Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace
ALLAH MEMBERI "TANDA”
Alkitab mengajarkan bahwa manusia telah menjadi bebal dan kecenderungannya adalah melakukan dosa. Tidak terkecuali anak-anak Allah yang telah menerima keselamatan! Nah untuk itu, supaya anak-anakNya itu ingat kepada janji dan perintah Allah, maka kadang Allah memberi “tanda” pengingat kepada mereka.
Allah membuat sendi pangkal paha Yakub terpelecok supaya dia ingat bahwa dia adalah “Israel”.
Allah memberi tanda “kematian bayinya” dan “hukuman yang lain” kepada Daud, supaya dia selalu ingat bahwa Allah membenci dosa dan perzinahan.
“Tanda” itu adalah belas kasih Allah kepada anak-anak Nya, bila kita dengan tekun menanggung “tanda” itu maka kita akan beroleh kasih karunia Allah!
Yakub mempunyai kecenderungan melakukan segala sesuatu atas kemampuan diri sendiri, itulah sebabnya Allah membuat pangkal pahanya terpelecok supaya dia bersandar kepada Allah. Daud punya kecenderungan kepada dosa hawa nafsu dan telah berbuah pada dosa perzinahan. Atas belas kasihan Nya, dia diberi “tanda”.
Bagaimana bila kita tidak mau menerima atau menolak “tanda” itu? Saul adalah contoh orang yang menolak “tanda” dari Allah, 2 kali Allah memberikan “tanda” dengan menolak dia sebagai raja Israel atas pelanggarannya. Tetapi dia memang tegar hati dan menolak “tanda” dari Allah dengan memberontak kepada Allah hingga dia mati.
Bersyukurlah bila Allah tidak perlu memberikan “tanda” kepada kita karena kita memang sudah taat kepada perintah Allah.
Mazmur 32:9 Janganlah seperti kuda atau bagal yang tidak berakal, yang kegarangannya harus dikendalikan dengan tali les dan kekang, kalau tidak, ia tidak akan mendekati engkau.
Dan bila Allah terpaksa juga memberikan “tanda” pada kita untuk mendisiplinkan kita dan membuat kita benar-benar bertobat, maka jangan lah kita sampai menolak “tanda” yang diberikan Allah kepada kita, tetapi dengan tekun menanggungnya, supaya kita beroleh kasih karunia-Nya !
Debu tanah kembali menjadi debu tanah...
- Debu tanah's blog
- Login to post comments
- 18724 reads
@debutanah, tanda?
Salam kenal,
Saudara Debu Tanah, waktu pangkal paha Yakub dipukul, dia belum dinamai Israel; jadi bagaimana dia bisa ingat bahwa dia Israel? Bukankah pangkal paha Yakub dipukul karena ia tidak dapat dikalahkan? Bukankah ia dinamai Israel karena ia telah bergumul melawan Allah dan manusia; dan ia menang? (Kej 32:22-32)
Apabila Tuhan memberi "tanda", bukankah itu berarti penyertaan Tuhan ada bersama orang itu? Apabila Tuhan menyertai, bukankah Tuhan akan membuat segalanya berhasil? Bukankah rancangan Nya damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan?
Kalau mau mengingat. ingat lah Salib Kristus. Inilah kasih yang maha sempurna. Segala buah dosa manusia telah dipatahkan Nya. Apakah kita hendak menyalibkan Nya lagi?
@ M23, Yakub bergumul dengan Allah.
Salam kenal juga.
M23 menulis:
Saudara Debu Tanah, waktu pangkal paha Yakub dipukul, dia belum dinamai Israel; jadi bagaimana dia bisa ingat bahwa dia Israel? Bukankah pangkal paha Yakub dipukul karena ia tidak dapat dikalahkan? Bukankah ia dinamai Israel karena ia telah bergumul melawan Allah dan manusia; dan ia menang? (Kej 32:22-32)
Deta:
Kisah Yakub bergumul dengan Allah adalah simbol pergumulan Yakub dengan Allah.dalam kehidupannya. Anda tahu “pergumulan” apa yang dimaksud?
Yakub artinya “penipu”. Anda tahu waktu Yakub “menipu” Esau kakaknya untuk memperoleh hak kesulungan dan menipu Ishak ayahnya untuk memperoleh berkat, menurut anda siapa yang sebenarnya telah ditipunya? Siapa yang sebenarnya memberkati Yakub? Ishak atau Allah? Ya anda benar, Allah yang memberkati manusia. Yakub juga tahu bahwa sumber berkat adalah dari Allah lho. Jadi sebenarnya Yakub telah menipu Allah, dan dia menang ! Karena Allah telah menetapkan bahwa anak sulunglah ahli waris yang utama, namun Yakub telah membalikkan semua itu. Yakub juga telah bergumul dengan Laban dan dia juga telah menang.
Allah melihat bahwa banyak yang harus dirombak dalam diri Yakub. Itulah sebabnya Tuhan memukul sendi pangkal pahanya dan namanya diganti oleh Allah menjadi Israel yang artinya “Engkau telah bergumul dengan Allah dan manusia dan engkau menang”.
Kejadian 32:28 Lalu kata orang itu: "Namamu tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapi Israel, sebab engkau telah bergumul melawan Allah dan manusia, dan engkau menang."
Kita bisa melihat bahwa Allah memang telah membentuk Yakub menjadi pribadi yang “luar biasa”, Allah telah meremukkan Yakub melalui kejadian-kejadian dalam hidupnya, sehingga dia tidak lagi mengandalkan kemampuan dirinya. Dimulai dari meninggalnya isterinya Rahel, Dina anaknya diperkosa, Yusuf diberitakan meninggal dimakan oleh binatang buas.
Anda tahu akhirnya Yakub MENYERAH kepada Allah?
Tadinya Yakub mampu melakukan segala sesuatu dengan tipu daya. Tadinya dia tidak mau melepas Benyamin, akhirnya membiarkan dia pergi untuk membeli makanan.
Kejadian
43:13 Bawalah juga adikmu itu, bersiaplah dan kembalilah pula kepada orang itu.
43:14 Allah Yang Mahakuasa kiranya membuat orang itu menaruh belas kasihan kepadamu, supaya ia membiarkan saudaramu yang lain itu beserta Benyamin kembali. Mengenai aku ini, jika terpaksa aku kehilangan anak-anakku, biarlah juga kehilangan!"
Yusuf memelihara kehidupan bangsa Israel adalah Allah sendiri yang memelihara kehidupan Israel! Bukan usaha sendiri.
Di akhir hidupnya Yakub telah menjadi pribadi yang cemerlang, lihat bagaimana dia bisa memberkati ke 12 suku Israel, bagaimana dia memberkati Manasye dan Efraim.
Kejadian 48:14 Tetapi Israel mengulurkan tangan kanannya dan meletakkannya di atas kepala Efraim, walaupun ia yang bungsu, dan tangan kirinya di atas kepala Manasye -- jadi tangannya bersilang, walaupun Manasye yang sulung.
Perhatikan bahwa Yakub mampu melakukan yang tidak bisa dilakukan oleh Ishak ayahnya. Ishak bisa ditipu oleh Yakub, tetapi Yakub memberkati Efraim yang bungsu sebagai yang sulung.
M23 menulis:
Apabila Tuhan memberi "tanda", bukankah itu berarti penyertaan Tuhan ada bersama orang itu? Apabila Tuhan menyertai, bukankah Tuhan akan membuat segalanya berhasil? Bukankah rancangan Nya damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan?
Deta:
Kalo saya tidak melihat bahwa Yakub menjadi “cacad” adalah kecelakaan, karena dibalik itu semua, Yakub selama hidupnya telah belajar untuk “bersandar” kepada Tuhan.
M23 menulis:
Kalau mau mengingat. ingat lah Salib Kristus. Inilah kasih yang maha sempurna. Segala buah dosa manusia telah dipatahkan Nya. Apakah kita hendak menyalibkan Nya lagi?
Deta:
Anda tahukan bahwa manusia telah menjadi daging dan mempunya kecenderungan berbuat dosa? Coba perhatikan tidak ada orang benar dalam Alkitab yang tidak berbuat dosa, bahkan beberapa diantaranya telah melakukan dosa yang sangat berat, sehingga dihukum dengan berat pula oleh Allah. Hukuman ini juga adalah “tanda” dari Tuhan. Dan itu adalah kasih karunia Allah.
Kisah hidup Salomo adalah contoh kehidupan yang “wah” tanpa ada kesulitan berarti dalam hidupnya dan lihatlah akhir hidupnya. Sebaliknya Daud dalam hidupnya selalu mengalami kesulitan hingga akhir nya dia jatuh ke dalam dosa waktu dia sedang “santai” dan “damai”. Allah terpaksa menghukum dia untuk memberikan “tanda” supaya dia ingat dosanya.
Tentu saya tidak memungkiri bahwa Allah tidak selalu menghukum sangat berat (memberi tanda), itu tergantung kepada Allah apakah menurut Nya kita membutuhkan nya atau tidak untuk menolong kita supaya benar-benar bertobat dan tidak jatuh lagi.
Untuk lengkapnya bacalah buku “Remuknya Insan Keluarnya Roh” by Watchman Nee, buku yang sangat bagus lho..
Debu tanah kembali menjadi debu tanah...
@Debu tanah, tanda?meterai?
Salam sejahtera,
Saudara Debu tanah, saya mencoba membaca tulisan anda ini berulang kali dan saya menemukan beberapa perbedaan sudut pandang diantara kita.
Pertama-tama mengenai pengertian "Tanda": Di dalam Alkitab dinyatakan bahwa Allah menandai orang-orang yang percaya kepada Nya dengan meterai Roh Kudus, sebagai milik kepunyaan Nya, dan sebagai jaminan bagi kita untuk menikmati janji Keselamatan yang telah disediakan Nya. Berbahagialah orang yang namanya tertulis dalam Kitab Kehidupan.
Yang kedua mengenai masalah kronologis, dalam tulisan anda sbb:
Allah membuat sendi pangkal paha Yakub terpelecok supaya dia ingat bahwa dia adalah “Israel”.
untuk hal ini, sebaiknyalah kita kembali membaca kitab Kejadian 32:22-32.
Yang terakhir; Saya tidak memiliki kapasitas dan keberanian untuk menafsirkan Firman Tuhan seperti yang tertuang dalam tanggapan anda terhadap komentar saya yang pertama.
Terlepas dari perbedaan-2 kita, saya tetap mendapatkan berkat dari tulisan saudara Debu tanah ini. Sampai bertemu ditulisan-tulisan anda yang akan datang. GBU
Andaikata saya memiliki anak lagi, saya tidak akan memberikannya nama Yakub, karena artinya pencuri sih....hehehehe...becanda kok, jangan marah ya, saudara Debu tanah. Shallom
@ M23, mengenai tanda & kronologis
Salam,
Kalo boleh saya berdefinisi: selain “meterai” maka tanda bisa diartikan sebagai “bekas” setelah kita mengalami suatu kejadian. Saya punya tanda “bekas” luka di kaki saya yang selalu “mengingatkan” kejadian apa yang menyebabkan “tanda” itu ada di kaki saya, saya benar2 tidak bisa melupakannya !
Anda kritis juga ya. Ngomong-ngomong kronologis, maksud anda tentu BERDOSA dulu baru diberi “tanda” oleh Allah ?
Nah kisah Yakub juga sama.
Kejadian.
32:25 Ketika orang itu melihat, bahwa ia tidak dapat mengalahkannya, ia memukul sendi pangkal paha Yakub, sehingga sendi pangkal paha itu terpelecok, ketika ia bergulat dengan orang itu.
32:26 Lalu kata orang itu: "Biarkanlah aku pergi, karena fajar telah menyingsing." Sahut Yakub: "Aku tidak akan membiarkan engkau pergi, jika engkau tidak memberkati aku."
32:27 Bertanyalah orang itu kepadanya: "Siapakah namamu?" Sahutnya: "Yakub."
32:28 Lalu kata orang itu: "Namamu tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapiIsrael , sebab engkau telah bergumul melawan Allah dan manusia, dan engkau menang."
Kisah di atas hanyalah simbol pengalaman Yakub sebelumnya, yaitu pengalaman Yakub dalam MENGEJAR BERKAT sampai2 MENIPU Allah! Kisah Yakub adalah kisah orang yang luar biasa dalam “mengejar” berkat Tuhan, bahkan kalo bisa dikatakan menghalalkan segala cara, sampai2 MENIPU kakak dan ayahnya, bahkan Allah sendiri yang ditipunya !! Namun demikian walaupun dia percaya bahwa Allah adalah sumber berkat, lihatlah bagaimana kisah hidupnya, Yakub bekerja keras 14 tahun untuk memperoleh ke 2 isterinya, 6 tahun lagi bekerja keras untuk memperoleh ternaknya, Yakub tidak mau membiarkan Benyamin ikut membeli bahan makanan dst. Tapi bukan berarti tidak boleh bekerja keras lho, ini masalah hati: apakah mengandalkan Tuhan atau diri sendiri.
Dengan tanda “terpelecoknya” sendi pangkal paha Yakub, sebenarnya Allah mau bilang: “Karena kamu tidak bisa bersandar kepad KU, maka Aku akan memukul kekuatanmu hingga kamu benar-benar BERSANDAR kepada KU !!
KESALAHAN / DOSA Yakub yang ingin diluruskan Allah adalah Yakub memang percaya bahwa Allah adalah sumber berkat, tetapi Yakub tidak tahu bagaimana caranya BERSANDAR kepada Allah, Yakub tidak tahu bagaimana caranya BERSERAH kepada Allah. Karena Yakub memang MAMPU dan LICIK, hingga dia benar-benar tidak punya kekuatan apa-apa. Dengan “terpelecoknya” sendi pangkal paha selalu mengingatkan dan mendorong Yakub untuk BERSANDAR dan BERSERAH kepada Allah. Dan lihatlah Yakub akhirnya menyerah kepada Allah !
Pengalaman hidup orang Kristen pun tidak-bisa tidak akan seperti pengalaman Yakub tersebut. Apakah kita mengandalkan kekuatan sendiri atau bersandar kepada Allah? Di mulut bisa saja kita berkata, oh saya percaya dan bersandar kepada Allah, tetapi lihat sendiri apa yang anda lakukan. Secara alami manusia BERUSAHA dan MENGANDALkan kekuatan sendiri!
