Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Bidat

rogermixtin09's picture

Bidat adalah sebuah kata yang tidak asing lagi bagi orang Kristen sepanjang sejarah.Sejak awal kekristenan bidat sudah dikenal dan merupakan ancaman bagi pengetahuan yang benar akan pengajaran atau doktrin kekristenan yang sesuai dengan kebenaran alkitab.Bidat diartikan sebagai ajaran yang menyimpang dari ajaran sejati alkitab.

Pada masa awal kekristenan banyak bidat muncul dan mempengaruhi jemaat Kristen dengan rupa-rupa pengajaran palsu yang kelihatannya alkitabiah,tetapi sesungguhnya tidak sesuai dengan ajaran sejati alkitab.Konsep Tritunggal dan doktrin-doktrin lain dari bapa-bapa gereja juga banyak ditemukan dengan satu tujuan yaitu menentang ajaran-ajaran bidat.

Macam-macam bidat

Antinomianisme

Mengajarkan bahwa tidak ada kewajiban untuk melaksanakan hukum etika atau moralitas seperti yang diajarkan oleh alkitab.

Audianisme

Mengajarkan bahwa Tuhan memiliki bentuk seperti manusia.

Donatisme

Mengajarkan bahwa gereja haruslah berisi orang-orang kudus,dan bukan orang berdosa.

Ebionite

Mengajarkan bahwa Yesus adalah mesias tetapi bukan Allah.Ebionite tidak mengakui Paulus sebagai rasul.

Euchitus

Mengajarkan bahwa esensi dari Tritunggal dapat dirasakan oleh indra jasmani.Allah Tritunggal mengubah dirinya menjadi Hypostatis (Zat) tunggal untuk bersatu dengan jiwa-jiwa orang yang sempurna.

Marcionisme

Mengajarkan bahwa Yesus dikirim oleh Allah sebagai penyelamat,dan Rasul Paulus sebagai kepala para Rasul.

Millenialisme

Mengajarkan bahwa akan ada surga dibumi dimana Yesus akan memerintah,sebelum penghakiman terakhir dan masa depan yang kekal (bumi yang baru dan surga yang baru)

Montanisme

Mengajarkan bahwa nubuatan dari para montanis menggantikan dan melengkapi doktrin yang dinyatakan oleh para rasul.

Pelagianisme

Mengajarkan dosa asal tidak mencemari manusia,dan manusia dapat memilih yang baik dan yang jahat tanpa bantuan Ilahi.

Gnostisime

Adalah ajaran yang berdasarkan pada campuran (Sinkretisme) beberapa kepercayaan umum.Gnostisisme mengajarkan ada dua materi yang selalu berperang yaitu keinginan tubuh (jahat) dan keinginan jiwa (baik),yang pada akhirnya akan dimenangkan oleh materi yang baik (Roh Tuhan yang asli) untuk membebaskan manusia dari pengaruh ilah-ilah yang palsu.

Aliran-aliran Gnostis

Johannite

Menolak Yesus kristus dan mengemukakan bahwa penyelamat sejati adalah Yohanes pembaptis

Mandaeisme

Mengajarkan pembagian antara cahaya dan kegelapan,dan menyatakan bahwa taurat adalah jahat.

Manichaeisme

Mengajarkan bahwa baik dan jahat sama-sama kuat,dan bahwa hal materi itu jahat.

Sethian

Mengajarkan bahwa ular ditaman eden adalah pesuruh Allah yang benar,dan membawa pengetahuan tentang kebenaran melalui kejatuhan manusia.

Ophites

Mengajarkan bahwa ular yang menggoda hawa adalah pahlawan,dan bahwa Allah yang melarang adam dan Hawa untuk makan buah pengetahuan adalah musuh.

Bidat dalam Kristologi

Adoptsionisme

Mengajarkan bahwa Kristus lahir sebagai manusia seutuhnya dan kemudian menjadi Ilahi dalam hidupnya.

Apolinarisme

Mengajarkan bahwa Yesus memiliki tubuh manusia dengan jiwa yang rendah tetapi memiliki pikiran ilahi.

Arianisme

Mengajarkan bahwa Yesus dan roh kudus bukanlah Allah melainkan hanya memiliki kemiripan sifat.

Docetisme

Mengajarkan bahwa tubuh fisik Yesus hanyalah ilusi,sehingga tidak bisa mati secara fisik.

Macedonianisme

Mengajarkan bahwa Roh kudus hanyalah ciptaan dari sang Anak,dan merupakan pelayan dari Bapa dan Anak.

