Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Mujizat Terbesar di Alam Semesta

Debu tanah's picture

Saya percaya mujizat pernah terjadi dan akan terus terjadi (walaupun seumur hidup saya belum pernah sekalipun mengalami atau melihat secara langsung), karena Alkitab mencatatnya dengan eksplisit.

 
Namun demikian saya turut prihatin bahwa sekarang ini banyak klaim mujizat yang sebenarnya bukan mujizat! Saya sangat setuju dengan misi Hai hai supaya kita waspada terhadap penyesatan yang terjadi. Namun saya tidak setuju dengan pengertian beliau tentang mujizat. Dalam “Aku Tidak Percaya Mujizat 2” Hai hai berkata:
 
Saya percaya mujizat dalam arti: MUJIZAT adalah kejadian yang menyimpang dari hukum-hukum alam yang telah diketahui. Saya tidak percaya mujizat dalam arti: MUJIZAT adalah kejadian yang menyimpang dari hukum alam karena intervensi Allah. Apabila anda melihat atau mengalami mujizat, maka percayalah bahwa itu adalah kejadian yang menyimpang dari hukum-hukum alam yang telah diketahui, bukan kejadian yang menyimpang dari hukum alam karena intervensi Allah.
 
Hai hai menyusun teori ini dengan keyakinan bahwa:
 
Allah memang berkuasa untuk melanggar hukum alam, namun MUSTAHIL Allah menggunakan kuasa-Nya untuk menentang KETETAPAN-NYA. Allah memang berdaulat untuk MENGUBAH atau MENCIPTAKAN hukum baru, namun MUSTAHIL Allah menggunakan kedaulatan-Nya untuk menentang KETETAPAN-NYA. Bukankah Allah dengan GAMBLANG menyatakan bahwa Dia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu? Berhenti artinya berhenti.
 
Dalil-dalil atau definisi-definisi tentang alam yang dibuat oleh para ilmuwan BUKAN hukum alam, itu adalah PEMAHAMAN manusia atas hukum alam. Hukum alam adalah KETETAPAN-KETETAPAN Allah akan alam semesta. Ketetapan-ketetapan itu sudah ditetapkan dalam 6 hari penciptaan dan sejak itu tidak ada lagi ketetapan-ketetapan baru, bukannya karena Allah tidak MAMPU atau tidak BERDAULAT, namun karena Allah sudah menetapkannya demikian.
 
 
Mujizat dalam Alkitab
 
Dalam Alkitab banyak sekali terjadi mujizat (sejati). Mujizat dalam Perjanjian Lama antara lain: Musa mengadakan mujizat di hadapan Firaun dan mujizat 10 tulah di Mesir. Mujizat-mujizat yang diadakan oleh nabi Elia dan nabi Elisa, mujizat yang dialami Sadrakh, Mesakh dan Abednego, dst.
 
Mujizat dalam Perjanjian Baru antara lain:
1.      Mujizat kesembuhan dari penyakit & cacad: orang buta melihat, orang tuli mendengar, orang kusta menjadi tahir, orang lumpuh berjalan.
2.      Mujizat menenangkan angin ribut dan berjalan di atas air dilakukan oleh Yesus
3.      Mujizat mengusir roh jahat dilakukan oleh Yesus dan para rasul.
4.      Mujizat 5000 orang makan.
5.      Mujizat membangkitkan orang mati.
6.      Dll
 
 
Tujuan Allah Mengadakan Mujizat
 
Bila kita teliti Alkitab maka ada beberapa tujuan Allah melakukan mujizat:
 
1.      Membuktikan eksistensi dan kuasa Nya kepada manusia
 
Roma 9:17 Sebab Kitab Suci berkata kepada Firaun: "Itulah sebabnya Aku membangkitkan engkau, yaitu supaya Aku memperlihatkan kuasa-Ku di dalam engkau, dan supaya nama-Ku dimasyhurkan di seluruh bumi."
 
Daniel 4:37 Jadi sekarang aku, Nebukadnezar, memuji, meninggikan dan memuliakan Raja Sorga, yang segala perbuatan-Nya adalah benar dan jalan-jalan-Nya adalah adil, dan yang sanggup merendahkan mereka yang berlaku congkak.
 
Matius 9:6 Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa" -- lalu berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu --: "Bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!"
 
2.      Membuat orang bertobat / percaya
 
Yohanes 14:11 Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.
 
Yohanes 4:42 dan mereka berkata kepada perempuan itu: "Kami percaya, tetapi bukan lagi karena apa yang kaukatakan, sebab kami sendiri telah mendengar Dia dan kami tahu, bahwa Dialah benar-benar Juruselamat dunia."
 
Yohanes 16:30 Sekarang kami tahu, bahwa Engkau mengetahui segala sesuatu dan tidak perlu orang bertanya kepada-Mu. Karena itu kami percaya, bahwa Engkau datang dari Allah."
 
3.      Memuliakan nama Nya
 
Matius 9:8 Maka orang banyak yang melihat hal itu takut lalu memuliakan Allah yang telah memberikan kuasa sedemikian itu kepada manusia.
 
Matius 15:31 Maka takjublah orang banyak itu melihat orang bisu berkata-kata, orang timpang sembuh, orang lumpuh berjalan, orang buta melihat, dan mereka memuliakan Allah Israel.
 
Markus 2:12 Dan orang itu pun bangun, segera mengangkat tempat tidurnya dan pergi ke luar di hadapan orang-orang itu, sehingga mereka semua takjub lalu memuliakan Allah, katanya: "Yang begini belum pernah kita lihat."
 
Lukas 5:25 Dan seketika itu juga bangunlah ia, di depan mereka, lalu mengangkat tempat tidurnya dan pulang ke rumahnya sambil memuliakan Allah.
 
Lukas 7:16 Semua orang itu ketakutan dan mereka memuliakan Allah, sambil berkata: "Seorang nabi besar telah muncul di tengah-tengah kita," dan "Allah telah melawat umat-Nya."
 
Lukas 5:26 Semua orang itu takjub, lalu memuliakan Allah, dan mereka sangat takut, katanya: "Hari ini kami telah menyaksikan hal-hal yang sangat mengherankan."
 
Lukas 13:13 Lalu Ia meletakkan tangan-Nya atas perempuan itu, dan seketika itu juga berdirilah perempuan itu, dan memuliakan Allah.
 
Lukas 17:15 Seorang dari mereka, ketika melihat bahwa ia telah sembuh, kembali sambil memuliakan Allah dengan suara nyaring,
 
Lukas 17:18 Tidak adakah di antara mereka yang kembali untuk memuliakan Allah selain dari pada orang asing ini?"
 
Lukas 18:43 Dan seketika itu juga melihatlah ia, lalu mengikuti Dia sambil memuliakan Allah. Seluruh rakyat melihat hal itu dan memuji-muji Allah.
 
Yohanes 2:11 Hal itu dibuat Yesus di Kana yang di Galilea, sebagai yang pertama dari tanda-tanda-Nya dan dengan itu Ia telah menyatakan kemuliaan-Nya, dan murid-murid-Nya percaya kepada-Nya.
 
4.      Meneguhkan Firman Nya
 
Markus 16:20 Mereka pun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.
 
 
Apakah Mujizat Melanggar Hukum Alam / Ketetapan Allah?
 
Apakah mujizat itu? Bagi saya mujizat adalah kejadian yang tidak lazim yang tidak dapat dilakukan oleh kemampuan manusia dan terjadi atas campur tangan dari Tuhan.
 
Apakah dengan melakukan mujizat Allah telah melanggar ketetapan yang telah ditetapan pada 6 hari penciptaan? Mujizat (sejati) jelas melanggar hukum alam. Teknologi manusia tidak melanggar hukum alam tetapi dengan teknologi manusia mampu melakukan yang dahulu tidak bisa dilakukan. Sulap tidak melanggar hukum alam tetapi menipu para penonton yang melihatnya.
 
Hai hai menulis:
Hukum alam adalah KETETAPAN-KETETAPAN Allah akan alam semesta. Ketetapan-ketetapan itu sudah ditetapkan dalam 6 hari penciptaan dan sejak itu tidak ada lagi ketetapan-ketetapan baru, bukannya karena Allah tidak MAMPU atau tidak BERDAULAT, namun karena Allah sudah menetapkannya demikian.
Mungkinkah suatu ketika nanti para ilmuwan menemukan cara untuk berjalan di atas air? MUNGKIN! Hukum alamnya sudah diciptakan dalam enam hari penciptaan, manusia hanya perlu menemukan kebenarannya. Apakah bila menemukan kebenarannya maka manusia bisa berjalan di atas air? BISA! Yesus adalah manusia 100% ketika berjalan di atas air. Petrus adalah manusia 100% ketika berjalan di atas air. Itu berarti manusia yang lain pun bisa berjalan di atas air.
 
Mungkinkah suatu saat dengan teknologi manusia bisa berjalan di atas air? BISA! Alkitab mengajarkan bahwa manusia mampu melaksanakan segala rencananya (Kejadian 11:6). Suatu saat manusia bisa berjalan di atas air dengan membuat “baling-baling bambu” yang sangat kecil sehingga bisa ditempelkan pada sepatu sehingga SEMUA manusia bisa berjalan di atas air bila mengenakannya. Ini tentu bukan “mujizat sejati”!
 
Kembali ke mujizat Petrus dan Yesus berjalan di atas air. Kita sepakat Petrus adalah 100% manusia, apakah Petrus menguasai teknologi baling-baling bambu mikro dalam ilustrasi di atas? Saya yakin Petrus tidak tahu teknologi baling-baling bambo mikro. Oleh karena itu saya yakin itu adalah “mujizat sejati”.
 
Apakah Yesus adalah 100% manusia ketika berjalan di atas air, apakah Yesus menguasai teknologi baling-baling bambu mikro dalam ilustrasi di atas? Saya yakin Yesus sebagai manusia tidak tahu dan menguasai teknologi baling-baling bambu mikro. Oleh karena itu saya yakin itu adalah “mujizat sejati”.
 
Ini imajinasi saya saja, jangan anggap serius. Apakah mungkin Yesus adalah manusia masa depan yang datang dengan mesin waktu dan telah MENIPU manusia dengan melakukan mujizat dengan menggunakan TEKNOLOGI masa depan dan ngaku-ngaku sebagai MESIAS dengan melakukan mujizat? Alkitab ada menubuatkan tentang mesias palsu:
 
Matius 24:24 Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.
 
Bila itu benar maka kita adalah manusia yang paling malang dan sial !!
 
Tetapi Yesus BISA melanggar hukum alam karena Dia juga adalah Allah yang punya KUASA. Petrus bisa berjalan di atas air karena dia diberi kuasa oleh Yesus untuk berjalan di atas air. Apakah Allah telah melanggar KETETAPAN NYA sendiri?
 
TIDAK! Siapa yang bilang Allah MENETAPKAN bahwa Yesus tidak boleh menggunakan kuasa-Nya untuk melakukan mujizat (melanggar hukum-hukum alam) dan tidak boleh memberikan KUASA kepada manusia untuk melanggar hukum alam? Hai hai yang mengatakannya. Alkitab tidak mengajarkan demikian!
 
 
Mujizat Terbesar
 
Apakah mujizat terbesar di alam semesta dari kekekalan hingga kekekalan?
 
Mujizat terbesar adalah waktu Maria mengandung oleh Roh Kudus dan melahirkan Yesus ke dunia untuk menebus dosa manusia. Mujizat bahwa Allah mengosongkan diri-Nya dan menjelma menjadi manusia untuk menyelamatkan manusia.
 
Ini jelas melanggar hukum alam karena Yesus bukan hasil pembuahan sperma dan sel telur manusia, tetapi tidak melanggar ketetapan Allah, karena Allah tidak pernah menetapkan bahwa diri-Nya tidak boleh menjelma menjadi manusia untuk menyelamatkan manusia. Mujizat ini sama sekali tidak menyangkal diri Nya sendiri (melanggar ketetapan Allah) tetapi justru menyatakan kasih-Nya!
 
 
Kesimpulan
 
1.      Allah mengadakan mujizat (sejati) bertujuan untuk membuktikan eksistensi diri-Nya kepada manusia, membuat orang bertobat / percaya kepada-Nya, memuliakan nama-Nya dan meneguhkan firman-Nya.
 
2.      Mujizat terbesar di alam semesta adalah bahwa Allah menjelma menjadi manusia dalam diri Yesus Kristus untuk menyelamatkan manusia karena Allah sangat mengasihi manusia.
 
3.      Mujizat memang melanggar hukum-hukum alam. Allah BISA melanggar hukum-hukum alam tetapi Allah memang TIDAK BISA melanggar ketetapan-ketetapanNya karena Allah tidak bisa menyangkal diri-Nya sendiri. Allah melakukan mujizat tanpa melanggar ketetapan-ketetapan-Nya karena Allah TIDAK PERNAH MENETAPKAN diri-Nya untuk tidak boleh menolong manusia dengan melakukan mujizat (sejati) dan melanggar hukum-hukum alam!
 

