Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

manguns's blog

manguns's picture

Paus Francis dan PM Netanyahu tentang Bahasa yang Digunakan Yesus

Dalam kunjungan Paus Francis ke Israel, akhir Mei 2014, PM Israel Benjamin Netanyahu dan Paus Francis terlibat perdebatan dimuka umum tentang Yesus berbicara dalam bahasa apa?

Saat pertemuan dimuka publik yang di liput reporter di Yerusalem,

manguns's picture

Paus Francis - New Champion Kristen Melawan Kapitalisme

Paus Baru 2013: NO to the New Idolatry of Money

Tahun 2013 adalah tahun kelam bagi gereja katolik roma. Berabad-abad vatican bermain kekuasaan akhirnya menyerah krn kemajuan teknologi abad 21,  disorotelanjangi media masa dan publik yang haus sensasi. Pertama dalam sejarah seorang paus, pangerah tahta Jesus didunia (vikaris) -KO-, Paus Benedict XVI mengguncang dunia, mundur dibawah tudingan konspirasi kriminal membungkus skandal gereja : 1)child abuse oleh pastor-paedophlia 2)praktek homoseksual pastor/clergy di vatican/roma 3)praktek money laundry bank vatican 4)keterkaitan dengan organisasi mafia.

manguns's picture

Injil Yohanes, Siapa Penulisnya? pembuktian internal dari injil

Mengkritisi Argumen Tradisional: Penulis Injil Keempat adalah apostle (rasul/utusan) Yohanes.

Pengantar: Senang dibohongi yang penting enjoy, haleluya
Bagi umumnya orang kristen protestan di Indionesia, siapakah penulis Injil Yohanes (injil keempat) menelan begitu saja tradisi yang ada. Argumen tradisional dari gereja (katolik roma) yang ditelan mentah-mentah oleh para reformator protestan (Luther, Zwingli, Calvin, Anabaptist, Anglikan dll).

Teolog protestan Indonesia tak terdengar memverifikasi argumen tradisional ini, sehingga kini pada jemaat protestan Indonesia tercipta kebenaran ilahi bahwa injil Yohanes ditulis oleh Rasul Yohanes yang diinspirasi roh kudus.

Diinternet bertaburan informasi terkait hal ini, dengan bergaya detektif jemaat dapat mengumpulkan bukti dan menyusun argumen terutama berdasar ayat alkitab untuk membantah argumen tradisional. Hal yang terpaksa jemaat protestan lakukan karena gereja, pendeta dan pengurusunya terlalu fokus pada hal keduniawian.

Latar belakang:
Sejak mulai serius baca alkitab saya paling enggan membaca tulisan Yohanes:
injil, surat dan Wahyu. yang rasanya kontroversial, tidak selaras dengan perkataan Yesus di tiga injil lain (injil sinoptik: Matius, Markus, Lukas). Ayat diinjil Yohanes sulit direfer dalam mendukung berbagai argumen karena sangat mengawang-awang. Istilah njelimet pakar Injil keempat adalah High Christology.

Setelah kini mengetahui siapa penulisnya, dan menempatkan perannya sesuai kapasitas dan konteksnya, kini lebih enjoy menyandingkan kesaksian penulis injil keempat dengan pengajaran Yesus di tiga injil sinoptik, waspada terhadap faktor tendensi dari tiap penulis injil.

manguns's picture

Why I Hate Religion, But Love Jesus - Youtube 27 mill hits

Why I Hate Religion, But Love Jesus || Spoken Word  Jeff Bethke

Jarang sekali video kristen di youtube yang sampai jutaan hits

manguns's picture

Bible Hunters mengguncang Fondasi Iman

Semasa muda selaku jemaat awam penggemar film holiwood dan berita dunia barat, tak habis pikir: Mengapa Eropa Barat cikalbakal kekristenan kini gereja banyak melompong sehingga dijual jadi mall? Perancis champion katolik saat mengalahkan reformasi protestan kini teramat sekuler? Netherland pusat benteng calvinist kini surga gay dan junkies? Inggris idem.

manguns's picture

Kabar Baik menurut Markus: Nguping diskusi Bible Scholar

Injil menurut Markus: Nguping diskusi ringan para Bible Scholar tentang latar belakang sejarah penulisannya

Semenjak kenaikan Jesus ke surga, tahun 30 CE, pekabaran berita baik semata mengandalkan lisan, sama sekali belum ada tulisan injil, surat apalagi kitab suci perjanjian baru. Mereka yang menjalani kebersamaan dengan Jesus, mendengar langsung ajarannya merupakan SAKSI MATA. Sebagai saksi mata, kesaksian lisan mereka sangat kredibel. Mereka adalah rasul (apostles), murid (disciples) dan pengikut.

