Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Alasan kenapa Ferrywar di tendang dari sebuah Forum

jlwijaya's picture

Dalam blok ini saya membahas dari pernyataan ferry war dalam bloknya yang berjudul penciptaan vs perubahan.,di mana di akhir tulisannyaferry mengatakan ia pernah ditendang keluar dari sebuah forum.ferry berpendapat dia di tendang keluar karena kecurigaan yang tak berdasar dan di SS dia berharap diterima jika Admin SS cerdas dan berani menerima pendapat yang berbeda dan tidak minder dengan pendapatnya, yang jelas2 ferry sendiri sadar bahwa dia bukan Kristen(ferry sih mengakunya pendapat yang kurang Kristen).Setelah berdiskusi cukup panjang dengan ferry, setelah membaca blog yang ditulis oleh ferry dan setelah juga membaca dialog ferry dengan user di ss maka saya punya pendapat yang berbeda dengan pikiran ferrywar tentang kenapa ada forum yang menendangnya ,jika ferry menilai bahwa forum menendang dia karena alas an yang negative maka saya menilai sebaliknya.Berikut cuplikan pernyataan ferry

Ferry Wardiman
PS. Diskusi dengan cara "blog" seperti ini saya sebetulnya kurang suka. Tapi saya harus mencobanya karena di forum sebelumnya saya :"ditendang keluar" berdasarkan kecurigaan yang tidak berdasar. Semoga di situs ini Adminnya lebih berkecerdasan, lebih punya keberanian  untuk menerima pendapat yang kurang lazim, dan tidak mudah minder dan takut oleh pendapat yang "kurang Kristen".

Pendapat saya:
-setiap dokter pun takut keluarganya di gigit nyamuk aides aigepty sekalipun dokter itu sudah menyembuhkan semua pasiennya yang menderita demam berdarah
-setiap orang tua tidak suka anaknya apalagi jika masih balita didekati oleh orang yang sedang flusekalipun hanya flu ringan maupun sekalipun flu mudah di sembuhkan dan tak mengancam nyawa anaknya.
-Setiap orang tua yang baik pasti melakukan imunisasi untuk bayinya sebanyak yang di anjurkan dokter anak dengan disiplin waktu karena takut anaknya terkena virus yang menggangu pertumbuhannya atau menyebabkan cacat tetap seperti polio contohnya.
-Tidak ada orang tua yang liberal sekalipun yang menyetelkan video porno kepada anak balitanya atau yang menyetelkan adegan tak senonok di depan anaknya yang masih balita.

Ferry, Apa maksud saya memberi lima contoh di atas?maksudnya adalah kamu jangan berpikir negative terhadap orang yang menendang kamu keluar dari komunitasnya,kamu jangan berpikir:
1) Kamu terlalu hebat ,terlalu pinter,pendapat kamu sangat benar sehingga jika tidak ditendang akan membuat mereka dipermalukan dan banyak anggotanya yang pindah ikut kamu?
2) Komunitas itu mengecut tidak punya keberanian untuk menghadapi kamu
3) Komunitas itu bodoh atau tidak cerdas takut dikalahkan oleh ajaran dan argument kamu.

Jika kamu berpikir seperti itu maka kamu terlalu picik dan terlalu kanak kanakan dalam berpikir.

Apa alasan utama orang menendang kamu dari komunitasnya adalah di dalam sebuah komunitas terdapat berbagai macam orang ada yang sudah dewasa dalam pemikiran dan imannya ada juga yang kekanak-kanakan ada juga yang masih bayi ada juga yang masih janin.Karena mungkin ataupun memang benar bahwa ajaran atau pendapat dan diskusi kamu adalah bagai virus  bagi komunitas itu ,sekalipun virus itu tak mempan untuk yang dewasa dan yang sudah di imunisasi tetapi berbahaya bagi yang belum di imunisasi, bagi bayi dan bagi anak .sekalipun penyakit itu mudah di sembuhkan tetapi tetap orang tua ngak ingin melihat anaknya sakit dan di rugikan

Kita ambil contoh di SS ada yang seperti hai-hai,mijizat ,joli ,sandman ,miyabi,sahabat untuk mereka apapun pendapat anda ,tidak ada  ada pengaruhnya buat mereka…baik pendapat kamu yang susah di jawab ataupun yang belum di ketemukan cara menjawabnya, tetapi mereka tahu jelas bahwa pendapat kamu itu salah.dan pendapat kamu yang lainnya sebagai salah pikir bahkan mungkin adalah suatu kebodohan ,tetapi di SS juga bukan hanya dihuni oleh mereka (HAI2 dll) tetapi juga oleh mereka yang masih labil……karena admin dan pemilik bukan orang seperti saya maka mereka ngak perduli dengan kehadiran kamu tetapi jika saya maka saya akan langsung menendang anda keluar arena.Alasan kenapa saya menendang kamu bukan karena pendapat kamu hebat dan bisa menggoncangkan iman saya tetapi karena kasihan dengan yang masih baru takut mereka tumbuh dengan cacat.kalau untuk saya pendapat dan tulisan kamu justru membuat putih semakin nyata dengan adanya warna hitam.