Pelajarannya adalah marilah kita SADAR dan BERSANDAR kepadaNya sebelum Allah memukul sendi pangkal paha kita. Bila kita tidak sadar-sadar juga, cepat atau lambat maka Allah akan memukul sendi pangkal paha kita. Karena Dia pasti meyelesaikan pekerjaan yang telah dimulai-Nya.
Filipi 1:6 Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus.
Debu tanah kembali menjadi debu tanah...
Siapa Yang Ambisius?
Debu Tanah, siapa yang sebenaranya Ambisius? Yakub yang ambisius mengejar Berkat atau RIBKAH istri ishak yang ambisius? Saya tidak pernah setuju dengan kotbah-kotbah yang mengajarkan bahwa Yakub adalah seorang yang ambisius dan pantang mundur mengejar cita-citanya.
Debu Tanah, bagaimana bila anda tunjukkan bukti-bukti betapa ambisiusnya Yakub? Karena menurut saya, Yakub adalah anak MAMI.
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
@ Hai, Yakub memang penipu..
Bolehlah kita menyimpulkan Yakub adalah anak mami. Bisa jadi atas dorongan ibunya, karena Alkitab mencatat demikian, tetapi Yakub memang mau melakukannya.
Bukti 1. Tetapi Alkitab mencatat bagaimana Yakub lahir dan kenapa dia diberi nama “Yakub”:
Kejadian 25:26 Sesudah itu keluarlah adiknya; tangannya memegang tumit Esau, sebab itu ia dinamai Yakub. Ishak berumur enam puluh tahun pada waktu mereka lahir.
Kejadian 27:36 Kata Esau: "Bukankah tepat namanya Yakub, karena ia telah dua kali menipu aku. Hak kesulunganku telah dirampasnya, dan sekarang dirampasnya pula berkat yang untukku." Lalu katanya: "Apakah bapa tidak mempunyai berkat lain bagiku?"
Bukti 2. Pada waktu waktu Esau lapar, terjadilah kisah “transaksi hak kesulungan”:
Kejadian
25:29 Pada suatu kali Yakub sedang memasak sesuatu, lalu datanglah Esau dengan lelah dari padang.
25:30 Kata Esau kepada Yakub: "Berikanlah kiranya aku menghirup sedikit dari yang merah-merah itu, karena aku lelah." Itulah sebabnya namanya disebutkan Edom.
25:31 Tetapi kata Yakub: "Juallah dahulu kepadaku hak kesulunganmu."
25:32 Sahut Esau: "Sebentar lagi aku akan mati; apakah gunanya bagiku hak kesulungan itu?"
25:33 Kata Yakub: "Bersumpahlah dahulu kepadaku." Maka bersumpahlah ia kepada Yakub dan dijualnyalah hak kesulungannya kepadanya.
25:34 Lalu Yakub memberikan roti dan masakan kacang merah itu kepada Esau; ia makan dan minum, lalu berdiri dan pergi. Demikianlah Esau memandang ringan hak kesulungan itu.
Saya tidak tahu apakah Yakub berfikir untuk melakukan “transaksi hak kesulungan” tersebut atas dorongan dan strategi Ribka? Alkitab tidak mencatatnya! Tetapi mengenai menipu Ishak untuk memperoleh berkat memang atas dorongan Ribka!
Kita juga tidak tahu kenapa Esau yang adalah anak Papi itu memandang rendah hak kesulungan? Apa Ishak tidak mengajari Esau, anak kesayangan nya itu?
Bukti 3. Waktu Yakub melarikan diri dari Esau, Yakub juga bernazar kepada Allah:
Kejadian
28:20 Lalu bernazarlah Yakub: "Jika Allah akan menyertai dan akan melindungi aku di jalan yang kutempuh ini, memberikan kepadaku roti untuk dimakan dan pakaian untuk dipakai,
28:21 sehingga aku selamat kembali ke rumah ayahku, maka TUHAN akan menjadi Allahku.
Saya tidak tahu apakah Ribka juga yang mengajarkan Yakub untuk bernazar tetapi tidak mengajar Esau, tetapi apa Esau tidak diajar juga oleh ayahnya? Faktanya Alkitab mencatat bahwa Yakub bernazar tetapi Esau tidak.
Debu tanah kembali menjadi debu tanah...
Debu Tanah, Ada Ayat Lain Tentang Yakub?
Jangan Emosi Debu Tanah, baca ayat-ayat yang anda kutip dengan teliti. Namun, sebelumnya, pahami dulu arti kata MENIPU.
Kacang Merah Tukar hak anak sulung. Atas dasar apa anda menuduh Yakub menipu? Bukankah itu transaksi jual beli terang-terangan? Harganya terlalu murah, namun bukankah Esau menganggapnya wajar ketika itu? Jadi sesungguhnya siapa yang mau menipu? Yakub menipu Esau atau Esau yang hendak menipu Yakub?
Bukankah ketika hak anak sulungnya diambil Yakub Esau tidak boleh marah karena sudah menjualnya?
Ketika memberkati Yakub, Ishak tidak pikun, hanya buta. Pada saat itu yakub hanya memakai jubah Esau dan membalut tangannya dan lehernya dengan kulit kambing. Apabila anda membacanya dengan teliti dan tanpa prasangka maka akan nampak jelas sekali bahwa kisah itu JAUH lebih buruk dibandingkan sinetron Indonesia.
Sejak awal kisah itu sudah LUCU. Ishak minta Esau pergi berburu dan memasak makanan kesenangannya sebelum dia memberkati Esau. Saya menyebutnya Konspirasi. Pembohongan Publik dengan skenario asal jadi.
Debu tanah, adakah ayat lain yang lebih baik untuk membuktikan bahwa Yakub PENIPU? Jangan terpengaruh kotab dan tulisan tentang Yakub yang pernah and dengar atau baca, namun bacalah ayat-ayat Alkitab itu dengan teliti dan tanpa prasangka. Maka saya yakin, anda akan mengenal Yakub dengan benar.
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
@ Hai, ajaran Alkitab
Saya tidak emosi untuk kementar ini, tetapi memang agak emosi untuk komentar yang satu lagi: Just Mengutip Lagi. Hehehe.
Saya sudah menunjukkan ayat Alkitab bahwa Yakub memang pengejar berkat Tuhan.
Hai menulis:
Kacang Merah Tukar hak anak sulung. Atas dasar apa anda menuduh Yakub menipu?
Deta:
Mengenai Yakub adalah penipu menurut saya ayat Kejadian 25:26 dan Kejadian 27:36 sudah cukup menunjukkan bahwa Yakub memang penipu. Paling tidak jelas sekali Esau berkata demikian.
Kejadian 27:36 Kata Esau: "Bukankah tepat namanya Yakub, karena ia telah dua kali menipu aku. Hak kesulunganku telah dirampasnya, dan sekarang dirampasnya pula berkat yang untukku." Lalu katanya: "Apakah bapa tidak mempunyai berkat lain bagiku?"
Lihat Esau meradang “"Bukankah tepat namanya Yakub, karena ia telah dua kali menipu aku” ? Saya tidak tahu orang tua mana yang tega menamai anaknya yang bermakna “penipu” ? Tetapi itulah yang dilakukan Ishak dan Ribka!
Saya sendiri tidak terfokus kepada Yakub menipu manusia, tetapi saya berkata Yakub menipu Allah, karena memang Allah yang sebenarnya bisa memberkati. Baca sini.
Anda memang seringkali terlalu teknis hingga tidak bisa menikmati indahnya ajaran Alkitab (menurut saya). Saran saya, Take it easy man ! Santai dikit lah! Apa yang sudah orang tentang kisah Yakub belum tentu salah lho!
Debu tanah kembali menjadi debu tanah...
Yakub Tokoh Yang Disalah Pahami
Sesudah itu keluarlah adiknya; tangannya memegang tumit Esau, sebab itu ia dinamai Yakub. Ishak berumur enam puluh tahun pada waktu mereka lahir. Kejadian 25:26
Yakub artinya "Dia Yang Menggantikan."
Kata Esau: "Bukankah tepat namanya Yakub, karena ia telah dua kali menipu aku. Hak kesulunganku telah dirampasnya, dan sekarang dirampasnya pula berkat yang untukku." Lalu katanya: "Apakah bapa tidak mempunyai berkat lain bagiku?" Kejadian 27:36
Ayat tersebut di atas adalah ucapan Esau. Makanya saya nasehati anda untuk membaca kisah nyatanya. Pertama ketika Esau menjual hak anak sulungnya dengan harga satu mangkuk kacang merah.
Kedua ketika Ishak dan Ribkah membuat konspirasi menipu kedua anaknya. Di samping itu, anda bisa baca, ketika Yakub memberkati semua anak-anaknya. Adakah ajaran Di dalam Alkitab yang menyatakan hanya boleh memberkati satu anak? Apakah Allah hanya memberkati Ishak dan tidak memberkati Ismail?
Debu Tanah, jangan terlalu percaya kotbah para pengkotbah dan tulisan para penulis Kristen, karena banyak di antara mereka yang asal copy paste.
Yakub menipu Allah? Kapan dia melakukannya? Pernahkah anda tahu apa yang menjadi HAK anak sulung bangsa Israel? Yakub sama sekali tidak menikmatinya. Yakub tidak bersandar pada Allah? Ayat mana yang mencatatnya?
Yakub tidak pernah menipu MANUSIA. Tidak menyangka bahwa dia berhasil menipu Esau dan Ishak ayahnya, namun sesungguhnya dialah yang tertipu.
Banyak orang menikmati keindahan Alkitab karena MENYANGKA menemukan ayat-ayat yang mendukung pemikiran dan keyakinannya. Namun bila mereka memahami Alkitab dengan benar, maka keindahannya benar-benar luar biasa. Anda menikmati Alkitab karena menyangka menemukan ayat-ayat yang memuaskan kehendak bebas anda. Saya menemukan Alkitab karena menemukan ayat-ayat yang membuat saya benar-benar takluk.
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
@ Hai, Yakub menipu Allah..
Hai berkata:
Yakub menipu Allah? Kapan dia melakukannya? Pernahkah anda tahu apa yang menjadi HAK anak sulung bangsa Israel? Yakub sama sekali tidak menikmatinya. Yakub tidak bersandar pada Allah? Ayat mana yang mencatatnya?
Deta:
Saya tidak melihat bahwa Yakub MENUNTUT harta warisan sebagai anak sulung, tetapi Yakub memang percaya Allah lah sumber BERKAT (BERKAT ROHANI = janji-janji Allah DAN MATERI), bahwa Allah lah yang memberkati (rohani dan materi) kakeknya Abraham, bahwa Allah lah yang memberkati (rohani dan materi) Ishak, ayahnya. Yakub ingin berkat itu turun kepada nya, karena masih ada abangnya Esau sebagai anak sulung.
Esau sendiri menyadari itu walau terlambat:
Kejadian
27:38 Kata Esau kepada ayahnya: "Hanya berkat yang satu itukah ada padamu, ya bapa? Berkatilah aku ini juga, ya bapa!" Dan dengan suara keras menangislah Esau.
27:39 Lalu Ishak, ayahnya, menjawabnya: "Sesungguhnya tempat kediamanmu akan jauh dari tanah-tanah gemuk di bumi dan jauh dari embun dari langit di atas.
27:40 Engkau akan hidup dari pedangmu dan engkau akan menjadi hamba adikmu. Tetapi akan terjadi kelak, apabila engkau berusaha sungguh-sungguh, maka engkau akan melemparkan kuk itu dari tengkukmu.
Saya memang yang berkata Yakub “menipu” Allah. Yakub dan Ribka memang menipu Ishak supaya Yakub diberkati sebagai anak sulung, tadinya Yakub tidak berani menipu ayahnya karena takut KUALAT!
Kejadian
27:12 Mungkin ayahku akan meraba aku; maka nanti ia akan menyangka bahwa aku mau memperolok-olokkan dia; dengan demikian aku akan mendatangkan kutuk atas diriku dan bukan berkat."
27:13 Tetapi ibunya berkata kepadanya: "Akulah yang menanggung kutuk itu, anakku; dengarkan saja perkataanku, pergilah ambil kambing-kambing itu."
Jadi menurut saya waktu Ribka dan Yakub menipu Ishak sebenarnya secara tidak sadar mereka “menipu” Allah, karena Allah lah yang punya berkat! Jika Allah melihat apa yang dilakukan oleh Yakub tersebut dosa yang tidak bisa diampuni, apa menurut anda Allah akan memberkati Yakub menjadi Israel??
Menurut saya seandainya Yakub dan Ribka tidak menipu Ishak maka Allah tetap akan memberkati Yakub sebagai Israel (bukan Esau), karena Allah memang melihat hati manusia. Buktinya bisa kita lihat bagaimana Yakub memberkati anak Yusuf yaitu Efraim lebih dari Manasye walaupun Manasye yang sulung.
Kejadian 48:14 Tetapi Israel mengulurkan tangan kanannya dan meletakkannya di atas kepala Efraim, walaupun ia yang bungsu, dan tangan kirinya di atas kepala Manasye -- jadi tangannya bersilang, walaupun Manasye yang sulung.
Alasan lain adalah Allah tidak akan memberkati Esau sebagai Israel (pewaris janji Allah), Ibrani 12:16-17 menyingkapkan kenapa Esau tidak diberkati:
Ibrani
12:16 Janganlah ada orang yang menjadi cabul atau yang mempunyai nafsu yang rendah seperti Esau, yang menjual hak kesulungannya untuk sepiring makanan.
12:17 Sebab kamu tahu, bahwa kemudian, ketika ia (ESAU) hendak menerima berkat itu, ia ditolak, sebab ia tidak beroleh kesempatan untuk memperbaiki kesalahannya, sekalipun ia mencarinya dengan mencucurkan air mata.
Kesimpulan:
Allah memang memilih orang pilihannya, tetapi tidak melanggar free will manusia. Allah memilih Yakub karena dia adalah orang yang mencari Allah.
Sedangkan Esau, walaupun dia adalah yang sulung, tetapi dia memandang remeh hak kesulungannya (Kejadian 25:34) dan memiliki nafsu yang rendah (Ibrani 12:17) sehingga Allah tidak memilih dia.
