Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Sebuah Panggilan..Seri 1,2 dan 3

justkrisma's picture
Seri 1
Adakalanya kita mendengar sebuah panggilan...kadangkala panggilan itu jelas, kadang panggilan itu samar-samar, kadang panggilan itu tidak terdengar sama sekali.
Kalau sesama kita yang memanggil mungkin kita langsung bisa mendengar dan menjawab, namun bagaimana jika Tuhan yang memanggil kita ?? Apakah kita bisa langsung mendengar ? Setelah mendengar apakah kita juga bisa langsung menjawab ?
sebuah panggilan(ilustrasi)/dominikanid.org

Mari kita baca ayat Mat 14:22-33 .. Sudahkah membacanya ? Apa yang didapat disana ? Lihatlah pada ayat 28, Petrus menyakinkan dirinya agar jika itu memang benar suara Yesus, agar Yesus menyuruhnya datang kepada-Nya, dan Yesus berkata "Datanglah"..apa Petrus sudah merasa yakin ?, saya juga kurang tahu pasti, namun akhirnya Petrus mengimaninya datang dan berjalan di atas air menuju Yesus.
Satu hal yang penting dalam konteks di atas dalam mendengarkan suaraNya adalah bagaimana kita menyakinkan diri kita bahwa itu benar-benar suara Tuhan yang memanggil kita, Petrus memakai cara tersebut dengan kondisi yang ada saat itu dengan berbicara langsung kepada Yesus (ayat 28). Bagaimana dengan kita ? Jika kita dipanggil olehNya, kita juga harus menyakinkan diri kita bahwa itu benar-benar panggilannya yaitu dengan berbicara langsung juga melalui doa kepada Yesus, apakah ini benar-benar panggilanMu? Jika iya nyakinkan saya/beri sebuah tanda mengenai hal tersebut. 

Seri 2

Kemudian jika Ia sudah memberi tanda maka harus dengan segera kita lakukan hal tersebut, sama seperti Petrus langsung menanggapi

Kita masih membicarakan masalah sebuah panggilan, dimana yang memanggil ialah Tuhan sendiri. Sebelumnya kita berbicara tentang bagaimana menyakini hal tersebut suara Tuhan kemudian meresponnya. Selanjutnya kita akan lebih berbicara action apa yang harus kita kerjakan/pelayanan apa yang harus kita lakukan perihal panggilan Tuhan tersebut.



ilustrasi panggilan/ilovejesus-ministry.blogspot.com

Ketika kita dipanggil olehNya untuk melayaniNya, dan kita sudah memastikan panggilan itu benar dariNya. Langkah selanjutnya memulai untuk mendengar suara Tuhan berikutnya, apa langkah awal yang harus ditempuh untuk menjalankan panggilanNya.


Langkah awal yang harus ditempuh awalanya kita harus mulai melakukan/mengambil tindakan awal yang harus dilaksanakan sesuai dengan panggilanNya, bisa juga meminta petunjuk/arah kepadaNya sehingga apa yang kita lakukan menjadi tidak salah langkah.

Ketika kita sudah mengambil langkah awal tersebut, janganlah ragu untuk menjalaninya walaupun langkah tersebut menuai 'terjal' ataupun ber'batu-batu' namun hendaknya kita selalu bersyukur selalu, karena hal tersebut sudah bagian dari rencanaNya untuk hidup kita.

 

Seri 3

Tulisan ini merupakan kelanjutan dari 2 tulisan di atas yang saya tulis sudah hampir 2 tahun lalu dari tulisan saya sebelumnya pada blog saya pribadi (krismablogs.blogspot.co.id) sehingga saya melanjutkan tulisan ini. Dan mengapa harus berseri, karena saya melihat sebuah panggilan ini adalah sebuah cerita kehidupan yang sangat panjang dan memerlukan waktu serta butuh proses yang amat mendalam.
ilustrasipanggilan/www.danielnugroho.com


Sama dengan ketika Paulus pertama kali mendengar suaraNya, yang kemudian pada akhirnya Paulus pergi ke Tanah Arab selama kurang lebih 3 tahun baru kemudian melakukan secara penuh panggilanNya (koreksi jika saya salah). Saya tidak tahu  apa yang dilakukan Paulus di sana, kemungknan mempersiapkan segala sesuatunya sebelum ia 'full' melakukan pelayanan.
Pada tulisan sebelumnya saya menulis untuk meminta petunjuk tentang apa yang kita lakukan  pada saat merespon sebuah panggilan sehingga tidak salah langkah. Namun dalam meminta petunjuk hendaknya kita juga tidak terlalu terburu-buru menunggu jawabanNya, dan sabar menunggu waktu yang tepat. Karena Ia pasti akan memberikan petunjuk pada waktu yang tepat bagi kita untuk menjalankan panggilanNya. Dan sama seperti Paulus ketika merespons panggilanNya ia membutuhkan waktu, dan ketika saatnya tiba kita harus siap mengabarkan kabar sukacita itu kepada sesama dan jadikan semua bangsa muridNya (Mat 28:16-20).
Tuhan Yesus Memberkati,

 

sumber : http://krismablogs.blogspot.co.id/