Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Jaga Kualitas Posting, Jangan "Nyampah" di SABDA Space

Melalui "surat cinta" ini, Admin mengimbau kepada semua blogger untuk kembali memerhatikan kualitas isi tulisan, baik itu berupa blog maupun komentar. Yang dimaksud di sini bukan sekadar menghentikan penggunaan kata-kata kasar dalam setiap posting, namun diimbau juga untuk tidak memposting sesuatu yang nonsens (make no sense).

Dalam proses saling membangun dan menajamkan di SABDA Space ini, para pengguna SABDA Space harus menjadi pengguna yang bertanggung jawab dan menghormati komunitas ini. Jangan asal mengeluarkan kritik, asal berkomentar, asal menghakimi, asal memfitnah, menuduh orang lain sesat, dan sebagainya, tanpa melakukan introspeksi diri terlebih dahulu. Perlu bertanya pada diri sendiri, apakah jika memposting blog maupun komentar tertentu akan bermanfaat dan menginspirasi orang lain untuk lebih menghidupi iman Kristen itu sendiri? Apakah posting kita justru akan menimbulkan kebencian dan perpecahan antarpengguna yang notabene adalah sesama tubuh Kristus?

Tentu saja kita tidak ingin komunitas ini berubah menjadi forum debat kusir, bukan? Oleh karena itu, Admin mengimbau agar semua blogger maupun pengguna yang tergabung dalam komunitas ini menjaga bersama SABDA Space tercinta ini.

Bagi yang memang hanya ingin "ramai-ramai" saja tanpa memberikan kontribusi yang bertanggung jawab dan berkualitas, maka SABDA Space bukanlah tempat yang tepat bagi Anda. Untuk sementara tidak akan dibuat peraturan yang terlalu ketat karena imbauan ini seharusnya dapat dimengerti dengan jelas. Namun, jika imbauan ini diabaikan, maka terpaksa akan diperketat dengan berbagai policy dan prosedur teknis.

Terima kasih.

alvazez's picture

@Admin, usulan bagus

Mungki dalam perdebatan harus ada MODERATOR NETRAL agar jalannya diskusi tidak seperti yang selama dikenalkan oleh PNIEL, ADRINA, GONDRONG CS

Usulan saudara Dennis rasanya memang sudah perlu untuk ditindaklanjuti SAAT INI JUGA MENGINGAT KELAKUKAN GEROMBOLAN PNIEL GONDRONG CS

 

Thanks buat admin yg selama ini sudah direpotkan oleh kelakuan nakal para blogers

Adam Kurniawan's picture

@ Alva dan semua

Bagi yg doyan memaki, mungkin ada baiknya pindah lapak ke ICN (www.in-christ.net), kalian akan lebih hidup di sana dan akan lebih berkembang mengekspresikan diri, dan tentunya akan meramaikan dunia persilatan ICN, di sana lebih banyak artikel2 teologi dan pemahaman Alkitab, dan penontonnya jauh lebih banyak, meski yg komentar tdk seaktif lapak SS.

1 korintus 15:58

alvazez's picture

@Residivis DEDE WIJAYA / ADAM KURNIAWAN

Jika anda berniat ke laut monggo2 saja, jadi silahkan pergi kemana kamu mau begitu juga dengan saya, begitupun dengan teman2 kamu PNIEL cs saya tidak pernah menyarankan mereka pergi kesuatu tempat lain selain laut

Viesnu's picture

lembaran baru

Semoga bisa jadi lembaran baru di tahun yang akan baru ini...

Lovepeace..uenak..

Sri Libe Suryapusoro's picture

Seandainya.....

Thanks atas sikap Admin. Saya mengandaikan jika saja setiap anggota SS menggunakan energi yang selama ini disalurkan tersebut untuk sesuatu yang membangun. Entahlah....sehebat apa SS ini jadinya.
 

Seandainya SSers menggunakan seluruh pengetahuannya dengan tulus untuk mengenal Tuhan lebih lagi dan bukan untuk membuat dirinya tampak benar, wow...orang-orang di sekitar SSers akan melihat Tuhan di dalam diri mereka.

Seandainya SSers memperlakukan yang satu dengan yang lain sebagai sahabat, sobat....sungguh akan menjadi keluarga yang sangat menyenangkan dan orang akan berebut untuk menjadi bagian dari keluarga tersebut.