Debu tanah kembali menjadi debu tanah...
Debu Tanah, Yakub Bukan Penipu
Debu Tanah, apakah anda memang sengaja menulis dengan paragraph jarak jauh? mohon maaf, saya merasa tidak nyaman membaca tulisan dengan paragraph sejauh itu. Sebaiknya anda mengaturnya agar lebih enak dibaca.
Debu Tanah, anda sendiri yang mengutip kitab Ibrani yang menyatakan bahwa Yakub tidak pernah menipu Esau tentang hak anak sulung. Bila anda membaca kisah ketika dia pura-pura menjadi Esau, maka anda akan paham bahwa Ishaklah yang menipu Yakub, bukan sebaliknya.
Yakub main sandiwara jadi Esau namun tidak pernah menipu manusia. Ishak tahu pasti siapa yang dihadapinya dan makanan siapa yang dimakannya. dia juga tahu siapa yang ingin diberkatinya dan siapa yang tidak ingin diberkatinya. Bahkan Ishak menipu Esau dengan menyatakan bahwa dia tidak bisa memberkati Esau lagi karena sudah memberkati Yakub. Silahkan baca kembali kisah tersebut dengan teliti untuk melihat apakah berkat-berkat Ishak menjadi kenyataan?
Jadi menurut saya waktu Ribka dan Yakub menipu Ishak sebenarnya secara tidak sadar mereka “menipu” Allah, karena Allah lah yang punya berkat! Jika Allah melihat apa yang dilakukan oleh Yakub tersebut dosa yang tidak bisa diampuni, apa menurut anda Allah akan memberkati Yakub menjadi Israel??
Debu Tanah, nampaknya sudah waktunya anda mengubah cara mempelajari Alkitab. Ilmu KUDU yang anda gunakan, kembali terbukti terbukti NGACO. Yakub yang anda FITNAH sebagai PENIPU ternyata anak mami.
Allah memang memilih orang pilihannya, tetapi tidak melanggar free will manusia. Allah memilih Yakub karena dia adalah orang yang mencari Allah.
Sedangkan Esau, walaupun dia adalah yang sulung, tetapi dia memandang remeh hak kesulungannya (Kejadian 25:34) dan memiliki nafsu yang rendah (Ibrani 12:17) sehingga Allah tidak memilih dia.
Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, Debu Tanah. Sebaiknya anda membaca kisah Yakub dan Esay lebih teliti lagi tanpa prasangka sebelum menarik KESIMPULAN. Menggunakan lebih banyak waktu untuk belajar sebelum menarik kesimpulan tidak akan membuat anda nampak bodoh namun menunjukkan kebijaksanaan anda. Kedua kesimpulan yang anda tarik menunjukkan bahwa anda sama sekali tidak paham dengan yang anda tulis.
Yakub mencari Allah? Mana buktinya?
Esau menganggap enteng hak anak sulung? Kenapa dia meradang ketika Yakub yang diberkati?
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
@ Hai, Ishak terkejut..
Salam,
Maaf saya tidak bermaksud menulis dengan spasi terlalu jauh, tapi memang otomatis waktu saya lihat hasilnya, saya sudah koreksi.
Hai menulis:
Yakub main sandiwara jadi Esau namun tidak pernah menipu manusia. Ishak tahu pasti siapa yang dihadapinya dan makanan siapa yang dimakannya. dia juga tahu siapa yang ingin diberkatinya dan siapa yang tidak ingin diberkatinya. Bahkan Ishak menipu Esau dengan menyatakan bahwa dia tidak bisa memberkati Esau lagi karena sudah memberkati Yakub.
Deta:
Hehe.. terima kasih. Saya akan lebih hati-hati lagi dalam membaca Alkitab dan tanpa prasangka.
Tapi tampaknya saudara Hai kurang teliti membacanya. Menurut saya Ishak memang tertipu karena dia terkejut :
Kejadian 27:33 Lalu terkejutlah Ishak dengan sangat serta berkata: "Siapakah gerangan dia, yang memburu binatang itu dan yang telah membawanya kepadaku? Aku telah memakan semuanya, sebelum engkau datang, dan telah memberkati dia; dan dia akan tetap orang yang diberkati."
Hai menulis:
Silahkan baca kembali kisah tersebut dengan teliti untuk melihat apakah berkat-berkat Ishak menjadi kenyataan?
Deta:
Saya tidak mengerti, apa maksud anda, berkat Ishak tidak berarti?
Mengenai Esau memang memandang remeh hak kesulungannya, alkitab yang bilang, bukan Deta:
Kejadian 25:34 Lalu Yakub memberikan roti dan masakan kacang merah itu kepada Esau; ia makan dan minum, lalu berdiri dan pergi. Demikianlah Esau memandang ringan hak kesulungan itu.
Debu tanah kembali menjadi debu tanah...
Ishak Main Sinetron
Firman TUHAN kepadanya: "Dua bangsa ada dalam kandunganmu, dan dua suku bangsa akan berpencar dari dalam rahimmu; suku bangsa yang satu akan lebih kuat dari yang lain, dan anak yang tua akan menjadi hamba kepada anak yang muda." Kejadian 25:23
Debu Tanah, sejak awal Ishak sudah diberitahu oleh Tuhan tentang kehidupan kedua anaknya. Ketika memberkati Yakub, Ishak tidak dapat melihat, namun sama sekali tidak pikun. Anda pernah melihat orang yang bulu tangan dan bulu lehernya seperti bulu kambing? Anda pernah bertemu dengan orang yang tekstur kulitnya seperti kulit kambing? Mustahil Ishak tidak tahu bahwa yang diberkatinya adalah Yakub. Dia mendengar suara Yakub, Dia meraba tangan yakub, dia menyuruh Yakub menciumnya bahkan dia mencium pakaian Yakub.
Debu Tanah, ketika membaca Alkitab jangan mencari KATA atau AYAT untuk mendukung keyakinan anda.
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
hai2
salam kenal hai2 membaca komen anda diatas sungguh saya tertarik, seperti pendongeng 1001 makna dg begini Firman Tuhan bukanlah spt penataran P4 yg membosankan ijinkan saya bertanya:
jika yakub dan esau bersaudara dan ketemu tiap hari bukankah mereka sudah saling kenal karakter satu sama lain? lalu benarkah esau yg ingin menipu yakub? krn kita tak tahu isi hati esau saat makan sup itu, krn setelah makan sup merah itu ia dpt lari ke bapaknya, masak buruannya dan mendapat berkat? bukankah nikmat sekali dpt sup kacang merah dan berkat dr bapaknya? itukah sebabnya esau begitu meradang ketika berkatnya telah diberi pd yakub??
lalu mengapa anda menyebut ishak penipu? wah hai jika ishak punya cicit anda bisa dikasuskan nih pencemaran nama baik, tp sungguh saya ingin tahu.
hai lalu kenapa Allah telah berfirman lebih dulu ttg yakub yg akan dapat berkat apakah ishak bukan malah menuruti ketetapan Allah walau ia tahu ia memberkati anak bungsu bukan sulung, jadi apa salah si penipu itu disini?
anda menyinggung peran ribka yg membujuk yakub apa pula salahnya? dan kenapa anda menyebut berkat2 anak sulung yg didapat yakub tak terbukti, apa saja sih janji2 berkat anak sulung itu?
ntar klo ada pertanyaan lagi boleh kan nyusul namanya jg lagi belajar, salam dan terimakasih.
The only fear is only fear itself
The only fear is only fear itself
salam sejahtera debu tanah
deta saya sedikit bingung dg istilah tanda yg anda sebut, deta menulis:Tentu saya tidak memungkiri bahwa Allah tidak selalu menghukum sangat berat (memberi tanda), itu tergantung kepada Allah apakah menurut Nya kita membutuhkan nya atau tidak untuk menolong kita supaya benar-benar bertobat dan tidak jatuh lagi.
00. apakah orang2 dunia juga mendapat tanda dr Allah krn mereka juga mendapat penderitaan? lalu apa bedanya tanda kita dg tanda orng2 dunia?
00. jika daud, salomo jatuh utk diberi tanda tahu darimana anda? ada referensinya?
klo menurut saya Allah kan tidak pernah menyuruh daud utk tinggal di sotoh istananya dan melihat lihat betsyeba jadi daud jatuh dosa krn ia diseret keinginan mata dan dagingnya sendiri bukan soal tanda2.
tp lain lagi spt contoh kasus Ester bangsa itu kan dibuang atas inisiatif Allah, krn sudah berdosa jd dosanya sudah ada, bgs israel kerja rodi siang malam menderita lahir batin tp tetap dijaga lewat ester shg silsilah Kristus yg namanya nahason ada klo aku berpendapat itu namanya dididik! krn dosanya telah nyata benar memberontak pd Allah, tp klo daud dlm kasus betsyeba kan tidak spt itu??
juga paulus siapa yg mau menderita spt paulus? yg nyawanya terancam terus tp ia menerima didikan Allah bukan tanda yg gak jelas, krn didikan Allah pasti jelas dan kita happy menerimanya tp klo cuma tanda bhw Tuhan ingin mengingatkan kita ini orang berdosa wah bodoh banget Tuhan ya aku jg sudah tahu tuh kan ada Roh Kudus dan Firman yg bekerja. kesannya pengajaran deta serem nakut2 in kekristenan bhw Allah akan memberi hukuman utk memberi pelajaran pd umatnya, emang kekristenan serem? wah setahuku kekristenan gak serem tp ada sukacita dlm sgala derita, salam
The only fear is only fear itself
The only fear is only fear itself
@ Sinar, mengenai tanda
Sinar menulis:
deta saya sedikit bingung dg istilah tanda yg anda sebut, deta menulis:Tentu saya tidak memungkiri bahwa Allah tidak selalu menghukum sangat berat (memberi tanda), itu tergantung kepada Allah apakah menurut Nya kita membutuhkan nya atau tidak untuk menolong kita supaya benar-benar bertobat dan tidak jatuh lagi.
00. apakah orang2 dunia juga mendapat tanda dr Allah krn mereka juga mendapat penderitaan? lalu apa bedanya tanda kita dg tanda orng2 dunia?
00. jika daud, salomo jatuh utk diberi tanda tahu darimana anda? ada referensinya?
Deta:
Allah memang menghukum anak-anaknya untuk membuat kita bertobat, tetap kadang kala hukuman yang tanpa bekas tidak bermanfaat, ya karena KEBEBALAN kita itu.
Kelakukan kita mirip dengan tingkah laku Israel waktu keluar dari Mesir, perhatikan waktu Israel berdosa maka Allah menghukum, kemudian Israel bertobat kemudian Allah mengampuni, demikian berulang-ulang.
Sejangka waktu Allah akan membiarkan kita jatuh dan bangun hingga akhirnya Allah akan memberi hukuman yang berbekas pada kita. Sebagian bertobat sebagian lagi tetap berbuat dosa dan mungkin binasa.
Kita anak-anak Tuhan jelas beda dengan orang dunia, kita umumnya dan harusnya sudah mengerti bila itu dari Tuhan datangnya. Kalo orang dunia gak paham kan wajar ya, karena mereka tidak mengenal Tuhan. Bagi mereka hajaran hanyalah hajaran bukan “tanda”.
Tapi kalo anak Tuhan tidak bertobat waktu dihajar oleh Tuhan itu karena dia mengeraskan hati alias bebal. Itu sebabnya kadang Allah menghukum dengan sangat keras. Bila orang itu tekun menanggung hukuman itu maka itu menjadi “tanda”, bila tidak tekun alias memberontak ya bukan “tanda”.
Sinar menulis:
klo menurut saya Allah kan tidak pernah menyuruh daud utk tinggal di sotoh istananya dan melihat lihat betsyeba jadi daud jatuh dosa krn ia diseret keinginan mata dan dagingnya sendiri bukan soal tanda2.
Deta:
Anda benar, Allah tidak pernah mencobai kita, tetapi kita dicobai oleh keinginan sendiri.
Sinar menulis:
tp lain lagi spt contoh kasus Ester bangsa itu kan dibuang atas inisiatif Allah, krn sudah berdosa jd dosanya sudah ada, bgs israel kerja rodi siang malam menderita lahir batin tp tetap dijaga lewat ester shg silsilah Kristus yg namanya nahason ada klo aku berpendapat itu namanya dididik! krn dosanya telah nyata benar memberontak pd Allah, tp klo daud dlm kasus betsyeba kan tidak spt itu??
Deta:
Pertama, hukuman Allah adalah adil. Dosa Daud sangat menghina Tuhan! Menodai kekudusan Tuhan!
Ke dua, Allah menghukum untuk membuat Daud bertobat. Pernah berpikir seandainya Allah tidak menghukum Daud? Bisa jadi Daud akan berzinah lagi dengan orang lain!!
Perhatikan hukuman bagi Daud, sangat berat dan mengerikan, itu menunukkan betapa seriusnya dosa yang dilakukan oleh Daud:
II Samuel
12:9 Mengapa engkau menghina TUHAN dengan melakukan apa yang jahat di mata-Nya? Uria, orang Het itu, kaubiarkan ditewaskan dengan pedang; isterinya kauambil menjadi isterimu, dan dia sendiri telah kaubiarkan dibunuh oleh pedang bani Amon.
12:10 Oleh sebab itu, pedang tidak akan menyingkir dari keturunanmu sampai selamanya, karena engkau telah menghina Aku dan mengambil isteri Uria, orang Het itu, untuk menjadi isterimu.
12:11 Beginilah firman TUHAN: Bahwasanya malapetaka akan Kutimpakan ke atasmu yang datang dari kaum keluargamu sendiri. Aku akan mengambil isteri-isterimu di depan matamu dan memberikannya kepada orang lain; orang itu akan tidur dengan isteri-isterimu di siang hari.
12:12 Sebab engkau telah melakukannya secara tersembunyi, tetapi Aku akan melakukan hal itu di depan seluruh Israel secara terang-terangan."
12:13 Lalu berkatalah Daud kepada Natan: "Aku sudah berdosa kepada TUHAN." Dan Natan berkata kepada Daud: "TUHAN telah menjauhkan dosamu itu: engkau tidak akan mati.
12:14 Walaupun demikian, karena engkau dengan perbuatan ini telah sangat menista TUHAN, pastilah anak yang lahir bagimu itu akan mati."