Jadi berpikirlah positif alasan kelompok yang menendang kamu.mereka yang menendang kamu mungkin seperti saya :mereka bukan hanya curiga tetapi tahu dengan jelas siapa kamu ,sama seperti saya saat ini tahu dengan jelas siapakah kamu dan apa yang ada di otak kamu dan itu adalah dari hasil diskusi kita dan semua tulisan kamu, baik blok kamu atau Tanya jawab kamu dengan penghuni SS yang lain.Dan lagi saya ingin menyatakan jika kamu ingin mengetahui apakah pendapat kamu benar carilah lawan yang seimbang .jangan seperti sewaktu saya di SMA membaca buku catatan diskusi seorang tokoh agama lain yang menang ketika berdiskusi dengan seorang mahasiswa Kristen yang tak mengerti apa.

Itulah kiranya alasan yang positif dan benar kenapa ferry di tendang dari suatu Forum.terlalu naïf jika di pikir ngak ada orang yang mampu sehingga ferry di tendang tetapi adalah demi menjaga anak2 dan bayi agar mereka jangan bertumbuh sebagai manusia yang cacat..

ferrywar's picture

khas

Khas sekali...

Anda berasumsi NEGATIF kepada saya, lantas membuat BLOK KHUSUS untuk mendiskreditkan saya dan menyerang saya dengan KECURIGAAN2 sehingga apapun yang saya katakan sebagai pendapat pribadi Anda beri muatan kecurigaan ini dan itu.

Ketika anda membahas substansi dari pendapat saya, Anda selipkan BANYAK kata kata yang menyerang pribadi sehingga saya malas melayani. Karena saya malas melayani lalu anda ambil ruang dan kesempatan untuk MENUDUH saya dengan tuduhan-tuduhan yang berdasarkan asumsi sendiri.

Anda minta saya membuktikan diri Kristen, supaya Anda percaya bahwa saya tidak berniat jahat? Mengapa tidak sebaliknya, buktikanlah saya Non Kristen lebih dahulu. Prinsip Anda sudah keliru untuk mencari kebenaran dengan cara menyuruh seseorang membuktikan diri tidak salah lebih dahulu. Seharusnya, buktikanlah seseorang salah, baru bisa dikatakan salah.

Coba  bayangkan kalau persoalan itu harus Anda hadapi: Buktikan bahwa Anda bukan orang jahat, baru Anda tidak layak dihukum. Bisa kah? 

Orang dipersalahkan karena TERBUKTI bersalah, bukan karena tidak bisa membuktikan diri tidak salah. Terlalu banyak orang di dunia masuk penjara kalau caranya mencari kebenaran seperti itu.

Sadarlah bahwa ada yang salah dalam cara Anda menilai orang.

jlwijaya's picture

ferry;tolong buktikan saya salah

maafkan saya jika saya salah tetapi saat ini saya merasa saya benar bahwa anda sedang menyusupkan yang tidak baik dalam komunitas kristen.

anggaplah saya minta kebaikan dan kesabaran anda untuk membuktikan saya salah dan jika saya salah saya akan minta maaf kepada anda .

Bukankah ada banyak kesempatan bagi anda menjawab untuk menghilangkan kesalahpahaman.

semoga saya salah ,tetapi sementara ini saya rasa saya benar dan saya bisa buktikan melalui diskusi kita dan tulisan di blok kamu.

Geadley Lian's picture

mungkin kawan

Kemungkinan saya bisa paham apa yang coba disampaikan yaitu ferry coba menegaskan bahwa tidak semestinya seseorang itu menjadi kristen baru dibilang benar.

__________________

geadley

irwanda.bobby's picture

pandangan

Pandangan anda bisa jadi bumerang buat anda pak jlwijaya, tulisan anda ini bisa menimbulkan disrespek kepada anda yang secara langsung menyerang individu yang menjadi lawan debat anda. 

Mumpung anda bilang mengerti otak pak ferry, sebaiknya pak jlwijaya berkenan menilik komentar2 saya di artikel bapak sebelumnya, dan dengan kerendahan hati saya, saya minta tolong ke bapak untuk menyampaikan apa yang pak ferry ingin sampaikan kepada saya atas pertanyaan2 saya. Harapan saya saat ini tertumpu kepada bapak, karena sampai skrg saya gk paham dengan pemahaman pak ferry, dan teman saya pun menyerah akan kebodohan saya. Semoga pak jlwijaya dengan segala kerendahan hatinya mau berbagi isi otak pak ferry kepada saya. 

GBUs

__________________

masih dalam tahap membaca, memperhatikan dan mencerna

lapan's picture

sadis

Bobby... gw baca komentarlu kok malah ngakak ya...

Semoga pak jlwijaya dengan segala kerendahan hatinya mau berbagi isi otak pak ferry kepada saya.

 

wakakakkakakakakakakakka

otak-otak ikan aja Bob biar gak dibilang kekerasan verbal

 

btw, siapa teman yang menyerah karena kebodohanmu? Dilaporkan aja :))

__________________

imprisoned by words...

irwanda.bobby's picture

bukan gitu maksudnya

maksudnya bukan isi otak dalam hal fisik pan, tapi isi dari pemikiran pak ferry... kwakakakak... 

jgn dilaporkan lha, teman gw itu baik hati, dia mencoba menyampaikan pemahaman dalam bahasa dewa menjadi bahasa kecebong... teman gw itu bisa dibilang perantara dari dewa ke kecebong, kalaupun harus dilaporkan, laporannya harus berisi puji2an...

