Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Alkitab Belum Selesai Dipahami

hai hai's picture

Mereka menyebut dirinya teolog Reformed dan menamai  ajaran Alkitab yang diyakininya Teologi Reformed. Teologi Reformed di bangun di atas prinsip LIMA SOLA atau FIVE SOLAS yaitu:

  1.  Sola scriptura - by Scripture alone โ€“ Hanya Alkitab
  2. Sola fide - by faith alone - Hanya Iman
  3. Sola gratia - by grace alone - Hanya Anugerah
  4. Solus Christus - Solo Christo - Christ alone; through Christ alone - Hanya Kristus
  5. Soli Deo gloria - glory to God alone - Hanya untuk kemuliaan Allah

John Calvin (1509-1564) adalah adalah salah satu bapak reformasi. Tentang karya-karyanya dia menulis di dalam Kata Pengantar buku "Institutes of the Christian Religion โ€“ Philadelphia: Westminster 1960: "Setidak-tidaknya saya dapat menjanjikan bahwa hal ini bisa menjadi KUNCI untuk membuka jalan bagi semua anak Allah ke dalam suatu pemahaman Alkitab yang baik dan benar."

Dalam generasi ini, banyak teolog reformed yang mengkhianati AMANAT John Calvin dan prinsip Teologi Reformed. Walaupun tidak mengajarkannya secara terang-terangan, namun nampak gamblang sekali bahwa banyak teolog reformed generasi ini yang menganut paham bahwa Allkitab SUDAH selesai dipahami oleh para teolog reformed. Itu sebabnya mereka merasa tidak perlu mengujinya lagi. Beberapa teolog reformed yang paling takabur mengajarkan: Apabila seseorang tidak berkesempatan untuk membaca Alkitab seumur hidupnya, namun mempelajari dan memahami ajaran reformed dengan baik, maka dia tidak akan tersesat. Ketika muncul pemahaman berbeda, alih-alih mengujinya dengan Alkitab mereka justru menjadikan ajaran Reformed sebagai standard kebenaran. Bahkan mereka seolah-olah berkata, "Alkitab adalah standard kebenaran namun Teologi Reformed adalah standard kebenaran Alkitab." Mengenaskan! Benar-benar mengenaskan!

Itu sebabnya prestasi mahasiswa Teologi dinilai berdasarkan kemampuannya mengingat dan mengutip buku-buku teologi reformed yang mereka baca. Semakin banyak buku yang dibaca dan dihafal semakin tinggi prestasi seorang mahasiswa.

Walaupun tidak gembar-gembor, namun nampak gamblang sekali bahwa banyak teolog reformed generasi ini yang menganut paham bahwa Allkitab harus diajarkan dengan cara si anu dan si anu dan si anu. Itu sebabnya, saya mendengar cerita dari salah satu sumber yang bisa dipercaya bahwa di Sekolah Tinggi Theologia Reformed Injili Indonesia - Jakarta (STTRII) mahasiswa dilarang mengutip buku-buku Pdt. Dr. Stephen Tong karena dianggap kurang berbobot akademis.

Apabila anda membaca tulisan-tulisan Pdt. Budi Asali MDiv, walaupun dengan judul EKSPOSISI Alkitab, namun isinya tidak lebih dari kutip sana kutip sini dari buku-buku teologi. Saya sudah sering mendengar kotbah-kotbah yang isinya hanya mengutip pemahaman Alkitab si anu, si anu dan si anu lainnya. Apabila anda membeli buku-buku teologi yang katanya kualitas nomor satu, maka saya jamin, isinya penuh dengan catatan kaki sementara sumber pustaka utamanya yaitu Alkitab sama sekali tidak dikutip secara lengkap ayat-ayatnya. Handai taulan sekalian, izinkan saya bertanya, ketika membaca alamat sebuah ayat di dalam buku rohani, apakah anda selalu membuka Alkitab untuk membaca ayat tersebut? Mengenaskan bukan?