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jesusfreaks's picture

@deta : ORANG YANG SALAH

Lo bertanya kepada Makhluk Yang Salah.

mungkin ada baiknya lo tanya ke SF, dia lagi online tuh di facebook.

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Debu tanah's picture

@ JF, kayaknya gw udah tau sebabnya

Sejak kemarin internetnya lelet bukan main sehingga tidak bisa koment sama sekali.. Trus saya disable java & javascript, bs koment tapi ternyata semua tool box hilang tanpa saya sadari.. Barusan saya enable lagi, ternyata jadi gak bisa sama sekali, down melulu.. Yah emang NASIB nih, gw PERLU MUJIZAT nih atau mau beli SMART aja kayaknya..
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Josua Manurung's picture

hai-hai oncom....

@ hai-hai oncom...

kepala peyang dan tolol sungguh tidak alkitabiah...

maaf kepala saya peyang dari kecil...

tapi tidak tolol tuh.... hehehe...

@ jf ... kalau ada orang bilang kau bohong... berarti kau harus baca lagi semua komen2 orang lain tentang tulisan itu dari atas sampai bawah.... ga usah2 pelah-pelan lah oncom... kapan selesainya... hahaha.....

 

Bukankah TUHAN ALLAH melihat hati...

BIG GBU!

__________________

BIG GBU!

jesusfreaks's picture

@josua : 10 x 10

CEPE DEH...

baca dari atas sampai bawah... ampun pak...

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Lady_silent's picture

@ Deta,hai2 dan All yang sedang peyang!!

 Shallom.....

BIARKAN para PEMBUAL terus MEMBUAL hingga MENYANGKAL bualannya sendiri.

@deta anda mengatakan :

Lalu Musa mengulurkan tangannya ke atas laut, dan semalam-malaman itu TUHAN menguakkan air laut dengan perantaraan angin timur yang keras (TETAPI angin Timur dari kekekalan tidak pernah sampai MEMBELAH LAUT MERAH bila tidak ada INTERVENSI ALLAH saat itu!), membuat laut itu menjadi tanah kering; maka terbelahlah air itu. Keluaran 14:21.

DETA anda MEMBUAL...

perhatikan ini:

Dengan menggunakan persamaan differential matematika, dua peneliti Rusia berupaya membuat pemodelan tentang kondisi ketika gelombang laut terpisah (Stolyarova, 2004).

Naum Volzinger dan Alexei Androsov, mendasarkan pemodelan mereka dengan keterangan-keterangan di Kitab perjanjian lama, termasuk keterangan bahwa pada saat itu terdapat gugusan karang yang jaraknya dekat dengan permukaan laut.

Dalam pemodelan hidrodinamik, diadakan simulasi berapa kecepatan angin yang diperlukan dan kekuatan badai yang dibutuhkan agar gugusan karang tersebut kering pada saat laut surut. Selain itu, juga disimulasikan berapa lama gugusan karang akan kering dan kapan air laut akan kembali menutupinya (Volzinger and Androsov,2002).

Hasilnya adalah jika angin timur bertiup sepanjang malam dengan kecepatan 30 meter per detik, maka gugusan karang akan kering. Dengan keadaan ini, untuk menyebrangi 7 km gugusan karang, Kaum Israel yang sebanyak 600.000 orang membutuhkan waktu 4 jam. Air laut kembali menutupi gugusan karang setelah 4,5 jam. Ini berarti durasi selama 4,5 jam gugusan karang masih kering.

Dari hasil pemodelan Volzinger dan Androsov, diketahui bahwa dibutuhkan angin berkecepatan 30 m per detik agar gugusan karang menjadi kering dan bisa disebrangi. Kecepatan 30 m per detik berarti 108 km/jam. Dalam skala Beaufort, kecepatan angin 108 km/jan sudah dapat dimasukkan dalam kategori Storm yang minimal mencapai skala 10 dengan kecepatan diatas 89 km/jam dengan durasi 12 hingga 1200 jam. Kecepatan 108 km/jam ini masih di bawah kecepatan minimal “ Tropical Cyclone (Hurrycane)” yang mencapai 118 km/jam dan “Tornado” (177 km/jam).

@DETA Anda menulis 

Tanpa INTERVENSI Allah maka angin TIMUR akan bertiup seperti biasanya (LAZIM nya), yaitu angin akan melintas (MENDATAR) di atas laut dari arah TIMUR ke arah Barat. BELUM PERNAH sebelumnya terjadi bahwa angin Timur sampai MENGUAK Laut Merah semalam-malaman! Bagaimana caranya angin Timur BISA MENGUAK Laut Merah? Kita BISA MENYIMPULKAN SAAT itu arah angin haruslah TIDAK LAZIM (karena lazim nya angin hanya MELINTAS di ATAS laut Merah). Supaya TIDAK LAZIM maka harus ada INTERVENSI Allah. Dari mana Deta tahu?

Jadi Akitab yang bilang bahwa TUHAN yang MENGUAKKAN laut Merah. (Bukan angin).

Lalu Musa mengulurkan tangannya ke atas laut, dan semalam-malaman itu TUHAN menguakkan air laut dengan perantaraan angin timur yang keras (namun itu bukan angin timur yang LAZIM karena lazim nya angin hanya MELINTAS di ATAS laut Merah, itu bukan angin, tapi TUHAN), membuat laut itu menjadi tanah kering; maka terbelahlah air itu. Keluaran 14:21

anda mengatakan yang membelah laut merah itu bukan angin tetapi Tuhan,wah maaf deta alkitab saya jelas mengatakan yang membelah laut itu adalah angin....angin yang sedang menjalankan perintah Tuhan,alam semesta ini taat kepada Tuhan,tetapi alam semesta ini tidak dapat melanggar hukumnya sendiri,jika anda memang mengerti benar tentang ilmu alam yang ABSOLUT,anda tidak akan mengatakan angin diatas MELANGGAR hukum alam

jika ini adalah pelanggaran hukum alam,hukum alam yang mana dan yang apa yang dilanggar oleh angin itu?angin itu tetap bekerja sesuai dan sejalan dng hukum yang mengaturnya,

Apakah Allah  sebelumnya belum menetapkan tentang hukum yang mengatur sifat angin?sehingga harus ada intervensi Allah dalam hal ini?Allah jelas sudah menetapkan  sejak 6 hari penciptaan,sehingga tidak perlu intervensi lagi

Terbelahnya lautan dalam proses kejadian  Musa memimpin eksodus kaum Israel dapat dijelaskan melalui sains, paling tidak sebagai pendekatan untuk memahami bagaimana Allah tetap menjaga mahakompleksnya alam semesta, lihatlah Ke KONSISTENAN ALLAH TERHADAP KETETAPANNYA

bahkan dikatakan TORNADO bisa melakukannya lebih cepat dari angin timur itu,tetapi Tuhan memang sudah menetapkan waktu yang pas agar orang israel bisa menyeberang dan waktu yang tepat pula saat laut itu menutup kembali...itu sebabnya kenapa TUHAN memakai angin timur dan bukan tornado.....apakah TUHAN dalam hal ini melanggar HUkum alam?? TENTU SAJA TIDAK....hanya orang yang tidak pernah belajar IPA saja yang mengatakan itu PELANGGARAN

saya mengangkap maksud anda karena menurut anda angin timur itu lazimnya hanya bertiup mendatar di atas laut merah kemudian menjadi tidak lazim karena bertiup lebih kencang dari seharusnya sehingga dapat membelah laut merah dan anda mengatakan itu PELANGGARAN HUKUM ALAM, waduh nampaknya anda benar benar pintar dalam memahami hukum alam dan ilmu yang mengaturnya,maafkan saya yang bodoh ini profesor law of nature ala debu tanah

anda sendiri mengatakan HUKUM ALAM ITU BERSIFAT ABSOLUT,TETAP dan PASTI 

saudara Deta tanpa bermaksud menyebelah tetapi coba anda teliti kembali pernyataan anda

mujizat adalah kejadian yang tidak lazim yang tidak dapat dilakukan oleh kemampuan manusia dan terjadi atas campur tangan dari Tuhan. Saya juga berkata: Semua MUJIZAT pasti melanggar hukum alam .......

sebelumnya saya sudak katakan kepada anda

ALLAH MAMPU MELAKUKAN MUJIZAT TANPA HARUS MELANGGAR 

HUKUM ALAM/MELANGGAR KETETAPANNYA SENDIRI"...

dan sekarang Adalah sebuah kebenaran, konsistensi adalah sebuah kutub energi juga, dari konsistensi yang tidak terpahami seringkali juga muncul begitu banyak bentuk pengahakiman, hanya orang-orang yang benar-benar sadar atas apa yang ia lakukan yang akan tetap bertahan pada hukum kekonsistenan. Dan ia meraup kemenangan yang unpredictable.

mengutip tulisan hai hai 

BIARKAN para PEMBUAL terus MEMBUAL hingga MENYANGKAL bualannya sendiri.dan menjilat muntahnya sendiri

salam

ladysilent

__________________

Love n Peace Lady silent

jesusfreaks's picture

@LS : MENGUTIP DENGAN TOLOL

BIARKAN para PEMBUAL terus MEMBUAL hingga MENYANGKAL bualannya sendiri.dan menjilat muntahnya sendiri

 

Bagaimana Pembual menjilat muntahnya sendiri ? apakah pembual itu muntah sehingga menjilat muntahnya sendiri ?

 

Last not least : Apakah lo setuju dengan tidak adanya MUJIZAT versi si haihai ?

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Lady_silent's picture

@ JF permainan kata kata

 ha ha ha ha

nampaknya loe suka bermain kata kata ya bro.....

karena seringnya loe bilang gw TOLOL maka mungkin loe merasa kalo loe bukan orang TOLOL dan pastinya lebih pintar dari gw

nah masa orang pintar ga tau arti kata kiasan sih?

and then

Last not least : Apakah lo setuju dengan tidak adanya MUJIZAT versi si haihai ?

 waduh masa orang pintar ga bisa menarik kesimpulan dari apa yang saya kemukakan sih?

mungkin loe sengaja menunjukkan ketololan loe dengan bertanya hal hal yang bodoh,childhish and out of topic begitu ke gw karena kerendahan hati loe ya...

tong kosong emang nyaring bunyinya,

nice...nice

kata orang bijak nih

JANGAN PERNAH BERTANYA SESUATU KEPADA ORANG TOLOL

tetapi anda melakukannya

artinya ANDA LEBIH TOLOL DARI ORANG TERSEBUT

hahahahahahha.........defacter

__________________

Love n Peace Lady silent

Debu tanah's picture

@ LS, mujizat adalah..

Anda benar-benar dibutakan oleh ILAH ZAMAN ini tampaknya.. Hehehe… Silakan baca komentar saya kepada SANDMAN.. "@ Sandman, pemahaman OBYEKTIF.." http://www.sabdaspace.org/mujizat_terbesar_di_alam_semesta#comment-41606 Baca baik-baik Kejadian 14:21. Keluaran 14:21 Lalu Musa mengulurkan tangannya ke atas laut, dan semalam-malaman itu TUHAN menguakkan air laut dengan perantaraan angin timur yang keras, membuat laut itu menjadi tanah kering; maka terbelahlah air itu. EXODUS 14:21 And Moses stretched out his hand over the sea; and the LORD caused the sea to go back by a strong east wind all that night, and made the sea dry land, and the waters were divided. Jelas dikatakan : “TUHAN menguakkan air laut” dalam bahasa Inggris KJV: “the LORD caused the sea to go back”. Apa Alkitab saya beda dengan Alkitab anda? Apa Alkitab anda dari Hongkong kali? Hehehe.. Tuhan memang mengunakan angin Timur karena memang sedang musim angin Timur. Bagimana pendapat anda dengan ANALISA SPEKULATIF YANG LOGIS dalam komentar saya sebelumnya? Menurut definisi saya, syarat disebut MUJIZAT adalah: 1. Kejadian itu TIDAK BISA dilakukan oleh manusia biasa! 2. Tidak bisa DITIRU/ DIULANGI tanpa ijin Tuhan. Disebut BUKAN MUJIZAT, bila bisa diulangi / ditiru oleh siapa saja , asal tahu caranya. Bila anda mengatakan itu bukan mujizat maka SILAKAN DIULANGI !
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Lady_silent's picture

@ HAI HAI dan DETA

 @ DETA 

kenapa anda tidak menjawab pertanyaan saya diatas?

silahkan dijawab dulu

 terbelahnya laut merah karena angin timur adalah pelanggaran hukum alam

jelaskan pelanggaran hukum alam yang mana yang dilanggar angin tersebut??'jelaskan dengan ilmu pasti bukan tebak tebak....

baru kita bisa mulai diskusi lagi

@ hai hai

ko hai nampaknya DETA akan menjilat muntahnya sendiri,kenapa sangat sulit sekali menangkap maksud baik di Tulisan aku tidak percaya mujizat.

