Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Aku Tidak Percaya MUJIZAT II

hai hai's picture

Allah BERKUASA untuk melakukan hal-hal yang menyimpang dari hukum alam. Allah berdaulat untuk melanggar hukum-hukum alam yang telah ditetapkan-Nya.

MUJIZAT adalah kejadian yang menyimpang dari hukum alam karena intervensi Allah.

Itulah yang umumnya dipahami oleh banyak orang Kristen dari generasi ke generasi. Pemahaman demikian bertentangan dengan ajaran Alkitab.

MUJIZAT terjadi dari hari pertama hingga hari ke enam. Setelah hari ke enam, tidak ada lagi mujizat. Bila anda percaya bahwa MUJIZAT masih terjadi setelah hari ke enam, apalagi anda mengklaim mengalami atau melakukan Mujizat setelah hari keenam, itu hanya membuktikan satu hal. Anda tidak memahami arti kata MUJIZAT itu sendiri.

Ketika Allah pada hari ketujuh telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuat-Nya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan yang telah dibuat-Nya itu. Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya, karena pada hari itulah Ia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu. Kejadian 2:2-3.

MUJIZAT adalah kejadian yang menyimpang dari hukum-hukum alam yang telah diketahui.

Miracle is a wonderful happening that is beyond the known laws of nature.

Handai taulan sekalian, saya menulis blog ini dengan tujuan agar tidak perlu melayani komentar-komentar di blog AKU TIDAK PERCAYA MUJIZAT yang jumlahnya menurut saya sudah terlalu banyak dan bertele-tele membahas hal-hal yang sama.

Kebanyakan pembaca blog AKU TIDAK PERCAYA MUJIZAT menyangka saya tidak percaya MUJIZAT. Mereka lalu menuduh saya rasionalis, orang yang menjadikan hikmatnya sebagai standard kebenaran. Orang-orang demikian lalu memberikan argumen bahwa mujizat masih terjadi hingga saat ini dan akan terus terjadi hingga kiamat. Orang-orang demikian, walaupun menyatakan setuju dengan definisi mujizat yang saya kutip namun sesunguhnya memiliki definisi mujizat yang bertentangan dengan ajaran Alkitab. Kurang lebih definisi mujizat mereka adalah demikian:

MUJIZAT adalah kejadian yang menyimpang dari hukum alam karena intervensi Allah.

Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, definisi demikian bertentangan dengan ajaran Alkitab yang tercatat di dalam Kejadian 2:2-3 yang saya kutip tersebut di atas. Allah memang berkuasa untuk melanggar hukum alam, namun MUSTAHIL Allah menggunakan kuasa-Nya untuk menentang KETETAPAN-NYA. Allah memang berdaulat untuk MENGUBAH atau MENCIPTAKAN hukum baru, namun MUSTAHIL Allah menggunakan kedaulatan-Nya untuk menentang KETETAPAN-NYA. Bukankah Allah dengan GAMBLANG menyatakan bahwa Dia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu? Berhenti artinya berhenti.

HUKUM ALAM. Apa yang dimaksud dengan hukum alam? Umumnya orang-orang yang menentang tulisan AKU TIDAK PERCAYA MUJIZAT memiliki pemahaman yang salah. Mereka percaya bahwa hukum alam adalah dalil-dalil atau definisi-definisi tentang alam yang dibuat oleh para ilmuwan. Dalil-dalil atau definisi-definisi tentang alam yang dibuat oleh para ilmuwan BUKAN hukum alam, itu adalah PEMAHAMAN manusia atas hukum alam. Hukum alam adalah KETETAPAN-KETETAPAN Allah akan alam semesta. Ketetapan-ketetapan itu sudah ditetapkan dalam 6 hari penciptaan dan sejak itu tidak ada lagi ketetapan-ketetapan baru, bukannya karena Allah tidak MAMPU atau tidak BERDAULAT, namun karena Allah sudah menetapkannya demikian.

Alkitab mencatat banyak sekali mujizat. Umumnya orang-orang Kristen memahaminya sebagai kejadian di mana Allah MELANGGAR hukum alam atau Allah MENCIPTAKAN hukum baru (creatio at nihilo), padahal bukan hal itu yang terjadi, sebab bila hal itu yang terjadi maka itu berarti Allah menyangkal ucapan-Nya sendiri dalam Kejadian 2:2-3. Yang terjadi adalah Allah bekerja MELALUI hukum alam dan Allah sudah mengaturnya dalam enam hari penciptaan.

MUJIZAT adalah kejadian yang menyimpang dari hukum-hukum alam yang telah diketahui.

BUKAN

MUJIZAT adalah kejadian yang menyimpang dari hukum alam karena intervensi Allah.

Saya percaya mujizat dalam arti: MUJIZAT adalah kejadian yang menyimpang dari hukum-hukum alam yang telah diketahui. Saya tidak percaya mujizat dalam arti: MUJIZAT adalah kejadian yang menyimpang dari hukum alam karena intervensi Allah. Apabila anda melihat atau mengalami mujizat, maka percayalah bahwa itu adalah kejadian yang menyimpang dari hukum-hukum alam yang telah diketahui, bukan kejadian yang menyimpang dari hukum alam karena intervensi Allah.

Bagaimana kita meyakini bahwa MUJIZAT adalah kejadian yang menyimpang dari hukum-hukum alam yang telah diketahui? Karena Allah sudah menyatakan dengan gamblang bahwa Dia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu pada hari ketujuh. Di samping itu Alkitab menjelaskan dengan gamblang bagaimana Allah melakukan mujizat. Misalnya, mujizat Musa membelah laut merah, Yosua membelah sungai Yordan dan Siang lebih panjang kira-kira satu hari keetika bangsa Israel berperang dekat Gibeon dan mujizat lainnya.

Apakah semua mujizat yang tercatat di dalam Alkitab dapat dipahami dan dijelaskan secara ilmiah? TIDAK! Bukan karena kejadian-kejadian itu MELANGGAR hukum alam, atau karena keterbatasan kemampuan akal budi manusia atau keterbatasan pengetahuan manusia, namun karena Alkitab tidak mencatat kejadiannya secara lengkap.

Yesus dan Petrus berjalan di atas air. Karena ketakutan Petrus lalu tenggelam, namun Kristus mengulurkan tangan untuk memegangnya. Keduanya lalu naik ke atas perahu.

Apakah kisah tersebut di atas bualan atau kejadian nyata? Kejadian nyata! Bagaimana cara kita memahaminya dan meyakininya? Pertama, kejadian tersebut   

Sesudah itu Yesus segera memerintahkan murid-murid-Nya naik ke perahu dan mendahului-Nya ke seberang, sementara itu Ia menyuruh orang banyak pulang. Matius 14:22

Setibanya di seberang mereka mendarat di Genesaret. Matius 14:34

Ketika Yesus dikenal oleh orang-orang di tempat itu, mereka memberitahukannya ke seluruh daerah itu. Maka semua orang yang sakit dibawa kepada-Nya. Matius 14:35

Yesus tidak ikut berlayar ke seberang disaksikan oleh orang banyak dan Yesus ikut mendarat di seberang disaksikan oleh orang banyak. Yesus dan Petrus berjalan di atas air disaksikan oleh banyak orang, murid-murid-Nya. Mereka pasti menceritakan kisah itu kepada orang banyak dengan berapi-api dan orang yang mendengarnya pasti menceritakannya lagi kepada orang lain.

Pada masa itu sampailah berita-berita tentang Yesus kepada Herodes, raja wilayah. Lalu ia berkata kepada pegawai-pegawainya: "Inilah Yohanes Pembaptis; ia sudah bangkit dari antara orang mati dan itulah sebabnya kuasa-kuasa itu bekerja di dalam-Nya." Matius 14:1-2

Selain para ahli taurat, Herodes juga tidak suka kepada Yesus Kristus. Merusak reputasi Yesus Kristus adalah jalan termudah untuk menentang-Nya. Mustahil kedua pihak itu tidak berusaha membuktikan bahwa kisah Yesus dan Petrus berjalan di atas air itu hanya bualan belaka. Dan bila itu terbukti BUALAN belaka, bukankah itu akan dijadikan BUKTI ketika para ahli taurat menuntut Yesus? Namun Alkitab mencatat, tidak ada satu kesalahan pun pada-Nya. Apabila itu hanya bualan belaka, mustahil tidak ada orang yang menuliskannya. Hingga hari ini, tidak ada ilmuwan yang menemukan tulisan-tulisan zaman itu yang menyangkal mujizat-mujizat yang dilakukan Kristus. Yesus dan Petrus memang berjalan di atas air.

Bagaimana memahami mujizat itu?


Umumnya kita diajarkan bahwa benda yang mengapung di atas air berat jenisnya harus lebih kecil dari berat jenis air. Berat jenis besi jauh lebih berat dari berat jenis air, itu sebabnya besi pasti tenggelam.  Namun, kapal besi justru mengapung di atas air. Mengapa kapal besi bisa mengapung di atas air? Karena GAYA apung dari kapal tersebut.

Kenapa Yesus dan Petrus bisa berjalan di atas air? Karena Gaya apung keduanya memungkinkan untuk berjalan di atas air. Bagaimana mengembangkan gaya apung demikian? Kita tidak tahu. Tidak tahu karena Alkitab tidak mencatatnya dan tidak tahu karena ilmu pengetahuan manusia belum menemukan caranya.

Mungkinkah suatu ketika nanti para ilmuwan menemukan cara untuk berjalan di atas air? MUNGKIN! Hukum alamnya sudah diciptakan dalam enam hari penciptaan, manusia hanya perlu menemukan kebenarannya. Apakah bila menemukan kebenarannya maka manusia bisa berjalan di atas air? BISA! Yesus adalah manusia 100% ketika berjalan di atas air. Petrus adalah manusia 100% ketika berjalan di atas air. Itu berarti manusia yang lain pun bisa berjalan di atas air.

Kenapa setelah kejadian itu Petrus tidak pernah berjalan di atas air lagi? Alkitab tidak mencatatnya, kita tidak tahu apakah Petrus pernah mencoba untuk berjalan di atas air lagi atau tidak sejak kejadian itu. Namun kita tahu tahu bahwa Petrus pernah berjalan di atas air. Dia berjalan dalam reflek, itu sebabnya ketika sadar dia menjadi takut dan tenggelam, itu berarti dia tidak tahu caranya berjalan di atas air.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

vincent's picture

@hai-hai.

Knapa, anda mengatakan mengapa Anda mengatakan berjalan di atas air itu bukan mujizat? Padahal  Anda sendiri menulis :

Hingga hari ini, tidak ada ilmuwan yang menemukan tulisan-tulisan zaman itu yang menyangkal mujizat-mujizat yang dilakukan Kristus. Yesus dan Petrus memang berjalan di atas air.

Bukankah Yesus itu juga Allah 100% berarti Ia bisa melakukan mujizat bukan dan berjalan di atas air itu bukannya merupakan salah satu mujizatnya? mohon penjelasannya?

Thanks

 

hai hai's picture

@ Vincent, Buuuuzzzszszs ...

Saudara Vincent, apa yang anda pahami dari ayat Alkitab berikut ini?

Ketika Allah pada hari ketujuh telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuat-Nya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan yang telah dibuat-Nya itu. Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya, karena pada hari itulah Ia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu. Kejadian 2:2-3.

Umumnya orang memahami CIPTAAN Allah yang dimaksudkan di dalam ayat-ayat tersebut di atas hanya WADAK tidak termasuk HUKUM-HUKUM yang mengatur wadak-wadak tersebut. Sebagian yang lain memahami bahwa ciptaan Allah itu adalah WADAK dan hukum-hukum yang mengatur wadak-wadak tersebut, namun mereka tidak paham bahwa hukum-hukum yang mengatur wadak-wadak tersebut saling JALIN-MENJALIN dalam kesatuan yang harmonis. Apabila SATU hukum yang tidak berjalan sebagaimana mestinya akan MEMBAWA dampak BERLIPAT GANDA pada hukum-hukum lainnya.

Saudara vincent, bagaimana pemahaman anda?

Yesus Kristus dan Petrus berjalan di atas air adalah FAKTA. Walaupun kita tidak melihat dan mengujinya dengan INDRA kita sendiri, namun pengujian kita menunjukkan bahwa hal itu memang FAKTA.

BERAT jenis dan GAYA apung adalah HUKUM alam yang telah diketahui manusia. Bagaimana cara Yesus dan Petrus jalan di atas air?

  1. Ada malaikat yang terbang melayang dan menopang keduanya?
  2. Keduanya menguasai ilmu meringankan tubuh seperti ilmu terbang di atas rumputnya Bukek siansu?
  3. Airnya berubah menjadi keras setiap kali kaki menapak?

Saudara vincent, yang saya lakukan adalah mencoba untuk MEMAHAMI mujizat yang tercatat di dalam Alkitab, BUKAN menentangnya.

Yang dilakukan oleh orang-orang yang MENENTANG tulisan saya adalah MENENTANG untuk MEMAHAMI mujizat yang tercatat di dalam Alkitab. Bagi mereka mujizat di dalam Alkitab harus dipahami sebagai, "Simsalabim ...... Buuuuzzzzzzz ....!"  Bagi mereka mujizat harus dipahami "Dalam nama Yesus .... Buuuuzzzzz....!"

Saudara Vincent, apabila suka memahami kisah mujizat di dalam Alkitab sebagai "Ole .... Ole ..... Ole .... BuuuZsszzzzzz ....! Silahkan.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

vincent's picture

@ hai, Maaf

saya mau minta maaf karena tidak membaca tulisan Anda dengan baik dan teliti. Padahal anda telah menyampaikan nya dengan gamblang pada tulisan Anda. bahwa Allah itu adalah Allah yang konsisten bahwa apa yang telah Ia tetapkan takkan Ia ubah walaupun Ia berkuasa untuk melakukannya. Dan saya juga tidak memperhatikan tentang pengertian mujizat itu. sekali lagi saya mohon maaf.

Sorry

peterlauw's picture

Sangat jarang Allah bekerja melalui hukum alam.

Dear Hai-hai,

Anda tidak percaya kepada mujizat yang menurut orang lain adalah mujizat karena anda telah menguncinya dengan "kata kunci ", yaitu:

Yang terjadi adalah Allah bekerja MELALUI hukum alam dan Allah sudah mengaturnya dalam enam hari penciptaan.

atau dengan kata lain karena hakekatnya hukum alam, maka kejadian2 yang disangka " mujizat " bisa saja terulang lagi dan lagi asal Allah mau bekerja didalamnya.

