Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

<Matius 6:1 > Sedekah atau Agama?

josia_sembiring's picture

1."Ingatlah, jangan kalian melakukan kewajiban agama di depan umum supaya dilihat orang. Kalau kalian berbuat begitu, kalian tidak akan diberi upah oleh Bapamu di surga."

1."Ingatlah, jangan kamu melakukan kewajiban agamamu di hadapan orang supaya dilihat mereka, karena jika demikian, kamu tidak beroleh upah dari Bapamu yang di sorga."

1."Take heed that ye do not your alms before men, to be seen of them: otherwise ye have no reward of your Father which is in heaven."

1."prosechete tEn eleEmosunEn humOn mE poiein emprosthen tOn anthrOpOn pros to theathEnai autois ei de mEge misthon ouk echete para tO patri humOn tO en tois ouranois"

2."Jadi apabila engkau memberi sedekah, janganlah engkau mencanangkan hal itu, seperti yang dilakukan orang munafik di rumah-rumah ibadat dan di lorong-lorong, supaya mereka dipuji orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya."

 2."Jadi, kalau kalian memberi sedekah kepada orang miskin, janganlah menggembar-gemborkan hal itu seperti yang dilakukan oleh orang-orang munafik. Mereka suka melakukan itu di dalam rumah ibadat dan di jalan raya, supaya dipuji orang. Ingatlah, mereka sudah menerima upahnya."

 2."Therefore when thou doest thine alms, do not sound a trumpet before thee, as the hypocrites do in the synagogues and in the streets, that they may have glory of men. Verily I say unto you, They have their reward."

2."hotan oun poiEs eleEmosunEn mE salpisEs emprosthen sou hOsper hoi hupokritai poiousin en tais sunagOgais kai en tais rumais hopOs doxasthOsin hupo tOn anthrOpOn amEn legO humin apechousin ton misthon autOn"

Mengapa i_BIS dan i_TB dari Sabda mengartikan alm/eleEmosunEn sebagai agama di ayat pertama? Saya membaca ayatnya menjadi gamang karena dalam pikiran saya, apakah agama yang dikatakan disitu oleh Yesus adalah agama Musa? Kalau agama Musa, berarti Yesus menguatkan bahwa agama Musa itu wajib dijalankan.

 Namun setelah lihat-lihat ayat berikutnya dan terjemahan bahasa Inggris (AV) dan mencari padanan katanya di bahasa Indonesia, saya menemukan kata sedekah. Dan diayat kedua pun seperti tertulis diatas artinya adalah sedekah. Apakah alasan penerjemah Indonesia mengartikan kata di ayat pertama sebagai agama, bukan sedekah?

Kalau Yesus menyatakan sedekah dalam ajarannya, mestinya sedekah itu sangat penting sehingga ditulis oleh penulis-penulis injil. Dengan bersedekah maka kita akan mendapatkan upah dari Bapa di Sorga (ayat-4). Upah apakah itu? Yesus tidak memberitahu secara spesifik bentuk konkrit dari upah itu.

Apa itu sedekah? Sedekah menurut saya adalah memberikan bantuan berupa materi kepada seseorang yang membutuhkan dan orang yang diberi benar benar tidak mampu secara materi menopang hidupnya. Menurut Wikipedia silahkan dibaca sendiri http://en.wikipedia.org/wiki/Alms. Dan satu hal yang perlu dipegang adalah dalam memberi sedekah harus dengan wajah yang berseri (namun bukan seri dalam sinetron2) tapi memperlihatkan sukacita dalam hati. "Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik?(Kej 4:7)"

Saya sendiri dalam hidup ini seingat saya belum pernah melakukan sedekah seperti yang dikatakan Yesus. Masalahnya, sewaktu memberi kepada orang lain (pengemis/pengamen) selalu saja ada orang lain disitu yang melihat. Walaupun motif saya baik untuk memberi, dan tidak ada maksud untuk memamerkan kebaikan saya, tetap saja saya pasti dapat penilaian dari orang (upah dari orang). Lalu kalau begitu, bagaiamana dengan upah dari Bapa Sorgawi? Adakah saya dapat? Wallahualam, karena Yesus pun tak pernah membicarakan secara spesifik bentuk konkrit dari upah tersebut. Apakah upah tersebut diberikan masa sekarang atau masa akan datang setelah mati, saya tak punya ide.

