Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Apa perbedaan Malaikat, Setan dan Manusia ?

ICCP's picture

Alkitab mengajarkan bahwa Tuhan membuat manusia “sedikit lebih rendah daripada malaikat-malaikat” tugas dari malaikat adalah “Roh-roh yang melayani, yang diutus untuk melayani mereka yang harus memperoleh keselamatan” (Ibrani 2:5-7; 1:13-14).


Ini sepertinya ada suatu pertentangan: Manusia lebih rendah, tetapi lebih tinggi karena manusia menerima keselamatan. Dapatkah kita menjelaskan ini ?


Kami sengaja membuat suatu penulisan malaikat ini dikarena saat ini para pendeta maupun penginjil jarang sekali menjelaskan apa itu malaikat dan bagaimana statusnya untuk Manusia. Mengingat Iblis itu-pun adalah Malaikat, maka wajib semua keluarga Kristus mengetahuinya.

Maka timbullah peperangan di sorga. Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu dibantu oleh malaikat-malaikatnya, tetapi mereka tidak dapat bertahan; mereka tidak mendapat tempat lagi di sorga. Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya. (Wahyu 12:7-9)

Untuk menjelaskan suatu pertentangan yang terjadi mengenai Malaikat dan Manusia, pertama-tama yang harus diingat adalah saat Yesus menjadi manusia. Yesus merendahkan diri waktu menjadi manusia. Sebagai manusia Ia “sedikit lebih rendah daripada malaikat-malaikat (di dalam kemanusiaannya). Tuhan telah membuat manusia sebagai kepala atas segala ciptaan-Nya di bumi ini; tetapi mereka lebih rendah daripada malaikat, karena terikat oleh keadaan jasmani dan tempat mereka di bumi ini. Bapa di Sorga memerintahkan para malaikat untuk menolong manusia, karena mereka akan diberikan tempat yang lebih tinggi daripada malaikat di hari kebangkitan nantinya.

“Sebab mereka tidak dapat mati lagi; mereka sama seperti malaikat-malaikat dan mereka adalah anak-anak Allah, karena mereka telah dibangkitkan”. (Lukas 20:36)


Tuhan akan mengubah kedudukan manusia yang rendah di dalam kesementaraannya hingga pada saat Kerajaan Sorga dating dalam kesempurnaan-Nya.


Mari kita menyelidiki perbedaan antara malaikat dan manusia. Walaupun malaikat adalah makhluk mulia, Alkitab menjelaskan bahwa mereka berbeda dengan manusia dalam beberapa pokok yang penting.


Allah tidak disebut “Bapa” oleh malaikat-malaikat suci, karena mereka tidak pernah berdosa dan tidak perlu ditebus. Tentu pula dengan malaikat-malaikat yang jatuh tidak dapat memanggil Allah “Bapa” karena mereka pun tidak dapat ditebus.


Maka berkatalah Yesus kepadanya: "Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!" (Matius 4:10)

 

Inilah salah satu hal yang paling rahasia di dalam Alkitab perbedaan malaikat dan manusia. Untuk manusia Bapa di sorga menyediakan keselamatan untuk manusia yang jatuh, tetapi Ia tidak menyediakan keselamatan untuk malaikat-malaikat yang jatuh. Mengapa hal ini terjadi ? Malaikat-malaikat jahat tersebut tidak akan mau menyebutkan Allah itu “Bapa” melainkan mungkin menyebutkan Iblis itu “Bapa. Mereka memberontak terhadap Allah Bapa di sorga dan tidak rela menerima ketuhanannya yang berkuasa. Selain itu malaikat jahat itu diantara mereka saling berebut kekuasaan (kerajaan) “Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka lalu berkata kepada mereka: "Setiap kerajaan yang terpecah-pecah pasti binasa dan setiap kota atau rumah tangga yang terpecah-pecah tidak dapat bertahan. Demikianlah juga kalau Iblis mengusir Iblis, iapun terbagi-bagi dan melawan dirinya sendiri; bagaimanakah kerajaannya dapat bertahan?” (Matius 12:25-26) selain itu kita dapat membaca di Markus 3:26

Demikianlah juga kalau Iblis berontak melawan dirinya sendiri dan kalau ia terbagi-bagi, ia tidak dapat bertahan, melainkan sudahlah tiba kesudahannya.