Seorang teman saya yang rasionalis berkata, mungkin saja Yesus menemu kan sepotong papan bekas pecahan perahu sehingga Dia bisa berdiri diatas nya, terdorong oleh ombak, sehingga kelihatan seperti berjalan diatas air. Sedangkan Petrus, sempat menginjak pecahan kayu lainnya, lalu tergelincir karena terkejut.

Analisa teman tersebut kelihatannya sih sangat masuk diakal dan bukan kah sekarang banyak orang yang menyukai olah raga meluncur diatas air?

Tetapi pertanyaannya, apakah betul Yesus berjalan diatas air seperti analisa teman saya yang sebenarnya adalah anti kekristenan ?

Saya teringat kejadian ( 15 Des 1999 ) yang menimpa sdr Dominggus yang waktu itu masih menjadi mahasiswa STT Doulos, yang lehernya hampir putus karena ditebas dengan parang, yang oleh dokter divonis tidak mung kin hidup karena sudah begitu banyak mengeluarkan darah dan banyak serabut sarafnya yang sudah putus tetapi Tuhan berkehendak lain, dia tetap hidup sampai sekarang.

Bagi dia (Dominggus) itu adalah mujizat, tetapi kalau menurut "kata kunci" sdr Hai-hai,  Yang terjadi adalah Allah bekerja MELALUI hukum alam dan Allah sudah mengaturnya dalam enam hari penciptaan.

Bagi saya apa yang dikatakan sdr Hai-hai adalah sah-sah saja, cuma saya mau mengingatkan, kejadian seperti yang dialami sdr Dominggus tidak mungkin diulangi lagi dan sangat2 jarang Allah mau bekerja melalui hukum alam seperti itu.

God Bless You.

hai hai's picture

Peterlauw, Orang TOLOL dan Orang Aneh

Saudara Peterlauw, di dunia ini memang banyak orang-orang bodoh yang menyangka orang lain lebih bodoh dari dirinya. Mereka menyangka dengan MENJUDULI diri RASIONALIS maka dirinya akan menjadi ornag pinter.Salah satu orang demikian adalah teman anda.

Seorang teman saya yang rasionalis berkata, mungkin saja Yesus menemukan sepotong papan bekas pecahan perahu sehingga Dia bisa berdiri diatas nya, terdorong oleh ombak, sehingga kelihatan seperti berjalan diatas air. Sedangkan Petrus, sempat menginjak pecahan kayu lainnya, lalu tergelincir karena terkejut.

Analisa teman anda menunjukkan betapa TOTOLNYA dia.

Namun dunia ini penuh dengan orang-orang ANEH yang menyangka orang-orang yang MENJUDULI diri rasionalis adalah orang pinter, itu sebabnya mereka MENGANGGAP orang-orang demikian adalah orang pinter sehingga MALAS berpikir untuk menganalisa apa yang dikatakan oleh orang-orang demikian. Salah satu orang ANEH tersebut adalah diri anda.

Analisa teman tersebut kelihatannya sih sangat masuk diakal dan bukan kah sekarang banyak orang yang menyukai olah raga meluncur di atas air?

Tetapi pertanyaannya, apakah betul Yesus berjalan diatas air seperti analisa teman saya yang sebenarnya adalah anti kekristenan?


Kalimat-kalimat anda menunjukkan betapa ANEHNYA anda!

Saya tidak tahu, mana yang lebih baik, orang TOLOL yang sok pinter atau orang ANEH yang sok rohani? Namun, sejak lama saya MEMUTUSKAN untuk TIDAK menjadi salah satunya.

Dominggus, mahasiswa STT Duolos dibacok lehernya. Saya sudah membaca kisahnya dari tulisan Binsar Antoni Hutabarat dan cerita beberapa orang lainnya. Dan berharap suatu saat dapat bertemu dengannya atau ngobrol dengannya tentang luka-luka yang dideritanya saat itu.

LEHERNYA HAMPIR PUTUS. Dokter yang merawatnya MENYATAKAN dia pasti mati karena banyak mengeluarkan darah dan banyak saraf yang putus.

Yang ingin saya tanyakan adalah:

Apa yang dimaksudkan dengan HAMPIR PUTUS?
Apa yang dimaksudkan dengan BANYAK mengeluarkan darah? Berapa BANYAK?
Apa yang dimaksudkan dengan BANYAK saraf yang putus? Berapa BANYAK?

Saudara Peterlauw, PENCAPAIAN ilmu kedokteran dalam 30 tahun terakhir ini JAUH lebih BANYAK dibandingkan dengan SELURUH pencapaian ilmu kedokteran yang ada sebelumnya. apabila saya seorang mahaiswa kedokteran saat ini, saya pasti akan mencari Dominggus dan menjadikannya sebagai kasus untuk skripsi saya.

Saudara Peterlauw yang terhormat, mohon maaf, tanpa mengurangi rsa hormat, komentar anda dan kalimat saya yang anda kutip membuat saya menyimpulkan bahwa anda tidak membaca tulisan saya dengan TELITI dan memahaminya dengan benar. TERLALU CEPAT Menarik kesimpulan adalah penyakit dari mereka yang menganggap dirinya pinter. Itu sebabnya saya selalu bangga menjadi orang bodoh, karena tahu diri bodoh, maka saya selalu membaca dengan teliti dan memikirkan tulisan yang saya baca kata demi kata agar dapat memahaminya dengan benar.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

KEN's picture

Mujizat II

Mengapa kapal besi bisa mengapung di atas air? Karena GAYA apung dari kapal tersebut.

Karna bentuk kapal dibentuk seperti mangkok, coba deh anda sekalian ambil sebuah mangkok dan taruh di atas air, pasti mengapung, itulah kapal yang mengapung yg sering kita liat.

Untuk kisah Yesus berjalan di atas air, saya pernah menyaksikan sebuah kesaksian di TV, yaitu seorang pesulap yg bertobat yg berasal dari Amerika Serikat, dia bisa mengubah air menjadi anggur dsb deh, tapi hanya 2 hal yg belum bisa dia lakukan untuk menyaingi Yesus yaitu bangkit dari kematian dan berjalan di atas air, mungkin masih banyak, tapi tidak disebutkan. Dia menyaksikan bahwa, ketika Yesus berjalan di atas air, di bawah kaki Yesus ada sesuatu yang menyerupai sisi atas tembok dari ujung ke ujung sehingga membuat Yesus terkesan bisa berjalan di atas air, dan karna termakan masa, dan tekanan air, tembok itu pasti rapuh dan hancur. Mungkin bisa dikembangkan lagi komentar ini?

>>>=GOD=LOVE=YOU=>>

         If Not Us, Who?

       If Not Now, When?

    * yuk, jangan asal ngeblog *

___________________________

   * yuk, jangan asal comment *

hai hai's picture

@Ken, Kesaksian Pesulap

Dia menyaksikan bahwa, ketika Yesus berjalan di atas air, di bawah kaki Yesus ada sesuatu yang menyerupai sisi atas tembok dari ujung ke ujung sehingga membuat Yesus terkesan bisa berjalan di atas air, dan karna termakan masa, dan tekanan air, tembok itu pasti rapuh dan hancur. Mungkin bisa dikembangkan lagi komentar ini?

Saudara Ken, SULAP membangkitkan orang mati pada hari ketiga adalah salah satu trik dukun di Afrika yang dibongkar oleh pesulap Andre Kole. Andre Kole adalah pesulap sayang sekaligus penginjil. Dialah orang pertama yang mengembangkan trik berjalan di atas air. Dia bahkan melakukan triknya di danau galilea. Saat ini trik berjalan di atas air bukan rahasia besar lagi.

Saya tidak tahu siapa yang kamu tonton itu, namun apa bila kamu benar, maka yang dikatakan pesulap itu benar-benar BODOH. Berapa tahun yang dibutuhkan untuk membangun sebuah tembok di dalam danau? apakah Yesus punya waktu untuk membangunnya?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

KEN's picture

@pak hai-hai, bagaimana dengan ini?

Saya sedikit memperbaiki omongan pesulap itu:

Yesus adalah seorang tukang kayu, saya rasa Yesus sangat ahli dalam bidang perkayuan, teknik-teknik atau skil, jenis kayu dan atau lain sebagainya? apakah ada kemungkinan Yesus menebang pohon "kayu apung" atau kayu lainnya yg lebih ringan yang bisa menopang berat tubuh, dan Yesus tinggal belajar keseimbangan tubuh pada saat berjalan di atas air (seperti atraktis/atraktor yg berjalan di seutas tali?) lalu Dia tebarkan di sepanjang danau itu? walaupun memang kurang logis sih.

DAN-DAN's picture

@KEN, semua mungkin...

KEN, kalo ditanya mungkin atau tidak, semua mungkin.

Bahkan Yesus naek ke surga itu juga bisa disebut sulap, david coperfield juga bisa terbang. Naaaahhhh...waktu yang akan menjawab nya. Nanti kalo diterus2 in nanti ilmu pengetahuan akan bisa sampe membuat sesuatu yang bisa ke sorga dan bisa mengerti Allah itu apa sebenernya. Semua akan terbongkar...waktulah yang menetukan.

Bahkan membangkitkan orang mati itu pun trik, Yesus hanya menggunakan trick saja untuk mengelabuhi orang2 sekitarnya.

Tapi kalo Iman itu laen, Iman itu paten.

Kalo mo diomong semua sulap yah sah-sah saja dan bila ditanya kemungkinan semua akan bisa terjadi dan terbongkar, sampai pada taraf membongkar Allah sekalipun, waktu yang akan menjawab nya.

 

DAN-DAN

 

 

saya suka bebek panggang...

__________________

Saya Suka Bebek Panggang...

hai hai's picture

@Ken, Berjalan Di Danau

Ken, argumentasi pesulap itu membuat dia nampak semakin tolol. Yesus menebar kayu apung lalu berjalan dengan menaiki kayu apung tersebut. Berapa banyak kayu yang harus diangkut oleh Yesus? Bagaimana dengan badai yang terjadi saat itu?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

joli's picture

Hai-Hai.. tampil beda

Hai-hai.:  Handai taulan sekalian, saya menulis blog ini dengan tujuan agar tidak perlu melayani komentar-komentar di blog AKU TIDAK PERCAYA MUJIZAT yang jumlahnya menurut saya sudah terlalu banyak dan bertele-tele membahas hal-hal yang sama.

Hai-hai kayak-nya tulisan hampir sama dengan  di blog AKU TIDAK PERCAYA MUJIZAT  mungkin esensi-nya sama . Hanya tulisan Hai-hai kali ini agak beda format, lebih terstruktur dan to the poin, jadi lebih ringkas dan lebih mudah dilihat dan dimengerti apa maksud penulisnya.

Yaitu hal definisi dan arti "MUJIZAT" itu yang perlu di sama-kan dulu, bila tidak ya akan mengalami nasib yang sama dengan blog terdahulu "AKU TIDAK PERCAYA MUJIZAT 1", akan terlalu banyak komentar untuk membuktikan bahwa Mujizat itu ada..

Hai-hai : Saya percaya mujizat dalam arti: MUJIZAT adalah kejadian yang menyimpang dari hukum-hukum alam yang telah diketahui...

Apakah semua mujizat yang tercatat di dalam Alkitab dapat dipahami dan dijelaskan secara ilmiah? TIDAK! Bukan karena kejadian-kejadian itu MELANGGAR hukum alam, atau karena keterbatasan kemampuan akal budi manusia atau keterbatasan pengetahuan manusia, namun karena Alkitab tidak mencatat kejadiannya secara lengkap.

Wah.. apakah ini berarti.. bila ingin "menemukan" dan dapat hadiah Nobel untuk penemuan-penemuan ilmiah, bisa di mulai belajar membuktikan "keajaiban" secara ilmu?  Wah.. kasih tahu Clair ah..

hai hai's picture

@ Joli, Alkitab Adalah Alkitab

Nona Joli, Miyamoto Musahi hingga hari ini masih diakui sebagai petarung paling tangguh dimuka bumi. Kalau nggak salah, dia bertarung 63 kali sebagai underdog dan memenangkan 62 pertarungannya dengan KO. Satu kali seri ketika bertarung dengan lawan yang pernah di KO sebelumnya. Setelah itu dia tidak pernah bertarung lagi karena tidak menemukan lawan yang sepadan. dia mengajarkan:

Bila semua jurus sudah dikerahkan namun tidak mampu memenangkan pertarungan, berhentilah lalu mulailah bertarung seolah itu pertarungan baru.

Itulah yang saya lakukan. Memulai pertarungan baru.

Umumnya orang Kristen beriman bahwa Alkitab adalah firman Tuhan, namun sejak lama saya tidak BERIMAN lagi bahwa Alkitab adalah firman Tuhan. Sebagai gantinya saya TAHU bahwa Alkitab adalah firman Tuhan, seperti saya TAHU bahwa bumi itu bulat dan tergantung di angkasa dengan utara di atas. Kenapa demikian? Karena banyak hal yang tertulis di Alkitab yang melampaui ZAMANNYA.

Kisah Ayub happy ENDING. Bagaimana cara Ayub mendapatkan kekayaannya kembali bahkan jauh lebih kaya dalam waktu yang relatif singkat? Umumnya orang Kristen menyebutnya MUJIZAT. Setelah mempelajarinya dengan seksama, saya menemukan kenyataan bahwa Ayub cepat kaya karena dia MENDAPATKAN teknologi baru dari Allah. Ketika Allah berkata-kata kepada Ayub, saat itu Dia mengajarkan teknologi pertanian, peternakan, perikanan dan klimatologi kepada Ayub.

Angin bertiup ke selatan, lalu berputar ke utara, terus-menerus ia berputar, dan dalam putarannya angin itu kembali. Pengkotbah 1:6

Coba anda pelajari ilmu ANGIN lalu bandingkan dengan ayat tersebut di atas. Kapan manusia tahu bahwa bumi itu bulat? Pengkotbah sudah tahu jauh sebelumnya. Silahkan baca ayat tersebut di atas.

Akulah yang berkata kepada tubir lautan: Jadilah kering, Aku mau mengeringkan sungai-sungaimu! Yesaya 44:27

Kalau saya tidak salah, pada tahun 1937 seorang ilmuwan Belanda menemukan kenyataan tentang adanya SUNGAI-SUNGAI di dasar lautan. Dia mulai melakukan penelitian karena dipicu ayat tersebut di atas. Yesaya sudah tahu jauh sebelumnya.