Itulah yang saya rasakan lebih dari tiga tahun yang lalu ketika saya bergabung dengan SS. Saya berharap hal itu kembali menjadi kenyataan. Dan TUHAN dimuliakan diatas SSers. Orang yang melihat SS akan melihat TUHAN dan tertarik untuk belajar tentang TUHAN lebih lagi.

alvazez's picture

Libe, JANGAN berandai-andai

Libe: Itulah yang saya rasakan lebih dari tiga tahun yang lalu ketika saya bergabung dengan SS. Saya berharap hal itu kembali menjadi kenyataan. Dan TUHAN dimuliakan diatas SSers. Orang yang melihat SS akan melihat TUHAN dan tertarik untuk belajar tentang TUHAN lebih lagi.

Alv: Saudara libe, saat ini yang harus anda lakukan adalah SADAR bahwa ILLUMINATA DIMULIAKAN dan kita hanya melihat sepak terjang murid2 ILLUMINATA di SS dan belajar mengenai bahwa murid2 ILLUMINATA TIDAK PERNAH SALAH DAN TIDAK MUNGKIN MELAKUKAN KESALAHAN

Jadi untuk sementara ini jangan berandai2 atau berhallutinasi berlebihan bro

 

rivani's picture

hati hati iluminata

-sudah banyak ya di SS?kelikatannya adalah mereka yang kedangingan berkata2 tidak senonoh.untuk memberi nuansa jelek terhadap kekristenan

-mereka yang sembarangan menggunakan kata sesat untuk menyelamatkan aliran2 sesat ,agar sesat seperti salah.

 

hai hai's picture

@Rivani, 1 Hari 3 Jam

-sudah banyak ya di SS?kelikatannya adalah mereka yang kedangingan berkata2 tidak senonoh.untuk memberi nuansa jelek terhadap kekristenan

-mereka yang sembarangan menggunakan kata sesat untuk menyelamatkan aliran2 sesat ,agar sesat seperti salah.

Saudara Rivani, 1 hari 3 jam tidak cukup. Dari pada menggunakan waktu anda untuk MENGHAKIMI membabibuta, lebih baik memanfaatkan waktu anda untuk membaca blog-blog yang ada dan komentar-komentarnya. Setelah anda cukup membaca, belum terlambat untuk menghakimi dengan ADIL.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Sri Libe Suryapusoro's picture

@ Alva perlu membaca surat cinta admin

Saya tidak mau berkomentar banyak dan menghabiskan energi untuk berdebat denganmu. Hati-hati ketika memerankan diri sebagai hakim. Yesus menghakimi dengan kasih dan lakukanlah dengan kasih. Karena tanpa kasih semua menjadi sia-sia.
 

Kiem's picture

@ Admin, mungkin perlu diubah sistem pemuatan tulisan/komentar

Salam dalam Kasih Yesus Admin,

Selamat Hari Natal 25 Desember 2009 dan menyongsong Tahun Baru 1 Januari 2010.

Saya sangat mendukung Surat Cinta Admin ini.

Mungkin perlu dilakukan perubahan sistem pemuatan (Up Loading) tulisan maupun Komentar di SS ini, dimana para bloger maupun komentator "tidak diperbolehkan lagi secara langsung untuk memuat tulisan maupun komentarnya".

Seperti telah diberlakukan oleh beberapa Harian terkenal, tulisan maupun  komentar, harus dibaca terlebih dahulu oleh editor/redaktur baru dimuat.

Dapat dikatakan, yang memuat itu adalah editor/redakturnya setelah melakukan seleksi dan sedikit pengeditan.

Dengan demikian, kualitas Tulisan maupun komentar dalam SS ini dapat dijamin MEMBANGUN UMAT.

Saran ini kami buat jika memungkinkan untuk dilaksanakan oleh SS.

Tuhan Yesus memberkati

Purnawan Kristanto's picture

Kemunduran


Usulan ini justru sebuah kemunduran. Kompas saja sudah menghapus sistem moderasi ini dalam blog Kompas karena dianggap feodalistik. Lagipula, kerjaan admin ini tidak hanya menjaga SS saja. Dia juga bertanggungjawab atas pekerjaan-pekerjaan lain. Sumber daya YLSA itu terbatas. Solusinya adalah mempekerjakan moderator baru, tapi siapa yang akan menggaji? Pak Kiem mau menyumbang?


Kiem's picture

@ Purnawan Kristianto, Berarti, kembali pd kesadaran para bloger

Selamat Natal Pak Purnawan Kristianto

Kalau begitu, satu-satunya jalan adalah "kembali pada kesadaran masing-masing untuk memenuhi permintaan Admin lewat Surat Cinta ini"

Tuhan Yesus memberkati

Purnawan Kristanto's picture

Selamat Natal


Setuju pak Kim. Makanya kesadaran itu harus dikampanyekan terus-menerus.

Selamat Natal juga.

Smiley Christmas Carolers Animated Gif Pictures, Images and Photos

 


Hannah's picture

@Wawan

Ari gene mengkampanyekan kesadaran itu sering kali dianggap khotbah, mas.
Anehnya kalo khotbah dlm cerita (indirect) bisa diterima tp kalo khotbah terang2an (direct) gak bisa diterima.
Sebaliknya kalo marah tp tetap bicara baik2 (indirect) itu dianggap munafik; kesal dan bicara seenak hati (direct) itu bisa dan malah harus bisa diterima org lain.

Mas Wawan mungkin ada saran gimana cara mempraktekkan 'kampanye kesadaran' ini?

Trims.

"When all think alike, no one is thinking very much." - Walter Lippmann

joli's picture

Selamat Natal

Met Natal admin, Met Natal seluruh staff YLSA, Met Natal ALL Blogger..

 

                

 

 

Tut Wuri Handayani's picture

'Met Natal dan Tahun Baru

'Met Natal juga, Ibu Joli... dan semua blogger SS yang baik-baik.

Sekalian 'Selamat Tahun Baru 2010"....

Pesan tahun baru: Jangan buang sampah sembarangan. Mari kita bersama-sama menjaga kebersihan pasar Klewer. Semoga yang dicita-citakan terwujud.

Marvin's picture

^^

Yup,,meskipun jika menegakkan kebenaran pasti menimbulkan debat atau pertentangan,, yang perlu kita lakukan adalah meminimalisirnya,, yaitu dengan mempertajam pengambilan sisi positif dari setiap tulisan dan jika serius untuk saling membangun; membiarkan atau mengabaikan orang-orang yang kelihatannya ingin mengajak berdebat   ..hehehehe

Josua Manurung's picture

Ho...HO...HO....

Setelah setahun tak kemari....

ternyata masih banyak juga yang menyampah....

Hai2.... kau jadikan apa pasar kita ini... hehehe....

Selamat Natal dan Tahun Baru untuk semuanya....

Kiranya Gusti ALLAH Memberkahi kita semua....

dengan umur panjang....

semakin bertumbuh dan berkembang dalam Iman Kristen....

semakin Kasih kepada sesama (orang yang memusuhi dan kita anggap musuh)

semakin mengerti satu sama lain....

semakin mengampuni karena kita sudah duluan diampuni Nya....

semakin rela untuk memaafkan walaupun denominasi, gembala, pendeta kita dihina-hina dan dicaci maki.....

semakin memaklumi ketika dicincang dan diludahi lewat kata-kata....

semakin melupakan semua kesalahan saudara-saudari yang pernah menyakiti hati kita selama di sabda space ini....

semakin yakin bahwa TUHAN YESUS adalah TUHAN dan JURUSELAMAT pribadi kita....

semakin serupa dengan KRISTUS YESUS dan tidak saling mendebat satu sama lain.... walaupun kita tahu dia penyesat, bebal, kepala batu, parbada, keras kepala, mau menang sendiri, egois, dan selalu nyampah di sabda space ini....

semoga saya tidak diaanggap nyampah oleh admin....

ADMIN.... satu kata untuk kalian..... MANTAP!

 

BIG GBU!

alvarez's picture

@jhosua, mau nanya nih

Kalo menegur sesama dan memberitahu kesalahan dan menunjukkan kenyataan apakah dapat terhitung sebagai "nyampah"? kalo bukan nyampah terus apa namanya? kalo gitu dengan alasan kasih kita tidak boleh ngasi tau sesama?

GBU

Joshua Li's picture

@Jm : Setuju

 

           Setuju....sekali........MANTAP !

 

Karena memasuki Thn 2010 akan ada diskusi yang seru, saya lagi menunggunya sebagai penonton, bagi saya semuanya itu untuk pembelajaran.

 

 

Sukses selalu SS..,semoga makin menjadi berkat bagi kita semua dan banyak terima kasih kepada seluruh staf YLSA  atas semua pelayanannya.

Selamat Natal n Tahun Baru utk all staf YLSA n all Blogger...

 

TYM all 

Tut Wuri Handayani's picture

Apa artinya "Nyampah"?

Menurut saya, kata "nyampah" perlu didefinisikan dengan lebih jelas.

Seharusnya bukan saja tentang masalah penggunaan kata-kata sumpah serapah atau kata-kata kasar dan hinaan-hinaan, tapi juga masalah penafsiran ayat-ayat Firman Tuhan yang tidak bertanggung jawab.

@Joshua Li, selamat bergabung di SS.

 

dennis santoso a.k.a nis's picture

peringatan: BAHAYA

field comment dibuka jadi "simple" gini ini bahaya lho... bisa mengundang yang mboten2... contohnya iframe di bawah ini:

kalo misal diarahin ke site2 porno gimana coba?

ok, gue ngerti bahwa seringkali js nya lama diload nya, cuma dengan mengubah jadi begini, menurut gue ini bener2 malah jadi konyol.

joli's picture

@denis, ajari yang bahaya..

Walah Nis, cara pasang frame kayak google itu piye caranya?? Meski gaptek, bila dikasih tahu bahaya jadi pengin nyoba ;) Btw, admin, untuk template komentar sih lebih suka defaultnya yang "rich", jadi bisa bermain warna dan pasang gambar lebih mudah. Kadang sudah nulis komentar di "simple" bagus2 mau mewarna lalu pindah di "rich" jadi tumpuk2 karena alinea hilang semua. Red WARNING, bila babi iseng lewat, tuh sudah praktekin Gangguan kecil di blog tafsirnya Smile ;)
Kiem's picture

"Postingan", dalam hal ini, apakah sudah termasuk "Komentar"

Puji Tuhan,

Sejak keluarnya surat cinta admin ini, kualitas postingan sudah membaik, dan cenderung hampir bisa dipertanggungjawabkan oleh yang punya blog (Postingan) dengan ayat-ayat, minimum dengan pengertian sendiri terhadap ayat.

Akan tetapi pada kenyataannya, masih banyak "Komentar" terhadap blog, yang cenderung memprovokasi, bahkan dengan sangat beraninya pembuat komentar menyampaikan komentar yang TIDAK BERKAITAN DENGAN POKOK MASALAH dan BERNADA EMOSIONAL, bahkan tidak didukung dengan Referensi ayat ataupun literatur yang jelas.

Semoga hal ini menjadi perhatian bagi komentator versi yang saya maksud, tanpa menyebut namanya.

Tuhan Yesus membalaskan segala itikad baik para penulis dan para komentator yang melayani sesama dengan membagi-bagikan Firman melalui SS yang kita cintai ini.

Tuhan Yesus memberkati

alvarez's picture

@KIEM TIDAK PUNYA ITIKAD BAIK

Alvarez :

Silahkan menunjukkan itikad baik anda dengan menjawab pertanyaan saya dengan singkat dan jelas.

Untuk semua fitnahan anda, saya tidak akan menasihatkan anda lagi karena sampai saat ini pun masih terus anda lakukan, setidaknya anda dapat menunjukkan itikad baik dengan menjawab pertanyaan saya akan komentar anda walaupun anda sudah tidak dapat berhenti dari memfitnah!

Kiem menjawab :

Saya akan puaskan anda dengan jawaban saya yang didukung dengan ayat Firman Tuhan, jika anda bertanya dengan itikad baik.

Sampai kapanpun, saya akan layani anda dengan Firman, jika anda tidak membelokkan terlebih dahulu kutipan-kutipan anda.

Yang penting, pertanyaan anda benar dan bisa dibuktikan dengan link.

alvarez :

DASAR NABI PEMBUAL & PENJILAT TIDAK PUNYA MALU