Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Kapan Lazarus Bangkit Dari Kematian?

hai hai's picture

Kisah Yesus membangkitkan Lazarus dari kematian merupakan salah satu kisah yang paling sering dikotbahkan sehingga hampir semua orang kristen mengetahui kisah tersebut. Banyak pengkotbah yang mengkotbahkan bahwa kebangkitan Lazarus adalah analogi kebangkitan Yesus. Sebagian pengkotbah dan guru sekolah minggu ngawur bahkan mengajarkan bahwa Lazarus bangkit pada hari yang ke tiga. Namun Kitab Yohanes mencatat kisah tersebut demikian:

Maka ketika Yesus tiba, didapati-Nya Lazarus telah empat hari berbaring di dalam kubur. Yohanes 11:17

Dan sesudah berkata demikian, berserulah Ia dengan suara keras: "Lazarus, marilah ke luar!" Yohanes 11:43

Orang yang telah mati itu datang ke luar, kaki dan tangannya masih terikat dengan kain kapan dan mukanya tertutup dengan kain peluh. Kata Yesus kepada mereka: "Bukalah kain-kain itu dan biarkan ia pergi." Yohanes 11:44

Silahkan anda membaca kisah tersebut secara teliti di dalam Alkitab, lalu jawablah pertanyaanku ini.

Kapan Lazarus bangkit dari kematian?

Sebelum Yesus berseru: "Lazarus, marilah ke luar!"?

Ketika Yesus berseru: "Lazarus, marilah ke luar!"?

Atau setelah Yesus berseru: "Lazarus, marilah ke luar!"?

Mungkin anda menganggap pertanyaanku tersebut di atas adalah pertanyaan main-main? Tidak, pertanyaanku tersebut sangat serius, karena jawaban anda akan menentukan corak kehidupan iman anda. Anda tidak percaya? Silahkan menjawab.

Ingin tahu kapan Lazarus bangkit, dan melakukan penelitian Alkitab dengan cara yang benar? Klik di sini

 

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

garamdunia's picture

Kebangkitan dari kematian

Topik yang menarik. Sebelum saya memberi komentar dalam hal ini, boleh saya tahu pendapat pribadi saudara Hai Hai tentang kematian Yesus di salib dan kebangkitanNya pada hari yang ketiga, lalu menampakkan diriNya kepada murid-muridNya? Karena dari artikel-artikel saudara yang sebelumnya, saya belum bisa mengambil posisi saudara dalam hal ini.
hai hai's picture

HAI MENJAWAB - KEBANGKITAN DARI KEMATIAN

Saudara garamdunia,

nampaknya pertanyaan anda kurang spesifik sehingga saya mengalami kesulitan untuk menjawabnya.

Ketika mempelajari Alkitab, kita dapat melakukannya dengan menerapkan teknik EKSEGESIS, istilah ini berasal dari bahasa Yunani yang artinya "membawa keluar" atau kita juga dapat menggunakan teknik EISEGESIS, istilah ini juga berasal dari bahasa Yunani yang artinya "membawa ke dalam."

Dengan teknik eksegesis kita berusaha membawa keluar kebenaran-kebenaran dalam alkitab pada kehidupan sehari-hari. Dengan teknik eisegesis kita berusaha membawa "hal-hal  yang kita pikir adalah kebenaran" dalam kehidupan kita sehari-hari ke dalam Alkitab.

Saya secara pribadi adalah penganut fanatik teknik Eksegesis.

.... pendapat pribadi saudara Hai Hai tentang kematian Yesus di salib dan kebangkitanNya pada hari yang ketiga, lalu menampakkan diriNya kepada murid-muridNya?

Pendapat pribadi saya baik-baik saja. Alkitab mencatat bahwa Yesus merelakan diriNya mati di salib, maka saya menerima kenyataan tersebut tanpa membantah. Alkitab mencatat Yesus bangkit dari kematian pada hari ketiga, maka saya tidak mempertanyakan kenapa harus hari ketiga, dan bukan hari-hari lainnya? Juga Alkitab mencatat bahwa setelah bangkit dari kematian, Yesus menampakan diriNya kepada murid-muridNya, saya sama sekali tidak menaruh keberatan atas hal itu.

