki potensi untuk taat atau tidak taat. Ketidaktaatan disebut dosa, namun sekali lagi, Allah tidak menetapkan manusia untuk tidak taat.  Dari semula Allah tahu bahwa kelak nantinya manusia yang diciptakannya itu akan tidak taat, namun bukan berarti bahwa Allah menetapkan manusia agar tidak taat.  Jadi penetapan Allah tidak didasarkan pada PengetahuanNya.  Dia tahu akan ada potensi pelanggaran, tapi hal tersebut Dia ijinkan tetap terjadi. Hal demikian ini tidak bisa disebut bahwa Allah menetapkan pelanggaran terjadi.  Jadi kata kunci dari semua keadaan dunia saat ini bukan pada FATE / DESTINY namun FREEWILL.

Saya sadar dan tahu bahwa anak saya ketika mulai bersekolah tentu dia akan kehilangan banyak waktu bermainnya. Mungkin dia akan tertekan dengan banyaknya materi belajar, mungkin juga berpotensi kena masalah dalam lingkup sosialnya. Apalagi dia memilih sekolah yang favorit, tentu "beban"nya akan bertambah2, dan benar-benar menguras energi dan pikirannya, sehingga hobi musiknya tidak bisa ditekuni lagi, dsb..dsb...  Saya tahu dari semula keadaan itu, dan saya membiarkannya terjadi seperti yang anak saya mau. Bila suatu saat kelak setelah dewasa ternyata beberapa kawannya jadi ahli main piano dan mengadakan konser, mungkin anak saya bisa bilang kepada saya, kok kenapa dari dulu saya tidak mengarahkan dia agar belajar piano saja setiap hari sehingga sekarang bisa jadi master piano, maka saya akan jawab, kamu yang memilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu pada waktu itu.  Dengan demikian anak saya bertanggungjawab pada dirinya sendiri, dan tidak bisa serta merta menyalahkan saya atas pilihan dan kehidupan yang dia jalani.  Akan berbeda keadaannya bila dia menginginkan belajar piano setiap hari dan memilih sekolah di tempat biasa (yg tidak favorit). Bila dia lebih memilih fokus pada musik dan mengorbankan prestasi sekolah, namun saya memaksakan yang sebaliknya, maka dia punya hak untuk menggugat saya.

Allah tidak bisa dituding sebagai penyebab keadaan berdosanya manusia, karena memang Dia bukan penyebabnya.

Demikian bro JF, silakan ditanggapi...

 

sandman's picture

@Matahari Einstein yang ini bukan?

Seorang Profesor dari sebuah universitas terkenal menantang mahasiswa-mahasiswanya dengan pertanyaan ini :

Profesor : Apakah Tuhan menciptakan segala yang ada?

Seorang mahasiswa dengan berani menjawab :

Mahasiswa : Betul, Dia yang menciptakan semuanya.

Tanya Profesor sekali lagi kepada mahasiswanya :

Profesor : Tuhan menciptakan semuanya?

Mahasiswa : Ya, Pak, semuanya.

Profesor : Jika Tuhan menciptakan segalanya, bearti Tuhan menciptakan kejahatan. Karena kejahatan itu ada dan menurut prinsip kita bahwa pekerjaan kita menjelaskan siapa kita, jadi kita bisa berasumsi bahwa Tuhan itu adalah kejahatan.

Mahasiswa itu terdiam dan tidak bisa menjawab hipotesis profesor tersebut. Profesor itu merasa menang dan menyombongkan diri bahwa sekali lagi dia telah membuktikan kalau agama itu adalah sebuah mitos.

Mahasiswa lain mengangkat tangan dan berkata :

Mahasiswa : Profesor, boleh saya bertanya sesuatu?

Profesor : Tentu saja.

Mahasiswa : Profesor, apakah dingin itu ada?

Profesor : Pertanyaan macam apa itu? Tentu saja dingin itu ada. Kamu tidak pernah sakit flu?