Masih banyak lagi hal-hal lainnya yang tercatat di dalam Alkitab Joli. Kapan petir mulai berbicara kepada manusia dengan bahasa manusia? Allah sudah memberitahu Ayub jauh sebelum telepon, radio, tv, hp dll ditemukan.

Bilang Clair, bila hendak menjadi Ilmuwan andal, pelajarilah Alkitab dengan cara yang benar dan pahamilah dengan benar. ADa banyak ilmu alam di dalamnya. 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

king heart's picture

Bila semua jurus sudah

Bila semua jurus sudah dikerahkan namun tidak mampu memenangkan pertarungan, berhentilah lalu mulailah bertarung seolah itu pertarungan baru.

Dalam Film King of Beggar, si pengemis penerus Ang Chit Kong ( diperankan Stephen Chow ) ketika bertarung dengan musuh besarnya menggunakan jurus "18 telapak naga". Ketika semua jurus telah habis dikeluarkan, dan musuh masih tidak mampu dikalahkan, tanpa sengaja ia melihat buku jurus pamungkasnya terbuka dengan cepat, akhirnya ia mendapatkan ide untuk menggunakan semua jurusnya menjadi satu kesatuan. Akhirnya musuh dikalahkan secara telak.

Ha ha ha ha, ilmu Stephen Chow lebih sempurna tampaknya....

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

hai hai's picture

@Kingheart, Bertarung

Kingheart yang penting adalah terus bertarung dan memenangkan pertarungan. Anda tahu kemenangan Miyamoto musashi yang paling gemilang? Ketika dia bertarung SERI namun lawannya mengangkatnya menjadi GURU.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

joli's picture

Hai-hai intervensi Allah dalam mujizat

Miyamoto Musahi hingga hari ini masih diakui sebagai petarung paling tangguh, ya.. ya.. Samurai hebat..

Bilang Clair, bila hendak menjadi Ilmuwan andal, pelajarilah Alkitab dengan cara yang benar dan pahamilah dengan benar. ADa banyak ilmu alam di dalamnya.

Ya, Joli sudah menyadari-nya sejak SMA bahwa ada banyak ilmu di alkitab, ketika ev Stefanus Theofilus pernah membahas alkitab dan ilmu pengetahuan, namun juga tetep belum bisa menemukan apa-apa tuh.. mungkin karena nggak belajar alkitab dan nggak paham.. sampai sekarang-pun baru mencoba membaca alkitab dengan tertatih-tatih mulai lagi dari kejadian.. semoga bisa kelar.. bukan untuk ilmu pengetahuan, tetapi untuk belajar mengenal Sang Mempelai dengan benar..

Hal bumi bulat di kitab Yesaya juga sudah di tulis..

Dia yang bertakhta di atas bulatan bumi yang penduduknya seperti belalang; Dia yang membentangkan langit seperti kain (Yes 40:22)

Hai-hai.. .. hal hubungan antara percaya dan mujizat, nampaknya sangat erat sekali..  juga penjelasan hal intervensi Allah.. dalam setiap mujizat ada intervensi Allah, intervensi atau ikut campur Allah dalam artian bukan mau melanggar hukum alam. TETAPI intervensi Allah dalam rangka anugerah kepada siapa DIA berkenan menyatakannya.. dalam hal ini berkaitan erat dengan "percaya.". Bagaimana menurut Hai-hai??

Dan karena ketidakpercayaan mereka, tidak banyak mujizat diadakan-Nya di situ. (Mat 13:58)

 

hai hai's picture

Percaya dan Mujizat

Percaya dan mujizat tidak ada hubungannya sama sekali. Memang banyak orang Kristen yang percaya bahwa IMAN = PERCAYA = KEYAKINAN mereka adalah dasar terjadinya mujizat namun bukan itu yang tercatat di Alkitab.

Ketika bangsa Israel diserang ular tedung, Musa membuat ular tembaga lalu menggantungnya. Siapa yang digigit ular, dan mendongak melihat ular tembaga itu tidak akan mati.

Hanya melihat tidak perlu percaya!

Siapa yang beriman laut akan terbelah? Siapa yang beriman tembok Yerikho akan runtuh? siapa yang beriman burung berjatuhan?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

joli's picture

Hai-hai... kok bisa ??

Hai-hai.. : Percaya dan mujizat tidak ada hubungannya sama sekali.

kok bisa tho Hai ??? lha bagaimana dengan mat 13 ..

Dan karena ketidakpercayaan mereka, tidak banyak mujizat diadakan-Nya di situ. (Mat 13:58)

sandman's picture

@Hai Contoh Yang Lain..

Selain Contoh2 diatas.. seperti pengkotbah 1:6 dan Yesaya 44:27. Jika anda telusuri tentang sejarah asal muasalhnya kehidupan, maka anda akan menemukan beberapa AHLI yang menyatakan bahwa KEHIDUPAN pertama kali ada di AIR, Jika anda bandingkan dengan sejarah penciptaan BUMI menurut kitab kejadian, maka akan kita temukan KESELARASAN antara ALKITAB dan ILMU PENGETAHUAN yang diusung oleh para AHLI itu sendiri.

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

hai hai's picture

@Joli, Ketika Clair Beriman

Mama Joli yang kekasih, ketika Clair minta sesuatu, apakah anda menguji IMAN atau KEYAKINANANNYA?

Ketika membuat KEJUTAN atau SURPRISE bagi Clair, apakah anda melakukannya karena dia memintanya dan yakin anda akan memberikannya?

Clair beriman kepada anda seperti anda beriman kepada Allah. Anak-anak beriman kepada orang tuanya seperti orang Kristen beriman kepada Allah.

IMAN bukan KEYAKINAN bahwa SESUATU akan terjadi. IMAN adalah PASRAH! 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

minmerry's picture

ko hai

Ko Hai, Mujizat itu surprise?

^-^

__________________

logo min kecil

hai hai's picture

@minnmerry, Suprise

Menurut saya mujizat adalah surprise!

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

joli's picture

Hai-Hai.. jurus pelit

Hai-hai..

Jurus barunya Hai-hai yang sekarang kayaknya jenis jurus pelit.. pelit penjelasan..

Untunglah yang kali ini pakai ilustrasi hubungan Joli n Clair, jadi agak-agak nangkap dikit..

Intinya ALLAH center kan ??

Tapi yang ini "IMAN bukan KEYAKINAN bahwa SESUATU akan terjadi. IMAN adalah PASRAH! " mesti di jelasin lagi Hai..

termasuk yang  hubungan ketidakpercayaan dengan mujizat

Dan karena ketidakpercayaan mereka, tidak banyak mujizat diadakan-Nya di situ. (Mat 13:58)

hai hai's picture

@ Joli, Iman = Pasrah

Nona, Joli, iman bukan KEYAKINAN bahwa sesuatu akan terjadi namun PENYERAHAN diri atau PENAKLUKAN diri secara TOTAL kepada Tuhan. Penyerahan diri secara total kepada Tuhan itu ibarat penyerahan diri seorang anak kepda orang tuanya.

Tulisan dennis berikut ini menggambarkan secara GAMBLANG apa itu iman. Untuk membacanya silahkan klik di sini.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Vantillian's picture

Iman=Pasrah?

Saya teringat kepada perkataan seorang ayah yang anaknya menderita kerasukan roh : Markus 9:24 Segera ayah anak itu berteriak: "Aku percaya. Tolonglah aku yang tidak percaya ini!" Bukankah ini adalah perkataan orang yang SANGAT PASRAH?
hai hai's picture

@Vantillian, Pasrah

Vantillian, PASRAH bukan MENYERAH. PASRAH adalah kondisi ketika kita secara SADAR menaklukan diri sambil berkata, OK saya terima itu.

Doa Tuhan Yesus di taman Getsemani adalah contoh PASRAH. YOU, just YOU! Itulah pasrah. PASRAH berarti berserah jiwa raga. Pasrah berarti WUWEI! Wuwei = do nothing = tidak melakukan apa-apa. Namun Tuhan Yesus mengajarkan bahwa WUWEI zhi WUBUWEI = Tidak melakukan apa-apa BUKAN tidak melakukan sesuatu.

Kalau BOLEH ..... Namun KEHENDAK-MULAH yang jadi!

Itulah PASRAH!

Bagaimana kita BISA pasrah? Ada dua hal yang membuat kita PASRAH. Pertama, kita TAHU bahwa kita TIDAK berdaya terhadap Allah. Do it your self or I will PAKSA  you melakukannya. Lakukan dengan sukarela atau kamu akan dipaksa melakukannya. Kedua, Kita MAU menyenangkan Allah. If it make you happy, so TERJADILAH, saya akan menjalaninya. JUST for You!

Ketika Yesus Pasrah, Dia melakukannya karena, kehendak-Mu-lah yang JADI. Dia tidak melakukannya karena tidak berdaya. Namun Dia melakukannya demi CINTA. Itulah yang harus kita teladani, karena kita adalah peta teladan Allah. Penderitaan memang tidak NYAMAN, namun penderitaan bukan apa-apa dibandingkan dengan KENIKMATAN yang dirasakan karena telah menyenangkan Allah. Apakah saya menderita? BENAR! Apakah saya menderita? TIDAK! Karena kenikmatan menyenangkan-Mu jauh lebih NIKMAT dibanding KESUSAHAN menanggung penderitaan.

Bila terjadi mujizat sehingga nggak perlu menderita dipanggang api, itu bagus, namun bila harus mati terpanggang api juga nggak apa-apa karena MENAATI perintah Tuhan untuk tidak menyembah berhala jauh lebih nikmat. Itulah saduran atas pernyataan Sadrakh Cs. Itulah IMAN!

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

KEN's picture

Holy Bible Is The Best!

Holy Bible is the best in the world, tak ada satu buku/sain mana pun yg sanggup menandinginya!

Ia lah awal dari segala awal dari segala pengetahuan!

Glory to the Lord!

 

Miyamoto musashi adalah petarung hebat asal Jepang, apakah saya salah kalau saya pernah mengatakan bahwa "I Love Japan"? Karna, secara sadar, saya melihat bagaimana kehidupan dan cara pikir dan cara bertindak mereka, benar2 mencerminkan manusia Allah! Trust me and proove it!

 

>>>=GOD=LOVE=YOU=>>

          If Not Us, Who?

        If Not Now, When?

 

   * yuk, jangan asal ngeblog *

____________________________

   * yuk, jangan asal comment *

isaacadam's picture

hai hai berhenti dari segala pekerjaan penciptaan TIDAK BERMAKSU

 Ketika Allah pada hari ketujuh telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuat-Nya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan yang telah dibuat-Nya itu. Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya, karena pada hari itulah Ia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu. Kejadian 2:2-3.

MUJIZAT adalah kejadian yang menyimpang dari hukum-hukum alam yang telah diketahui.

BUKAN

MUJIZAT adalah kejadian yang menyimpang dari hukum alam karena intervensi Allah

Bukankah Allah dengan GAMBLANG menyatakan bahwa Dia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu? Berhenti artinya berhenti.

Salam....

hai hai,

berhenti dari segala pekerjaan penciptaan TIDAK BERMAKSUD berhenti intervensi

Apabila Allah intervensi bukan HANYA BERMAKNA Allah mengerjakaan penciptaan

Apabila Allah intervensi TIDAK SEMESTINYA Allah mengerjakaan penciptaan

Maksud intervensi menurut kamus KBBI dan CD:

in·ter·ven·si /intervénsi/ n campur tangan dl perselisihan antara dua pihak (orang, golongan, negara, dsb);

(KBBI)

intervene (GET INVOLVED) 

verb [I]

to intentionally become involved in a difficult situation in order to improve it or prevent it from getting worse:

The Central Bank intervened in the currency markets today to try to stabilize the exchange rate.

[+ to infinitive] The Minister intervened personally to stop the museum being closed.

(CD)

Pengertian anda tentang mujizat berdasarkan ayat Kejadian 2:2-3 TIDAK DAPAT DITERIMA

__________________

hai hai's picture

@ Isacadam, Intervensi = NIMBRUNG

Saudara Isacadam, nampaknya anda melakukan study yang cukup baik, namun sayang study anda sama sekali tidak membantu anda untuk memahami tulisan saya.

MUJIZAT adalah kejadian yang menyimpang dari hukum-hukum alam yang telah diketahui.

BUKAN

MUJIZAT adalah kejadian yang menyimpang dari hukum alam karena intervensi Allah

Intervensi artinya CAMPUR TANGAN alias NIMBRUNG. Silahkan pelajari kembali tulisan saya, mungkin anda akan lebih mudah memahaminya sekarang?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

isaacadam's picture

saudara hai hai MENAFIKAN INTERVENSI ALLAH dalam mujizat.

MUJIZAT adalah kejadian yang menyimpang dari hukum-hukum alam yang telah diketahui.

BUKAN

MUJIZAT adalah kejadian yang menyimpang dari hukum alam karena intervensi Allah

saudara hai hai MENAFIKAN INTERVENSI ALLAH dalam mujizat.

__________________

Turbine's picture

Ya.... saudara hai hai tidak percaya intervensi Allah dalam muji

 Saya percaya mujizat dalam arti: MUJIZAT adalah kejadian yang menyimpang dari hukum-hukum alam yang telah diketahui. Saya tidak percaya mujizat dalam arti: MUJIZAT adalah kejadian yang menyimpang dari hukum alam karena intervensi Allah. Apabila anda melihat atau mengalami mujizat, maka percayalah bahwa itu adalah kejadian yang menyimpang dari hukum-hukum alam yang telah diketahui, bukan kejadian yang menyimpang dari hukum alam karena intervensi Allah.

Bagaimana kita meyakini bahwa MUJIZAT adalah kejadian yang menyimpang dari hukum-hukum alam yang telah diketahui? Karena Allah sudah menyatakan dengan gamblang bahwa Dia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu pada hari ketujuh.

Ya.... saudara hai hai tidak percaya intervensi Allah dalam mujizat kerana Dia sudah berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu pada hari ketujuh

magdalene's picture

Salam kenal Bapak Hai Saya

Salam kenal Bapak Hai

Saya ingin bertanya, apakah itu berarti semua kata mujizat di dalam alkitab dapat diasumsikan sebagai hukum alam.