Bagaimana dengan malaikat yang mulia dan suci itu ? Malaikat yang suci itu adalah roh-roh untuk melayani; mereka tidak pernah kehilangan kemuliaan dan hubungan rohani mereka dengan Bapa. Hal ini menjamin kedudukan mulia mereka dalam Kerajaan Allah. Lalu Iblis meninggalkan Dia, dan lihatlah, malaikat-malaikat datang melayani Yesus. (Matius 4:11). Bagaimana dengan status manusia ? Manusia adalah pewaris kerajaan Allah di dalam Yesus kristus yang telah datang kedunia untuk melunaskan seluruh dosa manusia kepada Allah Bapa. Tetapi jika Kristus ada di dalam kamu, maka tubuh memang mati karena dosa, tetapi roh adalah kehidupan oleh karena kebenaran. Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia.” (Roma8:11 & 17)

Demikianlah kiranya yang dapat kami berikan kepada saudara-saudara kekasih di dalam Kristus Yesus, kami berharap agar apa yang kami berikan ini dapat memberikan kekuatan yang lebih dalam lagi untuk Iman saudara-saudara. Salam kami kepada semua umat kekasih Kristus.

__________________

Pergilah keseluruh dunia, beritakanlah injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan di baptisakan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan di hukum (Markus 16:15-16)

Waskita's picture

Apa beda setan masa kini dan malaikat masa kini?

Apa beda setan masa kini dan malaikat masa kini? Ada yang tahu? Bedanya kalau setan masa kini bohong, orang bisa maklum. tapi kalau malaikat masa kini ketahuan bohong. Banyak orang akan jatuh dalam kepahitan. Semoga malaikat masa kini semakin menyadarinya. :))
__________________

kalau saya tida ada di rumah, cari saya di sini

kurnia's picture

Malaikat bisa jatuh????

Cuma penasaran aja ..... Iblis dulunya adalah (para) malaikat, yang jatuh. Mungkinkah malaikat yang ada sekarang juga bisa jatuh? Malaikat yang gak punya keinginan (???) aja bisa jatuh .... tanya kenapa :) Berarti manusia (meskipun nanti sudah masuk surga), masih ada kemungkinan bisa jatuh juga gak ya? Ato "keinginan"nya dah disterilisasi juga, jadi gak mungkin berontak lagi? Salam kenal, -- NB: buat bung Waskita: Lha klaau setan boong, dari dulu juga bisa dimaklumin, wong namanya juga setan :)) Nah, kalau "malaikat" ketahuan boong ... hhiiii .. jangan-jangan itu "setan bersayap malaikat" :))
__________________

Just as i am,

kurnia 

Waskita's picture

Betul... betul kata Sdr.

Betul... betul kata Sdr. Kurnia. jangan-jangan yang bohong itu bukan malaikat, tapi cuma setan bersayap malaikat, serigala berbulu domba, asli tapi palsu.

So... kalau kita tahu ada hamba Tuhan, yang kelakuannya bobrok, jangan cepat kecewa dan pait hati.

Jangan-jangan sebenarnya mereka memang cuma serigala berbulu domba. Jadi ya maklum :))

jangan gara-gara pahit hati kita ikut jatuh ...

 

Salam kenal juga buat Sdr. Kurnia. Laughing

__________________

kalau saya tida ada di rumah, cari saya di sini

4ND1's picture

perbedaan malikat,iblis and manusia

Malaikat adalah anak-anak TUHAN tetapi malaikat adalah penciptaan yang di ciptakan melalui roh ALLAH Sedangkan Iblis adalah eks dari malaikat ALLAH yang memberontak dan kena kutukan sehingga mereka harus di keluarkan dari organisasi surgawi lihat Kitab yeremia saya agak lupa ayatnya (BINTANG TIMUR PUTERA FAJAR sudah jatuh)karena mereka adalah asal muasal dari dosa. sedang kan manusia adalah Roh tembusan ALLAH seperti YESUS yang turun kedalam dunia dan diam diantara manusia (Baca kitab besar tentang kelahiran YESUS,dan kitab kejadian penciptaan manusia pertama yaitu adam dan bahkan sampai kepada kebangkitan) Trim's semoga bermanfaat dan saya ambil dari khotbah Bpk.Pendeta EKU Hidayat mantan ilmu pencabut Roh
bram 's picture

armagedon

semua posting nya bagus mmm bagi saudara-saudara yang kekasih.. apakah anda percaya kalau saya pernah berjumpa langsung dengan Lucifer? saya sendiri hampir tidak percaya... namun memang dia benar pernah berjumpa dengan saya secara tatap muka... tolong diberi komentar untuk itu dan saya juga seorang angelologer.. jika ada saudara yang berminat untuk bekerja sama dengan saya membahas tentang malaikat silahkan kunjungi saya... Music_freaks4ever@yahoo.co.id silahkan tinggalkan pesan anda di e-mail saya terima kasih.. syallom
Wapannuri's picture

malaikat...dst

Malaikat itu yang baik - baik.  Setan itu yang jahat - jahat.

 Sedangkan manusia itu setengah baik dan setengah jahat !

__________________

Dunia di mata Wapannuri.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

irwanda.bobby's picture

cara menguji...

gimana caranya menguji makhluk ini malaikat, setan atau manusia?

__________________

masih dalam tahap membaca, memperhatikan dan mencerna