Sinar menulis:
juga paulus siapa yg mau menderita spt paulus? yg nyawanya terancam terus tp ia menerima didikan Allah bukan tanda yg gak jelas, krn didikan Allah pasti jelas dan kita happy menerimanya tp klo cuma tanda bhw Tuhan ingin mengingatkan kita ini orang berdosa wah bodoh banget Tuhan ya aku jg sudah tahu tuh kan ada Roh Kudus dan Firman yg bekerja. kesannya pengajaran deta serem nakut2 in kekristenan bhw Allah akan memberi hukuman utk memberi pelajaran pd umatnya, emang kekristenan serem? wah setahuku kekristenan gak serem tp ada sukacita dlm sgala derita, salam
Deta:
Saya memang tidak membahas soal Paulus di sini, Alkitab gak pernah cerita soal dosa-nyas setelah dia bertobat. Tidak ada kan dalam tulisan saya mengenai Paulus?
Saya tidak nakut-nakuti, itu ajaran Firman bahwa Allah MENGHAJAR anak-anak Nya:
Ibrani 12:6 karena Tuhan menghajar orang yang dikasihi-Nya, dan Ia menyesah orang yang diakui-Nya sebagai anak."
Bila kita bertobat maka kita akan diampuni oleh Tuhan tetapi bila itu adalah “tanda” maka kita tetap harus menanggung “bekas” atau “tanda” tsb.
Saya menyebut hukuman Daud sebagai “tanda” dengan alasan sbb: perhatikan bahwa HUKUMAN yang dinubuatkan oleh Natan tetap terjadi walau Daud sudah menyesal dan bertobat:
1. Allah tetap membunuh anaknya
2. Pedang tidak menyingkir dari kerajaannya, Absalom memberontak
3. Absalom menghampiri gundik2 Daud (II Samuel 16:22).
Debu tanah kembali menjadi debu tanah...
Hanya Mengutip
Allah itu SETIA karena TIDAK DAPAT MENYANGKAL dirinya, sehingga saya TERJAMIN selamat asal saya TETAP PERCAYA dan TIDAK MELEPASKAN IMAN saya. Saya bukan orang bodoh yang akan melepaskan iman saya, itu sebabnya saya rajin membaca firman dan diskusi dengan saudara2 semua disini, supaya iman saya semakin hari-semakin bertumbuh oleh kasih karunianya. Amin.
Kisah hidup Salomo adalah contoh kehidupan yang “wah” tanpa ada kesulitan berarti dalam hidupnya dan lihatlah akhir hidupnya.
maka sesungguhnya Aku melakukan sesuai dengan permintaanmu itu, sesungguhnya Aku memberikan kepadamu hati yang penuh hikmat dan pengertian, sehingga sebelum engkau tidak ada seorang pun seperti engkau, dan sesudah engkau takkan bangkit seorang pun seperti engkau I Raja-raja 3:12
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
@ Hai, Salomo menjadi bodoh karena wanita
Amsal 1
1:7 Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan.
1 Raja-raja
11:4 Sebab pada waktu Salomo sudah tua, isteri-isterinya itu mencondongkan hatinya kepada allah-allah lain, sehingga ia tidak dengan sepenuh hati berpaut kepada TUHAN, Allahnya, seperti Daud, ayahnya.
11:9 Sebab itu TUHAN menunjukkan murka-Nya kepada Salomo, sebab hatinya telah menyimpang dari pada TUHAN, Allah Israel, yang telah dua kali menampakkan diri kepadanya,
Debu tanah kembali menjadi debu tanah...
@deta waspada thd 3 ta
Komentar terakhir deta mengingatkan untuk waspada thd 3 ta : tahta,harta dan wanita. Bravo semuanya, sangat menarik tulisannya yang berawal dari yakub dan berakhir tentang salomo semuanya sudah mendapatkan "tanda", shg saya bisa mengambil hikmahnya, bahwa Tuhan menghajar umat pilihan yang dikasihiNya, supaya senantiasa berserah kepada kehendakNya saja.
Just Mengutip Lagi
Allah itu SETIA karena TIDAK DAPAT MENYANGKAL dirinya, sehingga saya TERJAMIN selamat asal saya TETAP PERCAYA dan TIDAK MELEPASKAN IMAN saya. Saya bukan orang bodoh yang akan melepaskan iman saya, itu sebabnya saya rajin membaca firman dan diskusi dengan saudara2 semua disini, supaya iman saya semakin hari-semakin bertumbuh oleh kasih karunianya. Amin.
Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan.Amsa 1:7
Sebab pada waktu Salomo sudah tua, isteri-isterinya itu mencondongkan hatinya kepada allah-allah lain, sehingga ia tidak dengan sepenuh hati berpaut kepada TUHAN, Allahnya, seperti Daud, ayahnya. 1 Raja-raja 11:4
Sebab itu TUHAN menunjukkan murka-Nya kepada Salomo, sebab hatinya telah menyimpang dari pada TUHAN, Allah Israel, yang telah dua kali menampakkan diri kepadanya, 1 Raja-raja 11:9
Ayat Mana yang menyatakan bahwa Salomo Menjadi Bodoh karena wanita?
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
@ Hai, memang tidak ada..
Walah ada-ada saja, memang tidak ada ayat yang mengatakan secara eksplisit bahwa Salomo bodoh.
Tetapi saya mengutip ajaran Salomo. Silakan menyimpulkan sendiri! Apakah dengan menyembah berhala, apa Salomo telah melakukan apa yang diajarkannya berdasarkan hikmat yang dikarunaikan Allah? Saya mau dengar kesimpulan anda !
Ada ajaran eksplisit ada aja juga yang implisit. Dalam Alkitab juga tidak ada ayat eksplisit larangan menjual NARKOBA? Trus apa boleh kita dilakukan?
Debu tanah kembali menjadi debu tanah...
@Deta, jangan memfitnah Salomo...
@Deta, Salomo sudah lama mati, kasihan kan anda mengatakan dia menjadi BODOH karena wanita?
Pertanyaan tentang hubungan BODOHnya Salomo dengan Amsal 1:7 seharusnya adalah ADAKAH Salomo MENGHINA hikmat dan didikan? Apakah ketika Salomo MENCONDONGKAN hatinya itu termasuk MENGHINA hikmat dan didikan? Jika ingin mengambil kesimpulan, seharusnya deta memaparkan HUBUNGAN antara mencondongkan hati dan menghina hikmat didikan.
Deta, memang dalam Alkitab tidak ada ayat eksplisit tentang apakah boleh menjual narkoba, SILAKAN jual dan periksa prinsip kebenaran. Hal itu berbeda ketika anda mengatakan Salomo menjadi bodoh karena wanita, kalau itu TERNYATA salah, anda memfitnah Salomo. Menjual narkoba tentu saja TETAP SALAH secara prinsip karena melanggar prinsip kebenaran Alkitab. Apakah deta TETAP BENAR dalam mengambil kesimpulan ini? Kalau mau diskusi, kemukakan ayat-ayatnya. Tidak usah menghubungkan antara PRINSIP kebenaran dengan PRINSIP tafsiran deta. Apakah deta bermaksud mengatakan menjual narkoba DENGAN kesimpulan anda itu sama benarnya atau sama salahnya?
Nah, pilihlah, apakah anda mau dituduh memfitnah Salomo atau mau belajar kebenaran?
Sola Christos...
@ Vantillian, Salomo memfitnah Salomo
Salam,
Vantillian silakan memfitnah saya bahwa saya telah memfitnah Salomo, tetapi itulah kata Alkitab.
Salomo telah berkata:
Amsal 1:7 Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan.
Tetapi waktu Salomo sudah tua, dia melakukan ini:
1 Raja-raja
11:1 Adapun raja Salomo mencintai banyak perempuan asing. Di samping anak Firaun ia mencintai perempuan-perempuan Moab, Amon, Edom, Sidon dan Het,
11:2 padahal tentang bangsa-bangsa itu TUHAN telah berfirman kepada orang Israel: "Janganlah kamu bergaul dengan mereka dan mereka pun janganlah bergaul dengan kamu, sebab sesungguhnya mereka akan mencondongkan hatimu kepada allah-allah mereka." Hati Salomo telah terpaut kepada mereka dengan cinta.
11:4 Sebab pada waktu Salomo sudah tua, isteri-isterinya itu mencondongkan hatinya kepada allah-allah lain, sehingga ia tidak dengan sepenuh hati berpaut kepada TUHAN, Allahnya, seperti Daud, ayahnya.
11:5 Demikianlah Salomo mengikuti Asytoret, dewi orang Sidon, dan mengikuti Milkom, dewa kejijikan sembahan orang Amon,
11:6 dan Salomo melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, dan ia tidak dengan sepenuh hati mengikuti TUHAN, seperti Daud, ayahnya.
11:9 Sebab itu TUHAN menunjukkan murka-Nya kepada Salomo, sebab hatinya telah menyimpang dari pada TUHAN, Allah Israel, yang telah dua kali menampakkan diri kepadanya,
11:10 dan yang telah memerintahkan kepadanya dalam hal ini supaya jangan mengikuti allah-allah lain, akan tetapi ia tidak berpegang pada yang diperintahkan TUHAN.
11:11 Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Salomo: "Oleh karena begitu kelakuanmu, yakni engkau tidak berpegang pada perjanjian dan segala ketetapan-Ku yang telah Kuperintahkan kepadamu, maka sesungguhnya Aku akan mengoyakkan kerajaan itu dari padamu dan akan memberikannya kepada hambamu.
Bila anda berkata bahwa KELAKUAN Salomo itu adalah orang yang TAKUT akan TUHAN dan berhikmat, silakan saja !
Debu tanah kembali menjadi debu tanah...
@Deta, apa hubungan mencondongkan hati dan menghina?
Deta, saya tidak berkata bahwa kelakuan Salomo pada masa tuanya adalah kelakuan orang yang TAKUT akan Tuhan dan berhikmat. Anda menghubungkan ayat Amsal 1:7 dengan kehidupan Salomo, nah pertanyaan saya sederhana saja :
Apa Hubungan antara Menghina hikmat dan didikan Tuhan dengan mencondongkan hatinya dari Tuhan? Apakah Salomo TERMASUK orang bodoh dalam Amsal 1:7?
Lalu apakah Amsal 1:7 ditulis SESUDAH Salomo tua atau SEBELUM Salomo tua?
Anda menyatakan APA yang Alkitab TIDAK nyatakan dan mengganggap itu yang ditulis Alkitab? Hoho...Jangan mengklaim sesuatu tafsiran anda ADALAH apa yang ditulis dalam Alkitab sebelum anda bisa menunjukkan buktinya...
Sola Christos...
@ Vantillian, mengenai Salomo
Vantilian menulis:
Anda menghubungkan ayat Amsal 1:7 dengan kehidupan Salomo, nah pertanyaan saya sederhana saja : Apa Hubungan antara Menghina hikmat dan didikan Tuhan dengan mencondongkan hatinya dari Tuhan? Apakah Salomo TERMASUK orang bodoh dalam Amsal 1:7?
Deta:
Aneh anda bertanya begitu. Sesudah sebelumnya berkata: “Deta, saya tidak berkata bahwa kelakuan Salomo pada masa tuanya adalah kelakuan orang yang TAKUT akan Tuhan dan berhikmat.
Aneh sekali, saya jadi tidak merasa perlu menjawab pertanyaan anda karena saya mencium gaya pertanyaan “orang farisi”. Hm hmhmmm... Sudah gaharu cendana pula, sudah tahu bertanya pula?
Vantilian menulis lagi:
Lalu apakah Amsal 1:7 ditulis SESUDAH Salomo tua atau SEBELUM Salomo tua?
Anda menyatakan APA yang Alkitab TIDAK nyatakan dan mengganggap itu yang ditulis Alkitab? Hoho...Jangan mengklaim sesuatu tafsiran anda ADALAH apa yang ditulis dalam Alkitab sebelum anda bisa menunjukkan buktinya...
Deta:
1 Raja-raja
4:29 Dan Allah memberikan kepada Salomo hikmat dan pengertian yang amat besar, serta akal yang luas seperti dataran pasir di tepi laut,
4:30 sehingga hikmat Salomo melebihi hikmat segala bani Timur dan melebihi segala hikmat orang Mesir.
4:31 Ia lebih bijaksana dari pada semua orang, dari pada Etan, orang Ezrahi itu, dan dari pada Heman, Kalkol dan Darda, anak-anak Mahol; sebab itu ia mendapat nama di antara segala bangsa sekelilingnya.
4:32 Ia menggubah tiga ribu amsal, dan nyanyiannya ada seribu lima.
4:33 Ia bersajak tentang pohon-pohonan, dari pohon aras yang di gunung Libanon sampai kepada hisop yang tumbuh pada dinding batu; ia berbicara juga tentang hewan dan tentang burung-burung dan tentang binatang melata dan tentang ikan-ikan.
4:34 Maka datanglah orang dari segala bangsa mendengarkan hikmat Salomo, dan ia menerima upeti dari semua raja-raja di bumi, yang telah mendengar tentang hikmatnya itu.
Saya memang bukan sarjana Theologia, saya menyimpulkan Salomo menulis kitab Amsal di awal dia memerintah sebagai raja (sebelum dia tua) berdasarkan ayat2 di atas. Memang sih tidak EKSPLIT disebutkan “SALOMO menulis Amsal 1:7 sesudah Salomo tua”, saya memang menyimpulkan demikian. Apa menurut anda kesimpulan saya salah? Anda bisa buktikan bahwa saya salah? Saya sangat berterima kasih bila anda mengoreksi saya lho !
Debu tanah kembali menjadi debu tanah...
Debu Tanah, Percayai Yang Tercatat
Debu tanah, bila tidak ada y ang menyatakan bahwa Salomo Bodoh, maka percayalah dengan yang tertulis. Sebelum dia tidak ada orang seperti dia, setelah dia, tidak akan ada lagi orang seperti dia. Salomo adalah manusia paling BERHIKMAT sepanjang masa.
Apabila hai hai yang bodoh paham bahwa BERHALA itu tidak bernyawa, tidak memiliki roh apalagi kuasa, MUSTAHIL Salomo yang bijaksana tidak paham. Apabila Salomo paham, kenapa dia MENGIKUTI ibadah wanita-wanitanya?
Menurut saya, dia melakukannya karena menganggap itu hanya lelucon bodoh.
