Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Jangan Sesat !!! (Bagian 2)

You are not authorized to post comments.
smile's picture

JANGAN SESAT ( Bagian 2 )

 
 
Mari kita lanjutkan tentang kesesatan. Biasanya ciri ciri dari ajaran yang menyesatkan itu adalah :

-Merasa kalau dirinya paling benar
Biasanya mereka merasa mendapat wahyu baru, sehingga merasa apa yang diwahyukan itu lebih benar dari kitab suci dan Firman yang sudah ada.
 
-Tidak menjadikan Alkitab sebagai sumber kebenaran dari Firman Allah
Biasanya mereka tidak menghargai lagi kitab suci dan firman (T)uhan yang sudah ada.Mereka merasakan mendapat wahyu baru yang lebih benar, lebih up date daripada wahyu yang lama yang tertunag dalam kitab suci sebelumnya.Dan kalau alkitab masih mereka pergunakan tetapi otoritasnya jauh dibawah wahyu yang mereka dapat itu.
 
-Mengajarkan doktrin dan pemikiran baru yang tidak alkitabiah
Jika mereka mengklaim mendapat wahyu baru, otomatis akan muncul pengajaran pengajaran baru. Atau dengan sadar menyebarkan suatu pemikiran baru yang jelas bertentangan dengan ayat alkitab.Dan itu sudah banyak terjadi dan bermunculan lah kelompok seperti itu, yang salah satunya adalah yang pertama kali berdiri tahun 1870 di Pennsylvania. Atau untuk jaman sekarangnya sekte yang diketuai oleh Seorang yang mengaku adalah Rasul yang menerima wahyu baru dengan kasusnya ‘Sekte Kiamat’ 10 Nopember 2003’
 
Demikian petikannya :
Biasanya para tokoh kultus itu merasakan bahwa mereka mendengar suara/bisikan Tuhan, mendapat Lawatan Allah, memperoleh visiun khusus, yang semuanya mereka anggap sebagai firman Allah yang bukan tertulis (logos) tetapi ‘Rhema’. Mangapin Sibuea berkali-kali menyebutkan istilah ini yang dianggapnya langsung sebagai ‘janji dan perintah Tuhan.’ Di Kalangan Kharismatik ekstrim istilah yang dipopulerkan oleh ‘Jonggi Cho’ itu juga populer, dan istilah yang sama juga dipopulerkan para penganut ‘Toronto Blessing.’ Biasanya ‘Rhema’ ini kemudian dianggap lebih berotoritas daripada firman ‘Logos’ bahkan kalau bertentangan sekali pun. Gerakan Trasformasi juga mempopulerkan nubuatan-nubuatan para nabi dan rasul mereka. Nubuatan biasanya berkaitan dengan ‘Akhir Zaman’ atau ‘Kemakmuran’ (kemenangan atas setan dalam spiritual warfare).
 Sumber :  SENSASI AKHIR JAMAN
 
 
Maupun Tahta Suci kerajaan eden yang selalu membawa kitab wahyu dalam tulisannya.
Demikian petikannya :
 
Di akhir zaman ini banyak nubuah yang diadaptasi menurut pemikiran masing-masing yang meruntutkan keadaan sekarang ini dengan berita-berita kiamat dari Kitab-Kitab Suci. Di Injil ada nubuah tentang nabi palsu di akhir zaman. Di dalamnya pun ada nubuah tentang orang-orang yang diberi ruh Tuhan, yaitu para nabi. Sebagaimana Tuhan mengutus malaikat-Nya untuk menunjukkan kepada hamba-hamba-Nya apa yang harus segera terjadi.

Wahyu 22:6. Lalu Ia berkata kepadaku: "Perkataan-perkataan ini tepat dan benar, dan Tuhan, Allah yang memberi roh kepada para nabi, telah mengutus malaikat-Nya untuk menunjukkan kepada hamba-hamba-Nya apa yang harus segera terjadi."
Seperti itulah naskah Kitab Kehidupan yang kujanjikan yang sedang dalam penulisan ini. Setiap orang bebas mengkaji Kitab Kehidupan yang sudah kuawali ini. Samakah dengan “Kitab Jurnal Kedatangan Tuhan” yang ditulis Pendeta Mangapin Sibuea sebagai rasul Allah Paulus II dari Pusat Kerasulan dan Kenabian Dunia itu?
Contoh lain di korea,The UNIFICATION CHURCH
YANG DIPIMPIN OLEH PENDETA Sun Myung Moon
Yang mengaku bertemu (T)uhan Yesus pada usia 16 tahun, dan menurutnya, dia harus meneruskan karya (T)uhan Yesus yang belum selesai.yaitu karya untuk melahirkan benih benih ilahi.Dan dia dengan sekretarisnya adalah orang yang diutus untuk meneruskan karya (T)uhan Yesus yang belum selesai itu.
Bisa anda baca selengkapanya : SUN MYUNG MOON
* * * *
-Menafsir Ayat alkitab seenaknya, dan memutarbalikkan dengan pengertiannya sendiri.
Dalam menafsirkan ayat ayat alkitab tentunya harus ada cara dan langkah yang digunakan agar tafsir tidak menjadi salah. Biasa di Sabda Space ini banyak disebutkan hermeneutika, yaitu ilmu tafsir. Prinsip dari hermeneutika itu sendiri adalah menafsir ayat alkitab sesuai dengan konteksnya, apabila tidak akan terjadi pemutarbalikkan dan pemerkosaan akan ayat yang ditafsir tersebut.
Biasanya ayat ini yang banyak disalah artikan sehingga akhirnya terbentuk kelompok sesat untuk melakukan kehendak kedaginan sebagai suatu tindakan benar dan mereka meyakini itu tidak salah.

Kisah Para Rasul
2:44 Dan semua orang yang telah menjadi percaya tetap bersatu, dan segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama
Di Amerika ada aliran yang memperbolehkan free sex, yaitu CHILDERN OF GOD. Mereka menganggap kepunyaan bersama ini bukan hanya harta pribadi saja, melainkan istri, pacar, pun boleh untuk bersama.

Kisah Para Rasul
2:45 dan selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan masing-masing.
2:46 Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati,
2:47 sambil memuji Allah. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan.
Lalu mereka yang punya uang kemudian menjual harta miliknya, dan jadi pengangguran dengan membagi bagi uang mereka, lalu nongkrong di depan gereja???
 
Sungguh memprihatinkan….

Contoh lainnya :

 
1 Yohanes
4:8 Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih.
ALLAH ADALAH KASIH = GOD IS LOVE
Itu lagi yang diplesetkan oleh aliran CHILDREN OF GOD, yang menambahkan kalimat :
…………LOVE IS GOD
Akhirnya menjadi GOD IS LOVE , LOVE IS GOD
 
(T)uhan adalah kasih itu benar…
Maka dari itu (T)uhan disembah,..tapi bila ditambah kalimat LOVE IS GOD, maka (T)uhan-nya disini adalah CINTA, hal inilah yang menjadi pegangan mereka untuk melakukan free sex, dan salah satu alirannya adalah Hooker For God.
 
 
Bagaimana menyikapinya?
 
Jangan lah sesat tentunya. Kembalilah pada kebenaran sejati dari Firman (T)uhan.
Jangan menambah ataupun mengurangi isi dari alkitab yang berisi firman (T)uhan tersebut.
 
 

Wahyu :

22:18 Aku bersaksi kepada setiap orang yang mendengar perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini: "Jika seorang menambahkan sesuatu kepada perkataan-perkataan ini, maka Allah akan menambahkan kepadanya malapetaka-malapetaka yang tertulis di dalam kitab ini.
22:19 Dan jikalau seorang mengurangkan sesuatu dari perkataan-perkataan dari kitab nubuat ini, maka Allah akan mengambil bagiannya dari pohon kehidupan dan dari kota kudus, seperti yang tertulis di dalam kitab ini."
Jelas sudah dikatakan dalam ayat tersebut, akan “TIDAK ADANYA WAHYU BARU”
 
Kembali saya tuliskan akan nasehat tegas yang disampaikan oleh Rasul Paulus :
 
2 Tesalonika
2:3 Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa,
 
2 Tesalonika
2:15 Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis
 
 
 

Galatia

1:8 Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia.
 
Yesus Kristus adalalah Jalan dan Kebenaran dan Hidup,Tak ada juruslamat atau mesias lain atau nabi lain selain DIA yang Awal dan Yang Akhir, (T)uhan kita Yesus Kristus, yang dapat memberikan wahyu baru kepada kita semua.
 
Semua mempunyai konsekuensi, hukum tabur tuai, siapa menabur akan menuai
 
 
Matius
7:15
"Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.
7:16 Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri?
7:17 Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik.
7:18 Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik.
7:19 Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api.
7:20 Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka
 
Sesat juga dapat disebabkan oleh banyak hal lainnya.
Antara lain karena pergaulan yang salah,
 
 

1 korintus

15:33 Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.
Ayat diatas menjelaskan bahwa pergaulan yang salah dapat menyebabkan orang menjadi sesat. Lingkunagn dalam pergaulan yang salah pun mendukung terjadinya hal tersebut.
Contoh pengaruh negatif yang terjadi dijelaskan dalam kisah 2 samuel tentang Amnon yang bergaul salah dengan Yonadab.
 
Contoh lain adalah menjadi anggota dari kelompok menyimpang atau sekte sesat yang memutarbalikkan kebenaran Firman (T)uhan.
 
Selain dari semuanya itu, kembali diingatkan bahwa pikiran juga bisa menyebabkan orang menjadi sesat, yang lagi dan lagi mencerna serta menafsir ayat dalam Firman (T)uhan dengan cara nya sendiri tanpa didampingi oleh prinsip yang benar dari ilmu tafsir itu sendiri.
 
Jika seseorang mengatakan, bahwa saya mendapat wahyu dari Allah, ketika saya sedang begini, kemudian dia menerapkan wahyu yang didapatnya tersebut sehingga orang lain menuruti, apapun itu isinya pantas disebut sesat.
 
