Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Breaking News! – Temanggung Rusuh, Kerusuhan Temanggung

mujizat's picture

Hari ini, Selasa 8 Februari 2011 terjadi kerusuhan di tengah kota Temanggung, Jawa Tengah. Kerusuhan dimulai ketika PN Temanggung menyidangkan seseorang berinisial Antonius, yang didakwa telah mengedarkan sejumlah buku (traktat?) ke desa tertentu di kawasan Temanggung yang isinya penistaan terhadap beberapa agama tertentu, sekitar bulan Oktober 2010 tahun lalu, demikian dilansir Metrotv di breaking news siang ini.

Setidaknya dua buah gereja dibakar massa, termasuk sejumlah sekolah tertentu. Beberapa buah sepeda motor juga dibakar massa, termasuk sebuah mobil polisi. Pihak kepolisian Polresta Temanggung mengerahkan kekuatan satu Batalyon untuk mengamankan jalannya sidang, dan sekitar jam 14.00 situasi sudah terkendali.

Terdakwa Antonius diganjar 5 tahun penjara.

Beberapa perusuh harus dirawat dirumah sakit karena terkena tembakan peluru karet petugas. Beberapa gereja di Temanggung saat ini dijaga petugas, sebagai antisipasi meluasnya amuk massa. Juga pertokoan di bilangan Jl. Jendral Sudirman hari ini pilih tutup. Mohon dukungan doa.

Tuhan Yesus memberkati.

__________________

 Tani Desa

5p Arta's picture

bang Muji

Apa yang harus saya doakan bang ?

__________________

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

kardi's picture

Doa untuk Temanggung

Tuhan Yesus, curahkan kasihMu yang tak pernah berubah, pada warga Temanggung khususnya, Beri kekuatan bagi mereka yang teraniaya karena namaMu dan ampuni mereka yang telah menganiaya dan membakar rumahMu. Berikan keberanian pada aparat dan penegak hukum untuk menindak lanjuti kerusuhan ini dan diproses berdasarkan hukum yang berlaku dengan adil.Kami boleh belajar untuk mengasihi mereka semua. Hanya dalam namaMu Yesus Kristus, raja Damai kami alaskan doa ini,Amin

Purnawan Kristanto's picture

Saya tidak berdoa

Saat terjadi kerusuhan tadi siang saya tidak berdoa. Saya bertindak. Saya menghubungi teman-teman relawan untuk mendapatkan informasi di sana. Kirim broadcast lewat FB dan Twitter. Setelah itu, kami menghubungi gereja di Parakan dan Magelang untuk bersiap-siap menampung pengungsi jika situasinya bertambah amook. Syukurlah kerusuhan tidak meluas.

Point yang ingin saya sampaikan adalah: kita ini kadang kurang berpikir taktis. Jika ada apa-apa seruannya berdoa. Kalau semua berdoa, lalu siapa yang menyiapkan diri untuk menolong para korban?

 

__________________

------------

Communicating good news in good ways

irwanda.bobby's picture

@purnawan

tepatnya mungkin berdoa dan bertindak yah pak? gmn pak informasi yg bapak dapat?

__________________

masih dalam tahap membaca, memperhatikan dan mencerna

sahabat's picture

@Purnawan: tindakan anda bijak

Ketika bertindak pun boleh berdoa.... Saya mengerti maksud sebenar anda dan saya setuju.
__________________

"Aku yakin dengan sepenuhnya bahawa Berita Baik itu kuasa Allah yang menyelamatkan semua orang yang percaya kepada Yesus, mula-mula orang Yahudi, dan juga orang bukan Yahudi" - Roma 1: 16

matahari's picture

@ Purnawan

Wan, anda benar, mujijat juga benar...

Mujijat menginformasikan dan mengajak untuk berdoa, jadi yang hatinya tergerak untuk berdoa, ya monggo silakan berdoa....

Anda mengajarkan praktek, untuk bertindak dan menghimbau untuk menolong, good Wan... jadi yang hatinya tergerak untuk bertindak menolong monggo silakan....

Jadi yang berdoa sebetulnya tidak kurang taktis daripada yang bertindak, sebab kedua-duanya sama baik dan benar... apalagi bila kedua2nya dikerjakan, pasti lebih mantap...

Hendaklah yang bertindak tidak merendahkan yang berdoa, dan sebaliknya, supaya dinamika kristen tidak makin diwarnai dengan friksi-friksi yang sebetulnya tidak perlu ada bila kita mau merendahkan hati untuk memahami potensi, sikap, dan orientasi yang berbeda dengan kita...

Mari semua berdoa dan bertindak.... JBU

Purnawan Kristanto's picture

Terimakasih untuk sarannya.

Terimakasih untuk sarannya. Saya juga berdoa kok. Terutama sebelum makan.