Debu Tanah, bila Allah mengizinkan suatu saat nanti saya akan menulis tentang para penulis Alkitab Perjanjian Lama atau para nabi. Pertanyaannya adalah: Adakah NABI yang GAGAL atau MURTAD? Nah, bila anda menganggap pertanyaan tersebut cukup menantang, silahkan ikut ambil bagian.
Nabi = Penulis Alkitab Perjanjian Lama = Dipilih dan diurapi LANGSUNG oleh Allah. ADakah yang MURTAD? Bila Nabi murtad, bagaimana dengan kitab tulisannya?
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
@ Hai, jangan membela dengan membabi buta
Salam,
Hai menulis:
Menurut saya, dia melakukannya karena menganggap itu hanya lelucon bodoh.
Deta:
Anda menyuruh saya mempercayai yang tercatat? Ayat mana dalam Alkitab yang berkata demikian? Dicatat dimana?
Silakan membela Salomo yang melakukan yang jahat dimata Allah, yang dimurkai oleh Allah, dengan segala TEORI anda, saya tidak ikut anda ah! Silakan menafsirkan sesuka hati anda !
Debu tanah kembali menjadi debu tanah...
@hai2 : Ada nabi yang murtad
NABI PALSU...
hahahaha....
Jesus Freaks,
"Live X4J, Die As A Martyr"
-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-
Jesus Freaks,
"Live X4J, Die As A Martyr"
-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-
JF Oncom ...
JF, Oncom ...
KEtika baca judul komen elu gua pikir tulisan lu bakal dasyat, gak tahunya, mang khas elu. Jadi ngakak abis abisan.
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
@hai2 : PAYAHHH
YA AMPUNNN SEKIAN LAMA KITA BERSUA, MASA LO MASIH BELUM KENAL GW ?
kalau kata Yesus ; Siapakah aku menurut kamu ?
hahaha...
Jesus Freaks,
"Live X4J, Die As A Martyr"
-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-
Jesus Freaks,
"Live X4J, Die As A Martyr"
-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-
Membela Salomo? Who Am I?
Membela Salomo? Woh Am I? Apabila Salomo memang ancur, ya ancur. Apabila Salomo berdosa, ya berdosa dia. Mau belain Salomo? Dengan menentang ajaran Alkitab? Apa gunanya? Wong Alkitab nggak terlawan.
Siapakah penulis kitab Pengkotbah? dia menyebut dirinya Anak Daud, raja di Yerusalem. Hingga saat ini ada yang menganggap kitab itu ditulis oleh Salomo namun ada yang mengatakan kitab itu adalah sindiran bagi Salomo. Secara pribadi saya percaya bahwa kitab itu ditulis oleh Salomo di masa tuanya.
Coba anda baca Pengkotbah pasal satu dengan teliti. Menurut PENILAIAN saya hanya ada satu orang manusia di kolong langit ini yang MAMPU menulis kitab Pengkotbah dan orang itu adalah Salomo.
Aku membulatkan hatiku untuk memeriksa dan menyelidiki dengan hikmat segala yang terjadi di bawah langit. Itu pekerjaan yang menyusahkan yang diberikan Allah kepada anak-anak manusia untuk melelahkan diri. Pengkotbah 1:13
Aku telah melihat segala perbuatan yang dilakukan orang di bawah matahari, tetapi lihatlah, segala sesuatu adalah kesia-siaan dan usaha menjaring angin.Pengkotbah 1:14
Aku berkata dalam hati: "Lihatlah, aku telah memperbesar dan menambah hikmat lebih dari pada semua orang yang memerintah atas Yerusalem sebelum aku, dan hatiku telah memperoleh banyak hikmat dan pengetahuan." Pengkotbah 1:16
Aku telah membulatkan hatiku untuk memahami hikmat dan pengetahuan, kebodohan dan kebebalan. Tetapi aku menyadari bahwa hal ini pun adalah usaha menjaring angin, Pengkotbah 1:17
Menurut saya, hanya ada satu orang yang mampu melakukannya.
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
@Debu tanah, watchman nee?
Salam sejahtera,
Saudara Debu tanah, kayak nya dagangan anda ini laris ya...he...he...he... tapi saya tidak mau mengomentari lebih lanjut, seperti yang telah saya nyatakan pada komentar saya yang kedua.
Saudara Debu tanah, terima kasih atas referensi bukunya, namun saya tidak "sreg" dengan penulisnya; Watchman Nee. Dia seorang pendeta yang hebat. Cabang-2 gerejanya di China mencapai ribuan. Ketidak "sreg" an saya terhadap beliau, terletak pada ajaran beliau mengenai Trikotomi dan terhadap murid beliau yang bernama Witnes Lee yang mengatakan bahwa Tuhan Yesus dicipta oleh Allah. Saya jadi takut, kalo saya baca buku-2 watchman nee nanti jadi seperti muridnya; menyimpang dari ajaran Alkitab. "sebab dari buahnya pohon dikenal"...he..he...he
Mungkin, lain kali, saya akan membaca lagi buku-2 karya Watchman Nee, namun saat ini, saya mau fokus terhadap Alkitab saja. Terima kasih bayak ya saudara Debu tanah. Tuhan Yesus memberkati.
@ M23, buku yang mana ya?
Salam M23,
Buku Witness Lee mana ya yang berkata Tuhan Yesus dicipta oleh Allah? Kebetulan saya juga mengoleksi beberapa buku Witness Lee.
Mengenai Trikotomi vs Dikotomi saya sendiri setuju dengan pandangan Trikotomi sebelum saya membaca buku2 Watchman Nee. Mungkin bila ada waktu saya dan anda bisa menulis tentang topik ini.
Jangan takut membaca buku Watchman Nee, sejauh ini ajaran Watchman Nee baik-baik saja menurut saya. Walau mamang ada yang masih menjadi bahan renungan.
Debu tanah kembali menjadi debu tanah...
DR.Stephan Tong dan Witness Lee
AJARAN WITNESS LEE:
-:…………Sebelum waktu dimulai, sebelum segala sesuatu tercipta, Dia dalam kekekalan yg lampau adalah Allah. Dia adalah Allah Sang kekal. (hal 107 bab38 mengenai persona kristus dalam kekekalan dari BUKU Pokok-pokok penting dalam alkitab vol 7 penerbit YASPERIN):
-……Kalau tidak ada Dia,tidak ada Allah;meninggalkan Dia,tidak bisa mendapatkan Allah…………..Dalam kekekalan, dalam permulaan yang tanpa awal, Dia adalah Firman Allah, pernyataan Allah, Dia adalah Allah sendiri. (hal 108 bab38 dari BUKU Pokok-pokok penting dalam alkitab vol 7 penerbit YASPERIN):
-Kutipan dari karangan witness lee (Pokok-pokok penting dalam alkitab vol 7 bab 34 hal19-21 penerbit YASPERIN):
1. Ketiganya adalah Allah:Bapa adalah Allah(1pet1:2;ef1:17);Putra adalah Allah(yoh 1:1;rm 9:5;Ibr 1:8):Roh Kudus adalah Allah(Kis 5:3-4)dan
2. Ketiganya Kekal:Bapa itu kekal(yes 9;5);Putra itu Kekal(Ibr 1:12);Roh itu kekal (Ibr 9:14).
Witness Lee, Di Mata Stephen Tong
Mungkin M23 mendapat informasi tentang Warchman Nee dan Witness Lee dari sini dan di sini?
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
Saksi tertulis
Hai-hai itu kesaksian dari Stephen Tong bahwa Witnes Lee Nee mengajarkan demikian. Tapi apa ada saksi tertulis dalam bentuk buku yang didalamnya Witness Lee mengajarkan hal itu. Bukan berarti saya tidak percaya omongan Stephen Tong akan tetapi Firman mengajarkan :
2 Korintus 13:1
(1) Ini adalah untuk ketiga kalinya aku datang kepada kamu: Baru dengan keterangan dua atau tiga orang saksi suatu perkara sah.
Kalau kita anggap Stephen Tong sebagai saksi pertama apa ada saksi ke dua? Bukankah kita harus menghakimi dengan adil?
Buku Tersebut Ada
Samuel Franklyn, bukankah Pdt. Stephen Tong menyatakan kesimpulannya setelah membaca buku yang dibawa oleh Mochar Riadi? Silahkan baca buku-buku tulisan Witness Lee, menurut saya anda akan menemukannya. Mungkin ada di sini?
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
Buku tersebut apa judulnya ya?
Buku tersebut apa judulnya ya? Banyak buku Witness Lee yang tidak diterjemahkan di Indonesia. Kalau saya musti mencari bisa tidak ketemu soalnya Witness Lee menulis beratus-ratus judul buku. Saya baru baca sekitar belasan buku. Dan dalam belasan buku yang saya baca tersebut tidak ada ajaran bahwa Yesus adalah ciptaan seperti yang dikatakan oleh Stephen Tong. Selama saya belum ada saksi kedua maka saya anggap apa yang dikatakan Stephen Tong belum sah. Ini sikap yang sesuai Firman kan?
@SF : Kau anggap apa M23
jadi M23 gak lo anggap tuh, sebagai saksi ke2, masakan harus butuh "sekaliber" Mr. TONG
mungkin lebih tepatnya, kamu cari bukunya yang mnyatakan hal tersebut.
Jesus Freaks,
"Live X4J, Die As A Martyr"
-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-
Jesus Freaks,
"Live X4J, Die As A Martyr"
-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-
Bukunya terlalu banyak
Saya anggap M23 bukan saksi kedua kalau dia tahu Witness Lee sesat dari Stephen Tong. Dia cuma dengar kata orang. Paham? Kalau M23 baca buku Witness Lee dan tahu bahwa Witness Lee mengajarkan ajaran sesat maka saya tanya apa judul bukunya?
Musti diingat prinsip bahwa yang mengajukan tuduhan lah yang harus memberikan bukti. Kalau M23 dan Stephen Tong menuduh Witness Lee sesat dan ada orang yang tidak percaya bahwa Witness Lee sesat maka tanggung jawab mereka untuk mengajukan bukti. Bukan tanggung jawab saya. Paham? Kalau nggak paham coba deh belajar hukum sedikit. Yang memulai perkara lah yang harus mengajukan bukti awal. Lalu sesudah ada bukti awal sebagai dasar tuduhan maka giliran yang dituduh untuk mengajukan bukti sebagai pembelaan diri. Gitu. Paham nggak?
Lagipula lu lihat nggak jumlah buku yang ditulis Witness Lee dalam link yang dikasih Hai-hai: 400-an buku. Yang benar saja masak gua musti baca 400-an buku. Mikir dong.
@SF, witness lee sesat?
Salam kenal saudara SF,
Sorry, nama anda saya singkat karena agak panjang. Saudara SF, saya tidak pernah menyatakan Witness Lee sesat. Saya menyatakan, meragukan ajaran beliau.
@SF
.... Stephen Tong menuduh Witness Lee sesat bla bla bla.......
Wah... anda keterlaluan dan ceroboh mas....
>>>=GOD=LOVE=YOU=>>
If Not Us, Who?
If Not Now, When?
* yuk, jangan asal ngeblog *
____________________________
* yuk, jangan asal comment *
Keterlaluannya dimana?
Keterlaluannya dimana? Saya melihat sendiri video Stephen Tong di YouTube yang memaparkan ajaran Witness Lee yang dianggap Stephen Tong sesat. Padahal saya pernah baca buku-buku Witness Lee dan dalam buku-bukunya Witness Lee tidak ada ajaran yang dimaksud oleh Stephen Tong tersebut. Lalu saya bertanya buku mana yang mengandung ajaran yang dibilang sesat tersebut. Nah yang ceroboh itu siapa Ken? Saya juga bukan orang yang sangat teliti tapi apa tindakan saya ini ceroboh? Tolong kasih tahu saya ceroboh nya dimana? Kalau misalkan Stephen Tong bilang ajaran Witness Lee sesat. Terus saya minta bukti tertulis atau bukti rekaman video atau bukti rekaman audio bahwa Witness Lee mengajarkan ajaran sesat tersebut apakah saya ini keterlaluan dan ceroboh? Ataukah saya bertindak hati-hati dan meminta bukti dan saksi sebelum mempercayai sesuatu?
@SF dan gliter
Saya sudah denger link yg dikasih pak hai, tidak ada kata sesat yg diucapkan pak Tong yg ditujukan kepada kedua sesepuh dari Tiongkok itu?!
>>>=GOD=LOVE=YOU=>>
If Not Us, Who?
If Not Now, When?
* yuk, jangan asal ngeblog *
____________________________
* yuk, jangan asal comment *
Ya bagus lah KEN kalau gitu
-pak Tong bilang akan datang kita satu kampung(tentunya jika kita semua benar2 sudah lahir baru),jadi ada baiknya kita bicara untuk saling bersekutu dan jika merasa ada yg salah, kita saling memberi informasi dalam kasih dan menggunakan prinsip mat 18:15-20
Mat 18:15
"Apabila saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia di bawah empat mata. Jika ia mendengarkan nasihatmu engkau telah mendapatnya kembali.Mat 18:16
Jika ia tidak mendengarkan engkau, bawalah seorang atau dua orang lagi, supaya atas keterangan dua atau tiga orang saksi, perkara itu tidak disangsikan.Mat 18:17
Jika ia tidak mau mendengarkan mereka, sampaikanlah soalnya kepada jemaat. Dan jika ia tidak mau juga mendengarkan jemaat, pandanglah dia sebagai seorang yang tidak mengenal Allah atau seorang pemungut cukai.Mat 18:18
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya apa yang kamu ikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kamu lepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.Mat 18:19
Dan lagi Aku berkata kepadamu: Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apapun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di sorga.Mat 18:20
Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam Nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka."Menuduh orang sesat nggak perlu pakai kata sesat
Menuduh orang sesat nggak perlu pakai kata sesat. Kalau nggak percaya tanya sama hai-hai. He he he.
@SF, saya jadi bingung???
Saya terus berpikir berputar-putar dan berputar-putar dan berputar-putar....