kenapa orang mudah sekali menilai saya dan anda atau yang sependapat dengan tulisan anda itu sesat dan tolol...dan tanpa memberi tahu kita dimana letak kesesatannya,bukankah kita sama sama sedang belajar tentang kebenaran yang tertulis dalam alkitab,mereka tidak dapat menemukan kesalahan kita,lalu dengan seenak dengkulnya mengatakan kita sesat karena kita tidak sependapat dng mereka

bagaimana deta bisa mengatakan saya dibutakan ilah jaman ini,tanpa menunjukkan dimana letak kesalahan saya?

dari awal pembahasan ini apa yang diyakini deta tidak konsisten,anda juga pasti bisa melihat ketidakkonsistenan dia dalam menjawab ,

kebenaran sejati pasti konsisten bukan...

saya percaya apa yang telah alkitab catat tentang mujizat adalah kebenaran,mujizat sudah terjadi saat 6 hari penciptaan....

mau tidak mau itulah yang alkitab katakan

salam

ladysilent

 

__________________

Love n Peace Lady silent

Debu tanah's picture

@ Lady Silent, Mujizat Laut Merah melanggar hukum alam

LS berkata: kenapa anda tidak menjawab pertanyaan saya diatas? silahkan dijawab dulu terbelahnya laut merah karena angin timur adalah pelanggaran hukum alam jelaskan pelanggaran hukum alam yang mana yang dilanggar angin tersebut??'jelaskan dengan ilmu pasti bukan tebak tebak.... DETA: 1. Anda juga tidak menanggapi tentang ANALISA SPEKULATIF YANG LOGIS yang saya lakukan terhadap mujizat Laut Merah. 2. Anda juga tidak menjawab apakah MUJIZAT LAUT MERAH BISA ANDA ULANGI atau tidak. Bukankah saya sudah berkata bahwa HUKUM ALAM bekerja dengan OTOMATIS / ALAMI? Saya menyebut terbelahnya Laut Merah karena SAAT Allah MENGONTROL. Jadi bukan kebetulan / alami oleh hukum-hukum alam yang bekerja secara otomatis. Padahal saya sudah menjelaskan sangat teknis lho dalam komentar saya itu. Rasanya sih sangat jelas, itu sebab saya mengakan anda sedang DIBUTAKAN ILAH ZAMAN ini. Hehehe…. Saya ulangi deh, dengan LEBIH TEKNIS: Hukum yang dilanggar adalah hukum angin bergerak dari tempat yang bertekanan tinggi ke tempat yang bertekanan rendah. Pada waktu itu ANGIN TIMUR bertiup pada saat itu sedang MUSIM angin Timur. Nah angin Timur tidak akan bertiup ke ARAH BAWAH untuk membelah Laut Merah karena TEKANAN AIR LAUT jelas lebih besar dari TEKANAN UDARA dipermukaan air laut. Asumsi kan dalam Laut Merah lebih dari 50 meter, itu berarti tekanannya kira-kira 50 ATM, sedangkan tekanan udara di atas PERMUKAAN LAUT kira-kira 1 ATM. Berdasarkan HUKUM ALAM, tidak mungkin angin Timur mengalir dari arah atas ke bawah MEMBELAH LAUT MERAH sehingga terbentuk jalur sehingga orang Israel bisa melintas. Pada komentar sebelumnya saya membuat ANALISA SPEKULASI YANG LOGIS bagaimana sebenarnya TUHAN MENGUAK LAUT MERAH. Yaitu Tuhan menyuruh malaikat-Nya untuk MENAHAN / MEMBLOK sehingga angin Timur BERBELOK ke bawah sehingga membelah Laut Merah, sedemikian rupa sehingga terbentuk 2 DINDING angin yang satu di sebelah SANA yang satu di sebelah SINI, sehingga di tengahnya KERING. Kecepatan angin di bagian tengah haruslah tidak terlalu kencang seperti pada DINDING angin itu. Kalo berdasarkan komentar anda diperlukan angin dengan kecepata 30 m/detik atau 108 km/jam. Bila kecepatan angin di tengah juga 108 km/jam anda kira manusia bisa berjalan melintas dasar laut ? Apalagi orang Israel membawa banyak barang-barang dan ternak lho! Apa yang dilakukan oleh malaikat ni jelas melanggar hukum alam. Bisa jadi anda KOMPLAIN, itu kan tidak ada di Alkitab? Itu sebab saya menyebutnya ANALISA SPEKULATIF YANG LOGIS. Faktanya adalah kejadian itu MELANGGAR HUKUM ALAM seperti penjelasan saya di atas !! Bacalah kembali Keluaran 14:21 baik-baik : Keluaran 14:21 Lalu Musa mengulurkan tangannya ke atas laut, dan semalam-malaman itu TUHAN MENGUAKKAN air laut dengan perantaraan angin timur yang keras, membuat laut itu menjadi tanah kering; maka terbelahlah air itu. Apa yang kurang jelas dengan FT di atas? Jelas dikatakan: “dan semalam-malaman itu TUHAN menguakkan air laut”??
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

Avatar - The Legend Of Moses

Lady, Samuel Franklyn benar. Ada banyak orang yang mau makan namun nggak mau kerja. Ada banyak orang yang mau pinter namun malas belajar.  Orang-orang demikian umumnya EMBENARKAN diri dengan MENUDUH orang-orang yang rajin belajar sebagai RASIONALIS dan mengajarkan bahwa Alkitab MUSTAHIL dipahami dengan benar oleh manusia.

Kebenaran yang tidak konsisten BUKAN kebenaran sejati.

Bagi orang-orang seperti Debu Tanah, kalimat tersebut di atas tidak berarti sama sekali. Prinsip KONSISTEN hanya berlaku bagi rakjat jelata, sementara bagi anak RAJA, berlaku hukum SEENAK JIDAT GUA. Bagi mereka ALKITABIAH adalah BILA sesuai dengan MAUNYA gua.

Lady, orang-orang seperti kita mengagungkan prinsip SOLA SCRIPTURA sementara orang-orang seperti Debu Tanah hidup dengan prinsip SOLA GUA.

Deta Menulis: Pada komentar sebelumnya saya membuat ANALISA SPEKULASI YANG LOGIS bagaimana sebenarnya TUHAN MENGUAK LAUT MERAH.

Yaitu Tuhan menyuruh malaikat-Nya untuk MENAHAN / MEMBLOK sehingga angin Timur BERBELOK ke bawah sehingga membelah Laut Merah, sedemikian rupa sehingga terbentuk 2 DINDING angin yang satu di sebelah SANA yang satu di sebelah SINI, sehingga di tengahnya KERING. Kecepatan angin di bagian tengah haruslah tidak terlalu kencang seperti pada DINDING angin itu. Kalo berdasarkan komentar anda diperlukan angin dengan kecepata 30 m/detik atau 108 km/jam. Bila kecepatan angin di tengah juga 108 km/jam anda kira manusia bisa berjalan melintas dasar laut ? Apalagi orang Israel membawa banyak barang-barang dan ternak lho!

Apa yang dilakukan oleh malaikat ini jelas melanggar hukum alam. Bisa jadi anda KOMPLAIN, itu kan tidak ada di Alkitab? Itu sebab saya menyebutnya ANALISA SPEKULATIF YANG LOGIS. Faktanya adalah kejadian itu MELANGGAR HUKUM ALAM seperti penjelasan saya di atas!!


Musa adalah keturunan suku Lewi, suku pengendali air. Itu sebabnya ketika Firaun sang pengendali api melakukan pembunuhan atas bayi-bayi, ibunya meletakkannya ke dalam keranjang lalu menghanyutkannya di sungai. Kakak perempuannya mengendalikan keranjang itu dengan ilmu pengendali airnya.

Musa lalu dipungut anak oleh putri Firaun dan dibesarkan sebagai pangeran Mesir dan mempelajari ilmu pengendali api. Ketika berumur 40 tahun Musa membunuh orang Mesir demi membela orang Israel. Karena takut jerat hukum, Musa pun lalu kabur ke padang gurun. Dalam pengembaraannya Musa bertemu dengan suku pengedali tanah. Dia diangkat murid bahkan kemudian diangkat sebagai menantu oleh Jitro ketua suku pengendali tanah.

Suatu hari Musa melihat ada semak yang menyala-nyala namun tidak terbakar. Dia pun lalu menghampirinya. Ternyata semak belukar itu adalah penampakkan YHWH. YHWH lalu memberi Musa tongkat penggebuk anjing dan memerintahkannya untuk menyelamatkan suku air dan menghancurkan kecongkakan raja api. YHWH pun mengajarkan ilmu pengendali udara kepada Musa.

Musa pun memulai tugasnya dan menjalani pertarungan-pertarungan yang berat namun selalu dimenangkannya selama 40 tahun di pada gurun. Ilmu pengendali api, air, angin dan tanah sangat membantunya memimpin bangsa Israel. Begitupun tongkat penggebuk anjing sebagai simbol pemimpin suku pengendali kayu. Api, air, angin, tanah dan kayu, kelimanya disebut wuxing atau lima unsur.

Lalu Musa mengulurkan tangannya ke atas laut, dan semalam-malaman itu TUHAN MENGUAKKAN air laut dengan perantaraan angin timur yang keras, membuat laut itu menjadi tanah kering; maka terbelahlah air itu. Keluaran 14:21

Debu tanah, anda salah TOTAL. Apa yang terjadi sama sekali tidak bertentangan dengan hukum alam. Musa adalah seorang yang rendah hati, itu sebabnya dia tidak mengagul-agulkan diri untuk segala yang dilakukannya. Alkitab bukan kitab sejarah itu sebabnya kisah-kisahnya tidak boleh dipahami seperti kita mempelajari kitab sejarah namun harus dipahami seolah mempelajari kitab SASRA. Ada yang tersurat dan ada yang tersirat!

Debu tanah, Laut merah terbelah karena Wuxing (lima unsur) menyatu. Musa mengerahkan semua ilmu yang dimilikinya, ilmu pengendali api, air, tanah, angin dan kayu. Gabungan ilu itu sangat dasyat.

Setelah memasang kuda-kuda dan mengheningkan cipta, pertama-tama Musa menyalurkan ilmu pengendali kayu untuk mengusir semua binatang yang ada di dalam air dan memindahkan semua tumbuhan air yang ada. Dia lalu melancarkan jurus pamungkas ilmu pengendali angin yaitu angin timur. Pada mulanya kekuatan angin timur itu berlaku seolah linggis menghunjam ke dasar laut merah lalu mencongkel ke atas seperti mesin beko. Air pun terbang berhamburan ke udara. Pada saat itu Musa membuka mulutnya maka menyemburlah api menyerbu air yang berhamburan di udara itu sehingga semuanya menguap menjadi awan. Terbentuklah sebuah jalanan yang kering. Musa menghentakkan kakinya. Luar biasa! Tanah berbentuk pilar-pilar seolah-olah dicabut dari dalam tanah dengan kecepatan tinggi. Pilar-pilar tanah itu membentuk tanggul di kedua sisi jalur kering itu. Sekali lagi Musa menghembuskan api dari mulutnya untuk membakar jalanan itu agar menjadi kering dan tidak licin. Dia juga menggunakan kakinya mengendalikan tanah agar terbentuk sebuah jalanan yang mulus seperti jalan jagorawi.

Debu tanah yang terhormat, bukankah ANALISA SPEKULASI yang saya buat jauh lebih LOGIS dibandingkan yang anda lakukan? Tidak ada hukum alam yang dilanggar karena yang terjadi adalah Musa, Sang Avatar mengerahkan semua ilmu pengendali lima unsurnya sehingga terbelalah laut merah.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

dennis santoso a.k.a nis's picture

potret moses?

:-)

Debu tanah's picture

@ Hai, saya sudah selesai menulis

Saya sudah menulis blog ini. Saya sudah cukup puas dengan kesimpulan diskusi saya dengan SF. Saya tidak akan melayani DEBAT KUSIR seperti yang terjadi di blog anda.
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jesusfreaks's picture

@DETA : APAKAH LO BISA MENCIPTAKAN MANUSIA ?!?!

lo ambil debu, lo bentuk lalu lo tiup jadi deh, jadi deh manusia...

percayalah SUATU SAAT NANTI LO AKAN BISA MENCIPTAKAN MANUSIA DENGAN CARA TERSEBUT...

MARI TERTAWA BERSAMA SAMA WAKAKAKAKAKAK BWA HAHAHAHAHA...

