Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Strange

victorc's picture
25  Dan oleh Roh Kudus dengan perantaraan hamba-Mu Daud, bapa kami, Engkau telah berfirman: Mengapa rusuh bangsa-bangsa, mengapa suku-suku bangsa mereka-reka perkara yang sia-sia?  
    26  Raja-raja dunia bersiap-siap dan para pembesar berkumpul untuk melawan Tuhan dan Yang Diurapi-Nya.  (Kis. 4:25-26)

Shalom, selamat siang saudaraku. Kemarin malam saya diajak nobar oleh seorang sahabat. Filmnya memang baru rilis di kota kami, judulnya adalah Doctor Strange. Bukan, saya bukan mau memberi resensi atau spoiler di sini. Jika menginginkan resensi, silakan lihat artikel lain.(1) Saya hanya akan menuliskan sedikit komentar terhadap film tersebut dari sudut pandang iman Kristen.
Satu hal yang menarik adalah kalau memperhatikan fakta bahwa premiere film ini dilakukan 3 Oktober 2016, lalu tanggal 4 Oktober panitia Nobel memberikan hadiah Nobel fisika tahun ini kepada 3 fisikawan Inggris atas temuan mereka yang sudah lama mengenai strange matter.(4) Apakah ini hanya koinsidensi belaka? Atau apakah hal ini merupakan suatu sinyal dari panitia Nobel bahwa mereka menyetujui (endorse) film Doctor Strange. Silakan direnungkan sendiri.

Ringkasan
Secara ringkas, film ini berkisah tentang perjuangan ahli bedah syaraf terkemuka, Dr. Stephen Strange untuk memulihkan jari-jarinya pasca kecelakaan fatal yang dialaminya. Karena frustasi, akhirnya ia berangkat ke Kathmandu untuk berguru di Kamar-Taj yang dikabarkan dapat mengajarkan kesembuhan spiritual. Di sana ia bertemu dengan mahaguru The Ancient One yang justru mengangkat dan melatihnya menjadi penyihir dengan berbagai ilmu yang ajaib.(1)
Karena rasa ingin tahu yang besar, Strange secara tidak sengaja membuka Kitab Cagliostro, lalu ia melakukan recovery terhadap halaman yang dicuri dari Buku Cagliostro menggunakan Eye of Agamotto. Lalu Strange terlibat dengan pertarungan untuk menyelamatkan dunia dari serbuan Dormammu, penguasa kegelapan.
Kisah yang diangkat dari komik Marvel tersebut dikemas dengan begitu indah dan tempo cepat, dan sejak menit pertama penonton dibuat takjub dengan efek spesial yang gila-gilaan, bahkan lebih gila daripada trilogi Matrix atau serial Avengers. 
Namun, di luar efek visual yang memesona tersebut, tidak ada pesan khusus yang bisa dibawa pulang. Penonton hanya disuguhi aksi serba memukau dari seorang superhero baru garapan Marvel. 
Omong-omong tentang film superhero yang bernuansa spiritual, film ini tampak lebih mirip dengan gabungan antara trilogi Matrix, Kungfu Panda 3, dan The Sorcerer's Apprentice. Atau seperti menyaksikan pidato barack obama yang memukau dan menghibur, tapi tidak membawa dampak apa-apa.

Reality check
Kini saatnya untuk cek realitas. Saya mencoba browsing tentang 3 hal yang disebut dalam film ini:
a. Kamar-Taj: ternyata tidak ada di peta, selain di studio Marvel
b. Mata Agamotto: tidak pernah disebut dalam buku-buku apapun(3)
c. Kitab Cagliostro: memang hal ini ada disebut oleh Blavatsky atau dalam literatur teosofi dikenal sebagai Count Cagliostro. Tapi benarkah ada Kitab Rahasia Cagliostro? Saya tidak begitu yakin.(2)
Jadi kesimpulan sementara yang bisa diambil adalah film ini merupakan fiksi murni (pure fiction). Ada beberapa kritikus yang menghubungkan superhero dari Marvel dengan gerakan Illuminati.
Malah ada video klip dari Vigilant Christian yang menyebut kisah Penyihir gelap Doctor Strange ini sebagai film yang satanik. Memang saya juga pernah menulis di tempat lain bahwa salah satu trik yang digunakan oleh film-film penyihir seperti Harry Potter dan lain-lain adalah menghadirkan konflik antara penyihir baik (putih) melawan penyihir jahat (hitam). Namun kedua sisi itu adalah milik Satan, karena Alkitab melarang penggunaan ilmu sihir apapun.(12)
Yang menarik juga adalah definisi Satan menurut Marvel Studio:
"Satan is one of the Hell-Lords who arose from the primeval concentration of energy left behind when Demogorge drove the Elder Gods from Earth billions of years ago."(14) 