Monophisytisme

Mengajarkan bahwa Kristus hanya memiliki sifat Ilahi saja,dengan demikian menentang sifat kemanusiaan-NYa

Monotelhitisme

Mengajarkan bahwa Kristus memiliki dua kodrat,tetapi hanya satu keinginan.

Patripassianisme

Mengajarkan bahwa Bapa dan anak bukan dua pribadi yang berbeda,dengan demikian Bapa juga menderita dikayu salib.

Psilanthropisme

Mengajarkan bahwa Kristus hanyalah manusia dan bukan Ilahi,dan bahwa Dia tidak pernah ada sebelum Inkarnasi-NYa sebagai manusia.

Sabellianisme

Mengajarkan bahwa Bapa,Anak dan Roh kudus adalah tiga wujud dalam satu Tuhan,dan bukan tiga Pribadi yang berbeda dalam satu Tuhan.

Bidat kontemporer

Mormonisme

Mengajarkan bahwa melalui pembaptisan gereja mormon,dosa seseorang dapat diampuni dan menjadi anggota gereja mormon berarti diselamatkan.

Saksi Yehova

Mengajarkan bahwa Kristus sebagai ciptaan Allah yang maha tinggi tetapi bukan anak Allah yang kekal.Dengan demikian saksi yehova tidak mempercayai Tritunggal.

Liberalisme

Mempelajari alkitab bukan untuk mencari kebenaran wahyu Allah melainkan pengalaman keagamaan,dan tidak mempercayai alkitab sebagai wahyu dari Allah.

Christian science

Mengajarkan bahwa dosa sebenarnya tidak ada dan hanyalah fantasi manusia yang fana.

Saat ini begitu banyak ajaran yang kontradiktif satu sama lain disebabkan oleh adanya penafsiran yang berbeda,namun kita juga memiliki ajaran-ajaran yang murni berdasarkan kebenaran alkitab yang sudah diakui oleh gereja kita masing-masing.apabila ada teori baru yang berlainan tetapi dengan jelas telah mengungkapkan kebenaran alkitab,maka adalah sikap yang bijaksana bila kita menerimanya sebagai suatu kebenaran yang telah disingkapkan oleh Roh kudus.Tetapi pernyatan-pernyataan yang coba melawan kebenaran alkitab sebagai wahyu dari Tuhan seperti misalnya : “Beragama karena iming-iming surga atau karena ketakutan pada neraka adalah beragama pada level kanak-kanak di sekolah minggu. Beragama pada peringkat dewasa dan matang, tidak memerlukan ide ttg surga dan neraka” atau “ Bukankah surga dan neraka tidak ada beneren, dan cuma ada dalam khayalan orang beragama?” hanyalah patut dikeluarkan oleh orang-orang yang sebenarnya tidak percaya adanya Tuhan alias Atheis.Pernyataan seperti ini tidak pantas dikeluarkan oleh seorang pendeta pengajar jemaat,dan dapat dikategorikan sebagai bidat.Semoga pernyataan pernyataan ini hanyalah karena terbawa emosi semata dan bukan pernyataan yang benar-benar keluar dari lubuk hati.

 

bygrace's picture

@rogermixtin : siapa bidat ?

Ketika saya mencari tahu lebih lanjut mengenai istilah bidat karena diperkenalkan dalam kuliah umum (agama) beberapa tahun yang lalu, saya menemukan diri saya ada di kota yang ramah "bidat". Dekat kampus ada Gereja Christian Science, dekat gereja saya beribadah ada Gereja Last Saints (Mormon) dan ketua program studi yang saya ikuti adalah seorang penganut Saksi Yehova.

Ketika membaca-baca beberapa buku Kristen, eh...beberapa penulis ternyata menyebutkan yang namanya aliran Pantekosta dan Adventist juga digolongkan bidat. Membaca lebih banyak buku lagi, saya temukan : Lutheran, Calvinist, Baptist, dan sederet aliran/denominasi lain juga bidat.Bahkan ada satu buku yangmengatakan : setiap gereja yang tergolong pada satu denominasi tertentu adalah bidat.

Paling seru, waktu saya menemukan situs yang mengatakan ajaran gereja GXX (gereja tempat saya terdaftar jadi anggota yang notabene anggota PGI yang 'diakui' Pemerintah) juga sesat. Oh, ternyata...saya juga seorang bidat (atau pengikut bidat?).

Sekarang, saya tidak lagi begitu yakin dan tak begitu peduli lagi dengan pengkategorian bidat atau bukan bidat. Bidat - menurut saya - hanyalah label yang diberikan oleh kelompok dominan terhadap kelompok lain yang berbeda pemahaman. Label "bidat" tidak sertamerta menjadikan kelompok tersebut "salah" dan label "sejati" (atau diakui pemerintah) bukan pula ukuran kelompok tersebut "benar".