Coba saya ibaratkan kata sesat=sakit
Saya sakit, saya ke dokter, diperiksa dan dokter bilang ke saya anda sakit ini dan bla bla bla
saya sesat, saya ke Yesus/Alkitab, periksa, dan firman Tuhan bilang ke saya anda sesat dan bla bla bla
Firman Tuhan itu adalah dokter...
sedangkan yg memeriksa itu hanya membantu apa yg harus diperiksa, sebelum periksaannya selesai, kata sesat atau sakit tidak mungkin dia utarakan.
>>>=GOD=LOVE=YOU=>>
If Not Us, Who? If Not Now, When? * yuk, jangan asal ngeblog * ____________________________ * yuk, jangan asal comment * http://www
Sakit=Kurang Sehat, Witness Lee=Saksi Yehova
Coba di dengar lagi baik-baik rekaman tanya jawab pak Stephen Tong. Bukankah dia bilang ajaran Witness Lee seperti ajaran Saksi Yehova. Bwa ha ha ha. Ayolah Ken. Untuk mengatakan seseorang itu sakit kan kita bisa bilang dia kurang sehat. Untuk mengatakan seseorang itu gila kita bilang dia kurang waras. Masak begini saja bingung.
APA MAKSUD ANDA SAMUEL?
SAMUEL KAMU TAHU WL PERCAYA ALLAH TRITUNGGAL KENAPA KAMU TULIS WITNESS LEE=SAKSI YEHOVA?
@glitter: Saya menjelaskan kepada Ken
Saya menjelaskan kepada Ken. Ken bilang Stephen Tong dalam rekaman di YouTube tidak berkata bahwa Witness Lee sesat. Saya berkata bahwa walaupun Stephen Tong tidak bilang kata sesat tapi dia menyamakan ajaran Witness Lee dengan ajaran Saksi Yehova. Ini sama saja dengan Stephen Tong berkata bahwa Witness Lee sesat. Wah payah nih. Kemampuan berkomunikasi baik Ken maupun glitter payah sekali. Makanya dalam hal apapun jangan emosi dulu. Berpikir dulu baik-baik orang lain itu berkata apa dalam konteks apa kepada siapa pada saat yang bagaimana? Makna sebuah kalimat ditentukan oleh konteks bukan cuma kata-kata didalamnya. Bwa ha ha ha.
Thank untuk masehatnya
-Thank you ,akan datang saya akan baca dulu baik2.
-Aku memang marah sekali jika sesama saudara ki ta suka ngomong sesat,bidat,heresy dan cult aku rasa T Yesus juga melarang kita di mat 5 :22.biarpun itu ke WN,WL ke pak Tong dll.
@SF
Oke, ini andai kata yah @SF, sekali lagi baca baik2 ini andai kata.
Andai kata pak Tong mengatakan sesepuh dari Tiongkok itu sesat, mungkin melalui siratan yg anda maksudkan, and then so what?
Ingat, saya ulangi sekali lagi, ini cuma andai kata.
>>>=GOD=LOVE=YOU=>>
If Not Us, Who?
If Not Now, When?
* yuk, jangan asal ngeblog *
____________________________
* yuk, jangan asal comment *
Saya tidak pernah baca
Masalahnya adalah saya sudah baca belasan buku Witness Lee dan dalam semua buku itu Witness Lee tidak pernah mengajarkan modalisme Tuhan seperti Saksi Yehova. Jadi waktu saya dengar Stephen Tong ngomong Witness Lee itu mengajarkan modalisme seperti Saksi Yehova ya saya bingung. Kok saya nggak pernah baca ya? Berarti pengetahuan saya masih cetek. Ya sudah saya akui pengetahuan saya yang cetek ini dan bertanya di buku mana Witness Lee mengajarkan modalisme seperti yang dikatakan pak Tong? Coba berikan pendapat kamu: Apakah saya keterlaluan dan ceroboh seperti omongan kamu dengan bertanya Witness Lee mengajarkan modalisme di buku yang mana? Saya mau baca buku tersebut untuk lihat sendiri bahwa Witness Lee mengajarkan modalisme. Soalnya dari semua buku dan artikel yang saya baca Witness Lee mengajarkan Tritunggal dan bukan modalisme. Apa saya ini keterlaluan dan ceroboh, Ken? Atau saya berhati-hati dan tidak percaya omongan orang sebelum ada bukti dan saksi? Ayo tolong di jawab yang jujur.
sf dan ken
lam kenal brothers mencermati pak stephen tong memang beliau agak keras dan sekali2 terlalu keras tp ada juga yg bisa nerima sekali2nya tp ada yg tidak, menurut saya jika orang mengatakan wn atau wl mengajarkan kesesatan hrs ada buktinya klo tidak ada bukti buku atau kotbah wn dan wl itu namaya fitnah yg perlu diluruskan, krn klo stephen tong nanti mati juga anak cucunya dan pengikutnya tak rela dibilang sesat, dan ss ini adalah ajang yg baik utk membuktikan kesesatan nee, saya tertarik jika wn mengajarakan bhw Kristus sbg natur Allah tidak diciptakan krn harinya tak berawal dan bla... bla... tp sbg manusia dlm daging ia dicipta tp Kristus sbg Allah jg yg mencipta nah jd Kristus tidak dicipta dan dicipta, menarik tp pertanyaannya apakah para rasul tahu hal ini dan mereka jg mengajarkannya?
The only fear is only fear itself
The only fear is only fear itself
samuel franklin ngak asal ngomong ken
-memang terus terang stephan tong ngak ada bukti,kamu pergi aja ke GRII kemayoran tanya and minta buktinya ke Pak Tong langsung .pasti 100% ngak ada.atau kamu temuin aja pdt Rudy,Ivan,diana ruth.
-kamu yg baru di gituin aja udah ngak terima yg lebih kasian samuel tuh ngak sesat di fitnah sesat
Mat 7:12
"Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.Jah, glitter
Memang saya jarang2 ke GRII pusat Kemayoran.
Kenapa meminta saya yg pergi ke GRII Pusat Kemayoran? Kenapa tidak anda saja yg pergi dan langsung berhadapan dengan beliau dan minta kepadanya, bukti yg anda inginkan?
>>>=GOD=LOVE=YOU=>>
If Not Us, Who?
If Not Now, When?
* yuk, jangan asal ngeblog *
____________________________
* yuk, jangan asal comment *
@giltter
Di mana komentar atau kata2 atau kalimat saya yg mengatakan @SF itu sesat?!
saudara glitter, saya yg cecunguk Reformed, saya sudah tidak heran dengan serangan2 beruntun yg membabi buta terhadap gerakan Reformed Injili, saya tidak membela pak Tong ataupun GRII, tapi saya suka terhadap kebenaran ajarannya, dan pak Tong pun sering berkata kepada kami anak didiknya dan jemaatnya, bahwa dia tidak punya banyak waktu dan tidak berkewajiban untuk membela diri dari serangan2 dan tuduhan2 yg membabi buta, dan itu suatu teladan buat kami untuk dijadikan contoh dan otomatis kami terutama saya akan melakukan hal yg sama pula.
>>>=GOD=LOVE=YOU=>>
If Not Us, Who?
If Not Now, When?
* yuk, jangan asal ngeblog *
____________________________
* yuk, jangan asal comment *
Ken ,jangan di balik faktanya.
-Kalau kamu bisa dapat buktinya langsung bagus jangan lupa kirim ke saya.
-Dalam hal ini pak Tong yg serang WL bukan sebaliknya bahkan orang pihak WL yg diam (terima salib dr pak Tong) .dan itu terus dilakukan pak tong, jadi kalau mau ngomong yang sesungguhnya pak tong lempar batu sembunyi tangan ,waktu saya minta buktinya dia diam .....bahkan saya tanya dengan Orang nya WL ketua traning center di sentul ....Apa anda ngak marah sama pak Tong....tau ngak dia jawab apa..."...Ngak sih, malah saya berdoa :Tuhan ampunilah dia sebab dia tidak tahu apa yg dia katakan."(sambil senyum)....waktu saya tanya kedua kalinya dia jawab lagi........"aku cuman merasa bahwa stephan tong ngak fair bicara seperti itu....(......hee......lihat tuh muridnya wacthman nee yg sejati......).....saya sampai ngak abis pikir.
-
@glitter
Dengan tegas saya akan katakan di hadapan pasar, saya tidak akan berdiskusi dengan orang yg sudah linglung dengan komentar2 saya, saya coba teliti dan teliti dengan seksama komentar anda, komentar anda adalah komentar orang yg bingung dan linglung, sudah ah, ini gak fair, saya gak mau lawan tanding saya lebih cemen dari saya.
>>>=GOD=LOVE=YOU=>>
If Not Us, Who?
If Not Now, When?
* yuk, jangan asal ngeblog *
____________________________
* yuk, jangan asal comment *
hai hai Jawaban 1
Referensi kamu itulah yang saya katakan S T pengfitnah nih aku Tulis ya ucapan S T tentang WL:
-ST mengatakan demikian: ......WL mengumumkan Yesus dicipta,Yesus bukan Allah ,Yesus adalah suatu ciptaan Allah yang tidak maha kuasa hanya besar kuasaNya saja. nahajaran itu sama dengan saksi yehova jadi dia adalah arius dalam jaman sekarang, dia mirip dengan saksa yehova dalam kristologi.....
-di atas adalah perkataan ST tentang WL padahal ajaran WL tidak demikian ajaran WL adalah:
KARENA AJARAN WL TERBUKTI TIDAK SAMA DENGAN TUDUHAN S T TERHADAP WL MAKA SAYA MENGATAKAN ST MENGFITNAH WL
UDAH JELAS BELUM HAI HAI ,JANGAN KARENA ANDA ANAK BUAH /PENGIKUT ST ANDA JADI TIDAK OBJEKTIF.
HAI HAI ANDA PASTI NGAK PERCAYA JIKA ST SAMPAI SALAH TAPI ITULAH FAKTANYA
JANGAN MENGKULTUSKAN ST SETARA TUHAN DAN ALKITAB YG TAK MUNGKIN SALAH
@ SF, Witness Lee = Arius Jaman Ini
Samuel Franklyn, selama ini kita tahu bahwa tuduhan terhadap Witness Lee adalah Modalisme. Namun Tuduhan Pdt. Dr Stephen Tong kepada Witness Lee adalah Saksi Yehova, Arianisme, ARIUS zaman ini.
Modalisme = SATU Tuhan = Allah BApa
Bapa = Bapa
Yesus = Bapa
Roh Kudus = Bapa
TIGA topeng satu AKTOR = BAPA.
Modalisme modern = Jesus Only
Yesus = Yesus
Bapa = Yesus
Roh Kudus = Yesus
Tiga topeng satu AKTOR = Yesus
ARIANISME
Yesus = Tuhan yang diciptakan oleh YHWH
Yesus berkuasa namun tidak Mahakuasa
Yesus = Tuhan yang berproses semakin sempurna
Roh Kudus = Energi = Kuasa
Samuel Franklyn, apabila Pdt. Dr. Stephen Tong menuduh Witness Lee Modalisme, itu hal biasa. Namun, dia menuduh Witness Lee Arius, itu hal LUAR biasa. Itu sebuah tuduhan yang SERIUS yang mustahil dituduhkan sembarangan!
Walaupun Stephen Tong tidak menyatakannya dengan gamblang, namun nampak bahwa Witness Lee memecat 8 orang pemimpin gereja Little Flock karena menentang ajarannya. Pertanyaannya adalah ajaran Witness Lee yang mana yang mereka tentang?
Witness Lee menulis 500 lebih buku dan buklet. Membaca belasan bukunya bukan jaminan memahami seluruh ajarannya. Menurut saya, mungkin lebih baik mempelajari perkembangan pemahamanan Theologianya. Bikin daftar bukunya beserta tahun ditulisnya. Pelajari perkembangan gerejanya dan lembaga yang didirikannya. Pelajari, kenapa ajarannya dikategorikan sebagai ajaran SESAT bahkan OCULT?
Selama ini para murid dan penggemar Watchman Nee dan Witness Lee selalu MENANAMKAN DOKTRIN bahwa keduanya bukan SARJANA theologia di samping itu keduanya TIDAK berpikir dengan cara berpikir ilmu Theologia barat.
Anda tahu? Secara tidak langsung mereka menyatakan bahwa Watchman Nee dan Witness Lee tidak mungkin salah. Bila ajaran mereka salah, TAFSIRKANLAH. Mungkin mereka menggunakan KATA yang kurang tepat karena bukan sarjana Theologia dan bukan orang bule. Jangan hakimi ajaran mereka dengan theologia barat karena mereka bukan sarjana Theologia dan tidak terpengaruh oleh ajaran Theologia barat. Ini lho yang sesungguhnya mereka ajarkan.
wow ... Bila ITU yang mereka ajarkan,kenapa INI mereka tulis? Ya maklumlah, mereka kan bukan sarjana Theologia dan tidak terpengaruh theologia barat? Theologia mereka ORIGINAL, langsung dari Tuhan.Bila mau sedikit bangga, Theologia mereka adalah Theologia Tionghua.
Samuel Franklyn, apakah anda menyadari betapa berbahayanya PEMIKIRAN demikian? BILA salah, TAFSIRKAN! Bila SALAH, MAKLUMI.
Saudara, anda mulai melakukan hal demikian. Saudara glitter juga melakukan hal demikian. Apabila setiap orang yang membaca BOLEH menafsirkan ajaran Watchman Nee dan Witness Lee seenak jidatnya, bukankah buku keduanya tidak lebih dari buku TAFSIR 1001 mimpi?
Tidak ada salahnya mengagumi seseorang. Tidak ada salahnya menghormati seseorang, namun jangan pernah menganggap seseorang PASTI benar apalagi MEMAKLUMI kesalahan mereka.
Trust No body so you can trust Every body!
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
hAI HAI JAWABANKE 2
Akar teologia Watchman Nee
Mungkin saya akan malas mempersoalkan lagi hal ini. Soalnya sekarang juga sudah jarang baca buku rohani apapun kecuali Firman Tuhan. Kalau musti mempelajari dan perkembangan teologia Witness Lee itu sepertinya proyek serius yang butuh waktu bertahun-tahun mengingat Witness Lee melayani Firman sekitar 60-an tahun. Tapi setahu saya akar teologia Watchman Nee adalah Plymouth Brethren. Saya memang belum pernah baca satupun buku dari aliran Plymouth Brethren. Tapi tokoh-tokoh mereka setahu saya cukup terkenal seperti James Darby dan George Muller dan saya belum pernah mendengar aliran Plymouth Brethren dituduh sebagai aliran sesat.