Tapi terlepas dari upah yang dikatakan Yesus dari Bapa di Sorga, harus dicoba nih, tapi harus pakai strategi biar tidak dilihat orang. Satu hal, tetap pegang kejadian 4:7 .

Selamat Hari Minggu Semuanya. PS :

Buat penerjemah i_TB dan i_BS, minta bantuan menjawab pertanyaan diatas ya.

DAN-DAN's picture

@josua sembiring,susah bacanya

bacanya susah, sambung terus gak ada lompat barisnya...

__________________

Saya Suka Bebek Panggang...

rogermixtin09's picture

Edit

Dan-Dan,tadi JS sudah berusaha mengeditnya tapi gagal.

Salam.

josia_sembiring's picture

Sudah diedit... Well kritik buat penerjemah Alkitab

akhirnya bisa diedit. Mungkin karena susah mengakses SS makanya waktu disubmit jadi berantakan spasinya.

Happy Monday

DAN-DAN's picture

huehuehue

huehuehue, gini jd lebih enak bacanya, kemaren itu belom baca aja udah pusing liat tulisannya...

__________________

Saya Suka Bebek Panggang...

lapan's picture

@josia_sembiring, salah kata?

Kata agama pada Mat 6:1 bukan berasal dari kata eleemosune, tetapi dari kata dikaiosune. Arti dari kata dikaiosune ini adalah kebenaran, keadilan.

Jadi menurut gw wajar aja sih kalau LAI menerjemahkan kata tersebut sebagai kewajiban agama, karena akan lebih mudah dipahami hehehehe

 

Kalau kata sedekah di Mat 6:2 memang berasal dari kata eleemosune.

 

__________________

imprisoned by words...

josia_sembiring's picture

@ Lapan, ternyata banyak versi.

Baiklah bung lapan. Bagaimana dengan ayat berikut :

http://apostolic.interlinearbible.org/matthew/6.htm 

Link diatas adalah versi apostolic dari Ayat tersebut. Sementara software saya menggunakan

http://sabda.org/sabdaweb/bible/chapter/?b=40&c=6&version=ignt&lang=indonesia&theme=clearsky&study=on

Sepertinya ada banyak versi. Versi yang diverifikasi yang sahih yang baku itu yang perlu kita pegang.

 

Miyabi's picture

kewajiban agama

3 kewajiban agama Yahudi:

1. memberi sedekah

2. berdoa

3. berpuasa

 

whole=some, some=whole? hehehe

__________________

".... ...."

lapan's picture

@josia_sembiring, iya juga

Iya ya, banyak versinya. Baru tau gw. Wkwkwkwk

 

Gw biasa hanya pakai ini aja:

http://alkitab.sabda.org/verse.php?book=matius&chapter=6&verse=1

dari biblos juga ngeliatnya yang ini doank:

http://biblos.com/matthew/6-1.htm

kalau dari linkmu:

http://study.interlinearbible.org/matthew/6.htm

Dari 3 link itu yang dipakai 1343 bukan 1654.

 

Gak ngerti dah kok teks aslinya juga bisa beda? Hmmm

 

 

__________________

imprisoned by words...

Miyabi's picture

kreatif

Bisa beda-beda karena penyalin manuskrip yunani sering bertindak kreatif tak bertanggungjawab hahahaha

__________________

".... ...."

lapan's picture

nyalin

Kalo nyalin tugas atau jawaban ujian memang harus kreatif baru bertanggung jawab ya wkkwkwkwkw

__________________

imprisoned by words...

