Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Tselem dan belum Demuth

jesusfreaks's picture

Kejadian 1:26-27 (TB)  Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi." 

Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. 

 

Kita sudah sering mendengar, sudah tahu bahwa manusia diciptakan menurut gambar (tselem) dan rupa (demuth) Allah (kita).

Banyak juga orang memahaminya apa adanya, sadar atau tidak sadar kadang beda pemahaman.

Ada yang memahami hanya Adam yang diciptakan menurut gambar dan rupa Allah.

Ada yang memahami semua manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Allah.

Mungkin ada juga yang memahami, menurut gambar dan rupa Allah yang manakah manusia itu diciptakan ? Apakah menurut rupa Allah oknum ke 1 ? Atau menurut Allah oknum ke 2 ? Atau menurut Allah oknum ke 3 ?

 

Mungkin ada juga yang memahami, bahwa manusia hanya diciptakan menurut gambar (tselem) Allah saja, tapi TIDAK atau BELUM diciptakan menurut rupa (Allah).

 

Lalu bagaimana sih sebenarnya, apakah manusia yang saat ini lebih 7 miliar hidup dengan gambar dan rupa yang berbeda beda itu sebenarnya seturut gambar dan rupa Allah. Tapi kok beda ya.

Atau mungkin yang dimaksud seturut gambar dan rupa Allah, sebenarnya tidak merujuk kepada Allah itu sendiri, tapi merujuk kepada desain Allah. Sebagaimana seorang arsitek yang mendesain gedung menurut gambar dan rupa arsitek tersebut.

 

Walaupun perumpamaan arsitek dan gedung ini menurut saya masih kurang pas.

Pada kejadian 1:26-27 sebenarnya belum utuh cerita tentang penciptaan manusia, masih kisah penciptaan menurut gambar (tselem) dan belum ada kisah menurut  rupa (demuth), makanya dipasal selanjutnya kisah penciptaan lagi.

 

Entah mau berapa panjang lagi saya bisa tulis, tapi kita persingkat saja.

Intinya diciptakan menurut gambar dan rupa Allah bukan berarti merujuk seperti Allah, diciptakan sama s eperti makhluk lain, ada kepala, tangan, kaki, darah merah, tapi ada plus plusnya dihembuskan Roh Allah dan diberi Akal Pikir.

 

Udah gitu dulu...

 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-