Ajaran Watchman Nee dan Witness Lee
Ajaran Watchman Nee, sebenarnya sangat KENTAL dipengaruhi oleh ajaran agama Tiongkok kuno dan agama Dao. Mungkin dia menyebutnya Filsafat Tiongkok kuno.
Ajaran Witness Lee juga sangat dipengaruhi oleh ajaran agama Tiongkok Kuno dan agama Dao serta agama Budha. Secara khusus, dia sangat mengagung-agungkan ajaran JALAN TENGAH.
Kebenaran yang tidak konsisten bukan kebenaran sejati.
Itulah penilaian saya pada ajaran-ajaran Watchman Nee dan Witness Lee hingga saat ini.
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
hai hai anda nga ngerti ajarannya WN and WL
-Anda sebenarnya masih jauh lah mengerti ajaran WN and WL?
-Kalau ngak percaya aku tanya ya apa inti ajaran WN?
-apa pula inti ajaran WL?
- pasti ngaco deh jawabnya.
-salah nulis nama WN ngak aneh saya jarang nulis dan ngetik aja 2 jari maklum sekolah aja ngak pernah nyetet
@Glitter, Bila Anda Mengerti
Saudara glitter, bila anda benar-beanr megnerti Watchan Nee dan Witness Lee, tulislah ajaran mereka dan unggah di komunitas ini.
Saya tidak menganggap diri saya paham ajaran mereka dengan baik, yang saya ungkapkan adalah penilaian saya atas ajaran mereka berdasarkan tulisan-tulisan mereka yang baru sedikit sekali yang saya baca.
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
itulah kelemahan saya.(hai hai)
1)saya seperti yg sudah anda ketahui pada saat anda mengatakan "...kalau ngak ada waktu sebaiknya jangan...."
2)Saya sifat aslinya sangak malas menulis dan mengetik........saya lebih suka kalau tukar pendapat adalah bicara langsung........saya kurang kemampuan berkomunikasi lewat tulisan(kamu bisa lihatkan kalau saya ngetik letak dari titik dan komanya aja berantakan dan kalau anda bukan penuh perhatian susah mengerti maksud saya)
3)banyangin aja lu aku pernah pdkt dgn ce th 1993 jak-sby aja ngak pernah tulis 1 suratpun selaku pakai telp.paling banter cuman kirim kartu ucapan tanpa surat.....he he.
4)selama sekolahpun nulis hanya utk tugas dan ujian ,ketikan selalu bayar orang.
5)ah...alangkah enaknya kalau komunikasi seperti ini bisa bicara langsung.
6)saya akan pertimbangkan pendapat anda buat saya untuk ada waktu or diam.
@ glitter, Bila Stephen Tong Benar ...
Saudara glitter, menurut saya, bila tuduhan Pdt. Dr. Stephen tong benar, maka itu berarti Witness Lee baru MENGUBAH ajarannya pada masa-masa akhir hidupnya. Apabila anda memang punya hubungan baik dengan murid-muridnya, ada baiknya anda melacak karya-karya terakhirnya, misalnya buku yang ditunjukkan oleh Mochtar Riadi kepada Stephen tong dan karya-karyanya tahun 90 an.
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
hai itu alasan ngak masuk logika.
-Hai aku kasih kamu 2 reverensi yang pertama ditulis sebelum th 65 dan yang ke 2 (hari ini) th 1991.
-hai semua kotbah WL itu langsung jadi buku ,ketawan dong kalau dia berobah.
-Hai jawaban S T itu seperti tuduhan Non kristen terhadap kanonisasi Alkitab.(kamu selidiki ya apa itu tuduhan non Kristen kalau aku yg jelasin malas deh).
-hai aku juga masih menghomati ST demi Injil ....dan ... ya udah lah.
-aku udah hub orangnya WL .kamu tanya aja ya langsung dari sumbernya ka dan dia juga bisa hub kamu dgn senior2. minggu depan.
Saya Suka Menulis
Saudara glitter, saya suka menulis karena setelah menulis kita punya kesempatan untuk memeriksa apa yang kita tulis dan mengeditnya agar yang ingin kita sampaikan itu dapat disampaikan sesistematis mungkin namun dengan kata sesedikit mungkin. Di samping itu, menulis memberi kesempatan kepada orang lain untuk memahami apa yang kita ajarkan perlahan-lahan dan mengulangi membacanya sampai dia mengerti. Menulis juga berarti mengabadikan tulisan kita.
Coba bayangkan, tulisan kita di komunitas ini dapat diakses dari seluruh penjuru dunia di mana ada internet dan dapat diakses kapan saja. Selama SABDASpace masih ada maka kondisi demikian akan terjaga.
Hal-hal yang saya tulis tersebut di atas tidak akan anda temukan ketika berbicara, kecuali anda merekamnya.
Apabila anda ingin aktif jual beli di Komunitas ini, anda harus menyukai menulis. Teknologi bisa dipelajari dengan mudah. Semua anggota komunitas yang lain akan senang membantu bila anda menghadapi kesulitan. Kecepatan mengetik juga akan bertambah seiring dengan seringnya mengetik.
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
hai satu lagi bukti ST fth WL
@glitter, Berapa Buku ...?
Saudara Glitter, berapa banyak buku Witness Lee yang telah anda baca sehingga anda yakin 100% dia tidak mengajarkan hal yang dituduhkan oleh Pdt. Stephen Tong??
Berapa banyak hal yang anda tahu tentang Witness Lee sehingga berani memastikan dia tidak mengajarkankan hal demikian? Kenapa hanya mengutip satu buku yang tata bahasa Indonesianya kacau balau?
Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, walau beberapa kali menulis tentang berlaku TULUS namun anda berlaku BULUS. Maaf, kawan, MENUDUH saya sembarangan tidak akan membuat anda BENAR. Anda boleh menuduh saya sampai kuda gigit jari,namun hal itu tidak akan mengubah kenyataan bahwa saya sama sekali TIDAK membela Pdt. Dr. Stephen Tong. Silahkan baca kembali komentar-komentar saya di atas. Saya hanya memberikan FAKTA-FAKTA agar anda tidak berlaku BULUS.
Anda bertanya apakah saya sudah membaca tulisan Witness Lee yang berjudul: "What a Heresy — Two Divine Fathers, Two Life-Giving Spirits, And Three Gods!"? Saya sudah baca tulisan tersebut beberapa kali itu sebabnya saya mereferensikan tulisan itu untuk dibaca oleh Samuel Franklyn. Saya juga sudah baca tulisan Witness Lee yang berjudul The Revelation of the Triune God dan The Four Major Steps of Christ beberapa kali. Saya bukan hanya sudah membacanya namun sedang menerjemahkannya karena terjemahan saya yang lalu hilang ketika harddisk saya rusak beberapa saat yang lalu.
Pertanyaannya adalah apakah anda sudah membacanya? Kapan anda membacanya? Apakah anda memahami apa yang tertulis di sana? apakah anda tahu bahwa tulisan tersebut tidak masuk dalam daftar buku tulisan Witness Lee? Apakah anda tahu bahwa di dalam tulisan tersebut Witness Lee SALAH memahami ajaran Modalisme?
Saya tidak TAHU apakah tuduhan dari Pdt. Dr. Stephen Tong bahwa Witness Lee mengajarkan bahwa Yesus adalah Allah yang dicipta itu benar atau salah. Itu sebabnya saya TIDAK pernah menyatakan Witness Lee SALAH seeprti tuduhan Stephen Tong itu.
Saya tahu anda penggemar Wacthman Nee namun anda pasti bukan penggemar Watchman Nee. Ha ha ha ha ha ... Sebab penggemar WATCHMAN NEE, MUSTAHIL menuliskan namanya WACHTMAN NEE. Saya BUKAN penggemar Watchman Nee namun saya tahu pasti bahwa WATCHMAN NEE bukan WACHTMAN NEE. Ha ha ha ha ... Di samping itu, kita sedang diskusi tentang tulisan Witness Lee, bukan WATCHMAN NEE. He he he he he ... Silahkan cari alasan kawan. Saya tidak akan menyangkal keberatan anda. Ho ho ho ho ho ho .... Saya sering berkata kepada handai taulan:
Biarkan pembual terus membual hingga menyangkal bualannya sendiri.
Kongzi mengajarkan:
Bila tahu katakan tahu, bila tidak tahu katakan tidak tahu, itulah tahu.
Saya bukan sarjana Theologia, namun itu bukan ALASAN untuk minta dispensasi. Sekali memutuskan untuk MENGAJAR, itu berarti saya harus mengajar dengan cara yang benar tentang hal yang benar.
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
hai hai
-Saya minta maaf ya Hai telah ngatain kamu bulus, sebenarnya kata2 itu bukan utk kamu tapi karena kamu bilang kura2 tidak tahu saya jadi silap,sekali lagi maaf ya.
-Aku baca buku nya WL lebih banyak dari kamu karena Aku pernah langganan buku WN and Wl dari Yasperin.tapi udah berhenti langganan 10 th.cuman kadang2 aja beli di toko2 buku kristen.
-Pada waktu S T seminar Allah Tritunggal di convension hall ,pada saat itu dia bilang WL mengajarkan di dalam tubuh Yesus ada dosa, maka selesai seminar sewaktu dia masih dimimbar aku samperin dan mengatakan kepada ST.....aku baca bukunya WL dia mengajarkan Tubuh Yesus dibumi hanya serupa dengan tubuh yang berdosa(rom 8:3)lalu WL mengatakan Yesus itu adalah seperti Ular tembaga yg ditinggikan di padang gurun jadi memiliki rupa ular tanpa bisa ular(Yoh 3:14) dan lagi Dia yang tidak mengenal dosa di buat jadi dosa karena kita (2kor 5:21)......lalu ST menjawab saya ,bahwa apa yang saya katakan itu benar tapi dia(WL) tidak seperti itu , saya menjawab lagi saya yg ngomong itu tahunya dari bukunya wl kok...lalu ST menjawab mengatakan dia itu informasinya dapet diktatnya dari jen Tjek sin,kalau gitu WL sudah merobah ajarannya.....lalu bangat orang lain sehingga komunikasi kami putus.
-peristiwa jen tjek sing itu saya tahunya diatas tahun 66-69.karena itu waktu saya jawab kali ini saya pakai buku WL yg di tulis dibawah tahun 65...kamu ngak ketemu karena buku itu terjemahan dari bahasa mandarinyg ngak ada di bahasa inggris.
-mengetahui doktrin nya WL sangat susah ngak bisa dari satu buku karena dia kotbah langsung 100% jadi buku tanpa edit.
-saya bisa mengerti maksud dari WL karena ada teman di tempat WL kalau saya ngak ngerti langsung telp dia.jagonya lagi di sana.
-Aku ngerti kenapa kamu bilang WL modalis .aku akan jelasin ke kamu coba pertimbangkan tapi sebelumnya aku minta kamu baca dulu buku terbitan MOMENTUM karangan JOHN M FRAME yg berjudul Suatu Analisis Terhadap Pandangan Cornelius Van Til bab ke 5.Dari situ saya akan jelasin kenapa WL mengatakan( Bapa adalah Putra dan Putra adalah Roh apa maksudnya? ,dan pada waktu dia mengatakan mengapa Allah menjadi Tritunggal.)
@glitter, Ini klewer ...
Saudara glitter, saling mengejek, saling memancing emosi adalah hal yang lumrah dalam kehidupan keluarga. Namun ketika melakukannya, kita tidak melakukannya untuk menyakiti namun untuk membangkitkan. Bukankah itu yang kita lakukan?
Musuh bertarung untuk saling mengalahkkan, teman bertarung untuk saling mengenal, saudara bertarung untuk membuktikan betapa kentalnya darah dan kekasih bertarung untuk memurnikan cinta.
Lu ngomong yang lu tahu, lu ngomong yang lu mau, gua ngomong yang gua tahu dan gua ngomong yang gua mau, kalau nggak sepakat, kita ngomong lagi.
Itulah motto diskusi di Komunitas Blogger Kristen SABDASpce. Secara pribadi, saya percaya, betapa pun salahnya ajaran seseorang, namun ketika mereka menulis di komunitas ini, mereka melakukannya dengan keyakinan bahwa itulah kebenaran Alkitab sejati. Itu sebabnya, walaupun dalam diskusi saya tanpa kompromi namun tidak pernah membenci. Allah hanya membukakan rahasia kerajaan-Nya kepada orang-orang PILIHANNYA. Kita hanya PENABUR, kita tidak tahu apakah tanah yang kita taburi itu adalah tanah pinggir jalan tau tanah berduri atau tanah bersemak duri atau tanah yang subur, namun tugas kitalah untuk TERUS menabur BENIH.
Tentang ajaran Watchman Nee dan Witness Lee, sesungguhnya saya perlahan-lahan terus mengumpulkan informasi,namun semuanya belum tuntas, itu sebabnya saya tidak berani menyatakan dengan tuntas apakah ajaran keduanya benar atau sesat.
Tentang tuduhan Pdt. Dr. Stephen Tong kepada Watchman Nee khusus masalah trikotomi, saya berpihak kepada Pdt. Dr. Stephen Tong setelah mempelajarinya. Namun tentang tuduhannya kepada Witness Lee, saya belum punya sumber pustaka yang cukup untuk memberi pendapat. Saya sudah mengusulkan kepada beberapa orang teman Theolog Reformed bahwa mereka bertangungjawab untuk melakukan klarifiksi atas hal itu. Namun, nampaknya mereka menganggap hal itu kurang penting dibandingkan dengan apa yang sedang dilakukan.
Watchman Nee dan Witness Lee adalah pengkotbah besar. Keduanya telah meninggal. Mustahil meminta keduanya untuk mempertanggungjawabkan apa yang telah mereka ajarkan apalagi MENGOREKSI ajaran-ajaran yang salah. Namun, ajaran keduanya mempengaruhi generasi ini dan akan tersus mempengaruhi generasi selanjutnya. Sebagai ungkapan rasa hormat kita kepada keduanya, yang dapat kita lakukan adalah menunjukkan kepada generasi ini ajaran-ajaran mereka yang SESUNGGUHNYA. Bila salah nyatakan salah, bila benar nyatakan benar. apabila ada ajaran yang salah dari ajaran mereka, kita hanya bisa menyatakannya sambil mengajarkan hal yang benar dan berharap diri sendiri tidak melakukan kesalahan yang sama dan generasi ini serta generasi selanjutnya tidak melakukan kesalahan yang sama.