Sola scriptura - by Scripture alone โ€“ Hanya Alkitab. Semua orang Kristen, apapun denominasinya, semua teolog apapun aliran teologinya selalu gembar-gembor bahwa Alkitab adalah FIRMAN Tuhan; Alkitab adalah standard kebenaran. Bahkan gereja Katolik yang mengajarkan bahwa Paus tidak mungkin bersalah, mengajarkan bahwa itulah yang diajarkan oleh Alkitab. Demikian pula gereja alam roh yang mengajarkan bahwa pendetanya adalah orang suci yang mustahil berbuat dosa lagi dan diangkat oleh Allah menjadi Imam Agung mengklaim bahwa gereja mereka adalah gereja yang paling alkitabiah. Kaum Fundamentalis yang paling getol mengagul-agulkan gerejanya sebagai satu-satunya gereja yang paling alkitabiah justru mengajarkan banyak hal yang bertentangan dengan ajaran Alkitab.

Apabila Alkitab adalah standard kebenaran dan semua gereja serta aliran teologi mengklaim ajaran merekalah yang paling alkitabiah, kenapa begitu banyak ajarannya yang berbeda? Apabila semuanya benar, kenapa saling bertentangan? Apabila hanya ada satu yang benar, yang mana?

Undang-undang adalah standard kebenaran bagi suatu negara itu sebabnya undang-undang hanya bisa dipahami dan tidak bisa ditafsirkan. Undang-undang yang bisa ditafsirkan bukan undang-undang sejati. Bila Undang-undang bisa ditafsirkan maka timbullah kekacauan. Itu sebabnya dari generasi ke generasi para wakil rakyat dan pemerintah negara-negara di dunia berusaha membuat Undang-undang yang hanya bisa dipahami dan mustahil ditafsirkan untuk dijadikan standard kebenaran.

Alkitab adalah standard kebenaran. Alkitab hanya bisa dipahami dan mustahil ditafsirkan. Alkitab hanya memiliki satu pemahaman yang benar atasnya. Apabila Alkitab tidak memiliki kualitas seperti undang-undang karena memiliki berbagai pemahaman itu berarti Alkitab tidak layak disebut standard kebenaran karena standard kebenaran hanya bisa dipahami dan tidak bisa ditafsirkan.

"Tidak ada orang yang menyalakan pelita lalu menutupinya dengan tempayan atau menempatkannya di bawah tempat tidur, tetapi ia menempatkannya di atas kaki dian, supaya semua orang yang masuk ke dalam rumah dapat melihat cahayanya. Lukas 8:16

Sebab tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dinyatakan, dan tidak ada sesuatu yang rahasia yang tidak akan diketahui dan diumumkan. Lukas 8:17

Karena itu, perhatikanlah cara kamu mendengar. Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, tetapi siapa yang tidak mempunyai, dari padanya akan diambil, juga apa yang ia anggap ada padanya." Lukas 8:18


Manusia mustahil memahami Allah dengan sempurna, itu sebabnya manusia mustahil memahami ajaran Alkitab dengan sempurna pula. Allah adalah Allah, bukan Alkitab. Alkitab adalah Alkitab, bukan Allah. Manusia mustahil memahami Allah dengan sempurna karena Allah adalah pencipta sementara manusia adalah ciptaan. Itu sebabnya manusia hanya mampu mengetahui tentang Allah sejauh penyataan Allah. Namun, manusia MUSTAHIL tidak mampu memahami Alkitab dengan sempurna karena Alkitab ditulis untuk dipahami manusia. Apabila Alkitab mustahil dipahami dengan sempurna, bukankah itu berarti Allah membual ketika memberi perintah agar kita mempelajari dan memahaminya serta menjadikannya pelita hidup kita? Apabila Alkitab mustahil dipahami dengan sempurna, bukankah itu berarti Allah melakukan hal sia-sia ketika berfirman? Apabila ada ayat-ayat Alkitab yang belum dipahami dengan benar, itu hanya berarti dua hal: Belum waktunya kebenaran itu dibukakan atau kita belum mempelajarinya dengan benar, bukan karena Alkitab mustahil dipahami dengan sempurna.