Hati hati dengan pemikiran manusiawi, yang hanya mengandalkan murni logika, nalar dan rasio, tanpa dibarengi dengan ilmu yang benar untuk menafsir, serta iman yang kuat agar roh kudus dapat bekerja dengan baik ketika seseorang ingin mengerti akan kebenaran firman (T)uhan.
 
Hati hati dengan mengatakan orang sesat, karena mengatakan sesat tanpa bukti adalah fitnah.
 
Bacalah dahulu alkitab dengan benar,sehingga sekali lagi tidak diombang ambingkan oleh angin sesat dari pengajaran tertentu dari orang tertentu yang mengaku mendapat wahyu baru dari (T)uhan atau menambah dan mengurangi isi dari Firman (T)uhan seenaknya, mengartikan semuanya dengan hikmatnya sendiri, dan merasa paling benar serta tidak mau belajar untuk mengetahui akan kebenaran sejati dari Firman (T)uhan.
Jangan memberi celah kepada para nabi palsu untuk menyesatkan kita,yang menggerogoti keimanan kita, yang terus mengintai kita untuk disesatkan.
 
Jangan menganggap apa yang anda atau saya alami semuanya itu dari (T)uhan. Bedakan secara jeli, agar kita tidak tersesat. Pekalah terhadap mana yang dari (T)uhan dan mana yang bukan, dengan rajin berdoa, membaca alkitab dengan prinsip tafsir yang benar,meminta agar roh kudus selalu menyertai kita, dan hidup kudus serta berkenan di mata Allah.
 
Sesat juga sekali lagi ditegaskan bisa berasal dari pemikiran yang keliru. Adapun pemikiran keliru tersebut, tentunya berasal karena orang tersebut berpikir murni dengan kekuatan pemikirannya sendiri,menafsirkan Alkitab menurut hikmatnya sendiri,yang dewasa ini dikenal dengan paham universalisme. Yaitu paham yang percaya akan adanya pengampunan dosa secara menyeluruh, tidak terkecuali kepada iblis sekalipun.

Karena mereka juga menganggap bahwa (T)uhan adalah Maha Pemurah, dan maha Pengampun, sehingga (T)uhan tidak akan tega menghukum orang berdosa serta iblis kedalam neraka

 
Sungguh sesat!!!!.
 
 

Hiduplah kudus agar tidak sesat dan disesatkan

 
1 Korintus
6:9 Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang yang tidak adil tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah? Janganlah sesat! Orang cabul, penyembah berhala, orang berzinah, banci, orang pemburit,
6:10 pencuri, orang kikir, pemabuk, pemfitnah dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.
 
Rasul Paulus menuliskan ini untuk jemaat di Korintus,kepada orang yang percaya, bukan kepada orang yang tidak percaya, dan kita tentu bisa memahami bahwa ayat ini ditujukan untuk umat Kristen.
 
Jika kita hidup terus dalam kesesatan dengan melakukan dosa dan dosa lagi,maka kita tidak dapat masuk dalam kerajaan Allah yang sudah jelas kudus dan tidak menajiskan.
 
Sesat karena disesatkan, sesat karena tidak mau hidup kudus, sesat karena tidak memahami alkitab dengan baik.
 
 

JANGAN SESAT!!!

 
 
 
 
 
selesai
 
By smile :
JANGAN SESAT ( Bagian 2 )
 

 

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

teograce's picture

@ smile

smile, pertanyaannya sejauh mana dinyatakan sesat? hal seperti ini kan banyak kasusnya.

"Jangan lah sesat tentunya. Kembalilah pada kebenaran sejati dari Firman (T)uhan.
Jangan menambah ataupun mengurangi isi dari alkitab yang berisi firman (T)uhan tersebut."

ada yang mengajarkan baptis harus benar, kalau baptisnya dengan percik tidak sah, trus harus dibaptis ulang, padahal baptisan awal dibaptis dalam nama Bapa, Putra, Roh Kudus (menurut saya ini salah), yang lain mengatakan baptis percik atau selam itu sudah sah, karena dibaptis dalam nama Bapa, Putra, Roh Kudus. masing-masing toh ada argumennya sendiri-sendiri. atau hal klasik seperti predestinasi vs kehendak bebas yang ujungnya ga akan ketemu keknya.. haha...

atau itu tidak dikategorikan sesat? hanya perbedaan tafsiran? yang dikategorikan sesat hanya sebatas yang setipe "wahyu"?

kebenaran memang tidak akan berubah. kebenaran tetap kebenaran sekalipun orang-orang mengatakan kebenaran itu bukanlah kebenaran. tetapi belakangan saya merasa kebenaran firman Tuhan di tangan manusia menjadi kebenaran yang relatif.

__________________

-Faith is trusting God, though you see impossibility-

smile's picture

teograce : rasul paulus

Yang dinamakan sesat :

Yang menambah, dan mengurangi isi alkitab

Yang bilang mendapat wahyu dari Allah....

2 Tesalonika
2:15 Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis

 


Galatia
1:8
Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia.

 

Coba baca deh surat dari rasul paulus,......

 

sincerely,
smile
________________

*Jangan bilang bisa menaklukkan dunia, kalau tidak bisa menaklukkan diri sendiri terlebih dahulu*

 

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

teograce's picture

@ smile, bagaimana bila

bagaimana dengan saksi yehovah, mereka mengatakan Yesus bukan Tuhan, karena menurut mereka, tidak ada tulisan yang menyatakan Yesus adalah Tuhan di alkitab secara langsung, tapi orang kristen mengatakan sesat kan?

__________________

-Faith is trusting God, though you see impossibility-

smile's picture

teograce

Menurut Kristen saksi Yehovah adalah sesat dan menyesatkan...bagi saksi Yehovah, kristen adalah menyimpang,....

Anda kristen atau bukan bro? tentu anda tahu jawabannya,..mari membahasnya,..karena saya pun sedang terus belajar untuk tahu mana yang sesat dan mana yang tidak..mana yang himat dari sendiri, mana yang dari (T)uhan

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

teograce's picture

hahaha... smile, saya kan

hahaha... smile, saya kan cuma menanggapi berdasarkan definisi sesat yang smile katakan :

Yang dinamakan sesat :

Yang menambah, dan mengurangi isi alkitab

Yang bilang mendapat wahyu dari Allah....
 

itu pertama.

kedua, sepemikiran saya,sebelum konsili nicea, dulu pengajaran ga seragam, dan orang yang mengajar "Yesus adalah manusia" itu belum didefinisikan sebagai sesat. saya kristen, tentu, saya percaya doktrin Allah Tritunggal. tapi, memang fakta bahwa sesat tidak sesat tidak bisa dilihat cuma dari alkitab. ada hal-hal yang tidak tertulis. saya yakin, dulu orang-orang farisi menganggap Yesus sesat.

itu alasan mengapa saya bilang : "sesat" tidaknya itu menjadi hal yang relatif. praktiknya tidak sesederhana definisinya.. 

__________________

-Faith is trusting God, though you see impossibility-

Miyabi's picture

@smile: kalo sesat dari lahir?

kalau dilahrkan di keluarga dan lingkungan yg sesat gimana?

Nggak bisa dibilang "jangan sesat" dong. Setahu saya kita nggak milih lahir dari ortu kayak apa. (atau jangan-jangan kita bisa milih ya?)

__________________

".... ...."

PlainBread's picture

Mana yang Sesat?

Mana yang sesat, doktrin dikotomi atau trikotomi (tubuh, jiwa, roh)?

Mana yang sesat, doktrin free will atau predestinasi?

Mana yang sesat, doktrin Tradisi yang dipegang katolik atau doktrin sola gratia yang dipegang protestan?

Mana yang sesat, doktrin fallen nature (dosa asal) yang dipegang protestan atau dokktrin fallen persons (tidak ada dosa asal) yang dipegang orthodox?

Mana yang sesat, doktrin Maria bunda Allah atau doktrin Maria adalah bunda Yesus hanya sewaktu di bumi?

Mana yang sesat, doktrin dibaptis perlu buat keselamatan atau doktrin baptis bukan keharusan untuk keselamatan?

 

Tempatin gue di posisi doktrin2 mana aja, dan gue bisa tunjukin kesesatan doktrin lawan gue. Heck, gue bisa tunjukin kesesatan doktrin yang ada di posisi yang gue pegang.

kasjim's picture

bingung

plainBread

Kalau begitu mana yang benar dan salah????

Dari yg plainbread sebutkan mana yg paling sesuai dgn kitab suci??

trims..

__________________

semua sia-sia

PlainBread's picture

@Kasjim Anggaplah Saya Atheis Kristen

Anggaplah saya atheis kristen (pengandaian). Mungkin suatu term yang buat anda rancu. Anggaplah saya atheis karena saya tidak percaya keseluruhan alkitab itu adalah Firman Tuhan namun berisikan firman. Anggaplah saya kristen karena saya percaya Yesus sebagai Kristus.

 

Nah, karena saya atheis kristen, ijinkan saya mengajukan deskripsi seperti ini:

- Alkitab terdiri dari buku2 yang di dalamnya banyak yang saling bertentangan. Bayangkan sebuah buku yang berisi cerita tentang 4 unsur alam, yaitu tanah, air, udara, dan api. Lalu ada buku lain yang bercerita tentang 5 unsur alam, yaitu tanah, air, udara, api dan besi. Lalu ada orang yang katanya diinspirasikan TUHAN berkehendak menggabungkan kedua kitab tersebut KARENA kitab2 tersebut juga berbicara soal deskripsi Tuhan yang sama dan prinsip iman yang sama.

Lalu ratusan tahun kemudian, para pemercaya KOMPILASI kitab2 tersebut saling gontok2an. Kelompok pertama bilang 4 unsur alamlah yang harus dipercaya dan dijadikan doktrin agama mereka. Sementara kelompok kedua bilang 5 unsur alamlah yang harus dipercaya dan dijadikan doktrin agama mereka.

