Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Parenting

victorc's picture
Shalom saudaraku,
Apakah Anda sudah berkeluarga dan memiliki anak? Jika ya, tentu mendidik anak merupakan salah satu masalah yang pelik yang menjadi tanggung jawab Anda. Bagaimana Anda dapat melakukannya dengan baik? Berikut ini adalah beberapa tips berdasarkan kuliah konseling pastoral yang pernah saya ikuti sekitar bulan agustus tahun lalu. Kiranya dapat membantu.

Beberapa orang cenderung mengutip mazmur 23, jika kita tidak menggunakan pukulan, maka anak tersebut akan besar sebagai orang tidak berguna.

Impian orangtua: mereka akan membesarkan anak-anak sehingga pada usia 18 th mereka akan menjadi orang dewasa. Tapi tidak semua anak menjadi seperti itu.

Orangtua tidak bertanggungjawab atas pilihan-pilihan yang dibuat anak ketika mereka dewasa, tapi orangtua bertanggungjawab untuk menciptakan situasi yang menyiapkan anak-anak untuk menghadapi dunia saat mereka dewasa. Intinya orangtua perlu memberikan kondisi cinta yang tidak bersyarat (unconditional love).

Ada buku yang bagus tentang parenting: "Parenting with love and logic." (1) Dalam buku ini diajarkan kepada anak-anak untuk membuat pilihan-pilihan. Orangtua tidak harus memutuskan segala sesuatu. Example: misalnya seorang anak disuruh pakai jaket, maka ada 2 pilihan: dia memakai jaketnya, atau dia memakai jaket tapi dengan marah karena diperlakukan seperti orang bodoh. Atau orangtua dapat menanyakan: apakah kamu akan memakai jaketmu, atau membawanya saja? Jika si anak ingin membawanya saja, maka orangtuanya tetap setuju.

Pemazmur mengatakan: gadaMu dan tongkatMu menghibur aku (Mzm 23). Ternyata Tuhan mendisiplin kita kadang dengan gada atau tongkat. 

Prinsip: anak-anak yang tidak bertanggungjawab dibesarkan oleh orangtua yang terlalu mengkritik atau terlalu melindungi. Jadi anak-anak tidak dibiasakan untuk membuat pilihan. Anak-anak yang bertanggungjawab diajarkan untuk membuat pilihan dan juga kesalahan, meskipun bukan kesalahan yang besar. 

Contoh: dalam kisah anak yang hilang, sang bapa memberikan anaknya kebebasan untuk membuat pilihan untuk pergi dari rumah. Tapi ketika anaknya bertobat, ialah yang pertama menyambut dan menerima anak itu kembali.

3 tipe parenting:

A. Drill sergeant/ Authoritarian style: micromanage his kids, always tell them what to do. He tells them how to dress, how to walk, even how to think. The use the rod to much. They make all the decisions for the kid. They overuse the authority, and they overuse the rod to their kids. When the kids are young that methos may work well. But when the kids grow bigger than the father (14-16) then the kids may challenge the father.
B. helicopter/Permissive : the parents are always ready to rescue the kids when they fail in making decisions. What is the message that the parents communicate to the kids: In the world you can make mistakes in work or school, and someone else will fix your mistakes.
C. Consultant parent: ask the child to do something, or give the child to make choice. The parent allows the child to make mistakes, but if something is wrong then parents still express their love but they show that there is consequence. For example: if a small boy plays around with the food, then the mother can say: ok now meal time is over, you should wait until dinner.

Intinya: SLO (significant learning opportunity) yaitu orangtua mengajar sebanyak mungkin sejak dini untuk membuat pilihan-pilihan. 

Perhatian: tidak semua konselor dan psikolog setuju dengan metode yang diperkenalkan dalam buku Parenting with Love and Logic tersebut. Pendekatan Foster Cline yang sering disebut Attachment Therapy dianggap terlalu radikal bahkan di Amerika sekalipun. Ada banyak kritik terhadap Attachment Therapy tersebut, lihat (2). Saran: sebaiknya berkonsultasilah dengan konselor sebelum menerapkan metode ini dalam keluarga Anda.

Bagaimana pendapat Anda?

Jika ada komentar dan saran silakan mengirimkannya ke email: victorchristianto@gmail.com

31 mei 2015, pk. 23:40
VC

Ref.:
(1) Foster Cline and Jim Fay. Parenting with Love and Logic. http://www.barnesandnoble.com/w/parenting-with-love-and-logic-foster-cline/1007468637?ean=9781576839546
(2) http://www.quackwatch.org/01QuackeryRelatedTopics/at.html
__________________

"If You Want to Walk on Water, You've Got to Get Out of the Boat‎." - J. Ortberg

The Second Coming Institute