Tradisi lisan adalah refleksi dari prinsip bangsa Israel menjaga kesucian kitab suci. Trannsmisi perintah Allah yang diterima Musa secara lisan (Torat dan Hukum Musa) adalah harus secara lisan dan hanya oleh para Imam suku Lewi. Para Rasul yang takut akan Allah memegang teguh tradisi lisan ini.

manguns's picture

Kerajaan Allah, Kapan datangnya? menurut Jesus

Memahami Pengajaran Jesus dari Nazaret, semata berdasar ucapan-Nya

Memahami pengajaran Jesus akan Kerajaan Allah, seseorang harus dicerahkan dari atas, -begoten- oleh Allah, atau sering disebut dengan istilah sebagai 'lahir baru'

manguns's picture

Video: Belajar Koor Mandiri Bagi Awam - GF Handel "Hallelujah"

Selaku awam yang berhasrat bisa kontribusi memuji Allah dengan harmonis dalam paduan suara, tetapi hanya punya bakat pas-pasan, mengalami kesulitan mempelajari Lagu akbar karya komposer GF Handel Opera Messiah No 44 "Hallelujah".

manguns's picture

Kontroversi Kematian Yudas: Matius vs Lukas vs Papias

Tulisan ini merupakan ilustrasi dari tulisan lain tentang Papias dari Hierapolis, seorang murid Rasul Yohanes. Tokoh gereja abad Pertama, yang karya tulisnya "An Exposition of the Lord's Oracles' tentang Christian Oral Tradition, Interpretasi ucapan Jesus dalam 5 buku. Buku itu sudah lenyap tapi keberadaannya diketahui dari, kutipan penulis abad berikut, Irenaeus "Against Heresies" dan  Eusebius "Ecclesiastical History"
------------------
Why I am no longer a Christian (YouTuber Evid3nc3), seorang yang awalnya kristen pantekosta yang saleh, cerdas, berpendidikan tinggi, militan melakukan penginjilan. Demikian cerdasnya sehingga mampu menjelaskan teori bigbang dari pendekatan alkitab

manguns's picture

Mesias Tunggangi Dua Keledai Sekaligus

Tulisan ini merupakan ilustrasi dari tulisan lain tentang Papias dari Hierapolis, seorang murid Rasul Yohanes. Tokoh gereja abad Pertama, yang karya tulisnya  'Christian Oral Tradition.' Interpretasi ucapan Jesus dalam 5 buku. Buku itu sudah lenyap tapi keberadaannya diketahui dari, kutipan penulis abad berikut, Irenaeus "Against Heresies" dan  Eusebius "Ecclesiastical History"

manguns's picture

Video: Sejarah Gereja 1 - Gereja Jaman Para Rasul

Sejarah Gereja 1 Gereja Jaman Para Rasul

Video pertama ini, mengisahkan sejarah kekristenan selama keberadaan para rasul sampai matinya rasul teakhir Yohanes periode 30 - 100 CE

Peringatan!! Memuat konten yang kontroversi

ditujukan bagi yang pendengar yang skeptis

manguns's picture

Video: Reformasi Protestan - Skisma Perpecahan Gereja 3-4

Bosan menulis dengan teks, belajar berkisah dengan video.

Reformasi Protestan - Skisma Perpecahan Gereja 3-4

Video ketiga dari kisah tentang reformasi protestan

manguns's picture

Video: Reformasi Protestan - Martin Luther 2 - 4

Bosan menulis dengan teks, belajar berkisah dengan video.

Reformasi Protestan - Martin Luther 2 - 4

Bagian pertama dari dongeng tentang reformasi protestan

manguns's picture

Video: Reformasi Protestan - Benih Perpecahan 1-4

Bosan menulis dengan teks, belajar berkisah dengan video.

Reformasi Protestan - Benih Perpecahan 1 - 4

manguns's picture

Jesus is God, Arianism-the first heresy

Tulisan ini ditujukan utk pengusung dogma Jesus adalah Allah. Sebelum berdebat panjang lebar dan copas ayat, agar mempelajari schism yg pernah terjadi dua milenia lalu, tentang hal yang sama. Skisma yang berbuah banjir darah, adu cap heresy, adu excommuniacted, kerusuhan jemaat dijalan dan perepecahan gereja tubuh Kristus.

manguns's picture

Mark of Cain: Religion Madness

Kisah Cain membunuh Abel adalah kisah Alkitab Firman Allah yang penuh misteri dan kontroversi.

Kontroversi

manguns's picture

Injil Markus, Injil Markus Rahasia dan Surat Clement yang Kontoversial

Clement (150-215), Bishop Alexandria yang berpengaruh, menulis surat (kontroversial) ke Theodora:

manguns's picture

Baptisan: Asal Budaya

Baptisan
Kedalaman, kedewasaan, makanan keras, pengetahuan, hikmat

Tentang baptisan, sudah lama menjadi pertanyaan yang tak pernah ada yang tertarik untuk menjawab dan mendiskusikan: ‘Dari mana konsep baptisan muncul?”.

manguns's picture

Atheism Tape 2-6 Steven Weinberg

Saya menemukan dan mengunduh video rekaman wawancara yang dilakukan seorang atheis Jonathan Miller, ditayangkan BBC 2003. Wawancara dilakukan terhadap 5 orang atheis, English biologist-Richard Dawkins, American philosopher-Daniel Dennett, American playwright-Arthur Miller, English philosopher-Colin McGinn, American Nobel-prize winning physicist -Steven Weinberg.

manguns's picture

Atheism Tape 1-6 Colin Mcginn

Saya menemukan dan mengunduh video rekaman wawancara yang dilakukan seorang atheis Jonathan Miller, ditayangkan BBC 2003. Wawancara dilakukan terhadap 5 orang atheis, English biologist-Richard Dawkins, American philosopher-Daniel Dennett, American playwright-Arthur Miller, English philosopher-Colin McGinn, American Nobel-prize winning physicist -Steven Weinberg.