 

Jadi soal apakah atau manakah yang benar atau salah, buat saya tidak lagi menjadi begitu penting karena yang terpenting ternyata siapa yang PALING KUAT. Karena yang terkuatlah yang menentukan mana yang benar dan mana yang salah. Anda anggap Tuhan adalah yang maha kuasa? Bagus. Karena saya juga percaya itu. Karena Tuhan paling kuat, Dialah yang menentukan mana yang benar dan yang salah. Sayang seribu sayang, ada orang2 yang mengerti hal ini dan menjadikan diri mereka secara tidak langsung sebagai Tuhan, minimal mengaku sebagai DIINSPIRASIKAN oleh Tuhan.

 

Sekali lagi, ini hanya pengandaian.

 

 

DAN-DAN's picture

PlainBread: Jadi soal apakah

PlainBread:

Jadi soal apakah atau manakah yang benar atau salah, buat saya tidak lagi menjadi begitu penting karena yang terpenting ternyata siapa yang PALING KUAT. Karena yang terkuatlah yang menentukan mana yang benar dan mana yang salah. Anda anggap Tuhan adalah yang maha kuasa? Bagus. Karena saya juga percaya itu. Karena Tuhan paling kuat, Dialah yang menentukan mana yang benar dan yang salah. Sayang seribu sayang, ada orang2 yang mengerti hal ini dan menjadikan diri mereka secara tidak langsung sebagai Tuhan, minimal mengaku sebagai DIINSPIRASIKAN oleh Tuhan.

DAN-DAN:

itu tulisan yang saya cetak tebel maksutnya apa sih? kok orang2yang mengerti hal ini dan menjadikan diri mereka Tuhan? kalo ngerti kan mustinya tidak menjadikan diri mereka Tuhan? Sori gua kurang ngeh..hehehe

__________________

Saya Suka Bebek Panggang...

PlainBread's picture

@Dan Meminta dengan baik, saya jelaskan mengenai Atheis Kristen

Kalimat saya buat Kasjim di atas adalah suatu pengandaian. Pengandaian jika saya berada di posisi kristen Liberal. Salah satu produk kristen Liberal adalah "Atheist Christian". Anda bisa baca beberapa link di bawah ini untuk membantu pemahaman anda (3 link pertama terkesan pro, 1 link terakhir yang terkesan kontra saya sengaja cantumkan biar orang2 yang mau menyerang saya bisa teriak2 "Eureka, eureka!!") :

 

http://www.unexplainable.net/artman/publish/article_462.shtml

http://christianatheist.com/

http://en.wikipedia.org/wiki/Christian_atheism

http://www.beliefnet.com/News/Science-Religion/2005/08/Breaking-The-Scie...

http://www.christianpost.com/article/20100407/pastor-calls-christian-ath...

 

Salah satu point penting dari atheis kristen adalah mereka menganggap bahwa buku2 dalam alkitab berisikan Firman Tuhan. Sebagian dari mereka bahkan menganggap bahwa buku2 tersebut hanyalah panduan moral, bukan lagi sebagai Firman Tuhan apalagi BERISI Firman Tuhan.

Premis bahwa buku2 tersebut disusun dengan INSPIRASI Roh Kudus tidak lagi mereka terima. Alasannya karena banyaknya doktrin yang bertentangan yang dipegang oleh banyak golongan di dalam kekristenan, yang menariknya, justru diklaim sebagi doktrin2 yang berasal dari [buku2 yang ada di dalam] alkitab. Saya sudah mencontohkan dengan memberikan ilustrasi mengenai buku yang berisi 4 unsur alam dan buku lain yang berisi 5 unsur alam. Lalu ada orang menggabungkan kedua buku itu menjadi 1 buku, dan selanjutnya ada orang yang gontok2an saling ribut mengenai mana yang benar, 4 unsur alam atau 5 unsur alam karena mereka tidak lagi menganggap kedua buku tersebut sebagai 2 buku yang terpisah melainkan sebagai suatu kesatuan: alkitab.

 

Orang yang menggabungkan buku2 itulah yang merasa diri sebagai Tuhan, atau setidaknya merasa diinspirasikan Roh Tuhan. Pemilihan buku2 yang selektif untuk dijadikan satu buku (alkitab) dipertanyakan oleh para atheis christians. Karena pola seperti itu mirip dan diwariskan sampe ke generasi kekristenan sekarang ini, bahwa sudah sifatnya orang2 di dalam kekristenan cenderung untuk memilih ayat2 selektif untuk membangun dasar doktrin mereka.

Apakah saya bagian dari atheis kristen? Bisa iya, bisa tidak. Tergantung dari mana anda memandang. Buat saya itu tidak begitu penting. Walaupun begitu, ada beberapa poin atau premis para atheis kristen yang saya rasa cukup menarik untuk dibahas.

Kenapa saya angkat ini, karena sebelumnya saya ditanya mengenai doktrin2 kitab suci yang saya bilang "tempatkan saya untuk memegang doktrin apa saja dan saya akan tunjukkan kesesatan doktrin yang bertentangan dengn doktrin saya, demikian juga sebaliknya."

Apakah nyambung dengan isi blog ini, mungkin akan ada orang bertanya seperti itu. Buat saya itu nyambung sekali, bahkan berkaitan erat. Dengan demikian kita akan selangkah lebih maju atau setidaknya punya persepsi alternatif dalam memandang perihal kesesatan atau heresy dipandang dari standar alkitab.

tonypaulo's picture

dalam sekejap berubah? ajaib plain

plain :

Mana yang sesat, doktrin dikotomi atau trikotomi (tubuh, jiwa, roh)?

Mana yang sesat, doktrin free will atau predestinasi?

dst (alur pertama)

 

plain:

Anggaplah saya atheis kristen (pengandaian). Mungkin suatu term yang buat anda rancu. Anggaplah saya atheis karena saya tidak percaya keseluruhan alkitab itu adalah Firman Tuhan namun berisikan firman. dst.. (alur kedua)

 

tony:

sekejap anda berubah posisi? dari suatu subtansi yang sudah dijawab dari alur pertama argumen anda

"Kalau begitu mana yang benar dan salah????

Dari yg plainbread sebutkan mana yg paling sesuai dgn kitab suci??"

 

kemudian tiba-tiba secara gaib, anda melompat..anggaplah saya seorang atheis?

jelas dua kondisi itu berbeda

pada alur pertama anda tidak mengatakan itu persepektif atheis, dan saya rasa tidak satupun dari alur pertama anda itu perspektif atheis, justru perspektif dikotumus antara yang mana yang paling mendekati kebenaran yang tertuan di Alkitab

kemudian di alur kedua, anda melakukan lompatan mistis...

sungguh pengunaan nalar yang sembarangan dan ajaib plain

 

salam

 

 

PlainBread's picture

dalam sekejab anda menjadi tolol? ajaib tonypaulo

Bla bla bla substansi bla bla bla perspektif bla bla bla gaib bla bla bla lompatan mistis bla bla bla nalar bla bla bla ajaib

>>> Masukkan kata Salam di sini, yang artinya sama dengan Shalom alias damai sejahtera, tidak peduli setelah sebelumnya bersikap tolol dan merendahkan orang lain.

tonypaulo's picture

anda mengerti arti dari kata merendahkan orang lain?

plain:

dalam sekejab anda menjadi tolol? ajaib tonypaulo

Bla bla bla substansi bla bla bla perspektif bla bla bla gaib bla bla bla lompatan mistis bla bla bla nalar bla bla bla ajaib

plain

>>> Masukkan kata Salam di sini, yang artinya sama dengan Shalom alias damai sejahtera, tidak peduli setelah sebelumnya bersikap tolol dan merendahkan orang lain.

 

tony:

nanya sendiri, jawab sendiri, diskusi aja sendiri terus...

atau ini cuma sekedar uneg2?

kok nengeluarin uneg2 aja merendahkan orang lain?

www.sabdaspace.org/comment/reply/9069/75298

www.sabdaspace.org/comment/reply/9020/75164

www.sabdaspace.org/comment/reply/9020/74214

AJAIB ANDA BEBAS UNTUK MERENDAHAN ORANG LAIN DENGAN SEENAKNYA NAMUN KETIKA ARGUMEN ANDA DIKOREKSI OLEH ORANG LAIN ANDA ANGGAP ITU MERENDAHKAN ANDA?

MUNGKIN HARGA DIRI ANDA YANG TERLALU TINGGI

sekali-kali telan kata2 anda sendiri, walau itu pahit, mungkin itu obat buat arogansi dan keangkuhan anda, pemahaman anda masih berantakan disana sini dalam hal menjelaskan Alkitab

jadi tidak anda tidak bisa menjelaskan secara baik lompatan mistis logika anda itu?

 

salam

PlainBread's picture

@tony belajarlah dari kasjim dan dan-dan

Tony: jadi tidak anda TIDAK BISA menjelaskan secara baik lompatan mistis logika anda itu

PB: Kenapa anda tidak pernah belajar perilaku anda sendiri?

Kalo anda meminta dengan baik ke saya untuk MENJELASKAN (tanpa harus bilang lompatan mistis logika), saya akan menjawabnya dengan baik. Apakah mengkoreksi argumen harus pake kata2 lompatan mistis logika, kata sembarangan, kata gaib, harus pake judul "anda pernah belajar logika?" ?

Sayangnya setelah anda menginjak orang lalu diinjak orang balik, anda komplen dan teriak2 "Kenapa saya diinjak2?!!!" Bacalah judul yang anda buat, baca isi komen2 anda. Dari sejak anda masuk SS tidak berubah. Anda yang mulai gak sopan, dibalas tidak sopan, anda malah menuduh bahwa anda korban ketidaksopanan orang lain.

Kalo anda tidak bisa belajar contoh sederhana, belajarlah dari komentar saya dan Antonic di blognya "Memilih Sebagian". Setelah dia kasar berkali2 dan saya tetap baik, begitu saya kerasi sekali akhirnya dia jadi sopan. Sayangnya saya pernah memakai cara seperti itu ke anda tapi tidak berhasil.

tonypaulo's picture

mengapa anda juga tidak belajar?

Tony: jadi tidak anda TIDAK BISA menjelaskan secara baik lompatan mistis logika anda itu

PB: Kenapa anda tidak pernah belajar perilaku anda sendiri?

