Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Menyembah dalam roh ( Roh ) dan kebenaran

5p Arta's picture

Ketika Yesus berkata di dalam Yohanes 4 : 23 - 24

4:23 Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.

4:24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."

Hal yang pertama kita lihat adalah kepada siapa Yesus berkata.

Yesus mengatakan hal itu kepada perempuan Samaria. 

Orang - orang Samaria adalah orang - orang yang memiliki pola keagamaan yang kacau ( Menyembah Allah dan berhala )  Silahkan klik di sini. Dan di dalam menyembah Allah, mereka menjalankannya dengan *membabi buta.* 

Untuk tulisan membabi buta, saya menggunakan referensi FAYH

Yoh 4 : 21  Yesus menjawab, "Akan tiba waktunya kita tidak peduli lagi apakah kita berbakti kepada Bapa di sini atau di Yerusalem. Karena yang penting bukan tempat di mana kita berbakti, tetapi cara kita berbakti—apakah kebaktian kita itu bersifat rohani dan sungguh-sungguh? Apakah kita mendapat pertolongan Roh Kudus? Karena Allah adalah Roh dan untuk berbakti sebagaimana mestinya, kita harus mendapat pertolongan-Nya. Kebaktian semacam inilah yang dikehendaki Allah Bapa dari kita. Akan tetapi kalian orang Samaria sedikit sekali mengetahui tentang Dia, sehingga kalian menyembah dengan membabi buta; sedangkan kami orang Yahudi mengetahui segala sesuatu tentang Dia, sebab keselamatan itu datang ke dunia ini melalui orang Yahudi."

Karena itu, Yesus secara tidak langsung berkata bahwa pola keagamaan di dalam menyembah Allah yang dilakukan oleh orang - orang Samaria adalah salah. Kenapa di katakan salah ? Semua akan saya jawab di akhir dari blog ini.

Yesus menunjukkan cara menyembah Allah yang benar. Yaitu di dalam roh dan kebenaran.

Ketika membaca Yoh 4 : 23-24, kita melihat adanya tulisan roh dalam huruf kecil. Pemahaman yang salah adalah ketika kita memahami bahwa roh dengan huruf kecil adalah roh manusia. 

Untuk itu saya menggunakan referensi 

1. WBTC Draft ( Yoh 4 : 23 - 24 )

4 : 23 Saatnya telah tiba bagi penyembah-penyembah sejati untuk menyembah Bapa dalam Roh dan kebenaran. Dan saat itu sudah tiba. Dan orang seperti itulah yang diinginkan oleh Bapa menjadi penyembah-penyembah-Nya.

4 : 24 Allah itu Roh. Jadi, semua orang yang menyembah Allah harus menyembah dalam Roh dan kebenaran."

2. Ende ( Yoh 4 : 23 - 24 )

4 : 23 Tetapi waktunja akan datang, malah sudah sampai djuga, segala penjembah jang tulen akan menjembah Bapa dalam Roh dan kebenaran. Karena penjembah-penjembah jang demikian itu jang dikehendaki oleh Bapa.

4 : 24 Allah itu Roh, dan segala orang jang menjembah Dia harus menjembah Dia dalam Roh dan kebenaran.

3. Melayu Baba ( Yoh 4 : 23 - 24 )

4 : 23 Ttapi waktu-nya nanti datang, dan skarang pun sudah ada, bila orang yang smbahyang dngan btul nanti smbah Bapa dngan Roh dan kbtulan: kerna ini macham punya orang Allah ada chari spaya dia-orang boleh smbah dia.

4 : 24 Allah itu Roh: dan orang yang smbah dia msti smbah dia dngan Roh dan kbtulan."

Manakah yang benar ? Roh atau roh ?

Untuk itu saya mengambil referensi lain yaitu bahasa aslinya kata roh

Di dalam Yoh 4 : 23, kata roh diambil dari kata *pneumati* dan di dalam Yoh 4 : 24, kata roh diambil dari kata *pneuma*

Kata pneumati juga digunakan di dalam Gal 5 : 25

5:25 Jikalau kita hidup oleh Roh ( Pneumati ), baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh ( pneumati ),

Kata  Pneuma juga digunakan di dalam 1 Tesalonika 5 : 19

5:19 Janganlah padamkan Roh ( Pneuma ), 

Pneumati = Pneuma = Roh = roh ( dalam terjemahan baru LAI ), bukan mengacu kepada roh manusia. Tetapi kepada Roh Kudus.


Untuk memahami Yohanes 4 : 23 - 24, alangkah baiknya kita melihat penyembahan yang dilakukan oleh orang - orang Samaria. Orang - orang Samaria adalah orang - orang yang menggunakan kekuatan manusia untuk menyembah Allah. Karena itu Yesus memberitahu, bahwa untuk menyembah Allah harus di dalam Roh dan Kebenaran. Yaitu menyembah dengan menggunakan pimpinan Roh Kudus / kuasa Roh Kudus dan di dalam kebenaran.

Saya tidak menggunakan LAI sebagai dasar referensinya. Tetapi saya menggunakan BIS ( Yoh 4 : 23 )

4 : 23 Tetapi waktunya akan datang, malahan sudah datang, bahwa dengan kuasa Roh Allah orang-orang akan menyembah Bapa sebagai Allah yang benar seperti yang diinginkan Bapa.

Inilah jawaban saya atas pernyataan saya di atas, bahwa penyembahan yang dilakukan oleh orang Samaria salah, dikarenakan mereka menggunakan kekuatan mereka sendiri untuk menyembah Allah. Bukan kuasa Roh Kudus.


Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

 

__________________

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

5p Arta's picture

@all

Menyembah dalam roh dan kebenaran bukanlah menyembah dalam bahasa roh

--------------------------------------------------------------

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

__________________

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

rogermixtin09's picture

@5p Arta

Salam 5p Arta

Wah anda telah mematahkan teorinya pak Kiem.

trims

Tuhan Yesus memberkati

5p Arta's picture

@rogermixtin09

Salam kenal juga @roger

---------------------------------------------------------------------

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

__________________

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

smile's picture

SPARTA :saya selalu senyum sendiri

Aduh,..setiap melihat tulisan SPARTA kok smile selalu senyum senyum sendiri yah...Kapan ga selalu senyum sendiri ketika membaca blog SPARTA?

karena jadi selalu membayangkan sahabatku HISKIA22.......huhuhu...prikitiew,...

 

sincerely,
smile

*Penakluk sejati adalah orang yang mampu menaklukkan dirinya sendiri*

 

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

5p Arta's picture

@smile

Saya hanya melanjutkan perjuangannya hiskia22....he...he...he.....

ikutan prikitiew.........

-------------------------------------------------------------

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

__________________

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

PlainBread's picture

Karismatik, roh dan Roh

"Menyembah dalam roh dan kebenaran", diartikan sebagian orang [karismatik] sebagai:

"Menyembah DENGAN roh ..."

Padahal, kata yang dituliskan adalah DALAM, bukan DENGAN.

Jadi karena diartikan menyembah DENGAN roh, makanya dianggap sebagai menyembah dengan berbahasa roh.

 

Alasan lain lagi:

Kata roh di situ adalah paralel dengan kata Kebenaran (roh dan kebenaran). Artinya levelnya sejajar, maknanya sejajar. Apakah roh kita sama makna dan tingkatannya dengan Kebenaran? Tidak.

 

 

One man's rebel is another man's freedom fighter

5p Arta's picture

@PlainBread

.........................

---------------------------------------------------------------

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

__________________

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

Kiem's picture

@Plain Bread, anda orang kharismatik yang gagal alias murtad

Salam Damai sejahtera Saudara Plain Bread.

Saya sangat "gemas" membaca komentar-komentarnya "MANTAN" orang kharismatik di SS ini, yang kebanyakan seperti nabi Bileam, sempat bernubuat (menerima karunia ilahi), tetapi akhirnya PADAM, karena keangkuhan, sok rohani dan menggunakan karunia tersebut sebagai kesombongan atau kekanak-kanakan.

PB mengoceh

"Menyembah dalam roh dan kebenaran", diartikan sebagian orang [karismatik] sebagai:

"Menyembah DENGAN roh ..."

Padahal, kata yang dituliskan adalah DALAM, bukan DENGAN.

Jadi karena diartikan menyembah DENGAN roh, makanya dianggap sebagai menyembah dengan berbahasa roh.

Kiem mengomentari :

Anda adalah orang kharismatik yang gagal. Bahkan sudah dapat dikatakan Murtad, karena "tidak mempunyai hati nurani yang baik lagi, alias menyimpan dendam, entah sama siapa, sama Tuhan kali ya???

Anda mengomentari blog saya dengan terlalu percaya diri (PD), tetapi anda "MALAS" membacanya.

kata-kata "dengan roh" disitu adalah terjemahan lama. Baca lagi ya, jangan terlalu PD.

PB mengoceh lagi :

Alasan lain lagi:

Kata roh di situ adalah paralel dengan kata Kebenaran (roh dan kebenaran). Artinya levelnya sejajar, maknanya sejajar. Apakah roh kita sama makna dan tingkatannya dengan Kebenaran? Tidak.

Kiem mengomentari :

Kata-kata "tidak" terakhir itu, apa dasarnya dan alasannya, bukankan anda memunyai "MATA" untuk melihat dalam beberapa terjemahan termasuk KJV, bahwa kata "roh" ditulis dengan huruf kecil"??, dan seharusnya anda mempunyai nalar untuk memahami arti sebuah penulisan.

Andalah yang tahu apa yang ada di hati anda.

Bertobatlah, hai mantan orang yang mendapat karunia luar biasa, seperti nabi Bileam yang pernah bernubuat.

Tuhan Yesus memberkati

PlainBread's picture

@Kiem Gpp kok saya dicap murtad, yang penting GANTENG :)

Salam Damai sejahtera Saudara Plain Bread.

Saya sangat "gemas" membaca komentar-komentarnya "MANTAN" orang kharismatik di SS ini, yang kebanyakan seperti nabi Bileam, sempat bernubuat (menerima karunia ilahi), tetapi akhirnya PADAM, karena keangkuhan, sok rohani dan menggunakan karunia tersebut sebagai kesombongan atau kekanak-kanakan.

Hahahaha.

Sesudah mengucapkan salam damai sejahtera, trus punya FREE PASS untuk mencap saya macem2 ya? Belajar dari mana, Pak? Semoga bukan dari gereja anda :)

Tenang pak. Karunia2 saya tidak padam. Jadi anda salah SANGKA. Bahkan bukankah ketika saya bilang anda perlu bertobat, komentar anda ini adalah bukti bahwa ucapan saya tersebut benar. Dan kalo benar, bukankah itu datang dari Allah? :)

 

Kiem mengomentari :

Anda adalah orang kharismatik yang gagal. Bahkan sudah dapat dikatakan Murtad, karena "tidak mempunyai hati nurani yang baik lagi, alias menyimpan dendam, entah sama siapa, sama Tuhan kali ya???

Anda mengomentari blog saya dengan terlalu percaya diri (PD), tetapi anda "MALAS" membacanya.

kata-kata "dengan roh" disitu adalah terjemahan lama. Baca lagi ya, jangan terlalu PD.

Wah, dengan apakah anda menilai bahwa saya tidak memiliki hati nurani yang baik lagi? Apalagi menyimpan dendam. Hati2, pak Kiem, ukuran yang anda pakai bisa dipakai untuk mengukur anda :) Hati2 juga pak Kiem, kalo Tuhan belum menghakimi, anda tidak boleh maju duluan. Belajarlah dari Malaikat Michael.

Maaf pak, saya tidak pakai terjemahan lama. Saya pake Greek. Kata 'dalam' yang ada di situ adalah berasal dari kata en. Tapi anda benar, itu bisa diartikan dalam, dan bisa diartikan dengan. Jadi kita 50-50, saya bisa salah, anda bisa salah. Gimana, setuju? :)

 

Kiem mengomentari :

Kata-kata "tidak" terakhir itu, apa dasarnya dan alasannya, bukankan anda memunyai "MATA" untuk melihat dalam beberapa terjemahan termasuk KJV, bahwa kata "roh" ditulis dengan huruf kecil"??, dan seharusnya anda mempunyai nalar untuk memahami arti sebuah penulisan.

Andalah yang tahu apa yang ada di hati anda.

Bertobatlah, hai mantan orang yang mendapat karunia luar biasa, seperti nabi Bileam yang pernah bernubuat.

Tuhan Yesus memberkati


Kan sudah pernah saya bilang pak, TEXT ORIGINAL perjanjian baru itu SEMUA hurufnya adalah huruf besar. Informasi lain lagi, TEXT ORIGINAL tidak ada pakai tanda baca DAN penomoran pasal dan ayat. Mengerti, pak? :) Kenapa saya tau? Karena saya pernah pergi mengunjungi BIBLE MUSEUM dan membaca beberapa buku bertopik textual criticism.

Kalo soal KJV, anda lebih percaya KJV atau percaya teks original?

Dasar saya mengatakan tidak, adalah karena yang dimaksud kebenaran adalah Yesus sendiri, sang Firman. "Akulah Jalan, dan Kebenaran, dan Hidup". Apa pak Kiem merasa bahwa roh pak Kiem selevel dengan sang Kebenaran, sang Firman alias Yesus itu sendiri? Silakan. Ati2, pak. Ntar murtad loh. Hahahahaha.

 

 

One man's rebel is another man's freedom fighter

Kiem's picture

@Plain Bread, cukuplah, anda itu bermulut manis

Salam Damai Sejahtera

Cukuplah berdebat dengan anda, sebab anda itu bermulut manis.....

Saya sudah banyak melihat komentar anda kepada orang lain.

Anda tidak bisa menepati janji anda untuk mengomentari blog saya.

Saya menagih ini, karena saya sudah membaca apa yang akan anda debatkan kepada saya, dan komentar anda diatas, itu pula yang sudah anda sampaikan di blog saya.

Saya sudah bisa melihat anda, Saudaraku yang pernah mengalami karunia luar biasa dari Tuhan dan masih mengalaminya sampai sekarang.

Saya tidak perlu lagi mengomentari satu persatu kalimat anda.

Tuhan Yesus memberkati

PlainBread's picture

@Kiem Kata orang saya kasar, bukan bermulut manis

Anda keliru Kiem. Kata orang saya suka kasar dan menghina orang lain. Kalo anda bilang saya bermulut manis, itu pasti karena anda belum melihat SEMUA tulisan dan komentar saya. Sampaikanlah PUJIAN anda itu kepada orang lain, tapi jangan kepada saya :)

 

Ngomong2 soal blog anda, kemaren saya sempat lihat di track, komentar di blog anda ada nomornya (kalo gak salah 6), saya login lagi yang terakhir, nomornya bertambah. Kalo anda bilang saya tidak bisa menepati janji saya, ya tidak apa2. Anda mau bilang saya bermulut manis, sombong, murtad, gagal, angkuh, menyimpan dendam, karunia2 rohnya sudah padam, terlalu percaya diri, gak menambah dan mengurangi apa2 kok buat saya.

Seperti saya bilang, saya akan berada di sana ketika sudah sepi. Tapi yang ada malahan komentar di blog anda setiap harinya bertambah terus. Jadi silakan anda renungi, apakah anda sudah menilai dengan benar ketika anda bilang saya tidak bisa memenuhi janji saya? Kalo memang anda bersikeras, ya gpp. Saya tidak bisa memaksa anda. Saya hargai keputusan anda :)

Apa yang saya mau sampaikan di blog anda bukan SEKEDAR mengupas 1 ayat tersebut, tapi mengajak anda berdiskusi soal aplikasi ayat tersebut. Beberapa gereja karismatik di Amerika dan Canada sudah mulai menerapkan apa yang saya juga pegang sejak beberapa tahun yang lalu. Saya percaya nantinya beberapa doktrin dan pengajaran gereja2 karismatik di Indonesia akan berubah seperti itu juga, Ini bukan nubuatan, tapi memang polanya hampir selalu seperti itu. Karismatik di Indonesia cenderung berkiblat ke gereja2 karisatik di Amerika. Guru2 dan pemimpin2 karismatik di Amerika sangat dihormati di gereja2 karismatik Indonesia.

 

One man's rebel is another man's freedom fighter

Kiem's picture

@Plain Bread, anda bermulut manis kepada saya, bukan ke yg lain

Salam Damai Sejahetera Sdr. Plain Bread

PB : Anda keliru Kiem. Kata orang saya suka kasar dan menghina orang lain. Kalo anda bilang saya bermulut manis, itu pasti karena anda belum melihat SEMUA tulisan dan komentar saya. Sampaikanlah PUJIAN anda itu kepada orang lain, tapi jangan kepada saya :)

Kiem : Saya katakan anda bermulut manis, justru karena saya sudah membaca komentar anda kepada orang lain, tetapi kepada saya, saya belum menemukan kekasaran anda itu, itulah yang saya maksud anda bermulut manis kepada saya, entah kenapa, padahal yang saya nantikan dari anda, Ya untuk ya dalam hal PENGAJARAN, mari kita keras-kerasan seperti saya dengan Hiskia22 DISINI, seperti itulah yang saya nantikan dari anda.

Yang saya terima, dengan lembut anda menyampaikan komentar anda yang bertentangan dengan pendapat saya.

Kalau anda gentleman dengan PENGAJARAN ANDA?, mari, seperti saya dengan Hizkia, atau  seperti anda dengan orang lain.

Plain Bread :

Ngomong2 soal blog anda, kemaren saya sempat lihat di track, komentar di blog anda ada nomornya (kalo gak salah 6), saya login lagi yang terakhir, nomornya bertambah. Kalo anda bilang saya tidak bisa menepati janji saya, ya tidak apa2. Anda mau bilang saya bermulut manis, sombong, murtad, gagal, angkuh, menyimpan dendam, karunia2 rohnya sudah padam, terlalu percaya diri, gak menambah dan mengurangi apa2 kok buat saya.

Seperti saya bilang, saya akan berada di sana ketika sudah sepi. Tapi yang ada malahan komentar di blog anda setiap harinya bertambah terus. Jadi silakan anda renungi, apakah anda sudah menilai dengan benar ketika anda bilang saya tidak bisa memenuhi janji saya? Kalo memang anda bersikeras, ya gpp. Saya tidak bisa memaksa anda. Saya hargai keputusan anda :)

Kiem menjawab :

Silahkan, dan saya tunggu kesempatan anda, tetapi saya berharap, anda dapat menunjukkan sifat asli anda, menandakan bahwa anda orang kharismatik, artinya anda berdiri teguh dalam pengajaran, karena sebagai orang kharismatik, tentunya mpengajaran itu sudah diteguhkan oleh Roh Kudus.

Mungkin tidak selamanya tepat seperti maksud Tuhan (maksud Roh Kudus) dalam pengetian kita, ya, katakanlah, bisa saja salah, maka dengan sikap gentleman juga bisa mengakuinya., jangan abu-abu

 

Plain Bread menulis :

Apa yang saya mau sampaikan di blog anda bukan SEKEDAR mengupas 1 ayat tersebut, tapi mengajak anda berdiskusi soal aplikasi ayat tersebut. Beberapa gereja karismatik di Amerika dan Canada sudah mulai menerapkan apa yang saya juga pegang sejak beberapa tahun yang lalu. Saya percaya nantinya beberapa doktrin dan pengajaran gereja2 karismatik di Indonesia akan berubah seperti itu juga, Ini bukan nubuatan, tapi memang polanya hampir selalu seperti itu. Karismatik di Indonesia cenderung berkiblat ke gereja2 karisatik di Amerika. Guru2 dan pemimpin2 karismatik di Amerika sangat dihormati di gereja2 karismatik Indonesia.

Kiem menjawab :

Saya tunggu, tetapi untuk sementara saya sudah yakin (karena kalimat terakhir anda ini), bahwa perkiraan anda salah besar, karena dalam alkitab juga ada nubuatan mengenai hal ini.

