Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Pembusukan

victorc's picture
"dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu." - Yoh. 8:32

Pendahuluan
Shalom saudaraku. Setelah beberapa waktu mengamati debat antara TP dan KK/KK2 di forum ini, disertai komentar JF, DT, Guestx dll, izinkan saya menuangkan uneg-uneg saya dengan harapan dapat mempertajam diskusi di forum ini. Awalnya saya agak enggan menulis artikel ini, karena saya juga beberapa kali di-bully oleh TP.
Sebagai komentar awal, pada intinya saya setuju dengan TP bahwa ajaran universalisme yang disiarkan oleh KK/KK2 pada dasarnya heretikal (di luar iman kristiani ortodoks), dan karenanya perlu dimoderasi agar tidak menyebar. 
Namun demikian, agak berbeda dari TP, saya juga melihat bahwa tampaknya KK bukanlah penulis blog yang naif, kalau benar pengakuannya bahwa dia mengajar di salah satu sekolah (atau seminari?) pascasarjana. Artinya kemungkinan besar KK menuangkan ajarannya secara konsisten dan dengan sengaja, dan itu dapat dianggap sebagai bagian dari fenomena "gunung es" yaitu pembusukan dalam kekristenan yang dengan mudah dapat dijumpai di mana-mana. 
Sebelum kita masuk ke diskusi tentang pembusukan, izinkan saya mengambil metafora dari film Divergent dan Insurgent yang menurut hemat saya cukup menarik untuk diterapkan dalam konteks diskusi ini.

Divergent
Dalam serial film Divergent dan juga kelanjutannya, Insurgent, dikisahkan bahwa di suatu waktu di masa depan, terdapat suatu kota di negeri antah berantah. Situasi di kota tersebut boleh dikatakan aman dan damai secara temporer, karena masyarakat dibagi menjadi beberapa kelompok (faksi). Ada faksi Erudite yang pintar, faksi Dauntless yang pemberani, faksi Amity yang cinta damai, dst. Tapi tampaknya Erudite berusaha mengendalikan keempat faksi lainnya dengan cara totalitarian, dan ada satu kelompok yang nyaris punah karena selalu dikejar-kejar untuk dimusnahkan, namanya adalah Divergent. Divergent memiliki ciri keempat faksi lainnya sekaligus, namun juga sanggup menemukan kelemahan faksi Erudite yang berkuasa. Karena itu para Divergent cenderung menolak untuk tunduk pada faksi Erudite yang berkuasa. Kisah dua film ini berkisar pada bagaimana dua orang Divergent bernama Tris dan Four bahu membahu memperjuangkan keadilan bagi semua faksi tanpa dominasi Erudite. Bagi Anda yang belum menonton, saya kira film ini cukup menarik dan banyak pelajaran yang dapat dipetik.
Sekarang mari kita bumikan film futuristik ini ke dalam konteks diskusi seputar universalisme yang diusung oleh KK. Sejauh yang saya simak sampai saat ini, tampaknya situasi dapat disederhanakan sebagai berikut: KK yang erudite tampaknya berusaha mendominasi forum untuk memenangkan ajaran heretikalnya, sementara  TP yang dauntless tanpa kenal lelah memperjuangkan iman kristen yang sehat dengan penuh keberanian walaupun sering di-bully dan juga mem-bully yang lain. Para komentator lainnya sebagian besar menerapkan iman kristen yang cinta damai, artinya menoleransi ajaran heretikal KK secara amity.
  Kalau metafora ini dapat diterima, maka diperlukan satu unsur lagi, yaitu lensa berpikir Divergent, yaitu menemukan pola pembusukan yang parah di balik kecerdasan ajaran universalisme. Mungkinkah? 

Pembusukan di mana-mana
Kata "pembusukan" saya dengar satu kali diucapkan baru-baru ini oleh seorang pimpinan yayasan Kristen, satu kali saya baca dalam email seorang rekan misionaris asal Jepang, dan satu lagi tersirat dalam diskusi dengan seorang ahli biblika Katolik. Mari kita periksa satu per satu.
Dalam suatu sesi refleksi, seorang pimpinan yayasan mengatakan bahwa ada proses pembusukan yang beliau amati baik di gereja-gereja maupun di STT-STT, khususnya dalam hal pola ajaran yang cenderung kurang menekankan lagi tentang pokok-pokok ajaran iman ortodoks misalnya pembenaran oleh iman, digantikan dengan ajaran yang bercorak humanisme berupa perbuatan baik, hidup rukun dan toleransi. Menurut dia, sepertinya pokok-pokok ajaran dasar kekristenan kurang populer dibandingkan topik-topik psikologi dan humanisme. Dan ini bisa diamati dalam berbagai kotbah minggu di banyak gereja saat ini. Sementara itu, seorang rekan misionaris asal Jepang menceritakan pengalamannya melayani di Australia, di mana ia menyaksikan proses pembusukan (decay) dari beberapa gereja di sana. Dia menceritakan bagaimana kehidupan kristen di sana cenderung dibuat nyaman (comfortable) tapi melupakan tugas menjangkau masyarakat yang tersisih atau mencari orang-orang  baru. Misalnya bagaimana setiap kali pulang kebaktian diadakan perjamuan makan. Memang tidak keliru, tapi kalau setiap orang Kristen ke gereja hanya untuk perjamuan makan, bukankah esensi melayani masyarakat tersisih menjadi terlupakan? Gejala itu juga dijumpainya di beberapa negara lain termasuk gereja-gereja di Thailand, di mana banyak orang Kristen berpuas diri dengan bersekutu dalam gereja tapi kurang tergerak untuk melayani orang-orang yang masih terhilang. 
Gejala pembusukan yang agak mirip juga disinyalir oleh seorang dosen salah satu STT, demikian menurut penuturan seorang ahli biblika yang saya kenal. Menurut penuturan tersebut, dosen STT ini mengeluhkan bahwa pengajaran teologi di banyak STT cenderung tidak lagi bertolak dari landasan biblika yang kuat, melainkan hanya sibuk membahas pandangan berbagai teolog kontemporer. Selain itu, ada kecenderungan umum untuk menempatkan Alkitab sebagai kitab tulisan manusia yang terbuka untuk dikritik dan dipreteli, sebaliknya tulisan-tulisan para teolog kontemporer dianggap begitu agung dan tidak terbantahkan. Hal ini antara lain dipicu oleh maraknya penggunaan kritik historis yang bahkan dalam beberapa kasus telah menjadi kritik radikal (radical criticism).
Setelah mendengar penuturan ahli biblika tersebut, saya kemudian menemukan sebuah buku karya dosen teologi yang diceritakannya. Dan memang dalam salah satu bab awal bukunya, beliau mengkritik penggunaan metode kritik historis. Beliau menulis bahwa kritik historis menemui jalan buntu (1). Beliau juga mengkritik metode yang digunakan oleh tim Jesus Seminar (1). Saya mesti acungkan jempol kepada teolog tersebut (Dr. Yonky Karman) yang sebagai teolog dari negara berkembang berani mengambil sikap berbeda dengan pandangan para teolog dari negara maju yang dianggapnya melenceng. 

Penyebab pembusukan
Kalau ditelusuri lebih lanjut, upaya menggantikan ajaran biblika dengan psikologi dan humanisme memiliki hulu pada penggunaan metode historis kritis secara gencar untuk hampir semua aspek ajaran kristen. Akibatnya kita digiring menuju relativisme yang merupakan salah satu ciri postmodernisme. 
Salah satu artikel menelusuri "metode" historis kritis ini sebagai bagian dari operasi psikologis yang dipelopori oleh Tavistock Institute of Human Relations (TIHR) yang berbasis di 30 Tabernacle Street, London (2)(3). Karena institusi ini antara lain bermaksud mengubah perilaku manusia, maka tidak heran bahwa akibatnya meluas hingga pada desakralisasi ajaran-ajaran iman kristen ortodoks. (2) 
Salah satu implikasi dari ideologi historis kritis tersebut adalah berkembangnya pandangan bahwa penulisan sejarah (historiografi) mesti bebas dari intervensi Tuhan, sehingga kemudian muncul gagasan bahwa apapun yang berbau mukjizat atau bahkan kebangkitan Yesus dari kubur, mesti dilepaskan dari unsur-unsur mitologinya (demitologisasi). Dengan kata lain historisitas banyak kisah dalam Alkitab menjadi dipertanyakan. (2) Demikian juga, muncul pembedaan antara Yesus sejarah dan Kristus iman, seperti yang diterapkan oleh tim Jesus Seminar.(1)
Dapat diduga bahwa KK/KK2 yang seorang dosen pascasarjana (menurut pengakuannya) dan kemungkinan besar telah mengenyam pendidikan strata 3 bisa jadi juga terpengaruh dengan ideologi-ideologi buatan Tavistock Institute atau kroninya, termasuk universalisme yang diusungnya di berbagai blog. Bahkan kalau mau dilacak di google, ada seorang yang mempromosikan Universal Salvation University, artinya Kk bukan sendirian dalam mengusung ideologi yang heretikal tersebut.
Sebagai catatan tambahan, meskipun sampai saat ini saya belum menemukan hubungan langsung, tapi saya menduga bahwa Tavistock Institute ada hubungannya dengan inisiatif One World Religion yang disponsori oleh beberapa lembaga yang berasosiasi dengan United Nations (4). Jika ini benar, maka tampaknya ada upaya sistematis untuk mendiskreditkan ajaran kristen ortodoks, dan mempromosikan iman universal, perbuatan baik dan toleransi. Pada akhirnya lembaga-lembaga tersebut berusaha untuk mendirikan satu agama dunia yang memiliki banyak kemiripan dengan agama Gaia (pemujaan bumi) dari Romawi kuno. Menurut para pencetusnya, suatu agama dunia atau One World Religion diperlukan untuk memantapkan satu pemerintahan global yang disebut Orde Dunia Baru (NWO), lihat (5).
Saya tidak akan membahas lebih jauh tentang agama dunia ini. Pembaca yang berminat silakan lihat artikel saya tentang topik URI dan Gaia ini dalam blog yang lain.

Penutup
Demikianlah sekelumit uneg-uneg saya, dengan harapan kiranya artikel otokritik ini dapat menjadi bahan perenungan bagi bapak ibu para gembala sidang dan para pimpinan di jemaat gereja-gereja maupun STT-STT di Indonesia.
Pesan utama: stop pembusukan kekristenan di berbagai gereja dan STT!

Bagaimana pendapat Anda?

Jika ada komentar dan saran, silakan kirim ke email: victorchristianto@gmail.com

Version 1.0: 14 oktober 2015, pk. 1:39, version 1.1: 14 oktober, pk. 11:16

VC

Referensi:
(1) Yonky Karman. Bunga rampai Teologi Perjanjian Lama. Jakarta: Penerbit BPK, 2011.
(2) http://www.worldviewweekend.com/news/article/magic-historical-criticism-biblical-criticism
(3) www.tavinstitute.org
(4) http://www.catholicculture.org/culture/library/view.cfm?recnum=166
(5) http://www.thirdworldtraveler.com/New_World_Order/Tavistock_HumanRelations.html
__________________

Dari hamba yang tidak berguna (Lih. Lukas 17:10)

Prepare for the Second Coming of Jesus Christ.

guestx's picture

victorc, blog yang mencerahkan

tipologi yang menarik.

cinta damai tidak berarti bertoleransi terhadap "ajaran sesat".

cinta damai bertoleransi terhadap "manusia."

Allah juga bertoleransi terhadap manusia yang gagal mengikuti perintahNya, tetapi tidak bertoleransi terhadap kejahatan. Dia memberi kesempatan bagi manusia untuk bertobat, membuka pintu pengampunan dan menyediakan jalan kembali kepada Bapa.

__________________

------- XXX -------

kejarlahkasih2's picture

silakan dipelajari

Blog-blognya ada di  http://sabdaspace.org/blog/kejarlah_kasih (klik di sini) .  Silakan dipelajari.

 

__________________

kejarlahkasih.wordpress.com

moron's picture

BUSUK

menurut gue, jangankan di STT, gereja2 yang ada di jakarta ini juga udah banyak sekali yang busuk. bukan pengajaran nya yang busuk, karena siapalah gue bisa menilai ajaran suatu denom itu bener atau salah, tetapi kelakuan (umat) nya.... terutama di gereja2 di pemukiman.

periode 2001-2011, gue tinggal di salah satu pemukiman bertipe cluster di cibubur. di cluster gue ada mesjid, tapi karena kesepakatan bersama, mesjid tsb tidak menggunakan speaker / toa pas adzan maghrib. setelah bertahun2 begitu, tiba2 muncul persekutuan doa di cluster gue. awal2 nobody notice karena kuatnya toleransi beragama di cluster gue. lama kelamaan, PD tadi mulai mengganggu warga... parkir seenaknya sampe bikin macet cluster, gonjrang ganjreng gitar dan nyanyi yang teriak2 sambil nangis2 sampe malam (jam 21-23), dsb. dan ketika mau ditertibkan, mereka malah bersikap seolah2 dizolimi, seolah2 hak beragamanya diganggu. mereka malah mengintimidasi warga lainnya yang sama2 kristen, mempertanyakan kadar kekristenan warga lainnya. akhirnya daripada ribut, pihak Islam mengambil tindakan, mulai detik itu adzan maghrib mulai berkumandang dengan full volume tiap sore. adil seadil2nya dah... :-D

tahun 2012 awal, gue pindah rumah ke cengkareng... masuk ke pemukiman yang mayoritasnya agama Buddha. tapi walo mayoritasnya itu, ada 3 gereja di kompleks... 1 gereja batak, 2 gereja karismatik (beda aliran kayaknya makanya misah). dan perilaku mereka seemua sama, mau batak kek, karismatik kek, kalo hari minggu selalu rese... parkir seenak jidat, bikin macet... parahnya lagi, letak ketiga gereja ini persis di depan pintu kompleks, mantap kan ? ;-)

terus kompleks kami rutin kebanjiran... dan apakah 3 gereja itu membantu ? TIDAK SAMA SEKALI... jangankan bantu, warga perumahan mau pinjem boat mereka untuk ngungsi aja kagak dikasih. yang membantu kami adalah orang2 luar... satuan angkatan laut, yayasan Buddha Tzu Chi, dan yayasan kristen Bala Keselamatan yang entah pusatnya dimana. 

ini apa namanya kalo bukan busuk ? menyikapi gereja2 yang dibakar2 baru2 ini, gue sebenernya pengen mesen... tuh ketiga gereja itu, ayo sini dibakar aja, gue yakin warga ga ada yang keberatan (karena jemaatnya bukan warga kompleks kami) :-D

jesusfreaks's picture

@victorc : kita tunggu KK mengampuni penyodomi

Kita tunggu saja KK mengampuni penyodomi dirinya.

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

tonypaulo's picture

uneg2 tidak berguna

btw kapan saya bully anda @victor?
jika saya meluruskan pemahaman anda yg terkadang aneh, apa itu sebuah pem-buly-an?

tentang dasar2 kekristenan anda masih sangat harus banyak belajar 

jesusfreaks's picture

@tonypaulo : jangan SOK ngomong dasar ke KRISTEN an

kamu tuh aneh, chill out bro, jangan semuanya dihajar kayak banteng buta.

gak sok sok an memahami dasar ke KRISTEN an.

kayak ngerti aza apa itu KRISTEN

 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

tonypaulo's picture

ga perlu temperamental @JF

yg pasti pemahaman saya ttng kekristenan jauh lebih baik dari @VC atau dari anda @JF, apalagi tentang persepuluhan

karna baik anda atau @VC dan bloger aktif di SS kebanyakan seperti RUMPUT LIAR, yg tidak mau tercover dalam satu pengajaran yg sehat

dibuktikan dengan anda tidak memiliki mentor rohani yg bisa mengajari anda bukan?

 

karna tipe orang2 seperti anda yg INDEPENDENT memang maunya mengumpulkan guru2 sesuai dengan selera kuping anda

Debu tanah's picture

@ Tonypaulo, tinggi hati

[yg pasti pemahaman saya ttng kekristenan jauh lebih baik dari @VC atau dari anda @JF, apalagi tentang persepuluhan ]

Yang jelas kamu tinggi hati, mengangkat diri sendiri sebagai guru. Kl mau jadi guru jangan di sini deh. Daftar aja di SD atau TK.

Tentang pemahaman ttg kekristenan? Masih berpendapat bahwa Mefiboset berhianat pada Daud ? Apa kata Mentor rohani kamu ttg Mefiboset ?

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

tony paulo's picture

@DT, Jaka sembung bawa golok

terlihat sangat ekspresi dendam anda...

 

btw forum ini sudah busuk, karna admin tiba2 mendelete keangotaan saya tanpa sama sekali menjelaskan, ketika saya meminta penjelasan admin malah kabur dan secara licik mendelete akun saya

 

tentang mefiboset, jelas anda ga tahu apa2, tapi belagak tahu, kalau anda sendiri ga punya mentor rohani, itu artinya anda memang berniat utk tumbuh menjadi liar DAN SUKA2 GUE, ga heran wawasan kristen anda dangkal dan cekak

Debu tanah's picture

@ Tonypaulo, dendam

[terlihat sangat ekspresi dendam anda...]

Kamu S2 Psikologi yang sangat mengenaskan, masa kamu tidak bisa membaca situasi dan ekspresi lawan bicara. Gmn ceritanya saya ada dendam ke kamu? 

Btw saya heran jg, walaupun admin berhak mendelete akun anggota, seharusnya akun Tonypaulo tidak perlu dihapus, lumayan kan buat ngerame-ramein?

Tp bisa jadi Admin menilai keramaian yang kamu timbulkan sangat mengganggu penghuni yang lain. Tongue out

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jlwijaya's picture

ajaran sudah jelas salah

Sebuah ajaran yang bertentangan dengan banyak ayat2 lain adalah ajaran yang pasti salah ,apalagi jika pembuat ajaran itu tak mampu menjawab ayat2 yang bertentangan dengan ajarannya atau yang tak dapat di bantahnya . Artinya setiap ajaran sekalipun logis dan di dukung oleh banyak ayat, tetapi bertentangan pula dengan banyak ayat, pasti 100% salah. Dan ajaran itu, sesungguhnya, hanyalah ajaran yang memberikan makna yang salah, pada ayat alkitab yang dia pakai.