Mahasiswa : Kenyataannya Pak, dingin itu tidak ada. Menurut hukum fisika yang kita anggap dingin itu adalah ketiadaan panas. Suhu -46′F adalah ketiadaan panas sama sekali. Dan semua partikel menjadi diam dan tidak bisa bereaksi pada suhu tersebut. Kita menciptakan kata dingin untuk mendeskripsikan ketiadaan panas.

Mahasiswa itu melanjutkan dengan pertanyaan yang lain :

Mahasiswa : Profesor, apakah gelap itu ada?

Profesor : Tentu saja ada.

Mahasiswa itu menjawab : Sekali lagi Anda salah, Pak. Gelap juga tidak ada. Gelap adalah keadaan dimana tidak ada cahaya. Cahaya bisa kita pelajari sedangkan gelap tidak. Kita bisa menggunakan prisma Newton untuk memecahkan cahaya menjadi beberapa warna dan mempelajari berbagai panjang gelombang setiap warna. Tapi Anda tidak bisa mengukur cahaya. Seberapa gelap suatu ruangan diukur dengan berapa intensitas cahaya di ruangan tersebut. Kata gelap dipakai untuk mendeskripsikan ketiadaan cahaya.

Akhirnya mahasiswa itu bertanya kepada Profesornya :

Mahasiswa : Profesor, apakah kejahatan itu ada?

Dengan bimbang profesor itu menjawab :

Profesor : Tentu saja, seperti yang telah kukatakan sebelumnya. Kita melihat setiap hari di koran dan TV. Banyak perkara kriminal dan kekerasan di antara manusia. Perkara-perkara tersebut adalah manifestasi dari kejahatan.

Terhadap pertanyaan ini mahasiswa itu menjawab :

Mahasiswa : Sekali lagi Anda salah, Pak. Kejahatan itu tidak ada. Kejahatan adalah ketiadaan Tuhan. Seperti dingin atau gelap. Kejahatan adalah kata yang dipakai manusia untuk mendeskripsikan ketiadaan Tuhan. Tuhan tidak menciptakan kejahatan. Kejahatan adalah hasil dari tidak adanya kasih Tuhan dihati manusia. Seperti dingin yang timbul dari ketiadaan panas dan gelap yang timbul dari ketiadaan cahaya.

Profesor itu teridam, tidak bisa berkata apa-apa.

Nama mahasiswa itu adalah : Albert Einstein.

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

jesusfreaks's picture

@matahari : berikut 3 ayat ALLAH PENCIPTA SEGALA SESUATU

Yesaya 45:7 yang menjadikan terang dan menciptakan gelap, yang menjadikan nasib mujur dan menciptakan nasib malang; Akulah TUHAN yang membuat semuanya ini.

Yesaya 54:16 Sesungguhnya, Akulah yang menciptakan tukang besi yang menghembus api dan menghasilkan senjata menurut kecakapannya, tetapi Akulah juga yang menciptakan pemusnah untuk merusakkannya.
 
Kolose 1:16 karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.
 
=======
 
ALLAH melihat semuanya itu baik, NAMUN...terjadi KECURANGAN...itulah mungkin yang menjadi excess.
 
semisal, ketika penemu "menciptakan" pisau, penemu tersebut "melihat" semuanya itu baik. NAMUN ketika terjadi KECURANGAN/PENYALAHGUNAAN, maka pisau itu dipakai untuk KEJAHATAN.
 
analago ini masih panjang, tapi...mungkin bisa menjadi langkah awal dari tanggapan saya terhadap komentmu.
 
mari pakai ALKITAB...
 
 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jesusfreaks's picture

@sandman : menurutmu ?

itukan menurut albert einstein, kalau menurut kamu bagaimana ???

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

sandman's picture

@JF Menurutku?

Saya hanya hanya memberi ilustrasi yang di maksud oleh matahari, apakah betul itu? atau ada yang lain?