__________________

masih dalam tahap membaca, memperhatikan dan mencerna

jlwijaya's picture

bobby ;anda bisa baca di blok ferrywar

-Bobby anda bisa baca di blok ferrywar berjudul misteri mimpi diskusi saya dengan ferry war.

irwanda.bobby's picture

@jlwijaya, saya kecewa...

Saya kecewa pak... Saya pikir bapak bisa menjelaskan isi otak pak ferry dengan bahasa kecebong, tapi bapak malah minta saya membaca diskusi bapak dengan ferrywar, yang karena saling ketidakpahaman anda berdua hingga munculnya artikel2 anda. TnT

...

Biarlah sang kecebong malam ini bermimpi suatu hari dia berhasil menjadi seekor katak yang bisa menjadi penerjemah bahasa dewa menjadi bahasa kecebong...

 

GBUs...

__________________

masih dalam tahap membaca, memperhatikan dan mencerna

Geadley Lian's picture

butuh waktu

Sebuah penjelasan sangat membutuhkan waktu yang lama atas dasar ketidakpahaman seseorang.Mungkin bisa saya bilang kalo jlwijaya terlalu pantas dalam penilaian & tidak mustahil jika mereka akan akrab.

__________________

geadley

jlwijaya's picture

bobby: :)

sorry saya ngak ngerti maksud anda

kalau mau tanya aja yang jelas apanya yang ngak jelas agarsemuanya jadi jelas sejelas jelasnya.

irwanda.bobby's picture

jlwijaya

mengenai pengertian ketuhanan pak ferry, yang saya diskusikan dengan ferry di 

Menanggapi Pendapat Ferrywar 1 :PENCIPTAAN DAN PERUBAHAN 1

 

__________________

masih dalam tahap membaca, memperhatikan dan mencerna

Rusdy's picture

Tendang Menendang

Ngikutan komentar ah:

Dalam hal 'tendang menendang', menurut saya, Sabda Space (a.k.a. pasar klewer) menerapkan prinsip ke arah yang benar, yaitu menendang pengguna yang bandel dalam hal copas-mencopas sejauh ini. Dalam hal kasar-mengkasari memang grey area sejauh ini, karena masih belum ada persetujuan definisi sejauh ini.

Dalam hal 'melindungi yang balita', menurut saya ini tidak perlu. Toh, penyesatan harus ada (Matius 18:6-7). Lagipula, dalam hal tumbuh cacat atau tidak cacat, menurut saya, Tuhan yang membuat seseorang bertumbuh, bukan manusia. Manusia hanya agen 'penyebar benih' dan 'mengairi', bukan agen penumbuh (1 Korintus 3:6). [Catatan samping: paragraf ini bukan mengomentari ferrywar itu penyesat/ateis/dll]

Yang bisa kita lakukan, ya saling mengajar dan menegur sesama menggunakan prinsip Firman Tuhan. Untuk orang 'luar', dengan hormat dan lemah lembut (1 Petrus 3:15). Untuk sesama saudara/i seiman, ini topik lanjut deh.

jlwijaya's picture

Rusdi:ragi,ajaran lain,penyesatan ,bidat ,lembut dan kasar dll

Mat 16:6  Yesus berkata kepada mereka: "Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap ragi orang Farisi dan Saduki."
Mat 16:12  Ketika itu barulah mereka mengerti bahwa bukan maksud-Nya supaya mereka waspada terhadap ragi roti, melainkan terhadap ajaran orang Farisi dan Saduki.

Gal 5:9  Sedikit ragi sudah mengkhamirkan seluruh adonan.

Rev 2:20  Tetapi Aku mencela engkau, karena engkau membiarkan wanita Izebel, yang menyebut dirinya nabiah, mengajar dan menyesatkan hamba-hamba-Ku supaya berbuat zinah dan makan persembahan-persembahan berhala.

1Ti 1:3  Ketika aku hendak meneruskan perjalananku ke wilayah Makedonia, aku telah mendesak engkau supaya engkau tinggal di Efesus dan menasihatkan orang-orang tertentu, agar mereka jangan mengajarkan ajaran lain
1Ti 1:4  ataupun sibuk dengan dongeng dan silsilah yang tiada putus-putusnya, yang hanya menghasilkan persoalan belaka, dan bukan tertib hidup keselamatan yang diberikan Allah dalam iman.

1Ti 6:3  Jika seorang mengajarkan ajaran lain dan tidak menurut perkataan sehat--yakni perkataan Tuhan kita Yesus Kristus--dan tidak menurut ajaran yang sesuai dengan ibadah kita,
1Ti 6:4  ia adalah seorang yang berlagak tahu padahal tidak tahu apa-apa. Penyakitnya ialah mencari-cari soal dan bersilat kata, yang menyebabkan dengki, cidera, fitnah, curiga,

1Ti 6:20  Hai Timotius, peliharalah apa yang telah dipercayakan kepadamu. Hindarilah omongan yang kosong dan yang tidak suci dan pertentangan-pertentangan yang berasal dari apa yang disebut pengetahuan,
1Ti 6:21  karena ada beberapa orang yang mengajarkannya dan dengan demikian telah menyimpang dari iman. Kasih karunia menyertai kamu!