Miyabi's picture

struktur mat 6:1-18

Struktur Matius 6:

kepala

ayat 1: overview kewajiban agama (yg ada 3 biji itu)

tubuh

ayat 2-4: hal memberi sedekah

ayat 5-15: hal berdoa

ayat 16-18: hal berpuasa

__________________

".... ...."

lapan's picture

betul juga

Betul juga. Kalo ayat 1 bicara sedekah dan ayat 2 bicara sedekah lagi kan jadinya redundan. Lebih masuk akal strukturnya seperti yang Miyabi simpulkan. Ketiga perikop itu memang sama-sama bicara tentang hal yang sama, jangan seperti orang munafik :D

__________________

imprisoned by words...

josia_sembiring's picture

Adakah Keselamatan di Luar Yesus?

Dengan demikian miyabi mengaminkan bahwa menurut Yesus, dengan melakukan ritual tersebut, kita akan diberikan upah oleh Bapa di Sorga. Berarti Yesus tidak menciptakan Agama, tapi memurnikan tindakan yang tidak bener dari para pemuka agama.

Setidaknya kita tahu bahwa dengan memeluk agama Yahudi dan menjalankan ritual dengan murni kita akan mendapat upah dari Bapa di Sorga. Tapi, pertanyaannya, bagaimana mereka para pengikut agama Yahudi mendapatkan upah di Sorga sedangkan mereka tidak menerima Yesus?  Berarti bisa dong masuk sorga tanpa menerima Yesus, hanya dengan modal melakukan kewajiban agama.

Kalimat Yesus itu fakta, bukan basa-basi.

lapan's picture

@josia_sembiring, sorga?

Menurut anda sorga itu seperti apa? Kenapa Yesus sering bilang seakan-akan ada kedudukan dan ada harta di dalam sorga?

__________________

imprisoned by words...

josia_sembiring's picture

Sorga = state of Mind?

sampai saat ini sorga yang saya pegang adalah "tempat" bagi orang pilihan.

Letak tempat itu persisnya saya tidak tahu. Sekarang ini saya lagi mencoba mempelajari kalimat-kalimat Yesus yang berhubungan dengan kerajaan sorga/sorga.

Bukan tidak mungkin sorga itu bukan tempat, tapi suatu keadaan (state). Mungkinkah state of mind? Kalau state of Mind, maka mirip dengan ajaran Buddha.

 

ferrywar's picture

dosa Jesus

 Terlalu banyak metafora yang diartikan sevagai "sebenarnya". Jesus bisa jadi "berdosa" besar gara gara mengajar pakai terlalu banyak metafora.

Miyabi's picture

tujuan yesus

Yesus menggunakan perumpamaan supaya mereka yg mendengar TIDAK mengerti.

__________________

".... ...."

josia_sembiring's picture

Mission Failed

Ko ga mengerti? Kalau ga ngerti berarti ga sampe dong infonya. Kalau infonya ga nyampe, ngapain pulak Yesus capek2 ke dunia dipukulin kayak gendang dicambukin kayak kuda, ditelanjangin, diseret-seret kayak karung sampah, diludahi, ditampari, dibogemin, ditendangin kayak bola kaki, dimaki-maki, disepak kaya bola futsal, ditampari.

Well, setidaknya Yesus benar2 ga berbentuk lagi waktu disalib.

Kalau misinya gagal (Mission Failed) kenapa Yesus ngomong sudah selesai (Game Over)? Apa maksudnya : yang bikin Yesus begitu bakal Game Over?

Mari berpikir

lapan's picture

Matius 13:13

Matius 13:13 Itulah sebabnya Aku berkata-kata dalam perumpamaan kepada mereka; karena sekalipun melihat, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mendengar dan tidak mengerti.

__________________

imprisoned by words...

josia_sembiring's picture

@ lapan Jawaban bagus, tapi kita bukan membahas perumpamaan

Mereka itu siapa bozz? Apakah semua orang Yahudi? Kalau mereka disini hanyalah petinggi-petinggi Majelis Agama Yahudi, berarti level mereka aja ga ngerti apalagi level awam.