Menurutku? tentang apa?

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

jesusfreaks's picture

@sandman : ya e lah...

ya e lah...

masa gak jelas arah pertanyaan saya.

bwi hi hi hi...

ya tentang pendapat albert itu lah ?

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

sandman's picture

@jf percuma ...

Si albertnya udah mati buat apa di koment :P

jadi mending tanya dulu si matahari apa betul cerita yang itu? apakah pemahaman dia berdasarkan cerita itu.. baru kasih koment.. :P

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

matahari's picture

@JF : 3 Ayat

Dear JF,

Saya mengamini dan mengimani ketiga ayat yang kamu tulis diatas. Semuanya oke, dan saya tidak mau mempermasalahkannya.

Contoh Pisau yg kamu pakai itu bagus, dan sekarang saya mau pakai juga.  Bilamana semua hal ditetapkan Tuhan seperti yang JF tulis di paling atas itu... saya ibaratkan seseorang membuat pisau. Pisau yang semula dimaksudkan untuk hal-hal baik, ternyata disalahgunakan untuk hal-hal yang tidak baik. Bila ini yang terjadi, maka pisau itu tidak boleh dihukum, karena pisau hanyalah sebuah alat. Yang bersalah bukan pisaunya, tapi the man behind the gun nya alias orang yang memakainya.  Bila Tuhan yang menciptakan semuanya, dan Tuhan pula yang mengatur semuanya, termasuk men-skenario-kan segala kejahatan dalam kehidupan manusia, maka sudah jelas 100000000000% manusia tidak boleh dihukum karena kejahatan yang "pada dasarnya" tidak dilakukannya, melainkan diskenariokan Tuhan.  Saya belum pernah melihat, membaca, atau mendengar ada sebuah pisau divonis hukuman oleh hakim, gara-gara pisau tersebut digunakan untuk membunuh orang. Yang selama ini saya ketahui, yang dihukum adalah oknum / pelakunya, dan bukan alatnya.

Kejahatan itu adalah ekses (seperti yang telah JF tulis diatas), yang merupakan suatu bentuk penyimpangan kehendak.  Menurut saya perlu mendefinisikan dulu kata kejahatan yang sering kita tulis selama ini.  Dalam kacamata saya, berkenaan dng kata kejahatan, saya melihat hanya 2 sisi, yaitu Ketaatan pada perintah Tuhan, atau Ketidaktaatan pada perintah Tuhan.  Ketidaktaatan inilah yang disebut Tuhan sebagai kejahatan yg juga diistilahkan dengan dosa.  Ketidaktaatan tidak diciptakan.  Mungkin orang bertanya, kalo ketidaktaatan tidak diciptakan, kenapa bisa ada? Sayapun bisa bertanya, kalo Allah tidak diciptakan, kenapa bisa ada? 

Ketidaktaatan itu adalah ekses dari kehendakbebas.  Mungkin lebih baik saya menggunakan istilah potensi dibandingkan ekses.  Potensi untuk taat atau tidak taat itu melekat pada hakekatnya.  Dan hakekatnya itu adalah kehendak bebas.  Ketika Tuhan menciptakan manusia yang segambar dan serupa dengan Dia, satu paket didalamnya terdapat kehendakbebas itu, yang semula hanya dimiliki oleh Tuhan, dan sekarang juga dimiliki oleh manusia. Nah di dalam perangkat yg disebut "kehendakbebas" itulah terdapat potensi untuk taat atau tidak taat.  Bila dilihat urutannya memang Tuhan sumber dari segalanya, namun secara hakiki, Tuhan tidak menciptakan ketidaktaatan atau kejahatan.