Gal 1:6  Aku heran, bahwa kamu begitu lekas berbalik dari pada Dia, yang oleh kasih karunia Kristus telah memanggil kamu, dan mengikuti suatu injil lain,
Gal 1:7  yang sebenarnya bukan Injil. Hanya ada orang yang mengacaukan kamu dan yang bermaksud untuk memutarbalikkan Injil Kristus.
Gal 1:8  Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia.
Gal 1:9  Seperti yang telah kami katakan dahulu, sekarang kukatakan sekali lagi: jikalau ada orang yang memberitakan kepadamu suatu injil, yang berbeda dengan apa yang telah kamu terima, terkutuklah dia.

2Jo 1:7  Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan antikristus.
2Jo 1:8  Waspadalah, supaya kamu jangan kehilangan apa yang telah kami kerjakan itu, tetapi supaya kamu mendapat upahmu sepenuhnya.
2Jo 1:9  Setiap orang yang tidak tinggal di dalam ajaran Kristus, tetapi yang melangkah keluar dari situ, tidak memiliki Allah. Barangsiapa tinggal di dalam ajaran itu, ia memiliki Bapa maupun Anak.
2Jo 1:10  Jikalau seorang datang kepadamu dan ia tidak membawa ajaran ini, janganlah kamu menerima dia di dalam rumahmu dan janganlah memberi salam kepadanya.

Tit 3:10  Seorang bidat yang sudah satu dua kali kaunasihati, hendaklah engkau jauhi.

Mat 13:22  Yang ditaburkan di tengah semak duri ialah orang yang mendengar firman itu, lalu kekuatiran dunia ini dan tipu daya kekayaan menghimpit firman itu sehingga tidak berbuah.

 

Rusdy's picture

@jlwijaya: Noted

Setuju dengan semua di atas, tapi pembredelan (apalagi penendangan) bukan cara terbaik. Pengkritisan terhadap ajaran2 tersebut, menurut saya, lebih efektif. Karena di dunia maya ini, mereka bisa mengajarkannya di tempat lain.

Jadi, perlindungan terhadap para 'balita', dilakukan dengan cara 'mengairi' mereka, bukan menempatkan mereka di sangkar emas.

jlwijaya's picture

Rusdi:toleransi tergantung sikon.

-pendapat yang bagus saya setuju2 aja,apalagi di SS banyak Naganya...

--tetapi bukan di segala situasi saya setuju .

-inti dari teriakan saya hanya sebuah pengumuman .

sandman's picture

Atheis ?

"Katakan kepada saya," kata seorang ateis, "apakah TUHAN itu
sungguh-sungguh ada?"

Jawab Sang Guru, "Jika kamu menginginkan jawaban saya
sungguh-sungguh jujur, saya tidak akan menjawab."

Para murid penasaran mengapa ia tidak menjawab.

"Karena pertanyaannya tidak dapat dijawab," kata Sang Guru.

"Jadi, Guru juga ateis?"

"Tentu saja tidak. Orang ateis membuat kesalahan karena
menyangkal kenyataan yang tidak mungkin dijelaskan."

Setelah diam sejenak, ia menambahkan, "Dan orang teis
membuat kesalahan karena mencoba menjelaskannya."


Berbasa-basi Sejenak, Anthony de Mello

__________________

jlwijaya's picture

sandman:agnostik?

sandman bukannya si guru adalah agnostik?

sandman's picture

@jlwijaya terlepas...

Tanpa harus melihat si guru agnostik atau gnostik,  bagaimana anda membuktikan ALLAH dengan IMAN dan PENGETAHUAN?

Pengetahuan akan mencari sebab akibat, sedangkan IMAN itu sudah menjadi bukti.

__________________

ferrywar's picture

intinya

Tuhan itu sangat nyata, sama nyatanya dengan kenyataan saat kita membuka mata. Maka dikatakan percuma menjelaskan hal yang sesederhana kenyataan. Maka keberadaan tuhan tidak perlu lagi dijelaskan.

Itu adalah bahan introspeksi untuk atheis dan theis yang sedang mencari jalan menuju puncak pencerahan. Ketika puncak dicapai, keduanya sadar bahwa Langit begitu sederhana, tapi tetap tak terjangkau oleh keterbatasan2 manusia.

irwanda.bobby's picture

ironis

ironisnya manusia pada umumnya makhluk visual... Atheis menurut saya menganggap merekalha yang paling benar, karena mereka merasa paling realistis dalam memandang hal2 spiritual, pertanyaan coba tunjukkan wujud Tuhan menjadi sulit bagi kita untuk menjelaskan eksistensi Tuhan kepada kaum atheis... Kalo lagi penginjilan terus ditanya gini, gmn yah? 

nah pak ferry, sampai sekarang saya bingung tentang puncak pencerahan yang bapak maksud, bukankah puncak dari atheist adalah berhasil menunjukkan eksistensi Tuhan, sesuai dengan keyakinannya, begitu jg sebaliknya... Lantas puncak yang dari kemarin bapak coba jelaskan kepada saya itu apa? mumpung masih pagi....