 

tony : kok jawaban dengan pertanyaan ga nyambung?

mau saya kasih contoh bagaimana menjawab pertanyaan yang benar?

ini contohnya

PB: Kenapa anda tidak pernah belajar perilaku anda sendiri?

tony : kenapa anda tidak pernah belajar dari prilaku anda sendiri juga?

saya minta penjelasan lompatan mistis argumen anda, kok saya yang harus belajar dari prilaku saya sendiri?

ini konyol plain, bukan argumen sama sekali

 

plain :

Kalo anda meminta dengan baik ke saya untuk MENJELASKAN (tanpa harus bilang lompatan mistis logika), saya akan menjawabnya dengan baik. Apakah mengkoreksi argumen harus pake kata2 lompatan mistis logika, kata sembarangan, kata gaib,

 

tony:

karena memang alur argumen yang anda gunakan itu seperti lompatan mistis, tak terjelaskan urut-urutannyq, dan saya yakin anda tidak sanggup menjelaskannya dengan logika

 

plain :

haru pake judul "anda pernah belajar logika?" ?

 

tony ;

hah?

judul yang saya berikan

dalam sekejap berubah? ajaib plain

dan dalam komentar ini saya tidak pernah menyampaikan "anda pernah belajar logika?" ?

mungkin komentar saya atas komentar anda yang lain saya menyatakan itu, TAPI TIDAK DI KOMENTAR INI

inilah yang saya namakan logika alam gaib? tiba2 ketika saya tidak pernah menyampaikan komentar "anda pernah belajar logika?" di komentar ini dan saya sampaikan itu di komentar lainnya, anda mencampur adukannya menjadi tidak karuan

kalau saya seperti anda sifatnya? bagaimana dengan Yudas menyesal adalah bertobat? sorga yang tidak adil dan punya sistem kasta. dsb, dsb

saya bukan orang yang suka bersikap sentimentil belaka, saya tidak ingin mencampuradukan sesuatu dengan sesuatu lainnya sehingga tidak karuan

 

plain :

Sayangnya setelah anda menginjak orang lalu diinjak orang balik, anda komplen dan teriak2 "Kenapa saya diinjak2?!!!" Bacalah judul yang anda buat, baca isi komen2 anda. Dari sejak anda masuk SS tidak berubah. Anda yang mulai gak sopan, dibalas tidak sopan, anda malah menuduh bahwa anda korban ketidaksopanan orang lain.

 

tony:

lah, memang siapa yang mau menginjak-injak orang lain? dan siapa juga yang komplain dan merasa diinjak-injak?

satu lagi bukti logika alam gaib plain

kapan juga saya mulai tidak sopan, semuanya itu kan hanya ada dibenak anda saja, apa yang ada dibenak anda bukanlah suatu fakta buat saya, silahkan saja imajinasikan demikian, itu urusan anda

 

plain :

Kalo anda tidak bisa belajar contoh sederhana, belajarlah dari komentar saya dan Antonic di blognya "Memilih Sebagian". Setelah dia kasar berkali2 dan saya tetap baik, begitu saya kerasi sekali akhirnya dia jadi sopan. Sayangnya saya pernah memakai cara seperti itu ke anda tapi tidak berhasil.

 

tony:

lah anda mau meninggikan mutu dengan berkata "saya tetap baik, begitu saya kerasi sekali akhirnya dia jadi sopan"

SIAPA ANDA? anda bukan siapa-siapa, yang menurut anda tetap baik belum tentu baik menurut saya, bahkan menurut saya justru tidak baik sama sekali

ini lucu dan konyol, anda punya hak untuk menilai diri sendiri, mengangkat mulia diri anda sendiri?

sementara penilaian orang lain terhadap anda, anda acuhkan begitu saja? bercerminlah, ada kesetaraan posisi bagi semua, dan tidak ada  pengecualian buat anda sekalipun

dari awal justru saya lihat anda yang kasar, argumen-argumen anda argumen yang sarkasme, provokatif dan asbun

tapi sayang anda terlalu angkuh untuk melihatnya demikian, karena dimata anda, anda begitu tampak baik?

ngawur...

urusi saja argumen2 anda yang sering asbun, saya tidak tertarik dengan "saya tetap baik" versi anda, mau anda baik atau tidak, argumen anda banyak yang asbun

nah kalau memang anda punya kemampuan untuk mengunakan nalar yang sehat, mari jelaskan dan tidak usah bertele-tele lagi

=============================================================

plain :

Mana yang sesat, doktrin dikotomi atau trikotomi (tubuh, jiwa, roh)?

Mana yang sesat, doktrin free will atau predestinasi?

dst (alur pertama)

 

plain:

Anggaplah saya atheis kristen (pengandaian). Mungkin suatu term yang buat anda rancu. Anggaplah saya atheis karena saya tidak percaya keseluruhan alkitab itu adalah Firman Tuhan namun berisikan firman. dst.. (alur kedua)

 

tony:

sekejap anda berubah posisi? dari suatu subtansi yang sudah dijawab dari alur pertama argumen anda

"Kalau begitu mana yang benar dan salah????

Dari yg plainbread sebutkan mana yg paling sesuai dgn kitab suci??"

 

kemudian tiba-tiba secara gaib, anda melompat..anggaplah saya seorang atheis?

jelas dua kondisi itu berbeda

pada alur pertama anda tidak mengatakan itu persepektif atheis, dan saya rasa tidak satupun dari alur pertama anda itu perspektif atheis, justru perspektif dikotumus antara yang mana yang paling mendekati kebenaran yang tertuan di Alkitab

kemudian di alur kedua, anda melakukan lompatan mistis...

sungguh pengunaan nalar yang sembarangan dan ajaib plain

==============================================================

kalau tidak sanggup ya sudah, tidak perlu promosikan diri anda dengan merendahkan orang lain, ga ada hubungannya

yang saya bahas argumen anda bukan anda, tentang anda itu urusan anda dengan Tuhan anda

 

salam

 

PlainBread's picture

@Tony Anda minta jawaban? MIMPI ya?

Tony: saya minta penjelasan lompatan mistis argumen anda, kok saya yang harus belajar dari prilaku saya sendiri?

ini konyol plain, bukan argumen sama sekali

 

Cara anda bertanya tidak sopan sama sekali (lihat contohnya dengan yang saya garis tebal), dan anda berharap saya menjawab pertanyaan yang tidak sopan? Anda mimpi?

Sini saya ajari. Kalo anda bertanya seperti ini misalnya:

Bisakah anda jelaskan komentar anda karena menurut saya itu tidak logis di kalimat ini dan di kalimat ini

 

Maka saya akan menjawabnya dengan baik.

Selama cara anda bertanya tidak sopan, selama itu juga saya tidak akan berargumen dan menjawab pertanyaan anda.  Melainkan saya akan balik tidak sopan kepada anda.

Silakan perhatikan kata2 di atas dan di bawah yang saya bold, SEMOGA anda mengerti kenapa saya bilang anda tidak sopan. Selama anda memakai cara seperti itu, saya TIDAK menganggap bahwa anda BENAR-BENAR bertanya.

 

 

tony:

sekejap anda berubah posisi? dari suatu subtansi yang sudah dijawab dari alur pertama argumen anda

"Kalau begitu mana yang benar dan salah????

Dari yg plainbread sebutkan mana yg paling sesuai dgn kitab suci??"

 

kemudian tiba-tiba secara gaib, anda melompat..anggaplah saya seorang atheis?

jelas dua kondisi itu berbeda

pada alur pertama anda tidak mengatakan itu persepektif atheis, dan saya rasa tidak satupun dari alur pertama anda itu perspektif atheis, justru perspektif dikotumus antara yang mana yang paling mendekati kebenaran yang tertuan di Alkitab

kemudian di alur kedua, anda melakukan lompatan mistis...

sungguh pengunaan nalar yang sembarangan dan ajaib plain

tonypaulo's picture

reset to zero

Tony:
saya minta penjelasan lompatan mistis argumen anda, kok saya yang harus belajar dari prilaku saya sendiri?

ini konyol plain, bukan argumen sama sekali

 

plain:

Cara anda bertanya tidak sopan sama sekali (lihat contohnya dengan yang saya garis tebal), dan anda berharap saya menjawab pertanyaan yang tidak sopan? Anda mimpi?

 

tony :

anda mau jawab atau tidak itu urusan anda, ngapain dikaitkan saya mimpi? saya bukan pengemar anda, sama sekali bukan, argumen anda kali ini asal bunyi, itu saja

tidak sopan sama sekali?

kata "lompatan mistis" itu tidak sopan?

karena dinyatakan kepada anda menjadi tidak sopan?

lalu bagaimana yang ini?

www.sabdaspace.org/comment/reply/9069/75298

www.sabdaspace.org/comment/reply/9020/75164

www.sabdaspace.org/comment/reply/9020/74214

AJAIB ANDA BEBAS UNTUK TIDAK SOPAN KEPADA ORANG LAIN DENGAN SEENAKNYA NAMUN KETIKA ARGUMEN ANDA DIKOREKSI OLEH ORANG LAIN ANDA ANGGAP ITU TIDAK SOPAN?

anda sang rajakah disini? atau minta diperlakukan secara khusus? karena anda plainbread?

kalau anda mau jawab atau tidak, www.sabdaspace.org/comment/reply/9129/75445

saya tidak dirugikan atau diuntungkan sedikitpun dari jawaban anda

ini sih reset ot zero dan memang saya yakin kali ini anda tidak mempunyai jawaban, atau kalau anda mo ngeles, anda akan jatuh

mau anda  mencobanya?

 

salam

PlainBread's picture

@Tony Reset to Zero? LOL Ke Laut aje

Tony: karena dinyatakan kepada anda menjadi tidak sopan?

lalu bagaimana yang ini?

www.sabdaspace.org/comment/reply/9069/75298

www.sabdaspace.org/comment/reply/9020/75164

www.sabdaspace.org/comment/reply/9020/74214

 

Sini gue jawab:

1. Link yang pertama elu kasih soal si Erfen, elu tau kenapa gue keras ke dia? Kalo gak tau, tanya jangan sok tau. Si Erfen itu datang2 ke SS bilang ada "penyakit2" dalam SS. Datang2 mengkritik soal identitas palsu sambil membanggakan dirinya yang mengklaim pake nama asli sebagai nick.