Lagian ketika Yesus ngomong di Bukit (Mat 5-8) tidak ada pake perumpamaan. Semuanya gamblang. Yang miskin roh berbahagia karena memiliki kerajaan sorga, yang membawa damai disebut anak Allah, yang suci bisa melihat Allah dll. Semuanya disebutkan tanpa perumpamaan. Lalu bagaimana menjelaskan dan mengajarkan hal itu? Apakah miskin roh itu (ptOchoi tO pneumati) Matius 5:3?

Miyabi's picture

mereka

Mereka yg ga punya empati nggak akan mengerti metafora hahahahahahaha...

Mereka yang punya akan diberi, MEreka yang tidak punya, apa yg ada pada mereka akan diambil. Hahahahahaha

__________________

".... ...."

lapan's picture

@josia_sembiring, itu dari ferry asalnya

Kan dia ngomong metafora, lalu miyabi nyeletuk ngomong perumpamaan, jadi gw kasi ayatnya. wkkwkwkwk

__________________

imprisoned by words...

ferrywar's picture

iya

Iya, sesuai Markus 4:23:

Barang siapa mempunyai kuping buat mendengar hendaklah ia mendengar.

Jadi:

Barang siapa mendengar, hendaklah ia TIDAK mengerti.

 


lapan's picture

kalo membaca?

kalo membaca?

__________________

imprisoned by words...

Miyabi's picture

tujuan perumpamaan

13:10 Maka datanglah murid-murid-Nya dan bertanya kepada-Nya: "Mengapa Engkau berkata-kata kepada mereka dalam perumpamaan?" 13:11 Jawab Yesus: "Kepadamu diberi y  karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga,   tetapi kepada mereka tidak. 13:12 Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi 3 , sehingga ia berkelimpahan; tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya.   13:13 Itulah sebabnya Aku berkata-kata dalam perumpamaan kepada mereka; karena sekalipun melihat, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mendengar dan tidak mengerti.

 

__________________

".... ...."

Miyabi's picture

josia_sembiring: bias

Injil Matius itu ditulis untuk komunitas Yahudi. Jadi biar aman dan biar tidak melukai doktrin keselamatan kristen yang Anda pegang, saran saya tidak usah baca Injil Matius. Hehehehe.

__________________

".... ...."

josia_sembiring's picture

@ Miyabi doktrin kristen

Alkitab yang dikanon oleh Bapak2 Gereja adalah yang ada sekarang. Artinya semuanya itu sudah menjadi "seperti" hukum bagi orang2 yang percaya kepada Yesus.

Seperti SBY, saya bermain dua kaki :))

Saya pegang doktrin saya, tapi saya terbuka atas penjelasan-penjelasan yang menentang doktrin itu sampai doktrin itu benar2 hancur, barulah doktrin itu kita lepaskan. Kalau Bapa yang diperkenalkan Yesus kepada manusia berkenan untuk menyelamatkan saya, maka Dia akan menyelamatkan saya. Kalaupun Dia tidak berkenan menyelamatkan saya, setidaknya hidup saya masih bisa saya isi dengan mengetahui konsep-konsep kebenaran itupun dengan catatan bahwa memang benar keselamatan tidak ada urusannya dengan sikap manusia (pengakuan, pengucapan, tindakan dll). Toh saya ada bukan karena saya ingin ada. Saya ada karena ada kekuatan yang membuat saya ada. Nah, kekuatan itulah yang mau saya cari tahu dan minta perlindungan. Kalau dia membuat saya, maka dia juga pasti bisa memelihara saya. Kalau dia bisa memelihara saya, maka pasti juga dia bisa menyelamatkan saya.

Miyabi's picture

terang

Ga ada yang melarang kok untuk membaca Injil Matius dalam "terang" Surat Roma. BEgitu pula tak ada yang melarang untuk membaca Surat Paulus dalam "terang" keempat Injil.

__________________

".... ...."

lapan's picture

@josia_sembiring, miskin roh

Terjemahan MILT lebih tepat ya:

Matius 5:3 "Berbahagialah orang yang miskin dalam roh, karena kerajaan surga adalah milik mereka.

