Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Bengcu Mengungkap Rahasia Kristus Yang Tidak Dipahami Generasi Terdahulu 9

hai hai's picture

Bengcu Mengungkap Rahasia Kematian Ananias dan Safira

Pada mulanya orang Kristen hidup dalam eforia cinta kasih. Banyak orang yang mempunyai tanah atau rumah, menjual kepunyaannya itu, dan hasil penjualan itu mereka bawa kepada para rasul lalu dibagi-bagikan kepada setiap orang sesuai dengan keperluannya. Suami istri Ananias dan Safira menjual sebidang tanah. Setelah menahan sebagian dari hasil penjualan Ananias lalu membawa sisanya untuk diberikan kepada para rasul. Karena tindakan demikian, keduanya mati dalam selang waktu 3 jam. Dalam generasi ini, umat Kristen meyakini bahwa Ananias ketika menyerahkan sebagian uang penjualan tanahnya, mengakui bahwa itulah semua uang hasil penjualan tanahnya. Walaupun demikian, mereka menganggap apa yang dilakukan oleh Ananias itu adalah kesalahan kecil karena dari generasi ke generasi banyak orang Kristen yang jauh lebih jahat dari kedua suami istri itu. Itu sebabnya mereka bertanya-tanya, kenapa Ananias dan Safira mati karena kesalahan sepele demikian?

Adapun kumpulan orang yang telah percaya itu, mereka sehati dan sejiwa, dan tidak seorangpun yang berkata, bahwa sesuatu dari kepunyaannya adalah miliknya sendiri, tetapi segala sesuatu adalah kepunyaan mereka bersama. Kisah Para Rasul 4:32

 
Dan dengan kuasa yang besar rasul-rasul memberi kesaksian tentang kebangkitan  Tuhan Yesus dan mereka semua hidup dalam kasih karunia yang melimpah-limpah. Kisah Para Rasul 4:33

Sebab tidak ada seorangpun yang berkekurangan di antara mereka; karena semua orang yang mempunyai tanah atau rumah, menjual kepunyaannya itu, dan hasil penjualan itu mereka bawa Kisah Para Rasul 4:34

dan mereka letakkan di depan kaki rasul-rasul; lalu dibagi-bagikan kepada setiap orang sesuai dengan keperluannya. Kisah Para Rasul 4:35

Demikian pula dengan Yusuf, yang oleh rasul-rasul disebut Barnabas, artinya anak penghiburan, seorang Lewi dari Siprus. Kisah Para Rasul 4:36

Ia menjual ladang, miliknya, lalu membawa uangnya itu dan meletakkannya di depan kaki rasul-rasul. Kisah Para Rasul 4:37

Ada seorang lain yang bernama Ananias. Ia beserta isterinya Safira menjual sebidang tanah. Kisah Para Rasul 5:1

Dengan setahu isterinya ia menahan sebagian dari hasil penjualan itu dan sebagian lain dibawa dan diletakkannya di depan kaki rasul-rasul. Kisah Para Rasul 5:2

Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu? Kisah Para Rasul 5:3

Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah." Kisah Para Rasul 5:4

Ketika mendengar perkataan itu rebahlah Ananias dan putuslah nyawanya. Maka sangatlah ketakutan semua orang yang mendengar hal itu. Kisah Para Rasul 5:5

Lalu datanglah beberapa orang muda; mereka mengapani mayat itu, mengusungnya ke luar dan pergi menguburnya. Kisah Para Rasul 5:6

Kira-kira tiga jam kemudian masuklah isteri Ananias, tetapi ia tidak tahu apa yang telah terjadi. Kisah Para Rasul 5:7

Kata Petrus kepadanya: "Katakanlah kepadaku, dengan harga sekiankah tanah itu kamu jual?" Jawab perempuan itu: "Betul sekian." Kisah Para Rasul 5:8

Kata Petrus: "Mengapa kamu berdua bersepakat untuk mencobai Roh Tuhan? Lihatlah, orang-orang yang baru mengubur suamimu berdiri di depan pintu dan mereka akan mengusung engkau juga ke luar." Kisah Para Rasul 5:9

Lalu rebahlah perempuan itu seketika itu juga di depan kaki Petrus dan putuslah nyawanya. Ketika orang-orang muda itu masuk, mereka mendapati dia sudah mati, lalu mereka mengusungnya ke luar dan menguburnya di samping suaminya. Kisah Para Rasul 5:10

Maka sangat ketakutanlah seluruh jemaat dan semua orang yang mendengar hal itu. Kisah Para Rasul 5:11

Setiap orang yang telah membunuh seseorang haruslah dibunuh sebagai pembunuh menurut keterangan saksi-saksi, tetapi kalau hanya satu orang saksi saja tidak cukup untuk memberi keterangan terhadap seseorang dalam perkara hukuman mati. Bilangan 35:30

Pengadilan Yang Tidak Adil

Handaiku sekalian, apakah penghakiman yang dilakukan oleh rasul Petrus terhadap Ananias dan Safira telah dilakukan dengan adil? Dengan adil artinya sesuai dengan ketetapan YHWH (TUHAN) di Perjanjian Lama dan ketetapan Yesus di Perjanjian Baru? Tentang pengadilan dengan ancaman hukuman mati, inilah yang tercatat di dalam Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru:

Atas keterangan dua atau tiga orang saksi haruslah mati dibunuh orang yang dihukum mati; atas keterangan satu orang saksi saja janganlah ia dihukum mati. ulangan 17:6

"Satu orang saksi saja tidak dapat menggugat seseorang mengenai perkara kesalahan apapun atau dosa apapun yang mungkin dilakukannya; baru atas keterangan dua atau tiga orang saksi perkara itu tidak disangsikan. Ulangan 19:15

Maka hakim-hakim itu harus memeriksanya  baik-baik, dan apabila ternyata, bahwa saksi itu seorang saksi  dusta dan bahwa ia telah memberi tuduhan dusta terhadap saudaranya, maka kamu harus memperlakukannya sebagaimana ia bermaksud memperlakukan saudaranya. Demikianlah harus kauhapuskan yang jahat itu dari tengah-tengahmu. Ulangan 19:18-19

Jika ia tidak mendengarkan engkau, bawalah seorang atau dua orang lagi, supaya atas keterangan dua atau tiga orang saksi, perkara itu tidak disangsikan. Matius 18:16

Jika ia tidak mau mendengarkan mereka, sampaikanlah soalnya kepada jemaat. Dan jika ia tidak mau juga mendengarkan jemaat, pandanglah dia sebagai seorang yang tidak mengenal Allah atau seorang pemungut cukai. 18:17

Di Perjanjian Lama, YHWH (TUHAN) menetapkan bahwa pengadilan atas kesalahan harus mengajukan DUA atau TIGA orang saksi. Atas keterangan SATU saksi saja tidak dapat menggugat perkara kesalahan apapun atau dosa apapun atas seseorang. Di Perjanjian Baru, Yesus mengajarkan hal yang sama. Bahkan lebih lanjut Yesus mengajarkan bahwa orang yang dihakimi harus dihadapkan kepada jemaat apabila tidak mengakui kesalahannya atas kesaksian DUA atau TIGA orang dan bila dia tetap kekeh jumekeh menyangkal maka dia DIKUCILKAN dari jemaat. Sama sekali tidak ada hukuman lainnya apalagi hukuman mati. HUKUMAN paling berat dalam jemaat Perjanjian Baru adalah PENGUCILAN.

Ketika petrus menghakimi Ananias, siapa yang tampil menjadi saksi? TIDAK ada! Setelah Ananias mati, Safira bersaksi bahwa Ananias sama sekali tidak bersalah. Kenapa Petrus tidak menuduh Safira bersaksi dusta namun menuduhnya bersama suaminya mencobai Tuhan? Kita tidak tahu karena Alkitab tidak mencatatnya. Ketika Petrus menuduh Ananias dan Safira mencobai Tuhan, siapakah yang tampil bersaksi? TIDAK ada! Tidak ada saksi artinya pengadilan atas Ananias dan istrinya Safira tidak berjalan dengan adil.

Dari mana Petrus tahu bahwa Ananias mendustai Roh Kudus? Dari mana Petrus tahu bahwa Safira bersaksi dusta? Dari mana Petrus tahu bahwa Ananias dan istrinya Safira mencobai Tuhan? Anda pasti menjawab, dari Roh Kudus atau dari Roh Allah atau dari Allah. Namun Alkitab sama sekali tidak mencatat dari mana Petrus mengetahui hal demikian bukan? Mungkin saja Petrus tahu dari Iblis yang menyamar sebagai malaikat terang bukan? Apakah Petrus tahu dari Roh Kudus atau dari iblis yang menyamar sebagai malaikat terang, tetap saja pengadilan itu tidak adil. Kenapa demikian? Karena DUA atau TIGA saksi yang dituntut oleh HUKUM adalah manusia, bukan makluk lain.

Dari mana Petrus tahu bukan masalah utamanya. Masalah utamanya adalah TIDAK ada saksi sama sekali. Masalah utamanya adalah baik Ananias maupun istrinya Safira sama sekali tidak mendapat kesempatan untuk membela diri. Masalah utamanya adalah Alkitab sama sekali tidak mencatat ucapan Ananias ketika dia meletakkan uang di depan kaki rasul-rasul. Masalah utamanya adalah penghakiman atas Ananias dan Safira melanggar ketetapan YHWH dan Yesus tentang DUA atau TIGA saksi. Masalah utamanya adalah siapakah para rasul itu sehingga uang-uang itu harus diletakkan di depan kaki mereka? Kenapa tidak diletakkan di depan mereka?

Pengadilan Yang Adil Dan Kuasa Menghakimi

Engkau harus mengatakan kepada orang Israel, begini: Setiap orang yang mengutuki Allah harus menanggung kesalahannya sendiri. Imamat 24:15

Siapa yang menghujat  nama TUHAN, pastilah ia dihukum mati dan dilontari dengan batu oleh seluruh jemaah itu. Baik orang asing maupun orang Israel asli, bila ia menghujat nama TUHAN, haruslah dihukum mati. Imamat 24:16

Kemudian datanglah bangsa itu mendapatkan Musa dan berkata: "Kami telah berdosa, sebab kami berkata-kata melawan TUHAN dan engkau; berdoalah kepada TUHAN, supaya dijauhkan-Nya ular-ular ini dari pada kami." Lalu Musa berdoa untuk bangsa itu. Bilangan 21:7

Dan janganlah kita mencobai Tuhan, seperti yang dilakukan oleh beberapa orang dari mereka, sehingga mereka mati dipagut ular. 1 korintus 10:9

Setiap orang yang mengatakan sesuatu melawan Anak Manusia, ia akan diampuni; tetapi barangsiapa menghujat Roh Kudus, ia tidak akan diampuni. Lukas 12:10

Dan sesudah berkata demikian, Ia mengembusi mereka dan berkata: "Terimalah  Roh Kudus. Yohanes 20:22
 
Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada." Yohanes 20:23

YHWH adalah ADONAI (TUHAN - PENGUASA) sementara ELOHIM adalah QANAH (Allah - PENCIPTA). YHWH lalu MENJELMA menjadi Yesus. Itu sebabnya dikatakan bahwa Yesus adalah KURIOS (Tuhan) sementara Elohim mendapat nama baru dalam bahasa Yunani yaitu THEOS (Allah).

Di dalam Perjanjian Lama, TUHAN (YHWH) MENETAPKAN hukum bahwa yang MENGUTUK Allah akan menanggung KESALAHANNYA sendiri. Artinya Allah yang akan MENGHAKIMI dan menjatuhkan VONIS.

YHWH (TUHAN) juga menetapkan hukum bahwa yang MENGHUJAT nama YHWH harus dihukum MATI. KUASA untuk melakukan HUKUMAN diberikan kepada TIGA gembala (Raja, Imam yang sedang melayani Mesbah, Hakim-hakim). Namun, pengadilan harus dilakukan dengan ADIL. Dengan adil artinya ada DUA atau TIGA saksi. SATU saksi tidak bisa berperkara.

Di Perjanjian Baru Yesus alias KURIOS (TUHAN - PENGUASA) menetapkan HUKUM bahwa yang MENGHUJAT anak manusia (diri-Nya) akan DIAMPUNI. Namun, yang MENGHUJAT Roh Kudus TIDAK akan DIAMPUNI alias Harus MATI. Namun, penghakiman harus dilakukan dengan ADIL. Dengan adil artinya DUA atau TIGA saksi dan bila si tertuduh menyangkal maka hal itu harus disampaikan kepada jemaat dan bila orang itu tetap menyangkal maka dia akan dikucilkan. SATU saksi tidak bisa berperkara.

KUASA PENGHAKIMAN diberikan kepada SEBELAS RASUL. Petrus adalah RASUL yang MEMILIKI kuasa PENGHAKIMAN. KUASA itu HANYA diberikan SECARA langsung oleh Yesus. Itu sebabnya di luar KESEBELAS Rasul TIDAK ada MANUSIA yang memiliki KUASA demikian lagi.

Itu sebabnya dikatakan KARUNIA RASUL Yesus sudah TIDAK ada lagi sebab selain KESEBELAS Rasul, TIDAK ada manusia yang DIBERI kuasa demikian oleh Yesus. Roh Kudus yang turun pada hari Pentakosta adalah ROH kebenaran yang akan memimpin manusia ke dalam SELURUH kebenaran namun bukan Roh Yesus yang memiliki KUASA menghakimi manusia.

petrus dengan KUASA demikian MENGHAKIMI Ananias dan MEMVONIS Ananias menghujat Roh Kudus. Itu sebabnya Ananias mati. Petrus memang tidak MENJATUHKAN hukuman mati namun dia menjatuhkan VONIS, itu sebabnya Ananias mati. Siapa yang menjadi algojo? Roh Kudus, sebab Roh Kudus adalah malaikat alias UTUSAN Allah untuk melayani manusia pilihan TUHAN.

Kata Petrus: "Mengapa kamu berdua bersepakat untuk mencobai Roh Tuhan? Lihatlah, orang-orang yang baru mengubur suamimu berdiri di depan pintu dan mereka akan mengusung engkau juga ke luar." Kisah Para Rasul 5:9

Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada." Yohanes 20:23

Bagaimana dengan Safira? Petrus MEMVONIS Safira mencobai Roh Tuhan. Di Perjanjian Lama, mencobai TUHAN (YHWH) tidak dihukum oleh manusia namun dihukum sendiri oleh TUHAN. Contohnya adalah ketika bangsa Israel mencobai TUHAN lalu Tuhan menghukum mereka dengan mengirimkan ular serafim (Nachas Saraph). Bila demikian, kenapa Safira mati? Safira mati sebab Petrus menjatuhkan VONIS mati baginya.

Apabila Petrus main hakim sendiri dengan sewenang-wenang, kenapa Ananias dan Safira mati? Kenapa Allah membiarkan hal itu terjadi? Kenapa Yesus membiarkan hal itu terjadi? Kenapa Roh Kudus membiarkan hal itu terjadi? Kenapa Bapa membiarkan hal itu terjadi? Karena KUASA untuk menghakimi sudah diberikan kepada Petrus.

Yang dilakukan Petrus itu baik atau jahat? Menurut Petrus, yang dia lakukan itu baik, itu sebabnya dia melakukannya. Menurut YHWH dan Yesus yang dilakukan Petrus itu baik atau jahat? Menurut HUKUM YHWH dan Yesus yang tercatat di dalam Alkitab, yang dilakukan oleh Petrus itu jahat. Dia main hakim sendiri dengan sewenang-wenang dan melanggar ketetapan YHWH dan Yesus tentang DUA atau TIGA orang saksi.

Siapa yang menumpahkan darah manusia, darahnya akan tertumpah  oleh manusia , sebab Allah membuat manusia itu menurut gambar-Nya sendiri. Kejadian 9:6

Menurut Allah (Theos) yang dilakukan oleh Petrus itu baik atau jahat? Menurut HUKUM Allah yang tertulis di dalam Alkitab, yang dilakukan oleh Petrus itu jahat. Dia akan menerima hukuman yaitu mati di tangan manusia.

Menurut Yesus kristus alias Tuhan Allah alias Kristus Yesus, apakah yang dilakukan oleh Petrus itu jahat? TIDAK! Kenapa demikian? Karena Petrus tidak tahu yang dilakukannya. Dari mana kita tahu bahwa Petrus tidak tahu yang dilakukannya? Karena dia melakukannya bukan untuk kepentingan pribadi namun membela Roh Kudus dan Roh Tuhan.

Rasul Paulus Dan Kuasa Penghakiman

Mereka mengelilingi seluruh pulau itu sampai ke Pafos. Di situ mereka bertemu dengan seorang Yahudi bernama Baryesus. Ia seorang tukang sihir dan nabi palsu. Kisah Para Rasul 13:6

Ia adalah kawan gubernur pulau itu, Sergius Paulus, yang adalah orang cerdas. Gubernur itu memanggil Barnabas dan Saulus, karena ia ingin mendengar firman Allah. Kisah Para Rasul 13:7

Tetapi Elimas--demikianlah namanya dalam bahasa Yunani--, tukang sihir itu, menghalang-halangi mereka dan berusaha membelokkan gubernur itu dari imannya. Kisah Para Rasul 13:8

Tetapi Saulus, juga disebut Paulus, yang penuh dengan Roh Kudus, menatap dia, Kisah Para Rasul 13:9

dan berkata: "Hai anak Iblis, engkau penuh dengan rupa-rupa tipu muslihat dan kejahatan, engkau musuh segala kebenaran, tidakkah engkau akan berhenti membelokkan Jalan Tuhan yang lurus itu? Kisah Para Rasul 13:10

Sekarang, lihatlah, tangan Tuhan datang menimpa engkau, dan engkau menjadi buta, beberapa hari lamanya engkau tidak dapat melihat matahari." Dan seketika itu juga orang itu merasa diliputi kabut dan gelap, dan sambil meraba-raba ia harus mencari orang untuk menuntun dia. Kisah Para Rasul 13:11

Melihat apa yang telah terjadi itu, percayalah gubernur itu; ia takjub oleh ajaran Tuhan. Kisah Para Rasul 13:12

Paulus adalah Rasul Yesus Kristus, namun dia juga adalah Rasul Kristus Yesus. Sama seperti Petrus, dia juga dipilih secara pribadi oleh Yesus. Perbedaan-Nya adalah dia dipilih setelah Yesus naik Ke sorga. Dan ketika dia dipilih, Yesus tidak nampak sebagai manusia. Namun Paulus juga memiliki kuasai menghakimi. Ayat-ayat tersebut di atas mencatat kisahnya.

Paulus sama sekali tidak menghukum mati Elimas, namun menghukumnya buta beberapa hari. Penghukuman Paulus membuat gubernur itu TAKJUB oleh ajaran Tuhan. Hal itu berbeda dengan akibat penghukuman Petrus yang membuat jemaat KETAKUTAN.

NB.

 

Ini adalah BAGIAN IX dari Blog: Bengcu Mengungkap Rahasia Kristus Yang Tidak Dipahami Generasi Terdahulu. untuk membaca bagian lainnya, silahkan klik di bawah ini:

  1. Bengcu Mengugat – Tritunggalisme Calvinis Di Mata Seorang Tionghoa Kristen
  2. Bengcu Mengungkap Rahasia YHWH kan•na she•mov, el kan•na
  3. Bengcu Menggugat - Tritunggalisme Calvinis Di Atas PASIR
  4. Bengcu Menggugat Karena YHWH Adalah Sahabat Para PERAMPOK
  5. Bengcu Menggugat Karena YHWH Adalah Sahabat Para Pembunuh 
  6. Bengcu Menggugat Karena YHWH Adalah Pahlawan Kesiangan
  7. Bengcu Menggugat Karena YHWH Tidak Mahatahu
  8. Bengcu Mengungkap Rahasia Allah Yang Tidak Dikenal Umat Kristen
  9. Bengcu Mengungkap Rahasia Kematian Ananias dan Safira
  10. Bengcu Mengungkap Rahasia Iblis Yang Selalu Jadi Kambing Hitam

 

 

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

bertzzie's picture

Kok rasanya terputus?

Ko hai, ko rasanya terputus ya bacaannya?

Apa memang sudah sampai kesimpulan bahwa cara Paulus menghakimi beda dengan cara Petrus, serta kenapa Ananias dan Safira bisa dihukum?

Saya tidak melihat daftar isi dan kata-kata penutup seperti biasa. I wonder why?

hai hai's picture

@bertzzie, Kesimpulan?

hai hai: Paulus sama sekali tidak menghukum mati Elimas, namun menghukumnya buta beberapa hari. Penghukuman Paulus membuat gubernur itu TAKJUB oleh ajaran Tuhan. Hal itu berbeda dengan akibat penghukuman Petrus yang membuat jemaat KETAKUTAN.

Tetapi Saulus, juga disebut Paulus, yang penuh dengan Roh Kudus, menatap dia, Kisah Para Rasul 13:9

dan berkata: "Hai anak Iblis, engkau penuh dengan rupa-rupa tipu muslihat dan kejahatan, engkau musuh segala kebenaran, tidakkah engkau akan berhenti membelokkan Jalan Tuhan yang lurus itu? Kisah Para Rasul 13:10

Perhatikan ketika Paulus melakukan penghakiman. Petrus dari mana dia TAHU Ananias jahat?

Penghukuman itu TUJUANNYA untuk MENGOREKSI agar seseorang menjadi BAIK. Itulah yang dilakukan oleh Paulus. Yang dilakukan oleh PETRUS bukan PENGHUKUMAN namun BALAS DENDAM dan SOK TAHU sehingga main hakim sendiri.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

tonypaulo's picture

Kena serangan jantung

Menurut Allah (Theos) yang dilakukan oleh Petrus itu baik atau jahat? Menurut HUKUM Allah yang tertulis di dalam Alkitab, yang dilakukan oleh Petrus itu jahat. Dia akan menerima hukuman yaitu mati di tangan manusia.
===

 

darimana bisa disimpulkan Petrus MENGHUKUM Ananias dan Safira? anda jadi saksinya hai?

Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu? Kisah Para Rasul 5:3

Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah." Kisah Para Rasul 5:4

Ketika mendengar perkataan itu rebahlah Ananias dan putuslah nyawanya. Maka sangatlah ketakutan semua orang yang mendengar hal itu. Kisah Para Rasul 5:5

ada Petrus berkata "karena engkau telah mendustai Roh Kudus maka aku akan menghukum mati engkau"?

kalau Petrus hanya berkata Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah." kemudian Ketika mendengar perkataan itu rebahlah Ananias dan putuslah nyawanya ?

kalau model penafsiran liar dan absurd macam anda, bisa aja ada yg nyeletuk Ananias KENA SERANGAN JANTUNG (STROKE) sedang Safira kena serangan "ANGIN DUDUK"

lucunya lagi

Bengcu Mengungkap Rahasia Kematian Ananias dan Safira

Bengcu Membuat kisah Kematian Ananias dan Safira yg SUDAH JELAS menjadi MISTERI ALAM GAIB

hai..hai.... kapan bertobatnya?

:)

lapan's picture

Wah, masa sich?

Penjelasan Hai hai bagus banget mnrt gw. Masa iya gara-gara baca tulisan ini bisa ada yang nyeletuk seperti itu? Kan dah dijelasin dalam tulisannya penyebab kematian Ananias dan Safira...

Sebelumnya malah gw kira Ananias dan Safira mati begitu saja karena mereka curang dan gak pernah terlalu mikirin kejadian itu (maklum masih anggap alkitab itu berisi dongeng hahaha pan... kapan bertobatnya?)

Tapi menurut gw pribadi sih, justru (agak) penting darimana Petrus tau mereka curang, soalnya bisa jadi justifikasi Petrus karena tampaknya dia udah menghakimi tanpa saksi.

__________________

imprisoned by words...

hai hai's picture

@Lapan, biarin aja

Lapan, biarin aja. Orang orang TOLOL dan sok tahu namun BEBAL seperti tonypaulo menggonggong semau-maunya.

Tujuan mereka menulis KOMENTAR bukan untuk BELAJAR apalagi menunjukkan pengetahuannya namun hanya SEKEDAR menggonggong untuk membuktikan bahwa ANJING memang bisa menggonggong. Jadi biarkanlah anjing mengonggong dan serigala melolong sampai pohon semangka berdaun sirih. Ha ha ha ha ha ...

Kata Petrus: "Mengapa kamu berdua bersepakat untuk mencobai Roh Tuhan? Lihatlah, orang-orang yang baru mengubur suamimu berdiri di depan pintu dan mereka akan mengusung engkau juga ke luar." Kisah Para Rasul 5:9

Lalu rebahlah perempuan itu seketika itu juga di depan kaki Petrus dan putuslah nyawanya. Ketika orang-orang muda itu masuk, mereka mendapati dia sudah mati, lalu mereka mengusungnya ke luar dan menguburnya di samping suaminya. Kisah Para Rasul 5:10

 

 

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

hai hai's picture

@tonypaulo, tidak melayani orang TOLOL

tonypaulo saya sudah memutuskan tidak akan melayani orang TOLOL dan BEBAL seperti anda. Jadi silahkan MENGGONGGONG sampai kuda gigit jari ya.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

tonypaulo's picture

bisa jadi..

Penjelasan Hai hai bagus banget mnrt gw. Masa iya gara-gara baca tulisan ini bisa ada yang nyeletuk seperti itu? Kan dah dijelasin dalam tulisannya penyebab kematian Ananias dan Safira...

===

secara eksposisi penjelasan hai hanya berdasarkan asumsi2 belaka dengan mencoba melakukan pendekatan deduksi campur induksi.... penyebab kematian Ananias dan Safira bukan karena VONIS Petrus, tapi apa kemungkinan serangan jantung (stroke) bisa diabaikan sebagai PENJELASAN YANG KONKRIT DAN DETIL? nah akhirnya secara tidak sadar hai membawa pembacanya MENGESER SUBTANSINYA dengan pola pemahaman HUMANISME, bahwa setiap individu memiliki hal terhadap dirinya sendiri

kematian Ananias dan Safira tidak disebut karena apa...itu yang JELAS dan TERANG, hanya dikatakan lalu putuslah nyawa....

 

Sebelumnya malah gw kira Ananias dan Safira mati begitu saja karena mereka curang dan gak pernah terlalu mikirin kejadian itu (maklum masih anggap alkitab itu berisi dongeng hahaha pan... kapan bertobatnya?)

===

kematian Ananias dan Safira bukanlah esensi dari subtansi ayat tersebut...artinya penjelasan hai justru lebih "ngaco" daripada dongeng

 

Tapi menurut gw pribadi sih, justru (agak) penting darimana Petrus tau mereka curang, soalnya bisa jadi justifikasi Petrus karena tampaknya dia udah menghakimi tanpa saksi

===

jawabannya  

Act 5:15

bahkan mereka membawa orang-orang sakit ke luar, ke jalan raya, dan membaringkannya di atas balai-balai dan tilam, supaya, apabila Petrus lewat, setidak-tidaknya bayangannya mengenai salah seorang dari mereka.

?bayangan Petrus saja dinantikan orang2 sakit...darimana Petrus tahu ananias berbohong?

?kalau tidak salah pernah ada dukun sakti di sabda space yang mempunyai teori "face reading" mungkin itu bisa jadi alternatif "jawabannya"

tapi jawabanya yang sebenarnya lapan...pernah dengar baptisan Roh Kudus? atau karunia membedakan roh? atau memilki pikiran Kristus?

:)

 

smile's picture

Bertzzie, Ko Hai ,Bung Tony.dan Lapan

Ko Hai ,setuju sama bertzzie,...memang ngegantug....

------

 

Kenapa Petrus tidak menuduh Safira bersaksi dusta namun menuduhnya bersama suaminya mencobai Tuhan? Kita tidak tahu karena Alkitab tidak mencatatnya.

Point bagus karena tidak melakukan tafsir mimpi,....xixixi.PERLU DICONTOH.

Itu sebabnya dikatakan KARUNIA RASUL Yesus sudah TIDAK ada lagi sebab selain KESEBELAS Rasul, TIDAK ada manusia yang DIBERI kuasa demikian oleh Yesus.

Ini juga point bagus untuk menyingkap dan menelanjangi nabi palsu. 

------

Untuk Tony Paulo, mungkin kalimat dalam blog Hai Hai ini sangat menjelaskan. Kalau keberatan, menurut  saya, apa yang anda tulis dikomen anda tidak relevan.

Di Perjanjian Baru Yesus alias KURIOS (TUHAN - PENGUASA) menetapkan HUKUM bahwa yang MENGHUJAT anak manusia (diri-Nya) akan DIAMPUNI. Namun, yang MENGHUJAT Roh Kudus TIDAK akan DIAMPUNI alias Harus MATI. Namun, penghakiman harus dilakukan dengan ADIL. Dengan adil artinya DUA atau TIGA saksi dan bila si tertuduh menyangkal maka hal itu harus disampaikan kepada jemaat dan bila orang itu tetap menyangkal maka dia akan dikucilkan. SATU saksi tidak bisa berperkara.

 

Tony Paulo :
darimana bisa disimpulkan Petrus MENGHUKUM Ananias dan Safira? anda jadi saksinya hai?

KUASA PENGHAKIMAN diberikan kepada SEBELAS RASUL. Petrus adalah RASUL yang MEMILIKI kuasa PENGHAKIMAN. KUASA itu HANYA diberikan SECARA langsung oleh Yesus. Itu sebabnya di luar KESEBELAS Rasul TIDAK ada MANUSIA yang memiliki KUASA demikian lagi.

IMO, itu penjelasan nya Bung Tony.

Sebenarnya, Petrus karena telah menerima Kuasa tersebut, jadi mau tidak mau, penghakiman itu keluar dari dirinya, karena dia sudah menerima Kuasa itu, suka atau tidak suka, itu bukti nyatanya,...itu juga IMO kalau berdasar penjelasan diatas.

Buat Lapan, gue setuju ama elu,..mungkin pointnya adalah menghakimi tanpa saksi, jadi ga adil, tapi karena kuasa itu sudah diterimanya, maka mau ga mau, dia jadi melakukan dan itu didukung penuh otoritasnya langsung dari Yesus.JAdi gimana Pan?

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

hai hai's picture

@Smile, KUASA

Smile, bila saya memberi anda KUASA atas rekening saya maka anda BISA melakukan apa saja atasnya, seenak udel. Itu namanya KUASA. soal anda melakukannya untuk hal yang benar atau yang jahat. Itu masalah lain lagi.

Petrus punya KUASA dan dia menggunakannya SEWENANG-WENANg.

SAKSI adalah CARA agar KUASA itu tidak digunakan dengan SEWENANG-WENANG.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Mey Weh's picture

Ko hai maaf...

Ko hai maaf tes dulu ter kirim ga ya...

Mey Weh's picture

Mungkin beda ROH nya?

Koh hai mau tnya apa Roh yg menguasai atau yg ada pada Petrus adalah Roh Kudus Allah = Elohim bukan merayakan Sabat,dan Roh yg menguasai Paulus adalah Roh YHWH = Roh Yesus Kristus?,jd apakah Roh yg menguasai mereka berdua berbeda? Jika sy salah memahaminnya tlng penjelasannya ya ko.
smile's picture

Ko Hai.

Petrus punya kuasa dan dia menggunakannya sewenang wenang?

 

Yang dilakukan Petrus itu baik atau jahat? Menurut Petrus, yang dia lakukan itu baik, itu sebabnya dia melakukannya.

Menurut YHWH dan Yesus yang dilakukan Petrus itu baik atau jahat? Menurut HUKUM YHWH dan Yesus yang tercatat di dalam Alkitab, yang dilakukan oleh Petrus itu jahat. Dia main hakim sendiri dengan sewenang-wenang dan melanggar ketetapan YHWH dan Yesus tentang DUA atau TIGA orang saksi.

Menurut Allah (Theos) yang dilakukan oleh Petrus itu baik atau jahat? Menurut HUKUM Allah yang tertulis di dalam Alkitab, yang dilakukan oleh Petrus itu jahat. Dia akan menerima hukuman yaitu mati di tangan manusia.

Menurut Yesus kristus alias Tuhan Allah alias Kristus Yesus, apakah yang dilakukan oleh Petrus itu jahat? TIDAK!

masalahnya adil atau tidak adil, benar atau salah ,bukan baik atau tidak baik

bukankah begitu ko Hai?

Kesimpulannya apa? ini:

Petrus mengadili secara tidak adil karena kurangnya saksi, dan saksi itu harus manusia.

Dia(Petrus) akan menerima hukuman yaitu mati di tangan manusia.Ya itu ga masalah karena bukan ditangan Allah. dengan artian dia memang tidak berdosa kepada Allah, walaupun dia diberi kuasa untuk memvonis orang mati.


__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

hai hai's picture

@Li-chian9, Kuasa Rasul

Li-chian9, Rasul memiliki dua Roh Kudus. Yang pertama adalah Roh Yesus dengan KUASA penghakiman dan yang kedua adalah Roh Allah dengan kuasa memimpin ke dalam seluruh kebenaran.

Roh Yesus DIHEMBUSKAN oleh Yesus kepada ke sebelas murid-Nya sebelum Dia Naik ke sorga. Roh Allah dicurahkan oleh Allah pada hari Pentakosta.

 

 

 

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

lapan's picture

@smile, imo

Buat Lapan, gue setuju ama elu,..mungkin pointnya adalah menghakimi tanpa saksi, jadi ga adil, tapi karena kuasa itu sudah diterimanya, maka mau ga mau, dia jadi melakukan dan itu didukung penuh otoritasnya langsung dari Yesus.JAdi gimana Pan?

 

Kalo mnrt gw, Petrus menghakimi tanpa saksi itu urusan lain. Tidak ditulis darimana doi tau Ananias curang. Karena ada orang banyak di situ, bisa jadi Petrus tau dari orang-orang. Ini gak ditulis, jadi jangan dibuat kepastian. Bisa jadi Petrus dikasitau Tuhan. Kalau udah dikasitau Tuhan, gw rasa gak perlu ada saksi manusia lagi. Mosok pemberitahuan dari Tuhan bisa diabaikan karena kesaksian manusia. Tapi ini juga gak ditulis, jadi jangan dibuat kepastian.

Yang jelas, IMO HH memberikan penjelasan yang sangat baik mengenai misteri kematian A&S =D

Dan satu lagi, Petrus mang orangnya agak lucu. Gegabah dan pede abis, kaya anak kecil =p
tapi kasian juga pas ditanya sama Tuhan Yesus apakah Petrus mengasihi Tuhan apa gak... Coba smile, bikin blog yang ngebahas itu, tau kan yang pas Petrus ditanya 3 kali =D hm apa uda ada ya, hahaha

__________________

imprisoned by words...

joli's picture

adakah rasul yang lain?

KUASA PENGHAKIMAN diberikan kepada SEBELAS RASUL. Petrus adalah RASUL yang MEMILIKI kuasa PENGHAKIMAN. KUASA itu HANYA diberikan SECARA langsung oleh Yesus. Itu sebabnya di luar KESEBELAS Rasul TIDAK ada MANUSIA yang memiliki KUASA demikian lagi.

Paulus adalah Rasul Yesus Kristus, namun dia juga adalah Rasul Kristus Yesus. Sama seperti Petrus, dia juga dipilih secara pribadi oleh Yesus. Perbedaan-Nya adalah dia dipilih setelah Yesus naik Ke sorga. Dan ketika dia dipilih, Yesus tidak nampak sebagai manusia. Namun Paulus juga memiliki kuasai menghakimi.

Hai-hai, selain 11 rasul yang hidup bersama Tuhan Yesus, masih ada satu rasul yang dipilih setelah Yesus naik ke sorga, yaitu Paulus.

Masih adakah rasul terbitan baru jaman sekarang ini? yang dipilih khusus juga? bagaimana kita tahu nya?

Kisah ananias safira ini mengingatkan-ku pada seorang gembala, yang hendak mendatang-i jemaat-nya karena persembahan jemaat tidak "pas", gembala datang untuk mengingatkan supaya kejadian ananias safira tidak terjadi lagi. hmm...

Para rasul, selain kuasa mengHAKIMi adakah juga punya kuasa meNuntut dan mengancam?

Setelah membaca serial rahasia Kristus, membaca alkitab jadi ikutan memilah ini Tuhan atau Allah. Wah jadi ketularan ANEH..

hai hai's picture

@joli, TIDAK ada Rasul yang lain lagi

Dari Yudas, hamba Yesus Kristus dan saudara Yakobus, kepada mereka, yang terpanggil, yang dikasihi dalam Allah Bapa, dan yang dipelihara untuk Yesus Kristus. Yudas 1:1

Salam dari Yakobus, hamba Allah dan Tuhan Yesus Kristus, kepada kedua belas suku di perantauan. Yakobus 1:1

Yudas dan Yakobus SAMA sekali tidak menyebut dirinya RASUL. Hanya HAMBA. Ada dua jenis HAMBA nampak dari kedua ayat tersebut di atas.

Tuhan Yesus Kristus = Kristus Yesus

Setelah kitab WAHYU, tidak ada lagi NUBUATAN. itu sebabnya TIDAK ada lagi RASUL.

Yudas dan Yakobus BUKAN rasul namun keduanya menulis Alkitab. Itu berarti para penulis Alkitab BELUM tentu RASUL. Mereka mendapatkan ajarannya dari Yesud dan dari Rasul.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

tonypaulo's picture

jangan pula nanti kalau Hai meninggal

Untuk Tony Paulo, mungkin kalimat dalam blog Hai Hai ini sangat menjelaskan. Kalau keberatan, menurut  saya, apa yang anda tulis dikomen anda tidak relevan.

Di Perjanjian Baru Yesus alias KURIOS (TUHAN - PENGUASA) menetapkan HUKUM bahwa yang MENGHUJAT anak manusia (diri-Nya) akan DIAMPUNI. Namun, yang MENGHUJAT Roh Kudus TIDAK akan DIAMPUNI alias Harus MATI. Namun, penghakiman harus dilakukan dengan ADIL. Dengan adil artinya DUA atau TIGA saksi dan bila si tertuduh menyangkal maka hal itu harus disampaikan kepada jemaat dan bila orang itu tetap menyangkal maka dia akan dikucilkan. SATU saksi tidak bisa berperkara.

===

bung smile, kenapa kita loncat dari kematian Ananias ke MENGHUJAT ROH KUDUS tidak diampuni?

kematian Ananias dan Safira tidak disebut karena apa...itu yang JELAS dan TERANG, hanya dikatakan lalu putuslah nyawa....

bukan berarti Petrus berkata (mantra) karena engkau telah membohongi Roh Kudus maka Ananias dan Safira langsung mati karena itu?

artinya apakah Petrus masih perlu saksi ketika Petrus sendiri sudah menerima KESAKSIAN ROH KUDUS?

ada yang lebih benar dari ROH KEBENARAN ITU SENDIRI? dan siapa JUGA YANG MENGHAKIMI? Petrus tidak dalam posisi menghakimi Ananias dan Safira

 

Sebenarnya, Petrus karena telah menerima Kuasa tersebut, jadi mau tidak mau, penghakiman itu keluar dari dirinya, karena dia sudah menerima Kuasa itu, suka atau tidak suka, itu bukti nyatanya,...itu juga IMO kalau berdasar penjelasan diatas.

====

nah inilah POINT KEBLINGERNYA penjelasan HAI, Roh Kudus hanya diartikan sebagai DUNAMIS (kuasa) bukan sebuah PRIBADI yang MEMILIKI KEHENDAK JUGA, kalau Petrus telah menerima KUASA tanpa mengenal pribadi-Nya....tidak mungkin kuasa itu keluar begitu saja

nah perhatikan penjelasan HAi yang absurd lainnya

-------------------------------------

Petrus punya KUASA dan dia menggunakannya SEWENANG-WENANg.

SAKSI adalah CARA agar KUASA itu tidak digunakan dengan SEWENANG-WENANG.

----------------

Petrus punya KUASA? Kuasa apa? Kuasa Roh Kudus? jadi Roh Kudus hanya alat atau media belaka untuk menunjukan kesewenang-wenangan seseorang?

dan lebih ga karuan lagi APA ADA KETERANGAN "TAMBAHAN" bahwa PETRUS SENANG DAN BERSYUKUR DAN BUAT SELAMATAN ATAS KEMATIAN ANANIAS DAN SAFIRA?

kalau anda adalah seorang bapak atau seorang pemimpin atau seorang gembala....ITU SUATU KESEDIHAN KARENA KEHILANGAN ANAK, KEHILANGAN ORANG YANG DIMPIMPIN, KEHILANGAN DOMBA YANG DIGEMBALAKAN

kesimpulan saya, apa yang dijelaskan oleh hai dalam blog ini GA RELEVAN dan GA BERDASARKAN PENGERTIAN YANG BENAR TTNG ALKITAB

melainkan berperan sebagai "DETEKTIF CONAN" mungkin karena sedang "haus2an" pengakuan dari khalayak, karena itu saya merasa kasihan dan berseru

BERTOBATLAH HAI SEGERA SEBELUM NANTI AJAL MENJEMPUTMU (jangan juga nanti kalau Hai meninggal setelah saya sampaikan hal ini, saya dibilang mengunakan "kuasa" secara "semena-2) hehehe

 

:)

lapan's picture

@tonypaulo, awas nabrak...

(OOT mode on)

Jangan mengharapkan orang masuk neraka atau mengalami kejadian tragis. Itu gak mungkin harapan dari Tuhan yang katanya kasih. Ntu pasti dari keegoisan dan keminderan diri sendiri... (pengalaman pribadi)

(OOT mode off)

 

(rangkuman tulisan HH, CMIIW)

1. Apakah Petrus punya kuasa menghakimi?

"Terimalah Roh Kudus. Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada."

2. Benarkah ayat tersebut adalah bukti bahwa sebelas murid punya kuasa penghakiman? Apa yang dikerjakan oleh seorang hakim?

Hakim adalah pejabat yang memimpin persidangan. Ia yang memutuskan hukuman bagi pihak yang dituntut. (dari wikipedia)

Hakim adalah pemimpin persidangan yang suka ketok2 palu untuk menjatuhkan vonis salah gaknya dan menetapkan hukuman bagi si tertuduh. (dari lapan)

3. Apakah yang dilakukan Petrus terhadap Ananias dan Safira?

Vonis Petrus terhadap Ananias >> mendustai Roh Kudus

Hukuman buat Ananias >> mati, soalnya menghujat Roh Kudus

Vonis Petrus terhadap Safira >> konspirasi mencobai Roh Tuhan

Hukuman Petrus buat Safira >> mati sama kaya Ananias

4. Apakah Petrus menghakimi atau tidak? (Kalau ya ke nomor 5, kalau gak ke nomor 6)

5. Apakah Petrus sudah mengikuti hukum dari Tuhan mengenai penghakiman?

6. Kenapa? Jadi dia ngapain?

7. Apakah benar mendustai Roh Kudus = menghujat Roh Kudus?

 

__________________

imprisoned by words...

n4th4n_andy's picture

menghakimi dalam 2 konteks

--- Dalam Lingkungan orang percaya ---

Adapun kumpulan orang yang telah percaya itu, mereka sehati dan sejiwa, dan tidak seorangpun yang berkata, bahwa sesuatu dari kepunyaannya adalah miliknya sendiri, tetapi segala sesuatu adalah kepunyaan mereka bersama. Kisah Para Rasul 4:32

Ananias dan Safira termasuk dalam kumpulan orang percaya.

Orang percaya adalah mereka yang memberi diri di baptis dan menerima Bapa, Anak dan Roh.

Ananias dan Safira bersalah di hadapan Allah.

Allah itu Roh.

Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah." Kisah Para Rasul 5:4

Dalam hal mendustai, maka KETIGA Allah  menjadi saksi dan hakim.

 

NOTE: disini memang yang menjadi masalah adalah DARIMANA Petrus mengetahui hal ini ? jikalau Petrus mengetahui dengan hanya menduga-duga, maka seharusnya di perlukan 2-3 orang sebagai saksi. Dan parahnya lagi orang-orang sekarang mengetahuinya dengan bantuan TAFSIR, karena Alkitab gk mencatat dengan lengkap..hahahaha.

 

-- Seorang yang menghalangi di hukum/di hakimi agar seorang yang lain menjadi percaya --

Tetapi Elimas--demikianlah namanya dalam bahasa Yunani--, tukang sihir itu, menghalang-halangi mereka dan berusaha membelokkan gubernur itu dari imannya. Kisah Para Rasul 13:8

 

 

__________________

Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

antonic's picture

@nathan andy

saya agak kurang setuju kpd konklusi anda, anda menulis:

Ananias dan Safira bersalah di hadapan Allah.

Allah itu Roh.

Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah." Kisah Para Rasul 5:4

Dalam hal mendustai, maka KETIGA Allah  menjadi saksi dan hakim.

..................................

ketiga Allah? anda sedang merangkum alkitab rupanya, padahal kita sedang berbicara ttg satu perikop, terlalu jauh saya rasa, coba anda lihat ayat2 dlm perikop itu: Adapun kumpulan orang yang telah percaya itu, mereka sehati dan sejiwa, dan tidak seorangpun yang berkata, bahwa sesuatu dari kepunyaannya adalah miliknya sendiri, tetapi segala sesuatu adalah kepunyaan mereka bersama. Kisah Para Rasul 4:32

nah, disini milik seseorang adalah milik semua, satu adalah semua, satu rasa, satu hati satu milik, satu pikir, yg satu sakit yg lain ikut sakit, ini adalah konsep gereja awal, satu tubuh. jadi jika satu bohong, yg lain tahu, ananias dan safira bohong roh kudus di dalam petrus tahu, itulah seharusnya gereja yg benar. sehati spikir, se-roh. di dalam gereja/tubuh krisutus tidak boleh ada noda kekafiran.

salam

__________________

sukses adalah sebuah pencapaian, premium dan citra exclusive.

n4th4n_andy's picture

@antonic....

Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah." Kisah Para Rasul 5:4


baca aja yang jelas bro kalimat nya.

baca lagi aja cerita nya, udah jelas banget Kisah Rasul tu.

Ananias dan Safira gak terlebih dulu ngasih tau NIAT mereka ke siapapun.

yang jadi saksi hidup dalam membenarkan kisah ini adalah penulis(LUKAS) dan Petrus.

Opini kebanyakan memang bakal bilang itu "tau dari roh kudus" dan itu udah di bahas sama hai-hai di atas ... baca lagi deh.

"konsep gereja awal"  kalo d bahas di sini bisa OOT bro.

kalo boleh saya tanya sama anda bro, kenapa kisah ini bisa masuk dalam Kitab Kisah Para Rasul ?

__________________

Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

antonic's picture

@nathan andy

baiklah saya mencoba mengikuti alur berpikir anda, dan si penulis blog ini, hai hai mengatakan, tidak menjadi masalah bhw petrus tahu darimana ananias berdusta, yg jd masalah tidak ada saksi, betul kan? dan menurut anda, yg jadi saksi hidup adalah lukas dan petrus, yg jadi pertanyaan, mengapa anda menanyakan pertanyaan2 aneh, kenapa kitab ini ditulis di kisah para rasul? hahahaha....mungkin krn rasul emang suka bikin diary kayak anak smp, hahaha....II tim 3:16.....dan ayat yg nathan garis bawahi, bhw ananias tidak berbohong pada manusia tp pada Allah, apa penglihatan nathan andy disitu...ayo coba kemukakan...jgn2 nanti sama stp yg hai hai asumsikan, apa gak salah tuh, asumsi si hai hai, bhw bisa aja yg membunuh adalah iblis yg menyamar jadi malaikat terang? udah makin sinting aja dia gw liat, tp gak papalah, klo gak ada orang sinting susah jg kita, mungkin tidak pernah bisa ke bulan.

__________________

sukses adalah sebuah pencapaian, premium dan citra exclusive.

n4th4n_andy's picture

@antonic..


kisah / perkara ini
bisa masuk dalam Kitab Kisah Para Rasul
; baru atas keterangan dua atau tiga orang saksi perkara itu tidak disangsikan. Ulangan 19:15

Lukas tidak ada pada saat kejadian. Tetapi Lukas mengetahui kejadian tersebut dari kumpulan orang percaya itu. Jikalau Lukas tidak mengetahui kejadian tersebut mustahil ia menulis Kisah 4:-36 s/d 5:-2, juga keseluruhan Kisah Para Rasul.



kumpulan orang percaya
Matius  28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,

Kisah 2:41 Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa.

 atas keterangan satu orang saksi saja janganlah ia dihukum mati. ulangan 17:6


Kisah 4:36 Demikian pula dengan Yusuf, yang oleh rasul-rasul disebut Barnabas, artinya anak penghiburan, seorang Lewi dari Siprus.

Kisah 4:37 Ia menjual ladang, miliknya, lalu membawa uangnya itu dan meletakkannya di depan kaki rasul-rasul.

Kisah 5:1. Ada seorang lain yang bernama Ananias. Ia beserta isterinya Safira menjual sebidang tanah.

Kisah 5:2 Dengan setahu isterinya ia menahan sebagian dari hasil penjualan itu dan sebagian lain dibawa dan diletakkannya di depan kaki rasul-rasul.

Dalam hal Ananias dan Safira, mereka itu suami-istri, bersepakat menahan sebagian hasil penjualan.

Dalam hal sepakat ini di tilik dari NIAT.

Ananias dan Safira, mulanya NIAT memberikan penuh/seluruh hasil penjualan, tapi setelah terjual gak jadi.

Ini yang di maksud  mendustai Allah dan mencobai Roh Tuhan di hadapan Petrus.

Dalam Kisah 5:2 , mereka sendiri yang jadi saksi, dengan bersepakat menahan sebagian hasil penjualan di hadapan Allah.


gak masuk akal ya.. ha ha ha .. mana ada orang bersaksi ngelawan diri nya sendiri .. ha ha ha ha .. tapi memang begitu yang tertulis.. :lol

 

 

__________________

Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

antonic's picture

@nathan andy: boleh juga

siapa bilang alasan anda tidak masuk akal, justru alasan itu boleh juga, sangat beralasan, Yesus pun pernah berkata bhw, kesaksiannya BENAR, karena bukan cuma Yesus yg bersaksi tp jg Dia yg mengutus Yesus ikut bersaksi ttg Dia, jadi perihal perkara yg sah, memang membutuhkan 2 saksi, yg skrng membuat bingung, mengapa ananias dan safira, yg kedapatan berdusta, tidak dikucilkan sesuai dg hukum di PB, ttp mati?

__________________

sukses adalah sebuah pencapaian, premium dan citra exclusive.

n4th4n_andy's picture

@antonic..gantian lah

kalo gw bilang c cuma untuk pengajaran aj tu mati nya ananias n safira (CMIIW)

sampe sekarang toh belom lagi nemuin yang kaya gitu(lagi) gw juga :D

loe orang nya kritis nih..orang kritis pandangan nya bisa juga lebih baik/bener, jadi coba  dunk gantian jabarin nya ..

secara w juga udah mentok ...hahahaha

__________________

Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

antonic's picture

nathan andy

nath tega banget lu, gw belum kritis, krn kalau sudah kritis pasti gw sudah masuk UGD (UNIT GAWAT DARURAT) hahahaha.....

nath kalau menurut ku sih, hal hal yang sudah dibahas idisini, adalah pengetahuan yg akan berguna suatu hari kelak, tidak dipungkiri yg sudah kita ungkap dan pelajari disini adalah hal2 yg berharga, tp jika ada yg belum diungkapkan, bersabarlah, mungkin kita perlu mengingat kata2 paulus, "peganglah yang ada padamu" nah kita pegang saja yg sudah ada pada kita, selebihnya hanya soal ketekunan, saya yakin Tuhan mengasihi orang2 yg cinta pada tauratnya dan akan membukanya pada saatNYA. dari pengalamanku, knpa satu hal belum dibukakan, adalah krn ada hal lain yg terkait dg hal ini, yg harusnya kita ketahui lebih dulu, dg kata lain belum dibukakan krn Tuhan ingin mengajari murid2nya pelajaran, secara terstruktur, rapi dan konsisten. nah mungkin saat belajar ttg roh kudus, atau penghakiman kita akan ingat lagi ttg kisah ananias ini, jd pegang aja yg sudah kita tau, walau sedikit.

soalnya kalau dipaksain gw jg udah mentok tembok, jika diteruskan ya itu tadi, bisa masuk ugd. hahaha....hahaha....

__________________

sukses adalah sebuah pencapaian, premium dan citra exclusive.

tonypaulo's picture

@lapan....apa yg mo ditabrak? hehehe

3. Apakah yang dilakukan Petrus terhadap Ananias dan Safira?

Vonis Petrus terhadap Ananias >> mendustai Roh Kudus

Hukuman buat Ananias >> mati, soalnya menghujat Roh Kudus

Vonis Petrus terhadap Safira >> konspirasi mencobai Roh Tuhan

Hukuman Petrus buat Safira >> mati sama kaya Ananias

==

nah inilah yang saya sebut JUMP INTO CONCLUSION

Petrus tidak pernah MEMVONIS, tapi Petrus tahu Ananias berbohong, (alternatignya dua ; tehnik "face reading" dan diberitahu Roh Kudus

Lapan...terkadang saya "seperti mendengar suara dalam hati saya " tentang sesuatu yg akan terjadi...supaya alkitabiah

Act 27:10

"Saudara-saudara, aku lihat, bahwa pelayaran kita akan mendatangkan kesukaran-kesukaran dan kerugian besar, bukan saja bagi muatan dan kapal, tetapi juga bagi nyawa kita."

Act 27:11

Tetapi perwira itu lebih percaya kepada jurumudi dan nakhoda dari pada kepada perkataan Paulus.

Act 27:12

Karena pelabuhan itu tidak baik untuk tinggal di situ selama musim dingin, maka kebanyakan dari mereka lebih setuju untuk berlayar terus dan mencoba mencapai kota Feniks untuk tinggal di situ selama musim dingin. Kota Feniks adalah sebuah pelabuhan pulau Kreta, yang terbuka ke arah barat daya dan ke arah barat laut.

nah Paulus bisa tahu...tapi Paulus tidak menghakimi orang yang kabur dengan sekoci (yang kemudian tewas) ...

jadi Petrus tidak menghukum Ananias dan Safira...kalau bicara hukuman lalu apa yang terjadi dengan YESUS SENDIRI? DISALIB itu HUKUMAN TERKUTUK, apa yg TERJADI dengan STEFANUS?

mari letakan pemahaman yang benar dengan konteks yg sesuai, jangan terbawa arus ala detektif sesat macam Hai...

nanti kalau tiba2 Hai meninggal, apa saya harus bertanggung jawab karena menghardik hai untuk bertobat?

:)

tonypaulo's picture

kuasa penghukuman pencabut nyawa? dongeng kakek hai...

Petrus mempunyai Kuasa Penghukuman pencabut nyawa?

mirip mitos tiongkok dengan ajian atau jurus2 yg gaib, apakah ini hasil logika alam gaib atau wangsit dari sosok antah berantah?

apa mungkin kakek hai terlalu sibuk cari2 sesuatu diluar alkitab tanpa pernah tahu ada ayat2 berikut

Tit 3:11

 

Engkau tahu bahwa orang yang semacam itu benar-benar sesat dan dengan dosanya menghukum dirinya sendiri. 

 

Act 12:21

Dan pada suatu hari yang ditentukan, Herodes mengenakan pakaian kerajaan, lalu duduk di atas takhta dan berpidato kepada mereka.

Act 12:22

Dan rakyatnya bersorak membalasnya: "Ini suara allah dan bukan suara manusia!"

Act 12:23

Dan seketika itu juga ia ditampar malaikat Tuhan karena ia tidak memberi hormat kepada Allah; ia mati dimakan cacing-cacing.

?Allah tidak butuh Petrus kalau mau menghukum seseorang...nah siapa yang jadi saksi untuk Herodes dalam penghakiman "ala Herodes"

?

tanya kenapa?

rafiqo's picture

@tonypaulo, adakah sesuatu dibalik perkataan petrus?

pak tonypaulo

apakah kuasa dari Yesus itu terkait dengan ayat kitab ini?

Joh 1:12  Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;

atau memang petrus menyalahgunakannya? atau memang ada latarbelakang ananias & safira mati yaitu Mendustai Roh Kudus (yang selama ini orang dengar)?

Pada kitab, Act 5:5  Ketika mendengar perkataan itu rebahlah Ananias dan putuslah nyawanya. Maka sangatlah ketakutan semua orang yang mendengar hal itu.

--> kaget setengah mati bahwa akal2annya ketahuan

Pada Kitab, Act 5:8  Kata Petrus kepadanya: "Katakanlah kepadaku, dengan harga sekiankah tanah itu kamu jual?" Jawab perempuan itu: "Betul sekian."

Act 5:9  Kata Petrus: "Mengapa kamu berdua bersepakat untuk mencobai Roh Tuhan? Lihatlah, orang-orang yang baru mengubur suamimu berdiri di depan pintu dan mereka akan mengusung engkau juga ke luar."

--> seolah2 petrus sudah tahu dia akan mati

memang petrus tidak bilang ke mereka secara "menvonis mati", tapi seolah-olah petrus sudah dapat semacam ilham, apakah begitu?

 

tonypaulo's picture

@rafiqu...yup seperti itu

pak tonypaulo

apakah kuasa dari Yesus itu terkait dengan ayat kitab ini?

Joh 1:12  Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;

atau memang petrus menyalahgunakannya? atau memang ada latarbelakang ananias & safira mati yaitu Mendustai Roh Kudus (yang selama ini orang dengar)?

====

nah disinilah EKSPOSISI dari @Haihai...tidak terkonstruksi dengan baik, @Haihai sudah punya ASUMSI terlebih dahulu kemudian dengan "lihai" ia mengiring khalayak bahwa ASUSMSI itu adalah FAKTA, padahal ketika di VERIFIKASIKAN ASUMSI dari @Haihai...tidak ada yang cocok dengan pemahaman mengenai peristiwa Ananias, ASUMSI @hai mengenai Petrus memvonis, kemudian karna vonis dari Petrus Ananias dan Safira mati, itulah yang sering dinamakan JUMP INTO CONCLUSION, atau mencoba meng-asosiasikan sesuatu konteks dengan konteks lainnya yang tidak relevan dan tidak sejalur

Ananias dan Safira mati adalah suatu kehendak atau waktu-Nya TUHAN, semua manusia juga akan mati (kecuali Henokh dan Elia), mengenai waktunya sudah diketahui oleh Petrus, itu adalah karya Roh Kudus

 

 

Pada kitab, Act 5:5  Ketika mendengar perkataan itu rebahlah Ananias dan putuslah nyawanya. Maka sangatlah ketakutan semua orang yang mendengar hal itu.

--> kaget setengah mati bahwa akal2annya ketahuan

Pada Kitab, Act 5:8  Kata Petrus kepadanya: "Katakanlah kepadaku, dengan harga sekiankah tanah itu kamu jual?" Jawab perempuan itu: "Betul sekian."

Act 5:9  Kata Petrus: "Mengapa kamu berdua bersepakat untuk mencobai Roh Tuhan? Lihatlah, orang-orang yang baru mengubur suamimu berdiri di depan pintu dan mereka akan mengusung engkau juga ke luar."

--> seolah2 petrus sudah tahu dia akan mati

memang petrus tidak bilang ke mereka secara "menvonis mati", tapi seolah-olah petrus sudah dapat semacam ilham, apakah begitu

====

 

bukan ilham, lebh tepatnya PEMBERITAHUAN, seperti Paulus tahu bahwa kapal yang ditumpanginya akan karam oleh gelombang badai, Paulus tahu bahwa mereka semua yg berada di kapal akan selamat, namun mereka yg ada disekoci akan tengelam....Filipus bisa tahu bahwa Sida2 dari Ethopia akan membutuhkan seseorang untuk mengartikan Kitab Yesaya, banyak sekali contoh nyata bahwa orang percaya bisa tahu apa yang akan terjadi secara spesifik namun sesuai dengan kegerakan Roh Kudus, (bukan digerakan oleh manusia)

:)

lapan's picture

@tonypaulo

Ton, jelas beda atuh kasus perwira naik sekoci sama kasus Ananias & Safira...

Yang Paulus itu kan dikasitau malaikat dari Allah kalo mau selamat maka diam di kapal. Ni hanya berlaku untuk saat itu jadi sesuai kondisi. Bedakan dengan kesimpulan HH bahwa Ananias udah menghujat Roh Kudus.

Jadi yang satu mati karena dia gak percaya sama omongan Paulus, sedang yang satu mati karena melanggar hukum yang vital. Yang satu mati akibat tindakannya sendiri pergi ke dalam badai, yang satu mati karena ucapan Petrus.

Analoginya, ada orang loncat dari lantai 40 trus koit karena dia gak percaya omongan gw kalo dia gak bisa terbang. Itu kasus 1.

Untuk kasus 2, gw bilang orang itu pantas mati, terus tau-tau dia rebah dan mati.

Dalam tulisannya HH menjelaskan bahwa Petrus punya kuasa menghakimi (menetapkan dan menjatuhkan vonis), dan algojo-nya adalah Roh Kudus.

 

Tony: "Allah tidak butuh Petrus kalau mau menghukum seseorang"

Analogi dari HH ckp menjelaskan, kalo dia kasi kuasa ke Tony untuk urus rekeningnya gak berarti HH sendiri gak bisa ngurus rekening. Mungkin HH cmn lagi males, atau HH pengen bikin Tony merasa spesial, atau orang-orang lain yang merasa bahwa deket sama HH bisa bikin spesial kaya Tony, entahlah. Hahahahaha

 

Yaw dah, biar gak bawel di thread orang laen dan sotoy soal tulisan orang lain, gw udahan dolo deh =p

 

P.S: maksudnya nabrak karena gw melihat lu mengharapkan yang gak2 ttg HH. ya kalau lu gak begitu ya uda, namanya juga "awas"

__________________

imprisoned by words...

tonypaulo's picture

@lapan

Ton, jelas beda atuh kasus perwira naik sekoci sama kasus Ananias & Safira...

Yang Paulus itu kan dikasitau malaikat dari Allah kalo mau selamat maka diam di kapal. Ni hanya berlaku untuk saat itu jadi sesuai kondisi. Bedakan dengan kesimpulan HH bahwa Ananias udah menghujat Roh Kudus.

Jadi yang satu mati karena dia gak percaya sama omongan Paulus, sedang yang satu mati karena melanggar hukum yang vital. Yang satu mati akibat tindakannya sendiri pergi ke dalam badai, yang satu mati karena ucapan Petrus.

Analoginya, ada orang loncat dari lantai 40 trus koit karena dia gak percaya omongan gw kalo dia gak bisa terbang. Itu kasus 1.

Untuk kasus 2, gw bilang orang itu pantas mati, terus tau-tau dia rebah dan mati.

Dalam tulisannya HH menjelaskan bahwa Petrus punya kuasa menghakimi (menetapkan dan menjatuhkan vonis), dan algojo-nya adalah Roh Kudus

===

secara spesifik kejadiannya memang berbeda, namun secara subtansial dan esensi, KEJADIANNYA PERSIS SAMA, bahwa ROH KUDUSLAH yang MENGERAKAN bukan MANUSIA YANG MENGERAKAN ROH KUDUS (itu sama seperti dukun atau paranormal)

artinya apakah karena perkataan Petrus, Ananias mati? tidak

apakah karena mendustai Roh Kudus (bedakan dengan mendustai Petrus) Ananias mati? tidak

apakah karena mendustai Petrus, Ananias mati? tidak

kematian ananias harus dipisahkan dari konteks PENGHAKIMAN, karena memang ayat itu tidak menjelaskan tentang PENGHAKIMAN, konteksnya adalah KEHIDUPAN JEMAAT MULA2 bukan ttng PENGHAKIMAN atau KUASA PENGHAKIMAN

Ananias menghujat Roh Kudus? tidak juga, Ananias mencoba mendustai PETRUS, bukan Roh Kudus, tapi level kerohanian Ananias masih level PEDAGANG (ini luput dari PEMBAHASAN @HAI), ananias masih berpikir untuk main "untung2an" dengan para JEMAAT MULA2 yg secara SUKARELA menjual kepemilikannya untuk dibagikan dan didistribusikan secara merata (komunis), Ananias tidak punya pengetahuan mengenai pribadi Roh Kudus yang bertahta di hati Petrus, kemudian apakah karena mendustai Roh Kudus, ananias mati? belum tentu, tidak dijelaskan secara detil (nah @hai berspekulasi dalam point ini), kemudian apakah perkataan Petrus terhadap safira juga menjadi penyebab kematian safira? belum tentu juga...

nah yang justru paradoks dari penjelasan @hai.... bahwa JEMAAT MULA2 mempunyai STANDAR HIDUP YG SANGAT TINGGI, itu esensi dari kisah Ananias dan Safira, bukan kuasa penghakiman yang menyebabkan kematian

 

Tony: "Allah tidak butuh Petrus kalau mau menghukum seseorang"

Analogi dari HH ckp menjelaskan, kalo dia kasi kuasa ke Tony untuk urus rekeningnya gak berarti HH sendiri gak bisa ngurus rekening. Mungkin HH cmn lagi males, atau HH pengen bikin Tony merasa spesial, atau orang-orang lain yang merasa bahwa deket sama HH bisa bikin spesial kaya Tony, entahlah. Hahahahaha 

Yaw dah, biar gak bawel di thread orang laen dan sotoy soal tulisan orang lain, gw udahan dolo deh =p

===

itulah yang keliru dan SESAT dari HH, ROH KUDUS itu bukan "rekening" melainkan manusialah yang adalah "rekening", karena ROH KUDUS bukan sekedar DUNAMIS atau PARAKLETOS, DIA ADALAH ALLAH YANG BERKUASA

kalau Roh Kudus itu adalah "hanya" kuasa apa bedanya HH dengan SSY?

nah HH ga ngerti ttng pribadi ROH KUDUS karena HH sama sekali dalam eksposisinya TIDAK MENJELASKAN SIAPA ROH KUDUS...lebih LUCU LAGI kalau HH cuma menjelaskan "roh kudus" sebagai "rekening" atau "tenaga dalam"?

 

P.S: maksudnya nabrak karena gw melihat lu mengharapkan yang gak2 ttg HH. ya kalau lu gak begitu ya uda, namanya juga "awas"

===

 

saya mengharapkan HH punya umur panjang biar dia BISA BERTOBAT, yg saya sampaikan adalah suatu REFLEKSI yg adalah CERMINAN dari ASUMSI HH...artinya kalau nanti HH meninggal (semua orang meninggal), bukan berarti saya punya kuasa penghakiman terhadap HH, dan saya jga ga perlu dan ga pantes jadi hakimnya HH

yg saya bisa serukan HH BERTOBATLAH SEBELUM AJAL MENJEMPUT

n4th4n_andy's picture

mending diem ...

artinya apakah karena perkataan Petrus, Ananias mati? tidak

apakah karena mendustai Roh Kudus (bedakan dengan mendustai Petrus) Ananias mati? tidak

apakah karena mendustai Petrus, Ananias mati? tidak

kematian ananias harus dipisahkan dari konteks PENGHAKIMAN, karena memang ayat itu tidak menjelaskan tentang PENGHAKIMAN, konteksnya adalah KEHIDUPAN JEMAAT MULA2 bukan ttng PENGHAKIMAN atau KUASA PENGHAKIMAN

Ananias menghujat Roh Kudus? tidak juga, Ananias mencoba mendustai PETRUS, bukan Roh Kudus, tapi level kerohanian Ananias masih level PEDAGANG (ini luput dari PEMBAHASAN @HAI), ananias masih berpikir untuk main "untung2an" dengan para JEMAAT MULA2 yg secara SUKARELA menjual kepemilikannya untuk dibagikan dan didistribusikan secara merata (komunis), Ananias tidak punya pengetahuan mengenai pribadi Roh Kudus yang bertahta di hati Petrus, kemudian apakah karena mendustai Roh Kudus, ananias mati? belum tentu, tidak dijelaskan secara detil (nah @hai berspekulasi dalam point ini), kemudian apakah perkataan Petrus terhadap safira juga menjadi penyebab kematian safira? belum tentu juga...

nah yang justru paradoks dari penjelasan @hai.... bahwa JEMAAT MULA2 mempunyai STANDAR HIDUP YG SANGAT TINGGI, itu esensi dari kisah Ananias dan Safira, bukan kuasa penghakiman yang menyebabkan kematian

 

yang pertama aja udah kamu jawab tidak , buat apa juga kamu jelasin....kan jadi makin keliatan :D

 

__________________

Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

tonypaulo's picture

ngerti tidak apa arti dari tidak?

yang pertama aja udah kamu jawab tidak , buat apa juga kamu jelasin....kan jadi makin keliatan :D

===

 

kira2 anda ngerti tidak apa arti dari tidak?

apa cukup dengan tidak tanpa eksposisi kenapa saya bilang tidak cukup?

jadi lucu juga maksud anda dengan "buat apa juga kamu jelasin....kan jadi makin keliatan :D"

karena sama sekali saya TIDAK ngerti apa kamu paham arti TIDAK yang saya sampaikan butuh "tidak2" lain?

:)

lapan's picture

@tonypaulo

Sebelumnya, gw gak jadi udahan deh, soalnya gemez :p

 

Tony:
nah yang justru paradoks dari penjelasan @hai.... bahwa JEMAAT MULA2 mempunyai STANDAR HIDUP YG SANGAT TINGGI, itu esensi dari kisah Ananias dan Safira, bukan kuasa penghakiman yang menyebabkan kematian

 

Lapan:
Yang pink itu juga gak tertulis Ton. Tapi kamu boleh yakin, sedangkan penjelasan HH kamu anggap paradoks dan sesat? Kalau memang esensinya adalah keketatan, kenapa jemaat lain menjadi takut? 

Kalau bukan karena kata-kata Petrus, orang-orang tidak akan takut. Mereka takut karena A&S matinya aneh. Kalau mati karena kaget tentu ditulis mereka tidak akan ketakutan, karena Ananias nya aja yang lebay. Tapi yang ada cuman: Ananias mati setelah ucapan Petrus bahwa dia udah mendustai Roh Kudus dan Safira mati setelah ucapan Petrus bahwa dia akan mati seperti suaminya. 

Jawaban misteri tersebut menurut tulisan HH, karena Petrus udah dapat kuasa penghakiman, ketika Tuhan Yesus mengatakan:

"Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada."

Kalau Petrus mengampuni kesalahan Ananias, maka dosanya diampuni, kalau Petrus memutuskan dosanya tetap ada, maka dosanya tetap ada.

Gw coba kasi analogi lain deh.

Di suatu negeri, mencuri ayam adalah perbuatan yang pantas dihukum mati. Ketika itu, ada seorang pencuri ayam yang mendatangi kediaman Hakim Bobo karena kebetulan lagi bagi-bagi sembako. Ketika sampai giliran pencuri tersebut, Hakim Bobo berkata, "Kamu adalah seorang pencuri ayam." Algojo yang selalu menemani Bobo pun mengerti, saatnya dia membuktikan bahwa dia tidak digaji untuk makan dan tidur doank. Jadi algojo itu pun menyeret si pencuri dan menghukumnya sesuai prosedur. Tidak lama kemudian, datanglah istri si pencuri yang tidak tau bahwa barusan suaminya dihukum mati. Dia gak bareng suaminya supaya bisa dapet sembako 2 kali. Ketika sampai giliran istri si pencuri, Hakim Bobo berkata, "Kenapa kamu gak melaporkan suamimu si pencuri ayam? Pantaslah kamu mati seperti suamimu barusan". Mendengar vonis Hakim Bobo, algojo tadi pun segera melaksanakan apa yang harus dia lakukan, yaitu mengeksekusi istri si pencuri. Dia cukup bersemangat karena yakin dapat bonus gede.

Iseng doank kok, jangan terlalu dianggap serius ya wakakakakkaka

Dalam analogi rekening itu sebenarnya hanya untuk membantu menjelaskan Petrus dan kuasa dari Roh yang diterimanya. 

 

Tony:
Ananias menghujat Roh Kudus? tidak juga, Ananias mencoba mendustai PETRUS, bukan Roh Kudus

 

Lapan:
Tony, kamu levelnya lebih tinggi daripada Petrus ya? :p

 

Tony:
HH ga ngerti ttng pribadi ROH KUDUS karena HH sama sekali dalam eksposisinya TIDAK MENJELASKAN SIAPA ROH KUDUS

@Haihai sudah punya ASUMSI terlebih dahulu

ketika di VERIFIKASIKAN ASUMSI dari @Haihai...tidak ada yang cocok dengan pemahaman mengenai peristiwa Ananias

ASUMSI @hai mengenai Petrus memvonis, kemudian karna vonis dari Petrus Ananias dan Safira mati, itulah yang sering dinamakan JUMP INTO CONCLUSION

meng-asosiasikan sesuatu konteks dengan konteks lainnya yang tidak relevan dan tidak sejalur

Ananias dan Safira mati adalah suatu kehendak atau waktu-Nya TUHAN, semua manusia juga akan mati (kecuali Henokh dan Elia), mengenai waktunya sudah diketahui oleh Petrus, itu adalah karya Roh Kudus

bukan ilham, lebh tepatnya PEMBERITAHUAN,

seperti Paulus tahu bahwa kapal yang ditumpanginya akan karam oleh gelombang badai, Paulus tahu bahwa mereka semua yg berada di kapal akan selamatnamun mereka yg ada disekoci akan tengelam

Filipus bisa tahu bahwa Sida2 dari Ethopia akan membutuhkan seseorang untuk mengartikan Kitab Yesaya, banyak sekali contoh nyata bahwa orang percaya bisa tahu apa yang akan terjadi secara spesifik namun sesuai dengan kegerakan Roh Kudus, (bukan digerakan oleh manusia)

 

Lapan:
IMO yang pink itu adalah ASUMSI kamu. Yang dibold adalah kata-kata kamu nambah-nambahi alkitab. Yang biru itu yang matching. Yang hijau itu gak nyambung =p

__________________

imprisoned by words...

smile's picture

Lapan,....

Tony:
Ananias menghujat Roh Kudus? tidak juga, Ananias mencoba mendustai PETRUS, bukan Roh Kudus

 

Lapan:
Tony, kamu levelnya lebih tinggi daripada Petrus ya? :p

smile:
maksud elu yang ini apa Pan?
Ananias berbicara dengan Petrus.Anannias mencoba mendustai Petrus, atau mencobai Roh Kudus, atau mencoai Petrus yang didampingi roh kudus?

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

lapan's picture

@Smile, kamsudnya

Petrus bilang:

"Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah."

Tony bilang:

"Ananias mencoba mendustai PETRUS, bukan Roh Kudus"

 

Terus, si Tony kan lagi ngomongin level kerohanian, jadi gw pake istilah level. Ah smile gak seru ah... Gw jadi harus klarifikasi, ntr diejekin si om2 cemen lagi :p

 

__________________

imprisoned by words...

smile's picture

TonP

NAH tuh,.......Bung Tony,.kenapa anda jadi OOT?

lihat penjelasnnya lapan yah, bung,..

salam

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

tonypaulo's picture

lalu?...

Petrus bilang:

"Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah."

Tony bilang:

"Ananias mencoba mendustai PETRUS, bukan Roh Kudus"

Terus, si Tony kan lagi ngomongin level kerohanian, jadi gw pake istilah level. Ah smile gak seru ah... Gw jadi harus klarifikasi, ntr diejekin si om2 cemen lagi :p

===

Petrus : "Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah."

Tony bilang: "Ananias mencoba mendustai PETRUS, bukan Roh Kudus"

lalu kontradiksinya dimanakah?

dari persepsi Ananias dia tidak mengerti apa itu arti BAPTISAN ROH KUDUS, dimensi (stature) rohani ananias masih "pengembira" sama seperti para "dayang2nya" HH, sebutlah si mimin dkk...

jadi Ananias MENCOBA UNTUK MENDUSTAI PETRUS, tapi karena ROH KUDUS SUDAH BERDIAM DI DIRI PETRUS, dan TUJUAN PENGUMPULAN UANG ITU BUKAN UNTUK PETRUS, MELAINKAN UNTUK PEKERJAAN TUHAN

ya wajar saja respon Petrus seperti itu..

jadi jelas kan tidak ada sesuatu yg bertentangan dari apa yang saya sampaikan..

nah saya bukan HH yang suka mengumbar2 asumsi yg SPEKTAKULER (padahal dangkal dan sesat), ikuti saja alur kronologisnya, subtansinya apa, bukan malah mengecoh diri terhadap "interprestasi diluar konteks"..

mintalah bimbingan Roh Kudus agar mengerti...nah sudah menerima baptisan Roh Kudus belum?

kalau sudah pasti NGERTI bahwa ROH KUDUS itu bukan "tenaga dalam yg bisa bikin mati orang" melainkan PRIBADI AGUNG yang harus DILAYANI dan DITAATI

:)

tonypaulo's picture

kuncinya..

Lapan:
IMO yang pink itu adalah ASUMSI kamu. Yang dibold adalah kata-kata kamu nambah-nambahi alkitab. Yang biru itu yang matching. Yang hijau itu gak nyambung =p

===

 

tinggal pilih saja, mau percaya tafsiran saya atau tafsiran HH?

dan darimana juga saya nambah2i alkitab? orang saya ngejelasin menurut Alkitab, "yg hijau itu ga nyambung" itu bisa saya bilang "itu kan asumsi kamu aja"

yah jadinya kan ga ada ruang pemahaman yg bisa terbuka

 

saya buat simpel aja

1. apakah maksud dari penghakiman? penghakiman yang membuat seseorang mati?

2. apakah ada KEPASTIAN dalam AYAT TERSEBUT A&S mati karena mendustai Petrus ( mereka tidak tahu ttng Allah)?

3. apakah kisah kematian A&S jadi subtansi perikop tersebut?

4. Dalam analogi rekening itu sebenarnya hanya untuk membantu menjelaskan Petrus dan kuasa dari Roh yang diterimanya. 

mari bantu saya siap yang kamu sebut dengan "Roh" itu?

kemudian apakah Petrus bisa "mengendalikan" Roh itu? atau Roh itu yang mengendalikan Petrus?

kalau Petrus bisa mengendalikan Roh itu, HH benar bahwa Petrus punya kuasa penghukuman mati seseorang....

simpel kan? sudah jelas kesesatan HH mirip dengan pemahaman SAKSI YEHOVA, yg menganggap Roh Kudus itu cuma kuasa atau hikmat...

jadi bukan karena apa2 juga saya sebut HH sesat...ada dasar alkitabiahnya...

sekarang saya serahkan kembali kepada masing2 pribadi, kalau memang HH sudah menawarkan IDE2 sesat dibiarkan sajakah? silahkan juga...tapi nanti ketika waktu penghakiman tiba....siapkan diri untuk menanggung konsekuensinya

:)

lapan's picture

@Tony, kali ini sampe sini deh

Iya itu memang asumsi gw kalau lu juga hanya berasumsi kalo HH banyak berasumsi. Makanya ada IMO di depannya wakakakakakak ceritanya gw lagi mencoba mempraktekkan jujitsu :p

Tentang kamu dan Petrus, gak usa ngeles Ton, tak kopasin lagi deh:

Ananias menghujat Roh Kudus? tidak juga, Ananias mencoba mendustai PETRUS, bukan Roh Kudus

itu artinya kamu memberikan penilaian yang berbeda dari Petrus atas tindakan Ananias. Ya, entah kamu GAK BACA bagian bahwa Petrus mengatakan Ananias mendustai Allah, atau kamu merasa Petrus SALAH menilai Ananias :p

 

1. apakah maksud dari penghakiman? penghakiman yang membuat seseorang mati?

Ton, daripada ngulang-ngulang, coba lo baca komen2 gw di atas ya. =)

2. apakah ada KEPASTIAN dalam AYAT TERSEBUT A&S mati karena mendustai Petrus ( mereka tidak tahu ttng Allah)?

Ton, daripada ngulang-ngulang, coba lo baca tulisan HH dan komen2 di sini.

3. apakah kisah kematian A&S jadi subtansi perikop tersebut?

Ton, coba dicek lagi pertanyaan kamu ini kok aneh. Coba deh lo baca ulang tulisan HH dan anggap aja yang nulis bukan HH =p

Untuk nomer 4, daripada ngulang-ngulang, coba lo baca ulang tulisan HH dan komen2 di sini. Menurut lu kalau para rasul mampu menyembuhkan orang sakit dan mengusir setan dan membangkitkan orang mati, yang terjadi sebenarnya bagaimana? Ya itu jadi PR gw jg sih :p

 

Maaf ya, gw yang males ngulang-ngulang tapi suruh lu ngulang baca wakakakakka

Ya sudah, mpe sini aja deh, gw rasa kita cuman berputar2 dan gw mulai bosen ngulang-ngulang. Mungkin suatu saat lu akan mengerti, mungkin gw yang akan mengerti, who knows? =)

__________________

imprisoned by words...

tonypaulo's picture

sekali lagi kuncinya

Menurut lu kalau para rasul mampu menyembuhkan orang sakit dan mengusir setan dan membangkitkan orang mati, yang terjadi sebenarnya bagaimana? Ya itu jadi PR gw jg sih :p

Ya sudah, mpe sini aja deh, gw rasa kita cuman berputar2 dan gw mulai bosen ngulang-ngulang. Mungkin suatu saat lu akan mengerti, mungkin gw yang akan mengerti, who knows? =)

===

2Co 3:5

Dengan diri kami sendiri kami tidak sanggup untuk memperhitungkan sesuatu seolah-olah pekerjaan kami sendiri; tidak, kesanggupan kami adalah pekerjaan Allah.

 

 

 

 

 

2Pe 1:21  sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.

saya sih anjurkan percaya alkitab saja daripada percaya saya atau HH...

 orang yg belum menerima baptisan Roh Kudus sulit untuk memahami hal ini karena memang staturenya belum memungkinkan

penyingkapan suatu peristiwa dalam Alkitab membutuhkan rhema bukan "otak-atik" pakai logika seadanya macam yg dipertunjukan oleh HH

 :)

 

 

 

 

 

  

William salim's picture

stop debatnya ya

saya harap anda sekalian mengerti bahwa kita semua masih belajar tentang kebenaran alkitab, dan bahwa mempertentangkan sesuatu dan mengejek tidak menyelesaikan masalah. itu hanya menunjukkan tingkat kedewasaan anda. 

Ananias dan Safira berbohong soal persembahannya dan memberi cuma sebagian dari hasil penjualan tanahnya. Apakah Tuhan mempersoalkan "jumlahnya", saya rasa tidak. yang jadi masalah adalah Ananias yang mencoba membohongi Tuhan. Bukankah Petrus berkata "Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? ". Jadi yang saya lihat masalahnya bukan di jumlah tapi niatnya, Ananias tidak memberi Petrus tidak masalah kok, apakah jika Ananias tidak memberi Allah menjadi lebih miskin?, tidak sahabatku. Ananias memberi dengan setengah hati, itu masalahnya. Karena orang lain memberi dia ikut-ikut memberi, padahal dalam hatinya dia mau memiliki uang itu, karena itu dia berbohong soal jumlahnya. Kalau Ananias mau berkata jujur: "Petrus, saya telah menjual tanah dan saya mau memberi sebagian dari hasil penjualannya karena uangnya saya butuh untuk keperluan lain". Saya rasa Petrus menghargai kejujurannya

Kebohongan itulah masalahnya

Kalau kau tidak mau memberi lebih baik jangan memberi daripada memberi kemudian kepahitan karena pemberian itu.

Saya minta maaf kalau saya salah, saya hanya mencoba melihat dari sudut pandang yang berbeda. Terima kasih. Tuhan memberkati dan selamat natal

sandman's picture

@William Salim Tanya kenapa?

Ketika daud membunuh suami batsyeba Daud malah diampuni padahal hukumannya sudah jelas saat itu, yaitu HARUS MATI, sedangkan annanias dan safira berada di hukum kasih malah di hukum mati?

__________________

tonypaulo's picture

SK juru bicara pengadilan sorga

sedangkan annanias dan safira berada di hukum kasih malah di hukum mati?

===

 

sand pernah menghubungi JURU BICARA PENGADILAN SORGA YANG MENJATUHKAN HUKUMAN MATI kepada ananias dan safira? dan menanyakan apakah benar ada VONIS HAKIM PENGADILAN SORGA (no berapa) yg bunyinya "hukuman mati" bagi ananias dan safira dan "bebas dari hukuman" untuk Daud?

kalau belum seharusnya anda yang bertanya kenapa?

atau anda sudah mendapatkan "SK PENGANGATAN" sebagai juru bicara pengadilan sorga seperti rekan HH?

jadi siapa yang sebenarnya juru bicara pengadilan sorga ?

:)