Mengenai ajakan JF untuk pakai Alkitab, rasanya saya belum mampu mengkolaborasikan ayat-ayat yang tampak saling kontradiktif antara freewill dng fate, karena sepanjang jaman ini dari sekian banyak ahli thelogi yang begitu pandai-pandai, merekapun tetap tidak harmonis ketika berhadapan ayat lawan ayat.  Entah mungkin suatu saat ada masanya dimana Tuhan akan memberikan pencerahan sehingga kita semua tahu kebenaran yang sebenar-benarnya antara Calvin atau Armenius, atau mungkin gabungan keduanya, atau bahkan penyingkapan misteri yang baru yg selama ini tidak kita kenal walau sudah terpampang di Alkitab selama dua ribu tahun.

Demikian uraian saya... silakan ditanggapi...

jesusfreaks's picture

@matahari : ALLAH MENGHUKUM DIRI SENDIRI

Dear Matahari,

 

1. thank you untuk meng amin i DAN meng iman i.

2. kembali soal analogi pisau. mungkin ada baiknya kita melirik kisah Ular, Hawa dan Adam. seperti yang matahari ketahui, KALAU kita memakai ANALOGI PISAU matahari, maka hanya ULAR lah yang kena hukuman. NAMUN ternyata, KETIGANYA terkena HUKUMAN.

3. kalau matahari mau ikut KELIARAN saya dalam merenung, maka matahari mungkin akan melihat perasaan ALLAH yang bersalah.

 

menurut matahari, KENAPA ALLAH menyelamatkan manusia ?

seandainya MANUSIA itu bersalah dengan SENDIRInya, KEMUNGKINAN ALLAH tidak akan MENYELAMATKANnya ?

 

Apakah ALLAH bersalah ?

SAYA TIDAK TAHU, tapi mungkin ALLAH MERASA BERSALAH ?!?!

 

Apakah ALLAH menghukum diri sendiri ? SAYA TIDAK TAHU, tapi DIA mengirim ANAKNya untuk MATI.

Dan hal itu PASTI SANGAT MENYAKITKAN.

 

=======

wah gara-gara diskusi sama kamu, saya ada ide bikin blog nih.

mungkin judulnya : ALLAH MERASA BERSALAH, ALLAH MENGHUKUM DIRI SENDIRI.

 

bwi hi hi hi...

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

M23's picture

@JF: pasti asyiiik nih...

Saya tunggu blog nya ya....

Opera ad extra.....hehehehe.....

 

Tuhan aku percaya; tolonglah aku yang tidak percaya ini.

jesusfreaks's picture

@M23 : Bwi hi hi hi...

dear M23,

 

sabar ya...

ALLAH MENGHUKUM DIRI SENDIRI...

sudah berseliweran dikepala saya nih... wah alamatnya gak bisa libur natal dan tahu baru nih...

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

matahari's picture

@sandman : Betul

Dear Sandman,

Betul, memang yg ditulis sandman itulah yang saya maksudkan dalam contoh saya.

Entah itu cerita sumbernya dari Einstein atau tidak, namun substansi dan faktanya memang benar.  Uraian tulisan tersebut sangat sinkron dengan masalah kehendakbebas yang ternyata telah melahirkan ketidaktaatan.

Namun pemahaman saya bukan berasal dari cerita itu.  Sebelum saya membaca cerita itu saya telah belajar dan memahami bahwa Allah memang bukan pencipta kejahatan.  Kisah tersebut diatas hanyalah sebuah contoh yang sangat bagus dan sangat tepat untuk menggambarkan pemahaman saya yang sebelumnya sulit untuk dideskripsikan.

 

jesusfreaks's picture

@joli : MASIH TIDAK SUKA BLOG INI ?!?!

Dear joli,

 

karena diskusi dengan matahari, ada terlintas perenungan liar lain, yang mungkin akan membuat kamu SEDIKIT menyukai blog ini.

yaitu soal koment saya di SINI.

gimana ????

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

joli's picture

JF, jangan menjadi normal..

