Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

SMS

Purnawan Kristanto's picture

Pangkas Rapat dengan SMS Grup viaTwitter

Saya pernah menulis tentang sistem informasi SMS massal. Dengan alat dan program tertentu, kita dapat mengirimkan SMS ke ribuan nomor dengan waktu yang [hampir] bersamaan.  Akan tetapi sistem ini masih ada kekurangannya. SMS ini bersifat satu arah. Satu orang mengirimkan ke banyak. Jika ada pihak yang merespon, maka SMS itu hanya diterima oleh operator sistem tersebut. Penerima yang lain tidak bisa membacanya kecuali si operator mengirim ulang ke semua penerima.

Purnawan Kristanto's picture

Undangan Rapat Via SMS Gratis

Jika sebuah gereja memiliki aktivitas dan program yang banyak, maka wajar jika frekuensi acara rapat cukup tinggi. Hal ini berkait dengan undangan yang disebar. Undangan biasanya menggunakan kertas, digandakan dengan mesin fotokopi dan diedarkan ke alamat calon peserta rapat.  Semuanya itu membutuhkan ongkos. Untuk satu lembar kertas fotokopi, dikenai biaya Rp. 150-200/lembar. Kemudian untuk mengedarkannya juga membutuhkan bahan bakar atau membayar ongkos kurir. Lalu bila dilihat dari sisi lingkungan hidup, kertas undangan juga ikut andil dalam penggundulan hutan. Untuk penggandaannya, undangan membutuhkan tenaga listrik yang pasokannya mulai terbatas. Lalu untuk mengantarkan undangan juga dibutuhkan bahan bakar fosil yang tidak terbarukan.

 

Demi penghematan dan kelestarian lingkungan, maka gereja perlu mengurangi penggunaan kertas undangan. Sebagai penggantinya, gereja dapat memanfaatkan layanan SMS gratis yang disediakan oleh google mail dan yahoomail. Gratis? Sebenarnya tidak murni gratis karena dibutuhkan sambungan internet. Namun mengingat hampir semua gereja di kota sudah memiliki sambungan internet, maka tak ada kendala untuk menggunakan aplikasi ini. Mulai bulan Agustus ini, GKI Klaten mulai meninggalkan undangan kertas dan menggantinya dengan SMS. Jika gereja Anda juga berminat melakukan hal yang serupa, berikut caranya.

Purnawan Kristanto's picture

Pak Tiffatul, urusin yang ini juga dong!

12965419591789758413Yth. Bapak Tiffatul Sembiring,

Saya mendengar bahwa bapak melakukan tindakan penertiban terhadap Research in Motion (RIM) sebagai operator Blackberry di Indonesia. Menurut Asosiasi Telepon Seluler Indonesia (ATSI), pengguna Blackberry di Indonesia sudah menembus angka 1 juta sampai Maret 2010. Angka ini cukup fantastis, tetapi belum ada apa-apanya dibandingkan dengan pengguna ponsel di Indonesia. Lembaga penelitian ROA (Research On Asia) Group mencatat bahwa pada tahun 2010, angka pengguna ponsel di Indonesia mencapai angka 133 juta. Dengan kata lain, sekitar separuh dari seluruh populasi negeri ini yang diperkirakan mencapai 250 juta jiwa, merupakan pengguna ponsel.

Maksud saya begini pak: Kalau terhadap pengguna Blackberry saja bapak peduli, maka bapak juga wajib memperhatikan pengguna ponsel yang jumlahnya 100 kali lipat pengguna BB. Sebagai salah satu pengguna ponsel, saya akan mengadukan keluhan konsumen kepada bapak sebagai salah satu regulator komunikasi nir-kabel di Indonesia.

Purnawan Kristanto's picture

SMS Massal untuk Gereja

Saya ingin berbagi informasi tentang SMS massal. Saat ini saya sedang mengembangkan sebuah sistem informasi massal menggunakan SMS untuk GKI Klaten. Dengan sebuah software gratisan, maka saya dapat mengirimkan ratusan SMS dalam sekali klik, secara serentak. Saya mengembangkan isitem informasi ini untuk gereja dan tim tanggap bencana. Kegunaannya macam-macam, tapi terutama untuk penyampaian info darurat. Misalnya, jika ada salah seorang membutuhkan donor darah, maka saya dapat mengirimkan SMS pemberitahuan ke ratusan orang. Juga bermanfaat untuk mengirimkan undangan acara atau pemberitahuan layatan.
Bagaimana dengan pulsanya? Saya menggunakan nomor 3. Dengan membayar Rp. 550,-/hari, saya bisa mengirimkan SMS dengan jumlah tak terbatas ke semua operator dari pukul 08.00-18.00. Alternatifnya adalah menggunakan AXIS yang gratis 10.000 SMS.
Jika Anda terlibat dalam organisasi dengan jumlah anggota yang banyak, silakan gunakan sistem ini. Alat-alat apa saja yang dibutuhkan?

Purnawan Kristanto's picture

SMS Berbayar Diberlakukan Sepihak

Saya adalah pemakai nomor seluler yang diberi nama sebuah angka.  Nomor ini digunakan untuk layanan SMS Centre di gereja saya.  Bulan ini, setiap hari saya mendapat SMS Info Gaul, padahal saya tidak pernah mendaftar layanan ini. Saya khawatir SMS ini berbayar padahal saya tidak membutuhkannya.

Ketika saya tanyakan hal ini kepada Customer Service, dugaan saya ternyata benar. SMS ini memotong pulsa saya sebesar Rp. 330,-/SMS.  Pihak CS menjelaskan, "Awalnya diberikan secara gratis selama 3 hari yang disertai dengan SMS mekanisme penonaktifan pada hari ketiga. Dan apabila pelanggan tidak berkenan untuk melanjutkan layanan ini, maka pelanggan dapat menonaktifkan melalui layanan SMS dengan cara ketik UNREGGAUL dan dikirimkan 333."

Purnomo's picture

Cinta pertama retak direntang jarak

“Kisah kasih di SMA itu bukan main indahnya. Tetapi kamu jangan punya pacar waktu di SMA. Mengapa? Pertama, karena selesai SMA kamu pasti akan tinggal tidak satu kota dengan pacarmu. Apa kamu tidak sutris kalau tresno pertamamu nanti berantakan gara-gara tinggal berjauhan?“ begitu nasihat saya kepada puteri sulung saya ketika ia akan masuk SMA.

jesusfreaks's picture

Happy Valentine 2009

 

 

 

Tanggal hari ini tak mungkin ku lupakan.

awal ku beranikan diri,

mencoba bersandar di pelabuhan hatimu,

Aries Yunarta's picture

SMS menghebohkan

Pernahkan anda marah karena sebuah kalimat yang di SMS kan teman anda?

Saya baru saja mengirimkan sebuah SMS kepada beberapa teman saya, yang isinya sebenarnya adalah petikan ayat Alkitab di Amsal 10:19  yang saya terjemahkan  dengan bahasa bebas. Sebelum saya menceritakan lebih lanjut inilah isi SMS saya :

king heart's picture

SMS

Entah sudah berapa kali saya menerima SMS yang pada intinya setelah baca isinya kemudian minta diforwardkan ke orang lain. Terkadang disertai "ancaman" jika tidak diforwardkan akan tertimpa kemalangan dsb.

Ari_Thok's picture

Cerita Seputar Kopdar Bagian 1

SMS Sebelum Kopdar

Pukul 11.14 wib ada sms masuk. "Gmn acr kopdar kmrn dul? Rame? sampe pg lg g? He he". Wah baca sms langsung bikin ngakak . Ini anak sudah lupa hari kale, terlalu banyak ngajar, sampai lupa waktu, lupa hari, lupa tanggal :p. Langsung aja kubalas, "Oalah mbul mbul, kopdar nya hari ini kok. Makane datang, rugi besar kalo nggak datang." Setelah balas sms, mataku kembali menatap monitor si upil. Sambil mengetik sambil memikirkan acara apa yang nanti akan dieksekusi saat kopdar berlangsung. Pukul 11.21, tit .. sms masuk lagi. "Owh, hr ini to. Pngen dtng sih. Tp gmn.. Ninggal kerjaan aja gak mampu.. ini lg msim tes n raportan. Jd ya .. He he nek sampe pg lg, ti2p gudeg ceker margoyudan aja y.. :p eh minta file foto + kopdar solo kmrn donk. Copy in di cd.Bsk lbran tak ambile.q pas itu plg.Ntar tak tker phon dr jktitu.Mau?He he". Wah, ini mungkin mantan bakul, negone pinter, cd kopdar meh dituker pohon yang didapatnya gratisan dari Jakarta .

Purnawan Kristanto's picture

SMS Berantai masih Berlanjut

Setelah menulis tentang SMS Berantai yang isinya hoax tentang antikris, saya mendapat banyak tanggapan. Baik secara publik maupun via japri (jalur pribadi).  Bahkan ada orang yang punya ciri khas memakai istilah “TRIUNITAS” mengirim email yang sungguh sulit untuk dipahami.

Purnawan Kristanto's picture

Sekali Lagi tentang SMS Berantai

“Kartu GSM XXXX [nama disamarkan] sudah keluar: Rp.6/SMS; Rp. 60/menit; Rp. 600/SMS. Jika dijumlah 666, simbol antikris. Jangan dibeli. Itu kartu pendukung antikris, milik [nama perusahaan di Timur Tengah]. Sebarkan SMS ini. Satu SMS selamatkan satu jiwa”

Dedy Yanuar's picture

SMS Sesat

Kemarin pagi saat aku bangun tidur, aku mendapat SMS dari teman SMA-ku. Sudah lama juga sih, nggak SMS-an sama dia. saat aku buka SMS-nya ternyata SMS yang seperti itu lagi. Kira-kira begini isi SMS-nya

Yenti's picture

SMS Paskah

Biasanya aku termasuk orang yang rajin sekali mengirimkan SMS pada saat Paskah, Natal dan Tahun baru. Tapi tahun ini, aku malah benar-benar tidak ingat sedikitpun mengirimkan SMS ucapan Paskah kepada yang lain.

Tapi Puji Tuhan,ternyata aku mendapatkan beberapa SMS dan ada yang dari teman kantor, teman gereja dan teman kuliah.