Bagi saya, apakah seorang mengenal Tuhan dengan benar atau tidak, adalah jawaban yang jujur oleh masing-masing orang terhadap pertanyaan Yesus ini, "Menurutmu siapakah Aku ini ?" Penentunya, apakah jawaban tersebut benar atau salah, adalah Yesus sendiri.

Saya sebenarnya tak tak begitu peduli jika seorang tokoh Kristen atau pemimpin umat Kristen atau seorang ahli teologi Kristen yang terpandang berganti haluan, entah menjadi atheis atau pindah agama atau buat ajaran baru ("jadi bidat?"). Itu hak masing-masing dan urusannya kelak dengan Tuhan di hari penghakiman (itu pun kalau mereka masih percaya Hari itu akan datang). Tapi, kata-kata yang rada merendahkan seperti yang rogermixtin kutip pada paragraf terakhir membuat saya ingin bertanya pada yang membuat pernyataan itu : bagaimana caranya tetap menjadi Kristen tanpa perlu percaya adanya surga dan neraka ?

rogermixtin09's picture

Salam Bygrace Ketika

Salam Bygrace

Ketika membaca-baca beberapa buku Kristen, eh...beberapa penulis ternyata menyebutkan yang namanya aliran Pantekosta dan Adventist juga digolongkan bidat. Membaca lebih banyak buku lagi, saya temukan : Lutheran, Calvinist, Baptist, dan sederet aliran/denominasi lain juga bidat.Bahkan ada satu buku yangmengatakan : setiap gereja yang tergolong pada satu denominasi tertentu adalah bidat.

Menurut gereja katolik,semua denominasi protestan adalah bidat.Tetapi itu tidak bisa membuktitan bahwa ajaran utama Lutheran,Calvinis dan Baptis adalah salah.Perbedaan penafsiran mengenai Predestinasi dan Free will,atau Baptis anak dan baptis bayi,pada dasarnya bukanlah melawan kebenaran alkitab,karena keduanya mempunyai dasar yang kuat dalam alkitab.Ajaran Pentacostal juga tak bisa disebut bidat.Walaupun penyembahan mereka mirip dengan Montanis,tetapi nubuat mereka tidak menggatikan kedudukan nubuat di alkitab seperti Montanis.mengenai Adventis menurut saya pribadi,selama mereka masih menggunakan tulisan-tulisan Ellen G White sebagai dasar kepercayaan 18  yang telah terbukti bertentangan dengan alkitab,maka mereka bisa dikategorikan sebagai bidat.

Sekarang, saya tidak lagi begitu yakin dan tak begitu peduli lagi dengan pengkategorian bidat atau bukan bidat. Bidat - menurut saya - hanyalah label yang diberikan oleh kelompok dominan terhadap kelompok lain yang berbeda pemahaman. Label "bidat" tidak sertamerta menjadikan kelompok tersebut "salah" dan label "sejati" (atau diakui pemerintah) bukan pula ukuran kelompok tersebut "benar".

definisi bidat pada tulisan diatas adalah : Ajaran yang menyimpang dari ajaran sejati alkitab.Misalnya alkitab menulis bahwa Yesus-lah jalan keselamatan ,lalu orang lain mengajarkan bukan Yesus jalan keselamatan melainkan Bygrace.Ini jelas ajaran yang menyimpang dari kebenaran alkitab.Contoh lain,alkitab menulis tentang adanya surga dan neraka,lalu Bygrace mengajarkan bahwa surga dan neraka hanya hayalan orang-orang beragama saja.Ini jelas-jelas ajaran yang bertentangan dengan kebenaran alkitab.

jaman sekarang memang beda dengan dulu,toleransi dan hak asasi manusia dijunjung tinggi,kata orang "silahkan lakukan apa yang anda anggap benar asal tidak merugikan orang lain" Tetapi gereja disamping sebagai kumpulan orang-orang percaya,juga adalah organisasi yang mempunyai aturan organisasi.Kalau anda sudah tidak percaya dan sudah melanggar aturan organisasi,jelas ini harus ada ganjaranya.Kalau anda ingin bebas silahkan keluar dari organisasi.

Trims

 

Tuhan Yesus memberkati

bygrace's picture

@roger : setuju

Salam sejahtera,

Tentang ini :

Kalau anda sudah tidak percaya dan sudah melanggar aturan organisasi,jelas ini harus ada ganjaranya.Kalau anda ingin bebas silahkan keluar dari organisasi.

saya sangat sepaham dengan Anda.