JF, ha.. ha... setelah Joli baca ulang, Joli suka blog ini, nampak  baunya JF he.. he.. Joli suka JF yang hitam putih, tidak ada abu-abu-nya, ternyata yang Joli nggak suka adalah  komentarnya JF yang "harap maklum" ... Dan dari jawaban JF sudah jelas " Anyway, nanti gw cari ayat lain, harap maklum gw PENULIS INSTANT, apa yang terlintas gw langsung tulis."   Bila mencari ayat tuk dukung pola pikir itu yang joli nggak suka..

JF ditunggu blog nya "Aku TIDAK TAHU, ALLAH merasa bersalah"

You are still my guru, maka-nya bila ndlenger, Joli yang ingetin duluan, bila JF menjadi "normal", Joli yang paling kehilangan duluan..

Merry Christmas, salam Natal, buat ur istri, jesse, dan JF Jr..

SAMMY SIGA's picture

mutiaranya

andai Allah yang mencipta dosa n kejahatan, tapi Dia ga berdosa n ga melakukan kejahatan, ga ada masalah toh.

btw, bung jf, manusia bisa kok protes sama Allah, cuma ga mampu ngalahin kedaulatan kehendakNya.

__________________

jesusfreaks's picture

@sammy siga : you got my point...

i think you got my point in this blog.

may the "mutiara" are precious in yor life...

God bless you bro...

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

matahari's picture

@ JF

Dear JF,

Kisah Ular, Hawa, dan Adam itu jelas ketiganya bersalah... ular melakukan persuasi negatif (kontra larangan Tuhan), Hawa menuruti persuasi ular dan melanggar larangan Tuhan, sedangkan Adam pun ikut2an makan.  Baik Hawa maupun Adam menggunakan kehendakbebasnya untuk tidak mentaati perintah Tuhan alias melanggar larangan Tuhan.  Jadi menurut saya sudah sangat jelas bahwa ketiganya bersalah, dan wajar kalau ketiganya kena hukuman.

Saya belum bisa mengikuti keliaran JF karena saya tidak tahu alurnya. Mungkin kalo saya tahu alurnya, setidaknya saya bisa mencicipi sedikit rasanya. Bisa tolong diuraikan keliarannya?

Pertanyaan JF:

menurut matahari, KENAPA ALLAH menyelamatkan manusia ?  seandainya MANUSIA itu bersalah dengan SENDIRInya, KEMUNGKINAN ALLAH tidak akan MENYELAMATKANnya ?

Jawaban saya:

Yohanes 3:16

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

 Pertanyaan Retorik JF: 

Apakah ALLAH bersalah ?

SAYA TIDAK TAHU, tapi mungkin ALLAH MERASA BERSALAH ?!?!

Tanggapan saya:  Menurut saya ALLAH tidak bersalah dalam hal apapun.

 

 

 

 

 

 

jesusfreaks's picture

@matahari : ALLAH "MERASA" bersalah

1. Penyebab itu ada 2 : Main cause (penyebab UTAMA) dan Root Cause (penyebab AKAR).

Root Cause hanya bisa terjadi karena Main Cause.

Main Cause cuma SATU, root cause bisa BANYAK.

Godaan ULAR adalah penyebab UTAMA, yang menghasilkan penyebab-penyebab akar.

SEANDAINYA ular TIDAK MENGGODA, maka "KEMUNGKINAN BESAR" Hawa dan Adam, TIDAK AKAN JATUH DALAM PELANGGARAN.

 

2. Katakanlah ULAR TIDAK MENGGODA, nah apakah menurut kamu MUNGKINKAH MANUSIA jatuh kedalam DOSA ?

 

3. ayat yang kamu pakai Yohanes 3 : 16.

bolehkan saya mempertanyakan ayat tersebut ???

Karena begitu besar kasih ALLAH akan dunia ini...

bisakah kamu menjelaskan sedikit lebar :

- Kenapa ALLAH begitu mengasihi DUNIA ini ?

- apa yang dimaksud "DUNIA" dalam ayat tersebut ?

