Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Misteri CiptaanNya

karintanojo's picture

Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya.

Mazmur 139:14

 

Banyak orang merasa bahwa hidupnya kosong apalagi jika dirinya sedang mengalami kesulitan seperti pekerjaan yang tidak memuaskan, relasi bermasalah, bahkan setelah mencapai suatu kesuksesan dalam karir atau hidup. Kekosongan yang dirasakan bisa perasaan sendiri seperti kegalauan anak-anak muda jaman sekarang. Kalau tidak punya pasangan alias ‘jomblo’, mereka merasa ada sesuatu yang hilang dari hidupnya. Perasaan kesepian, kesendirian, dan kosong yang melanda secara terus menerus dapat mengakibatkan efek yang negatif. Perasaan seperti ini bisa mengarah pada tumpulnya perasaan atau mati rasa secara psikologis, bukan mati suri atau koma ya seperti dalam arti fisik.

 

Perasaan kosong dalam hidup ini bisa disebabkan oleh banyak faktor dalam hidup seperti kematian atau perpisahan dengan orang yang dicintai, perubahan hidup yang drastis, perasaan rendah diri, kurangnya kemampuan menjalin relasi sosial dengan orang lain, dan berbagai penyebab yang berbeda-beda antar individu. Kematian pasangan hidup akan menyebabkan perubahan besar bagi orang yang ditinggalkan. Perpisahan dengan orang yang sangat disayangi juga meninggalkan kekosongan dalam hati. Perasaan rendah diri yang berkepanjangan dapat menyebabkan seseorang menjadi apatis dan kurang memiliki semangat hidup.

 

Dampak negatif yang timbul dari perasaan yang melanda ini adalah kecemasan yang berlebihan, menarik diri dari lingkungan di sekitarnya, serta perasaan terisolasi dari kehidupan di sekitarnya. Perilaku yang tampak adalah mengurung diri di rumah atau sebaliknya merasa kesepian saat berada di antara keramaian. Semangat untuk beraktivitas yang menurun sehingga timbul keengganan untuk melakukan berbagai macam aktivitas yang biasanya dilakukan.

 

Apakah anda merasa hidup anda kosong? Mari kita melakukan check up psikologis diri kita sendiri. Kalau kita merasakan perasaan kesepian dan kekosongan yang merongrong keseharian kita, apa yang bisa kita lakukan?

Ada berbagai macam cara untuk mengatasi kekosongan hidup. Ada yang dapat membawa pengaruh yang positif dan ada yang membawa pengaruh yang negatif. Bagaimana caranya supaya kita dapat mengisi kehidupan kita dengan positif? Salah satu caranya adalah dengan memberikan waktu bagi diri sendiri. Seringkali individu banyak berfokus pada hal-hal atau orang-orang yang ada di sekitarnya dan melupakan dirinya sendiri. Oleh karena itu, kita perlu belajar bagaimana cara menghargai diri sendiri dan berusaha untuk mengekspresikan diri kita sebagaimana adanya, bukan seperti yang diinginkan oleh orang lain. Mari kita memberikan waktu bagi diri kita sendiri untuk merenungkan hal-hal apa yang bisa kita lakukan untuk mengembangkan diri dan bukan untuk mengritik diri sendiri serta menyesali masa lalu terus-menerus. Pada saat kita berhasil melakukan sesuatu, kita dapat memberikan hadiah bagi diri kita sendiri sebagai bentuk penghargaan terhadap diri sendiri. Tuhan sudah memberikan kepada kita kehidupan yang tak ternilai oleh apa pun di dunia ini, marilah kita berterimakasih dengan menjaga kehidupan tersebut sebaik-baiknya. Let us be healthy inside out! God bless you.

 

 

Karin Tanojo

__________________

Karin Tanojo