Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

" AKU"

Erfen Gustiawan Suwangto's picture

Wahai aku yang menyembah “AKU”,
Tidakkah engkau malu telah menyebut dirimu “AKU”?
Lihatlah betapa bodohnya dirimu
Keangkuhanmu menunjukkan kebodohanmu

Wahai aku yang memberkati “AKU”,
Engkau laksana anak durhaka pada orangtuamu
Karena menganggap dirimu sehakikat dengan SANG PENCIPTA
Banyaknya milenium yang kaulewati, tak menghapus kebodohanmu

Wahai aku yang menganggap “AKU” bijak,
Engkau merasa bijak, padahal tetaplah bodoh
Engkau masih tertipu dengan ia yang meliukkan perutnya di atas tanah
Sekarang pun engkau tertipu, dan tertipu lagi olehnya

Wahai “AKU”yang tertipu oleh malaikat jatuh,
Tipuan terbesarnya adalah sembunyi darimu
Membuatmu menganggapnya tidak ada
Membuatmu menganggap Sang Pencipta juga sirna

Wahai “AKU” yang angkuh,
Engkau menganggap KEBENARAN ada di dalam dirimu
Padahal kau tak lebih dari debu tanah tiada arti
Tetapi DIA telah mengangkatmu, sayangnya kembali kau tak berbudi

Wahai “AKU” yang berasal dari debu tanah,
Kapankah kau berbalik dari kedurhakaanmu?
Semua utusan-Nya kau tolak, bahkan kau tertawakan
Tidak kau tertawakan, tetapi kau hiraukan

Wahai “AKU” yang dikasihi oleh DIA,
Berbaliklah dari langkah yang kau anggap bijak
Karena pengejaran hikmat adalah sia-sia
Tetapi takut akan DIA adalah permulaan pengetahuan

 

 

smile's picture

Erfen ...

10 blog sudah terposting dari 6 jam umurmu di Sabda Space....

selamat datang kawan..... Selamat bersurfing ria....
Selamat menjadi pedagang, juga pembeli..

semoga anda kuat....karena seperti seorang Jesus Freaks katakan....

WELCOME TO THE JUNGLE......

Saya sendiri bari sadar, setelah hampir setahun lamanya di SS...kalau disini bener bener JUNGLE>>>>>>>>

YOU are right Bro JF......absolutely correct.................

JUNGLE OF Community

 

sincerely,

 

smile

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

ronggowarsito's picture

@mas mantri, pulang belanja atau mau pindahan?

Mas Mantri,
Alkisah dalam suatu langgam campursari, Manthous menceritakan tentang seorang perempuan yang membawa barang banyak sekali. Ia disapa oleh seorang tukang ojek lalu ditanya, "Ini Mbakyu pulang belanja atau mau pindahan?" Perempuan itu menjawab, bahwa dia adalah janda yang ditinggal pergi oleh suaminya. Kelanjutan dan akhir kisahnya silakan anda kira-kira sendiri.

Salam kenal, Mas Mantri.
Saya adalah tukang gali kubur di sini.
Bila ada pasien anda yang mati,
saya adalah orang pertama yang bisa anda hubungi.
Tenang saja, nanti kita bisa bagi-bagi komisi.

Oh iya, saya baru ingat, judul langgamnya adalah "Randha Kempling". Hehehe...
 

__________________

salam hangat,
rong2

Erfen Gustiawan Suwangto's picture

@ Smile: trims dan tentu aq

@ Smile: trims dan tentu aq dah bc dunk dan posting 10 artikel krn gak ad larangan dgn jangka waktu dlm policy itu. Tenang, aq dah aral melintang dlm dunia persilatan sampai buka identitas dan menggebrak walau bhkn belum pernah maen ke SS sebelumnya hehehehe.

@ Rong: maaf, ini nyapa siapa? soalnya gak ada mantri di antara kita bertiga kan? gak, bukan belanja atau pindahan aplg janda kan aq laki2 hehehehe. Cuma mampir soalnya tmptku di RS bkn di pasar. Lg ad waktu luang dan merasa ptg mengingatkan sesuatu yg menyangkut kesehatan jiwa jd mampir ke sini. Krn ad isu byk yg mesti ditolong jiwanya di sini krn gak terang2an ksh nama tokonya jd jualannya jg gak jelas ap shg kdg suka ribut. Ckckckckck, kan bahaya kalo beraninya pake topeng identitas palsu, mendink diskusi scr jelas. Lagian yg di pasar ini hrsnya para pengurus pasar. Org kyk qta yg cuma dtg kyk gini mendink jg cari kerjaan laen di luar pasar kalo dah tau byk gak beres di pasar ini, ngabisin energi gak sih. Kecuali kalo ad wktu luang dan terpanggil utk memberi sumbangsih. Ini aja aq mau balik ke RS dulu, lha km sendiri penggali kubur kenapa ke sini? Mendink ke kuburan, trus kalo minta komisi ya ma pengurus makam. Kalo km mantri nah baru deh minta ke saya hehehehe. Salam kuburan, eh slm hangat selalu :D

ronggowarsito's picture

@erfen, tentu saja

Tentu saja saya sedang nyapa anda. Maafkan saya karena sudah menyapa anda dengan sebutan 'mas mantri'. Saya dibesarkan di sebuah dusun di lereng gunung merbabu. Di dusun saya, semua petugas kesehatan kami sapa 'mantri'. Maklum orang dusun, jadi kami belum dapat membedakan yang mana jururawat, dokter, bidan, psikolog, psikiatris, dan sebagainya. Bahkan pernah kami salah membawa orang sakit ke seorang 'mantri' yang ternyata adalah petugas dari dinas peternakan. :)
Kalo masalah kesehatan jiwa, kesehatan saya sudah sangat buruk, bahkan jiwa saya sudah tidak tertolong lagi. Makanya saya ke sini, bukan seperti anda yang datang karena ada waktu luang, tapi karena mumpung saya masih hidup. Mudah-mudahan sisa hidup saya masih ada manfaatnya di sini.
Saya juga sering ke RS seperti anda. Selain berobat, saya selalu 'on call' bila ada yang membutuhkan jasa saya untuk terakhir kalinya.
Erfen, semoga anda betah. Bila anda ada waktu luang, silakan berkunjung ke lapak saya. :)

__________________

salam hangat,
rong2

Erfen Gustiawan Suwangto's picture

@ Rong: otreee, terima kasih.

@ Rong: otreee, terima kasih.

PlainBread's picture

Met Kenal Erfen

Selamat datang di sini. Saya senang sekali ada orang yang sudah aral melintang dalam dunia persilatan mau singgah ke sini. Saya saja yang awalnya cuma mampir ternyata harus menunda keberangkatan saya *sambil tetap mengemas beberapa buntelan a la pak Janggut di majalah Bobo*

Ngomong2 anda pernah nonton KungFu Hustle gak? Nah ini komunitas mirip seperti orang2 di kampung di film tersebut. Boro2 pada jago silat, mandi aja jarang. Malah ada yang kumur2 sikat gigi dari air selokan.

Semoga kedatangan anda sebagai pak dokter dan jago silat membawa berkah ke kampung kumuh ini.

dennis santoso a.k.a nis's picture

gelagatnya bakal seru nih

[reserve kursi buat nonton]

ronggowarsito's picture

ronde pertama...

Yuk dicek rame2 di kamus, apa artinya frasa 'aral melintang'?

__________________

salam hangat,
rong2

smile's picture

Aral melintang versi smile

bagi penggali kubur,...aral melintang adalah sebuah hal yang menyebalkan.
Harus butuh golok untuk menebasnya disaat akan menggali. Seorang kawan saya yang aktif menggali dikampungnya bila ada "calon baru naik" sering mengatakan saya membutuhkan tenaga ekstra jika menggali menemukan aral melintang....Bener ga yah..apa akar melintang yah??? (MODE BINGUNGspasi ON)

Bagi pemakai jalan raya, aral melintang kendaraan membuat macet...hihihii

Bagi tukang parkir, aral melintang parkir menyebabkan omset berkurang,..dan biasanya tukang parkir jadi kurang bayar setoran....

Bagi dokter aral melintang menyebabkan terjadinya pembengkak-an yang membutuhkan operasi. (urat apa saraf, ya yang melintang dan bengkak itu....salah bener,....maklum, cuma pernah pake baju praktek model dokter saat praktikum waktu sekolah,.....hihihi)

 

smile

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

sandman's picture

@Erfan sekelas dokter...

Krn ad isu byk yg mesti ditolong jiwanya di sini krn gak terang2an ksh nama tokonya jd jualannya jg gak jelas ap shg kdg suka ribut. Ckckckckck, kan bahaya kalo beraninya pake topeng identitas palsu, mendink diskusi scr jelas.

 

Untuk sekelas dokter statement anda di atas sungguh sangat patut dipertanyakan.

__________________

Erfen Gustiawan Suwangto's picture

Hahahahaha, thx semua. Mari

Hahahahaha, thx semua. Mari berdiskusi secara terbuka krn sinisme di internet tanpa identitas merupakan gejala hipokrit. Mekanisme kompensasi thd ketidakpercayaan diri. Biarin org di luar begitu tp gak baek buat umat Tuhan. Saya hy denger dari temen2 laen krn belum pernah ke SS koq. Sy bkn dokter jiwa tp minat ke ilmu kedokteran saraf dan perilaku, serta sedang mencari celah utk melanjutkan pendidikan yg msh diskriminatif di negara tercinta ini. Salam kasih.

PlainBread's picture

@Erfan Belajarlah dari pendahulu2 anda yang sudah gugur

Lg ad waktu luang dan merasa ptg mengingatkan sesuatu yg menyangkut kesehatan jiwa jd mampir ke sini. Krn ad isu byk yg mesti ditolong jiwanya di sini krn gak terang2an ksh nama tokonya jd jualannya jg gak jelas ap shg kdg suka ribut. Ckckckckck, kan bahaya kalo beraninya pake topeng identitas palsu, mendink diskusi scr jelas.

 

Belajarlah dari para SSer yang datang ke sini pake iman, seperti istilah Tante Paku. Pake iman maksudnya adalah bermaksud untuk memperbaiki sesuatu di sebuah komunitas. Belajarlah dari Kim yang selalu bawa2 Roh Kudus dalam melakukan sesuatu, tapi ketika statement dia tersebut merugikan dirinya, buru2 dia menyangkalnya. Belajarlah dari TonyPaulo yang yakin bahwa pemahaman dia adalah yang benar, di luar itu adalah gnostik katanya. Akhirnya dipermalukan di depan umum dan kedapatan melakukan kesalahan berkali2 walaupun butuh waktu berminggu2 untuk dia akhirnya mengakui kesalahannya.

Kalo soal identitas palsu, apakah sebegitu pentingnya buat anda? Apakah dengan menaruh sebuah foto seseorang, lantas itu artinya asli? Saya tahu dari mana kalo itu benar foto anda atau tidak, atau nick anda adalah benar nama anda? Lagian mau anda taro foto anda dengan foto cuplis di film Unyil, atau anda membuat nick "dokterkatro" misalnya, buat saya itu gak masalah sama sekali.

tonypaulo's picture

belajar atau dipermalukan?

Plain :

Belajarlah dari TonyPaulo yang yakin bahwa pemahaman dia adalah yang benar, di luar itu adalah gnostik katanya. Akhirnya dipermalukan di depan umum dan kedapatan melakukan kesalahan berkali2 walaupun butuh waktu berminggu2 untuk dia akhirnya mengakui kesalahannya.

 

tony:

dipermalukan di depan umum? meminta maaf untuk satu maksud adalah dapat didefinisikan dipermalukan didepan umum?

atau memang SS itu tempat saling mempermalukan?

kesalahan km dan Yerusalem, adalah total kesalahan saya?

sungguh benar2 gnostik tafisran dipermalukan anda plain...

atau lex?

 

salam

 

 

 

 

PlainBread's picture

@Tony Anda sudah minta maaf, jangan runtuhkan itu

dipermalukan di depan umum? meminta maaf untuk satu maksud adalah dapat didefinisikan dipermalukan didepan umum?

Anda sepertinya bangga sekali ya sudah minta maaf. Saya bilang dipermalukan di depan umum TIDAK mengartikannya bahwa itu adalah soal permintaan maaf anda,. Anda dipermalukan di depan umum oleh sikap anda sendiri, baru setelah itu anda meminta maaf. Itu yang saya tulis, dua event yang berbeda. Bisa liat bedanya?

 

atau memang SS itu tempat saling mempermalukan?

Ada saya bilang begitu? Tony, Tony. Anda terus menerus membuat saya 'kagum' :)

 

kesalahan km dan Yerusalem, adalah total kesalahan saya?

Tony, anda itu sudah minta maaf. Jangan lagi mengungkit2 soal TOTAL atau sebagian atau apapun. Itu artinya anda minta maaf tidak tulus. Minta maaf ya minta maaf saja. Jangan pake bilang soal TOTAL atau tidak TOTAL kesalahan anda.

 

sungguh benar2 gnostik tafisran dipermalukan anda plain...

atau lex?

Lex? Hehehe. Anda pasti merasa pintar karena liat link yang saya pernah kasih tempo hari di SS dan MENYANGKA bahwa saya adalah Lex. Tafsiran nih yeeee. Pesan saya cuma satu, Tony, jangan terus menerus mempermalukan diri sendiri berasa tau atau pintar. Nanti orang2 bisa liat anda itu bodoh dan semakin bodoh.

Soal tafsiran gnostik atau apalah kata anda, saya gak risau seperti anda yang risau sekali dengan image diri anda, Tony. Pemahaman dan pengenalan saya akan Tuhan saya tidak ditentukan oleh tafsiran atau pemahaman anda. Jadi yah, berhentilah merasa menjadi anggota Majelis Ulama Kristen merasa bahwa hanya pemahaman anda saja yang benar buat kekristenan.

Anyway, "benar2 gnostik tafsiran dipermalukan anda" itu artinya apa sih? Hahahaha. Susunan kata2nya amburadul begitu.

tonypaulo's picture

meruntuhkan apakah?

tony

dipermalukan di depan umum? meminta maaf untuk satu maksud adalah dapat didefinisikan dipermalukan didepan umum?

 

plain

Anda sepertinya bangga sekali ya sudah minta maaf. Saya bilang dipermalukan di depan umum TIDAK mengartikannya bahwa itu adalah soal permintaan maaf anda,. Anda dipermalukan di depan umum oleh sikap anda sendiri, baru setelah itu anda meminta maaf. Itu yang saya tulis, dua event yang berbeda. Bisa liat bedanya?

 

tony

sikap saya? kalau anda tidak tahu apa2 lebih baik jangan melampaui pemahaman anda tentang diri saya

saya tidak bangga sekali ketika harus meminta maaf, karena ketika saya kesalahan saya berdampak kepada orang lain, saya tidak suka itu terjadi, sedangkan ada yang menganggap Tuhan maha kejam, Yudas menyesal sama dengan bertobat

sudah jelas pemahaman itu pemahaman yang gnostik, tapi apakah dengan besar hati yang menyampaikan hal tersebut meralat pemahaman itu? walaupun sudah dijelaskan dari sudut pandang alkitabnya?

atau mungkin ditunggu saja dengan sabar siapa tahu akan diralat?

 

tony

atau memang SS itu tempat saling mempermalukan?

plain

Ada saya bilang begitu? Tony, Tony. Anda terus menerus membuat saya 'kagum' :)

tony

justru saya heran dengan keangkuhan anda, anda merasa paling-paling disini, sedangkan sering sekali anda meninggalkan begitu saja diskusi saya dengan anda ketika anda sudah mentok?

dan itu kalimat pertanyaan yang sederhana hasil dari kemampuan cold reading anda kok?

 

tony

kesalahan km dan Yerusalem, adalah total kesalahan saya?

plain

Tony, anda itu sudah minta maaf. Jangan lagi mengungkit2 soal TOTAL atau sebagian atau apapun. Itu artinya anda minta maaf tidak tulus. Minta maaf ya minta maaf saja. Jangan pake bilang soal TOTAL atau tidak TOTAL kesalahan anda.

 

tony

bacalah dengan baik dan pahamilah kalimat saya dengan benar, sehingga tidak selalu "abc" yang saya maksudkan anda artikan "afg", kemudian anda meminta klarifikasi dari  "afg" yang anda buat sendiri

 

 

tony :

sungguh benar2 gnostik tafisran dipermalukan anda plain...

atau lex?

 

plain

Lex? Hehehe. Anda pasti merasa pintar karena liat link yang saya pernah kasih tempo hari di SS dan MENYANGKA bahwa saya adalah Lex. Tafsiran nih yeeee. Pesan saya cuma satu, Tony, jangan terus menerus mempermalukan diri sendiri berasa tau atau pintar. Nanti orang2 bisa liat anda itu bodoh dan semakin bodoh.

Soal tafsiran gnostik atau apalah kata anda, saya gak risau seperti anda yang risau sekali dengan image diri anda, Tony. Pemahaman dan pengenalan saya akan Tuhan saya tidak ditentukan oleh tafsiran atau pemahaman anda. Jadi yah, berhentilah merasa menjadi anggota Majelis Ulama Kristen merasa bahwa hanya pemahaman anda saja yang benar buat kekristenan.

 

tony ;

lex? itu dengan tanya tanya bukan tanda seru, harusnya anda klarifikasikan terlebih dahulu mengapa saya menulis lex?

saya kira anda cukup bisa memahami ternyata sama sekali tidak

saya tidak membuat image terhadap diri anda, tetapi terhada argumen anda, kalau anda masih tidak bisa membedakannya memang saya tidak berharap banyak untuk itu

setidaknya ada perbendaharaan baru buat anda yaitu perbedaan diri anda dengan argumen anda

 

plain

Anyway, "benar2 gnostik tafsiran dipermalukan anda" itu artinya apa sih? Hahahaha. Susunan kata2nya amburadul begitu.

tony

susunan kata yang amburadul?

kalau anda tidak tahu artinya apa, darimana anda bisa mengambil kesimpulan susunan kata amburadul

tehnik cold reading lagi kah?

 

salam

Erfen Gustiawan Suwangto's picture

Sejelek-jeleknya orang yang

Sejelek-jeleknya orang yang blak-blakan identitasnya, tetap lebih baik daripada yang tidak. Apalagi jika yang identitasnya yang tersembunyi itu mengumpat dengan kata-kata kasar. Ini ilmiah ada di buku ajar psikiatri maupun psikologi. Tp memang hak msg2, hy mengingatkan yg ilmiah saja.

PlainBread's picture

@Erfan itu kan kata anda

Kalo anda bilang bahwa nick anda misalnya adalah nama asli, bagaimana saya mengetahui bahwa itu BENAR adalah nama anda? Apakah orang yang masuk ke suatu komunitas online harus scan KTP mereka untuk mengurangi efek2 samping yang bisa terjadi?

Menurut anda gimana, kalo pendatang baru masuk ke suatu komunitas ingin ngajari, kotbahi karena melihat isi komunitas itu perlu dia perbaiki, apakah tujuan orang tersebut merupakan hal yang baik?

Yang terakhir, setau saya gak banyak buku psikologi yang membahas soal hidden identity di online community, jadi bisa anda sebutkan buku psikologi mana dan penulisnya yang menyinggung hal tersebut?

Erfen Gustiawan Suwangto's picture

Hehe, itu sy ksh url fb saya

Hehe, itu sy ksh url fb saya dan nama saya bisa disearch di google. Kalo ada sesuatu yg gak beres ya wajar diperbaiki asalkan dgn cara yg baik pula. Masak rusak tetap dibiar rusak. Ini beberapa sumber bacaannya:

1. Marcus, Bernd; Machilek, Franz; Schütz, Astrid (2006), "Personality in cyberspace: Personal web sites as media for personality expressions and impressions", Journal of Personality and Social Psychology 90 (6): 1014–1031, doi:10.1037/0022-3514.90.6.1014, PMID 16784349

2. Nabeth, Thierry (2006), "Understanding the Identity Concept in the Context of Digital Social Environments", in Nabeth (2006), Del 2.2 Set of use cases and scenarios, FIDIS deliverable, May 2006, pp. 74–91

3. Dennen, Vanessa Paz (2009). "Constructing academic alter-egos: identity issues in a blog-based community". Identity in the Information Society (Springer). doi:10.1007/s12394-009-0015-5. http://dx.doi.org/10.1007%2Fs12394-009-0015-5.

4. Grohol, John. "Anonymity and Online Community: Identity Matters". 4 April 2006. 17 July 2006.

5. The Psychology of Cyberspace Blog Companion by John Suler

 

 

PlainBread's picture

@Erfen ada2 saja :)

Erfen, mau saya search di google atau ada di FB, itu tidak membuktikan bahwa nic atau ID anda asli. Orang bisa create apa saja di internet. Seperti saya bilang, identitas itu tidak penting. Yang penting adalah messagenya. Namun anda malah meracau soal itu. Tahukah anda mayoritas member di SS memakai nick yang bukan nama mereka? Tidak ada yang melarang anda untuk pake nick atau ID apa saja, bahkan tidak ada yang melarang anda untuk mengklaim bahwa nick atau ID anda adalah nama asli anda. Tapi kalo pada saat  yang bersamaan anda menyerang orang yang tidak melakukan hal yang sama dengan anda, saya rasa itu sudah terlalu jauh.

Soal links yang anda kasih, saya tidak menemukan tulisan yang mendukung pernyataan anda soal: "Sejelek-jeleknya orang yang blak-blakan identitasnya, tetap lebih baik daripada yang tidak. Apalagi jika yang identitasnya yang tersembunyi itu mengumpat dengan kata-kata kasar." Apalagi tidak ada disebutkan dan dibuktikan soal identitas tersembunyi ---> suka ribut seperti kata anda. Orang pake identitas tersembunyi punya banya reason, tidak sesempit yang anda pikirkan.

 

Erfen Gustiawan Suwangto's picture

Hehehehe, tenang semua. Hati

Hehehehe, tenang semua. Hati boleh panas tp kepala hrs dingin :)

Erfen Gustiawan Suwangto's picture

@ Minie: sejelek2nya org tsb

@ Minie: sejelek2nya org tsb tentu hrs dibicarakan baik2, toh kita jg belum tentu lbh benar drpd org tsb bukan ? :)

@ Plain: ya, tentu saja di link saya yg saya berikan jg ada alasan2 positif org pakai nickname, tp lbh byk negatifnya aplg jk berkata2 kasar. Saya rasa tanpa buku pun ini msk akal, aplg jk diperkuat dgn buku terutama buku terakhir yg saya tulis di bwh link2 tsb. Link2 yg lain kan saya beri krn Anda sendiri yg blg bhw yg membahas psikologi community based sedikit tp tyt byk jg toh :)

PlainBread's picture

@Erfen anda keliru

Soal pake nickname LEBIH BANYAK negatifnya, saya gak liat link2 tersebut mendukung kesimpulan anda.

Soal kata2 kasar, apa bedanya dengan anda yang mengaku pake nama asli dan mengaku jadi dokter dan ilmuwan, tapi datang ke suatu komunitas baru buat anda dan mengklaim bahwa ada "penyakit2" dalam komunitas tersebut? Buat saya gak ada bedanya. Yang satu kasar terang2an, yang satu lagi kasar tapi tersamar. Kalo disuruh milih saya lebih suka yang pertama.

Soal link2, memang cuma sedikit kok. Saya tau karena latar belakang saya psikologi. Hampir semua link umum soal psikologi beredar di milis2 kampus atau pekerjaan saya makanya tau gak banyak yang bahas soal online community.

Tapi tidak seperti anda, saya tidak mengaku2 sebagai psikolog atau psikiater karena pekerjaan saya memang bukan itu. Kalo anda liat saya bahkan tidak sering mengungkit2 masalah psikologi dalam blog2 saya, apalagi mau coba2 mecahin masalah orang atau mau mengkotbahi orang soal psikologi. Karena saya tau di sini banyak orang yang LEBIH hebat dari saya, makanya saya datang ke SS tanpa punya misi mau kotbahi atau menggurui orang2 di SS ini. Kalo merendah bakal ditinggikan otomatis kok, tapi kalo udah unjuk diri bawa2 gelar trus bikin blog2 seperti anda ini apalagi sampe bilang ada penyakit2 di SS, yah orang bakal berkerut keningnya.

Erfen Gustiawan Suwangto's picture

@ Plain: hahahahahaha, saya

@ Plain: hahahahahaha, saya berusaha diskusi dengan terbuka malah dikira mau meninggikan diri. Ada-ada saja, Anda sendiri malah menuduh saya berdasarkan asumsi. Jika memang sesuai kompetensi, data, dan fakta kenapa tidak? Apalagi Anda juga sarjana psikologi, silakan Anda sharekan ilmu Anda di sini. Jika tidak suka dengan blog saya, ya jangan dibaca, toh tidak semua orang berpikir seperti Anda. Silakan bikin tulisan sendiri, gitu aja koq repot.

@ Minie: wah, saya netral aja deh hehehehe. Gbu

PlainBread's picture

@Erfen Asumsi dan tau etika

Maksudnya kompetensi ngaku2 data dan fakta kopas ya? Hehehe.

Saya mau saja sharekan apa yang saya tahu, tentunya pake etika. Tidak seperti anda yang datang2 bilang ada beberapa "penyakit" dalam SS. Emang admin di SS minta anda untuk diagnosa penyakit di SS?

Anda mengaku dokter kan? Menurut anda dokter bisa gak datang ke suatu komunitas  atau ke rumah orang bilang soal ada penyakit2 di komunitas atau di rumah orang itu? Dokter itu menjelaskan kalo diminta, bukan seperti anda. Kalo perilakunya seperti anda, mungkin dukun namanya.

Ini bukan masalah suka atau tidak suka, tapi masalah bagaimana orang mau mengagulkan diri sambil nginjek kepala orang lain. Saya sering ketemu orang2 seperti itu. KISSing ass? Silakan saja. Tapi jangan sambil KICKing other's ass.

Anda silakan saja share tentang apa yang anda tau, tapi gak usah belagak seperti dokter yang datang ke kampung yang punya misi mau nyembuhin orang2 di kampung. Di minta aja kagak. Kalo anda gak ngerti, ini saya kasih contoh lain: anda kan kristen, coba liat Yesus itu di alkitab. Kalo gak diminta, Dia gak nyembuhin.

Erfen Gustiawan Suwangto's picture

Hahahahaha, yang saya copas

Hahahahaha, yang saya copas kan juga tulisan dari blog saya sendiri tp blog saya yang lain. Malaslah saya tulis lagi jadi saya copas ke SS ini. Hahahahaha, jadi cuma masalah yang mau nyembuhin itu, nah Anda sendiri ada gak melihat usaha saya untuk mengubah orang2 di SS ini? Orang saya cuma bercanda tapi dianggap serius hahahahahahahahahahahahahahahahahhahahahahhaha

PlainBread's picture

@Erfen Bercanda soal SS?

Oh jadi komentar anda soal ada "penyakit2" dalam SS itu bercanda ya? Ya sudah kalo begitu. Anda tampaknya tidak separah yang saya duga :)

minie's picture

@Dokter Erfen, Daftar Pertanyaan Minie

Shalom dok

Dalam kesempatan ini saya akan menolong dokter untuk melihat pertanyaan saya. Adapun pertanyaan akan saya beri penomoran sehingga memudahkan dokter untuk menjawab sesuai penomoran yang saya berikan. Inilah pertanyaan yang belum dokter jawab selama ini:

  1. Ciri-ciri mereka yang paling jelas terlihat adalah mereka merasa bahwa diri mereka lebih suci dari orang lain, sombong rohani, merasa mampu memerintah dan mengendalikan "roh kudus", menghapus ayat-ayat di Alkitab, menggadaikan Tuhan demi kepuasan dirinya semata, suka menipu, suka memfitnah, DUNGU luar biasa dan lain-lain. Akan tetapi herannya mereka merasa bahwa apa yang mereka lakukan adalah membela Tuhan dan mengabarkan injil.

    Jadi apakah yang terjadi dengan mereka ini adalah akibat meditasi ataupun mencuci otaknya sendiri, ataukah karena memang gen tersebut diturunkan dari orang tuanya?atau karena mereka mengidap kelainan jiwa?

  2. Maaf dok, saya ngga ngerti arti hipokrit, begitu juga diskusi terbuka itu maksudnya menunjukkan foto atau diskusinya blak-blakan? karena saya sendiri juga suka diskusi terbuka, maka untuk selanjutnya saya akan terbuka kepada anda pak Dokter.

  3. Maaf pak dokter, perilaku orang luar begitu tapi gak baek buat umat Tuhan yang anda maksudkan itu bagaimana pak dokter, harap anda kalau berdiskusi bisa sedikit lebih jelas

  4. Sebelumnya ada yang mau pengen saya ketahui, sebenarnya anda ini dokter spesialis bidang apa? bingung nih, soalnya anda tidak mengatakan dengan jelas spesialisasi anda dalam bidang apa.

  5. Tolong Pak Dokter Erfen jelaskan maksud anda mengenai identitas terbuka tetap lebih baik dari yang tidak, maksudnya gimana? apakah maksudnya kita boleh mengumpat sembarangan dengan identitas yang terbuka atau gimana?

  6. Mengenai identitasnya tersembunyi tapi berkata kasar, apakah maksudnya adalah saya? saya sudah membuat blog apakah saya kasar, tentu anda boleh berbagi pendapat mengenai kekasaran saya disana.

  7. Bukankah saya sudah membicarakan secara baik2, atau maksudnya kita ngomong hal yang indah2 aja? apakah itu maksud dokter sebenarnya?

    Atau kita harus menjadi Nabi atau orang suci terlebih dahulu seperti ajaran Tonypaulo, baru kita boleh mengikuti perintah Yesus untuk menguji roh yang dimiliki oleh Nabi Palsu?

Untuk sementara ini dulu dok, kalau tidak merepotkan, dokter tentu bisa menjawab dengan penomoran juga agar saya mengetahui pertanyaan mana yang anda jawab sesuai urutan pertanyaannya,

Thanks sebelumnya, GBU

hai hai's picture

@minie, Spesialis Semua Penyakit

minie, kcian dech elu nggak di jawab-jawab pertanyaannya. Saya baru mendapat ilham.  karena dukun tetangga saya lagi pergi, maka ilhamnya mampir ke rumah saya.

Minie, si Erfen itu DOKTER SPESIALIS SEMUA PENYAKIT dalam istilah lokalan di sebut dokter umum.

Kenapa disebut Spesialis Semua Penyakit? Karena Spesialis tahu dikit-dikit.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Erfen Gustiawan Suwangto's picture

@ minie: hahahahahahahaha,

@ minie: hahahahahahahaha, maaf gak dijwb krn gak mau memperkeruh suasana.

@ hai-hai: nah ini dia salah satu orangnya. Hai, org yg memperkeruh suasana hahahahahaha

minie's picture

@Erfen, ternyata BENER kalo Tony mencuci OTAK dan kurang....

Minie:

Ciri-ciri mereka yang paling jelas terlihat adalah mereka merasa bahwa diri mereka lebih suci dari orang lain, sombong rohani, merasa mampu memerintah dan mengendalikan "roh kudus", menghapus ayat-ayat di Alkitab, menggadaikan Tuhan demi kepuasan dirinya semata, suka menipu, suka memfitnah, DUNGU luar biasa dan lain-lain. Akan tetapi herannya mereka merasa bahwa apa yang mereka lakukan adalah membela Tuhan dan mengabarkan injil.

Jadi apakah yang terjadi dengan mereka ini adalah akibat meditasi ataupun mencuci otaknya sendiri, ataukah karena memang gen tersebut diturunkan dari orang tuanya?atau karena mereka mengidap kelainan jiwa?

Dokter Jiwa Erfen Gustiawan:

hahahahahahahaha, maaf gak dijwb krn gak mau memperkeruh suasana.

Minie:

Terima kasih dokter untuk jawaban anda diatas. Karena analisa saya diatas benar itulah maka dokter Erfen "gak mau memperkeruh suasana," disebabkan dokter juga mengetahui bahwa Tonypaulo dan Kiem adalah orang yang melakukan hal-hal yang ditulis diatas. Karena kalau jawabannya adalah tidak, maka dokter pasti ngga mungkin sungkan-sungkan ngasi tau kalau analisa saya salah.

Sebenarnya dokter ga perlu sungkanlah, wong suasananya ngga ngaruh sama sekali dengan KEADAAN mereka yang seperti itu. Kalaupun dokter merasa suasananya yang keruh, sebenarnya adalah perbuatan dan keadaan mereka yang juga kurang waras itu yang "KERUH", BUKAN SUASANANYA.

Lain kali ga perlu malu-malu dok, semua sudah pada tahu juga kok hehehehe

Oh iya dok, kalau pertanyaan saya nomor 2-7 itu kan dokter gak perlu sungkan-sungkan karena tidak di khususkan untuk menganalisa kedua orang itu yang sudah mencuci otak jemaat menjadi dungu, jadi kenapa ga dijawab aja yah dok

I'm waiting

teograce's picture

nabi palsu

karena saya bodoh dan kurang hikmat dalam membedakan nabi palsu, maka saya mencari apa yang Alkitab katakan mengenai nabi palsu. 

perkataan Alkitab mengenai nabi palsu :

Matius 

7:15. "Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.
7:16 Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri?
 

“Pada waktu itu jika orang berkata kepada kamu: Lihat, Mesias ada di sini, atau Mesias ada di sana, jangan kamu percaya. Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.” (Mat. 24:23-24).

…janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah: sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia. Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini sudah ada di dalam dunia ” (1 Yoh.4:1-3).

2 Petrus

2:1. Sebagaimana nabi-nabi palsu dahulu tampil di tengah-tengah umat Allah, demikian pula di antara kamu akan ada guru-guru palsu. Mereka akan memasukkan pengajaran-pengajaran sesat yang membinasakan, bahkan mereka akan menyangkal Penguasa yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka.

1 Yohanes

4:1. Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.
4:2 Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah,
4:3 dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia.
 

"Kalau minta maaf boleh, buat apa ada polisi?"

"Kalau mata bisa diganti dengan sebuah kehidupan, buat apa mata ganti mata?"

"Kalau bisa balas 7x77 kali buat apa balas sekali?"

"Kalau bisa menghakimi, buat apa ada Tuhan?"

saya akan beli hadiah deh.

saya akan beli Alkitab buat kiem, beli kamus buat tonypaulo, beli kaca buat minie, dan ga lupa beli kaca buat saya sendiri.

*nabi palsu itu siapa sih? *

 

 

__________________

-Faith is trusting God, though you see impossibility-

minie's picture

@Teograce, Nabi Palsu dan Pekerja JAHAT

Teo:

karena saya bodoh dan kurang hikmat dalam membedakan nabi palsu, maka saya mencari apa yang Alkitab katakan mengenai nabi palsu.

Minie:

kamu ngga lagi becanda kan? masak bilang kamu bodo dan kurang hikmat segala hahahaha. Aku sendiri juga ngga pintar, yang pintar itu ALKITAB FIRMAN TUHAN, yang sudah diberikan oleh Allah, yang dengan GAMBLANG dan JELAS sekali memberi petunjuk.

Cuman ya gitu, banyak PETUNJUK yang selama ini SENGAJA diabaikan atau DIHAPUS oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab alias Nabi Palsu alias pekerja jahat alias dll

Kan kamu uda ngutip ayatnya diatas, sebenarnya kamu emang nanya ke saya atau gimana Teograce? kalo iya nanti aku jawab sesuai ayat yang kamu kutip hehehehe

teograce's picture

cuma cari tahu sih minie,

cuma cari tahu sih minie, definisi nabi palsu yang alkitabiah itu apa.

dan saya pikir berdasarkan definisi di atas, orang-orang yang konon disebutkan sebagai nabi palsu, berdasarkan definisi alkitab, menurut saya bukan nabi palsu, cuma orang yang kurang pemahaman alkitabnya, ga baca statement dengan baik n kepancing emosi.

saya ga maksud nanya, n ga maksud ditujukan ke pihak tertentu. salah tempat sih, mestinya bukan reply setelah dipikir-pikir. cuma mo nulis apa yang saya pikirkan saja, sehubungan dengan kata-kata nabi palsu yang terngiang-ngiang sejak saya buka ss sampai sekarang.

belum pernah saya mencari apa kata alkitab tentang nabi palsu, hingga tadi. :D

__________________

-Faith is trusting God, though you see impossibility-

minie's picture

@teograce, cari tau ni yeee

pake gaya malu-malu kucing segala hahahaha. eh kamu cewek ya rupanya?

 

teograce: 

cuma cari tahu sih minie, definisi nabi palsu yang alkitabiah itu apa.

minie:

serius nih, aku sebenarnya ga pinter2 kaya yang lain kalo soal alkitab. Selama ini yang mempermudah aku itu ya  Alkitab SABDA di SS ini buat nyari2 ayat hahaha, lagian siapa juga yang bisa hapal luar kepala isi Alkitab?

Tapi berhubung aku lagi baik hati ciehh, aku copasin kamu sedikit ayat yang SUDAH aku kutip di blog aku:

Wahyu 2 : 20  Tetapi Aku mencela engkau, karena engkau membiarkan wanita Izebel, yang menyebut dirinya (ngaku-ngaku kek Tony) nabi/nabiah mengajar dan menyesatkan hamba-hamba-Ku supaya berbuat zinah dan makan persembahan-persembahan berhala.

Yeremia 28:9   Tetapi mengenai seorang nabi yang bernubuat tentang damai sejahtera, jika nubuat nabi itu digenapi, maka barulah ketahuan, bahwa nabi itu benar-benar diutus oleh TUHAN."

Matius 18:6  "Tetapi barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil ini yang percaya kepada-Ku, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya lalu ia ditenggelamkan ke dalam laut.

Galatia 1: 8-9  Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari surga yang memberitakan kepadamu suatu injil yang BERBEDA dengan injil yang telah kami beritakan kepadamu, TERKUTUKLAH DIA

Matius 7:15   Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba (menyamar pake bahasa kasih, sopan santun, mengutip ayat dll), tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.

Coba nanti kamu liat-liat sendiri juga, banyak sekali sebenarnya, cuman ya gitu, kalau dikasi satu aja ga mau ngerti, biar dikasi banyak atau dikasi liat orang mati bangun lagi juga bakalan ga mau ngerti hehehehe

Pake Alkitab SABDA biar cepet non.

lapan's picture

tapi

Matius 7:15   Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu denganmenyamar seperti domba (menyamar pake bahasa kasih, sopan santun, mengutip ayat dll), tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.

 

bukan berarti semua yang pakai bahasa kasih, sopan santun, dan mengutip ayat, dll adalah nabi palsu kan?

 

Wahyu 2 : 20  Tetapi Aku mencela engkau, karena engkau membiarkan wanita Izebel, yang menyebut dirinya (ngaku-ngaku kek Tony) nabi/nabiah mengajar dan menyesatkan hamba-hamba-Ku supaya berbuat zinah dan makan persembahan-persembahan berhala.

emang Tony ngajarin berbuat zinah dan makan persembahan berhala ya :p

__________________

imprisoned by words...

minie's picture

lapan ke-susu ajah

lapan:  bukan berarti semua yang pakai bahasa kasih, sopan santun, dan mengutip ayat, dll adalah nabi palsu kan?

Minie:  ya nggak lah, masak kek gitu cara kamu ngambil kesimpulan hehehehe

Coba fokus di "menyamar" dimana mereka itu sangat pandai menyamar, bahkan jadi pimpinan gereja segala, hebat kan?

 

lapan:  emang Tony ngajarin berbuat zinah dan makan persembahan berhala ya :p

minie:  ya ampun lapan, koq gitu ya cara kamu ngambil kesimpulan???

Fokus non, FOKUS hehehehe. kalo menyesatkan sih iya, tapi bukan supaya berzinah. Kalo makan persembahan berhala sih mungkin juga bukan makan beneran ato gimana. Tapi yang pasti Tony memberhalakan dirinya sendiri, dimana ego dan kesombongannya yang menjadi Tuhannya atau BERHALA. Coba fokus di menyesatkan, kan banyak bentuk penyesatan. Lha kamu fokusnya malah di yang lain (zinah)

Agak dipelanin ya kalo baca lapan, jangan kesusu hahahaha

lapan's picture

maksudnya apa tuh kesusu?

terlalu cepat mengambil kesimpulan ya?

Yee si minie ga liat ada smiley yang kutipan kedua, tu becanda kali, abis kamu nulisnya kaya tony, terus dibold berzinah dan makan persembahan berhalanya. Hahahaha

Kalo yang pertama, karena sepintas ya, dari komen raissa di tulisanmu yang ini, ada aja yang berpendapat, hanya ada dua pilihan tuk menyampaikan sesuatu:

baik tapi palsu

kasar tapi asli

Aku juga tau lahhhh ga mungkin seperti itu. Hahahaha itu lebih ke retoris, pertanyaan yang sebenarnya merupakan pernyataan yang dipertegas (ciehh)

__________________

imprisoned by words...

teograce's picture

@ minie

iyah donk.. saya kan emang shy shy cat.. harus jaim.. wakakkakaka..... mang username saya kek nama co apa? 

terlalu angkuh kalo bilang tafsiran alkitab salah satu dari semua orang yang ada di dunia ini ada yang paling benar dan ada yang paling salah, yang ada cuma mendekati kebenaran dan kurang mendekati kebenaran.  banyak banget emang ayat mengenai nabi palsu, dan saya lihat minie di sini kek FPK (Front Pembela Kristen) sodaranya... *tau kan, ga usah disebutin donk.. hehe...*  

Kata Abraham kepadanya: Jika mereka tidak mendengarkan kesaksian Musa dan para nabi, mereka tidak juga akan mau diyakinkan, sekalipun oleh seorang yang bangkit dari antara orang mati."

sori minie, ga ketemu tuh ayat yang kek minie bilang, adanya yang saya tulis di atas.. bukan masalah ketemu banyak ato sedikit, tapi mendengarkan atau tidak..

toh segala jalan orang adalah bersih menurut pandangannya sendiri, tetapi Tuhanlah yang menguji hati (Amsal 16:2). jalan saya benar menurut saya, dan jalan minie benar menurut minie. anggap saja ini cuma ocehan ga penting dari seseorang yang berada di sekeliling orang-orang yang mengaku diri kristen sejak saya lahir. 

*perhaps there is only one true Christian, and He's died long time ago.*

 

__________________

-Faith is trusting God, though you see impossibility-

lapan's picture

setelah dipikir-pikir

Sebenarnya kalau melihat pembahasan alkitab, nabi palsu sepertinya mudah dikenali yah

- menyangkal penebus

- mengadakan tanda dan mujizat

- buahnya jelek >> mungkin malah bikin stress, perpecahan, atau apa? Jadi ingat bahas-bahas buah sama coldwind. Bisa diterapkan dalam kasus mengenali nabi palsu dari buahnya ga ya

 

(btw grace, ini ya maksudmu soal kaca dan kamus... aduh *_*)

 

__________________

imprisoned by words...

DAN-DAN's picture

@8, yak setuju

yak setuju, tapi point -menyangkal Yesus- itu menurut aku gak sesederhana seperti itu, sebab dia menyamar jadi domba, srigala pake apkean domba. Kalo kliatan srigala ya domba nya lari semua, orang-orang kristen gak mungkin ikut dia.

menurut aku banyak pengajaran2 yang mengarah kepada misalnya peninggian diri sendiri, mementingkan kesejahteraan hidup, setelah trima Yesus lalu diselamatkan lalu kita harus hidup berlimpah2 dengan ukuran dunia. Itu mengecilkan arti KESELAMATAN, mengecilkan arti YANG MENYELAMATKAN.

Nanti pelan2 kan ketahuan, mereka kan serigala yang menyamar seperti domba. Bisa aja orang2 itu bukan nabi palsu, tapi orang yang gak ngerti firman. Tapi kalo diterus2in hal-hal macam ini akan mengarah ke nabi palsu yang sesungguhnya.

Jadi aku setuju tulisan Minie, mendingan hati-hati dari sekarang, sebab hati-hati terhadap nabi palsu itu juga perintah Firman Tuhan.

 

DAN-DAN

__________________

Saya Suka Bebek Panggang...

lapan's picture

@dan2 yap, perlu terus dipertanyakan

Tujuan dan benefitnya apa...

Tapi hati-hati jangan sampai kita jadi buta.

Ada cerita, dua orang yang punya konflik membawa perkaranya ke pengadilan. Kita sebut pihak A dan B. Masing-masing menyewa seorang pengacara.

Pengacara A: "Ayo kita kasih seekor BEBEK kepada hakimnya biar dia memihak kita"

A: "kamu gila apa?! Hakim itu terkenal karena anti korupsi. Kamu berbuat begitu malah kita sudah pasti kalah"

Kemudian sidang dilakukan dan A menang.

A: "Wah, aku ga nyangka semudah itu"

Pengacara A: "Iyalah, aku kasi dia BEBEK, tapi atas nama B"

Tu aku ambil dari cerita di salah satu buku Anthony de mello, lupa tapi di mana, banyak soalnya hahahaha 

 

__________________

imprisoned by words...

DAN-DAN's picture

@8, knp harus bebek?

Kenapa harus bebek seh ? huhhhhhhhh

 

DAN-DAN

__________________

Saya Suka Bebek Panggang...

lapan's picture

@dan2 swt dasar bebek...

masa gitu aja gak ngerti, ya buat sekalian buli2 kamu lah! huahahahah peace ya dan... ^_^v

kalo ga salah, ada killer linenya tuh tapi aku lupaaaaaa, seingetku ya:

ketidaksukaan atas perbuatan tak bermoral itu sama butanya dengan kesukaan akan perbuatan tak bermoral

klo yang kutangkap, objektif :D 

__________________

imprisoned by words...

teograce's picture

@8

iyah non, ini yang kaca n kamus.. hahaha...

a very funny thing imo.. :D :p 

__________________

-Faith is trusting God, though you see impossibility-

Erfen Gustiawan Suwangto's picture

@ Minie:

@ Minie: pusinnnnnnnnnkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk hahahahahhahahahahahahahahahahahahaha