Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Pagar

victorc's picture
Shalom saudaraku,
Pagar adalah sejenis rintangan yang dibuat untuk melindungi apa yang ada di dalamnya. Rintangan itu bisa terbuat dari tembok, besi, atau kawat berduri. Tentunya diandaikan bahwa apa yang dilindungi itu cukup bernilai, misalnya rumah atau gudang. Yang menjadi aneh adalah apabila pagar dibuat begitu tinggi dan kokohnya padahal yang dilindungi itu tidak seberapa.

Hal ini mungkin aneh di dunia nyata, tapi bukankah kehidupan rohani kita kerap kali juga terlalu sibuk membuat pagar sehingga malah menjauhkan gereja dari problem-problem keseharian yang dihadapi masyarakat? Akibatnya gereja tidak memberi dampak nyata dalam kehidupan masyarakat sekitar, tapi malah menimbulkan keresahan.

Sebagai contoh, akhir-akhir ini ada suatu fenomena yang layak dicermati yaitu adanya beberapa gereja yang berramai-ramai mengusung Yahweisme. Pada intinya mereka tampaknya ingin mengajukan gagasan bahwa Tuhan dalam PL dan Yesus dalam PB itu satu dan sama, dan keduanya bernama Yahweh. Doktrin kelompok ini bisa disebut Christian Judeo Unitarian Modalism. Secara keseluruhan, gerakan ini berakar dari Yudaisme ortodoks, dan di Indonesia dapat ditelusuri pada kelompok Pemuja Nama Yahweh dan Pengagung Nama Yahweh. (Secara teologis, pemahaman kelompok ini cenderung ke arah Sabellianisme atau Arianisme, lihat ref. (1)).

Kelompok ini cukup gencar berpromosi entah dengan dana dari mana, bahkan di kota kami dulu saya mendengar kelompok ini sampai menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat karena membuat baliho-baliho yang besar di jalan-jalan utama yang isinya menyatakan bahwa: "Yang menyebut nama Allah itu kafir." Tidak heran jika saya mendengar bahwa banyak orang non-kristen yang merasa resah karena promosi besar-besaran yang bernada mengejek tersebut.

Bahkan di forum Sabdaspace ini beberapa hari lalu juga ada artikel yang bernada membela gerakan Unitarian/Yahweisme itu. Saya bukan ahli biblika, hanya saja ada dua argumen sederhana yang bisa diajukan:
  (1) Yesus memang beberapa kali mengatakan bahwa diri-Nya dan Bapa adalah satu, tapi Ia juga kerap menyebut diri-Nya sebagai Anak Manusia atau Anak Allah, artinya tetap ada perbedaan. Di salah satu ayat Ia mengatakan tentang hari penghakiman terakhir: tidak ada malaikat yang tahu kapan itu terjadi, Anak pun tidak, hanya Bapa saja. Di taman Getsemani Yesus juga berdoa: jadilah kehendak-Mu. Ini menegaskan bahwa tetap ada perbedaan sekalipun ada relasi yang intens antara Anak Allah dan Bapa. Jadi Yesus sekaligus berbeda tapi juga sama dengan Allah, seperti dapat dibaca pada Yoh. 1:1 "pada mulanya bersama-sama dengan Allah dan adalah Allah." Jadi ajaran Kristen yang sehat menolak dua ekstrim baik Unitarian maupun Saksi Jehovah, yang mengatakan bahwa Yesus adalah "a son of God." Yang betul Ia adalah "the Son of God," bahkan "the only begotten Son of God." Dalam Yoh. 3:16 jelas disebutkan bahwa peran Bapa sebagai inisiator penyelamatan yang mengutus Anak-Nya yang tunggal ke dalam dunia untuk melaksanakan penyelamatan tersebut.
(2) Argumen sederhana yang kedua adalah: jika kita belajar bahasa Ibrani kuno, hal pertama yang harus diingat adalah bahwa tetragrammaton itu tidak boleh diucapkan. Kalau kita menjumpai tetragrammaton itu maka biasanya kita mengucapkan Adonai. Lalu bagaimana bisa para pendukung Yahweisme itu mengajarkan bahwa nama Yahweh itu harus diucapkan oleh orang kristen? Saya mendapat kesan bahwa mereka kurang mau belajar tata krama bahasa Ibrani. Kesan tersebut semakin menguat ketika saya mendengar bahwa kelompok Yahweisme/Unitarian ini menggunakan Alkitab terjemahan mereka sendiri yang menulis kata Yahweh untuk setiap kata TUHAN dalam alkitab versi LAI. Kalau itu hanya di PL masih mendingan karena memang teks aslinya berbunyi YHWH (tetragrammaton), tapi kalau di PB juga akan menggunakan kata YHWH menjadi tidak jelas darimana sumber yang digunakan, karena teks asli PB dalam bahasa yunani tidak satupun menyebutkan tetragrammaton. (Silakan cari di google Alkitab PB bahasa Yunani).

Saya tidak tahu persis tentang kelompok ini, jadi tidak akan berkomentar lebih jauh. Hanya saja perkenankan saya menghimbau dua hal kepada para tokoh dari kelompok Unitarian ini, yaitu :
(a) silakan saja Anda mengklaim ini dan itu sepanjang itu terbatas untuk forum internal gereja Anda, tapi jangan membuat promosi besar-besaran melalui baliho di jalan atau via radio atau televisi yang mengundang keresahan dalam masyarakat.
(b) Lagipula, jika Anda memang mau bertanggungjawab atas kesahihan teologi Anda, kenapa cenderung menghindar jika akan dipertemukan dalam seminar dengan ahli biblika yang kompeten?

Demikian sekelumit catatan kecil kiranya dapat menolong para pembaca sekalian agar dapat bersikap bijaksana dalam membaca setiap posting artikel yang bernuansa Yahweisme/Unitarian tersebut. Lebih lanjut semoga kita dapat membantu menjelaskan jika ada masyarakat non-kristen yang resah akibat ungkapan kafir-mengkafirkan dari kelompok Yahweisme tersebut. Jika Anda ingin lebih mengetahui tentang aliran unitarianisme termasuk yang modalis dan lain-lain, silakan lihat ref. (2).

Catatan: kepada para tokoh pendukung Yahweisme, jika Anda bersedia untuk seminar bersama, saya kenal beberapa ahli biblika yang cukup kompeten yang dapat menanggapi dengan baik  jika Anda berkeberatan terhadap artikel ini. Silakan menghubungi email: victorchristianto@gmail.com

Penutup
Omong-omong soal pagar, berikut ada cerita lucu yang baru saya dapat dari sepupu saya:

A LOY & A CONG baru saja merasakan punya HP seumur hidup nya.

A LOY : Cong, ngapain megangin pagar rumah aja ?.

A CONG : Iya nich Loy, gue mau ngisi pulsa...

A LOY : Trus, apa hubungannya ngisi pulsa dgn megang pagar rumah ?. Telpon aja operator nyapasti beres.

A CONG : Itu dia masalah nya, operator bilang suruh "tekan pagar", tapi udah di tekan beberapa kalimasih kaga masuk pulsanya, jempol gue ampe lecet nich.

A LOY : lu sich belum seberapa Cong, gue lebih parah lagi dikerjain operator.

A CONG : Emang kenapa ?.

A LOY : Lu masih mending disuruh "mencet pagar", lah gue disuruh "mencet bintang", emang gue Gatotkaca yg bisa terbang ke langit sono. Udah gila tuch operatornya...

Versi 1, 16 mei 2015, pk. 02:32
VC

ref.
(1) http://www.sarapanpagi.org/pemuja-nama-yahweh-vt2011.html
(2) http://morechrist.blogspot.com/2014/06/unitarianism.html
__________________

Dari hamba yang tidak berguna (Lih. Lukas 17:10)

Prepare for the Second Coming of Jesus Christ.

jlwijaya's picture

Victor:yesus adalah yehovah

1)Katolik atau protestan , calvinist atau arminian , reformed dll percaya demikian , kalau kamu gimana?
victorc's picture

Jlwijaya: Ya tentu saja

Sorry, saya pikir Anda pendukung Unitarianisme. Ya, saya percaya Yesus adalah Tuhan, Kurios, Juruselamat, Raja, dan Yahweh. Hanya saja kita perlu berhati-hati karena tidak ada Tetragrammaton dalam Perjanjian Baru, kecuali kalau ada misalnya data dari Peshitta Aramaik Matius misalnya. Thanks komentarnya. Lihat: http://en.m.wikipedia.org/wiki/Jehovah_in_the_New_Testament
__________________

Dari hamba yang tidak berguna (Lih. Lukas 17:10)

Prepare for the Second Coming of Jesus Christ.

jlwijaya's picture

Victor:

- ok, dan saya bukan juga yahweisme
lisna's picture

Yhwh / Yehova = Tuhan Yesus Kristus ???

Salam kenal Victor dan salam jumpa jlwijaya .

Pastinya yang dimaksud dengan Jhwh dalam bolog ini adalah Tuhan Allah dalam PL, jika benar tolong diperiksa ayat berikut ini ;

Maleakhi 4 " Hari Tuhan " hari penghakiman yang terakhir

Tuhan Jhwh menjelaskan Hari Tuhan itu akan datang sedemikan rupa, dan umatnya diminta untuk ingat akan Taurat, dan akan mengutus nabi Elia menjelang Hari Tuhan itu dst.

Di salah satu ayat Ia mengatakan tentang hari penghakiman terakhir : tidak ada malaikat yang tahu kapan itu terjadi, Anak pun tidak, hanya Bapa saja.  ( CP dr blog Victor)

catatan : Paulus mengatakan Hukum Taurat Tidak menyelamatkan " Roma 2 : 17-29

               dan kembali dijelaskan pada  Roma 7 : 1 - 26

Yang luarbiasa Paulus mengatakan " Sebab itu, saudara2 ku kamu telah mati bagi hukum Taurat oleh tubuh Kristus, supaya kamu menjadi milik orang lain, yaitu milik Dia yang telah dibangkitkan dari antara orang mati, agar kita berbuah bagi Allah. (Roma 7:4 

Taurat adalah milik Tuhan Allah Jhwh yg diperintahkan kepada Musa (PL) Pemilik Lama 

Yang dibangkitkan dari antara orang mati adalah Tuhan Yesus Kristus (PB) Pemilik Baru 

Pertanyaannya :

Apa pendapat anda jika ada orang yang sama mengatakan tentang hal yang sama dengan kesimpulan yang berbeda !!!

Jika Jhwh adalah Tuhan Yesus Kristus dapatkah anda menjelaskannya ?

Demikian komen saya, mohon pencerahannya.

oh ya sdr Victor ternyata anda lucu juga ... shalom

 

 

 

 

jlwijaya's picture

lisna

1) kita yang telah jatuh kedalam dosa tak berdaya oleh daging ( rom8:3) ,maka hukum taurat tak mendatangkan kehidupan tetapi kutuk ( gal 3)

2) karena itu YEHOVAH menjadi daging yang tanpa dosa ,menerima kutuk hukum taurat terhadap dosa umat manusia

3) JIKA KITA MENERIMA NYA MAKA kita menjadi satu dengan apa yang sama dengan kematiaannya ( rom 6:3-5, gal 2:19-20)

4) jika kita telah menjadi satu dengan apa yang sama dengan kematian-Nya, kita juga akan menjadi satu dengan apa yang sama dengan kebangkitan-Nya.( rom 6:5)

5) DI dalam kebangkitannya kita menjadi milik yesus Kristus yang adalah YEHOVAH

Debu tanah's picture

Jlwijaya, YEHOVAH menjadi daging?

Jlwijaya:

2) karena itu YEHOVAH menjadi daging yang tanpa dosa ,menerima kutuk hukum taurat terhadap dosa umat manusia

 

Bisa sebutkan ayat eksplisit yang berkata demikian?

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jlwijaya's picture

Deta : Anda bertanya sesuatu yang

ANDA SUDAH TAHU . Anda harus paham dulu bahwa konteks pembicaraan saya dengan lisna adalah dia sesungguhnya sedang mempermasalahkan pernyataan saya yang membuktikan Yesus adalah Yehovah ,karena saya yakin dia tak sanggup mematahkan pembuktian saya bahwa Yesus adalah Yehovah, maka saya langsung membuat statement bahwa Yehovah menjadi daging karena jika Yesus adalah Yehovah berarti ALLAH yang menjadi daging adalah Yehovah menjadi daging.

TETAPI MASALAH ANDA DI SINI, yang mungkin anda EH atau Ngeh:

Yehovah atau YHWH adalah tersusun dari 4 konsonan bahasa ibrani HANYA adanya di PL dan kata ini ngak ada di PB . SEDANGKAN peristiwa yang hanya terjadi satu kali sepanjang jaman yaitu menjadi daging ada di PB yang di tulis dalam bahasa yunani, di mana semua kata Yehovah di ubah jadi Kurios, jadi 100% jelas bahwa tak ada ayat eksplisit bahwa Yehovah menjadi daging.

Deta ,silakan bantah tulisan saya yang membuktikan bahwa Yesus adalah Yehovah ,dan mungkin saya menjadi seperti kamu. sekalipun kemungkinan itu sangat amat kecil karena masih banyak hal lain yang lebih terang dan jelas dari apa yang sudah saya nyatakan bahwa "YESUS ADALAH YEHOVAH"

Debu tanah's picture

Jlwijaya, YHWH = Bapa

Saya berpendapat bahwa YHWH = Bapa, silakan baca blog saya yang INI. Silakan dikomentari.

Btw blog mu yang mana yang kamu maksud? Kasih linknya dong, supaya simultan akan saya berikan komentar atau bantahan. 

 

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jlwijaya's picture

Deta: ALKITAB MENYATAKAN BAPA ADALAH YEHOVAH DAN YESUS JUGA

DI BLOK SAYA BERJUDUL TRITUNGGAL menyatakan BAPA ADALAH YEHOVAH tapi saya ngak membuktikannya , dan saya juga males membuktikannya karena hampir semua orang percaya bahwa Bapa adalah Yehovah .

mengenai cara kamu membuktikan BAPA adalah YEHOVAH kurang gereget . Sorry itu pendapat saya .

victorc's picture

Lisna: perlu tahu konsep Paulus tentang Taurat

Shalom Lisna,

Terimakasih atas pertanyaanmu, saya coba menjawab ya. 

Saya kira kamu kurang tepat jika mempertentangkan antara mati bagi Taurat dan hidup bagi Kristus. Yang dimaksud oleh Paulus tentang Taurat adalah bahwa kita harus mati terhadap dosa (karena hukum Taurat membawa pada kutuk).

Memang hukum Taurat berlaku untuk sementara waktu untuk mengingatkan manusia akan dosa-dosa mereka, sampai Yesus Kristus datang. "Jadi hukum Taurat adalah penuntun bagi kita sampai Kristus datang, supaya kita dibenarkan karena iman." (Gal. 3:24).

Topik tentang bagaimana Paulus memahami Taurat cukup luas, kamu perlu baca beberapa literatur tentang Galatia dan Roma, misalnya: http://hermeneutics.kulikovskyonline.net/hermeneutics/law.pdf

Atau jika mau membaca khusus tentang ayat Roma 7 yang kamu tanyakan, lihat misalnya: http://cgi.org/news-and-events/2013/1/8/what-does-dying-to-the-law-mean

Sekian dulu, semoga dapat membantu. JBU

__________________

Dari hamba yang tidak berguna (Lih. Lukas 17:10)

Prepare for the Second Coming of Jesus Christ.

lisna's picture

nah gitu dong.

Shalom,

Saya tidak masalah dengan apa yang kamu pahami tentang Taurat, yang pasti Alkitab mencatat ; Hukum Jhwh yang pertama adalah kutuk ; Adam, Hawa dan Ular dikutuk

                  Paulus mengatakan Sunat dan Taurat adalah sampah dan kutuk.

Mari kita bandingkan dengan perkataan Yesus yg dicomot dan disimpulkan  dari Taurat

Hukum yang Utama adalah Kasihilah Tuhan Allah mu, kemudian Kasihilah sesamamu     seolah Yesus juga mengatakan yang lain gak usah lo pikirin, lo bisa lakukan kedua hukum itu dengan bener  pasti selamat dah.

Melihat catatan diatas mungkinkah Jhwh = Jesus, oh ya kebetulan saya pernah buat blog yg sangat tdk disukai jlwijaya dan Kontra karena judulnya pun udah seram mirip2 kerjaan teman saya hai hai yg sekaligus musuh saya dalam SS. judulnya JHWH = IBLIS

Sebenarnya pertanyaan saya yg pokok bagaimana penjelasannya JHWH = Jesus

memang jlwijaya telah mencoba menjelaskannya dalam blognya tetapi menurut saya belum cukup, masih sebatas praduga.

Namun demikian mengingat masalah ini sudah berulangkali dibahas saya jadi kurang semangat apalagi yg komen lebih suka mengomentari yg diluar pokok masalah tidak fokus. dan sampai sekarang menurut saya belum ada komentar/jawaban  dari para Kontra yang bisa menggugurkan pendapat para Pro. 

Karena sumber bahasan kita adalah Alkitab maka untuk menanggapinya saya selalu memakai dasar Alkitab LAI. dan kalau boleh jujur saya jadi lebih sering baca Alkitab jika terlibat dalam diskusi di SS ini. maka jika saya memakai referensi yg lain seperti yang kamu sarankan saya merasa jawaban/komentar saya tidak murni lagi sementara refernsi tersebut belum pasti  benar. kalau sekedar untuk tahu sih bagus aja kebetulan saya senang baca juga kok.

Sampai jumpa

 

 

victorc's picture

Lisna: nama Yeshua memuat nama JHWH

Shalom Lisna,

mengutip komentarmu: Hukum Jhwh yang pertama adalah kutuk ; Adam, Hawa dan Ular dikutuk

Tidak benar bahwa JHWH dalam PL hanya membuat kutukan, justru dalam Kej. 3 kita mengenal apa yang disebut sebagai proto-evangelion (atau Injil-purba) karena di situ Tuhan membuat janji bahwa keturunan dari Hawa akan meremukkan kepala ular.

Juga tidak benar jika kamu berasumsi bahwa JHWH dalam PL tidak sama dengan Jesus dalam PB, karena nama Jesus berasal dari Jeshua atau Jahoshua yang arti literalnya adalah "Jah (weh) is salvation." Jadi memang tidak ada kata JHWH dalam PB, tapi nama Yesus sudah memuat nama JHWH. Kalau ini belum memuaskan, lihat : http://rightwordtruth.com/jesus-christ-is-both-jehovah-and-the-manifestation-of-jehovah/

Kalau melihat keyakinan kamu bahwa JHWH = Iblis, sepertinya kamu cenderung ke Marcion, dan tidak sesuai dengan keyakinan Kristen.

http://en.wikipedia.org/wiki/Marcionism

"Marcion believed Jesus was the savior sent by God, and Paul the Apostle was his chief apostle, but he rejected the Hebrew Bible and the God of Israel. Marcionists believed that the wrathful Hebrew God was a separate and lower entity than the all-forgiving God of the New Testament.

The premise of Marcionism is that many of the teachings of Christ are incompatible with the actions of the God of the Old Testament."

Saya berharap bahwa Tuhan sendiri akan membukakan mata hatimu untuk dapat melihat kebenaran, dan tidak bersandar pada logikamu sendiri.

VC

 


__________________

Dari hamba yang tidak berguna (Lih. Lukas 17:10)

Prepare for the Second Coming of Jesus Christ.

jlwijaya's picture

Lisna: jenis yang hanya percaya sebagian .

Perkataan kamu ngambang dan di sana sini terlihat ngak singkron .

ANDA MENGANGGAP PERNYATAAN SAYA SEBAGAI PRADUGA ngak masalah tetapi itu hanya membuktikan Bahwa ANDA TIDAK MENGANGGAP PERNYATAAN ALKITAB SEBAGAI KEBENARAN dan jikapun ya hanya yang sesuai dengan anda

jesusfreaks's picture

jlwijaya dan deta ya gak akan ketemu.

Sepakati dulu tritunggalnya baru melangkah lebih jauh.

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jlwijaya's picture

Jf :terbalik

Satu bagian demi satu bagian jangan langsung ke hal yang kompleks