Memang, saya sering berbantah-bantah dengan orang-orang yang mengaku bertemu dengan Yesus secara pribadi, bahkan ada beberapa orang di antaranya yang mengaku bahwa mereka dibimbing untuk tour ke surga dan neraka. Ketika saya bertanya kepada mereka ciri-ciri Yesus yang mereka temui, maka setelah melakukan riset beberapa saat, saya dapat membuktikan kepada mereka bahwa kemungkinan besar yang mereka temui itu bukan Yesus. Saat ini dunia memiliki 150 lebih koleksi gambar yang katanya gambar Yesus. Setahu saya, gambar-gambar tersebut dilukis berdasarkan model dan imajinasi pelukis. Mungkin dalam kesempatan lain kita akan berdiskusi tentang hal ini, namun untuk sementara perlu anda ketahui, menurut saya pribadi, keberadaan gambar-gambar yang katanya gambar Yesus tersebut melanggar hukum ke 2 dari 10 Hukum Allah.  

salam   

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

garamdunia's picture

Pro Exegesis

Saudara Hai Hai,

Terima kasih atas penjelasannya, saya sendiri sangat pro exegesis (membaca Firman Tuhan di dalam konteksnya) dan memang sangat disayangkan banyak hamba Tuhan yang telah menyalah gunakan Firman Tuhan untuk pengertiannya sendiri

Kesalahan ini memang banyak yang asli, yaitu disebabkan kekurangan di dalam pengetahuan Alkitab, yang menurut saya, menjadi masalah 'kebebasan orang percaya' (1 Korintus 14), selama tidak menyimpang dari dasar 'kabar baik' (gospel) tentunya.

Masalahnya, juga tidak sedikit yang menggunakan Firman Tuhan di luar konteksnya, untuk kepentingan pribadi atau sekelompok orang.

Tentunya, keberadaan blog sabdaspace.org ini sangat membantu dalam meluruskan banyak kesalah pahaman dalam memahami Firman Tuhan (baik kesalahan asli maupun kesalahan motivasi).

Saya hanya bisa merasa terkuatkan karena mayoritas (setahu saya semuanya) pembaca di sini sangat serius dalam memuliakan Tuhan. Karena inilah tujuan dari awalnya, sebelum dunia diciptakan:

"supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!" Filipi 2:10-11

garamdunia's picture

Koreksi kutipan Alkitab

"...menjadi masalah 'kebebasan orang percaya' (1 Korintus 14)"

Uups, seharusnya Roma 14, juga didukung oleh 1 Korintus 10:23-33

Josua Manurung's picture

Lazarus tidak bangkit...

Lazarus tidak bangkit dari kematian...

tetapi Lazarus dibangkitkan oleh Tuhan Yesus...

sedang Yesus Kristus Tuhan kita Yang Hidup selamanya itu...

DIA bangkit dari kematian pada hari ketiga...

hati-hati...

gunakan katamu... :)

 

BIG GOD BLESS YOU!

__________________

BIG GBU!

dennis santoso a.k.a nis's picture

very interesting topic - jadi jawaban nya apa nih Bung Hai?

secara logika, dari ayat2 berikut:

Dan sesudah berkata demikian, berserulah Ia dengan suara keras: "Lazarus, marilah ke luar!" Orang yang telah mati itu datang ke luar, kaki dan tangannya masih terikat dengan kain kapan dan mukanya tertutup dengan kain peluh...

sekilas kayaknya sih Lazarus tidak mati, atau sudah bangkit, atau hanya pura2 mati hehehehe.

tapi, saya gak berapa ngerti segala ilmu tafsir alkitab, cuma curious, mungkin nggak sih bahwa seruan Yesus di ayat diatas itu bukan hanya seperti itu?

maksud saya, alkitab sekarang itu banyak bener versi terjemahan nya. maka hal ini harus diverified dulu. karena akan jadi mubazir kalo kita sudah berpikir atau menduga2 panjang lebar, ehhh... taunya cuma "kesalahan" penterjemahan ;-)

gimana nih Bung Hai? ^^)

hai hai's picture

Hai Jawab - Very Interesting topic

 Bung denis santoso, 

Setahu saya, belum ada ahli Alkitab yang menyatakan bahwa kisah Yesus membangkitkan Lazarus tersebut salah terjemah. Saya sendiri bukan ahli ilmu tafsir Alkitab kok, jadi diskusi kita ini berdasarkan kisah nyata. 

Alkitab mencatat bahwa Lazarus telah mati dan dibaringkan di dalam kubur selama 4 hari. Itu berarti bahwa Lazarus benar-benar sudah mati. Kalau kita mempertimbangkan tradisi Yahudi dimana mayat dikubur hari itu juga, maka kita dapat menarik kesimpulan bahwa Lazarus sudah mati 4 hari.  

Lazarus tidak bangkit sendiri dari kematian, Yesus yang membangkitkan Lazarus. Pertanyaannya adalah: Kapan Lazarus bangkit dari kematian atau kapan Lazarus dibangkitkan Yesus? 

Sebelum Yesus berseru: "Lazarus, marilah ke luar!"? 

Ketika Yesus berseru: "Lazarus, marilah ke luar!"?

Atau setelah Yesus berseru: "Lazarus, marilah ke luar!"?  