Thank a lot ^.^

GBU

__________________

GBU

hai hai's picture

@magdalene, Mujizat Dalam Alkitab

Nona, semua mujizat di dalam Alkitab adalah:

MUJIZAT adalah kejadian yang menyimpang dari hukum-hukum alam yang telah diketahui.

BUKAN

MUJIZAT adalah kejadian yang menyimpang dari hukum alam karena intervensi Allah.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

magdalene's picture

Terima Kasih untuk

Terima Kasih untuk penjelasannya, sekarang saya mengerti dengan penjelasan bapak, mungkin saya salah paham karena terpancang dengan judul aku tidak percaya mujizat..hkhkhk.....maafkan saya ^.^

Teruslah berkarya Bapak Hai.

GBU ^.^

__________________

GBU

hai hai's picture

@ magdalene, Tidak Perlu Minta Maaf

Nona, tidak paham dan bertanya itu adalah BUKTI rendah hati. Kenapa minta maaf untuk sikap terpuji demikian?

Selamat bergabung dengan Komunitas blogger Kristen SABDASpace. Supaya anda tidak tersandung, sebaiknya klik di sini untuk membacanya.

Dalam menanggapi komentar terkadang saya sangat ramah dan baik hati namun seringnya sangat menyebalkan karena JAIL. Namun baik ketika saya menyenangkan maupun ketika menyebalkan, anda akan terus dipacu untuk belajar dan belajar dengan cara yang benar.  Nampaknya prilaku saya itu sama dengan prilaku kebanyakan blogger di komunitas ini.

Apabila anda bergabung dengan komunitas ini untuk menemukan RESEP anda akan kecewa karena di komunitas ini yang adalah RISET.

SElamat bergabung nona! 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

GODARMY's picture

Wah ko hai rendah hati juga

Wah ko hai rendah hati juga ya ngaku JAIL hahaha....awas lo Hai-hai raja jail di SS wakakakakaka.......

JESUS IS GOD

__________________

JESUS IS GOD

minmerry's picture

Ko hai hai memang jail...

Ko hai hai emang jail...  selain itu juga terkenal dengan gaya tongkat pemukul anjingnya. Special one. Min salah satu fans ko hai hai lho.

^-^

__________________

logo min kecil

GODARMY's picture

Iya Min gebukannya muanteeb

Iya Min gebukannya muanteeb dan mujaraaaab hahaha..:D JESUS IS GOD
__________________

JESUS IS GOD

hai hai's picture

Mind & godarmy, tongkat penggebuk anjing

Ha ha ha ... tongkat penggebuk anjing dan jurus dewa mabok adalah jurus andalan ketua kaipang Ang cit kong selain 18 jurus telapak naga.

Saya suka jurus dewa maboknya. Walau nampak ngawur namun sangat sistematis dan terukur. Nampak ngawur sehingga membuat lawan lengah, namun sangat sistematis dan terukur itu sebabnya jurusnya sangat mematikan.

Tongkat adalah senjata yang daya hancurnya paling dasyat di antara 36 jenis senjata Pendekar Tiongkok. Jauh lebih dasyat dibandingkan pedang, samurai, kampak dll. Cara memainkannya pun sangat mudah.

Tongkat penggebuk anjing terbuat dari bambu kumala hijau. Sangat lentur namun alot. Bila dilatih dengan baik dapat menghancurkan batu. Kealotannya membuatnya mampu menangkis senjata tajam, kelenturannya membuat daya hancurnya berlipat ganda.

Kita harus menirunya, di dalam kehidupan itu disebut fleksibel atau openmind dan fokus pada cita-cita. Cita-cita terus dikejar, namun caranya disesuaikan dengan kondisi yang dihadapi.

Disebut tongkat penggebuk anjing, sebenarnya anjing dalam jurus itu adalah plesetan dari kata KAU yang artinya sembilan. Sembilana dalah angka tertinggi. SEMPURNA. Tongkat itu bisa membuat orang lecet-lecet namun bisa juga membunuh.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

GODARMY's picture

Nih jurus keknya sulit amat

Nih jurus keknya sulit amat bertahun-tahun paling gua cuma bisa jurus tongkat penggebuk kecoa:(, itu aja kecoanya kadang mati kadang kabur:( JESUS IS GOD
__________________

JESUS IS GOD

smile's picture

salah ko Hai Hai....

Ko hai hai said :Ha ha ha ... tongkat penggebuk anjing dan jurus dewa mabok adalah jurus andalan ketua kaipang Ang cit kong selain 18 jurus telapak naga.

----------------------------------------------------------------------------

SALAH KO HAI HAI.......

Yang bener : " 18 Pukulan Penakluk Naga "

 

Hehehe.....Gak nyambung ya Ko, sama forumnya,...

Saya kan Belajar teliti dan mencerna setiap kata dari ko Hai Hai,...

Biar ga nyambung, kan yang penting teliti yah,...hehehehe

Peace....

__________________

"I love You Christ, even though sometimes I do not like Christians who do not like You include me, but because you love me, so I also love them"

hai hai's picture

Hang Liong Sip Pat Ciang

Hang Liong Sip Pat Ciang atau Xiang Long Shi Ba Zhang.

xiang = menaklukkan
long = naga
shi = sepuluh
ba = delapan
zhang = telapak = kepalan = pukulan

18 pukulan penakluk naga. Anda benar. Terima kasih atas koreksinya.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

DEDE WIJAYA's picture

@ Hai2 & all Mujizat

Mujizat bisa berasal dari YHWH bisa berasal dari Iblis dan para roh jahatnya. Mujizat bisa berasal dari para malaikat. Mujizat bisa dilakukan juga oleh Yanes dan Yambres, penyihir Mesir di zaman Musa, bisa buat ular dari tongkat2 mereka, tapi ular2nya dimaem abis ama tongkat e Harun.hihihi

Pak Hai2, Premis dasar kalo salah, maka kesimpulan bisa tdk akurat.

dede wijaya

__________________

dede wijaya

Vantillian's picture

Dede, pelajari ayat II Tes 2:9

 Dede, silakan anda pelajari ayat II Tes 2:9, apakah itu berlaku untuk SEMUA tindakan Iblis?

II Tesalonika  2:9 Kedatangan si pendurhaka itu adalah pekerjaan Iblis, dan akan disertai rupa-rupa perbuatan ajaib, tanda-tanda dan mujizat-mujizat palsu,

 Dede, meskipun benar bahwa Premis dasar kalo salah, maka kesimpulan bisa tdk akurat, 
Tetapi, tidak mengetahui premis dasar PASTI semua kesimpulannya kacau balau.
 
Kalimat "mujizat bisa juga berasal dari Iblis" merupakan TESIS Iblis.

 

DEDE WIJAYA's picture

@ Van dan Hai2 tt Mujizat

Kalimat "mujizat bisa juga berasal dari Iblis" merupakan TESIS Iblis.

Kalimat Ivan di atas berbahaya sekali. Yesus saja sudah bilang Mesias2 palsu akan berdatangan menjelang Akhir Zaman dan pintar mengadakan mujizat2 demi menarik simpati orang2.

Banyaklah tokoh2 dalam Alkitab yg melakukan Mujizat dari Iblis dan para roh jahat, Yanes dan Yambres zaman Musa dan Harun yg juga bisa buat ular pake tongkat mereka. Simon yg mau beli Karunia Mujizat dari para rasul, juga bisa.

Mesias2 palsu juga bisa, dll. Si Tukang Sihir/Nujum yg diminta tolong oleh Raja Saul bisa melakukan mujizat. dll.

Patut Ivan dan Hai2 ingat, Iblis mulanya Lusifer, dan 1/3 pengikutnya dulu adalah malaikat.

Nah para malaikat bisa melakukan mujizat juga. Jangan lupa mereka makhluk roh dan punya kemampuan berbeda satu dg yg lain.

dede wijaya

__________________

dede wijaya

Vantillian's picture

Dede, Anda payah dan parah...

Dede, saya menulis kembali penyataan saya :

Kalimat "mujizat bisa juga berasal dari Iblis" merupakan TESIS Iblis.

 Silakan dipikirkan...Kata kuncinya adalah kebenaran Iblis adalah kebohongan dan dustanya. Kata kunci lainnya adalah PALSU. Apa artinya? Bukankah Mesias Palsu menghasilkan mujizat palsu? Kalau Iblis bisa melakukan mujizat YANG SEJATI, apa artinya II Tes 2:9? Bukankah Iblis melakukan perbuatan ajaib yang PALSU?

Anda SELALU SOK mengutip kutipan para teolog, tapi UNTUK mengerti argumen begini saja PAYAH. Kali ini saya harus mencela anda, belajarlah lagi. Tidak ada gunanya anda kutip tokoh Alkitab apalgi mengutip para teolog. Anda bahkan seperti yanes dan Yambres dalam kutipan ayat ini :

II Timotius 3:9 Tetapi sudah pasti mereka tidak akan lebih maju, karena seperti dalam hal Yanes dan Yambres, kebodohan mereka pun akan nyata bagi semua orang.
 
Mengapa disebut Bodoh, Dede? Karena mereka percaya sama seperti anda percaya terhadap tesis Iblis, yaitu sedang menentang kebenaran. Tesis Iblis adalah melawan kebenaran. Nah, dede...silakan pikirkan lagi HUBUNGANNYA..Kali ini coba lebih dalam, supaya anda tidak MALU dan dianggap BODOH lagi...

 

p tong's picture

VANTILIAN SAMA TOLOL DAN BODOHNYA DENGAN HAI HAI

F T MENCATAT BAHWA ADA JUGA  MUJIZAT DAN PERBUATAN AJAIB DARI IBLIS DAN SETAN2 (MESIES PALSU DAN NABI PALSU ADALAH PERBUATAN /PENGIKUT SETAN 1 TIM 4:1 ; 2 TES2:9; WHY 16:14)

Mat 24:24 Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.
Mar 13:22 Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda dan mujizat-mujizat dengan maksud, sekiranya mungkin, menyesatkan orang-orang pilihan.
Rev 19:20 Maka tertangkaplah binatang itu dan bersama-sama dengan dia nabi palsu, yang telah mengadakan tanda-tanda di depan matanya, dan dengan demikian ia menyesatkan mereka yang telah menerima tanda dari binatang itu dan yang telah menyembah patungnya. Keduanya dilemparkan hidup-hidup ke dalam lautan api yang menyala-nyala oleh belerang.
Rev 16:14 Itulah roh-roh setan yang mengadakan perbuatan-perbuatan ajaib, dan mereka pergi mendapatkan raja-raja di seluruh dunia, untuk mengumpulkan mereka guna peperangan pada hari besar, yaitu hari Allah Yang Mahakuasa.
Exo 7:10 Musa dan Harun pergi menghadap Firaun, lalu mereka berbuat seperti yang diperintahkan TUHAN; Harun melemparkan tongkatnya di depan Firaun dan para pegawainya, maka tongkat itu menjadi ular. 11 Kemudian Firaunpun memanggil orang-orang berilmu dan ahli-ahli sihir; dan merekapun, ahli-ahli Mesir itu, membuat yang demikian juga dengan ilmu mantera mereka.12 Masing-masing mereka melemparkan tongkatnya, dan tongkat-tongkat itu menjadi ular; tetapi tongkat Harun menelan tongkat-tongkat mereka.
Exo 7:20 Demikianlah Musa dan Harun berbuat seperti yang difirmankan TUHAN; diangkatnya tongkat itu dan dipukulkannya kepada air yang di sungai Nil, di depan mata Firaun dan pegawai-pegawainya, maka seluruh air yang di sungai Nil berubah menjadi darah; :21 matilah ikan di sungai Nil, sehingga sungai Nil itu berbau busuk dan orang Mesir tidak dapat meminum air dari sungai Nil; dan di seluruh tanah Mesir ada darah.:22 Tetapi para ahli Mesir membuat yang demikian juga dengan ilmu-ilmu mantera mereka, sehingga hati Firaun berkeras dan ia tidak mau mendengarkan mereka keduanya seperti yang telah difirmankan TUHAN.
Exo 8:6 Lalu Harun mengulurkan tangannya ke atas segala air di Mesir, maka bermunculanlah katak-katak, lalu menutupi tanah Mesir. :7 Tetapi para ahli itupun membuat yang demikian juga dengan ilmu-ilmu mantera mereka, sehingga mereka membuat katak-katak bermunculan meliputi tanah Mesir.

YANG NAMANYA MUJIZAT PALSU ITU BUKAN BERARTI BUKAN MUJIZAT TETAPI SUMBERNYA BUKAN DARI TUHAN.....TOLOL TAPI NGAKU2 VANTIL.......BIKIN MALU SAJA.

Vantillian's picture

p tong...

P tong, saya bukan Van Til dan tidak mengaku Van Til. Jadi, jika dibanding dengan Van Til, saya mungkin lebih tolol. Tapi yang lebih tolol adalah yang menyangka saya adalah Van Til. Nah, bisakah anda menjelaskan dimana hubungan semua ayat yang anda kutip di atas? Apakah semua ayat di atas menunjukkan bahwa sumber mujizat bukan berasal dari Tuhan? Dari Iblis? atau cuma dari manusia? Haha...

Atau mungkin anda bisa menjelaskan ajaran Van Til tentang topik ini? Silakan, saya akan tunggu,,,

p tong's picture

vantilian makin jawab makin kelihatan tololnya.

 1-Nah, bisakah anda menjelaskan dimana hubungan semua ayat yang anda kutip di atas? Apakah semua ayat di atas menunjukkan bahwa sumber mujizat bukan berasal dari Tuhan? Dari Iblis? atau cuma dari manusia? Haha...

-Ayat ayat yang saya kasih kekamu di atas adalah ayat2 yang masing2  sudah sangat jelas artinya dan ngak perlu di hubungkan satu sama lain .semua ayat itu meruntuhkan pendapat kamu dan hai2 .

-Tiap bag di atas F T menyatakan ada mujizat dan tanda ajaib yang bukan dari Tuhan tetapi dari nabi 2 dan mesies2 palsu,  dari roh2 setan , dari ahli2 sihir firaun dll.

2-P tong, saya bukan Van Til dan tidak mengaku Van Til. Jadi, jika dibanding dengan Van Til, saya mungkin lebih tolol. Tapi yang lebih tolol adalah yang menyangka saya adalah Van Til

Ha ha ha dalam hal poin ke 2  ,saya akui saya tolol , bahkan tolol sekali terima kasih sudah menyadarkan saya, bahwa kenapa saya setolol itu, menyamakan vantilian dengan cornelius van til . sekali lagi terima kasih telah menyadarkan saya.