Saya kenal Pdt. Dr. Stephen Tong dari kotbah-kotbahnya dan buku-bukunya. Saya menghormatinya dan mengaguminya serta menyebut diri muridnya.Namun rasa hormat dan kagum itu TIDAK pernah membuat Pdt. Dr. Stephen Tong menjadi manusia yang MUSTAHIL berbuat salah. Apabila hingga saat ini saya BELUM melihat kesalahannya yang FATAL, itu bukan berarti selanjutnya dia TIDAK bisa SALAH.Saya mewujudkan rasa hormat dan kagum saya kepada PDt. Dr. Stephen Tong dengan MENGUJI semua ajarannya dengan Alkitab sebagai standard kebenaran dengan harapan, bila dia melakukan kesalahan, segera dapat menyadarinya dan mengoreksinya.
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
OK saya paham.hai hai.
-OK saya paham sekarang.
@CALVIN : TULIP yang P
Dear calvin,
apakah maksudmu dengan TULIP yang P.
aku lihat ada yang penjelasannya, JIKALAU MURTAD, HANYA SEKALI.
Apakah itu berarti, orang predestinasi bisa murtad, tapi SEKALI.
Jesus Freaks,
"Live X4J, Die As A Martyr"
-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-
Jesus Freaks,
"Live X4J, Die As A Martyr"
-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-
@Debu tanah, buku Witness Lee
Salam Sejahtera,
Pada tahun 2006 yang lalu, saya pergi ke Manila, Philipina, untuk menghadiri wisuda adik saya, yang telah berhasil menjadi Dokter Specialist Anak. Saya tinggal disana selama 2 minggu. Disana saya membaca newsletter The
Economy yang memuat banyat tentang ajaran Witness Lee. Inilah pertama kali saya mendengar nama beliau dan Watchman Nee.
Saya tidak dapat mengingat secara specific artikel beliau, namun intinya saya rangkum sbb:
Tuhan Yesus datang ke dunia sebagai manusia di dalam daging. Jadi kita harus benar-2 melihatnya sebagai manusia dan meneladani pekerjaan-2 nya. (disinilah saya meragukan kepercayaan beliau). Beliau juga mengungkapkan bahwa setelah Tuhan Yesus mati di kayu salib, maka Tuhan Yesus bertransformasi menjadi Roh Kudus.
Maka dari itulah saya meragukan tulisan beliau, dan saya mengambil sikap untuk kembali ke Ajaran Alkitab yang murni. Apabila keraguan saya terhadap beliau mendatangkan ganjalan di hati saudara Debu tanah, kiranya dimaklumilah, dan apabila di kemudian hari keraguan saya ini salah, maka maafkanlah saya. GBU
@ M23, Ajaran Witness Lee
Saya hanya bisa menyimpulkan apa yang anda rangkum tsb adalah tafsiran anda.
Saya sudah membaca beberapa buku Tulisan Witness Lee, sejauh ini tidak ada ajarannya seperti yang anda rangkum tersebut.
Sdr. M23, saran saya jangan terlalu cepat menuduh orang sekaliber Witness Lee tanpa bukti yang cukup kuat, apalagi berdasarkan ingatan anda saja, tanpa artikel tertulis yang bisa membuktikannya.
Debu tanah kembali menjadi debu tanah...
The Four Major Steps of Christ
Karena anjuran hai-hai saya jadi baca tulisan Witness Lee: "The Four Major Steps of Christ".
Before His death the Lord was in a physical body; He could only be among His disciples, never in them. But after the resurrection when the Lord came back to His disciples, He could enter into them. How could that be? While He was in the body, He could not be in them; He would have to be transfigured. Therefore, by death and resurrection He was transfigured from the body into the Spirit. That night when the disciples were gathered together, the doors were closed; yet the Lord came in! And He breathed on them, saying, "Receive ye the Holy Spirit" (John 20:22). Thenceforth, the Lord never left them, for He was in them. First, the Lord was incarnated to be a man, limited by a human body. Then, by His death and resurrection, He was transfigured from the body into the Spirit. First, He was with us, but now He is in us! Now the Lord in the Spirit is always with us, living in us (John 14:16-17; Rom. 8:9-10). He is our resurrection life.
Ungkapan yang dipakai Witness Lee memang kurang tepat tapi bukan berarti salah total. Tuhan Yesus jelas berjanji dalam Firman akan menyertai kita sampai akhir zaman. Nah penyertaan ini jelas bukan penyertaan secara fisik akan tetapi penyertaan secara rohani yaitu lewat Roh Kudus. Itu sebenarnya yang ingin disampaikan oleh Witness Lee. Hanya saja Witness Lee memakai istilah transfigurasi yang kurang tepat. Yesus nggak berubah jadi Roh Kudus. Yang benar adalah Roh Kudus mewakili Yesus untuk menyertai kita sampai akhir zaman. Saya tidak melihat Witness Lee berusaha menyesatkan orang disini. Cuma memang istilah yang dia pakai tidak tepat sehingga bisa disalah artikan.
M 23 and samuel franklin:aku kasih jawaban sedikit.
-The Spirit yg dimaksud oleh WL bukan Hanya di tujukan pada Pribadi ke 3 (Roh Kudus)saja Tetapi keseluruhan Allah Tritunggal as That Spirit (2 kor 3:17 Now the Lord is That Spirit....)dalam seminar prof Peter Jones PHD.di GRII sebulan yang lalu dia menjelaskan dari yunani langsung bahwa the Lord is Christ dan That Spirit adalah Roh Kudus)jadi ???????.(karena WL and Reformed dan semua kita sepakat bahwa itu bukan berarti pribadi ke 2 = pribadi ke 3.)........maka bagaimana menjelaskannya??????Baca lah dulu tulisan Prof Richard b Gaffin mengenai hal itu and satu ayat lagi 1kor 15:45:.......;the last Adam became a life giving Spirit. ( the last adam adalah Christ......lalu apa artinya become life giving Spirit?)baca ya setelah jelas kita lanjutin and mustinya kita ketemu........kalau udah ketemu baru anda,hai2,Ken ,destrofin ,budi asali dan stephan tong tahu bahwa WL 100% ngak sesat ,dia bahkan mengungkankan hal2 yg sulit2 ,yg supra rasio kepada kita......(tapi jangan salah akarnya juga dari teolog reformed:Geerhardus Vos,Andrew Murrey dan Herman Ridderbos)
-M23 maklum sekali kalau anda salah mengerti witness lee karena hanya sedikit orang reformed yg bahas 1kor 15:45 dan 2kor 3:17.kamu baca deh Richard b gaffin orang wesminster yg bahas Topik ini cari di goegle witness lee and richard b gaffin.kalau mau di jelasin terlalu panjang sekali.
-Tapi aku kasih tahu ya maksudnya WL bukan pribadi ke dua menjadi pribadi ke 3 ataupun pribadi ke 2 =pridadi ke3.100% ngak seperi itu
-WL seratus persen percaya Ontological Trinity .
-Kutipan dari karangan witness lee (Pokok-pokok penting dalam alkitab vol 7 bab 34 hal19 penerbit YASPERIN):
-Akan datang aku jelasin setelah komplit informasi dr para sekerja DI WL aku jawabin kamu lengkap.
SF, Saya Sendiri tidak Tahu Judulnya
Samuel Franklyn, mohon maaf, saya sendiri tidak tahu apa judul bukunya. Sampai saat ini saya sendiri belum tertarik untuk membaca buku-bukunya. Dari daftar yang ada, mungkin The Four Major Steps of Christ? Atau judul lain dengan kata Christ?
M23, jangan ragu dengan tulisan anda. Pengakuan anda tentang ketidakmampuan menunjukkan bukti-bukti akan kesesatan Witness Lee sudah benar. Biarlah tulisan anda memicu handai taulan yang membacanya, terutama para penggemarnya untuk mencari tahu lebih banyak lagi tentang kedua pengkotbah tersebut.
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
Hai Mengada-ada..
Allah memang sudah menubuatkan hal tersebut. Tetapi Alkitab TIDAK BERKATA bahwa Ishak main Sinetron, anda terlalu mengada-ada. Tapi salut juga atas imajinasi anda dan anda sangat berbakat juga jadi sutradara sinetron !!
Tetapi penulis kitab Kejadian menulis kisah ini dengan apa adanya. Alkitab menceritakan bahwa Ishak memang terkejut, terserah bagaimana anda menafsirkannya. Alkitab jujur berkata iman Ishak tidaklah sehebat yang anda sangka. Ini bukan masalah pikun atau tak pikun, tetapi masalah iman
Begitu pula waktu Abraham dijanjikan (dinubuatkan) Allah akan punya keturunan melalui Sara apa yang dikatakan oleh Abraham (bapa orang beriman):
Kejadian 17:17 Lalu tertunduklah Abraham dan tertawa serta berkata dalam hatinya: "Mungkinkah bagi seorang yang berumur seratus tahun dilahirkan seorang anak dan mungkinkah Sara, yang telah berumur sembilan puluh tahun itu melahirkan seorang anak?"
Saya justru menyarankan anda untuk meninjau ulang cara anda memahami Alkitab, menurut saya ada ngawurnya. Maaf ya, saya terus terang pada Sdr. Hai!
Debu tanah kembali menjadi debu tanah...
Seru Nihhh : Witness Lee & Watchman Nee adalah SESAT ?!?!
ikut nimbrung deh...
ntar coba coba browsing
jadi saksi buat SF
Jesus Freaks,
"Live X4J, Die As A Martyr"
-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-
Jesus Freaks,
"Live X4J, Die As A Martyr"
-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-
Witness Lee dan Watchman Nee tidak sesat
Witness Lee dan Watchman Nee tidak sesat. Banyak orang menganggap mereka sesat karena memang mereka berdua tidak terlalu mementingkan penggunaan istilah yang tepat. Dalam hal ini mereka memang beda aliran dengan jalur teologi berorientasi pemikiran barat yang dianut oleh Pak Stephen Tong dan kawan-kawan. Mereka mengembangkan jalur teologi berorientasi pemikiran timur yang lebih mementingkan pengalaman. Ini jelas beda dengan teologia barat yang sifatnya objektif. Yang jelas mereka berdua mengakui Yesus Kristus sebagai Allah yang menjelma jadi manusia. Ini adalah salah satu tolok ukur utama untuk menilai suatu ajaran itu sesat atau tidak.
@ JF & SF
JF, Lo itu harus dengar saran SF, mikir dulu baru ngomong.. Masak nyuruh SF baca ratusan buku.... , wajar dia ngamuk... Hahaha canda aja ya..
Wah SF, anda sudah baca tulisan Witness Lee hingga belasan buku ya, saya baru beberapa buku saja. Saya lebih banyak membaca buku Watchman Nee sejauh ini. Tetapi tampaknya juga tidak sebanyak anda. Hehehe..
Terima kasih atas komentar2 nya.
Debu tanah kembali menjadi debu tanah...
@Pak Hai Hai, dll
Salam sejahtera,
Terimakasih banyak atas support pak hai hai. Saran dari saudara Debu tanah dan komentar saudara SF juga benar dan saya ucapkan terima kasih. Saya akan lebih berhati-2 dalam menanggapi tulisan-2 di SS ini; tidak langsung menuliskan apa yang ada di pikiran saya, tapi mencari bukti-2 dan mengujinya terlebih dahulu. Tuhan Yesus memberkati.
Samuel, Bagimana Dengan Buku Ini?
Two Divine Fathers, Two Life-Giving Spirits, And Three Gods. Bagaimana menurut anda tentang buku yang ditulis pada tahun 1977 ini? Satu Allah dalam tiga inkarnasi?
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
Silahkan baca dan menanggapi
Buku Witness Lee tersebut bisa dibaca online di:
http://www.contendingforthefaith.org/responses/booklets/heresy.html
Saya sudah baca keseluruhannya. Tidak ada pernyataan dari Witness Lee "Satu Allah dalam tiga inkarnasi". Judul buku tersebut adalah protes Witness Lee menentang ajaran yang salah mengenai Trinitas. Silahkan baca link diatas lalu berikan tanggapan bagian mana yang salah dari tulisan Witness Lee tersebut.
Hai hai kamu udah baca belum buku itu blm?
-judul buku itu adalah sindiran terhadap para pengeritik WL.
-judul buku itu ditujukan bahwa orang seperti (cont: Budi asali )yang mengeritik WL sesungguhnya percaya Two Divine Fathers, Two Life-Giving Spirits, And Three Gods)
-Isi buku itu menyatakan Bahwa WL hanya percaya One Divine Father, One Life-Giving Spirit, And One God)Otomatis satu Allah yang adalah Allah Tritunggal.
-Hai hai lihat diri kamu sendiri itulah yang umum terjadi pada semua orang ngak baca /hanya baca judul/ hanya baca garis besar/ hanya baca satu paragraf udah mau menilai orang (kalau anda tahu stephan tong lebih lagi,maaf ya menyinggung idola kamu,tapi ngak apa kok saya juga mengidolakan dia,emang pak tong hebat kok,kalau orang nyidir dia aku juga bela pak tong,tapi dalam hal ini dia salah sih).
-maklum saya mengidolakan Wacthman Nee lebih dari pak Tong sih.
Witnees Lee, Seorang Modalis
Menurut saya, dari kedua tulisan tersebut nampak gamblang bahwa Witness Lee percaya bahwa hanya ada satu Allah. Allah itu lalu menjelma menjadi Yesus Kristus dan Roh Kudus.
Satu Allah dengan tiga nama atau satu Allah dengan tiga inkarnasi atau tiga status. Ini sama dengan kepercayaan Jesus only. Di perjanjian Lama dia dikenal sebagai Allah Bapa, di Perjanjian Baru dikenal dengan nama Yesus Kristus, setelah Yesus naik ke Surga dikenal dengan nama Roh Kudus.
Saat ini saya tidak akan mendiskusikan masalah Tritunggal. Baiklah bila hendak mendiskusikannya, kita dapat melakukannya lain kali, setelah saya menyusun tulisan tulisannya secara sistematis.
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak
Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak