Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Singkong

victorc's picture

Teks: 1 Tesalonika 5:18
Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu."

Shalom, selamat malam saudaraku yang terkasih. Mulai pekan lalu di gereja kami sedang berlangsung bulan keluarga. Lalu sabtu pagi tempo hari (7/10) staf gereja mencabut sebatang pohon singkong yang ditanamnya beberapa bulan lalu.*
Ternyata umbinya lumayan besar, lalu kami foto bersama dan saya mengunggah foto itu di akun IG saya dengan tagline "panen singkong di gereja." Ternyata banyak juga yang menyukai foto sederhana itu.
Tentu bukan maksud saya untuk pamer singkong yang tidak seberapa itu, namun kami belajar mensyukuri berkat dari Tuhan, sekecil apapun itu. Bukankah sebagai gereja kadang kita terlalu sering menggerutu akan berbagai hal: khotbah yang tidak menyapa umat, pejabat gerejawi yang melakukan kesalahan ini itu, lalu sesama jemaat yang melukai hati kita, atau ucapan seorang pengunjung yang kurang enak, dst.
Pokoknya selalu saja ada 100 alasan untuk menggerutu, lalu kita jadi mirip seperti bangsa Israel ketika keluar dari perbudakan Mesir. Padahal, selalu ada 1000 alasan untuk mengucap syukur. "Hitunglah berkatmu," demikian syair sebuah lagu pujian.
Tuhan begitu rindu untuk melimpahkan berkat-Nya setiap hari, terutama kepada umat-Nya yang tahu mengucap syukur atas segala berkat yang mereka terima dari Tuhan.
Tuhan yang kita sembah bukan saja Tuhan atas peristiwa-peristiwa besar, namun juga Tuhan atas berkat-berkat kecil. Ia tidak hanya berbicara dalam badai dan tiang api, namun juga melalui angin sepoi-sepoi, artinya melalui hal-hal kecil setiap hari. Istilah kerennya: God of small things...

Sola Gratia + Soli Deo Gloria.

Versi 1.0: 10 oktober 2017, pk. 18:32
VC

*Terimakasih kepada pak Andreas.

__________________

"If You Want to Walk on Water, You've Got to Get Out of the Boat‎." - John Ortberg

The Second Coming Institute