Manusia memahami segala sesuatu dengan akal budi bukan dengan roh. Apa yang dimaksudkan dengan memahami dengan roh atau pemahaman rohani? Memahami dengan roh atau pemahaman rohani adalah isapan jempol para teolog untuk mengesahkan tafsiran dengan jurus tafsir 1001 mimpi mereka. Alkitab sama sekali tidak mengajarkan tentang memahami dengan roh atau pemahaman rohani karena Alkitab mengajarkan bahwa manusia memahami dengan akal budi. "Jangan memahami dengan akal budi!" Adalah omong kosong para pengkotbah untuk menutupi bualan mereka dengan membujuk jemaat untuk berlaku bodoh.

Alkitab belum selesai dipahami. Semua pengajaran harus diuji dengan Alkitab sebagai standard kebenaran. Apabila teologi reformed bertentangan dengan ajaran Alkitab, tetaplah menjadi teolog reformed namun PERBARUILAH ajaran TEOLOGI REFORMED.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

M Hanafi's picture

nanya tentang bibel

-berarti ajaran nasrani itu berubah ubah tergantung orangnya ya ?

-allah nasrani nggak bisa dipahami ?

-bibel nasrani dipahami tergantung orangnya ya?

-para ahli bibel (teolog) itu menipu orang kristen ya?

Adrina's picture

@ M Hanafi, Alkitab / Bible adalah Firman Tuhan

-berarti ajaran nasrani itu berubah ubah tergantung orangnya ya ?

Ya, tergantung pemahaman orang itu sendiri.

Misalnya tentang doktrin Allah Tritunggal; di kalangan Kristen sendiri paling tidak ada 2 kelompok: Ada yang percaya Allah itu 3 pribadi tapi satu hakekat, tapi kelompok yang lain percaya bahwa itu merupakan 3 perwujudan dalam satu pribadi.

Yang mana yang benar ? Tentunya kebenaran itu akan muncul, ketika kita sungguh-sungguh belajar Alkitab dengan baik dan benar.

-allah nasrani nggak bisa dipahami ?

Allah itu adalah pribadi yang "tak terbatas", jadi mustahil manusia yang sangat terbatas ini, bisa memahaminya secara sempurna.

-bibel nasrani dipahami tergantung orangnya ya?

Ya, biasanya orang telah terlebih dahulu terdoktrin oleh gereja / alirannya masing-masing, hal itulah yang mendasari adanya perbedaan pemahaman.

-para ahli bibel (teolog) itu menipu orang kristen ya?

Secara jujur saya katakan memang hal itu ada, tetapi tidak semua teolog.

Saya tahu ada seorang yang mengaku pakar Kristologi, tapi saya melihat ajarannya sangat bertentangan dengan Alkitab.

Tetapi walaupun adanya berbagai macam penafsiran / pemahaman yang berbeda-beda, itu tidaklah mengubah fakta bahwa Alkitab adalah FIRMAN TUHAN !

hai hai's picture

M Hanafi, Belajar Sendiri

M Hanafi, maaf saya nggak mau mengajari anda. Selamat belajar sendiri ya!

Oh ya, sebelum anda mempersilahkan saya mempertanggungjawabkan apa yang saya ajarkan, baiklah saya menulis jawabannya dulu.

How dare you are? Who you Think you are? Sungguh berani mati, anda pikir anda siapa, sehingga menuntut saya bertanggungjawab kepada anda?

Ha ha ha ha ha ....

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Joshua Li's picture

Sdr Hai-hai ; nanya

Syalom sdr hai-hai

Tetapi manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah,karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak  dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani. 1 kor 2 : 12

Tanya ; apa pemahaman dari ayat ini.? apa ada perbedaan antara akal dan

               akal budi.

