Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Pacaran

victorc's picture
Tema: 7 rahasia dalam berpacaran
Waktu: 13 februari 2016
Teks: Efesus 5:15-21

Pendahuluan
Berpacaran memang sering membingungkan, baik bagi yang sudah menjalani atau yang baru merencanakan. Sebagai anak-anak Tuhan, kita mungkin sering bertanya: adakah petunjuk dari Alkitab tentang bagaimana sebaiknya berpacaran?  Memang kata "pacaran" biar dicari sampai gundul tidak bakal bisa ditemukan di Alkitab. Tapi bukan berarti tidak ada panduan sama sekali. Salah satu teks yang berguna adalah Efesus 5:15-21. Dalam teks ini ada 7 petunjuk yang dapat dibaca sebagai rahasia berpacaran, yaitu:

1. Kebijaksanaan
Kebijaksanaan merupakan akal sehat yang menolong kita menghindari kesalahan-kesalahan konyol memalukan. Tips: bila ingin sekali membangun hubungan, jadilah dan carilah orang yang mempraktekkan kebijaksanaan.

2. Optimisme
Kembangkan pandangan yang positif terhadap hidup dan ketika membangun hubungan akrab, carilah orang yang tahu bagaimana bermimpi dan berusaha mewujudkan visi mereka untuk menjadi kenyataan.

3. Kemampuan membedakan
Kedamaian batin tidak berasal dari pencapaian tujuan, tetapi dari penemuan arah. Kembangkan dialog dengan Allah untuk mengetahui kehendak-Nya bagimu. Lalu, bila kamu menjalin hubungan dekat, carilah mereka yang juga mencari kehendak Allah.

4. Kerohanian
Teruslah mendasarkan kebahagiaanmu pada Allah, jangan pernah tergantung pada pesta untuk kebahagiaanmu. Lalu, saat membangun hubungan-hubungan akrab, carilah mereka yang memandang Allah untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan utama mereka.

5. Sukacita
Jika kita gagal membuat keputusan positif agar berbahagia, ketidakbahagiaan langsung datang tanpa diundang. Kata happiness (kebahagiaan) berasal dari akar kata yang sama dengan kata happening (yang terjadi). Saat membangun hubungan pribadi, berdoalah mohon sukacita yang dalam dari Allah bagi mereka yang sedang coba kamu perhatikan. Minta juga kepada Allah agar Dia membagi sukacita-Nya dengan kamu.

6. Pengucapan syukur
Putuskan bahwa ucapan syukur adalah cara hidup. Saat kamu membangun hubungan pribadi, carilah sikap syukur ini pada orang lain.
Tips: berhati-hatilah dengan orang yang suka mengeluh (Eng.: complainer).

7. Empati
Tanpa kerendahan hati, setiap hubungan, tidak peduli betapa romantisnya, akhirnya akan goyah, meskipun hubungan itu terus berlanjut.  Setiap hubungan, termasuk pacaran, digerakkan oleh dua mesin kembar, yaitu kerjasama dan persaingan. Kosongkanlah dirimu dari keinginan untuk mengubah orang lain. Berjanjilah pada dirimu, saat kamu membangun hubungan pribadi, bahwa kamu akan mencari dan mempraktekkan sukacita karena saling merendahkan hati bersama orang itu.

Penutup
Tantangan terakhir: berfokuslah bukan pada mencari-cari kekasih yang sempurna, melainkan pada menjadi kekasih yang sempurna. Mengutip Tolstoy: "Semua orang berpikir untuk mengubah umat manusia, tetapi tidak ada yang berpikir untuk mengubah dirinya sendiri." Kiranya beberapa tips di atas berguna bagi kamu dalam membangun hubungan yang akrab.

Bagaimana pendapatmu?

Versi 1.0: 11 februari 2016, pk. 11:47
VC
Sumber: disarikan dari Les Parrott III, 7 rahasia dalam berpacaran, Metanoia, 2001.
__________________

Dari hamba yang tidak berguna (Lih. Lukas 17:10)

Prepare for the Second Coming of Jesus Christ.