Mirip kaya elu, datang ke SS pake iman, merasa harus "nyembuhin" orang. Setelah gue keras ke dia, dia bilang bahwa dia cuma bercanda, Dia lebih pinter dari elu. Sadar akan kesalahan dalam kalimatnya.

2. Link yang kedua dan ketiga kekasaran gue yang gue bikin ke Smile dan Hannah. Elu tau kenapa? Karena si Smile bilang pendeta muda perkosa wanita itu wajar, dan si Hannah yang "enemy of my enemy is my friend" itu langsung nimbrung kaya laler. Mungkin buat orang2 kaya elu, smile dan Hannah, selama itu dilakuin pendeta wajar aja kali ya kan udah bawa BANYAK JIWA ke Tuhan. Sementara kalo gue koreksi si Smile langsung dianggap kasar ya.


ini sih reset ot zero dan memang saya yakin kali ini anda tidak mempunyai jawaban, atau kalau anda mo ngeles, anda akan jatuh

mau anda  mencobanya?

Mendingan elu suruh ORANG LAIN yang nanya pertanyaan elu dengan cara yang tentunya berbeda dengan elu, ATAU elu tunggu gue jawab pertanyaan si DAN-DAN di atas. Tapi kalo dengan cara ELU bertanya (saya yakin kali ini ....), NGAPAIN saya jawab? Anda sudah yakin kok. Cuma orang yakin yang TOLOL yang masih mau [pura2] nanya. Dan saya akan lebih tolol kalo menjawab pertanyaan orang YAKIN yang TOLOL yang msih mau [pura2] nanya. 

 

tonypaulo's picture

ke laut? laut apa?

plain :

Mungkin buat orang2 kaya elu, smile dan Hannah, selama itu dilakuin pendeta wajar aja kali ya kan udah bawa BANYAK JIWA ke Tuhan. Sementara kalo gue koreksi si Smile langsung dianggap kasar ya.

 

tony:

ke laut? laut mana? lagi bicara argumen anda yang asbun dengan cara anda yang kasar kok laut dibawa2? sebentar lagi anda bawa planet Jupiter lagi? ngawur

jadi argumen anda SAYA KASAR KARENA...............

 

tapi apa itu menjawab

AJAIB ANDA BEBAS UNTUK MERENDAHAN ORANG LAIN DENGAN SEENAKNYA NAMUN KETIKA ARGUMEN ANDA DIKOREKSI OLEH ORANG LAIN ANDA ANGGAP ITU MERENDAHKAN ANDA?

MUNGKIN HARGA DIRI ANDA YANG TERLALU TINGGI

atau

AJAIB ANDA BEBAS UNTUK TIDAK SOPAN KEPADA ORANG LAIN DENGAN SEENAKNYA NAMUN KETIKA ARGUMEN ANDA DIKOREKSI OLEH ORANG LAIN ANDA ANGGAP ITU TIDAK SOPAN?

anda sang rajakah disini? atau minta diperlakukan secara khusus? karena anda plainbread?

TIDAK SAMA SEKALI

ANDA TIDAK PUNYA HAK UNTUK KASAR DAN TIDAK SOPAN KEPADA ORANG LAIN!

apalagi anda terlalu mengangkat tinggi diri anda melampaui members2 baru disini, pemahaman anda pun biasa saja, tidak ada yang hebat, bahkan pemahaman anda ttg Alkitab, dasar-dasar logika mengkuatirkan

 

 

ini sih reset ot zero dan memang saya yakin kali ini anda tidak mempunyai jawaban, atau kalau anda mo ngeles, anda akan jatuh

mau anda  mencobanya?

plain :

Mendingan elu suruh ORANG LAIN yang nanya pertanyaan elu dengan cara yang tentunya berbeda dengan elu, ATAU elu tunggu gue jawab pertanyaan si DAN-DAN di atas. Tapi kalo dengan cara ELU bertanya (saya yakin kali ini ....), NGAPAIN saya jawab? Anda sudah yakin kok. Cuma orang yakin yang TOLOL yang masih mau [pura2] nanya. Dan saya akan lebih tolol kalo menjawab pertanyaan orang YAKIN yang TOLOL yang msih mau [pura2] nanya.

 

tony:

anda bilang "NGAPAIN saya Jawab?"

jadi anda hanya mau mengeluarkan uneg2 saja?

pertanyaan saya belum anda jawab kok sama sekali

www.sabdaspace.org/comment/reply/9129/75445

atau memang saya bisa menganggap anda tidak mempunyai keberanian untuk menjawabnya kok

 

salam

okulasi's picture

@plain:kalo diladenin lu malah nyampah

 udahlah bro ,si tony itu gak akan mudeng diajak ngomong yang model beginian

Bla bla bla substansi bla bla bla perspektif bla bla bla gaib bla bla bla lompatan mistis bla bla bla nalar bla bla bla ajaib

 

>>> Masukkan kata Salam di sini, yang artinya sama dengan Shalom alias damai sejahtera, tidak peduli setelah sebelumnya bersikap tolol dan merendahkan orang lain.

soalna dia gak mudeng ilmu terawangan..hahahahaa (gitu kok ya bisa jadi orang HR..gak salah ambil karyawan tuh perusahaannya?)

Dikasih pernyataan yang jelas aja jawabannya malah nyampah getu...huuuuh

 

PlainBread's picture

@Okul Segala sesuatu ada waktunya

Kalo elu perhatiin, udah beberapa minggu gue sengaja cuekin semua pertanyan2 TonyPaulo ke gue. Peduli setan dia mau anggap gue takut atau gak bisa jawab pertanyaan2 gak mutu dia.

Gue udah pernah coba sabar ngadepin cara dia bertanya dengan menjawabnya baik2. Komentar PERTAMA dia di SS itu ada di blog gue. Begitu komentar, elu tau dia nanya apa?

"APA SEDEMIKIAN PAHIT SAUDARAKU?"

Buat gue pertanyaan kaya gini sebenarnya bukan pertanyaan, tapi cuma statement TOLOL dari seseorang yang MENYANGKA bahwa dirinya tahu dan orang lain gak tahu. Seperti kata istilah TantePaku, ada orang2 yang dateng ke SS pake iman, datang ke suatu komunitas udah punya "iman" untuk ngotbahin orang lain karena menganggap dirinya adalah pembela Allah.

 

Gue sangka dulu si TonyPaulo udah TOBAT setelah menyatakan permintaan maafnya di depan umum. Mirip dengan permintaan maaf dia di komunitas sebelah. Tapi ternyata dia hanya MENYESAL, bukan TOBAT (karena menurut dia menyesal dan tobat artinya beda). Karena tidak tobat, mau minta maaf 1000 kali pun tapi kalo PERILAKU tidak pernah berubah, yah keledai aja gak jatuh di lubang yang sama dua kali seperti kata pepatah.

 

Apakah dia berubah setelah itu? Gue harap iya, makanya gue cuekin pertanyaan2 dia. Gue pernah ngobrol di kotak ijo dengan salah seorang SSer dan bilang bahwa karakter itu susah berubah karena terbentuk dari habit. Dan habit itu adalah repeated pattern. Jadi gue liat sampe sekarang CARA dia bertanya ke gue masih pake cara yang sama, gak sopan dan sok tau.

Sesekali, tipe orang seperti ini emang perlu digetok supaya sober alias sadar, terutam jika dengan sengaja bersinggungan dengan gue. Kalo dia mau bikin ulah di kampung lain atau mau bikin blog yang nunjukkin ketololan dia, gue peduli amat. Dari sejak gue komen soal atheis kristen di atas, gue udah tau kok ada orang2 seperti TonyPaulo yang bakal liat komentar gue bagaikan macan liat bangkai. Bring it on, kalo kata the Rock. Karena gue bukan tipe orang yang asal ketik. Mereka pikir mereka ketemu bangkai, yang ada gue cuma taro perangkap tikus. Giliran terperangkap, malah mencicit seperti tikus. Rasa no, kalo kata beberapa orang SSers :)

tonypaulo's picture

uneg2 ga perlu pake nalar kok

dasar tukang gosip, giliran ngeluarin uneg2 banyak banget, caci maki sana sini gampang banget, karena uneg2 ga perlu pake nalar kali ya?

pantes sering asbun...

 

salam

PlainBread's picture

@Tony Masih MERASA jadi pembela Allah?

Anda masih MERASA jadi pembela Allah?

Ati2 ntar anda kelelahan LAGI karena merasa membela Allah. Hehehehe.

Apakah Allah yang anda sembah mengajari anda untuk mengetik kata tukang gosip, ga perlu pake nalar, sering asbun, nalar sembarangan, lompatan mistis logika? Saya jadi bingung, yang perlu saya kasihani diri anda atau image Allah yang anda sembah itu yah.

Saran saya, berhentilah MERASA jadi pembela Allah, niscaya CARA anda bertanya ke saya akan berubah :)

 

 

 

Kutipan tulisan seseorang yang merasa jadi pembela Allah, dan seorang PlainBread diutus Allah untuk mengingatkannya akan tulisannya:

 

Oh TUHAN maafkan aku, mengapa aku gadai damai sejahteramu demi kebanggaanku semata?

Tapi TUHAN aku menegakan titah-titahmu, aku meluruskan jalan-jalan mu, dari para orang-orang yang tidak tahu berterima kasih kepada Mu
Walau aku harus kehilangan damai sejahtera Mu, ini kulakukan untuk Mu seorang, hanya untuk Mu, karena aku ada sebagaimana aku ada untuk membela Mu

Oh Tuhan maafkan aku, ternyata akupun luput dari sebagai pembawa damai sejahtera Mu, bagaimana aku bisa disebut orang-orang pembawa damai?
Tapi Tuhan, ini kulakukan demi nama Mu…
Oh Tuhan, sudahilah pergumulanku ini,….
Aku sangat lelah dengan perdebatan semua ini

Haruskah aku biarkan saja pemahaman-pemahaman ini menghujani teman temanku yang lain?
Haruskah aku menjadi payung untuk ini semua?
Oh tidak, aku tidak boleh merasa benar!
Aku harus hidup benar tanpa merasa aku benar
Kebenaran Mu lah yang membenarkanku

 
Ternyata aku tahu….bahwa dengan membawa damai akupun dapat menyampaikan pemahamanku, ketidaksetujuanku dan ketidaksepahamanku, dengan damai dan sejahtera sebagai pesan yang utama
 
Terima kasih Tuhan, untuk satu langkah lagi Kau tuntun aku, untuk semakin memahami Mu dan menjadi serupa seperti Mu… walau tidak mudah aku akan belajar untuk setia
 
Mohon ingatkan aku selalu Tuhan….
bahwa aku adalah pesan damai Mu, kesan sejahtera Mu...

menjadi pena yang menulis sejahtera damai Mu Tuhan dalam hati siapapun

 

 

tonypaulo's picture

satu lagi alur yang ga nyambung

plain :

Anda masih MERASA jadi pembela Allah?

Ati2 ntar anda kelelahan LAGI karena merasa membela Allah. Hehehehe.

Apakah Allah yang anda sembah mengajari anda untuk mengetik kata tukang gosip, ga perlu pake nalar, sering asbun, nalar sembarangan, lompatan mistis logika? Saya jadi bingung, yang perlu saya kasihani diri anda atau image Allah yang anda sembah itu yah.

Saran saya, berhentilah MERASA jadi pembela Allah, niscaya CARA anda bertanya ke saya akan berubah :)

 

tony

hah?

 

salam

okulasi's picture

lompatan ghoib

 plain :

 

Mana yang sesat, doktrin dikotomi atau trikotomi (tubuh, jiwa, roh)?

Mana yang sesat, doktrin free will atau predestinasi?

dst (disebut alur pertama menurut tony)

plain:

Anggaplah saya atheis kristen (pengandaian). Mungkin suatu term yang buat anda rancu. Anggaplah saya atheis karena saya tidak percaya keseluruhan alkitab itu adalah Firman Tuhan namun berisikan firman. dst.. (menurut tony disebut alur kedua) 

tony:

sekejap anda berubah posisi? dari suatu subtansi yang sudah dijawab dari alur pertama argumen anda

"Kalau begitu mana yang benar dan salah????

Dari yg plainbread sebutkan mana yg paling sesuai dgn kitab suci??" 

kemudian tiba-tiba secara gaib, anda melompat..anggaplah saya seorang atheis?

 

 

 Okul:

aku gak mudeng yang dimaksud lompatan magic oleh si tony..

jelas jelas perkataan plain bread pada alur pertama menunjukkan kalu dia itu memang atheis kristen.

 

 

tonypaulo's picture

atheis kristen itu denominasi baru ya?

 Okul:

aku gak mudeng yang dimaksud lompatan magic oleh si tony..

jelas jelas perkataan plain bread pada alur pertama menunjukkan kalu dia itu memang atheis kristen.

 

tony:

memang ada atheis kristen?

en.wikipedia.org/wiki/Atheism

justru ketika alur pertama itu adalah alur doktrin Kristiani, BUKAN DOKTRIN ATHEIST

KEMUDIAN SAMA ASBUNYA DENGAN ANDA PLAIN MENYAMPAIKAN  "Anggaplah saya atheis kristen"

atheist ya atheist aja, Kristen ya Kristen aja

baru tahu saya ada Atheist Kristen

itu DENOMINASI KRISTEN baru ya okul?

jawablah ...

 

Okul :

soalna dia gak mudeng ilmu terawangan..hahahahaa (gitu kok ya bisa jadi orang HR..gak salah ambil karyawan tuh perusahaannya?)

Dikasih pernyataan yang jelas aja jawabannya malah nyampah getu...huuuuh

 

tony:

apa ilmu terawangan? cabang ilmu barukah?

saya bisa jadi orang HR? nah saya bisa nanya balik ke anda kok bisa anda jadi orang?

pernyataan yang jelas menurut anda itu sama sekali tidak jelas menurut saya, kalau masalah nyampah, mari buktikan dimana ada sampah dalam argumen saya ini

saya tidak cukup yakin anda punya kemampuan untuk itu

 

 

salam

Miyabi's picture

@agnostik kristen

kalo agnostik kristen itu yang kayak apa ya?

mungkin yang kayak dennis santoso hohoho

__________________

".... ...."

tonypaulo's picture

dualisme...

miyabi :

kalo agnostik kristen itu yang kayak apa ya?

 

tony:

saya kutip jawaban @JF

" yang SESAT adalah YANG MENYANGKAL YESUS KRISTUS ITU TUHAN..."

apa agnostik mengakui YESUS KRISTUS ITU TUHAN?

kalau tidak, mengapa ada terminologi agnostik kristen?

memang bisa dikatakan kristen kalau tidak mengakui YESUS KRISTUS TUHAN?

 

:)

salam

PlainBread's picture

@Tony Oxymoron = oxy itu oxygen, moron itu anda hahaha

Eh Tolol, emang ada gue bilang kalo atheis kristen itu DENOMINASI?

Elu gak tau? TANYA BAIK-BAIK daripada SOK TAU, bikin ASUMSI sendiri soal DENOMINASI padahal gue gak ada sebut2 kata DENOMINASI.

 

Elu pernah denger kata oxymoron? Tuh si Miyabi udah kasih contohnya: agnostik kristen. Oxymoron itu BUKAN oxygen + moron kecuali kalo elu pikir moron itu mengacu ke diri elu hahahaha.

 

Tony: baru tahu saya ada Atheist Kristen

Makanya terima kasih sama gue, sekarang elu jadi tahu. Elu gak anggap pengetahuan elu sebagai standar pengetahuan orang2 kan? Semoga tidak ya, kasian elunya ntar.

tonypaulo's picture

main nyambar aja....terlalu nafsuan

plain :

Eh Tolol, emang ada gue bilang kalo atheis kristen itu DENOMINASI?

Elu gak tau? TANYA BAIK-BAIK daripada SOK TAU, bikin ASUMSI sendiri soal DENOMINASI padahal gue gak ada sebut2 kata DENOMINASI.

Elu pernah denger kata oxymoron? Tuh si Miyabi udah kasih contohnya: agnostik kristen. Oxymoron itu BUKAN oxygen + moron kecuali kalo elu pikir moron itu mengacu ke diri elu hahahaha.

 

tony:

ada yang butuh pelampiasan...semoga cepat lega plain

 

Tony: baru tahu saya ada Atheist Kristen

plain:

Makanya terima kasih sama gue, sekarang elu jadi tahu. Elu gak anggap pengetahuan elu sebagai standar pengetahuan orang2 kan? Semoga tidak ya, kasian elunya ntar.

 

tony :

Cara anda bertanya tidak sopan sama sekali (lihat contohnya dengan yang saya garis tebal), dan anda berharap saya menjawab pertanyaan yang tidak sopan? Anda mimpi?

Sini saya ajari. Kalo anda bertanya seperti ini misalnya:

Bisakah anda jelaskan komentar anda karena atheis kristen itu saya tidak pernah sampaikan sebagai denominasi

(lihat kalimat anda sendiri saya kembalikan ke anda, sekali2 belajar menelan kalimat anda sendiri )

anda terlalu bernafsu dan main nyambar aja plain

salam

okulasi's picture

@plain:waduh...kok malah gue yang nyampah ya...

 - yang pertama yang keluarin istilah Atheist kristen adalah si plain....jadi saya hanya memahami aja dari sisi si plainbread.Nanti dilihat saja apakah saya sedang salah dalam memahami siplain

biasanya kamu (baca :tony)  juga suka membawa  istilah-istilah yang aneh aneh gitu...tapi khusus untuk istilah istilahmu itu jujur aja saya sangat sukar untuk memahaminya. 

atheist (pure atheist) = benar benar percaya gak ada tuhan

Atheist kristen = Orang yang percaya pada yesus kristus(disini letak kristennya) ,tapi mempunyai pandangan seperti yang diutarakan pada alur pertama plainbread.jadi biasanya akan dianggap sesat di denominasi manapun (misal: baik yang pro selam maupun percik,yang pro predestinasi maupun freewill,dst)

Tony:

justru ketika alur pertama itu adalah alur doktrin Kristiani, BUKAN DOKTRIN ATHEIST

Okul

cuman pada koment si plain  khan ada keterangannya di bawah yang seperti ini:

Tempatin gue di posisi doktrin2 mana aja, dan gue bisa tunjukin kesesatan doktrin lawan gue. Heck, gue bisa tunjukin kesesatan doktrin yang ada di posisi yang gue pegang.

tony:

pernyataan yang jelas menurut anda itu sama sekali tidak jelas menurut saya

Okul:

makanya saya lantas bertanya kok bisa anda beradadi posisi HR?gak salah tuh perusahaan (mungkin perusahaan pribadi kali....heheheheh)

 

 

tonypaulo's picture

benda padat yang cair?

plain:

yang pertama yang keluarin istilah Atheist kristen adalah si plain....jadi saya hanya memahami aja dari sisi si plainbread.Nanti dilihat saja apakah saya sedang salah dalam memahami siplain

biasanya kamu (baca :tony)  juga suka membawa  istilah-istilah yang aneh aneh gitu...tapi khusus untuk istilah istilahmu itu jujur aja saya sangat sukar untuk memahaminya.

 

tony:

bisa berikan contoh konkrit istilah aneh apa yang saya gunakan yang sulit anda pahami?