Vantillian's picture

p tong, jelas dari hongkong?

Anda nulis :

Ayat ayat yang saya kasih kekamu di atas adalah ayat2 yang masing2  sudah sangat jelas artinya dan ngak perlu di hubungkan satu sama lain .semua ayat itu meruntuhkan pendapat kamu dan hai2 .

Jelas dari Hongkong? Meruntuhkan? Meruntuhkan dari hongkong? Haha...Baca dulu komentar di atas baik2. Sekedar mengutip ayat, lalu mengklaim meruntuhkan pendapat orang, itu namanya sok tahu. Silakan diteliti lg komentar di atas. Kalau belum selevel dalam memberi komentar, belajar lagi lah.. Lalu saya masih nunggu apa pendapat Cornelius Van Til mengenai topik ini dari yang anda tahu. Soalnya kelihatannya anda sangat mengerti ajaran Van Til...

hai hai's picture

@ Dede, Silahkan Belajar Lagi

Dede wijaya, bila tidak paham sebaiknya belajar dulu baik-baik sebelum bicara agar anda tidak dianggap tolol dan mengada-ada.

Anda sama sekali tidak paham dengan apa yang anda tulis. Kenapa tidak kembali ke Alkitab dan mempelajarinya lagi dengan cara yang benar agar dapat memahaminya dengan benar?

Ada begitu banyak tulisan-tulisan saya yang membahas tentang mujizat-mujizat palsu danbualan para pengkotbah alam roh. Kenapa tidak mau belaku rendah hati dan mempelajarinya dengan baik?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

DEDE WIJAYA's picture

@ Pak Hai2

Saya melihat, ketika anda tdk bisa berargumen lagi, selalu arahnya belajar lagi baik, mulai dari belajar baca lagi Institutio, baca lagi dll.

Wah Pak Hai2, saya kuatir anda menulis yg tdk anda dalami dg sungguh2, atau anda merasa sudah mendalami dg baik, namun nyatanya hanya benar sebagian, anda mis bagian lain dari Alkiitab, sehingga Premis dasar anda salah, jadi Kesimpulan tdk akurat.

Mujizat itu bisa berasal dari YHWH, Iblis dan para setan/roh jahat, para Malaikat YHWH, Tukang SIhir, dll.

So, Makanya saya bilang Premis Dasar yg salah bisa menghasilkan kesimpulan yg tdk akurat, akhirnya jadi TIDAK ALKITABIAH.

dede wijaya

__________________

dede wijaya

GODARMY's picture

Pak DD hahaha

Pak DD berapa lama anda di SS?.. dan apa pendapat orang-orang antara anda dan hai-hai?.. Pak DD yg Imuuuuttt:D:D:D, masihkah anda tidak mengerti? jika pak DD yg imut mengatakan hai-hai tidak bisa berargumentasi lagi dan kesimpulannya tidak akurat anda harus bisa menunjukkan di mana tidak akuratnya:D, berargumentasi boleh dengan berbagai cara asalkan anda dapat meyakinkan seyakin-yakinnya kepada pembaca bahwa ajaran anda itu benar, Pak DD yg AMBOOOIII dan ASSOOOYY..:D:D:D,anda mengatakan para blogger segan dengan Hai-hai dan tidak berani menyapa itu salah besar

hahahaha....wong hai-hai itu orangnya lucu kok:D:D:D Yang membuat Hai-hai disegani itu karena dia mampu menunjukkan bukti-bukti yang akurat:)dan senang mengajarkan hal-hal yang tidak dimengerti, jika anda tidak merasa puas anda juga harus menunjukkan bukti-bukti yang akurat juga, hingga anda dapat meyakinkan para pembaca itu percaya 100 persen kepada anda,masihkah anda tidak mengerti apa yang dikatakan hai-hai tentang anda harus belajar lagi?...itu artinya anda harus dapat mengalahkan argumennya dia gitu lo pak:D.tunjukkan dengan ayat bahwa yang anda katakan itu benar-benar ada dan tercatat dalam bible beserta PENJELASANNYA DAN ALASANNYA, biar kita bisa yakin dan anda bertambah imuuut, amboooy dan assoyy ok:D:D:D. JESUS IS GOD

__________________

JESUS IS GOD

hai hai's picture

@ Dede wijaya, Saya Suka ...

Dede Wijaya, saya suka diskusi namun tidak suka debat kusir. Itu sebabnya saya tidak menjawab komentar anda namun menyuruh anda belajar lagi. Karena argumentasi anda adalah argumentasi debat kusir.

Mujizat bisa berasal dari YHWH bisa berasal dari Iblis dan para roh jahatnya. Mujizat bisa berasal dari para malaikat. Mujizat bisa dilakukan juga oleh Yanes dan Yambres, penyihir Mesir di zaman Musa, bisa buat ular dari tongkat2 mereka, tapi ular2nya dimaem abis ama tongkat e Harun.hihihi

Tunjukkan ayat-ayat Alkitab yang mendukung argumentasi anda, maka saya akan menunjukkan di mana kesalahan anda. Itu baru namanya diskusi. Mengulang-ulang kalimat kosong itu nggak ada gunanya.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

DEDE WIJAYA's picture

@ Hai2 & all Mujizat

Aku jadi teringat kisah si Bapak yg tdk punya iman, Tolonglah aku yg tdk percaya ini.

Kisah si ibu dan remah2 roti, Ibu besarlah imanmu, jadilah padamu sesuai dg imanmu.

dede wijaya

__________________

dede wijaya

hai hai's picture

Dede, Mujizat Dari Iblis

Dede wijaya, bisa tolong tunjukkan di bagian mana Alkitab mencatat mujizat dari Iblis dan roh-roh jahatnya?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

DEDE WIJAYA's picture

@ Hai2 dan Ivan

Puji YAHWEH, karena masih ada yg mengingatkan Hai2 dan Ivan selain saya, ada Pniel dan juga teman2 lain. Saya kuatir Hai2 dan Ivan, jadi bebal karena sudah menganggap Kristen Fundamental kaum bebal. Kadang dalam forum SS ini, saya melihat banyak SS-ers yg begitu segan dg Pak Hai2, sehingga mau menegur saja tdk berani, bahkan cenderung percaya semua kata Hai2. Bahaya juga kalo begini. Puji YAHWEH, masih ada yg mau mengingatkan Hai2. Hai2 konsisten dalam ketidakkonsistenannya. Kebanaran yg tdk konsisten bukanlah KEBENARAN (tdk perlu pake kata SEJATI). Pak Hai2, ayat2nya sudah diberikan oleh Pak Pniel. Anda bisa Crosscek dg Alkitab anda. GBU. dede wijaya
__________________

dede wijaya

Pniel's picture

@Dede, ini menunjukkan bahwa...

De, ini MEMBUKTIKAN bhw ternyata saya tidak memusuhi anda tetapi ajaran/sikap yang tidak Alkitabiah. Saya pun perlu banyak belajar dari kalian semua. Diatas semuanya itu, saya perlu dan harus menaklukkan semuanya (termasuk diri saya sendiri) dibawah otoritas Alkitab. Bless.
__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

automatkalashnikova47's picture

betulkah???

dede menulis: Kadang dalam forum SS ini, saya melihat banyak SS-ers yg begitu segan dg Pak Hai2, sehingga mau menegur saja tdk berani, bahkan cenderung percaya semua kata Hai2. Bahaya juga kalo begini. Puji YAHWEH, masih ada yg mau mengingatkan Hai2. komentar: bukannya segan alias takut, tapi karena argumen hai-hai sulit dilawan. ibaratnya diulik2x cari celah nggk nemu juga. dari pada pura2x nemu padahal nggk ada yah mending nggk ngaku2x nemu. nah, klo "kejahilan" om hai-hai baru banyak celahnya :D makannya banyak dikomentari.....
Vantillian's picture

Dede, saya memang segan dengan hai-hai

Dede, saya memang segan dengan hai-hai, DAN juga blogger yang lain. Saya segan terhadap blogger yang menjunjung tinggi Firman dan tidak berperilaku penipu atau penyesat. Apalagi seorang tukang copy-paste. Anda benar, saya sangat segan dengan hai-hai, JF, SF, B7, Kingheart dll, bahkan Joli. Saya segan karena banyak hal yang TERNYATA saya belajar dari mereka. Tetapi saya tidak segan-segan kepada yang tidak TAHU tapi SOK TAHU. Juga yang bebal. Dede, kenapa tidak menyangkal argumen saya tentang mujizat palsu? Kenapa menuduh saya bebal? Hoho...Cuma begini argumen anda? Kenapa anda tidak tulis blog baru mengenai topik ini? Biar kelihatan kebodohan anda seperti Yanes dan Yambres? Iblis bisa melakukan mujizat? Kalau Iblis bisa melakukan mujizat, lalu apa esensi mujizat Allah? Apa cuma beda di tujuan? Sekali lagi dede, kalau mau beragumen, beragumenlah dengan gagah berani, kalau BELUM PERNAH mikir mengenai ini, belum terlambat anda mengakuinya. Belajarlah lagi Dede, jangan permalukan gurumu...
Vantillian's picture

Mujizat dan Hukum Alam

Kebanyakan orang kristen percaya ketika Allah selesai menciptakan pada hari keenam dan menetapkan hukum alam, maka Allah MENINGGALKAN dunia ciptaanNya kepada hukum alamNya. Kemudian Allah HANYA memantau kejadian di dunia ini, dan pada akhirnya, JIKA Allah ingin CAMPUR TANGAN atau intervensi, maka Allah akan mengintervensi, kemudian terjadilah MUJIZAT. Karena itu, mujizat sering dikaitkan dengan INTERVENSI ILAHI dan PELANGGARAN HUKUM ALAM. 

Pertama, harus disadari bahwa hukum alam adalah hukum ilahi. Dalam arti Allah telah menetapkan suatu hukum alam sebagai manifestasi KEHENDAKNYA. Apakah ketika Allah mengadakan mujizat, maka Allah sedang melanggar hukumNya sendiri? Ataukah ada hukum alam yang belum atau tidak bisa dieksplorasi oleh manusia secara tuntas? 

Kedua, Allah pencipta BUKAN Allah yang meninggalkan dunia ini untuk berjalan sendirinya. Allah kita MENOPANG dan BERTINDAK dalam sejarah manusia dan dalam semua kejadian di dunia. TIDAK ADA satupun kejadian di dunia ini yang LEPAS dari kehendakNya. Jadi istilah "intervensi" mengandung makna yang bias atas kejadian mujizat yang dilakukan Allah. Apakah Allah melakukan intervensi sekali-kali? Kadang-kadang? Jarang sekali? Atau terlalu sering? 

Ketiga, mujizat dari Allah BUKAN pelanggaran atas hukum Allah sendiri, tetapi bisa menjadi CARA LAIN atau CARA yang LUAR BIASA yang tidak terselidiki oleh manusia. Mengapa harus LUAR BIASA? Apakah yang biasa bukan mujizat? Saya yakin kita harus membedakan kejadian mujizat dengan kejadian biasa. Kalau tidak, makna mujizat menjadi tak berarti. Bacalah kisah tentang mujizat dalam Alkitab, kita akan merasakan dan memikirkan bahwa mujizat MEMANG luar biasa. Tetapi masalahnya, apakah CARA mujizat ini MELAWAN hukum alam?

Keempat, mujizat dalam Alkitab selalu dikaitkan dengan kata "tanda". Mujizat terjadi karena berkaitan dengan "yang ditandai". Tanda-tanda apa? Kerajaan Surga, pemerintahan Allah, Ketuhanan Yesus, dsb. Dengan kata lain, mujizat dilakukan dengan tujuan tertentu, yaitu menandai sesuatu.

Kelima, mujizat "harus" dimengerti secara hati-hati. Kebanyakan mujizat adalah HASIL INTERPRETASI dari seseorang atas suatu kejadian. Mujizat itu nyata, BAGI siapa? Mujizat terjadi secara objektif, tetapi bisa ditanggapi secara subjektif oleh seseorang. Dalam arti seseorang bisa memandang hidupnya sebagai mujizat SETIAP HARI, sedangkan yang lain harus melihat hal-hal yang LUAR BIASA. Subjektivitas mujizat harus hati-hati dipisahkan.

Keenam, mujizat yang tertulis dalam Alkitab, harus dilihat dari konteks, karena ada mujizat PALSU. Mujizat yang palsu, itulah yang SAMA dengan perbuatan-perbuatan yang kelihatan sangat ajaib dan mengherankan, tetapi adalah penipuan. KE-BIAS-AN dalam penilaian oleh indera kita dan perasaan kita sangat mudah dimanipulasi untuk suatu kejadian mujizat palsu. 

 

joli's picture

Vant thanks

Mujizat sering dikaitkan dengan INTERVENSI ILAHI dan PELANGGARAN HUKUM ALAM.

Allah pencipta BUKAN Allah yang meninggalkan dunia ini untuk berjalan sendirinya. Allah kita MENOPANG dan BERTINDAK dalam sejarah manusia dan dalam semua kejadian di dunia. TIDAK ADA satupun kejadian di dunia ini yang LEPAS dari kehendakNya

mujizat dalam Alkitab selalu dikaitkan dengan kata "tanda". Mujizat terjadi karena berkaitan dengan "yang ditandai". Tanda-tanda apa? Kerajaan Surga, pemerintahan Allah, Ketuhanan Yesus, dsb. Dengan kata lain, mujizat dilakukan dengan tujuan tertentu, yaitu menandai sesuatu.

Terima kasih Vantillian.. poin-poin yang anda tulis membuat-ku lebih mengerti arah tulisan Hai2 hal "AKU TIDAK PERCAYA MUJIZAT" untuk tidak asal klaim mujizat, ... meski masih menyisakan beberapa pertanyaan..

Vantillian's picture

Joli, sama-sama...

Joli, banyak teolog menolak kata "intervensi Allah" dalam hal mujizat, tetapi banyak juga yang menerimanya. Intervensi Allah sellau dihubungkan dengan Allah melanggar hukumNya sendiri. Dalam arti ketika Allah melakukan mujizat, Allah seakan mengubah hukumNya sendiri dengan intervensiNya. Air sudah hukumnya tidak bisa menjadi anggur, tetapi ketika menjadi anggur, itu berarti melanggar hukum alam. Saya lebih condong kepada mujizat adalah tindakan Allah dalam tatanan yang tidak dapt diselidiki oleh manusia, dimana TIDAK merusak tatanan alam yang ada dengan tujuan tertentu. Tetapi definisi yang pasti saya tidak berani memberikannya. Tidak seperti definisi dari hai-hai. 