 Kiranya sdr hai-hai sudi memberi pemahaman, untuk pembelajaran. Trims     

 

 

 

GBU   

hai hai's picture

@Joshua Li, Dikotomi VS Trikotomi

akal n 1 daya pikir (untuk memahami sesuatu dsb); pikiran; ingatan: makhluk Tuhan yg mempunyai -- ialah manusia; 2 jalan atau cara melakukan sesuatu; daya upaya; ikhtiar: minta -- (kpd); 3 tipu daya; muslihat; kecerdikan; kelicikan: penipu tidak akan kekurangan --; 4 Antr kemampuan melihat cara memahami lingkungan;
-- akar berpulas tak patah, pb orang yg sudah pandai tidak mudah kalah dl perbantahan; -- tak sekali tiba, pb tidak ada suatu usaha yg sekali terus jadi dan sempurna; berubah -- , ki gila; kehilangan -- , ki putus asa; bingung (tidak tahu apa yg harus dikerjakan);

bu·di n 1 alat batin yg merupakan paduan akal dan perasaan untuk menimbang baik dan buruk: pendidikan untuk memperkembangkan badan dan -- manusia; 2 tabiat; akhlak; watak: orang yg baik --; 3 perbuatan baik; kebaikan: ada ubi ada talas, ada -- ada balas; 4 daya upaya; ikhtiar: mencari -- untuk mengalahkan lawan; 5 akal (dl arti kecerdikan menipu atau tipu daya): bermain --;

Akal budi: pikiran sehat;

Sungguhpun demikian kami memberitakan hikmat di kalangan mereka yang telah matang, yaitu hikmat yang bukan dari dunia ini, dan yang bukan dari penguasa-penguasa dunia ini, yaitu penguasa-penguasa yang akan ditiadakan. 1 Korintus 2:6

Tetapi yang kami beritakan ialah hikmat Allah yang tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Allah bagi kemuliaan kita. 1 Korintus 2:7

Tidak ada dari penguasa dunia ini yang mengenalnya, sebab kalau sekiranya mereka mengenalnya, mereka tidak menyalibkan Tuhan yang mulia. 1 Korintus 2:8

Tetapi seperti ada tertulis: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia." 1 Korintus 2:9


Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah. 1 Korintus 2:10

Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh  manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah. 1 Korintus 2:11

Kita tidak menerima roh dunia, tetapi roh yang berasal dari Allah, supaya kita tahu, apa yang dikaruniakan Allah kepada kita. 1 Korintus 2:12


Dan karena kami menafsirkan hal-hal rohani kepada mereka yang mempunyai Roh, kami berkata-kata tentang karunia-karunia Allah dengan perkataan yang bukan diajarkan kepada kami oleh hikmat manusia, tetapi oleh Roh. 1 Korintus 2:13

Tetapi manusia duniawi
tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani. 1 Korintus 2:14

Tetapi manusia rohani menilai segala sesuatu, tetapi ia sendiri tidak dinilai oleh orang lain. 1 Korintus 2:15


Sebab: "Siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan, sehingga ia dapat menasihati Dia?" Tetapi kami memiliki pikiran Kristus. 1 Korintus 2:16

Paulus mengajarkan bahwa manusia adalah Trikotomi: Tubuh, Jiwa (psuche) dan Roh (Pneuma).

Jiwa (psuche) = Roh manusia

Roh (pneuma) = Roh Allah = Roh Kudus

Manusia duniawi = Dikotomi = Tubuh + Jiwa

Manusia rohani = Trikotomi = Tubuh + Jiwa + Roh Kudus

Semua kata Roh yang saya beri wrna merah dan tebal = Roh Kudus.

Jushua li, ssemoga dengan keterangan-keterangan tambahan anda dapat memahami ayat-ayat tersebut lebih baik.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

kabarsukacita's picture

@hai hai, Roh Jiwa Tubuh

Sdr. Hai hai,

Bebetulan aku juga lagi mengkaji ulang dan merenungkan ulang pemahamanku mengenai manusia.

Tolong anda simak dan memberikan komentar mengenai ayat2 ini:

 (1 Thessalonians 5:23)  Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.
 

(Hebrews 4:12)  Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.
 

(Matthew 10:28)  Dan janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa; takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka.
 

(James 2:26)  Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati.
 

Bukannya ayat2 di atas ini bertentangan dengan pendapat anda "jiwa adalah roh manusia" sebab menurut saya antara jiwa dan roh berbeda.

Sekarang ini saya punya asumsi bahwa "manusia adalah roh yang memiliki jiwa dan tinggal dalam tubuh",

Maka dari itu saya juga percaya perumpamaan tentang Lazarus dipangkuan Abraham dan orang kaya di alam maut itu benar adanya, dan hal itu bukan hanya karangan Yesus belaka. Orang kaya itu merasa kepanasan di alam maut karena jiwanya merasakan panasnya api meskipun dia tidak bertubuh, dan rohnya tetap hidup.

Perenungan saya bahwa roh manusia itu kekal adanya karena kalau tidak kekal berarti ngapain ada neraka dan surga. Yang bisa mati itu jiwa dan tubuh.

Coba kita saling tukar pikiran dan uji bersama, karena bagi saya topik ini penting untuk dipahami.

Saya tidak ikut2an geng2an lho, karena tujuan saya di SS belajar mengali dan mencari, serta sharing pemahaman kebenaran, jadi tolong anda cara jawabnya harus benar2 fair dan jujur lho, jangan karena anda ingin menang sendiri. JBU

.: "Tuhan Yesus adalah Yang Awal dan Yang Akhir. Dia-lah Jalan, Kebenaran, Kebangkitan, dan Kehidupan." :.

__________________

.: "Tuhan Yesus adalah Yang Awal dan Yang Akhir.
Dia-lah Jalan, Kebenaran, Kebangkitan, dan Kehidupan." :.

Joshua Li's picture

@ Kabarsukacita : sharing

Selamat Natal KS

Dan debu kembali menjadi tanah seperti semula dan roh kembali kepada Allah yang mengaruniakannya.  Pkh  12 : 7

 

sama seperti semua manusia, dihakimi secara badani ; tetapi oleh roh dapat hidup menurut kehendak Allah. 1Ptr 4 : 6b

     Mengacu kepada 2 ayat diatas, saya berasumsi bahwa roh tidak akan ke neraka tapi kembali kepada Allah yang mengaruniakannya. Yang ke neraka tubuh dan jiwa,karena yang dibinasakan Allah adalah jiwa dan tubuh.  ( Mat 10 : 28.) Mohon dikoreksi, semoga kita bisa saling  tukar pikiran dan kita sama-sama gak ikut2an. Trims  

Maaf  kalo ada kesalahan.

 

Tym

kabarsukacita's picture

@Joshua...Jiwa dan tubuh

Sdr. Joshua, jangan sungkan

Gak ada yang perlu dimaafkan kok...relaks aja..asal hati kita mau diajar dan belajar dengan landasan hati yang murni mencari Tuhan itu gak masalah.

Coba anda simak kembali pemahaman saya di atas bahwa "Manusia adalah roh yang memiliki jiwa dan tinggal dalam tubuh"

Coba kita simak kisah pengemis Lazarus dan orang kaya yang sama2 mati:

Luk 16:19  "Ada seorang kaya yang selalu berpakaian jubah ungu dan kain halus, dan setiap hari ia bersukaria dalam kemewahan.
Luk 16:20  Dan ada seorang pengemis bernama Lazarus, badannya penuh dengan borok, berbaring dekat pintu rumah orang kaya itu,
Luk 16:21  dan ingin menghilangkan laparnya dengan apa yang jatuh dari meja orang kaya itu. Malahan anjing-anjing datang dan menjilat boroknya.
Luk 16:22  Kemudian matilah orang miskin itu, lalu dibawa oleh malaikat-malaikat ke pangkuan Abraham.
Luk 16:23  Orang kaya itu juga mati, lalu dikubur. Dan sementara ia menderita sengsara di alam maut ia memandang ke atas, dan dari jauh dilihatnya Abraham, dan Lazarus duduk di pangkuannya.
Luk 16:24  Lalu ia berseru, katanya: Bapa Abraham, kasihanilah aku. Suruhlah Lazarus, supaya ia mencelupkan ujung jarinya ke dalam air dan menyejukkan lidahku, sebab aku sangat kesakitan dalam nyala api ini.
Luk 16:25  Tetapi Abraham berkata: Anak, ingatlah, bahwa engkau telah menerima segala yang baik sewaktu hidupmu, sedangkan Lazarus segala yang buruk. Sekarang ia mendapat hiburan dan engkau sangat menderita.
Luk 16:26  Selain dari pada itu di antara kami dan engkau terbentang jurang yang tak terseberangi, supaya mereka yang mau pergi dari sini kepadamu ataupun mereka yang mau datang dari situ kepada kami tidak dapat menyeberang.
Luk 16:27  Kata orang itu: Kalau demikian, aku minta kepadamu, bapa, supaya engkau menyuruh dia ke rumah ayahku,
Luk 16:28  sebab masih ada lima orang saudaraku, supaya ia memperingati mereka dengan sungguh-sungguh, agar mereka jangan masuk kelak ke dalam tempat penderitaan ini.
Luk 16:29  Tetapi kata Abraham: Ada pada mereka kesaksian Musa dan para nabi; baiklah mereka mendengarkan kesaksian itu.
Luk 16:30  Jawab orang itu: Tidak, bapa Abraham, tetapi jika ada seorang yang datang dari antara orang mati kepada mereka, mereka akan bertobat.
Luk 16:31  Kata Abraham kepadanya: Jika mereka tidak mendengarkan kesaksian Musa dan para nabi, mereka tidak juga akan mau diyakinkan, sekalipun oleh seorang yang bangkit dari antara orang mati."

Dari ayat diatas berarti terlihat yang mati adalah tubuh kemudian dikubur, terus tinggal roh dan jiwa. Roh manusia yang memiliki jiwa bisa "melihat ke atas, bisa merasakan sengsara, sakit dan panas" mungkinkah ada penjelasan lain?

Ada lagi, apakah kalau misal sekarang ini, ada orang mati dan kemudian tubuhnya dikubur jadi debu kembali, tetapi jiwa dan roh nya kemana? Roh dan jiwa akan kembali untuk dihakimi oleh Tuhan. Roh yang memiliki Jiwa inilah yang merasakan panasnya api neraka atau kesejukan surga.

Anda pernah dengar atau pernah merasakan "sakit hati", itu yang sakit dimana? di hati fisik? jelas bukan hati fisik, tapi itu di jiwa. Anda pernah semangat atau bergelora, itu juga di jiwa. Jiwa bisa merasakan panas, sakit, dingin karena itu menyangkut pikiran dan asumsi seseorang. Seorang motivator handal akan disebut luar biasa jika dia bisa merubah jiwa/pikiran/persepsi seseorang dari biasa menjadi luar biasa.

Jiwa ini yang melekat pada roh (roh adalah kehidupan), itu pemahaman saya sekarang. Terus terang pemahaman saya masih saya uji sendiri dan saya mau mencoba ujikan ke teman2. Kita bisa saling sharing.

GBU. Jangan sungkan ya...

.: "Tuhan Yesus adalah Yang Awal dan Yang Akhir. Dia-lah Jalan, Kebenaran, Kebangkitan, dan Kehidupan." :.

__________________

.: "Tuhan Yesus adalah Yang Awal dan Yang Akhir.
Dia-lah Jalan, Kebenaran, Kebangkitan, dan Kehidupan." :.

hai hai's picture

Kabar sukacita, MATI

Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita. 1 Thessalonians 5:23

tubuh = soma
jiwa = psuche
roh = pneuma

Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita. Ibrani 4:12

jiwa = psuche
roh = pneuma

Dan janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa; takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka.Matius 10:28

tubuh = soma
jiwa = psuche

Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati. Yakobus 2:26

tubuh = soma
roh = pneuma

Tidak ada pertentangan di dalam ayat-ayat tersebut di atas jgua tidak ada pertentangan dengan tulisan saya bahwa:

JIWA = Psuche = roh manusia
Roh = Pneuma = Roh Kudus

MAnusia tanpa Roh Kudus = Mati = Binatang yang cerdik itulah yang diajarkan oleh Yakobus 2:26.

Ketika manusia mati, JIWA-nya tidak mati, namun dinamai ARWAH (Rapha).

Anda harus memahami apa arti HIDUP dan MATI menurut Alkitab. Mati jasmani BUKAN mati namanya karena ARWAH-nya masih hidup.

Kabar sukacita, bila anda ingin memahami hal ini, silahkan melakukan penelitian Alkitab dengan mempertahikan bahasa aslinya. Pahamilah penggunaan kata Psuche dan Pneuma.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

kabarsukacita's picture

@hai...aku punya strong KJV

hai...aku punya "strong" dari King James, kalau pscuche,pneuma,dan soma itu aku tahu. Coba anda renungkan lebih dalam lagi tentang roh, jiwa, dan tubuh.

Menurutku, pengertianmu itu tidak menjawab keingintahuanku karena aku sudah tahu kalau cuman sebatas itu.

Mungkin lain kali kalo anda punya pemahaman lebih dalam bisa e-mail aku. Saya sekarang masih mencarinya tetapi belum dapat hikmat lebih lagi, jadi perlu minta hikmat sama Tuhan ini...he..he...

.: "Tuhan Yesus adalah Yang Awal dan Yang Akhir. Dia-lah Jalan, Kebenaran, Kebangkitan, dan Kehidupan." :.

__________________

.: "Tuhan Yesus adalah Yang Awal dan Yang Akhir.
Dia-lah Jalan, Kebenaran, Kebangkitan, dan Kehidupan." :.

hai hai's picture

@Kabar Sukacita, Saya Tidak Punya ...

Jiwa (psuche) = Roh manusia

Roh (pneuma) = Roh Allah = Roh Kudus

Manusia duniawi = Dikotomi = Tubuh + Jiwa

Manusia rohani = Trikotomi = Tubuh + Jiwa + Roh Kudus

Kabar sukacita, saya tidak punya pemahaman lain selain tersebut di atas.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Joshua Li's picture

Sdr Hai-hai : Trims

Syalom

Terima kasih buat sdr hai-hai yang telah meluang waktunya untuk memberi

pemahaman kepada saya,mungkin lain waktu saya akan bertanya lagi untuk

hal yang lain (itu kalo dijinkan lo..)  GBU

 

Sdr Serubim :

                        Apakah manfaatnya ngejebak Serubim....?

Inilah manfaat dari SS ini kalo kita mau saling rendah hati untuk saling

membangun tubuh KRISTUS.

 

GBU

 

rivani's picture

kalau belum selesai di fahami ya di lanjutkan dengan benar

 

Hai hai,Kalau alkitab belum selesai di pahami berarti harus kita lanjutkan perjalanan memahaminya bukan,tetapi yang kamu lakukan  bukan melanjutkan yang belum selesai tapi memulai sesuatu yang baru, atau kalau di pahami sebagai melanjutkan maka yang terjadi adalah Anda bukan melanjutkan ajaran yang benar tetapi yang anda lanjutkan adalah ajaran bidat arius yaitu seatu bidat yang menyatakan keilahian Kristus adalah di ciptakan.
Hai hai apakah saya salah jika menilai bahwa anda mengajarkan bidat yang setali tiga uang dengan bidat arius dan saksi2 setan ,karena anda mengatakan Yhwh di ciptakan atau TUHAN Allah di Ciptakan ,
Jikalau anda tidak mengajarkan demikian mohon di jelaskan dan di bantah.
hai hai's picture

@Rivani, Tentu Saja Anda Salah

Hai hai,Kalau alkitab belum selesai di pahami berarti harus kita lanjutkan perjalanan memahaminya bukan,tetapi yang kamu lakukan  bukan melanjutkan yang belum selesai tapi memulai sesuatu yang baru, atau kalau di pahami sebagai melanjutkan maka yang terjadi adalah Anda bukan melanjutkan ajaran yang benar tetapi yang anda lanjutkan adalah ajaran bidat arius yaitu seatu bidat yang menyatakan keilahian Kristus adalah di ciptakan.

Rivani, yang harus kita lakukan adalah MENGAUDIT (menguji) ajaran yang ada dan MENGGALI Alkiab sedalam mungkin dengan cara yang benar.

Arius adalah pendiri Arianisme. Saat ini mustahil memahami semua ajarannya dengan lengkap karena semua karyanya sudah dibakar oleh gereja. Tentang Arianisme dikatakan bahwa mereka mengajarkan: Yesus BUKAN Allah karena Dia TIDAK mahakuasa. Untuk mendukung ajarannya Arianisme lalu mencari ayat-ayat Alkitab bahwa Yesus walaupun Allah namun Dia adalah Allah yang diciptakan.

Rivani, sebelum menuduh sebaiknya anda belajar dulu tentang Arianisme baik-baik setelah anda paham ajaran mereka kemudian silahkan klik di sini dan di sini untuk mempelajari tulisan saya. Setelah itu anda dapat menghakimi dengan adil, apakah saya penganut Arianisme atau bukan.

Rivani, ketika menuduh saya bidat Arianisme, anda pasti yakin diri anda adalah Kristen sejati. Tolong jangan permalukan nama Yesus ya mas? Menghakimilah dengan adil.

Hai hai apakah saya salah jika menilai bahwa anda mengajarkan bidat yang setali tiga uang dengan bidat arius dan saksi2 setan ,karena anda mengatakan Yhwh di ciptakan atau TUHAN Allah di Ciptakan ,

Rivani, TENTU saja anda SALAH! Hanya Allah yang tahu siapa yang Kristen sejati dan bukan. Kita hanya bisa menilai melalui CIRI-CIRI orang pilihan menurut ajaran Alkitab. Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, anda menunjukkan CIRI-CIRI bahwa anda bukan KRISTEN sejati karena Alkitab mengajarkan bahwa orang Kristen sejati tidak menghakimi membabibuta.

Izinkan saya memberi kesempatan kepada anda sekali lagi. silahkan pelajari ajaran Arianisme, lalu tunjukkan kesalahannya dan ajarkan hal yang benar. Pelajari tulisan saya, lalu tunjukkan kesalahannya dan ajarkan hal yang benar. Itula CIRI Kristen sejati.

Saudara Rivani, karena anda bertanya kepada saya, apakah anda salah, maka izinkan saya menjawab, "Anda bukan hanya SALAH namun NGAWUR!"

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

rivani's picture

saya ingin tanya lagi

 

Hai2 saya ingin bertanya lagi ya,saya mohon di jawab:
1)apakah anda mengatakan Tuhan Allah di bentuk/diciptakan?
2)apakah anda mengatakan YHWH di ciptakan?
hai hai's picture

@Rivani, Saya Juga Ingin Bertanya

Hai2 saya ingin bertanya lagi ya,saya mohon di jawab:
1)apakah anda mengatakan Tuhan Allah di bentuk/diciptakan?
2)apakah anda mengatakan YHWH di ciptakan?
Saudara Rivani, apakah anda sudah mempelajari ajaran Arianisme dan memahaminya dengan baik?
Apakah anda sudah membaca kedua blog yang saya referensikan dengan teliti dan hati-hati serta memahaminya?
Bila belum, tolong ikutilah nasehat saya karena pertanyaan-pertanyaan anda sudah dijawab di dalam kedua blog saya. Bila sudah, tolong ulangi lagi untuk mempelajari ajaran Arianisme dan kedua blog saya dengan teliti dan hati-hati agar anda mengerti dengan benar. Dengan demikian, maka anda tidak perlu bertanya lagi karena pertanyaan anda sudah dijawab di sana.
apabila setelah mempelajari kedua blog saya anda belum mengerti juga, silahkan mengajukan pertanyaan di sana. Saya akan menjawabnya bila pertanyaan anda memang bermutu. 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

rivani's picture

saya sudah membaca blog anda

menurut saya anda mengajarkannya demikian,karana- itu ubtuk jelasnya saya bertanya pada anda

 

1)apakah anda mengatakan Tuhan Allah di bentuk/diciptakan?
2)apakah anda mengatakan YHWH di ciptakan?

apakah anda mau menjawabnya?

hai hai's picture

@Rivani, Bila Demikian

menurut saya anda mengajarkannya demikian,karana- itu ubtuk jelasnya saya bertanya pada anda

1)apakah anda mengatakan Tuhan Allah di bentuk/diciptakan?
2)apakah anda mengatakan YHWH di ciptakan?


apakah anda mau menjawabnya?

Bertanyalah di blog yang bersangkutan kawan. di sini saya tidak akan menjawab pertanyaan-pertanyaan anda tersebut di atas karena tidak ada relevansinya dengan isi blog ini.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak