Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Am I Ready?

karintanojo's picture

Belajar untuk persiapan ujian nasional yang semakin dekat, ikut ujian praktek di sekolah, bimbingan belajar di tempat kursus. Kegiatan sehari-hari nampaknya semakin penuh dengan aktivitas belajar sehingga tenaga dan pikiran banyak tersita untuk menekuni bahan ujian.

Apa tujuan dari usaha belajar yang dilakukan? Apa hasil akhir yang diharapkan?

Jika untuk mencapai cita-cita dan impian yang diinginkan, apa cita-citamu?

 CIta-cita sama dengan tujuan akhir yang didambakan dari segala usaha yang sedang dilakukan pada saat ini. Hidup bisa diibaratkan suatu perjalanan dan dalam melakukan perjalanan seseorang harus memilih arah jalan yang akan dilaluinya. Tujuan menentukan arah langkah kita yang sama dengan kegiatan yang dilakukan pada saat ini untuk mencapai posisi yang diimpikan. Apa tujuan dari usaha belajarmu pada saat ini?

Dalam menghadapi tantangan yang semakin bertambah, kemampuan atau kompetensi apakah yang ingin dicapai dalam hidupmu? Apakah semua potensi yang ada dalam dirimu sudah dikembangkan sedemikian rupa sehingga bisa membawamu untuk meraih keinginan saat ini?

Salah satu tantangan yang ada saat ini adalah keterbukaan dalam Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) yang memberikan ijin kepada pekerja asing untuk memasuki dunia kerja di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa individu akan dinilai berdasarkan keterampilan dan kompetensi yang dimilikinya untuk melakukan suatu pekerjaan.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memberikan nilai tambah dalam diri seperti mengenali potensi yang ada dalam diri melalui pendidikan. Pendidikan memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi diri dalam berbagai bidang. Setelah mengetahui potensi yang ada dalam diri, kembangkanlah kemampuan dan keterampilan di bidang tersebut. Jika potensi dan kemampuan sudah diperoleh maka pengambilan keputusanuntuk menentukan jurusan dapat dilakukan. Hidup penuh dengan pilihan. Pilihlah  dengan bijak jalan yang akan ditempuh dan hadapi semua konsekuensinya. Pilihanmu akan menentukan jalan hidupmu.

 

Persiapkan perjalanan hidupmu sebaik-baiknya. Have a great journey! God bless you

__________________

Karin Tanojo