Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Dinosaurus

victorc's picture

Teks: Matius 24:37
"Sebab sebagaimana halnya pada zaman Nuh, demikian pula halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia."

Shalom, selamat pagi saudaraku. Beberapa hari lalu saya mengikuti konferensi ISCPMS ke-3 (International Symposium for Current Progress in Mathematics and Sciences) yang diadakan oleh FMIPA Universitas Indonesia. Saya senang bisa melihat dari dekat buah karya pemikiran anak-anak muda yang berusaha menyelesaikan berbagai masalah menggunakan matematika. Namun juga saya merasa lebih mirip dinosaurus dibandingkan anak-anak muda berbakat ini. ;-)

Kepunahan keenam?
Omong-omong soal dinosaurus, saat istirahat makan siang saya sempat berdiskusi dengan seorang profesor pakar ilmu bumi (earth science) dari National Taiwan Normal University, namanya Prof. Horng-Sheng Mii. Beliau kebetulan menjadi salah satu pembicara yang diundang dalam ISCPMS tersebut.
Perbincangan kami cukup hangat, dan saya menanyakan kepada beliau berbagai hal mulai dari formula Drake untuk memperkirakan populasi alien di alam semesta, SETI, sampai siklus matahari dan Maunder Minimum.
Di antara pertanyaan yang saya ajukan adalah: benarkah kepunahan dinosaurus hanyalah salah satu dari 5 kepunahan masal yang pernah terjadi dalam sejarah bumi? Dan apakah dunia sekarang sedang mendekati apa yang kerap disebut Kepunahan massal keenam (6th extinction)?
Saya pertama kali mendengar tentang teori kepunahan keenam ini dari film seri X-files yang populer sekitar tahun 2000an. Lalu tahun 2009, saya membaca sebuah artikel tentang topik ini ketika berkesempatan mengunjungi salah satu museum di Moscow.* Artikel itu ditulis kalau tidak salah oleh Prof. Anthony D. Barnosky, pakar biologi integratif dari UCLA, Berkeley.(1)(2)
Barnosky di antaranya menulis bahwa data-data menunjukkan laju kepunahan banyak spesies di berbagai belahan bumi. Dan sepertinya ini menegaskan teori kepunahan keenam seperti yang saya lihat dalam serial X-files. (3)
Prof. Mii hanya menanggapi singkat bahwa bisa jadi memang keragaman spesies sedang menyusut, namun bukan berarti kepunahan akan segera terjadi. Bagi beliau, spesies homo sapiens (manusia) tampaknya akan bertahan dan menjadi yang terakhir tinggal di bumi ini. Hipotesis beliau mungkin bisa disebut "The last man standing prediction."

Trans-human

Sementara itu, bagi saya ada kemungkinan yang lebih mengkhawatirkan, bahwa  -bahkan jika tidak ada bencana skala global seperti perang nuklir- bisa jadi yang akan tinggal terakhir di bumi bukanlah manusia seperti yang kita kenal, namun versi trans-human atau hibrida antara manusia dan kecerdasan buatan. Hal ini mengingat kemajuan pesat akhir-akhir ini dalam riset tentang kecerdasan buatan (AI). Lihat misalnya film-film futuristik-distopian seperti Terminator, Total Recall atau Ghost in the Shell.
Dan jika ini terjadi di masa datang, mungkin akan terjadi kekerasan dan kekacauan yang lebih buruk daripada saat berkuasanya Nefilim seperti dikisahkan dalam Kejadian 6. Bukankah Nefilim disebutkan sebagai para raksasa hasil kawin silang antara para malaikat yang jatuh ke bumi dan ras manusia? Mungkin hal ini akan terjadi saat mendekati akhir zaman, seperti dinubuatkan dalam Mat. 24:37-38.

Bagaimana pendapat Anda?

versi 1.0: 27 juli 2017, pk. 6:12
VC

*catatan: terimakasih buat Busron

Referensi:
(1) Anthony D. Barnosky et al. Nature vol. 470, march 2011. Url: http://ib.berkeley.edu/labs/barnosky/Barnosky%20et%20al%20Sixth%20Extinction%20Nature.pdf
(2) Anthony D. Barnosky. Url: http://ib.berkeley.edu/labs/barnosky/adbpubs.htm
(3) https://en.wikipedia.org/wiki/The_Sixth_Extinction_(The_X-Files)
(4) http://www.calvarypo.org/HANDS/1331.pdf
(5) http://www.end-times-bible-prophecy.com/transhumanism.html

__________________

"If You Want to Walk on Water, You've Got to Get Out of the Boat‎." - John Ortberg

The Second Coming Institute

jesusfreaks's picture

Teori kiamat

Ya Alkitab sih memang menubuatkan soal kiamat. Dimana ada kekacauan sebelum kehancuran dunia.

Entah apa bentuk kekacauan itu yang katanya akan menyiksa mereka yang tidak memakai tanda.

Entah apa pula bentuk kehancuran dunia, apakah ditabrak benda langit atau lainnya.

Ya mungkin tinggal tunggu saja untuk melihatnya atau berharap ikut rapture.

 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-