- apakah cuma manusia yang dimaksud dengan "DUNIA" pada ayat tersebut ?

 

4. saya agak kurang setuju dengan komentmu :

Mungkin orang bertanya, kalo ketidaktaatan tidak diciptakan, kenapa bisa ada? Sayapun bisa bertanya, kalo Allah tidak diciptakan, kenapa bisa ada?

- kamu baca kembali kalimat mu tersebut, perhatikan baik-baik, kamu TIDAK BOLEH MENSEJAJARKAN "ketidaktaatan" dengan ALLAH.

HANYA ALLAH YANG TIDAK DICIPTAKAN, SELAIN ALLAH HARUS DICIPTAKAN.

 

=======

 

saya akan coba giring kamu mencicipi keliaran saya.

tapi jangan lupa keluarga, jaga makan dan kesehatan ya.

bwi hi hi hi...

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

matahari's picture

@JF

Dear JF,

1.  Seandainya Ular tdk menggoda, Adam dan Hawa tetap punya potensi jatuh dalam dosa. Karena Adam dan Hawa tetap sudah memiliki freewill, akal budi, nalar, perasaan, pertimbangan, dsb. Ular adalah salah satu penyebab, namun penyebab lain yang bisa timbul adalah sikap hati / pikiran Adam / Hawa itu sendiri.  Bisa saja suatu saat mereka berpikir sendiri alias pikiran mereka yang tergoda. Kalo saya pake bahasa JF, pikiran mereka berkeliaran atau bereksplorasi sehingga menduga-duga, atau timbul niat mencoba-coba, dsb.  Kesalahan keputusan / pikiran manusia datangnya tidak selalu harus dari luar / dari setan / orang lain, dsb, tapi bisa juga datang dari pikiran orang itu sendiri.  Bukan hanya Adam dan Hawa, semua manusia mengalami ini.

2.  Berdasarkan uraian saya nomor 1, jawaban saya untuk nomor 2 ini adalah jelas bahwa Manusia sangat mungkin berdosa tanpa godaan dari Ular.

3a.  Kenapa Allah begitu mengasihi dunia? ya karena Allah adalah Kasih.  Jadi karakter / sifatNya memang kasih. Tidak aneh kalo Allah mengasihi manusia walaupun manusia itu sudah jatuh dalam dosa.

3b. Yang dimaksud "dunia" dalam ayat itu adalah "manusia", karena ayat itu setelah tanda koma dilanjutkan dengan kata "..., supaya setiap orang yang percaya..."

3c. Apakah cuma manusia yang dimaksud dng Dunia pada ayat tersebut? sampai sejauh ini saya baru bisa menangkap "hanya manusia", saya belum menangkap bahwa Allah juga mengasihi setan, binatang, dsb... ga tau mungkin kalo dapat pemahaman baru saya baru bisa mengerti kali...

4. Saya setuju dengan pernyataan JF, bahwa apapun tidak boleh disejajarkan dengan Allah.  Tapi sesungguhnya, niat / maksud hati saya dalam pernyataan itu bukan mau mensejajarkan sesuatu dng Allah, hanya memberi contoh / analogi saja.  Ya mungkin analogi saya tidak tepat. Jadi saya koreksi saja.

Ayo giring saya terus....

Tenang saja, sebuah discuss tidak mungkin sampai membuat saya lupa keluarga, tidak menjaga makan, atau tidak menjaga kesehatan...

jesusfreaks's picture

@matahari : apa itu freewill ?

simple aza,

APA itu freewill ?

kandungan APA yang terdapat dalam freewill ?

apakah FREEWILL ada di LUAR Tuhan ?