Joli, semua mujizat PASTI menyisakan pertanyaan, karena kalau tidak, bukan mujizat namanya. Itu wajar. Yang harus terus dipelajari adalah apa hubungan mujizat dengan iman? Hubungan mujizat dengan Kerajaan Allah? Hubungan mujizat dengan pekerjaan Yesus dan para Rasul? Hubungan mujizat dengan ilmu pengetahuan? Untuk mempelajarinya, mesti ada studi intens. Blog hai-hai adalah awal yang baik untuk studi tentang mujizat. Saya rasa hai-hai sedang mempersiapkan sesuatu hal yang luar biasa tentang pemahamannya mengenai mujizat. Haha....kita tunggu saja...

n_CEP's picture

hari ke 6 belum berakhir

Didalam kitab Petrus tertulis 1 hari Tuhan = 1000 th, kloTuhan berhenti di hari ke 6 bukankah berarti Tuhan behenti mencipta di th ke 6000,perhitungan usia bumi menurut Alkitab usia bumi tuh kurang dari 6000 th bisa nga itu berarti Tuhan belum berhenti mencipta di hari ke 6 or hari ke 6 tuh blm berakhir, mohon petunjuk......

 

__________________

pan kite semue sodare......Tongue out

hai hai's picture

@n_cep, 6 Hari adalah 6 Hari

Lalu Allah menamai cakrawala itu langit. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari kedua.Kejadian 1:8

n_cep, 6 hari adalah 6 hari.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

whoislikegod's picture

@ hai hai

Salam hai hai

Saya baru di SS ini dan banyak belajar dari tulisan2 di SS demikian juga dari blog2 Anda. Semoga tidak keberatan dengan pertanyaan2 saya.

MUJIZAT adalah kejadian yang menyimpang dari hukum-hukum alam yang telah diketahui.

Mengingat definisi Anda mengenai mujizat maka peristiwa Yesus berjalan di atas air adalah tinggal tahu bagaimana cara membuat BJ manusia lebih ringan dari BJ air maka hal itu akan terjadi. Yang saya bingung adalah peristiwa air menjadi anggur. Bagaimana menyikapi ini? Atau memang ada penjelasan mengenai ini. Mohon pencerahannya....

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

hai hai's picture

@ whoislikegod, Bukan Definisi Saya

MUJIZAT adalah kejadian yang menyimpang dari hukum-hukum alam yang telah diketahui.

whoislikegod, itu bukan definisi saya namun definisi yang ada di dalam ensiklopedia. Saya hanya mengutipnya.

Seperti yang saya tulis:

Apakah semua mujizat yang tercatat di dalam Alkitab dapat dipahami dan dijelaskan secara ilmiah? TIDAK! Bukan karena kejadian-kejadian itu MELANGGAR hukum alam, atau karena keterbatasan kemampuan akal budi manusia atau keterbatasan pengetahuan manusia, namun karena Alkitab tidak mencatat kejadiannya secara lengkap.

Air menjadi Anggur

whoislikegod, Alkitab sama sekali tidak mencatat dengan detail bagaimana proses air menjadi anggur. Mujizat itu terjadi di hadapan umum. Yesus sama sekali tidak menyentuh air maupun tempayan-tempayan itu. Itu berarti tidak ada peluang sama sekali untuk main sulap.

Kaum liberal mengajarkan bahwa tidak ada mujizat sama sekali karena yang terjadi adalah semua orang sudah mabok sehingga percaya saja ketika pemimpin pesta itu mengatakan bahwa itu adalah anggur. Namun pendapat demikian tidak masuk akal karena Alkitab mencatat bahwa pemimpin pesta itu sama sekali tidak tahu dari mana anggur itu datang. Dia juga menegur mempelai  lelaki karena malanggar tradisi.

Apakah air berubah menjadi anggur melanggar hukum alam? Ada banyak teori yang dapat diajukan untuk membenarkannya namun banyak pula teori untuk menyanggahnya. Saya memilih untuk tidak menjelaskan argumentasi-argumentasi itu karena semuanya hanya teori tanpa dukungan ilmu yang kuat.

Mungkin perkembangan ilmu pengetahuan selanjutnya dapat menjelaskannya dengan gamblang? Siapa tahu? Bila anda tertarik untuk mempelajarinya mulailah dengan mempelajari rumus kimia air dan rumus kimia alkohol.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

whoislikegod's picture

definisi mujizat

maaf Saudara. Saya kira definisi mujizat adalah definisi Anda yang di dapat dari alkitab. Adakah Alkitab menjelaskan arti dari mujizat itu sendiri? Saya mencari dan menemukan beberapa dari bahasa aslinya seperti: ath dan oth artinya tanda atau mujizat tapi tidak saya temukan ada penjelasan yang lengkap.

Air menjadi anggur

Setahu saya air murni sendiri terdiri dari 2 atom H dan 1 atom O yang saling terkait membentuk senyawa H20. Sedangkan air anggur adalah H20 + warna anggur + rasa anggur + aroma anggur+ alkohol (CnH2n+1OH') sumber Klik di sini.

jadi kelihatannya emang unlogical peristiwa ini. Apakah dengan ini Yesus menggunakan kekuatan supra natural untuk mengubah? Atau Yesus menggunankan trik yang logis untuk mengubah? Btw ty vm...

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

hai hai's picture

whoislikegod, Unlogical?

whoislikegod, jangan terlalu cepat menarik kesimpulan unlogical. Apabila sekali klik lalu baca membuat anda menjadi ahli kimia, maka kasihan sekali para ahli kimia yang harus belajar bertahun-tahun baru menjadi ahli.

Alkohol yagn digunakan untuk minuman namanya Etanol rumus kimianya adalah C2H5OH.

Alkitab tidak mencatat bagaimana cara melakukan mujizat itu.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

bintang seven's picture

mukjizat bisa dimengerti?

hai pertanyaan gw dua biji dulu

1. bagaimana anda menjelaskan mukjizat bisa digali dan dipahami klo tak ada sedikitpun wahyu ttg penjelasannya di alkitab...misal 5 roti dan 2 ikan digandakan memberi makan 5.000 orang? bukankah hal ini telah terjadi ribuan tahun dan belum ada yg mampu melakukannya lagi? klo ada gw pengen liat langsung dan jgn kayak tukang sulap pake ditutupin kain hitam alias tipu2.. bagaimana mukjizat yg belum ada penjelasan ilmiahnya bagi anda? masih menunggu atau adakah maksud Tuhan yg tak tercantum di blog anda ini?

2. ada 2 tipe anak sma yg gw tau.... yg pertama suka bgt main tp terpaksa baca buku hanya krn kewajiban sbg anak sma tp saat belajar yg ada dihatinya adalah main aja....dan tipe kedua anak yg suka baca buku krn baginya belajar adalah menarik dan menambah wawasan walau sedikit memusingkan dan dia juga sekali2 bermain dg anak tipe pertama....

dari kedua tipe ini mana yg kira2 dari mereka yg klo baca blog anda ini yg akan lebih bisa mengerti rahasia hukum alam yg telah selesai diciptakan Tuhan dan kita tinggal menggalinya?

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

hai hai's picture

@B7, Mujizat Dua Roti Lima Ikan

Dan setelah Ia mengambil lima roti dan dua ikan itu, Ia menengadah ke langit dan mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, supaya dibagi-bagikan kepada orang-orang itu; begitu juga kedua ikan itu dibagi-bagikan-Nya kepada semua mereka Markus 6:41

Bintang   seven, menurut saya mujizat lima roti dan dua ikan untuk makan lima ribu orang lebih, sisa 12 bakul adalah mujizat yang paling sulit dipahami. Anda pernah melihat sulap di mana kartu remi muncul dari telapak tangan yang kosong tiada habis-habisnya? Roti dan ikan tiada habis-habisnya walau sudah dipecah-pecah oleh Kristus untuk diberikan kepada murid-murid guna dibagi-bagikan.

Kaum liberal yang paling logis mengajarkan bahwa tidak ada mujizat sama sekali. Yesus mencuil roti itu kecil-kecil lalu menyuruh murid-muridnya membagi bagikannya. Orang-orang itu terbagi dalam kelompok-kelompok mereka menerima cuilan roti dari murid-murid lalu mencuilnya lagi untuk dibagi-bagikan. Mereka lalu mengeluarkan bekalnya masing-masing dan makan dengan lauk culian kecil roti dan ikan yang dibagikan murid-murid.

Apa yang diajarkan kaum liberal paling logis itu nampak masuk akal namun sesungguhnya jauh dari logis. Yesus tidak pernah menentukan di mana dia akan kotbah dan berapa lama dia akan mengajar. Kemungkinannya kecil orang-orang itu membeli bekal dulu. Dan lagi, tempat itu dekat dari desa-desa. Sebenarnya tidak ada masalah bila Yesus menyuruh mereka pulang. Masalahnya bukan tidak ada tempat untuk membeli roti namun uangnya yang tidak ada.

Bintang Seven, mujizat lima roti dan dua ikanlah, bukan membangkitkan bangkai Lazarus yang telah membusuk yang membuat saya sulit sekali untuk memahami ayat Alkitab ini.

Ketika Allah pada hari ketujuh telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuat-Nya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan yang telah dibuat-Nya itu. Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya, karena pada hari itulah Ia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu. Kejadian 2:2-3.

Yesus Kristus adalah Allah, dia mampu menciptakan roti sebab Dia-lah yang menciptakan alam semesta. Itu sebabnya dia menciptakan roti dan ikan untuk makan lima ribu orang lebih. apabila Dia mencipta, bukankah itu berarti Dia melanggar Kejadian 2:2-3? Dia Allah, terserah Dia mau melanggar ucapan-Nya sendiri. Apabila Allah boleh melanggar firman-Nya, apalagi manusia?

Kenapa Yesus membutuhkan roti dan ikan? Kenapa Yesus hanya membagi-bagikan roti dan ikan, tidak buah apel atau jeruk sekalian es campur? Pertanyaan-pertanyaan inilah yang membuat saya benar-benar memahami Kejadian 2:2-3.

Allah Mustahil melanggar firman-Nya sendiri.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

whoislikegod's picture

@hai hai, mujizat atau peristiwa?

hai hai menulis:

@ whoislikegod, Bukan Definisi Saya [whoislikegod, Alkitab sama sekali tidak mencatat dengan detail bagaimana proses air menjadi anggur. Mujizat itu terjadi di hadapan umum.

Alkohol yagn digunakan untuk minuman namanya Etanol rumus kimianya adalah C2H5OH.]

whoislikegod, Unlogical? [Alkitab tidak mencatat bagaimana cara melakukan mujizat itu.]

@B7, Mujizat Dua Roti Lima Ikan [Bintang   seven, menurut saya mujizat lima roti dan dua ikan untuk makan lima ribu orang lebih, sisa 12 bakul adalah mujizat yang paling sulit dipahami]

Sekedar saran untuk Anda adalah lebih baik Anda tidak menggunakan kata MUJIZAT di sini tapi PERISTIWA. Mengingat Anda menganggap hal-hal  tersebut  suatu saat nanti akan ada jawaban. Sehingga dengan ini para pembaca akan melihat ke-konsisten-an Anda. Kecuali jika Anda punya maksud dan penjelasan tersendiri mengenai ini.

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

hai hai's picture

whoislikegod, Mujizat ...

Saudara whoislikegod, bukankah selama ini saya selalu konsisten? Ketika menyebut mujizat, yang saya maksudkan adalah mujizat menurut definisi yang saya kutip. Di mana letak tidak konsistennya?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

whoislikegod's picture

atu binun om hai hai...

justru selama ini saya menganggap Sdr sangat konsisten. Tapi kalo Saudara Hai Hai bilang bahwa peristiwa Yesus berjalan di atas air adalah mujizat, air jadi anggur adalah mujizat dan 5 roti 2 ikan juga adalah mujizat; bukankah ini ke-tidakkonsiten-an? Tidak konsisten karena Saudara Hai bilang Setelah hari ke enam, tidak ada lagi mujizat. ·siapa seperti Allah?·
__________________

·siapa seperti Allah?·

hai hai's picture

whoislikegod, Bukankah Saya ...

whoislikegod, bukankah di dalam blog saya tertulis, bahkan di dalam tulisan AKU TIDAK PERCAYA MUJIZAT juga digambarkan dengan gamblang?

MUJIZAT adalah kejadian yang menyimpang dari hukum-hukum alam yang telah diketahui.

BUKAN

MUJIZAT adalah kejadian yang menyimpang dari hukum alam karena intervensi Allah.

Saya percaya mujizat dalam arti: MUJIZAT adalah kejadian yang menyimpang dari hukum-hukum alam yang telah diketahui. Saya tidak percaya mujizat dalam arti: MUJIZAT adalah kejadian yang menyimpang dari hukum alam karena intervensi Allah. Apabila anda melihat atau mengalami mujizat, maka percayalah bahwa itu adalah kejadian yang menyimpang dari hukum-hukum alam yang telah diketahui, bukan kejadian yang menyimpang dari hukum alam karena intervensi Allah.

Ketika saya menyebut mujizat, itu berarti mujizat sesuai DEFINISI yang saya kutip.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

whoislikegod's picture

Dari serentetan tanya jawab

Dari serentetan tanya jawab saya dengan Anda, kesimpulannya adalah: 1. definisi Hai Hai tentang mujizat: MUJIZAT adalah kejadian yang menyimpang dari hukum-hukum alam yang telah diketahui. BUKAN MUJIZAT adalah kejadian yang menyimpang dari hukum alam karena intervensi Allah 2. Peristiwa yang terjadi dalam Alkitab seperti mengubah air menjadi anggur, Yesus berjalan di atas air dan 5 roti 2 ikan adalah MUJIZAT dalam arti DEFINISI (yang dikutip) HAI - HAI. 3. Hai Hai percaya MUJIZAT masih berlaku sampai saat ini dalam artian mujizat menurut definisi Hai Hai BUKAN karena ada intervensi Allah. Maafkan saya Hai Hai jika kesimpulan saya masih salah juga. Maksud saya atas semua ini adalah saya SEDANG belajar mengerti pola pikir orang lain-lain. ·siapa seperti Allah?·
__________________

·siapa seperti Allah?·

bintang seven's picture

hai ketidak konsistenan definisi mukjizat anda

hai2 menulis definisi mukjizatnya sbb:

MUJIZAT adalah kejadian yang menyimpang dari hukum-hukum alam yang telah diketahui.

bukankah waktu petrus berjalan di atas air sampai petrus mati disalib terbalik

di tak pernah mengetahui hukum berjalan di atas air? bukankah 5000 orang itu

dan penulis kitab markus tak tahu hukum alam bhw 5 roti bisa digandakan dan

sisa 12 bakul? lalu ketika ada yg bisa berjalan diatas air krn sudah tahu tehniknya

itu disebut bukan mukjizat lagi? tampaknya anda mulai mendewakan scientist hai..

soal tahu atau tidak tahu krn masih rahasia gw rasa lo dah bedain petrus dan manusia

zaman skrg krn petrus dll dulu gak tau tp orng2 jaman skrg bisa tau??

klo menurut gw bedanya para pesulap berjalan diatas air itu mereka gak bisa berjalan diatas

badai... untuk menolong murid2 yg lg kesusahan....jadi motivasinya berbeda: utk menolong dan pamer

dan yg lebih parah merka tidak melakukannya dlm nama Yesus (iman).

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

hai hai's picture

Bintang Seven, KONSISTEN adalah KONSISTEN

Bintang Seven, seperti yang sudah saya katakan berkali-kali sejak menulis blog Aku tidak Percaya Mujizat:

Diskusi ini HARUS dimulai dengan menganalisa definisi. Pertama, apa definisi Allah berhenti mencipta pada hari ke tujuh dengan definisi apa itu mujizat.

Setelah kedua definisi tersebut disetujui, maka selanjutnya definisi harus dilakukan di dalam KERANGKA kedua definisi tersebut.

Tanpa melakukannya demikian, maka diskusi ini akan berakhir di antah berantah.

Anda harus menerima bahwa BERHENTI mencipta berarti BERHENTI mencipta. tidak ada bentuk dan wujud baru serta tidak ada hukum baru. Semuanya sudah direncanakan dalam 6 hari penciptaaan, semuanya sudah DITETAPKAN dalam 6 hari penciptaan.

Dengan pemahaman demikian, maka anda akan menyetujui bahwa:

MUJIZAT adalah kejadian yang menyimpang dari hukum-hukum alam yang telah diketahui karena MUJIZAT BUKAN kejadian yang menyimpang dari hukum alam karena intervensi Allah.

Bintang Seven, banyak teman-teman yang memahami tulisan saya terheran-heran membaca komentar-komentar pada tulisan tentang mujizat yang saya unggah. Mereka bertanya, kenapa begitu banyak orang yang tidak mampu memahami tulisan demikian gamblang dan sederhana? Menurut saya hal itu terjadi karena mereka membaca tulisan saya dengan PRASANGKA BURUK. Ha ha ha ha  ... Karena prasangka buruk maka semakin dijelaskan semakin berburuk sangka.

Saya mengajak untuk MEMAHAMI mujizat yang tercatat di dalam Alkitab dengan cara yang benar.

Mereka MENYANGKA saya sedang MENYANGKAL bahwa mujizat yang tercatat di dalam Alkitab adalah MUJIZAT.

bintang Seven, bila orang-orang sezaman Petrus sudah tahu rahasia berjalan di atas air, bukankah itu berarti ada banyak orang berlalu-lalang jalan di danau Galilea? Bila hal itu terjadi, anda pikir Yesus akan melakukan hal yang sama lalu murid-murid-Nya mengagul-agulkannya sebagai MUIZAT, tanda bahwa Dia adalah Allah?

Apabila orang-orang sezaman Petrus sudah tahu rahasia memberi makan 5 ribu orang lebih dan sisa 12 bakul, anda pikir Yesus akan melakukan hal yang sama lalu murid-murid-Nya mengagul-agulkannya sebagai MUIZAT, tanda bahwa Dia adalah Allah?

Saat ini banyak pesulap yang menunjukkan kesaktiannya berjalan di atas air. apakah mereka berjalan di atas air? Tidak! Mereka berjalan di atas kasur udara yang diletakkan di dalam kolam air. Anda tidak bisa membedakannya dari air karena warnanya bening.

Anda pernah melihat pesulap yang mengeluarkan kartu dari telapak tangan kosong? Anda melihatnya dari depan bukan? Kenapa tidak mencoba melihat dari belakangnya? Coba anda praktekkan sulap ilmu santet tusuk gigi yang saya ajarkan.Untuk membacanya silahkan klik di sini. Sekali anda memahami teknik sulap itu, maka ada puluhan teknik sulap lain dapat anda bongkar rahasianya dengan mudah ketika melihatnya.

Mujizat-mujizat yang tercatat di dalam Alkitab MUSTAHIL mampu dilakukan oleh manusia apalagi Iblis dan roh-roh jahatnya. Banyak orang menyangka bahwa mujizat-mujizat yang dilakukan oleh para nabi dan rasul itu terjadi karena mereka MELAKUKAN sesuatu. Alkitab dengan GAMBLANG mengajarkan bahwa bukan hal demikian yang terjadi.

Anda percaya laut Merah tetap akan terbelah pada waktu yang telah ditetapkan walaupun Musa tidak menyentuh air dengan tongkatnya? Anda percaya tembok Yerikho tetap akan rubuh pada waktu yang telah ditetapkan walaupun bangsa Israel tidak mengelilingi sesuai prosedur yang ditetapkan Allah? Anda tahu, ketika Allah menyuruh Musa menyentuh bukit dia memukulnya namun airnya tetap keluar?

Bintang Seven, saya tidak mampu mengajak yang lain untuk melangkah maju karena mereka kekeh jumekeh berjalan di tempat.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

bintang seven's picture

hai2 pelan2

hai jgn kebut2 klo mo jalan ke depan krn nenek bilang ngebut berbahaya anda jg hrs diuji spy gak bawa orang nyasar...dan speed gw jg rada lambat di hal2 supra natural kayak begini jadi maklumilah gw hal sederhanapun akan rumit klo kuncinya gak ketemu... apakah lo ingin mengatakan mukjizat suka2nya Tuhan?

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

bintang seven's picture

mukjizat

waktu petrus jln diatas air dah jelas dia gak tau teorinya apalagi archimedes blm lahir saat itu ttp bukankah setelah itu alkitab tdk mencatat petrus berjalan di atas air lagi misal dia berkotbah di atas air... yg gw heran klo rasul kayak gitu gak dpt ilham utk meniru,mempelajari mukjizat yg terjadi bukankah menunjukkan bhw mukjizat sejati hanya milik sang Firman itu sendiri?...bukankah Alam hanya tunduk kepada penciptanya? itulah kenapa ramalan cuaca gak bisa tepat melulu...tul gak? bahkan rasulpun tak dapat melakukannya tanpa ketetapan Allah yg menghendaki mukjizat terjadi....lalu pertanyaannya kenapa lo benci ama pendeta alam roh yg selalu berdoa minta mukjizat? salahnya mereka dimana ya?

ttg bgs israel jika tidak mengelilingi  tembok yeriko sesuai prosedur gw percaya tembok akan tetap rubuh... bukannya ini bahaya? gw gak lakuin ah sesuai kata tuhan toh tembok tetap rubuh knpa mesti repot keliling2 tuh tembok bikin capek... klo kata2 Tuhan pasti terjadi lalu knpa IA mensyaratkan sesuatu utk terjadi ya?

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

hai hai's picture

@ Bintang 7, Mujizat dan Ketaatan

Bintang Seven.Semua mujizat yang tercatat di dalam Alkitab adalah KETETAPAN Allah dalam 6 hari penciptaan. Mujizat-mujizat tersebut tidak melanggar hukum alam.

Apakah bila saya mendapat ilham untuk menyelidiki mujizat-mujizat tersebut, berarti mujizat-mujizat itu bukan milik Sang Firman itu sendiri?

Alam HANYA tunduk kepada penciptanya namun manusia MENGEMBAN mandat untuk MENUNDUKKANNYA.

Mengharapkan mujizat TIDAK salah sama sekali. Minta Allah melakukan mujizat juga tidak salah. Namanya juga usaha. Namun mengajarkan bahwa manusia mampu membuat MUJIZAT bila dia CUKUP ngotot bahwa mujizat itu PASTI terjadi jelas bertentangan dengan ajaran Alkitab. Mengklaim melakukan mujizat padahal tidak ada mujizat sama sekali jelas MEMBUAL. Itu sebabnya saya menentang ajaran para pengkotbah alam roh. Mereka mengajarkan yang tidak diajarkan Alkitab bahkan yang bertentangan dengan ajaran Alkitab.

Tuhan memberi perintah kepada Musa untuk menyuruh gunung batu mengeluarkan air. Musa menghajar gunung batu itu dengan tongkatnya dua kali. Walaupun tidak melaksanakan prosedur dengan benar, namun air memancar dari gunung batu itu. Untuk membaca kisah itu silahkan klik di sini. Bagaimana anda memahami kisah itu?

Mujizat adalah satu hal sementara menaati perintah tuhan adalah hal yang lan lagi. Walaupun Musa tidak taat namun mujizat terjadi jua. Namun karena ketidaktaatannya, Musa menerima hukuman dari Allah. 

Ketika memberi perintah kepada bangsa Israel untuk mengelilingi Yerikho, apakah saat itu Tuhan berkata bahwa itulah SYARAT yang harus dipenuhi agar tembok Yerikho rubuh? TIDAK!

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Pniel's picture

@Hai Hai, saya rasa aneh...

Saya barusan nimbrung, sangat telat karena udah banyak yg kasi komentar. Kiranya komentar saya ini turut andil didalam usaha pencarian kebenaran.

Ko Hai, anda menolak definisi mujizat HANYA KARENA didasarkan pada kedua ayat ini yang sama sekali tidak mengindikasikan adanya penghentian mujizat oleh Allah.

Ketika Allah pada hari ketujuh telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuat-Nya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan yang telah dibuat-Nya itu. Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya, karena pada hari itulah Ia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu. Kejadian 2:2-3.

Yang saya dapati dari ayat yang anda permasalahkan ini adalah HANYA ADANYA PENGHENTIAN PEKERJAAN PENCIPTAAN. Ya...ayat tsb HANYA berbicara mengenai adanya satu hari diantara 7 hari dimana Allah BERHENTI dari pekerjaan penciptaan. Apakah setelah itu Allah nganggur total??? TIDAK! Allah HANYA BERHENTI dari PEKERJAAN PENCIPTAAN. Ia tidak membiarkan dan menyerahkan begitu saja proses jalannya sejarah didepan HANYA BERGANTUNG pada hukum alam yang telah Ia ciptakan TETAPI Ia memeliharanya sesuai dengan kedaulatan kehendakNya. Ayat2 diatas HANYA memaparkan suatu pola yang HARUS dicontoh oleh manusia bahwa ia harus menghormati SABAT sbg suatu hari yang dikhususkan bagi Tuhan.

Kel.20:8 Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat:

20:9 enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu,

20:10 tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu.

20:11 Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya

Jadi, apakah ayat-ayat di Kejadian HARUS DIPAKSAKAN untuk penentangan akan definisi mujizat versi Ko Hai Hai? TIDAK! Ternyata secara mengejutkan FT berbicara sebaliknya. Saya mendapati adanya kurang lebih 81 ayat di seluruh Alkitab yang memuat kata 'mujizat'. Apakah ini berarti Alkitab percaya adanya mujizat? YA. Ini dinyatakan oleh Alkitab bukan secara implisit tetapi eksplisit. Apakah ini berarti definisi mujizat Ko Hai Hai berbeda dengan Alkitab? YA.

Hai Hai menulis:

MUJIZAT adalah kejadian yang menyimpang dari hukum-hukum alam yang telah diketahui.

BUKAN

MUJIZAT adalah kejadian yang menyimpang dari hukum alam karena intervensi Allah.

Ternyata Alkitab berbicara lain, yaitu MUJIZAT BISA TERJADI KARENA ADANYA INTERVENSI ALLAH.

Yang menjadi keberatan Ko Hai Hai adalah kalimat 'INTERVENSI ALLAH' -dengan asumsi bhw Allah berhenti dari pekerjaan penciptaan -dengan asumsi bhw penciptaan termasuk semua hukum-hukum alam; kalau Allah ternyata masih berintervensi berarti Allah berbuat seenak udele dewe karena melanggar ketetapanNya.

Ini sudah saya bantah dengan argumentasi saya diatas bhw Allah HANYA berhenti dari pekerjaan PENCIPTAAN, sedangkan PROVIDENSIANYA masih terus bekerja mengendalikan jalannya sejarah agar sesuai dengan rencana dan tujuanNya yang kekal. Secara sembrono pula Ko Hai Hai mengkaitkan hukum-hukum alam dengan KETETAPAN KEKALNYA.

Hukum alam adalah KETETAPAN-KETETAPAN Allah akan alam semesta. Ketetapan-ketetapan itu sudah ditetapkan dalam 6 hari penciptaan dan sejak itu tidak ada lagi ketetapan-ketetapan baru, bukannya karena Allah tidak MAMPU atau tidak BERDAULAT, namun karena Allah sudah menetapkannya demikian.

Mungkin pikiran Ko Hai Hai TERANCU antara ketetapan Allah didalam HUKUM2 ALAM dengan ketetapan Allah didalam PREDESTINASI. Perlu diketahui bhw ada PERBEDAAN antara ketetapan Allah didalam kedua hal tsb. Ketetapan Allah didalam hukum2 alam TIDAK SETARA dalam ketetapan Allah didalam predestinasi. PERBEDAAN kedua ketetapan tsb adalah ketetapan Allah didalam hukum2 alam dapat diubah oleh Allah demi providensiaNya thdp jalannya sejarah atau hidup orang2 pilihan SEDANGKAN ketetapan Allah didalam predestinasi adalah kekal, tetap tidak berubah. PERSAMAANNYA adalah HANYA Allah saja yang merencanakan dan sanggup melaksanakan kedua ketetapan tsb demi kemuliaanNya.

Tambahan :
Rom.8:28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah

Kalau memang dirasa perlu oleh Allah untuk mengubah sesuatu (termasuk mengubah untuk seketika hukum alam) demi tujuanNya yang harus tergenapi didalam diri orang2 pilihan, maka itu akan dilakukanNya.

Bless.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

DAN-DAN's picture

@Pniel, bukan nya...