__________________

masih dalam tahap membaca, memperhatikan dan mencerna

irwanda.bobby's picture

tambahan sedikit

Saya pernah membaca pandangan seseorang yang menurut saya pemahamannya lebih baik dari saya. Begini cara dia menyampaikan mengenai ketuhanan. Manusia sulit (beliau menulis mustahil; saya blm seiya sekata dengan kemustahilan, jdi saya ganti sulit) untuk memahami pribadi Tuhan, tapi manusia punya kemampuan untuk memahami alkitab, karena alkitab dibuat memang untuk dipahami oleh manusia.... kurang lebih begitu sesepuh itu mengajarkan pada saya, saya rasa pandangan beliau jauh lebih arif dalam membahas ketuhanan...

__________________

masih dalam tahap membaca, memperhatikan dan mencerna

ferrywar's picture

benar

menurut saya cukup baik pandangan itu. TAPI, jangan lupa, ia belum menyentuh permasalahan utama dalam memahami alkitab yaitu proses PENAFSIRANnya. Ketika penafsiran berbeda-beda (karena keterbatasan manusia tentunya), maka bukan pencerahan umat manusia yang didapat melainkan malah POTENSI perkelahian yang muncul mengemuka.

irwanda.bobby's picture

tafsir...

nah, menurut beliau, alkitab gk boleh ditafsir pak... tapi harus dipahami... mungkin bapak akan tau siapa orang yang saya maksud...tapi menurut saya karena perilaku tafsir2anlah yang menyebabkan terjadinya perkelahian.... dan saya setuju sama pandangan beliau untuk memahami alkitab bukan menafsir.....

__________________

masih dalam tahap membaca, memperhatikan dan mencerna

ferrywar's picture

mari kita bahas tafsir

Alkitab adalah suatu kitab yang berisi tulisan-tulisan dengan maksud tersamar karena banyak yang dinyatakan sebagai lambang, perumpamaan, metafora, bahkan sindiran.

Untuk memahaminya ada suatu ilmu atau metoda yang disebut Hermeneutika.

Untuk memahami kita mesti memakai PENAFSIRAN dengan metoda yang dipelajari disitu.

Tujuan dari penafsiran adalah untuk memahami.  Jadi pemahaman dan penafsiran bukan dua hal yang saling menegasikan. Hasil dari penafsiran (yang baik) adalah pemahaman (yang benar).

Kalau dua kata itu saling "dinegasikan", maka mungkin ia mengartikan kata "penafsiran" berbeda dengan yang saya artikan.

Sebagai contoh, "Batu Karang" dalam pembicaraan Jesus kepada murid-muridnya tentang kata "petra/petrus" mempunyai PENAFSIRAN yang berbeda antara orang Katolik dan Protestan. Maka kita katakan, "pemahaman" kedua aliran itu berbeda karena "penafsirannya" berbeda.

Yang satu tentu mengatakan lebih "paham" daripada yang lain :)

irwanda.bobby's picture

nah ini yang saya tangkap di kehidupan ini

terkadang tujuan dari tafsir itu pak yang kayaknya gk nyampe.... itu sih yang saya tangkap dari diskusi2 yang terjadi di SS (saya selalu beranggapan SS itu gambaran mini dari dunia kekristenan di indonesia), byk yang menganggap sudah paham (goalnya menafsirkan menurut bapak ini kan?) padahal belum tentu paham...

jujur sampe skrg saya masih belajar memahami alkitab... 

__________________

masih dalam tahap membaca, memperhatikan dan mencerna

ferrywar's picture

semua juga belajar

Semua juga sedang belajar...

Tapi menurut hemat saya pribadi, "memahami" hal yang spiritual itu memerlukan DUA yang tak boleh kurang salah satu. Itu adalah Akal Sehat dan Hati Nurani.

Dan pemahaman yang paling "mudah" adalah lewat KARYA nyata, alias PRAKSIS. Ada yang menyebutnya sebagai "Buah-buah Roh". Dasar moralnya adalah merujuk pada Jesus yang mengutuki pohon yang tak berbuah.

Jadi alkitab tanpa karya, bagi saya tak lebih baik daripada buku telepon.

Geadley Lian's picture

ingin

Ingin memahami alkitab terkadang memang sulit lalu dibaca berkali-kali & mengambil kata kuncinya.Jujur gw bilang bahwa orang kristen kalo merasa males baca berkali-kali berarti mrk hanya baca part yang bisa dipahami/dimengertikan.

__________________

geadley

ferrywar's picture

puncak itu

Puncak pencerahan atheis adalah ketika ia memahami spiritualitas itu ADA meskipun dipahami dengan paradigma materialisme (Ini kalau atheisme derivasi dari Hegelian ya).

Puncak pecerahan theis adalah ketika ia memahami "tuhannya" sebagai sesuatu dimana dia (dll) ambil bagian didalamnya (ini kalau theisme versi monoteis ya).

Atheis yang masih berputar putar di jalan berliku-liku di lereng dan kaki gunung, biasanya pongah sekali. Ia hanya memahami "materi" dalam materialismenya sebagai semacam "zat-zat kimia" saja. Ia terbatas seperti memakai kaca mata kuda, sehingga yang diakui hanya yang dipahami saja.

Dan itu sama sombongnya dengan theis yang berkelok-kelok di balik gunung sisi satunya. Ia merasakan ada "tuhan" atau "hantu" yang menemani dan memberi perintah sesuai suara di hatinya, tapi menutup mata terhadap realitas di depan matanya.

Keduanya sama, satu tidak lebih tinggi dari yang lain.

Ketika mencapai puncak dan jubah-jubah "kebesaran" ditanggalkan dan kendaraan-kendaraan "kekecilan" ditinggalkan, satu JUGA tidak lebih rendah dari yang lain.

irwanda.bobby's picture

pak ferry timeout dlu...

pak ferry, definisi puncak atheist yg saya tulis sebelumnya salah.... kebalik.........

haduh jadi malu saya...

komentar saya, saya akui salah....

puncak bagi theist adalah berhasil mengungkap eksistensi Tuhan, dan bagi atheist adalah berhasil mengungkap pembualan puncaknya si theist.... 

sekali lagi saya minta maaf atas keceroboan saya...

__________________

masih dalam tahap membaca, memperhatikan dan mencerna

ferrywar's picture

kalau begitu

Kalau begitu saya lebih setuju dengan De Mello, Rumi, Budha yang pada intinya mengatakan: Keberadaan tuhan tak perlu dibuktikan karena adanya manusia sudah cukup. Itu bisa bermakna ambigu, tapi apapun maknanya, menuntun kita pada pemikiran dan perenungan yang dalam.

jlwijaya's picture

definisi ferry untuk Tuhan adalah segala sesuatu yang ada.

ferry:

Tuhan itu sangat nyata, sama nyatanya dengan kenyataan saat kita membuka mata. Maka dikatakan percuma menjelaskan hal yang sesederhana kenyataan. Maka keberadaan tuhan tidak perlu lagi dijelaskan.

yang dimaksud Tuhan oleh ferry disini ialah segala sesuatu /alam/alam semesta semua yang ada yaitu saya, anda ,mobil,tumbuhan, kasur bantal and gulingnya

 

jlwijaya's picture

Agama Alam:Alam di namakan "TUHAN"

Pandangan ferry sama dengan agama alam ,bagi orang seperti ini Alam di namakan saja "TUHAN".Sebab toh objek yang selama ini dinamakan "TUHAN" oleh theism itu memang tidak ada.

jlwijaya's picture

sandman:tolong jelaskan?

kata kata yang menarik:

 IMAN itu sudah menjadi bukti

boleh jelaskan ke saya arti statement itu?

Daniel's picture

bukti

Ibrani 11:1

Geadley Lian's picture

Mungkin

Mungkin saya bisa simpulkan bahwa theis saat bertanya adakah benar Tuhan itu wujud? menandakan bahwa gol. itu tidak percaya kewujudan Tuhan Semesta Alam.Dalam kasus sang guru tidak bisa jawab yang mungkin berarti pengetahuannya tentang kebenaran kurang.

__________________

geadley

sandman's picture

@Geadley bukan mungkin...

Dalam kasus sang guru tidak bisa jawab yang mungkin berarti pengetahuannya tentang kebenaran kurang.


saya kira bukan hanya sang Guru semua orang yang belum bertemu muka dengan muka tidak mempunya pengertian atau pemahaman yang benar tentang sang Pencipta, paulus dalam suratnya kepada jemaat korintus, mengatakan bahwa kita yang tidak sempurna akan mengerti dengan sempurna ketika yang Sempurna itu datang.

Tetapi jika yang sempurna tiba, g  maka yang tidak sempurna itu akan lenyap.Ketika aku kanak-kanak, aku berkata-kata seperti kanak-kanak, aku merasa seperti kanak-kanak, aku berpikir seperti kanak-kanak. Sekarang sesudah aku menjadi dewasa, aku meninggalkan sifat kanak-kanak itu. h Karena sekarang kita melihat dalam cermin i  suatu gambaran yang samar-samar, tetapi nanti kita akan melihat muka dengan muka. j  Sekarang aku hanya mengenal dengan tidak sempurna, tetapi nanti aku akan mengenal dengan sempurna, seperti aku sendiri dikenal. k

menurut pendapatku, Itu sebabnya sang Guru berkata seperti di atas, bukan masalah dia gnostik atau agnostik, dalam sisi lain bisa jadi sang Guru sangat mengerti tentang tulisan paulus.

__________________

Geadley Lian's picture

bisa ngerti

Kalo sang guru bisa ngerti maka dia pasti menjawab jelas.

__________________

geadley

sandman's picture

@jlwijaya soal atheist dan ferrywar

untuk soal atheist ini mungkin baik adanya jika membaca beberapa diskusi dari topik topik di bawah ini:

1. BLOG ANTONIC

2. BLOG KIA

 

Soal si ferry war, kalau dia mau berpikiran begitu juga terserah dia lah, wong Tuhan aja gak perduli kenapa harus perduli, kalaupun suatu saat dia berubah, itu semata2 bukan karena kemampuan siapa siapa, only by grace. setiap orang kristen di harapkan menjadi garam dan terang, tapi itu bukan berarti, secara otomatis bisa menjadikan orang lain menjadi terang dan garam. Sebisa mungkin berbuat baik kepada orang lain, bukan menjadikan orang lain menjadi  baik.