Sebenarnya pertanyaan ini mudah dijawab, apalagi saya sudah memberi pilihan. Anda tinggal memilih salah satunya dan memberi alasan kenapa anda memilih itu.  Saya sendiri memiliki jawaban sendiri dan alasan kenapa saya memilih itu. Belum tentu pilihan saya dan alsan saya benar, bukankah adanya blog ini adalah agar kita-kita bisa saling mengajar dan belajar? Kalau kebetulan saya sudah tahu duluan, itu bukan berarti saya lebih pinter, tapi karena saya hanya mengatahuinya lebih dulu dibandingkan anda dan teman-teman lainnya.  

Saya akan menunjukan jawaban saya kalau sudah ada 200 orang yang membaca blog ini, and setuju? 

Salam

Hai hai

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

dennis santoso a.k.a nis's picture

halo lagi Bung Hai, hmmm

halo lagi Bung Hai,

hmmm jadi udah diverified yah, otre deh kalo gitu.

Sebenarnya pertanyaan ini mudah dijawab, apalagi saya sudah memberi pilihan. Anda tinggal memilih salah satunya dan memberi alasan kenapa anda memilih itu. Saya sendiri memiliki jawaban sendiri dan alasan kenapa saya memilih itu. Belum tentu pilihan saya dan alsan saya benar, bukankah adanya blog ini adalah agar kita-kita bisa saling mengajar dan belajar? Kalau kebetulan saya sudah tahu duluan, itu bukan berarti saya lebih pinter, tapi karena saya hanya mengatahuinya lebih dulu dibandingkan anda dan teman-teman lainnya.

saya setuju Bung Hai, blog ini memang sangat berguna buat diskusi. kalo cuma kesaksian2 doang ga pake diskusi emang kurang afdol. soal siapa lebih pinter dari siapa... please deh... yang gituan sih ga penting lah buat saya, so kalem aja :-)

saya coba telaah dulu yah, nanti harap Bung Hai mengarahkan saya kepada jawaban sesuai yang bung Hai percaya.

andai jawabannya adalah "Sebelum Yesus berseru", hemat saya ini akan berarti bahwa Yesus bukan lah yang pertama kali mengalahkan dunia kematian. andai jawaban ini yang dipilih, berarti kita adalah orang tersial di dunia karena percaya pada Yesus. kenapa? karena bila ini benar, maka harusnya ada jalan lain menuju keselamatan selain lewat Akang Yesus. dengan begitu saya cenderung nggak mau ato menolak pilihan ini ;-)

selanjutnya, antara pilihan "Ketika..." dan "Setelah...", ada perbedaan waktu yang sangat sedikit disini. sehingga mungkin menurut hemat saya dua pilihan ini bisa dianggap sama. CMIIW, setidaknya begitulah , menurut saya, kebiasaan kita dalam berbahasa.

sampe point ini saya butuh kepastian dulu nih dari Bung Hai. apa yang Anda anggap sebagai perbedaan antara pilihan kedua dan ketiga ini? perbedaan nya aja yah, jangan dijawab dulu tentang pilihan mana yang Anda percaya sebagai yang paling benar, gak seru nanti hehehehe ;-)

ditunggu yah Bung Hai :-)

hai hai's picture

HAI JAWAB - Ada beda KETIKA dan SETELAH

 

Mas dennis santoso,

Wow,

Anda sudah mulai menjawab, semoga ini memberi semangat kepada teman-teman lain untuk memikirkan kisah ini dan mencoba untuk menjawab juga. Nggak masalah apakah mereka menuliskan jawabannya dalam komentar atau menyimpannya dalam hati, saya senang selama kita semua memikirkannya.

Memang, perbedaan waktunya sedikit, namun walau sedikit tetap saja ada perbedaan antara KETIKA dan SETELAH. Dalam kehidupan sehari-hari,  kadang-kadang waktu yang sedikit itu yang membuat perbedaan.

Salam

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

dennis santoso a.k.a nis's picture

hmmm ... jadi ada bedanya

hmmm ... jadi ada bedanya yah? hehehe, oke ...

kembali ke titik awal dulu nih ... bos saya di kantor yang kebetulan kristen saya ajak berdiskusi soal ini dan setelah kami baca bersama di Alkitab, kayaknya kami sepakat jawaban nya adalah "Sebelum Yesus berseru".

sekilas pada ayat berikut,

11:41 Maka mereka mengangkat batu itu. Lalu Yesus menengadah ke atas dan berkata: "Bapa, Aku mengucap syukur kepada-Mu, karena Engkau telah mendengarkan Aku.