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

matahari's picture

@JF

Dear JF,

  1. Will= Kehendak, Free = Bebas. Saya tidak bisa menguraikan lagi kata kehendak, karena menurut pandangan saya itu sebuah kata dasar.  Kehendak kira-kira bisa disamakan dengan keinginan, hasrat / desire, atau kemauan.  Kalo orang lapar, maka terbersit pikiran untuk makan, ini saya sebut "kehendak untuk makan".  Kalo orang ngantuk, maka dia menginginkan tidur, itu juga saya sebut kehendak.  Nah, bebasnya adalah ketika seseorang lapar, maka tubuhnya menuntut untuk makan, namun yang bersangkutan bisa memilih untuk menuruti tubuhnya lalu makan, atau memutuskan sebaliknya, tidak makan.  Demikian juga ketika kantuk tiba, orang bebas memilih untuk menahan kantuk, atau memutuskan untuk tidur. Ini yg saya maksud dengan freewill.
  2. Saya tidak tahu kandungan apa yang terdapat dalam freewill.
  3. Freewill atau apapun juga pasti ada didalam Tuhan. Menurut saya tidak ada sesuatupun yang diluar Tuhan.  Walaupun ada di dalam Tuhan, namun tidak berarti bahwa Tuhan bertanggungjawab atas freewill yang didesainNya tersebut.  Karena freewill bersifat independent, yang setelah diciptakan lalu didelegasikan kepada manusia, maka pertanggunganjawabnya ada pada penerimanya. Sama seperti rakyat memilih presiden, tentu keinginan rakyat adalah agar presiden melaksanakan tugasnya demi kepentingan rakyat dan negara.  Bila presiden menyalahgunakan jabatannya sehingga menimbulkan kerugian pada rakyat/ negara, maka presiden itulah yang harus dimintai pertanggungan jawab, bukan rakyat yang memilihnya.  Rakyat tentu tahu bahwa seorang presiden tentu punya potensi untuk menjadi presiden bisa menjalankan jabatannya bagi kepentingan negara, sebaliknya presiden juga punya potensi untuk menyalahgunakan jabatannya.  Sekalipun rakyat tahu ada potensi negatif dari presiden, faktanya tetap saja rakyat memilih seorang presiden bagi negaranya.  Dalam contoh ini tolong jangan dibilang saya menyamakan Tuhan dengan rakyat dan manusia dengan presiden.  Ini hanya sekedar analogi untuk memperjelas penggambaran.

Tuhan paham sekali, bahwa ketika Dia menciptakan freewill bagi manusia, maka ada potensi manusia memberontak.  Bila faktanya Dia tetap menciptakan manusia dng freewill tentu Dia punya alasan yang lebih solid, yaitu agar manusia ciptaanNya yang diharapkanNya untuk menyembahNya itu melakukannya dengan kehendak bebas manusia itu sendiri.  Tuhan bisa saja menciptakan manusia tanpa freewill, alias manusia yg 100% taat dan tunduk kepadaNya selamanya.  Namun Dia tetap memilih untuk memberikan pilihan pada ciptaanNya.  Kriteria dosa / pelanggaran itu dimulai dari freewill ini + aturan.  Ada freewill tapi tidak ada aturan, maka tidak ada pelanggaran.  Tanpa freewill maka tidak perlu ada aturan, karena bila manusia diciptakan untuk taat 100%, maka aturan apapun yang dibuat Tuhan sudah pasti 100% akan ditaati.  Adam + Hawa memiliki freewill, tapi Tuhan juga bikin aturan yaitu "jangan makan buah pohon pengetahuan baik & jahat".  Adam + Hawa menggunakan freewillnya untuk melanggar aturan Tuhan tersebut, maka terciptalah apa yang disebut dosa. Tuhan tahu dosa akan muncul, tapi Tuhan tidak menciptakan dosa, namun Tuhan mengijinkan dosa timbul.  Pabrik mobil tahu bahwa mobil yang dibuatnya punya potensi akan rusak, macet, ngadat, mogok, dsb, namun pabrik mobil tidak menciptakan kerusakan atau mendesain agar rusak.

Demikian uraian saya, silakan giring saya agar bisa menyelami maksud anda....

Oh ya, met Natal yaa....