__________________

------------

Communicating good news in good ways

matahari's picture

@ Purnawan

Hehehe... jadi malu saya sama Wawan... saya juga berdoanya kalo pas sebelum makan... bedanya saya agak sering lupa... jadi kamu lebih hebat dari saya Wan...

JBU Wan...

 

manguns's picture

nebie mencermati pasar klewer

Terhadap letupan sosial yang menimpa dua gereja di temanggung, nebie mamantau celotehan pedagang pasar klewer:

  • bedoa yuk ... apa neh, yang didoakan
  • tindak tanggap darurat: assement dan antisipasi
  • diskusi teologi

Sebagian hening dan harap-take for granted, 'semoga gereja gw nggak kena'.

Kalo ane selaku nebie, hening dan bingung: apakah gereja ane harus mengalami hal itu, supaya tumbuh kepekaan. Spt kata orang: darah adalah pupuk terbaik bagi pertumbuhan iman

 

Purnawan Kristanto's picture

Tips Contingency Plan

Ada tips yang mungkin berguna sebagai contingency plan bagi gereja menghadapi kerusuhan:

1. Buatlah pintu keluar-masuk yang lebih dari satu. Satu di depan, dan satu pintu lagi di belakang atau samping. Jika sewaktu-waktu gereja diserang dari depan, maka ada kesempatan lari lewat pintu lain.

2. Rumah pastori jangan sampai menjadi satu dengan gereja. Jika gereja diserang, maka keluarga pendeta bisa menjadi korban.

3. Selain digerudug massa, gereja biasanya dirusak dengan cara hit and run. Misalnya dilempari bom molotov oleh pengendara sepeda motor. Ada baiknya jika gereja memasang webcam yang merekam selama 24 jam.

4. Tips yang terakhir ini yang paling manjur: Dirikanlah gereja di dalam kompleks militer atau depan markas tentara. Tongue out

NB: Semua tips sudah dilakukan oleh gereja saya (gereja jago di Klaten)

__________________

------------

Communicating good news in good ways

joli's picture

gereja jago

iya ya, gereja jago emang paling jago. Deket ama gorengan lagi, jadi gampang bila lapar :)

Puput Manis's picture

Gereja tanpa dinding

 

Paling aman gereja tanpa dinding, gereja tanpa plang, gereja yang tak perlu minta ijin pada tetangga, atau pada pemerintah, dan gereja yang bisa beribadah di mana saja, kapan saja, dengan atau tanpa pendeta/pastur.

__________________

Salam Hangat Dalam Kasih-Nya,

joli's picture

Puput Manis, kemana aja?

Puput manis.. kemana aja?

Jadi ingat pertama kali ngeblog ke SabdaSpace, Puput Manis salah satu yang menyapa ramah Joli :)

Nah bagi Joli SabdaSpace ini sudah seperti gereja yang tanpa dinding :)

Purnawan Kristanto's picture

Gereja Tanpa Tembok

Kalau gereja tanpa tembok sudah ada. Nih gereja bajem Pesu, Wedi, Klaten. Bangunan aslinya roboh digoncang gempa Mei 2006. Sampai sekarang belum boleh dibangun lagi karena belum ada ijin dari Sunarno.

Maka dibangunlah gereja bambu. Pondasi di sebelah kanan gambar itu adalah pondasi asli. Kalau mau membakar gereja ini mudah sekali.

pesu

__________________

------------

Communicating good news in good ways

ferrywar's picture

gereja

Sebetulnya gereja dan bangunan gereja harus dibedakan.

Gereja adalah persekutuan orang-orang yang beridealisme sejalan dengan idealisme Kristus. Yang bisa dihancurkan adalah bangunan-bangunan, tapi idealisme tidak.

Sebuah persekutuan dalam bangunan bisa diobrak-abrik, tapi dalam hitungan hari akan solid kembali setelah hilang rasa kagetnya. Seperti tirai Bait Allah bisa tercabik dan bahkan hancur, tapi ada sesuatu yang selalu bisa bangkit - yang dalam contoh - bangkit di hari ketiga.

Tak ada yang mampu membatasi pikiran dan hati sekalipun badan bisa dihancurkan. Tak ada yang bisa mengerangkeng ide, sekalipun mulut-mulut dipaksa bungkam.

 

Purnawan Kristanto's picture

Ternyata beda ya? Baru tahu

Ternyata beda ya? Baru tahu sekarang.

__________________

------------

Communicating good news in good ways

Geadley Lian's picture

Sekedar

Orang2 percaya tidak bisa lari dari derita itu meski dimanapun berada,namun itu semua tidak akan melemahkan iman orang2 percaya yang sungguh2 menantikan apa yang akan Tuhan lakukan.Memang bukan kehendak qt kasus seperti itu berlaku,tapi itu hanya sekedar ujian,seolah-olah qt adalah pelajar yang menghadapi ujian & perlu lulus.

__________________

geadley