11:42 Aku tahu, bahwa Engkau selalu mendengarkan Aku, tetapi oleh karena orang banyak yang berdiri di sini mengelilingi Aku, Aku mengatakannya, supaya mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku."

keliatannya ada "konspirasi" di antara Yesus dan Bapa (yang adalah satu) untuk menunjukkan apa yang Dia bisa perbuat, terutama untuk Maria dan Marta. soalnya kedua orang ini gaya percaya nya itu lucu, kebanyakan teori tapi nggak praktek (pada saat itu).

jadi, tetap Yesus yang membangkitkan, tapi dia sengaja "mengatur" adegan ini supaya kedua wanita tadi dan semua orang yang ada disitu dapat melihat "pertunjukan" ini.

gitu deh Bung Hai, gimana menurut Anda? ^^)

Josua's picture

hai-hai dan dennis menulis

dennis menulis:

keliatannya ada "konspirasi" di antara Yesus dan Bapa (yang adalah satu) untuk menunjukkan apa yang Dia bisa perbuat, terutama untuk Maria dan Marta. soalnya kedua orang ini gaya percaya nya itu lucu, kebanyakan teori tapi nggak praktek (pada saat itu).

coba dibaca lagi Alkitabnya... ketika Tuhan Yesus datang ke rumah mereka, Marta sibuk bekerja di dapur dan Maria mendengarkan Yesus berkhotbah... ternyata Maria melakukan praktek yang bener tuh...

hai-hai menulis:

KAPAN LAZARUS BANGKIT DARI KEMATIAN?

Lazarus tidak bangkit dari kematian... tetapi ia DIBANGKITKAN... kenapa ini saya persoalkan... karena pada waktu itu ada sesama saudara juga yang meyakini bahwa... ada pribadi-pribadi lain juga yang "bangkit" dari kematian... tidak cuma Yesus saja... ini kan jadi membingungkan... atau judulnya memang sengaja dibuat nyeleneh seperti koran Lampu Merah?

 

GBU!

hai hai's picture

Nah, Saudara Josua, benarkan

Nah, Saudara Josua,

benarkan saya tidak salah menduga anda?

Anda berani menyuarakan pertanyaan saudara-saudara lainnya, walaupun and sendiri telah memahaminya.

Pinjam istilah presiden kita SBY,

anda berani mengambil langkah untuk TIDAK POPULER

oleh karena itu pula,

ketika menjawab komentar-komentar anda, sebenarnya saya tidak sedang mengeritik anda lho. Salah anda sendiri, kenapa memiliki hati yang begitu baik sehingga demi menyuarakan suara saudara-saudara yang lain, anda jadi nggak Populer.

ha ha ha

salam

hai hai 

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Josua's picture

SBY

SBY memang sekarang lagi tidak populer

tapi dia adalah orang yang sudah dipilihkan ALLAH BAPA

untuk menjaga kita semua umat-Nya...

lho menjadi kritis itu bagus lho... :)

kita jadi tidak gampang dibodoh-bodohi...

sebenarnya alasan saya bergabung di sabda space ini karena disini jarang kritikannya... hahaha...

kalau milis-milis yang lain berat banget tuh...

dalam artian kita saling menjaga satu sama lain dalam diskusi yang sehat begitu...

anda juga orang baik hai... ternyata bukan murid-murid saya saja yang berkata saya baik... tapi ada juga lho beberapa diantara mereka yang berkata saya galak... hehehe...

yah... masalah pendapat memang tidak bisa dipaksakan untuk sama semuanya... tapi kita sekedar memberi pandangan dari sisi sebelahnya sehingga lengkaplah pandangan itu... GBU!

y-control's picture

diskusi milis

cuman saran saya, gaya debat ala milisnya mungkin ga perlu diaplikasikan ke blog kayak gini, mengingat banyak koneksi internet yang lemot, ini misalnya dapat dilakukan dengan tidak mengulang-ulang dan mungkin baik juga kalau nulisnya lebih hemat tempat biar ga kebanyakan scroll..
__________________

Bersedih lebih baik dari pada tertawa, karena muka muram membuat hati lega (Pengkhotbah 7:3)

hai hai's picture

Mohon maaf

Anda benar Y control,

kayaknya kita ktia pda lupa daratan dan berpikir bahwa ini milis. Tadi juga da teman dari australia yang protes katanya blog ini jadi lemot.  dia bahkan mengusulkan agar kita mengusulkan agar sabdaspace menyediakan fasilitas chting agar kita kita bisa diskusi secara online.

mohon maaf pada semuanya yang terganggu!

salam

hai hai

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

garamdunia's picture

Fasilitas "Chatting"

Wah, sepertinya kita bisa beri saran ke sabdaspace.org untuk fasilitas chatting nih :)

Jangka pendeknya, kalau ada yang pakai messenger, tolong add saya di:

1. Yahoo! -> lovingpig(@yahoo.com)
2. msn -> lovingpig(@yahoo.com)
3. GTalk -> rusdy.simano