Tuhan Yesus memberkati

PlainBread's picture

@Kiem Jadi ceritanya anda berubah pikiran, nih? :)

Kiem : Saya katakan anda bermulut manis, justru karena saya sudah membaca komentar anda kepada orang lain, tetapi kepada saya, saya belum menemukan kekasaran anda itu, itulah yang saya maksud anda bermulut manis kepada saya, entah kenapa, padahal yang saya nantikan dari anda, Ya untuk ya dalam hal PENGAJARAN, mari kita keras-kerasan seperti saya dengan Hiskia22 DISINI, seperti itulah yang saya nantikan dari anda.

Yang saya terima, dengan lembut anda menyampaikan komentar anda yang bertentangan dengan pendapat saya.

Kalau anda gentleman dengan PENGAJARAN ANDA?, mari, seperti saya dengan Hizkia, atau  seperti anda dengan orang lain.

SS ini rada2 aneh. Ada orang komplen saya kasar, ok mungkin saya perlu mengubah pemilihan kata2 saya. Tapi ketika saya mencoba untuk teramat sangat hati2 dalam menulis, malah ada SSer lain yang meminta saya keras-kerasan. Hahahaha.

Kiem, saya selalu berusaha untuk tahu dan paham kepada siapa saya berbicara. Saya punya maksud dan alasan kenapa saya TERKESAN lembut ke orang tertentu dan kenapa TERKESAN kasar ke orang yang lain. Gak bisa saya sama ratakan setiap orang sehingga semuanya saya martil atau semuanya saya kasih cake frosting, manusia bukan robot. Buat anda, sampai sekarang saya rasa gak perlu pake keras-kerasan.  Please jangan, Kiem, "you wouldn't like me when I'm angry" - Incredible Hulk. Hehehehe.


Silahkan, dan saya tunggu kesempatan anda, tetapi saya berharap, anda dapat menunjukkan sifat asli anda, menandakan bahwa anda orang kharismatik, artinya anda berdiri teguh dalam pengajaran, karena sebagai orang kharismatik, tentunya mpengajaran itu sudah diteguhkan oleh Roh Kudus.

Mungkin tidak selamanya tepat seperti maksud Tuhan (maksud Roh Kudus) dalam pengetian kita, ya, katakanlah, bisa saja salah, maka dengan sikap gentleman juga bisa mengakuinya., jangan abu-abu

Kiem, sifat asli saya ya seperti ini :) Emangnya menurut anda sifat asli saya seperti apa sampai meminta saya untuk menunjukannya ke anda?

Saya tidak pernah bilang bahwa saya orang karismatik, Kiem, bahkan dari sejak saya bergereja di GBI. Saya lebih suka dicap sebagai orang Kristen. Kenapa? Karena di setiap denominasi saya temukan ada flaw atau pengajaran yang menurut saya keliru. Bukan hanya di karismatik. Tapi kenapa saya suka mengkritisi karismatik dan protestan? Karena latar belakang saya dari situ, ayah saya dari gereja Lutheran, ibu saya dari gereja karismatik. Saya cenderung melakukan otokritik (ke dalam) dari pada mengkritik denominasi lain yang bukan menjadi background saya, seperti Katolik, Anglican, orthodox, Baptis, SY, Mormon, dll.

Jadi kalo anda menyangka saya ANTI karismatik, anda salah. Ada orang2 yang saya kasihi bergereja di karismatik, tidak mungkin saya anti karismatik. Yang tepat adalah saya tidak setuju terhadap beberapa pengajaran di gereja karismatik. Buat saya, mengasihi dengan cara menegur itu lebih indah daripada dengan cara dielus2. Kalo dielus2 yang ada cuma timbul nafsu birahi :)

 

 

One man's rebel is another man's freedom fighter

Kiem's picture

@PB, silahkan telusuri lagi deh, lihat komentar saya sebelumnya

Salam Damai Sejahtera Sdr. Plain Bread

Seperti judul anda, saya tetap berpandangan sama seperti semula, karena saya meluhat anda semakin munafik dan membela diri atau mengeraskan hati.

Silahkan lihat komentar saya DISINI

Cukup dulu dan Selamat malam.

GBU

PlainBread's picture

@Kiem Anda cepat berubah pikiran atau dipenuhi Roh Kudus?

Hehehehe.