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Lady_silent's picture

@JF NGAKAK TERUS

 ha ha ha ha ha

ikutan ngakak dong

manusia dibuat Allah kapan sih?

termasuk di 6 hari penciptaan atau bukan??atau baru baru aja Allah membuatnya sehingga suatu saat manusia bisa mengungkapnya

6 hari penciptaan itu MUJIZAT bro sampe kepala peyang ga akan ada yang bisa mengungkapnya atau menirunya apalagi mempelajari ilmunya,dan hanya Allah yang bisa

hahahahahahahahahahah

lucu deh 

nampaknya anda ini sering baca alkitab ya bro.....terlihat dari cara anda berkoment,anda selalu menunjukkan kesopanan dan kejeniusan anda.....

nice nice...selamat anda bukan termasuk golongan orang orang idiot ,biasanya orang idiot suka memaki orang lain tolol dan memberikan argumen tolol pula....

hahhhahahhah

__________________

Love n Peace Lady silent

jesusfreaks's picture

@LS : TERNYATA LO MEMANG GAK PAHAM MAKSUD HAIHAI

Payah parah, kalau lo ngerti tulisan haihai, seharusnya lo gak perlu ngeyel soal diciptakan atau dilahirkan, karena KONON katanya semuanya sudah dilakukan dalam 6 hari. Tapi ya seperti biasa, lo SOK TAHU. Nah soal kiasan, ada baiknya lo belajar kiasan dengan benar. Tong kosong nyaring bunyinya itu kiasan, karena tong kosong memang nyaring bunyinya. Tapi pembual menjilat muntahnya sendiri, itu bukan kiasan, kecuali memang pembual itu muntah lalu menjilat muntahnya sendiri. PAHAMILAH KIASAN DENGAN BENAR. Soal orang yang meladeni orang tolol adalah lebih TOLOL. Lagi lagi lo buat pernyataan TOLOL. Apakah orang yang meladeni orang gila lebih gila? Apakah guru yang meladeni murid bodoh lebih bodoh ? KETOLOLAN APA LAGI KAH YANG LO TUNJUKKAN INI ? Silahkan pahami definisi TOLOL si haihai, baru lo koment, tapi JANGAN TOLOL, atau menimbulkan KETOLOLAN lain yang gak perlu.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Lady_silent's picture

@ JF tong kosong

apakah saya ngeyel tentang kelahiran dan penciptaan??

tunjukkan tulisan saya yang menggambarkan saya ngenyel......

menjilat muntah sendiri : sudak dikeluarkan dimakan lagi

anda tidak tau arti kiasan ini??kasian sekali anda ini

apakah salah saya mengatakan

JANGAN BERTANYA KEPADA ORANG YANG ANDA ANGGAP TOLOL

udah tau tolol kenapa masih ditanya??apa anda ga merasa lebih tolol dari orang tersebut? 

ah sudahlah

memang tong kosong nyaring bunyinya

plentang plentong kosong banyak bicara

oceh sana sini gak ada isi

otak udang ngomongnya sembarang

 ahahahah

ini bukan untuk anda kok,ini nyanyian iseng aja,tapi kalo anda merasa ya baguslah

 

__________________

Love n Peace Lady silent

Debu tanah's picture

@ JF, eh gw ada pertanyaan nih..

Gw bersetubuh dengan isteri gw, terus anak gw lahir yaitu 2 tahun yang lalu.. Pertanyaan gw: 1. Siapa yang menciptakan anak gw? TUHAN atau GW/Istri gw?? Bila lo menjawab TUHAN, lalu apa fungsi DETA & Istri gw di situ? 2. Kapan anak GW diciptakan: apakah 2 tahun lalu atau ribuan tahun yang lalu pada 6 hari penciptaan? Pertanyaan ini juga berlaku bagi ORANG-ORANG YANG MERASA KEPALANYA PEYANG !!
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Samuel Franklyn's picture

@Deta: Anak kamu dilahirkan

Anak kamu dilahirkan bukan diciptakan. Di kolong jagat raya maha luas ini cuma Adam manusia yang di ciptakan. Manusia yang lain dilahirkan.

Debu tanah's picture

@ SF, wah anda tidak termasuk..

Wah SF, anda curang menurut saya anda kepalanya gak PEYANG lho !! Anda harusnya tidak boleh ikut jawab! Yang lain silakan jawab juga dong, jangan terpengaruh jawaban SF (belum tentu benar soalnya.. hehe) ! SF, definisi "menciptakan" dalam pertanyaan saya itu adalah "MENYEBABKAN ADA", dulunya anak saya tidak ada, sekarang ada. Lagian definisi saya ini bukan tanpa referensi lho: Yesaya 43:1 Tetapi sekarang, beginilah firman TUHAN yang menciptakan engkau, hai Yakub, yang membentuk engkau, hai Israel: "Janganlah takut, sebab Aku telah menebus engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaan-Ku. Mazmur 139:13 Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku. Ini pemahaman orang yang awam bahasa Ibrani, saya pernah baca tulisan Om Hai kata "mencipta" itu menggunakan kata "BARA" ya? Hehe lupa lagi.. Trus ada kata Ibrani lainnya, silakan dilanjut penjelasannya..
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Lady_silent's picture

@SF anda mencerahkan

 @ SF

Thank bro....jawaban anda mencerahkan 

saya jadi tahu,mengapa orang bisa meng clon bayi atau dirinya sendiri

sebab memang MUJIZAT hanya terjadi di 6 hari penciptaan

sehingga sesudah itu tidak ada penciptaan baru lagi

itu sebabnya mengapa semakin hari orang bisa membuat atau meng clon bayi

sebab proses kelahiran bukanlah ciptaan baru,tetapi adalah proses alami yang bisa dipelajari dan dijelaskan secara science

hanya adam lah yang diciptakan dari debu dan tanah dan manusia selanjutnya hanya dilahirkan 

thank bro

__________________

Love n Peace Lady silent

Debu tanah's picture

@ LS, belum benar tuh..

LS berkata: hanya adam lah yang diciptakan dari debu dan tanah dan manusia selanjutnya hanya dilahirkan Deta: Wah anda niru SF, kan saya bilang dia belum tentu benar. Trus HAWA bukan manusia? Hawa TIDAK dilahirkan lho! Trus bila sudah DICIPTAKAN dimana letak orang yang belum dilahirkan itu? SF akan menjawab: "DI DALAM ADAM!" Yang SF jawab adalah Allah menciptakan SPECIES manusia (korporat), bagaimana cara Allah menjadikan setiap individu / pribadi? Kita semua jelas BELUM ADA waktu Adam diciptakan!
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Samuel Franklyn's picture

@Deta: Hawa dibentuk dari rusuk Adam

Hawa tidak dilahirkan tapi dibentuk dari rusuk Adam. Hawa adalah mahluk pertama yang merupakan rekayasa genetika dari mahluk lain.

Kejadian 2:22
(22)  Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu.

Trus bila sudah DICIPTAKAN dimana letak orang yang belum dilahirkan itu?

Deta pertanyaan kamu ini muncul karena kamu nggak meluangkan waktu membaca Mazmur 139.

Mazmur 139:15-17
(15)  Tulang-tulangku tidak terlindung bagi-Mu, ketika aku dijadikan di tempat yang tersembunyi, dan aku direkam di bagian-bagian bumi yang paling bawah;
(16)  mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satupun dari padanya.
(17)  Dan bagiku, betapa sulitnya pikiran-Mu, ya Allah! Betapa besar jumlahnya!

Psalsm 139:15-17 (The Message)
(15)  You know me inside and out, you know every bone in my body; You know exactly how I was made, bit by bit, how I was sculpted from nothing into something.
(16)  Like an open book, you watched me grow from conception to birth; all the stages of my life were spread out before you, The days of my life all prepared before I'd even lived one day.
(17)  Your thoughts--how rare, how beautiful! God, I'll never comprehend them!

Psalm 139:15-17 (King James)
(15)  My substance was not hid from thee, when I was made in secret, and curiously wrought in the lowest parts of the earth.
(16)  Thine eyes did see my substance, yet being unperfect; and in thy book all my members were written, which in continuance were fashioned, when as yet there was none of them.
(17)  How precious also are thy thoughts unto me, O God! how great is the sum of them!

Sebelum manusia dilahirkan maka manusia itu ada dalam pikiran dan rancangan Allah. Kalau dalam istilah pemazmur maka manusia itu ada dalam kitabNya. Allah sudah merancang setiap manusia itu sebelum manusia itu dilahirkan. Itulah cara Allah menjadikan setiap pribadi.Tiap manusia itu sudah dibentuk pada saat Allah membentuk Adam/manusia dari debu tanah.

Kejadian 2:7
(7)  ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.

Matius 10:30
(30)  Dan kamu, rambut kepalamupun terhitung semuanya.

Bapa memang dahsyat banyaknya rambut dalam setiap kepala kita masing-masing dia tahu persis.
 

Debu tanah's picture

@ SF, Hawa tidak dilahirkan..

Salam, Tapi Hawa TIDAK DILAHIRKAN, iya gak? Hehe.. SF BERKATA: Trus bila sudah DICIPTAKAN dimana letak orang yang belum dilahirkan itu? Deta pertanyaan kamu ini muncul karena kamu nggak meluangkan waktu membaca Mazmur 139. DETA: Saya sudah pernah baca. Menurut saya itu adalah perspektif ALLAH yang MAHA TAHU. Pertanyaan saya adalah dimana EXISTENSI manusia yang belum lahir itu? Jelas kita BELUM ADA waktu itu. Itu baru RANCANGAN dalam pikiran Allah. Allah sudah menetapkan bahwa manusia (selain Adam & Hawa)dijadikan dengan cara dilahirkan / diperanakkan oleh orang tuanya. Allah telah memberikan MANDAT kepada Ayah dan Ibu untuk "MEMCIPTAKAN" / MELAHIRKAN keturunan (manusia yang lain), dan kehendak Allah adalah keturunan ilahi. Maleakhi 2:15 Bukankah Allah yang Esa menjadikan mereka daging dan roh? Dan apakah yang dikehendaki KESATUAN itu? KETURUNAN ILAHI! Jadi jagalah dirimu! Dan janganlah orang tidak setia terhadap isteri dari masa mudanya.
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Samuel Franklyn's picture

@Deta: Adam dan Hawa adalah satu.

Tapi Hawa TIDAK DILAHIRKAN, iya gak? Hehe..

Betul. Karena itulah Hawa adalah bagian dari Adam. Adam dan Hawa adalah satu.

Saya sudah pernah baca. Menurut saya itu adalah perspektif ALLAH yang MAHA TAHU. Pertanyaan saya adalah dimana EXISTENSI manusia yang belum lahir itu? Jelas kita BELUM ADA waktu itu. Itu baru RANCANGAN dalam pikiran Allah.

Bagi manusia rancangan dan kenyataan tidaklah sama karena manusia tidak punya kemampuan mewujudkan rancangan dalam kenyataan secara sempurna. Lain halnya dengan Allah. Bagi Allah maka rancanganNya pasti menjadi kenyataan secara sempurna. Jadi bagi Allah rancangan dan kenyataan adalah hal yang sama.

Allah sudah menetapkan bahwa manusia (selain Adam & Hawa)dijadikan dengan cara dilahirkan / diperanakkan oleh orang tuanya. Allah telah memberikan MANDAT kepada Ayah dan Ibu untuk "MEMCIPTAKAN" / MELAHIRKAN keturunan (manusia yang lain), dan kehendak Allah adalah keturunan ilahi.

Dilahirkan tidak sama dengan diciptakan. Manusia bukan pencipta dalam makna sejati. Dalam bahasa Inggris ada kata "creator" dan "inventor". God is creator. Man is inventor. Manusia cuma menemukan apa yang sudah diciptakan Allah.

Debu tanah's picture

@ SF, Allah menciptakan semua manusia

Setuju Allah MENCIPTKAN Adam dan Hawa. Kemudian Allah memberikan MANDAT kepada mereka untuk MENJADIKAN manusia yang lain. Waktu Tuhan akan menciptakan manusia lain, Allah mempertemukan Adam dan Hawa, mereka memperanakkan manusia yang lain. Demikian seterusnya. Pertanyaannya, apakah semua manusia adalah CIPTAAN Allah? Kita pasti sepakat bahwa anak yang dilahirkan oleh suami dan isteri adalah ciptaan Allah. Apakah anak hasil hubungan HARAM dan korban PERKOSAAN adalah ciptaan Allah juga? YA! Kenapa bisa begitu? Masakan Allah mengijinkan hubungan haram? Karena Allah sudah menetapkan bahwa bila SPERMA bertemu dengan SEL TELUR terjadilah bayi. Namun apakah Allah mengatur (MERANCANG) seseorang lahir dari hubungan HARAM atau PERKOSAAN? Jelas TIDAK ! Tetapi Allah sudah menetapkan HUKUM bahwa bila SPERMA bertemu dengan SEL TELUR terjadilah bayi! Tidak peduli apakah hubungan itu sah atau haram! Kesimpulannya, ALLAH bekerja sama dengan manusia MENCIPTAKAN / MENJADIKAN manusia yang lain!
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Samuel Franklyn's picture

@Deta: Kamu nggak paham kata mencipta

Kesimpulannya, ALLAH bekerja sama dengan manusia MENCIPTAKAN / MENJADIKAN manusia yang lain!

Bukan ini kata mencipta yang dimaksud oleh hai-hai dan saya. Kata mencipta yang hai-hai dan saya maksudkan adalah:

Ibrani 11:3
(3)  Karena iman kita mengerti, bahwa alam semesta telah dijadikan oleh firman Allah, sehingga apa yang kita lihat telah terjadi dari apa yang tidak dapat kita lihat.