NB : kalimat terakhir terinspirasi dari status Facebook purnawan kristianto.

__________________

jlwijaya's picture

sandman:maklum pertama kali berjumpa atheism bertopeng.

-Amin

-maklum pengalaman pertama ketemu atheis bertopeng jadi lebay deh .

-Kronologi:

a.kasian ada anak baik dikatain kodok berrame2,ku bela dia sedikit.

b.ada curiga di hati aku tanya dia siapa sebelum diskusi

c. berdiskusi lah kita dengan manis.

d.aneh nih orang ternyata alam kok jadi Allah

e.kita nyatakan deh salahnya ternyata dia berpendirian  biar salah yang penting ngotot.

f.aku baca deh blog2nya ternyata tanpa argument menghina kita dan hanya bermodalkan logika keyakinan subjectif ,dia berani menilai dan menyalahkan orang termasuk dengan tuduhan berdasarkan dugaan2 .

G.Marahlah aku ,kusuruhlah dia buka dulu topengnya.jadilah diri yang jujur.

H.Gantian dia marah padaku mengatakan aku menyerang pribadinya .dia tanpa sadar diri bahwa aku menyerang dia sama dengan dia menyerang theism.ngak ada cermin kali dia ya.

I.Dia merasa diri hebat sekali maka mari kita buktikan kehebatannya......bagiku dia bodong sekali man.

tetapi aku terima lah nasehat kamu .thank you

Geadley Lian's picture

inti dari nya

Bertuhankan alam sama saja dengan menyembah berhala seperti umat israel ketika Harun menjadi imam,mereka menyembah patung lembu tembaga setelah keluar dari tanah Mesir.

Firman Tuhan sudah jelas & hanya itu yang bisa mengubah pendapat atau teori yang salah menjadi yang bisa di terima umum.Alam tidak bisa berbicara,apa lagi mendengar bahkan memahami isi hati manusia.Mungkin saya bisa simpulkan di sini bahwa akhirnya berbalik pada isi buku suci.

__________________

geadley

teograce's picture

plizz deh..

setelah sekian lama ga buka ss.. begitu buka, melihat judul ini, merasa tertarik melihat isinya..

pada akhirnya hanya melihat tipikal klasik orang kristen..

ga bisa menerima pikiran-pikiran kritis.. setiap pertanyaan yang tidak sesuai dengan norma-norma umum atau pemikiran-pemikiran konservatif langsung dianggap bukan kristen.. dikotbahi.. dicecar.. dianggap virus.. berfokus pada kepentingan pribadi.. ga dewasa rohani.. ga punya iman.. belagu.. sombong rohani..

kalo kek gitu, apa bedanya kekristenan ma diktator-diktator yang ga membolehkan orang laen punya pemikiran-pemikiran laen selaen dari pikiran dia??

heran g..

plizz deh..

jadi teringat percakapan Bree Hodge dengan Lynette Scavo di film Desperate Housewife.. Bree malu karena Lynette (temannya) datang ke gereja bersama dengannya dan mengajukan pertanyaan dengan mengangkat tangan saat kotbah sedang berlangsung.. menurut Bree gereja adalah tempat jawaban bukan tempat bertanya.. ironisnya pendeta Bree mengatakan sebaliknya, gereja adalah tempat bertanya dan mendapat jawaban..

kenapa sih orang-orang kristen begitu bermasalah dengan pertanyaan kenapa?

swt..

__________________

-Faith is trusting God, though you see impossibility-

jlwijaya's picture

ada yang lemah ada yang keras ada yang cepat ada yang lambat

-setiap orang punya karakter yang berbeda2 dalam menghadapi masalah ada yang cepat ada yang lambat ada yang tegas ada yang lemah ada yang keras ada yang lembut ada yang konservatif. ada juga yang liberal .dan ngak ada yang bisa di katakan mana yang lebih baik.

 

Geadley Lian's picture

kurang tepat

Kalo bermegah karena nama Tuhan gimana? Kira2 gitu juga ya..........

Mungkin kau coba bilang tentang pendapat/pemikiran yang di anggap bercanggah dengan pemikiran kristen/sebaliknya.

Gereja tempat bertanya?

Ehmmm............gimana ya jika dianjurkan sesi soal jawab?

Tempat menemukan jawaban?

Tuhan menjawab doa tidak selalunya ontime karena Dia punya rencana yang lebih baik dari manusia.Bisa saja Tuhan menjawab doa orang percaya setelah beberapa tahun doanya tidak putus2.

Makanya kalo mau bilang gereja tempat mencari jawaban itu kurang tepat.

__________________

geadley

teograce's picture

a church

soal gereja tempat bertanya n gereja tempat mendapat jawaban.. itu adalah cuplikan sebuah film, as i mentioned before..

buat saya, gereja bukan tempat bertanya, gereja juga bukan tempat mendapat jawaban.. "a church is an office with a cross without a professionalism in it.. don't forget to bring your shield if you don't want to die.." -- quote and requote by me..

__________________

-Faith is trusting God, though you see impossibility-

Geadley Lian's picture

dua pengertian

Gereja ada dua pengertian yaitu:

1.Diri sendiri.