 

okulasi :

atheist (pure atheist) = benar benar percaya gak ada tuhan

Atheist kristen = Orang yang percaya pada yesus kristus(disini letak kristennya) ,tapi mempunyai pandangan seperti yang diutarakan pada alur pertama plainbread.jadi biasanya akan dianggap sesat di denominasi manapun (misal: baik yang pro selam maupun percik,yang pro predestinasi maupun freewill,dst)

 

tony:

isitlah yang satu sama lain kontradiktif, tidak bisa digabungkan dalam satu pengertian

atheis = tidak bertuhan

kristen = mempercayai Yesus sebagai Tuhan

tidak ada atheis kristen (karena itu saya sampaikan ASBUN), karena disaat seseorang menjadi atheis sekaligus theis itu namanya dualisme. atau tidak konsekuen, karena itu dia tidak bisa dikatakan sebagai atheis, dia hanya bisa dikatakan sebagai theis yang memilki banyak keraguan atau pertanyaan

lebih mudahnya

atheis = benda padat

Kristen = benda cair

atheis kristen = benda padat yang cair,

apa ada benda padat yang cair? sekali lagi plainbread melakukan logical fallacy dalam kalimat "atheis krsiten" meskipun itu parable

karena itu parable "atheis kristen" itu konyol dan asbun menurut saya

 

Tony:

justru ketika alur pertama itu adalah alur doktrin Kristiani, BUKAN DOKTRIN ATHEIST

Okul

cuman pada koment si plain  khan ada keterangannya di bawah yang seperti ini:

Tempatin gue di posisi doktrin2 mana aja, dan gue bisa tunjukin kesesatan doktrin lawan gue. Heck, gue bisa tunjukin kesesatan doktrin yang ada di posisi yang gue pegang.

 

tony :

tetap saja alur utama penjelasannya adalah

-------------------------------------------------

Mana yang sesat, doktrin dikotomi atau trikotomi (tubuh, jiwa, roh)?

Mana yang sesat, doktrin free will atau predestinasi?

Mana yang sesat, doktrin Tradisi yang dipegang katolik atau doktrin sola gratia yang dipegang protestan?

Mana yang sesat, doktrin fallen nature (dosa asal) yang dipegang protestan atau dokktrin fallen persons (tidak ada dosa asal) yang dipegang orthodox?

Mana yang sesat, doktrin Maria bunda Allah atau doktrin Maria adalah bunda Yesus hanya sewaktu di bumi?

Mana yang sesat, doktrin dibaptis perlu buat keselamatan atau doktrin baptis bukan keharusan untuk keselamatan?

---------------------------------------------------

itu bukan argumen atheis sama sekali

sedang pada alur yang kedua tiba-tiba plain dengan sembarangan dan tidak konsisten memberesi alur yang pertama, meloncat ke persepektif atheis dengan dalil-dalil yang baru lagi

nah loncatan-loncatan absurd dan sembarangan itu yang menjadi soal buat saya, kok sembarangan saja mencampuradukan dan memposisikan diri secara tidak konsisten?

 

tony:

pernyataan yang jelas menurut anda itu sama sekali tidak jelas menurut saya

Okul:

makanya saya lantas bertanya kok bisa anda beradadi posisi HR?gak salah tuh perusahaan (mungkin perusahaan pribadi kali....heheheheh)

tony:

kan saya lantas bisa bertanya kok bisa anda dianggap orang oleh orang lain? (walaupun ga ada hubungannya), apa hubungannya posisi saya dengan argumen saya? sedangkan anda sampai saat ini tidak mempunyai kemampuan untuk membuktikan argumen saya salah?

anda juga ingin melakukan lompatan-lompatan logika yang ajaib Okul?

barangkali sebentar lagi avatar saya anda komentari? dan anda hubungkan dengan argumen saya? barangkali? jangan ya

 

salam

LieL's picture

@Tonypaulo

nah loncatan-loncatan absurd dan sembarangan itu yang menjadi soal buat saya, kok sembarangan saja mencampuradukan dan memposisikan diri secara tidak konsisten?

Jadi curious, memang kalau PB (yg menurut elu)'sembarangan memposisikan diri ga konsisten' masalahnya dimana buat elu? Kayaknya bener2 "jadi soal" banget, bingung aja bacanya :)

PlainBread's picture

@Liel Pembela Allah

Sejak gue ketik frase "Atheis Kristen" di atas, gue udah duga si TonyPaulo bakal nyeruduk masuk. Sayang gue gak tulis dugaan gue di email terus sebarin ke beberapa SSer, dan akhirnya kejadian, lumayan deh mirip2 Dedy Cobuzier.

Asumsi gue sih karena frase "Atheis Kristen" itu akhirnya dia nyeruduk. Maklumin aja, sepertinya dia masih merasa jadi pembela Allah. Itu asumsi gue yang paling positif loh. Ntar kalo gue berasumsi bahwa si Tony itu sentimen ama gue, dibilangnya gue keluarin uneg2 lagi. Jadi mendingan berasumsi dari yang ditulis Tony sendiri kalo dia merasa jadi payung.

tonypaulo's picture

ketidakkonsistenannya ada di...

coba diperhatikan

 

komentar pertama mana yang sesat : itu argumen dari perspektif Kristen, bahkan ada yang menyingung perspektif Katolik dan Protestan (Maria),

kemudian direspon oleh @kasjim dengan komentar Bingung dengan alur yang dijelaskan oleh plain

nah tiba-tiba secara tidak konsisten dan tidak konsekuen plain menyampaikan "Anggaplah saya atheis kristen (pengandaian)........"

respon @kasjim terhadap argumen pertama saja belum disentuh sama sekali, kemudian dari perspektif internal kekristenan kemudian loncat ke perspektif atheis (tidak ada atheis kristen, atheis ya atheis, kristen ya kristen)

lahipula @smile bahas sesat dari perspektif Alkitab, kok tiba2 tanpa ada alur @PB menghadirkan perspektif atheis?

demikian penjelasan dari saya

 

salam

LieL's picture

@Tonypaulo

Iya gua tau, elu uda nulis itu di atas & uda gua baca. Cuma tetep ga ada jawaban kenapa itu 'jadi soal buat elu' banget sampe elu kekeh jumengkeh (pake bahasa populer di SS).

Gua sih nangkep maksudnya PB. Tapi udah ah gua ga mau ikutan nyampah (eh uda ikutan ya lol)

tonypaulo's picture

kan sudah saya jelaskan

Liel :

Iya gua tau, elu uda nulis itu di atas & uda gua baca. Cuma tetep ga ada jawaban kenapa itu 'jadi soal buat elu' banget sampe elu kekeh jumengkeh (pake bahasa populer di SS).

Gua sih nangkep maksudnya PB. Tapi udah ah gua ga mau ikutan nyampah (eh uda ikutan ya lol)

tony :

komentar pertama mana yang sesat : itu argumen dari perspektif Kristen, bahkan ada yang menyingung perspektif Katolik dan Protestan (Maria),

kemudian direspon oleh @kasjim dengan komentar Bingung dengan alur yang dijelaskan oleh plain

nah tiba-tiba secara tidak konsisten dan tidak konsekuen plain menyampaikan "Anggaplah saya atheis kristen (pengandaian)........"

respon @kasjim terhadap argumen pertama saja belum disentuh sama sekali, kemudian dari perspektif internal kekristenan kemudian loncat ke perspektif atheis (tidak ada atheis kristen, atheis ya atheis, kristen ya kristen)

lahipula @smile bahas sesat dari perspektif Alkitab, kok tiba2 tanpa ada alur @PB menghadirkan perspektif atheis?

demikian penjelasan dari saya

saya ga cari-cari persoalan, saya hanya menanyakan darimana lompatan ajaib itu?

apa untungnya buat saya menjadikan ini 'jadi soal buat elu'? apa saya tidak boleh berkomentar untuk mengkomentari komentar orang lain?

kalau ini anda anggap 'jadi soal buat elu'? saya jawab tidak sampai saat ini tidak ada jawaban

 

salam

DAN-DAN's picture

Saya pilih tafsir yang paling mendekati...

Kalo menurutku sesat gak sesat itu "relatif". Yang diomong Smile ada benernya juga n gua ada setuju.

Kalo masalah tafsir itu memang susah. Gua sering bilang sama anak-anak persekutuan gua "hati-hati, saya gak bilang ini udah psati sesat dan ini engga, tapi jika ini itu ini itu diterus-teruskan maka akan mengarah kepada kesesatan yang artinya maksut saya adalah semakin jauh dari kebenaran, jadi" Aku juga

Masalah tafsiran juga, gua sering bilang sama anak-anak "tafsiran emang banyak dan sumbernya dari alkitab, tapi kalo gua lebih memilih tafsiran yang paling mendekati" Tapi tafsiran yang paling mendekati itu pun menurut gua kan? Ada beberapa keyakinan tafsir yang cukup kuat tapi memang menurut gua itu terlalu dipaksakan karena nge kros dengan ayat-ayat yang lain nya walaupun si penafsir itu ngotot artinya adalah itu.

 

DAN-DAN

__________________

Saya Suka Bebek Panggang...

jesusfreaks's picture

@smile : YANG SESAT HANYALAH...

 yang SESAT adalah YANG MENYANGKAL YESUS KRISTUS ITU TUHAN...

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Hannah's picture

@JF

Berarti Iblis dan setan-setan gak sesat dong, JF?

Setau gw Iblis dan setan-setan itu gak pernah menyangkali Yesus itu Tuhan. Sebaliknya, mereka tau, mengakui dan malah takut ma Yesus karena Dia itu Tuhan tapi hal itu gak mencegah atau pun menghentikan kesesatan mereka..

 

__________________

“The Roots of Violence: Wealth without work, Pleasure without conscience, Knowledge without character, Commerce without morality, Science without humanity, Worship without sacrifice, Politics without principles.” - M. Gandhi

lapan's picture

@PlainBread, kapan ultah?

Aku mau kasi kamu kaca.

__________________

imprisoned by words...

lapan's picture

@tonypaulo, kapan ultah?

Aku mau kasi kamus 

__________________

imprisoned by words...

lapan's picture

@PlainBread dan Tony

Tony terlalu banyak pake istilah rumit, disederhanain aja ton

PlainBread, terlalu banyak serang orang, cari-cari sampah orang terus. Sayang banget kepinteran, pengalaman, n kemampuan analisislu. Terbuang abis cuman buat adu debat ngebuktiin apaan juga aku ga tau.

Muak bacanya

ya jangan baca donk

yeah, that's what i'll do 

__________________

imprisoned by words...

PlainBread's picture

@Lapan Ada apa ya?

Kalo memang kamu gak tau buat apa, kenapa tidak bertanya?

 

Apakah benar si PlainBread mau membuktikan sesuatu?

Orang2 seperti apa yang si PlainBread serang?

Adakah kesamaan dari orang2 yang PlainBread serang sehingga anda bisa menyimpulkan sesuatu dari situ?

Kalo anda bilang TERLALU BANYAK serang orang, anda membandingkannya dengan apa, boleh saya tahu? Kalo nanti anda kasih tau, saya akan buktikan ke anda bahw kesimpulan anda itu tidak tepat.

Mencari sampah? Tidak juga. Bukankah one's trash is another's treasure?

Anda mau kasih saya kaca? Mendingan jangan. Ongkos kirimnya jauh lebih mahal daripda kacanya. Saya juga sudah punya kaca kok. Lagian nanti anda naksir saya lagi :)

 

lapan's picture

@PB, ga ada apa2...

Biasa, sok dramatis...

*kabur*

Ok deh, sekalian aja. 

Emang sih, aku akuin, PB kayaknya cmn serang orang-orang tertentu.

Soal "terlalu banyak", ga tau juga aku bandinginnya sama apa. Kata-kata tuh muncul gitu aja. Mungkin karna banyak perdebatan PB buntut2nya malah ngaco dari topik yang awalnya didiskusikan (baca: didebatkan)...

Tapi ya sudah deh, maaf ya, PB, aku ngaku salah... Terlalu lebay. Dah lebay itu artinya berlebihan, aku terlalu lebay lagi jadi kuadrat2 deh berlebihannya.

 

adoh malu. ^_^

gpp, orang2 berhati besar pasti maklum yah, hahahah (ngeles)

__________________

imprisoned by words...

PlainBread's picture

@8, saya gak mau berhati besar

Saya ga berhati besar dan gak mau, soalnya ntar dibilang gejala kanker hati alias hepatoma lagi sama dokter hahahaha.

Iya ngerti kok. Gak perlu minta maaf, elu gak salah.

lapan's picture

@PB hahahaha jgn literal gitu donks

yah ok deh :D 

__________________

imprisoned by words...

lapan's picture

@smile sorry aku ga bisa nunggu

maaf ya smile. Aku belajar di tempat lain aja, terlalu banyak kepalsuan di sini.  

__________________

imprisoned by words...

Hannah's picture

@8: *sigh*

Apa yang lo liat di sini adalah akibat dari pengetahuan tanpa karakter, non.. biasalah tipikal orang Kristen emang gitu.
Elo juga awalnya dateng sini manis banget tapi sekarang baru keliatan aslinya tuh. Elo gak beda ma yang lain di sini kok termasuk gw jadi jangan ngambek gitu dong :-)

__________________

“The Roots of Violence: Wealth without work, Pleasure without conscience, Knowledge without character, Commerce without morality, Science without humanity, Worship without sacrifice, Politics without principles.” - M. Gandhi

Miyabi's picture

@Hannah: karakter perlu atau tidak

Emang karakter itu penting banget ya? Martin Luther itu temperamennya jelek banget. Lihat saja pertentangannya dengan Erasmus. Mereka tadinya sohiban. Namun Erasmus nggak mau menyokong reform protestan, Erasmus menolak ajakan Luther dan memilih counter-reform untuk memperbaiki Gereja Katolik.

Apa Untuk melakukan reform harus nunggu Luther berubah karakter jadi dulu? Ntar keburu Counter-Reformnya menang dan memperbaiki Gereja katolik dari dalam dong.

Ketika kita mendidik dengan lemah lembut, memang akan terjadi perubahan dari dalam. Tapi kan lama. Ga sabar. Kalo nunggu serigala berubah jadi anjing, keburu banyak domba-domba kawanan yang mati. Yesus menghardik orang Farisi demi memberi pelajaran bagi rakyat banyak. Yesus nggak (CMIIW) mentargetkan mengubah orang Farisi jadi tobat. Kalo ada Farisi yg kemudian ikut Yesus, yah anggap aja bonus. Efek samping ajalah.

__________________

".... ...."

Hannah's picture

@Miyabi: perlu

1) Coba tolong tunjukin bagian mana yang bilang tempramen M. Luther jelek? Trus kalo pun misalnya Luther emang tempramennya jelek, kenapa lo pake contoh dia? Luther mo lo bandingin ma siapa di SS ini?

2) Beda pendapat itu bukan menunjukkan karakter jelek.
Gandhi yang bukan orang Kristen aja bisa begitu bijaksana dan mengerti arti 'karakter' dan hubungannya dengan pengetahuan, masak lo kalah ma dia? (liat siggy gw tuh)

3) Yesus menghardik orang Farisi alasannya apa gw gak tau karena biarpun gw uda tanya Dia berkali-kali tapi Dia blum jawab.
Seblum gw tau pasti kenapa Dia melakukan itu, gw gak akan sok ngikutin karena gw bukan Tuhan DAN karena tanpa bawa-bawa agama pun gw tau gak semua orang suka dihardik malah sebagian besar orang akan secara alami bereaksi negatif saat dihardik.
 

__________________

“The Roots of Violence: Wealth without work, Pleasure without conscience, Knowledge without character, Commerce without morality, Science without humanity, Worship without sacrifice, Politics without principles.” - M. Gandhi

Miyabi's picture

@Hannah: baca ndiri aja dah

1. Yaaa  maap kalo kamu nggak tahu soal itu

2.. Iya, beda pendapat dan beda karakter nggak menunjukkan korelasi apa-apa.

3. Maap juga kalo kamu belum nemu jawaban soal itu.

 

Sekali-sekali baca teks-teksnya tulisan Luther. Baca ndiri aja dah. Maap juga kalo lo ga punya akses ke teks karangan Luther.

Don't kill the messenger, hahahaha, I am just a messenger here.

__________________

".... ...."

lapan's picture

@hannah ?????

"Apa yang lo liat di sini adalah akibat dari pengetahuan tanpa karakter, non.. biasalah tipikal orang Kristen emang gitu. "

Pengetahuan tanpa karakter? Maksudnya? Contoh donk...

 

"biasalah tipikal orang Kristen emang gitu"

tipikal? Biasa? Contoh donk...

 

"Elo juga awalnya dateng sini manis banget tapi sekarang baru keliatan aslinya tuh."

Aku manis? Di mananya ya? Wiw pertama dibilang manis hahahaha thanks deh. Aslinya keliatan? Maksudnya? Komentar yang mengomentari PB dan minie ya? Iya, maklum, salah satu my bad habit, kalo ngambek langsung menggila... Ini ada kejadian2 baik, adikku dah sembuh (hore), besok mau makan2 (hore), wiken (hore), jadi kupikir2, ah emang lebay kamu pan... kata temenku juga aku kalo marah suka terlalu marah. Tapi cepet kok baiknya paling 2 hari? hmm who care hahahaha

__________________

imprisoned by words...

smile's picture

Lapan : Don't GO

Lapan....

Jangan pergi,...

banyak yang palsu...tapi banyak juga yang tak palsu....

Kalau kira kira ada blog yang bikin bimbang, ga usah dibaca....lewat aja,...

kalau memang kita sanggup, pasti (T)uhan bantu untuk mengungkapkan ketidakbenaran itu.

Masih banyak yang rendah hati, masih banyak yang tidak sok AKU....ini milik umum kok,...cuek aja,...seperti kata anda...kalau tidak ngefek dan bawa faedah..ya ga usah ditanggapi.Habisin waktu aja....Kerjaan kita tentunya juga banyak,..

Kalau ketemu yang tidak menyenangkan,..ya tinggalkan...buat apa di pertahankan. Masih banyak jiwa jiwa yang bisa kita ambil hikmahnya...

Saya, seperti yang saya katakan pada bung TonyPaulo....saya datang kesini ga mau bawa apa apa....saya mau mungut ilmu dari orang yang perlu dipungut,..kalau ga berguna dan ga ada faedahnya,..tinggalin aja,..karena jelas kta ga bisa membakar samph itu,kalo bisa,..dan sudah siap,..bakar aja sampah itu....jadi bisa bikin bersih.

Modal bakar sampah adalah bensin dan korek api.

disini modalnya belajar alkitab dengan bener, dan minta bimbingan (T)uhan agar Dia yang Maha Kuasa mengirimkan roh kudusNya...agar kita bisa membakar ketidak benaran itu dengan bantuanNya.

Saya suka membayangkan, sok jagonya seseorang disini bisa dipraktekkan ga yah dikumpulan massa FPI ketika mereka sedang berangasan...hihihi...

Kalo ga berani,..berarti cuma macan ompong.......kalo ngadepin macan ompong harus diapain? didiemin aja,..kasian,..dia kan macan,..cuma kayak kucing,..meong,....jadi ya cuekin aja,..

SIAPANYA SIAPA? ya yang merasa aja,...soalnya kalau yang ga merasa ga mungkin nanya,..yang nanya pasti dia yang merasa.....HAHAHAHAHA....

 

sincerely,
smile
________________

*Jangan bilang bisa menaklukkan dunia, kalau tidak bisa menaklukkan diri sendiri terlebih dahulu*
 

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

lapan's picture

Hahaha iya2 aduh jadi malu sekali nih

Boleh diapus ga ya komen2ku... ^_^

hm emang bisa ya hohohoho

@minie: maaf abis lagi banyak pikiran, cieh... Jadi pas baca komen dennis di Joel itu, langsung deh meledak. Palagi liat kalian debat, dari homoseksual dan erick aja tiba2 jadi perang "alasan kenapa kamu tolol"... Sebenernya lucu ya, tapi kok malah marah aku. Sorry2... 

@smile: biasa sok dramatis. ni balik lagi, mana lobang mau masuk nih *_*

__________________

imprisoned by words...