Ini yang dimaksud dengan mencipta. Yaitu ada aspek yang tak terlihat. Kalau kamu belajar fisika maka diajarkan bahwa Alam semesta itu terjadi dari Big Bang / Ledakan Besar. Kalau para ilmuwan ditanya sebelum ledakan besar ada apa maka mereka akan menjawab kehampaan/nothingness/void.

Adam dicipta Allah. Karena Adam adalah kombinasi dari debu tanah yang dibentuk Allah dan napas Allah yang dihembuskan kedalamnya. Napas Allah inilah yang tak terlihat. Manusia lainnya tidak dicipta melainkan dilahirkan. Begini deh. Kamu tidak mau mengerti atau memang tidak mengerti? Kalau memang tidak mau mengerti ya sudah. Saya nggak maksa kok.

Debu tanah's picture

@ SF, ada mislink..

SF berkata: Begini deh. Kamu tidak mau mengerti atau memang tidak mengerti? Kalau memang tidak mau mengerti ya sudah. Saya nggak maksa kok. DETA: Terima kasih sudah mau bersabar kepada orang bodoh ini! (Walau anda sudah kehabisan kesabaran tampaknya, hehe.. maaf ya!!) Sebenarnya bukan pemikiran saya sendiri. Kl tidak salah ini adalah pendapat Richard Wumbrand (moga2 gak salah tulis) yang kebetulan cocok dengan logika saya. Sebenarnya SAYA TIDAK PAHAM pandangan anda dan Hai hai, karena ada mislink. Saya tidak ngerti logikanya, anda bilang SEMUA manusia DICIPTAKAN pada 6 hari penciptaan dalam PIKIRAN Allah! Gini: Manusia kan terdiri dari TUBUH, JIWA & ROH. Mengenai tubuh kita sepakat adalah DILAHIRKAN, jelas BELUM ADA (EXIST) ! bagaimana anda menjelaskan JIWA/ROH? Jiwa/roh adalah pribadi manusia, setiap PRIBADI adalah unik. Kita tahu tubuh, jiwa dan roh adalah KESATUAN. Bila tubuh BELUM ADA, dimana JIWA/ROH nya? Jiwa/roh adalah pribadi yang unik kan? Dimana mereka waktu BELUM DILAHIRKAN? Biar lebih jelas, tolong jawab juga pertanyaan saya kepada Hai-hai ini: Bila anda mengatakan bahwa Hai SUDAH DICIPTAKAN pada 6 hari penciptaan. Itu artinya Hai hai SUDAH ADA. Gimana kalo kiamat terjadi 50 tahun yang lalu. Apa Hai hai tetap ada juga? Mungkin anda berkata bahwa itu adalah KONSEP MANUSIA yang dikuasai oleh ruang & waktu ! Anda betul karena saya adakah MANUSIA! Karena itu silakan menjawab dengan BAHASA MANUSIA, please ??
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Samuel Franklyn's picture

@Deta; Ada wilayah manusia ada wilayah Allah

Bila anda mengatakan bahwa Hai SUDAH DICIPTAKAN pada 6 hari penciptaan. Itu artinya Hai hai SUDAH ADA. Gimana kalo kiamat terjadi 50 tahun yang lalu. Apa Hai hai tetap ada juga?

Mungkin anda berkata bahwa itu adalah KONSEP MANUSIA yang dikuasai oleh ruang & waktu ! Anda betul karena saya adakah MANUSIA! Karena itu silakan menjawab dengan BAHASA MANUSIA, please ??

Lagi-lagi kamu nggak paham bahwa ada wilayah manusia dan ada wilayah Allah. Penciptaan adalah wilayah Allah. Karena itu kita cuma bisa memahami wilayah ini berdasarkan wahyu Firman dan bukan logika manusia. Coba check pembicaraan Yesus dengan orang Saduki dibawah. Konsep keberadaan/eksistensi Allah itu lain sekali dengan konsep manusia karena Dia tidak terikat ruang dan waktu. Kalau misalkan kamu nggak paham pembicaraan Yesus dibawah ya sudah saya juga nggak bisa menjelaskan lebih baik dari penjelasan Yesus.

Luk 20:27-40
(27)  Maka datanglah kepada Yesus beberapa orang Saduki, yang tidak mengakui adanya kebangkitan. Mereka bertanya kepada-Nya:
(28)  "Guru, Musa menuliskan perintah ini untuk kita: Jika seorang, yang mempunyai saudara laki-laki, mati sedang isterinya masih ada, tetapi ia tidak meninggalkan anak, saudaranya harus kawin dengan isterinya itu dan membangkitkan keturunan bagi saudaranya itu.
(29)  Adalah tujuh orang bersaudara. Yang pertama kawin dengan seorang perempuan lalu mati dengan tidak meninggalkan anak.
(30)  Lalu perempuan itu dikawini oleh yang kedua,
(31)  dan oleh yang ketiga dan demikianlah berturut-turut oleh ketujuh saudara itu, mereka semuanya mati dengan tidak meninggalkan anak.
(32)  Akhirnya perempuan itupun mati.
(33)  Bagaimana sekarang dengan perempuan itu, siapakah di antara orang-orang itu yang menjadi suaminya pada hari kebangkitan? Sebab ketujuhnya telah beristerikan dia."
(34)  Jawab Yesus kepada mereka: "Orang-orang dunia ini kawin dan dikawinkan,
(35)  tetapi mereka yang dianggap layak untuk mendapat bagian dalam dunia yang lain itu dan dalam kebangkitan dari antara orang mati, tidak kawin dan tidak dikawinkan.
(36)  Sebab mereka tidak dapat mati lagi; mereka sama seperti malaikat-malaikat dan mereka adalah anak-anak Allah, karena mereka telah dibangkitkan.
(37)  Tentang bangkitnya orang-orang mati, Musa telah memberitahukannya dalam nas tentang semak duri, di mana Tuhan disebut Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub.
(38)  Ia bukan Allah orang mati, melainkan Allah orang hidup, sebab di hadapan Dia semua orang hidup."
(39)  Mendengar itu beberapa ahli Taurat berkata: "Guru, jawab-Mu itu tepat sekali."
(40)  Sebab mereka tidak berani lagi menanyakan apa-apa kepada Yesus.
 

Debu tanah's picture

@ SF, terima kasih atas komentar2 nya..

SF berkata: Lagi-lagi kamu nggak paham bahwa ada wilayah manusia dan ada wilayah Allah. Penciptaan adalah wilayah Allah. Karena itu kita cuma bisa memahami wilayah ini berdasarkan wahyu Firman dan bukan logika manusia. DETA: Mungkin inilah salah satu pandangan saya yang NGAWUR. Terima kasih atas pandangan-pandangannya, saya mau merenung dulu nih. Moga-moga bisa PAHAM sebelum anda dipanggil ke Surga oleh Bapa. Kalo keburu dipanggil, repot saya, kemana saya akan bertanya? Kalo Hai yang jawab pasti sudah berantem berdarah-darah hingga berapa jurus tuh.. (walau bisa saja esensinya sama saja sih) Hahaha.. Oke Sdr. Samuel, thanks untuk waktunya... Saya mau kerja dulu ya !
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

bintang seven's picture

SF gw pengen tanya wilayah Allah

ada wilayah Allah dan manusia... bagian Allah dan manusia... pertanyaan gw bisakah 2 wilayah ini dikaitkan? bgmana caranya? misal klo wilayah Allah tahu segalanya dan kita tidak tahu masa depan bisakah dikaitkan? lalu apa gunanya wilayah Allah ada di alkitab dan kenapa mesti dibagi 2 wilayah

deta.... bagus deh lo sadar gw jd tau nih si sf gak pake kata2 goblok, bodoh dll tp cukup jelasin mnrt keyakinannya dan lo sadar.... wah pantes lo gak pernah disadarin ama jf.... hahahahahah

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

Samuel Franklyn's picture

@b7: Allah dan manusia jadi satu dalam Yesus Kristus

ada wilayah Allah dan manusia... bagian Allah dan manusia... pertanyaan gw bisakah 2 wilayah ini dikaitkan?

Bisa. Allah dan manusia keduanya jadi satu dalam Yesus Kristus.

bgmana caranya? misal klo wilayah Allah tahu segalanya dan kita tidak tahu masa depan bisakah dikaitkan?

Bisa. Yaitu Kitab Wahyu. Kitab Wahyu adalah masa depan yang di beritahukan kepada orang percaya lewat pernyataan Yesus Kristus. Walaupun kita sebagai manusia tidak tahu segalanya tapi kita tahu bahwa Kitab Wahyu akan jadi kenyataan. Yang kita tidak tahu adalah implementasinya secara konkrit karena kitab Wahyu ditulis tidak sebagai sejarah melainkan sebagai penglihatan.

lalu apa gunanya wilayah Allah ada di alkitab dan kenapa mesti dibagi 2 wilayah

Supaya manusia sadar akan siapa dirinya dan tahu diri. Mazmur 139 adalah pernyataan manusia yang tahu diri dan paham apa yang bisa dilakukan Allah.

Huanan's picture

@deta

 

Bro Deta ..
Ini adalah kutipan dari seorang yang menanyakan :"Sebelum lahir jiwaku ada dimana ?"kepada Pdt Dr. Stephen Tong, Kemudian Pak Tong
menjawab:
"Kamu terbentuk dari tubuh dan jiwa. Tubuh bersifat materi dan jiwa bersifat rohani. Kamu di cipta oleh Tuhan melalui dalil Genetika yang sudah ada di dalam tubuh orang tua kamu melalui hubungan intim. Jiwamu di ciptakan oleh Tuhan , Nah disini ada 3 teori: 1. trebusenism 2. Creatonism 3. Pre-existenism. Yang di sebut pre existenism Tuhan bikin semua jiwa manusia di situ, Misalkan ini hari siapa yg mau lahir : si A. Maka
Diturunkan satu. Pre existenism ada 2 versi : 1. versi simpan di gudang sampai turun pada hari kamu dilahirkan. 2. ada pada diri orang lain yg akhirnya diputar putar kembali Menjadi Kamu. Versi ke 2 ini yang disebut reinkarnasi. Reinkarnasi juga percaya pada pre-esistensi dalam arti lahir kembali kepada satu orang yang baru. Ini diterima oleh ajaran Hindu dan Budha, dan diterima oleh orang Gerika dalam ajaran pidegorian philosophy dan kepercayaan Socrates juga reinkarnasi. Tapi Reinkarnasi ini di tolak dalam Alkitab. Jadi kita semua di cipta Tuhan melalui Genetika law yang ada di dalam Adam.”
__________________

Huanan

hai hai's picture

Debu Tanah, Anda Beruntung

Debu tanah, anda beruntung karena Samuel Franklyn mau menjelaskan kepada anda dengan sabar dan sistematis. Walaupun memiliki pemahaman yagn sama namun saya tidak akan mampu menjelaskan sesistematis dan sesimple dan seingkat Samuel Franklyn.

Minimal satu hal yang harus anda sadari bahwa mempelajari Alkitab dengan cara yang benar itu tidak mudah. Setelah membaca penjelasan Samuel yang panjang lebar seharusnya anda menyadari bahwa dibalik sebuah tulisan atau sebuah komentar itu tersembumyi segunung sumber pustaka yagn harus dipahami.

Yang disebut konsisten itu bukan kekeh jumekeh mempertahankan sebuah PEMAHAMAN. Konsisten adalah pemahaman itu harus TETAP benar tak peduli dipandang dari manapun.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

@ Hai, maksud saya

SF menyimpulkan bahwa pandangan anda adalah perspektif Allah dan pandangan saya adalah perspektif manusia. SF tidak menentang definisi saya juga tidak menentang definisi anda! Saya lebih suka melihat dengan perspektif manusia karena saya manusia. Sebaliknya SF dan anda memandang dengan perspektif Allah. Walau SF berpendapat bahwa pandangan anda SELARAS dengan Predestinasi, namun berhubung saya belum sependapat dengan doktrin PREDESTINASI versi anda maka saya masih tetap menentang tulisan anda itu "Aku Tidak Percaya Mujizat". Jadi perlu membereskan tentang PREDESTINASI dulu OM! Hehe... jangan senang dulu ya Om !
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

Khas Debu Tanah - SOLA GUA

SF menyimpulkan bahwa pandangan anda adalah perspektif Allah dan pandangan saya adalah perspektif manusia. SF tidak menentang definisi saya juga tidak menentang definisi anda!

Debu tanah, anda SULIT memahami hal-hal baru karena anda tidak berani mengakui diri tidak tahu. Anda sulit berkembang karena tidak pernah merasa salah. Anda kembali melakukannya.

Debu Tanah, tidak ada jalan pintas. Anda harus melalui semua jalan yang dilalui oleh semua jemaat dari generasi ke generasi, BELAJAR Alkitab dengan cara yang benar dan belajar KERAS. Apabila dengan membaca satu makalah anda langsung menjadi PAKAR, apa gunanya para Theolog menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk kuliah? 

Debu tanah, jangan TERLALU cepat menarik kesimpulan dan jangan kekeh jumekeh mempertahankan hal yang tidak anda pahami apalagi yang anda SALAH pahami. Coba perhatikan dengan teliti tulisan anda di atas. Lalu perhatikan tulisan SF di bawah ini. Anda SALAH TOTAL memahami tulisan Samuel Franklyn.

Lagi-lagi kamu nggak paham bahwa ada wilayah manusia dan ada wilayah Allah. Penciptaan adalah wilayah Allah. Karena itu kita cuma bisa memahami wilayah ini berdasarkan wahyu Firman dan bukan logika manusia. Coba check pembicaraan Yesus dengan orang Saduki dibawah. Konsep keberadaan/eksistensi Allah itu lain sekali dengan konsep manusia karena Dia tidak terikat ruang dan waktu. Kalau misalkan kamu nggak paham pembicaraan Yesus dibawah ya sudah saya juga nggak bisa menjelaskan lebih baik dari penjelasan Yesus.

Debu Tanah, apa itu perspektif Allah dan apa itu persepektif manusia? Firman Allah diwahyukan dan ditulis KARENA Allah INGIN manusia MEMAHAMINYA. Firman Tuhan jelas diwahyukan dalam PERSEPEKTIF manusia. Firman Tuhan mengajarkan BAGAIMANA manusia harus memahami sesuatu.

Saya lebih suka melihat dengan perspektif manusia karena saya manusia. Sebaliknya SF dan anda memandang dengan perspektif Allah.

Saya tidak merasa HERAN dengan pernyataan anda tersebut di atas Deta. bukankah sudah bilang, kami mengagungkan SOLA SCRIPTIRA sementara anda mengagungkan SOLA GUA? SOLA GUA = Seenak jidat gua.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

Khas Hai hai, nuduh sembarangan..

HAI HAI BERKATA: Debu tanah, jangan TERLALU cepat menarik kesimpulan dan jangan kekeh jumekeh mempertahankan hal yang tidak anda pahami apalagi yang anda SALAH pahami. Coba perhatikan dengan teliti tulisan anda di atas. Lalu perhatikan tulisan SF di bawah ini. Anda SALAH TOTAL memahami tulisan Samuel Franklyn. DETA: Muncul lagi nih aslinya Hai hai, kl kepepet ngeles dan nuduh sembarangan, bilang orang gak paham lah.. terlalu cepat menarik kesimpulan lah... Padahal diri sendiri gak teliti membaca komentar! SF menengahi pandangan anda dan saya di SINI. http://www.sabdaspace.org/mujizat_terbesar_di_alam_semesta#comment-41398 Di situ SF berkata: Perspektif anda adalah perspektif mujizat dari sisi manusia. Perspektif hai-hai adalah perspektif mujizat dari sisi Allah. Mereka dua sisi dari satu mata uang yang sama. DETA: Kanapa menuduh saya sembarangan? Kenapa tidak menuduh SF yang tidak konsisten? Hahaha... dasar si Om kita ini.. Komentar yang anda kutip itu adalah komentar SF waktu menanggapi pertanyaan saya pada anda yang TIDAK MAMPU ANDA JAWAB !! Bila anda KONSISTEN anda pasti bisa menjawab pertanyaan saya. Hahahaha...
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

Debu Tanah, Mujizat Sejati

Yang SF jawab adalah Allah menciptakan SPECIES manusia (korporat), bagaimana cara Allah menjadikan setiap individu/pribadi?

Debu Tanah, Yang SF jelaskan adalah misteri penciptaan. Untuk memahaminya anda tidak bisa memulainya dengan bertanya kenapa atau bagaimana?

Anda harus mulai memahaminya dengan Iman bahwa seluruh alam semesta diciptakan dalam 6 hari karena hari ke 7 Allah berhenti. Setelah anda mengimaninya, perlahan-lahan akal budi mengejarnya untuk melihat apa yang diimani itu.

coba anda bayangkan mujizat membelah laut merah. Allah sudah TETAPKAN itu dalam 6 hari penciptaan. Berapa banyak ciptaan yang terlibat? Berapa PROSEDUR atau HUKUM yang membentuk sinergi? Itulah MUJIZAT sejati

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

@ Hai, Mujizat & Predestinasi..

SF menengahi pandangan anda dan saya di SINI.

Dan saya menanggapi di SINI.

Pandangan anda adalah perspektif Allah sedangkan pandangan saya adalah perspektif manusia. SF berkata bahwa itu adlah coin yang sama.

Saya tetap berpendapat pandangan anda itu "kurang berguna" bagi kita, karena kita manusia. Selain itu ada pemahaman anda yang saya anggap keliru. Saya akan melanjutkan dalam komentar2 saya berikutnya.

Terima kasih atas komentar2 nya.

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Samuel Franklyn's picture

@Deta: Kamu salah besar

Kamu salah besar. Berpikir sebagai manusia adalah hal yang alamiah yang kita miliki sejak kita lahir. Tapi berpikir dan paham akan pandangan dari sisi Allah hanyalah bisa dimiliki seseorang kalau dia beriman dan mengakui pengorbanan Yesus Kristus dan belajar akan FirmanNya. Itulah ajaran Firman yang benar.

Kolose 3:1-2
(1)  Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah.
(2)  Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.

Kalau tidak memahami perspektif dan pemikiran Bapa maka tidak mungkin Yesus mempercayakan diri seutuhNya kepada Dia dan berkata "Jadilah kehendakMu". Kalau tidak paham pemikiran Bapa maka tidak mungkin kita mempercayakan diri kita kepadaNya.

Debu tanah's picture

@ SF, Deta memang salah besar..

Deta memang salah besar, semua manusia berdosa salah besar.. Alkitab bilang kita semua dilahirkan dalam dosa. Kita ini sesat dan pasti binasa. Itu sebabnya kita harus mencari Dia (perspektif manusia). Pandangan saya adalah perspektif manusia karena saya manusia. Semoga saja saya akan semakin rohani sehingga semakin seperti Yesus. Sampai kapan? Seumur hidup saya. Dalam Alkitab LEBIH BANYAK ajaran perspektif manusia dari pada perspektif Allah? Kenapa? Saya yakin Allah yang mengaturnya! Mungkin karena lebih banyak orang yang berdosa, sedikit orang yang selamat, dan paling sedikit yang dewasa rohani? Perspektif manusia adalah pelajaran pertama yang harus tamat kita pelajari karena kita manusia. Itu sebabnya saya bilang ajaran perspektif Allah itu "kurang berguna" !! Setidaknya saat ini dan bagi kebanyakan orang!
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Samuel Franklyn's picture

@Deta: Saya tidak setuju dengan anda

Dalam Alkitab LEBIH BANYAK ajaran perspektif manusia dari pada perspektif Allah? Kenapa? Saya yakin Allah yang mengaturnya! Mungkin karena lebih banyak orang yang berdosa, sedikit orang yang selamat, dan paling sedikit yang dewasa rohani? Perspektif manusia adalah pelajaran pertama yang harus tamat kita pelajari karena kita manusia.

Itu sebabnya saya bilang ajaran perspektif Allah itu "kurang berguna" !! Setidaknya saat ini dan bagi kebanyakan orang!

Saya tidak setuju dengan anda. Saya percaya penuh dengan perkataan Yesus bahwa saya tidak berasal dari bumi ini. Rumah saya di Surga. Saya hidup cuma beberapa dekade di muka bumi ini tapi saya hidup sampai selama-lamanya di surga. Pikiran saya tertuju ke Surga karena itulah rumah saya dan suatu saat saya akan pulang kesana. Karena itulah saya tidak mengumpulkan harta di bumi tapi di surga. Harta di surga ialah hikmat dan pengenalan akan Yesus Kristus. Saya rindu bisa berpikir seperti Dia dan menjalani hidup seperti Dia.

Kolose 2:1-3
(1)  Karena aku mau, supaya kamu tahu, betapa beratnya perjuangan yang kulakukan untuk kamu, dan untuk mereka yang di Laodikia dan untuk semuanya, yang belum mengenal aku pribadi,
(2)  supaya hati mereka terhibur dan mereka bersatu dalam kasih, sehingga mereka memperoleh segala kekayaan dan keyakinan pengertian, dan mengenal rahasia Allah, yaitu Kristus,
(3)  sebab di dalam Dialah tersembunyi segala harta hikmat dan pengetahuan.
 

 

Debu tanah's picture

@ SF, anda orang yang sangat beruntung

SF BERKATA: Saya tidak setuju dengan anda. Saya percaya penuh dengan perkataan Yesus bahwa saya tidak berasal dari bumi ini. Rumah saya di Surga. DETA: Wah anda orang yang sangat beruntung ya! Pastilah karena IMAN anda sangat BESAR (Pujian yang tulus lho..) Bertolak belakang dengan saya. Saya hanyalah DEBU TANAH.. Kadang kala saya berani berkata-kata juga seperti anda, tetapi lebih sering berkata bahwa saya hanyalah DEBU TANAH. Saya tidak tahu kenapa Allah tidak berkenan memberikan IMAN seperti anda? Saya terkesan dengan ayat bahwa Abraham berpendapat bahwa dia adalah DEBU & ABU. Kejadian 18:27 Abraham menyahut: "Sesungguhnya aku telah memberanikan diri berkata kepada Tuhan, walaupun aku debu dan abu. Siapa saya? Hanya DEBU TANAH saja !!
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Samuel Franklyn's picture

@Deta: Saya orang yang sangat beruntung

Wah anda orang yang sangat beruntung ya! Pastilah karena IMAN anda sangat BESAR (Pujian yang tulus lho..)

Yah saya memang orang yang sangat beruntung adik saya, ibu saya, ayah saya, kakek saya dan nenek saya semuanya sudah meninggalkan bumi ini. Banyak sekali jangkar saya di surga. Karena itu saya sering bertanya sama Tuhan kapan tugas saya didunia ini selesai. Saya rindu bertemu kembali dengan mereka.

Debu tanah's picture

@ SF, jangan cepat-cepat deh

Prediksi saya masih cukup lama anda dipanggil ke surga. Karena masih banyak tugas anda di Sabda ini untuk meluruskan pandangan2 yang NGAWUR2.. Antara lain ya pandangan saya juga.. Tapi ini bukan nubuat lho.. Hehe..
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

Debu Tanah, Anda Memang ...

Deta Menulis: SF menyimpulkan bahwa pandangan anda adalah perspektif Allah dan pandangan saya adalah perspektif manusia. SF tidak menentang definisi saya juga tidak menentang definisi anda!

Samuel Franklyn Menulis: Perspektif anda adalah perspektif mujizat dari sisi manusia. Perspektif hai-hai adalah perspektif mujizat dari sisi Allah. Mereka dua sisi dari satu mata uang yang sama.

Debu tanah, di dalam tulisan Samuel HANYA ada SATU PERSEPEKTIF yaitu perspektif MANUSIA.

Ibarat saya melihat anda dari muka lalu saya berjalan untuk melihat anda dari belakang. Saya melihat anda dari dua sisi, muka dan belakang. Namun hanya ada SATU PRESPEKTIF yaitu perspektif saya.

Di dalam tulisan anda ada DUA PERSEPEKTIF yaitu perspektif Manusia dan Allah.

Ibarat saya melihat anda lalu SOK JAGO pinjam mata Allah untuk melihat anda. Perbuatna demikian selain mustahil JUGA GILA.

Debu tanah yang terhormat, siapa yang tidak TELITI?

BUKANKAH kembali terbukti? Bukankah saya tidak mengada-ada?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

@ Hai & SF, perspektif manusia & Allah

Deta Menulis: SF menyimpulkan bahwa pandangan anda adalah perspektif Allah dan pandangan saya adalah perspektif manusia. SF tidak menentang definisi saya juga tidak menentang definisi anda! Samuel Franklyn Menulis: Perspektif anda adalah perspektif mujizat dari sisi manusia. Perspektif hai-hai adalah perspektif mujizat dari sisi Allah. Mereka dua sisi dari satu mata uang yang sama. HAI HAI berkata: Debu tanah, di dalam tulisan Samuel HANYA ada SATU PERSEPEKTIF yaitu perspektif MANUSIA. Ibarat saya melihat anda dari muka lalu saya berjalan untuk melihat anda dari belakang. Saya melihat anda dari dua sisi, muka dan belakang. Namun hanya ada SATU PRESPEKTIF yaitu perspektif saya. Di dalam tulisan anda ada DUA PERSEPEKTIF yaitu perspektif Manusia dan Allah. Ibarat saya melihat anda lalu SOK JAGO pinjam mata Allah untuk melihat anda. Perbuatna demikian selain mustahil JUGA GILA. Debu tanah yang terhormat, siapa yang tidak TELITI? BUKANKAH kembali terbukti? Bukankah saya tidak mengada-ada? DETA: Pengertian saya, perspektif dari sisi Allah = perspektif Allah. Apa bedanya? 1. Perspektif Allah berarti MELIHAT SEPERTI ALLAH MELIHAT. 2. Perspektif dari sisi Allah artinya MELIHAT DARI SISI DARI MANA ALLAH MELIHAT, terserah yang lihat siapa! Karena melihat dari SISI Allah artinya MELIHAT dengan kemampuan Allah yang Maha Tahu! Karena bila tanpa kemampuan itu gimana bisa melihat dari SISI Allah? Nah, apa bedanya? Kesimpulannya anda MENGADA-ADA, bahwa tulisan Samuel HANYA ada SATU PERSEPEKTIF yaitu perspektif MANUSIA, sedangkan tulisan saya ada DUA PERSEPEKTIF yaitu perspektif Manusia dan Allah. Saya yakin SF tidak sejlimet anda untuk hal SEPELE seperti ini. Apa buktinya? Buktinya SF TIDAK PROTES bahwa saya mengutip pemahaman dia dengan istilah saya! SF sebaiknya anda yang menengahi nih, tapi anda jangan konspirasi dengan Hai hai ya?
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jesusfreaks's picture

@SF : LUARRR BIASAAA

Soal BERSIKAP & PERSPEKTIF ini SANGAT MENCERAHKAN...

AND CUT THIS CRAP...FINISHED...

 

Brow, entah kenapa LO selalu memberikan pencerahan dengan luar biasa.

GOD BLESS YOU BROW...

JESUS LOVES YOU BROW...

I LOVE YOU BROW...

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

DEbu Tanah, Ha ha ha ha ...

Debu tanah, kenapa kekeh jumekeh mempertahankan hal yang tidak anda pahami dengan baik?

Anda kembali membuktikan bahwa anda memang orang demikian!

Kita sedang membahas pernyataan Samuel Franklyn. Anda sudah mengungkapkan pemahaman anda sementara saya juga udah menyatakan pemahaman saya.

Yang harus kita lakukan adalah menunggu PERNYATAAN Samuel. Bukan kekeh jumekeh mempertahankan pemahaman kita atas tulisan Samuel. Bila pernyataan Samuel menentang pemahaman saya, itu berarti saya salah faham, sebaliknya, anda yang salah faham.

gitu aja kok repot?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

@ Hai, anda benar..

Syukurlah, untuk pertama kali nya dalam blog ini, ada juga point yang kita sepakat.. Ha ha ha ha ha...
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

@ SF, Anak Deta Dicipta

SF, anak Deta diciptakan, maksud dia sich DIBUAT.

Kalau mau pakai gaya bahasa dia anda harus mengatakan:

Debu tanah yang terhormat, Tuhan membuat anak itu MELALUI anda dan Istri. Kapan anak itu dibuat? Jawabannya adalah Anak itu sudah dibuat oleh Tuhan di dalam enam hari penciptaan.

Ha ha ha ha ... Anda bia bayangkan apa yang terjadi bila Tuhan INTERVENI ketika anda berdua membuat anak itu? Ha ha ha  ha ha ...

SF bilang manusia itu dilahirkan. Apabila anda paham apa itu dilahirkan, maka anda akan paham bahwa penciptaan manusia dilakukan pada hari keenam setelah itu tidak ada lagi manusia baru.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

@ Hai, nyindir nih yee..

Haha.. bisa aza si Om ini.. Bolehlah juga sih tanggapan anda ini. Tapi besok / nanti malam saya tanggapi ya mau pulang dulu. Rumah jauh nih Om.. Sementara marilah kira merenung dulu: "Saya lagi membayangkan bila seandainya KIAMAT terjadi 50 tahun yang lalu. Apa HAI HAI akan dihukum di NERAKA karena belum percaya Yesus?"
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

bygrace's picture

Diskusi yang semakin membingungkan....

Entah mengapa berbagai diskusi tentang mujizat ini tergiring pada diskusi yang berputar-putar pada  'apakah mujizat melanggar hukum alam atau bukan.' Gejala ini tampaknya semakin nyata, seperti tercermin pada banyak komentar.

Beberapa komentar di blog ini dan blog lain yang terkait mencoba mengingatkan agar makna  'hukum alam' juga diperjelas agar tidak terjadi perbedaan pengertian ketika digunakan oleh orang yang berbeda.

Pemahaman saya setelah menyimak berbagai diskusi di sini dan blog terkait : Hal-hal yang disebut  'mujizat', sebenarnya adalah 'peristiwa-peristiwa kebetulan yang direncanakan Tuhan.'

Artinya : kebetulan Bangsa Israel lewat Laut Merah ketika secara alami susunan bumi, bulan, matahari, ... dan sebagainya menyebabkan akan ada angin yang bekerja berjam-jam untuk mengeringkan laut tersebut.

Artinya : kebetulan Yesus hadir di bumi ketika orang-orang yang dia sembuhkan dari tuli, bisu dan butanya sudah saatnya sembuh secara alami.

Artinya : kebetulan air di pesta kawin di Kana memang sudah mengalami proses alami tertentu untuk berubah menjadi anggur pada saat Yesus menyuruh orang-orang untuk membagikannya.

Tapi, saya kurang yakin dengan pemahaman ini. Juga, malah jadi bingung sendiri.

Saya lebih memilih untuk berpikir seperti ini : hal-hal yang menakjubkan seperti yang didaftarkan oleh deta dalam tulisannya (dan disebut  sebagai 'mujizat' itu) memang pernah terjadi. Entah itu bekerja berdasarkan hukum alam atau menentang hukum alam, saya mungkin tak pernah memahaminya dengan betul dan - bagi saya - bukan soal penting. Yang saya percayai, Tuhan terlibat di dalam peristiwa-peristiwa tersebut dan Dia adalah 'mastermind' nya. 

Soal  yang lebih penting - menurut saya - diperbincangkan dengan mendalam adalah cara menyikapi berbagai  'hal yang menakjubkan' yang terjadi di sekitar kita, agar ketakjuban itu tidak menyesatkan kita.

Samuel Franklyn's picture

@bygrace: Mujizat bukan kebetulan

Artinya : kebetulan Bangsa Israel lewat Laut Merah ketika secara alami susunan bumi, bulan, matahari, ... dan sebagainya menyebabkan akan ada angin yang bekerja berjam-jam untuk mengeringkan laut tersebut.

Bukan kebetulan. Allah sudah merancang hal ini akan terjadi pada saat Dia mencipta. Ada istilah "set in motion" artinya begitu tombol dipencet maka mesin bekerja dan akan terus bekerja sampai dia di matikan. Begitu juga dengan alam semesta ini. Pada saat Allah berfirman di saat penciptaan maka dimulailah serangkaian peristiwa. Suatu reaksi berantai yang masih terus berlangsung sampai saat ini. Karena itu pernyataan Firman bahwa Allah berhenti dari pekerjaanNya itu sama sekali tidak bertentangan dengan pernyataan Yesus bahwa Bapa masih bekerja sampai saat ini. Yang dimaksud Yesus adalah pekerjaan Allah yang di mulai pada saat penciptaan alam semesta masih berlangsung. "The chain reaction goes on". Pada saat penciptaan maka semua mujizat yang akan terjadi sudah dirancang dengan sempurna. Mujizat bukan kebetulan.

Soal  yang lebih penting - menurut saya - diperbincangkan dengan mendalam adalah cara menyikapi berbagai  'hal yang menakjubkan' yang terjadi di sekitar kita, agar ketakjuban itu tidak menyesatkan kita.

Justru itu yang berusaha dicapai Hai-hai dengan menulis tulisan "Aku Tidak Percaya Mujizat". Supaya orang menguji apakah mujizat yang digembar gemborkan orang lain adalah mujizat atau tipuan. Untuk memahami itu mujizat atau tipuan maka kamu perlu paham hukum alam. Belajar hukum alam adalah suatu usaha yang serius dan butuh waktu seumur hidup.

bygrace's picture

Memang harus banyak belajar

Thank you, SF, atas penjelasannya. Memang banyak ilmu yang harus dipelajari untuk memahami berbagai fenomena dan peristiwa di bumi ini, ya.

Berhubung saya menjadi bingung, saya menggolongkan soal mujizat sebagaimana dibahas di beberapa blog di SS ini sebagai 'perkara-perkara yang tinggi' yang tak sanggup saya cerna. Nanti, setelah selesai dicerna oleh para ahlinya (Hai-hai,Deta,...dll), barulah kesimpulan akhir dijadikan sebagai suatu pegangan oleh orang awam. Boleh begitu, ya ?

Sebaiknya, boleh ya ?

Kalau tidak boleh...wah repot... Bukan hanya orang kaya yang sulit masuk kerajaan surga, tetapi juga orang yang tidak paham ilmu alam dan (di blog lain dalam SS) yang tidak paham konteks ayat Alkitab dan bahasa asli Alkitab,....

Saya menunggu diskusi ini dapat merumuskan kesimpulan dalam waktu dekat. Thank You, Lord . Thank you, SS. 

Samuel Franklyn's picture

@bygrace: Kalau mau makan musti bekerja

Berhubung saya menjadi bingung, saya menggolongkan soal mujizat sebagaimana dibahas di beberapa blog di SS ini sebagai 'perkara-perkara yang tinggi' yang tak sanggup saya cerna. Nanti, setelah selesai dicerna oleh para ahlinya (Hai-hai,Deta,...dll), barulah kesimpulan akhir dijadikan sebagai suatu pegangan oleh orang awam. Boleh begitu, ya ?

Sebaiknya, boleh ya ?

Kalau tidak boleh...wah repot... Bukan hanya orang kaya yang sulit masuk kerajaan surga, tetapi juga orang yang tidak paham ilmu alam dan (di blog lain dalam SS) yang tidak paham konteks ayat Alkitab dan bahasa asli Alkitab,....

He he he. Prinsip dan sikap begini ini kan sama dengan kepingin makan tapi nggak mau bekerja. Menurut prinsip Firman kalau mau makan musti bekerja. Kalau mau paham Firman harus belajar Firman. Tidak paham ilmu alam bisa belajar ilmu alam. Tidak paham bahasa asli Alkitab bisa belajar bahasa asli Alkitab. Kalau kamu bilang tidak ada waktu nah disitu tambah ngaco. Saya juga bukan pelayan Firman sepenuh waktu. Saya pekerja sekular sepenuh waktu sama juga dengan Hai-hai. Tapi kami berdua meluangkan waktu untuk belajar Firman. Memang kami membagikan apa yang kami pelajari. Tapi merupakan kewajiban setiap orang percaya untuk berusaha belajar Firman dengan benar. Kalau mau paham Firman maka usahakanlah belajar Firman secara mandiri. Anak kecil di kasih makan orang tuanya tapi kan nggak seterusnya. Orang tuanya mengharapkan anak itu suatu saat akan mandiri dan bisa cari makan sendiri.

jesusfreaks's picture

@SF : BONZAIII...

TANPA HARUS MENULIS BLOG YANG SISTEMATIS DAN JLIMETTT...

Lo memang jagonya, DALAM MENCERAHKAN...

Plok...Plok...Plok...

Your my favorite...

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

benjohn's picture

debu tanah  , kalo membaca

debu tanah  , kalo membaca tulisan anda diatas saya mendapat  kesan Tuhan yg tidak konsisten. sedangkan tulisan hai2  :Aku tidak percaya mujizat  1 dan 2  adalah Tuhan yg konsisten. 

Maaf , saya lebih percaya Tuhan adalah konsisten. Saya percaya semua kata kata dan  janji Tuhan yg ada dalam alkitab tanpa ada niat  Tuhan untuk melanggar  kata kata dan janjiNya. 

Kalo Tuhan tidak konsisten dengan kata dan janjiNya maka kita semua akan sia sia percaya kepada Tuhan.  

Sama seperti kita bekerja dalam suatu perusahaan, pimpimnan perusahaan menjanjikan bonus kalo perusahaan untung. Untuk itu kita rela digaji kecil tapi giat bekerja supaya perusahaan mendapat  untung semaksimal mungkin. Kemudian jika perusahaan mendapat untung maka kita berharap dapat bonus besar. Tapi dengan suatu alasan perusahan mengingkari janjinya, apa yg akan anda lakukan? kecewa?  atau tinggalkan perusahaan itu bukan?

Tuhan itu konsisten dalam setiap kata dan janjiNya. 

Debu tanah's picture

@ Ben John, apa yang tidak konsisten

Apa yang tidak konsisten dengan blog saya ini? Konsisten belum tentu benar lho, gimana kl KONSISTEN NGAWUR?
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jesusfreaks's picture

@benjhon : konsisten dari hongkong

Salam kenal brow, Kalau TUHAN konsisten, LO UDAH MEMBUSUK DI NERAKA. Hahahaha

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

benjohn's picture

JF salam kenal

JF salam kenal kembali,

pemahamam Alkitab saya  memang dangkal. Karena itu saya senang belajar  di  SS sini. 

Maksud  saya  Tuhan  itu  konsisten  adalah  Tuhan itu tidak berubah  dan  tidak akan mengingkari  Diri Nya  sendiri. 