Ada penjelasan cukup panjang di sini:
http://www.gospeltruth.net/1844OE/441204_poor_in_spirit.htm

Kalo menurut gw, miskin duit berarti duitnya gak cukup, miskin roh berarti rohnya gak cukup. Miskin duit berarti memerlukan duit lebih. Miskin roh berarti memerlukan roh lebih.

Roma 8:5 Sebab mereka yang hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yang dari daging; mereka yang hidup menurut Roh, memikirkan hal-hal yang dari Roh.

Bagaimana menurutmu?

 

__________________

imprisoned by words...

josia_sembiring's picture

@lapan Miskin dalam Roh (Miskin Roh? )

Berbicara masalah miskin, definisi miskin (materi) menurut wikipedia :

Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan , pakaian , tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan.

Poverty is the lack of basic human needs, such as clean and fresh water, nutrition, health care, education, clothing and shelter, because of the inability to afford them.[1][2] This is also referred to as absolute poverty or destitution.

Miskin berbicara masalah ketidakmampuan memenuhi kebutuhan dasar. Jikalau Miskin dalam roh berarti berbicara masalah ketidakmampuan memenuhi kebutuhan dasar Roh, apa itu kebutuhan dasar roh (Pneuma)? Terlepas dari apa itu kebutuhannya yang pasti manusia umumnya miskin dalam roh,mengapa?

Ada tulisan berkata bahwa untuk berdoa saja manusia harus dibantu Roh Kudus. Roh Kudus yang berkata-kata bukan manusia. Itu membuktikan bahwa memang miskin manusia itu. Berdoa adalah salah satu cara untuk membuat manusia hidup. Firman Tuhan adalah makanan. Tubuh Kristus adalah roti (makanan). Makananku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku.

Bagaimana yang tidak memiliki Roh Kudus? pastilah  benar2 miskin. Jadi secara fakta manusia yang dikaruniai Roh Kudus itu miskin, tapi secara legal justru dia Kaya Raya :)) mengapa? karena dia memiliki Kerajaan Sorga. Kerajaan Sorga terdiri atas kuasa. Dan Roh Kudus adalah kuasa (power). Jadi kerajaan Sorga terdiri atas orang2 yang memiliki Roh Kudus (kuasa)/power. Jadi kerajaan Sorga itu milik bersama (Corporate).

Udah ngelantur habis nih kayaknya saya.

Selamat Pagi dan SS lapan.

lapan's picture

@josia_sembiring, gak punya duit beli saham sorga

Gak ngelantur kok. Pembahasan yang menarik kalo mnrt gw :D

8:7 Sebab keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah, karena ia tidak takluk kepada hukum Allah; hal ini memang tidak mungkin baginya. 8:8 Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah. 8:9 Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu.

Roma mengatakan bahwa orang yang hidup dalam daging gak mungkin berkenan kepada Allah dan gak akan memikirkan hal-hal yang dari roh. Jadi orang tidak mungkin sadar akan kebutuhan dasar Roh dan tidak akan berusaha mencari cara memenuhi kebutuhan tersebut, kalau dia tidak memiliki Roh Allah dalam dirinya.

Miskin dalam roh hanya dialami orang yang punya Roh Allah dalam dirinya, yaitu mereka yang hidup menurut roh. Bagaimana menurutmu??


btw, soal Roh Kudus itu apaan, masih gak ngerti nih. Apakah Dia adalah kuasa? Apakah Dia adalah pemberi kuasa? Apakah Dia adalah bagian dari diri Allah? Atau apakah Dia adalah pribadi terpisah dari Allah yang punya kehendak sendiri?

 

Pagi juga :D

__________________

imprisoned by words...

Geadley Lian's picture

rumusan

Biar gw rumuskan,pertama:kekristenan adalah sekelompok orang yg percaya kepada Tuhan.

Kedua:Sedekah didepan orang bukan suatu masalah karna apapun yg dipikir orang tidak mungkin bisa mempengaruhi ketulusan.

__________________

geadley