Unio mystica?
Terlepas dari kontroversi boleh tidaknya umat Kristen menonton film-film sihir, ada pertanyaan yang lebih realistis yaitu film ini merujuk pada mistisisme Timur. Bolehkah umat Kristen menerapkan ilmu-ilmu kuno seperti chakra, shambala, meditasi, kontemplasi dan seterusnya? (5)(6)(7) Jawaban klasik tentunya adalah tidak boleh. Namun bagaimana jika ada yang dapat membuktikan konsep-konsep chakra dll dari sudut pandang sains?
Satu hal yang jelas, bahwa mistisisme Timur menekankan tujuan untuk mencapai kesatuan dengan Yang Mahatinggi. Ini disebut dengan Unio Mystica. Dan gagasan ini juga dikenal dalam Kejawen.(9)(10) Dalam kekristenan juga dikenal gagasan dasar tentang kesatuan dengan Kristus (union with Christ), bahkan itu merupakan salah satu gagasan sentral dalam Calvinisme. (11) Seorang rekan di seminari bahkan telah meneliti perbedaan konsep Unio Mystica dalam Kejawen dan Kekristenan. Ini merupakan topik yang menarik dalam dialog antar-spiritualitas.

Sudut pandang sains
Salah satu pertanyaan yang diajukan oleh Strange kepada The Ancient One: apakah kamu mengajarkan cell repair melalui roh? Saya tidak berpretensi dapat menjawab pertanyaan ini. Memang dalam kekristenan dikenal trialektika antara tubuh-jiwa-roh. Ilmu psikologi memang mengenal adanya interaksi antara jiwa dan tubuh (psikosomatis), namun apakah roh juga dapat meregenerasi tubuh? Ini masih misterius.
Salah satu pertanyaan yang kami (saya dan seorang sahabat) sedang teliti adalah mengenai sifat non-partikel dari DNA. Bagaimana jika struktur DNA dapat dimodifikasi oleh frekuensi elektromagnetik? Penelitian kami dimotivasi oleh eksperimen yang dilaporkan oleh Prof. Luc Montagnier dkk, namun tentang hal ini masih memerlukan studi yang panjang. Di bawah ini saya kutip komentar seorang ahli tentang kemungkinan frekuensi 528 Hz yang dikenal sebagai "Solfeggio tune" untuk mereparasi DNA. (8)

Does 528 cps repair DNA? (8) 
No. There is no research that I can find suggesting that this exact frequency is used by scientists to repair DNA. However I do believe, based on our research into Nitric Oxide and the ability for enzymes found in Wheat Grass to repair DNA that there may be a strong link between DNA repair and a range of frequencies which could include 528 cps. There needs to be more research to make the DNA repair claim. If you want to get ahead of the research I believe that good imagery and visualization combined with 528 cps will enhance your nervous, immune, and circulatory systems which will lead to a more stable environment for DNA replication. However I would not limit this enhancement to just the 528 cps frequency.

Penutup
Kiranya ulasan singkat di atas dapat membantu kita memilah antara sihir dan sains dari film Doctor Strange. Sampai di sini kita lihat bahwa Marvel secara sengaja dan sistematis melakukan distorsi terhadap realitas dan ajaran Alkitab, meskipun dengan media yang populer seperti komik dan film, mirip seperti Dan Brown melakukan distorsi fakta sejarah dengan Da Vinci Code. Bahkan dalam film Doctor Strange jelas bahwa penyihir dapat memanipulasi waktu untuk mendapatkan hidup yang kekal, jadi tidak ada konsep mengenai pengampunan dosa dan surga seperti dalam Kekristenan (13).
Akhirnya, bolehkah umat Kristen menonton film ini? Tampaknya perlu diberikan peringatan khusus bagi umat Kristen: "viewer's discretion is advised."

Versi 1.0: 27 Oktober 2016, pk. 11:51
VC

Referensi:
(1) http://www.21cineplex.com/review/doctor-strange-ahli-bedah-saraf-yang-berubah-menjadi-penyihir,3281.htm
(2) http://theosophy.org/Blavatsky/Articles/WasCagliostroACharlatan.htm
(3) http://comicvine.gamespot.com/eye-of-agamotto/4055-55701/
(4) http://www.bbc.com/news/science-environment-37486373
(5) http://frimmin.com/faith/mysticismstart.php
(6) http://www.christiananswers.net/q-eden/mysticism-bennett.html
(7) http://shanehipps.com/2013/02/was-jesus-a-mystic/
(8) http://www.biosonics.com/solfeggio.html
(9) http://www.quodlibet.net/articles/tan-union.shtml
(10) http://www.jagadkejawen.com/index.php?option=com_content&view=article&id=13%3Akebatinan&catid=3%3Akebatinan&Itemid=23&lang=id
(11) http://www.ligonier.org/learn/articles/union-with-christ-in-pauls-epistles/
(12) http://sabdaspace.org/eksorsisme
(13) http://www.adherents.com/lit/comics/DoctorStrange.html
(14) https://marvel.com/universe/Satan_(Marduk_Kurios)
__________________

Publikasi:
a. Sangkakala Sudah Ditiup (sept. 2016). Dapat dipesan melalui: http://nulisbuku.com/books/view_book/9035/sangkakala-sudah-ditiup
b. Menggugat Eisenman (Nov. 2016). Dapat dipesan melalui email: admin@nulisbuku.com
c. Http://independent.academia.edu/VChristianto