Apakah persepsi itu salah?  Mohon  pencerahan.

terima kasih

jesusfreaks's picture

@benjohn : bisa kasih contoh

Dear brow,

bisa kasih contoh gak ?

Apa contoh Tuhan tidak berubah ?

Apa contoh Tuhan tidak mengingkari diriNYA ?

 

Apakah keputusan TUHAN bisa berubah ?

Misalkan TUHAN pengen gw mati besok, terus gw mati...

Lalu TUHAN pengen gw hidup lagi besoknya, terus gw hidup...

Apakah itu bisa termasuk perubahan ???

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Lady_silent's picture

Allah konsisten

@ benjohn salam kenal

saya sudah tulis diatas:

konsistensi adalah sebuah kutub energi juga, dari konsistensi yang tidak terpahami seringkali juga muncul begitu banyak bentuk pengahakiman, hanya orang-orang yang benar-benar sadar atas apa yang ia lakukan yang akan tetap bertahan pada hukum kekonsistenan. Dan ia meraup kemenangan yang unpredictable....

Allah itu konsisten....anda benar..

__________________

Love n Peace Lady silent

ground's picture

buat di atas-atas....

he he he...komen-komennya kebanyakan jadi ANEH dan FUNNY ... gara-gara "MISTERI" artikel 'aku tidak percaya mujizat'.....:)

Deta, kamu ni sudah terbawa aruslah...sama saudara-saudara yang lain itu..akhirnya ni blog jadi 'penuh' ke-aneh-an... Buat blog baru lagilah he he he  :)

__________________

(The proof of the pudding is in the eating)

Rogue's picture

maap baru nimbrung.. gw

maap baru nimbrung.. gw demen baca SS tapi ID yg gw bikin bermasalah.. jd baru bs skrg
 
DETA wrote
Tetapi Yesus BISA melanggar hukum alam karena Dia juga adalah Allah yang punya KUASA. Petrus bisa berjalan di atas air karena dia diberi kuasa oleh Yesus untuk berjalan di atas air. Apakah Allah telah melanggar KETETAPAN NYA sendiri?
 
TIDAK! Siapa yang bilang Allah MENETAPKAN bahwa Yesus tidak boleh menggunakan kuasa-Nya untuk melakukan mujizat (melanggar hukum-hukum alam) dan tidak boleh memberikan KUASA kepada manusia untuk melanggar hukum alam? Hai hai yang mengatakannya. Alkitab tidak mengajarkan demikian!
 
gw mo tanya.. utk kutipan yg gw bold itu lo dapet dari mana?
ada buktinya?
lagian apa motivasi anda nulis ginian deta??
menyanggah hai2??
ato gimana?
perdebatan argumen yg seru
walau dalam materi elu kalah telak ma hai2..
 
deta wrote
 
Kesimpulan
 
1.      Allah mengadakan mujizat (sejati) bertujuan untuk membuktikan eksistensi diri-Nya kepada manusia, membuat orang bertobat / percaya kepada-Nya, memuliakan nama-Nya dan meneguhkan firman-Nya.
 
2.      Mujizat terbesar di alam semesta adalah bahwa Allah menjelma menjadi manusia dalam diri Yesus Kristus untuk menyelamatkan manusia karena Allah sangat mengasihi manusia.
 
 
3.      Mujizat memang melanggar hukum-hukum alam. Allah BISA melanggar hukum-hukum alam tetapi Allah memang TIDAK BISA melanggar ketetapan-ketetapanNya karena Allah tidak bisa menyangkal diri-Nya sendiri. Allah melakukan mujizat tanpa melanggar ketetapan-ketetapan-Nya karena Allah TIDAK PERNAH MENETAPKAN diri-Nya untuk tidak boleh menolong manusia dengan melakukan mujizat (sejati) dan melanggar hukum-hukum alam!

ok yang pertama gw terima, yang kedua??hmm.... oklah..

tapi yang ketiga gw tolak mentah2 karena apa sih bedanya melanggar KETETAPAN-NYA ma MELANGGAR HUKUM ALAM?

Entah pemikiran anda sempit ato gw yang mikir kemana2

Toh juga yang namanya hukum itu kan ketetapan yang d buat BAPA pas ciptain bumi.. Jadi bisa d artikan kalo hukum alam itu SALAH sATU KETETAPAN BAPA.

jadi apa bedanya ma melanggar ketatapan sendiri?

jadi pernyataan lu yang ke3 tu cacad karena berbenturan satu sama laen.. ga konsisten cui. kerenan ko hai2 jadinya

hehe

sekian dulu

gw cm iseng2 nebeng internet skul sih

hahah

mohon d balas om deta n maap kalo acak2an.. ga bakat ketik ginian gw

BIG GBU!!

 

 

I won't die before I'm dead

__________________

I won't die before I'm dead

jesusfreaks's picture

@DETA : Gw rasa SF lebih dari cukup

Dear brow,

 

gw rasa SEMUA KOMENT SF sudah lebih dari CUKUP UNTUK MENCERAHKAN dirimu...

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Debu tanah's picture

@ JF, Samuel Franklyn orang JUJUR.

Satu hal yang saya sukai dari SF, dia itu orang jujur. Bila tidak tau dia bilang dia tidak tahu. Bila penjelasannya sudah mentok karena terbentur MISTERI ilahi, maka dia dengan jujur mengatakannya.. Jauh berbeda dengan Om kita Hai hai, dia itu sangat gemar berdebat, kalo udah mepet alias mentok, beliau akan menggunakan jurus pamungkas. Lo pasti tahu jurus apa itu kan? Ha ha ha ha ha…
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

benjohn's picture

JF,  sudah  saya  tulis 

JF,  sudah  saya  tulis  pemahaman  Alkitab  saya  dangkal.  Saya  baru  tahap  belajar  dan  bukan  mengajar.  Saat  ini  persepsi  yang yg  saya  dapat  Tuhan  itu  konsisten  dan tidak  akan  berubah.  Ini  saya  dapat  dari  teman  diskusi.  Logikanya  kalau  yg  saya  percaya  itu  bisa  berubah  dan tidak  bisa  menepati  yang sudah  ditetapkan  maka  saya  akan  sia  sia. 

 

Jadi  itu  hanya  persepsi  saya  saat  ini.  Maka  saya   Tanya  apakah  persepsi  saya  salah? 

Kalau  memang  salah  yakinkan  saya  bahwa  itu  salah.  Toh  itu  hanya  persepsi.

 

Sdr  JF  punya  persepsi  lain  dengan  saya  ya  ga  apa apa.    

Tolong  yakinkan  saya  bahwa  persepsi   JF  yang  benar.  Tidak  menutup  kemungkinan  saya  mengikuti  persepsi  anda.  Dan  saya  memang  senang  belajar  saat  ini 

 

phrack's picture

Hai2 sdh bertobat dgn percaya Mukijizat

 

HAI2 dulu wrote: Aku tidak percaya mukjizat

 

HAI2 skrg wrote: Coba anda bayangkan mujizat membelah laut merah. Allah sudah TETAPKAN itu dalam 6 hari penciptaan. Berapa banyak ciptaan yang terlibat? Berapa PROSEDUR atau HUKUM yang membentuk sinergi? Itulah MUJIZAT sejati

Puji Tuhan! haleluya!

Semoga gak cuman dalam hal mukjizat aje. Doakan terus teman2.. gak sia2..

(+) berdoalah agar supaya jangan penggoda merugikan jiwamu (+)

__________________

(+) berdoalah agar supaya jangan penggoda merugikan jiwamu (+)

bintang seven's picture

@deta

deta bilang mukjizat dan contoh2nya kesimpulan gw adalah: mukjizat adalah DARI TUHAN OLEH TUHAN DAN UNTUK KEMULIANNYA....jadi klo da pendeta yg pamer2 dan ngemis mukjizat spy orang tepok tangan dan gereja nya rame pasti bukan mukjizat alkitabiah ya...

dan klo ada orang yg bisa percaya ama Tuhan tanpa perlu melihat hal2 supra natural buat apa lagi ke gereja yg pamer2 mukjizat dan cuma bisa ngajarin orang sembuh dari sakit, si buta melihat dll ......

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

Debu tanah's picture

@ Rogue, KETETAPAN Allah tidak sama dengan HUKUM ALAM


ROGUE:


gw mo tanya.. utk kutipan yg gw bold itu lo dapet dari mana?
ada buktinya?



DETA:


Dari Alkitab. Buktinya? Maksud anda rekaman video atau foto kah?




ROGUE:


lagian apa motivasi anda nulis ginian deta??
menyanggah hai2??
ato gimana?



DETA: Motivasi? Wah haruskah saya jelaskan? T



Tanya juga Om Hai apa motivasi beliau nulis blog nya yang muter-muter gak jelas bikin penghuni pasar PUYENG 7 keliling!




ROGUE:


perdebatan argumen yg seru
walau dalam materi elu kalah telak ma hai2..



DETA:


Yah, namanya juga masih belajar mas, wajar dong, tidak sebagus punya Om Hai hai. Blogger paling HOT di Sabda !




ROGUE:


tapi yang ketiga gw tolak mentah2 karena apa sih bedanya melanggar KETETAPAN-NYA ma MELANGGAR HUKUM ALAM?



Entah pemikiran anda sempit ato gw yang mikir kemana2

Toh juga yang namanya hukum itu kan ketetapan yang d buat BAPA pas ciptain bumi.. Jadi bisa d artikan kalo hukum alam itu SALAH sATU KETETAPAN BAPA.

jadi apa bedanya ma melanggar ketatapan sendiri?

jadi pernyataan lu yang ke3 tu cacad karena berbenturan satu sama laen.. ga konsisten cui. kerenan ko hai2 jadinya





DETA:



KESALAHAN Hai hai adalah menyamakan KETAPAN ALLAH Allah dengan HUKUM ALAM!



HUKUM alam tidak sama dengan KETETAPAN ALLAH.



Apa itu HUKUM ALAM? Hukum alam adalah NATURE ALAM, istilah Hai hai KODRAT ALAM, Allah menciptakan ALAM SEMESTA dengan NATURE tertentu, bekerja dengan ATURAN tertentu, kita menyebutnya HUKUM ALAM. Kita memahami hukum alam dengan mengamati FENOMENA yang terjadi di alam. Fenomena itu antara lain:



1.    Efek gaya gravitasi bumi


2.    Sifat-sifat zat cair, padat & gas. Sifat air yang liquid membuat kita tenggelam bila nyemplung ke dalam laut. Sifat udara yang bisa dimampatkan membuat angin bertiup.


3.    dll



Sifat dari HUKUM ALAM bersifat bekerja dengan KONSISTEN / TETAP / TIDAK BERUBAH selama belum kiamat, dengan kata lain fenomena yang kita lihat pun selalu sama.




Apa itu KETETAPAN Allah? KETETAPAN Allah adalah KEPUTUSAN yang diambil Allah dalam mengelola CIPTAAN NYA.



Contoh KETETAPAN Allah adalah Allah menciptakan alam semesta dilengkapi dengan hukum-hukum alam yang bekerja secara otomatis dan konsisten.




Kisah Para Rasul  17:26 Dari satu orang saja Ia telah menjadikan semua bangsa dan umat manusia untuk mendiami seluruh muka bumi dan Ia telah menentukan musim-musim bagi mereka dan batas-batas kediaman mereka.



17:26 And hath made of one blood all nations of men for to dwell on all the face of the earth, and hath determined the times before appointed, and the bounds of their habitation;



Allah telah MENETAPKAN bahwa manusia HIDUP di DARAT, bukan di dalam air atau di atas air. Itu sebabnya manusia TIDAK BISA hidup di dalam air atau di atas air!



Bagaimana dengan KEJADIAN Petrus berjalan di atas air? Jelas MELANGGAR kodrat manusia dengan kata lain MELANGGAR HUKUM alam!



Apakah Petrus berjalan di atas air melanggar HUKUM ALAM? YA! Karena kodrat manusia adalah hidup di darat, bukan di atas air! Apakah laba-laba* berjalan di atas air melanggar hukum alam? Tidak! Karena kodrat laba-laba* hidup di atas air. (Ada laba2 yang bisa hidup/berjalan di atas air.)



Apakah Petrus berjalan di atas air melanggar KETETAPAN ALLAH? TIDAK! Karena Allah tidak pernah menetapkan Petrus tidak boleh melanggar hukum alam (kejadian mujizat Petrus berjalan di atas air) !



Apakah Yesus dilahirkan Maria itu mujizat (MELANGGAR HUKUM ALAM)? YA! Karena Yesus melanggar kodrat manusia yaitu hasil pembuahan sel terlur dengan sperma manusia!



Apakah Yesus dilahirkan Maria itu MELANGGAR KETETAPAN ALLAH? TIDAK! Karena Allah tidak pernah menetapkan tidak boleh menjelma menjadi manusia untuk menebus manusia !



Kesimpulannya, HUKUM ALAM tidak sama dengan KETETAPAN ALLAH!




__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...