Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Manusia Allah

The Pastor Perspective's picture
Sipahelut

By El Roi Israel Sipahelut in KNOW GOD & MAKE HIM KNOWN · (http://www.facebook.com/groups/125176907549587/doc/189821357751808/)

I Ti 6:11 - 14  Tetapi engkau hai manusia Allah, jauhilah semuanya itu, kejarlah keadilan, ibadah, kesetiaan, kasih, kesabaran dan kelembutan. Bertandinglah dalam pertandingan iman yang benar dan rebutlah hidup yang kekal. Untuk itulah engkau telah dipanggil dan telah engkau ikrarkan ikrar yang benar di depan banyak saksi. Di hadapan Allah yang memberikan hidup kepada segala sesuatu dan di hadapan Kristus Yesus yang telah mengikrarkan ikrar yang benar itu juga di muka Pontius Pilatus, kuserukan kepadamu: Turutilah perintah ini, dengan tidak bercacat dan tidak bercela, hingga pada saat Tuhan kita Yesus Kristus menyatakan diri-Nya.

 

Ketika mempersiapkan  kotbah ini saya sedikit berdebat denga pikiran ganda saya sebagai seorang Hamba Tuhan yang akan  membagikan dan menerangkan ayat ini kepada jemaat maupun sebagai seorang anak Tuhan yang ingin mendebat rasul paulus karena dengan beraninya dia mengatakan kepada seorang Timotius muda “Tetapi engkau hai manusia Allah”

Tentunya bukan sembarang pernyataan dan asal omong dari seorang sekaliber Paulus terhadap Timtius si Gembala muda nak bimbingan Sang Rasul besar tersebut, ada dua penggalan kata dalam frase tersebut di atas  yang begitu dashyat untuk kita pelajari dengan bimbingan Roh Kudus :

 

  1. Manusia - Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan Dalam hal kerohanian, mereka dijelaskan menggunakan konsep jiwa yang bervariasi di mana, dalam agama, dimengerti dalam hubungannya dengan kekuatan ketuhanan,- tetapi esensinya Manusia adalah makluk ciptaan Tuhan dimana ada rasa, karsa, dan kehendak, yang Tuhan sebagai pencipta tempatkan didalam dirinya ( Tubuh, Jiwa dan Roh  = Kesempunaan ciptaan )
  2.  Alla h – Adalah sang pencipta sendiri yang maha dashyat yang  omnipotent, science, present, yang awal dan yang akhir, yang sifat dan karakter serta cirinya suci, kudus, dll

Nah dari 2 kalimat dalam frase tersebut diatas  secara sederhananya saya menarik kesimpulan adalah : manusia ciptaan Allah yang pola perilakunya, karakternya mencerminkan  dimensi ketuhanan dan keilahian Kristus ada dalam pribadinya secara holistik, untuk membangun konstruksi pola pikir kita supaya mudah dan gampang mengerti saya menggunakan analogi manusia siluman  yaitu manusia yang berperilaku dan berkarakter dan  berciri siluman semua tindakannya bersifat siluman semata mata jahat dll, Manusia robot – yaitu manusia yang dikendalikan oleh  sang profesor  dengan remote control tidak mempunyai  roh jiwa dll.

Rasul Paulus tidak gampang untuk  memberikan pernyataan ini kepada timotius tentunya dengan melihat ciri dan karakter  manusia rohani dari sang muridnya, kehidupan doa, integritas dan moral  singkatnya adalah komplit seorang Manusia Allah yang bernama Timotius. Nah syarat syarat untuk menjadi manusia Allah adalah sebagai berikut :

1. Ma zmur 1 : 1 – 6 : Psa 1:1 - 6  Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Dengan bergaul karib dengan Tuhan dan terus membenamkan diri dala kebenaran firman Tuhan maka firman itu akan menyucikan kita – sebagaimana dikatakan dalam  II Ti 3:16  “ Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran “.

2.Hidup dalam Pray , Pr asie, Worship - Joh 4:23 – 24  Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian. Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran & Psa 91:14 "Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku.  

Ingat sudara saudariku kita akan menjadi sama dengan apa yang kita sembah dalam hal karakter, dan sifat  ini yang akan menghasilkan Buah Roh dan Manusia roh  Gal 5:16  Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging – Buah Roh Gal 5:22 -23 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri.

Selain syarat syarat diatas ada juga beberapa hal yang pantang dan menjadi larangn untuk seorang manusia Allah.  I Timotius 6 : 11b” jauhilah semuanya itu” – apa yang di maksud dengan Jauhilah semuanya itu : 1Ti 6:3 - 5 Jika seorang mengajarkan ajaran lain dan tidak menurut perkataan sehat--yakni perkataan Tuhan kita Yesus Kristus--dan tidak menurut ajaran yang sesuai dengan ibadah kita, ia adalah seorang yang berlagak tahu padahal tidak tahu apa-apa. Penyakitnya ialah mencari-cari soal dan bersilat kata, yang menyebabkan dengki, cidera, fitnah, curiga, percekcokan antara orang-orang yang tidak lagi berpikiran sehat dan yang kehilangan kebenaran, yang mengira ibadah itu adalah suatu sumber keuntungan.Hal hal tersebut diatas itulah yang harus di jauhi oleh Timotius sebagai manusia Allah dan sebagai manusia Allah perjanjian barupun oleh penebusan  darah Yesus hal itupun berlaku bagi sudara dan saya.

Masih pada ayat yang sama bagian 11c dikatakan kejarlah keadilan, ibadah, kesetiaan, kasih,kesabaran dan kelembutan.  Sebagai seorang manusia Allah dan anak perjanjian baru saudara dan saya harus melakukan bagian ini sebagai   the order ( perintah langsung dari  Tuhan lewat ayat ini ) bukan saja di tujukan kepada Timotius sebagai manusia Allah tetapi juga bagi saudara dan saya  IPetrus 2:9  Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib.

 Lalu sebagai seorang manusia Allah sekaligus prajurit Allah  dalam ayat 12 kita di tuntut bertanding dan berperang 1Ti 6:12  Bertandinglah dalam pertandingan iman yang benar dan rebutlah hidup yang kekal. Untuk itulah engkau telah dipanggil dan telah engkau ikrarkan ikrar yang benar di depan banyak saksi. The christian life is a war – tetapi janagan takut karena Tuhan  adalah Zep 3:17  TUHAN Allahmu ada di antaramu sebagai pahlawan yang memberi kemenangan. Ia bergirang karena engkau dengan sukacita, Ia membaharui engkau dalam kasih-Nya, Ia bersorak-sorak karena engkau dengan sorak-sorai. Lalu kata kuncinya untuk terus eksis sebagai manusia Allah adalah : 1Ti 6:14  Turutilah perintah ini, dengan tidak bercacat dan tidak bercela, hingga pada saat Tuhan kita Yesus Kristus menyatakan diri-Nya.  Amin

 dari  Ruang Makan di Puri Tapa Bratha  ( Sebutan saya – untuk Rumah yang saya tempati ) Jln. Plawa Gg III BB Agung Negara Bali - Original Preaching & Message By : El Roi Israel Sipahelut

 

CoolSmileWink

__________________

If Not You Who ? And If Not Now When ?

CoolSmileWink

jlwijaya's picture

Pastor:berbagian dalam kodrat ilahi

Bagaimana dengan pendapat bahwa kita manusia Alllah karena berbagian dengan kodrat ilahi Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia. 2 pet 1:4
jlwijaya's picture

Pastor:berbagian dalam kodrat ilahi

-Bagaimana dengan pendapat bahwa kita manusia Alllah karena berbagian dengan kodrat ilahi ? -Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia. 2 pet 1:4
The Pastor Perspective's picture

Shallom & Thanks

Shallom  dan Terimakasih brother JlWiajaya untuk sudah mampir di  blog Perdana ini dan sekalian memberikan Komentanya - saya setuju dengan Pendapat Brother serta Referesni ayat yang bagus menambah dan memperkaya artikel diatas  - Tuhan Yesus memberkati Brother JlWijaya semoga menjadi berkat Bagi reka - rekan lain di komunitas bLogger Kristen ini

Warmest Regard : El Roi

__________________

If Not You Who ? And If Not Now When ?

CoolSmileWink