Daripada menyuruh saya membaca komentar2 anda, lebih baik anda duluan deh. Gimana?

Di blog ini, anda berkomentar:

Cukuplah berdebat dengan anda, sebab anda itu bermulut manis.....

Saya sudah banyak melihat komentar anda kepada orang lain.

Anda tidak bisa menepati janji anda untuk mengomentari blog saya.

SELANJUTNYA anda bilang:

Silahkan, dan saya tunggu kesempatan anda, tetapi saya berharap, anda dapat menunjukkan sifat asli anda, menandakan bahwa anda orang kharismatik, artinya anda berdiri teguh dalam pengajaran, karena sebagai orang kharismatik, tentunya mpengajaran itu sudah diteguhkan oleh Roh Kudus.

...

Saya tunggu, tetapi untuk sementara saya sudah yakin (karena kalimat terakhir anda ini), bahwa perkiraan anda salah besar, karena dalam alkitab juga ada nubuatan mengenai hal ini.

 

Gimana, Kiem, anda kok bisa berubah pikiran cepat dalam waktu KURANG dari 2 jam? Anda yakin, anda dipimpin Roh Kudus?

Dengarkanlah apa kata Roh Kudus, Kiem, kalo memang Dia memimpin anda. Jangan bilang cukup berdebat, selanjutnya malah nunggu. Apa anda pernah berpikiran kenapa ada seorang yang mengaku dipimpin Roh Kudus tapi kok cepat berubah pikiran? Saya yakin Roh Kudus bukanlah Tuhan yang plin plan.

 

 

One man's rebel is another man's freedom fighter

Kiem's picture

@Plainbread, anda sudah mempunyai itikad tidak baik

Salam Damai Sejahtera Sdr. Plain Bread

Plain Bread :

Hehehehe.

Daripada menyuruh saya membaca komentar2 anda, lebih baik anda duluan deh. Gimana?

Di blog ini, anda berkomentar:

Cukuplah berdebat dengan anda, sebab anda itu bermulut manis.....

Saya sudah banyak melihat komentar anda kepada orang lain.

Anda tidak bisa menepati janji anda untuk mengomentari blog saya.

SELANJUTNYA anda bilang:

Silahkan, dan saya tunggu kesempatan anda, tetapi saya berharap, anda dapat menunjukkan sifat asli anda, menandakan bahwa anda orang kharismatik, artinya anda berdiri teguh dalam pengajaran, karena sebagai orang kharismatik, tentunya mpengajaran itu sudah diteguhkan oleh Roh Kudus.

...

Saya tunggu, tetapi untuk sementara saya sudah yakin (karena kalimat terakhir anda ini), bahwa perkiraan anda salah besar, karena dalam alkitab juga ada nubuatan mengenai hal ini.

 

Gimana, Kiem, anda kok bisa berubah pikiran cepat dalam waktu KURANG dari 2 jam? Anda yakin, anda dipimpin Roh Kudus?

Dengarkanlah apa kata Roh Kudus, Kiem, kalo memang Dia memimpin anda. Jangan bilang cukup berdebat, selanjutnya malah nunggu. Apa anda pernah berpikiran kenapa ada seorang yang mengaku dipimpin Roh Kudus tapi kok cepat berubah pikiran? Saya yakin Roh Kudus bukanlah Tuhan yang plin plan.

Kiem :

anda tidak mempunyai itikad baik lagi

Silahkan inventarisir semua komentar saya dan memotong-motongnya, kalau anda tetap seperti itu, itu tandanya anda tidak memiliki hati nurani yang baik.

Anjing menggonggong, khafilah berlalu.

GBU Brow

PlainBread's picture

@Kiem Mau saya beliin Kaca buat hadiah ultah anda? :p

Hehehe. Masih "gemas" yaaa :p

Kiem, di blog ini, saya berkomentar TERHADAP blog yang ditulis di sini, BUKAN terhadap tulisan anda karena komentar anda gak ada sama sekali. Jadi saya bingung kenapa saya dibilang tidak ada itikad baik?