Bagi saya, sungguh menyenangkan mata melihat orang-orang yang tadinya Kristen mengambil sikap tegas dan bersaksi sudah tidak lagi Kristen dan berpindah ke  sistem kepercayaan (atau sistem ketidakpercayaan) yang baru. Ini jauh lebih elok daripada tetap mengaku Kristen, tetapi menolak azas-azas utama kepercayaan Kristen. (Saya berpikir : memang enaknya jadi Kristen itu apa, sehingga tetap perlu dipertahankan?)

Istilah 'Kristen' - bagi saya - adalah definisi yang diciptakan manusia. Dan gereja - dalam pengertian  organisasi gereja yang ada strukturnya, ada anggotanya, ada pengurusannya - adalah juga konstruk ciptaan manusia yang punya aturan. Jadi, siapa yang menyebut diri Kristen baiklah ikut dengan apa yang telah disepakati bersama oleh komunitas itu. Begitu juga, aturan yang telah disepakati oleh organisasi (gereja) juga harus ditaati oleh orang yang bersedia menjadi anggotanya. Hal ini bukan hendak mengatakan bahwa definisi Kristen yang dianut oleh Gereja XXX sudah benar; tidak juga hendak mengatakan bahwa organisasi Gereja XXX adalah benar. Tapi, menurut saya, siapa yang lebih dahulu memiliki 'nama' berhak untuk mendefinisikan apa yang menjadi arti namanya. Begitu juga, siapa yang membuat organisasi, berhak membuat aturan siapa yang boleh masuk menjadi anggota, siapa yang tidak.

Kembali ke soal bidat. Menurut roger, bidat adalah ajaran yang menyimpang dari ajaran sejati alkitab. Tanpa ingin mendiskusikan panjang lebar tentang hal ini, saya berharap roger bisa melihat betapa kawan-kawan kita di SS - kebanyakan - masing-masing datang membawa "ajaran sejati alkitab" dan kemudian mem-"bidat"-kan yang lain. Tentang 'sejati' dan 'alkitabiah', setiap orang punya argumennya sendiri. Bagi saya yang sadar tak akan mampu menetapkan dengan tuntas mana yang 'sejati alkitabiah', setiap orang yang percaya bahwa Yesus yang adalah Tu(h)an yang telah mati dan bangkit untuk menyelamatkan manusia dari kematian/hukuman yang kekal dan berupaya hidup taat pada perintah dan ajaranNya, adalah teman seperjalanan menuju rumah yang kekal. Apakah saya atau yang lain atau semuanya akan tiba dengan selamat di Rumah, ...itu terserah Tuhan sajalah.

rogermixtin09's picture

@Bygrace.

Salam bygrace

Kembali ke soal bidat. Menurut roger, bidat adalah ajaran yang menyimpang dari ajaran sejati alkitab. Tanpa ingin mendiskusikan panjang lebar tentang hal ini, saya berharap roger bisa melihat betapa kawan-kawan kita di SS - kebanyakan - masing-masing datang membawa "ajaran sejati alkitab" dan kemudian mem-"bidat"-kan yang lain.

Saya kira harus dibedakan antara pemahaman yang berbeda dengan ajaran yang menentang alkitab.Di SS ini kita berdebat untuk menemukan pemahaman yang benar.Ada bloger yang sudah menemukan pemahaman yang benar lalu dia membantah pemahaman yang salah dari blogger lain dengan menunjukan kesalahan pemahamanya berdasarkan alkitab.itulah yang sering kita lakukan disini.Dengan demikian yang salah menjadi mengerti dan yang benar semakin bersemangat untuk mengajar.

Trims

Tuhan Yesus memberkati

KEN's picture

roger: Tidak setuju!

Saya mau tanya dulu, aturan apa yg dilanggar? Melanggar aturan organisasi yg melanggar kebenaran?

Kita sudah 'merdeka', jika masih dikekang oleh aturan-aturan, bukankah justru akan mengurung atau membungkam kebenaran yg sejati?

Maksud saya begini, bila pemberitaan injil masih dikekang oleh aturan-aturan dunia, maka tidak heran, penyesatan-penyesatan justru berpeluang besar! Aturan-aturan itu tidak sah selama melanggar kebenaran sejati yg membebaskan kita dari pada aturan-aturan dunia! Sekalipun ganjarannya 'kepala saya', kebenaran harus diberitakan!

rogermixtin09's picture

Ken,setuju

Salam Ken

Saya setuju 100 % dengan anda mengenai yang ini :

 

Saya mau tanya dulu, aturan apa yg dilanggar? Melanggar aturan organisasi yg melanggar kebenaran?

Kita sudah 'merdeka', jika masih dikekang oleh aturan-aturan, bukankah justru akan mengurung atau membungkam kebenaran yg sejati?

itulah sebabnya saya katakan apabila ada teori baru yang berlainan tetapi dengan jelas telah mengungkapkan kebenaran alkitab,maka adalah sikap yang bijaksana bila kita menerimanya sebagai suatu kebenaran yang telah disingkapkan oleh Roh kudus.

Tetapi kita juga tidak bisa menghindari bahwa didalam suatu organisasi ada aturan mainya.Jika teori kita yang sudah terbukti tidak melanggar kebenaran alkitab tidak mau diterima atau bahkan kita yang dikatakan sesat,ya keluar saja dari organisasi itu.

Demikian pula bila ternyata teori itu memang bertentangan dengan alkitab dan aturan organisasi tetapi kita tetap mempertahankanya juga,ya konsekwensinya kita kelaur saja dari organisasi itu.

Demikian pendapat saya Ken.

oh iya,sudah berapa hari ini saya tidak bisa membalas komentar lewat "balas" jadi agak kesulitan juga membalas komen di blog lain.ada masukannya ? Trims

Tuhan Yesus memberkati

KEN's picture

roger: Mari kita uji!

Uji diri kita dan uji ajaran orang lain.

Bila sesuai dengan Alkitab, puji Tuhan. Bila tidak sesuai dengan Alkitab, juga halelluyah!

Untuk masalah membalas komentar, saya juga sering mengalami hal seupa. Mungkin hal ini lebih tepatnya kita tanyakan pada 'bang Admin', hehehe...

rogermixtin09's picture

Ken.Setuju

Tuhan Yesus memberkati

smile's picture

Roger : 1 dan 2

Rogermix :oh iya,sudah berapa hari ini saya tidak bisa membalas komentar lewat "balas" jadi agak kesulitan juga membalas komen di blog lain.ada masukannya ? Trims

1
Coba di refresh,...prinsipnya jika bisa sign in, harus bisa juga untuk komen,..kalo ampai ga bisa coba refresh kembali koneksinya,..semoga membantu...

*****

2
Dan mengenai blog ini,...smile seneng banget,..tanpa susah payah, rogermix udah ngerangkum segegitu banyak rangkuman berharga bagi pengetahuan,...ijin dicopas,........

 

sincerely,
smile

*Penakluk sejati adalah orang yang mampu menaklukkan dirinya sendiri*

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

rogermixtin09's picture

1&2 terima kasih kembali.

 

Tuhan Yesus memberkati

davy edwin's picture

@roger bidat?

Cara melihat bidat atau tidak:

1. Alkitab merupakan dasar dan sumber satu-satunya di gereja tersebut, tidak ada  kitab lain sebagai pengganti atau pelengkap Alkitab

2. Percaya dengan Allah Tritunggal

3. Percaya bahwa Yesus menebus dosa manusia melalui pengorbanannya di kayu salib

 

Apa yang bisa kita lakukan:

Kalau memang kita temukan bidat, jangan kesitu lagi dan cegah orang-orang kesitu. Tapi kita tidak boleh menjelek-jelekkan, justru dengan penuh kasih kita doakan mereka, ajak mereka untuk kembali ke jalan yang benar.

“cor meum velut mactatum domino in sacrificium offero”

__________________

“cor meum velut mactatum domino in sacrificium offero”

rogermixtin09's picture

@Devy edwin

Salam Devy edwin

Cara melihat bidat atau tidak:

1. Alkitab merupakan dasar dan sumber satu-satunya di gereja tersebut, tidak ada  kitab lain sebagai pengganti atau pelengkap Alkitab

2. Percaya dengan Allah Tritunggal

Untuk pion 1 dan 2 ,ada gereja yang hanya menggunakan Alkitab saja sebagai sumbernya dan percaya Tritunggal,tetapi Tritunggal yang dipahami sama dengan Sabellianisme yaitu satu Allah dalam 3 wujud.

3. Percaya bahwa Yesus menebus dosa manusia melalui pengorbanannya di kayu salib

kalimat "Yesus menebus dosa manusia"sering menjadi bahan perdebatan.Mungkin sebaiknya kita menggantinya dengan kalimat "Yesus menebus manusia dari hukuman Allah atas dosa manusia"

Kalau memang kita temukan bidat, jangan kesitu lagi dan cegah orang-orang kesitu. Tapi kita tidak boleh menjelek-jelekkan, justru dengan penuh kasih kita doakan mereka, ajak mereka untuk kembali ke jalan yang benar.

Setuju

 

Tuhan Yesus memberkati