2.Sebuah bangunan.

Penjelasan yang pertama itu adalah apabila semua anak2 Tuhan berkumpul utk memuji,menyembah bahkan mengadakan persekutuan bersama.

Yang ke2 ya memang gereja adalah sebuah bangunan,tapi ia juga merupakan simbol keberadaan orang percaya.

__________________

geadley

teograce's picture

realita

thx for the info bro..

but i'm enough with all theories.. karena teori adalah teori..

teori bukan realita.. realita bukan teori..

__________________

-Faith is trusting God, though you see impossibility-

Geadley Lian's picture

bisa saja

Teori bisa saja dibilang hanya sekedar teori,tapi bukan semua teori tidak harus dipercayai,hanya manusia saja punya akal utk berhati-hati saat mengetahui suatu teori.

__________________

geadley

teograce's picture

nato

yeah.. n penganut setia teori-teori kristen.. must be a member of NATO club..

__________________

-Faith is trusting God, though you see impossibility-

Geadley Lian's picture

kalo teori angka

Kalo teori angka yang disamakan dengan kehidupan,baru gw tau karena sebelumnya tidak pernah ada seorangpun yang menyamakan angka dengan kehidupan.Terus jadi kaget kalo khidupan tidak ada awal,mana mungkinkan..........

__________________

geadley

teograce's picture

penyakit kronis

"Teori bisa saja dibilang hanya sekedar teori,tapi bukan semua teori tidak harus dipercayai,hanya manusia saja punya akal utk berhati-hati saat mengetahui suatu teori." - quoted by you, requoted by me..

Mengutip dari blog tetangga yang ini, "....Dia menyelidiki teori heliosentris yang diajukan oleh Aristarkus dari Samos. Teori ini meyakini bahwa bumi yang mengelilingi matahari, bukan sebaliknya seperti yang diyakini orang-orang pada zaman. Teori ini tentu saja ditentang oleh orang Kristen. Mereka juga meyakini bahwa bumi itu berbentuk seperti kotak, sementara Hypatia mengajukan hipotesis bahwa bumi ini bulat.Karena perbedaan itu, maka orang Kristen melarang anak-anak mereka diajar oleh Hypatia....." dihubungkan dengan pernyataan geadley, kalo loe baru tau terus kenapa? dunia ini apakah sekecil pikiran geadley? ga boleh orang punya teori seperti itu? kata sapa teori loe bener? katanya bukan semua teori tidak harus dipercayai, tinggal terserah geadley kan mo percaya ato ga.. terus masalahnya dimana? g ga boleh kah punya pemikiran yang geadley tidak pikirkan? bukankah itu yang namanya diversity? kalo mo semua orang pikirannya sama, minta aja Tuhan ciptain robot yang mass production, yang identik satu sama laen, ga repot toh.

g heran juga kalo baca tulisan-tulisan sebelumnya, yang bilang mo jadi "gembala", melindungi orang-orang kristen yang masih labil.. belum punya pemahaman yang baik.. pertanyaan g, sanggupkah bahkan anda sendiri menjaga diri anda sendiri? bisakah anda melihat masa depan? tahukah anda batas kemampuan anda?

jaga diri sendiri aja ga mungkin sanggup, apalagi jagain orang laen..

saya menamakan kondisi dimana orang kristen begitu annoyed dengan pertanyaan kenapa itu sebagai suatu penyakit menular dan berbahaya, dimana semakin tinggi posisi seseorang dalam organisasi gereja, semakin rentan terkena penyakit ini.. apalagi seseorang seperti pendeta atau gembala.. apalagi kalo orang itu semakin merasa dewasa rohani.. ciri-ciri yang saya pernah jumpai : sering banget bawa-bawa nama Tuhan kalo pendapat orang beda ma pendapat dia, "dalam nama Tuhan Yesus, bertobat", kek tau aja kadar iman orang n hubungan orang ma Tuhan.. beda pendapat disuru tobat.. ga lama lagi bisa ditengking deh tuh orang dari gereja, karena dianggap kerasukan.. :p

 

__________________

-Faith is trusting God, though you see impossibility-

jlwijaya's picture

geadley lian:bedanya berhala dengan agama alam

-penyembah berhala masih  termasukkan sebagai theism karena mereka percaya dan menyembah  allah ,dewa atau allah2/dewa2 hanya saja yang mereka sembah bukan Allah yang sejati

-Agama alam sama sekali tidak percaya tuhan ada bagi mereka tuhan sama sekali tidak ada ,karena karena "Tuhan"itu tidak ada maka penganut agama alam mengatakan :kita sebut namakan saja alam itu "TUHAN" .karena itu agama alam di golongkan sebagai Atheism.

 

Geadley Lian's picture

kira2 gitu...

Pasti menurut golongan itu alam punya kuasa ajaib.Kira2 gitu ya...........

__________________

geadley

jlwijaya's picture

geadley:justru mereka ngak percaya yang supranatural

bagi agama alam yang ada hanya yang natural saja yang supranatural tidak ada .Tuhan yang supranatural dalam agama2 theism tidak ada .

Geadley Lian's picture

gitu mungkin

Berarti golongan itu menganggap alam ini "tuhan" yang tidak berkuasa,sudah tentu.

__________________

geadley