Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Transformers

victorc's picture
Shalom saudaraku,
Apakah Anda atau anak-anak Anda menggemari serial film The Transformers? Seru ya? Banyak adegan yang sulit dibayangkan bagaimana membuatnya. Saya juga menonton hampir semua seri film ini, termasuk dua yang terakhir: Revenge of the Fallen (2011) dan juga The Age of extinction (2014). Tapi pernahkah kita merenungkan apakah film ini memiliki pesan khusus di balik serunya aksi para jagoan melawan para Decepticon dan Megatron?

X-Files
Seorang pengamat menulis bahwa ide dasar The Transformers memiliki kemirioan yang mencolok dengan episode Biogenesis dan The sixth extinction dari serial the X-files yang dulu pernah populer sekitar tahun 1999-2000.(1) Biogenesis itu sendiri merupakan salah satu pengembangan dari Teori Panspermia, yang intinya mengatakan bahwa kehidupan berasal dari kehidupan, jadi kehidupan di bumi berasal dari luar angkasa. (2) Para pendukung teori ini berpendapat bahwa ada sekelompok makhluk angkasa luar yang pada jaman dahulu kala menyebarkan benih kehidupan di bumi. Meskipun demikian ada beberapa variasi dari teori ini di antara beberapa film:
- menurut X-files, makhluk alien sudah ada sebelum manusia,
- menurut The Independence Day, makhluk alien itu berniat jahat kepada manusia,
- menurut Indiana Jones: The Crystal Skulls, makhluk alien itu mungkin tinggal di dalam beberapa piramid kuno di Peru.
- menurut The Transformers, mahluk alien yang sangat merusak bernama Megatron tersimpan di salah satu piramid kuno di Giza, dan menunggu hari pembalasan.

Nephilim?
Sebagian orang pendukung teori alien mengacu pada ayat misterius dalam Kejadian 6 yang menyebut tentang Nephilim yang konon merupakan hasil kawin silang antara para malaikat yang jatuh ke bumi dengan anak-anak Hawa. Mungkinkah itu sebabnya Yohanes pembaptis dan Yesus sendiri menyebut orang Israel sebagai keturunan ular beludak?
Konon memang ada kepercayaan Yahudi kuno, bahwa pasca Kejadian 3, memang ular dan Hawa melahirkan keturunan mereka. Mungkinkah itu yang disebut dengan Nephilim? Menarik untuk dicatat bahwa istilah Nephilim juga disebut dalam Kitab Henokh (3).
Saya belum memperoleh referensi yang tepat tentang motivasi di balik skenario The Transformers, tapi sekilas sepertinya film ini hanya ingin menegaskan keunggulan teori panspermia tapi dibungkus dengan terminologi-terminologi Alkitab, misalnya The Fallen mungkin dikutip dari tokoh Setan yang jatuh dari langit. Optimus Prime mungkin diambil dari figur malaikat Michael, sementara itu pertarungan antara para jagoan yang dipimpin oleh Optimus Prime melawan Megatron, Decepticon dan pasukannya mungkin mengambil inspirasi dari kitab Wahyu. Tapi secara keseluruhan konsep yang ada di balik film ini tampaknya mengembangkan Teori Panspermia.

Penutup
Jadi bagaimana sikap kita terhadap film ini? Tampaknya sebagai hiburan oke-oke saja, tapi jangan terlalu dipercaya sebagai sebuah kisah akhir jaman. Pemusnahan massal oleh alien (extinction) tidak lebih dari fiksi belaka.

Bagaimana pendapat Anda? Jika ada komentar dan saran, silankan kirim ke email: victorchristianto@gmail.com

10 mei 2015, pk. 10:36
VC

Ref. 
(1) http://secretsun.blogspot.com/2009/01/transformers-revenge-of-nephilim.html
(2) Panspermia, url: http://panspermia.org/
(3) The Book of Enoch, url: http://en.m.wikipedia.org/wiki/Book_of_Enoch
__________________

Dari hamba yang tidak berguna (Lih. Lukas 17:10)

Prepare for the Second Coming of Jesus Christ.