 

Selanjutnya, eng ing eng, tiba2, tahu2, sekonyong2, anda muncul dan merespons komen saya, dengan berkata bahwa saya murtad, gagal, karunia2 roh saya padam, seperti Bileam, sok rohani, SAMBIL bertanya soal ayat yang saya kupas. Ketika saya merespons anda, dengan MENJELASKAN ayat itu, komentar anda selanjutnya malah TIDAK berisi soal counter argumen anda terhadap penjelasan saya SEHUBUNGAN dengan ayat tersebut, malah anda bilang cukup berdebat dengan saya, sebab saya bermulut manis.

Selanjutnya lagi, anda malah berubah pikiran dan bilang mau menunggu saya untuk berdiskusi di blog ANDA. Masih gak sabaran ya, Kiem? Sabar ya, orang sabar disayang Tuhan :)

Jadi, Kiem, yang gak beritikad baik siapa ya? Hahahaha.

Kalo sudah dendam, pak Kiem, itu dosa -kata Allah kepada Kain- sudah mengintip di balik pintu. Jadi jangan ngintip di balik pintu seperti dosa, pak, mendingan tidur aja dulu biar segar. Besok kita lanjut lagi, tentunya membahas ayat tersebut, bukan masuk2 langsung mencap orang sombong, sok rohani, murtad, gagal, seperti Bileam, tidak memiliki hati nurani yang baik, dll.

Hahahaha.

 

 

One man's rebel is another man's freedom fighter

alvarez's picture

PB Jangan Sembarangan sama NUBUATAN Kiem!

PB@Kiem :

Besok kita lanjut lagi, tentunya membahas ayat tersebut, bukan masuk2 langsung mencap orang sombong, sok rohani, murtad, gagal, seperti Bileam, tidak memiliki hati nurani yang baik, dll.

alvarez :

Selain membahas ayat tersebut, boleh juga dibahas mengenai nubuatan Kiem yang diperoleh dari Roh Kudus kalau anda itu sombong, sok rohani, murtad, gagal, seperti Bileam, tidak memiliki hati nurani yang baik, dll.

PB@Kiem :

Kalo sudah dendam, pak Kiem, itu dosa -kata Allah kepada Kain- sudah mengintip di balik pintu. Jadi jangan ngintip di balik pintu seperti dosa, pak, mendingan tidur aja dulu biar segar.

alvarez :

Menurut saya kamu salah kalau mengatakan KIEM dendam karena seingat saya KIEM itu memiliki hati nurani suci lho??? bener kan Kiem???

 

PlainBread's picture

@Alvarez Kemane aje?

Hahahaha. Dateng2 langsung godain si Kiem :)

 

One man's rebel is another man's freedom fighter

alvarez's picture

habis jalan-jalan bro

Akhirnya kangen juga ma SS dan orang-orangnya, salah satunya ya pak Kiem hehehehe

sandman's picture

@alva sangking sayangnya..

Alva abis jalan-jalan oleh-olehnya? tidak usah bentuk barang juga tidak apa-apa, yang penting blognya di unggah, he he he.
 

Kangen sama SS tapi kok kamu gak adil sih, cuma kiem saja yang di sapa, anda tak bisa melupakan dia yah? Yang lain juga di sapa dunk. Banyak yang baru lho.

Kata rindunya begitu dalam sekali he he he.

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

alvarez's picture

@sandman, ngga mungkin

Kangen sama SS tapi kok kamu gak adil sih, cuma kiem saja yang di sapa, anda tak bisa melupakan dia yah? Yang lain juga di sapa dunk. Banyak yang baru lho.

ngga cuman Kiem lho, ada Tonypaulol, PB, Tante, Roger dll

Kalau mau nyapa 5910 bloggers satu-satu, aku bisa mati didepan monitor bro

 

5p Arta's picture

@alvarez

Gw kok ga di sapa bro ?...inget lo bro....anda nulis di blog saya....ha...ha...ha....

ikutan saudara smile ( Prikitieuw )....

-------------------------------------------------------------

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

__________________

Apakah yang terpenting di dalam hidup ini ?

alvarez's picture

@Sparta, sori kelupaan

Salam kenal ya bro, sori kalo lupa soalnya saya ngga biasa basa basi cipika cipiki hehehehe