Pak Clark Kent yang Superman, saya pernah mikir gitu seperti anda, dan sampai sekarang memang agak berpikir gitu juga.

Tapi kayanya pandangan Predestinasi orang juga beda2 kedalaman nya. Trus aplikasi nya juga agak susah kalo bicara Predestinasi karena itu kan dari sudut pandang Allah sendiri ya?

Saya kok penasaran tentang pandangan anda, tentang Predestinasi dan mujizat ini bagaimana. Pak CLark Kent yang Superman bisa menjelaskan lebih rinci???

thx sebelum nya.

 

DAN-DAN

 

saya suka bebek panggang...

__________________

Saya Suka Bebek Panggang...

KEN's picture

@DAN-DAN, sedikit Predestinasi ala Ken

Predestinasi ala Ken adalah, semua manusia dituntut untuk berpikir seperti Allah, freewill harus takluk pada sudut pandang Allah.

masih banyak seh, cuma maaf, waktunya sempit. Ini garis besarnya aja. Kita tidak punya kuasa untuk memaksa Allah untuk sesuai dengan kita, sekalipun kita sudah memaksakannya, itu tetap masuk dalam predestinasi Allah.

 

KEN's picture

Contoh predestinasi ala Ken

Seperti halnya laki-laki dan perempuan. laki-laki yang terlahir sebagai laki-laki tidak bisa mengubahnya ingin terlahir sebagai perempuan, begitupun dengan perempuan.

Pniel's picture

@Dan Dan, saya hanya, Hai Hai&Vant

Saya hanya mengira-ngira bhw ada kemungkinan Ko Hai Hai berpikiran spt itu mengingat latar belakang theologia Reformed yang dia anut. Saya tahu karena saya dan Ko Hai Hai sama-sama dibesarkan dalam nafas theologia yg sama.

Saya percaya bhw mujizat masih terjadi dan ini terus berlangsung sampai kiamat. Mengenai agent dibalik mujizat, Allah dan setan bisa melakukan mujizat itu semua. Ini keliatannya akan membuat Ko Hai Hai dan Vantillian berang dan menentang pendapat saya ini tetapi saya harus katakan ini. Adapun dasarnya adalah sbb :

Matius 24:24 Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.

II Tesalonika 2:9 Kedatangan si pendurhaka itu adalah pekerjaan Iblis, dan akan disertai rupa-rupa perbuatan ajaib, tanda-tanda dan mujizat-mujizat palsu,

Wah.13:13 Dan ia mengadakan tanda-tanda yang dahsyat, bahkan ia menurunkan api dari langit ke bumi di depan mata semua orang


Mungkin Vantillian akan berargumentasi bhw mujizat2 iblis adalah mujizat PALSU (bukan asli) - koreksi saya jika salah. Saya tidak mengerti mengenai definisi Vant ttg mujizat palsu. Apakah ini berarti mujizat palsu adalah bukan benar-benar mujizat (pseudo miracle) atau bagaimana saya kurang tahu maksudnya dan saya tidak sempat baca komentar2 Vant maupun Hai Hai yang lain. Tetapi perlu saya tekankan bhw iblispun bisa membuat mujizat. Dasarnya adalah ayat diatas.

Mengenai kontroversi kata 'palsu' di II Tes.2:9 saya jelaskan sbb : mujizat terjadi adalah untuk menyatakan kuasa Allah yang melampaui hukum2 alam dimana itu untuk menyatakan kemuliaan Allah. Sedangkan di ayat tsb mujizat dilakukan oleh iblis untuk menyesatkan orang yang memang telah di reprobate oleh Allah karena dosa-dosa mereka yang lebih suka akan kejahatan daripada percaya kepada kebenaran. Ini seturut dengan Wahyu pasal 13 dimana binatang (the beast) diberikan kuasa untuk menipu dan menyesatkan orang2 yang namanya tidak tertulis didalam kitab kehidupan.

Wahyu.13:5 Dan kepada binatang itu diberikan mulut, yang penuh kesombongan dan hujat; kepadanya diberikan juga kuasa untuk melakukannya empat puluh dua bulan lamanya.

13:6 Lalu ia membuka mulutnya untuk menghujat Allah, menghujat nama-Nya dan kemah kediaman-Nya dan semua mereka yang diam di sorga.

13:7 Dan ia diperkenankan untuk berperang melawan orang-orang kudus dan untuk mengalahkan mereka; dan kepadanya diberikan kuasa atas setiap suku dan umat dan bahasa dan bangsa.

13:8 Dan semua orang yang diam di atas bumi akan menyembahnya, yaitu setiap orang yang namanya tidak tertulis sejak dunia dijadikan di dalam kitab kehidupan dari Anak Domba, yang telah disembelih

13:13 Dan ia mengadakan tanda-tanda yang dahsyat, bahkan ia menurunkan api dari langit ke bumi di depan mata semua orang

13:14 Ia menyesatkan mereka yang diam di bumi dengan tanda-tanda, yang telah diberikan kepadanya untuk dilakukannya di depan mata binatang itu

Kata 'palsu' (false/lying) lebih menunjuk kepada 'dusta/kebohongan' daripada kepada 'palsu/tidak asli' (pseudo). Jadi mujizat yg dari Tuhan bertujuan untuk memuliakan Tuhan dan bagi kebaikan umatNya, mujizat yg dari iblis bertujuan untuk menyesatkan orang yang lebih suka dusta daripada kebenaran. Ini merupakan peringatan keras bagi orang2 yang suka akan mujizat2 lebih daripada kebenaran FT. Hendaknya mereka yang terlalu tergila-gila akan mujizat segera bertobat dan belajar baik-baik FT agar tidak disesatkan dan menyesatkan.

Dan tentunya sumber semua mujizat tsb adalah Allah yang berkenan memberikannya kepada siapa Dia berkenan memberikan. Ini diberikan untuk melaksanakan semua rencana dan kehendakNya yang berdaulat.

Mengenai predestinasi, pandangan saya tidak jauh berbeda dengan Hai Hai dan Vantillian. Kelak saya akan mengusung tulisan mengenai ini.

Bless.

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

DAN-DAN's picture

Ya saya bisa mengerti

Ya saya bisa mengerti sedikit banyak nya dari pandangan anda. Saya pun sampai sekarang masih berpikir demikian. Ya saya bisa melihat anda memang bertheologi dari dasar Reformed. Meskipun saya bukan orang reformed dan penganut sejati teori Reformed tapi saya banyak belajar dari anda2 dengan pandangan yang berbeda2 dari saya pula. Makanya saya penasaran, apa kata orang Reformed mengenai hal ini. Karena itu lah saya tanya kepada anda. Mengenai HAI-HAI, saya akan tunggu keterangan nya. DAN-DAN saya suka bebek panggang...
__________________

Saya Suka Bebek Panggang...

Vantillian's picture

Pniel, Iblis bisa melakukan mujizat?

Pniel, pertama, pendapat saya bisa mungkin berbeda dengan hai2, saya juga tidak tahu. Yang jelas saya menganut pandangan bahwa Iblis tidak bisa melakukan mujizat seperti yang dilakukan oleh Yesus. Sebenarnya dalam bahasa teologis, mujizat dalam Alkitab yang dilakukan oleh Yesus dan Para Rasul sangat erat berhubungan dengan konsep KERAJAAN ALLAH/SORGA. Konsep Kerajaan ini sangat luar biasa, Yesus pernah menyatakan kalau Iblis melawan Iblis sendiri, bukankah itu sama seperti memecahkan kerajaan sendiri.

Dengan demikian pekerjaan dan mujizat Yesus merupakan suatu kunci dalam kedatangan Kerajaan Allah. Kalau Iblis dapat melakukan APA yang dilakukan oleh Yesus dalam hal mujizat dan tanda-tanda, bukankah Kerajaan Surga akan menjadi bahan olok-olokan?

Apakah Iblis dapat menyembuhkan? Membangkitkan orang mati? pengusiran roh? Mengenai nabi palsu dan Mesias palsu, TIDAK DAPAT melakukan mujizat KALAU tidak berasal dari Allah. Bacalah kesejajaran antara Matius 24, II Tes 2, .Bukankah perikop-perikop tersebut sedang menyatakan kedatangan Tuhan Yesus? Akan ada tanda dan mujizat dari orang murtad, pendurhaka, nabi palsu dan Paulus menambahkan dengan kata PALSU. Apa maksudnya PALSU? Kata aslinya adalah pseudos. Anda bisa klik di sini untuk melihatnya. Jelas Palsu berhubungan dengan kebohongan dan tipuan.

Mengenai kitab Wahyu, apakah itu adalah tafsiran alegoris, historis, simbolik atau metafora? Tafsiran Wahyu 13 masih perlu diselidiki apakah memang benar2 berbicara binatang yang berkuasa melakukan mujizat sejati atau tidak. Pniel, nabi palsu dan mujizatnya sudah pernah dituliskan di PL dengan jelas, anda bisa melacaknya di kitab Ulangan. Inilah sebabnya ssaya berpendapat bahwa Iblis tidak akan bisa melakukan mujizat seperti mujizat Yesus. Apalagi disejajarkan dengan mujizat dari Allah.

Bila Iblis dapat melakukan mujizat sebagai TANDINGAN mujizat Allah, maka itu akan merendahkan status mujizat Allah. Iblis adalah sumber penipu dan pembohong. Ketika Iblis menyatakan bahwa dia MAMPU melakukan mujizat, itulah tesis "kebenaran"nya. Kebenarannya adalah kebohongan dan dustanya. Dan itu SEMUA PALSU. ( menipu dan menyesatkan ) Semoga bermanfaat

bintang seven's picture

5 roti dan dua ikan

hai albert einstein setelah mati katanya otaknya pernah dibuka gw gak tau apa difoto tp dr laporannya otaknya agak kecil dr kebanyakan orang tp banyak kerutannya ke ortex yg menandakan ia sering berpikir keras...gw harap mukanya hai gak kayak einsten yg mengkerut krn byk mikir...



hai gw ngerti posisi lo klo lo sulit sekali memahami 5 roti dan 2 ikan (b7 lagi melankolik nih) tp usaha lo memahami mukjizat ini jg bermanfaat sekaligus mengandung bahaya krn jurang rasionalitas menanti lo... kawan makasih krn lo dah bikin otak gw mengkerut kayak einstein... apalagi mikirin contoh2 mukjizat yg ditanyain blogger yg dah byk menyibukkan lo.. tp klo gw perhatiin bukankah Tuhan melakukan semua mukjizat itu dengan sarana yg ada contoh: air jadi anggur, roti dan ikan, mata orang buta, besi mengapung di air apalgi ada di mat 13 IA tidak byk melakukan mukjizat krn ketidakpercayaan mereka.. bisa dibayangkan klo makin byk contoh mukjizat pasti makin susah... gw punya saran sederhana gimana klo Tuhan gak pernah ngadain mukjizat apakah kita tidak percaya klo DIA Tuhan? ibarat sayur tanpa garam cuma itu..



satu lagi waktu Allah menciptakan alam ini dan IA berhenti pada hari ketujuh... IA memang berhenti mencipta tp IA tak pernah berhenti mengasihi... tp di kej 1 segala yg dicipta terang dan gelap, samudera, ikan, laut, manusia, tumbuhan tidakkah ikan, laut dan tumbuhan dipersiapkanNYA utk menolong manusia yg cuma manusia dicipta segambar dan serupa DIA hai otak gw udah kelewat mengkerut nih tp tenang ntar gw bisa becanda ama yg lain dan melar lagi... gw lanjutin ya jadi mengenai alam adalah mudah dan bisa ditangkap oleh rasio kita spt penjelasan air jadi anggur yg mungkin tinggal tunggu waktu tp ttg kasihNYA yg besar ketika manusia yg dia kasihi mendengarkan DIA berbondong2 5000 orang dan kelaparan.. mungkin saat itu hatiNYA terenyuh dan IA menggunakan 5 roti dan 2 ikan dan hai2 jd pusing tp gw yakin waktu air jadi anggur di perkawinan kana hati Yesus kayaknya kurang terenyuh (bahaya siap2 dihunjam ama teolog2 nih gw) liat aja Yesus bilang saatku belum tiba... tp IA melakukanNYA juga gw rasa segitu aja...



hai dg komen lo Yesus Kristus adalah Allah, dia mampu menciptakan roti sebab Dia-lah yang menciptakan alam semesta. Itu sebabnya dia menciptakan roti dan ikan untuk makan lima ribu orang lebih. apabila Dia mencipta, bukankah itu berarti Dia melanggar Kejadian 2:2-3? Dia Allah, terserah Dia mau melanggar ucapan-Nya sendiri. Apabila Allah boleh melanggar firman-Nya, apalagi manusia?



Kenapa Yesus membutuhkan roti dan ikan? Kenapa Yesus hanya membagi-bagikan roti dan ikan, tidak buah apel atau jeruk sekalian es campur? Pertanyaan-pertanyaan inilah yang membuat saya benar-benar memahami Kejadian 2:2-3.



gw tau hai2 menyimpan sesuatu dan kayaknya akan meledak..hai kenapa bukan apel dan jeruk?



orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.



__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

Lady_silent's picture

Mujizat oh Mujizat Ketika

Mujizat oh Mujizat Ketika saya mencoba memahami ayat yang dikasi Mr hai di dalam kitab kejadian Ketika Allah pada hari ketujuh telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuat-Nya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan yang telah dibuat-Nya itu. Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya, karena pada hari itulah Ia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu. Kejadian 2:2-3. Jika kitab suci mengatakan Allah Berhenti Mencipta,ya berarti BERHENTI TOTAL/GA ADA CIPTAAN BARU LAGI segala sesuatu yang terjadi setelah hari ke enam adalah bukan ciptaan baru Tidak ada ciptaan baru berarti tidak ada pelanggaran terhadap hukum alam bukan pelanggaran terhadap hukum alam berarti tidak ada yang ajaib wow.....funtastic. Alam semesta ini menyimpan berjuta misteri,menyimpan berbagai kehebatan yang masi rapat tersimpan..... harta karun yang belum ditemukan manusia. Jika salah memahami akhirnya timbullah ajaran ajaran yang akhirnya menTuhankan alam,karena sedikit saja kita bisa menemukan kedasyatan alam semesta,kita tercengang dibuatnya.. ajaran new age salah satunya, mereka meyakini alam semesta ini bisa memberikan apapun yang kita inginkan hanya kita harus percaya dan meyakini keinginan kita tidak bisa dipungkiri bahwa penganut ajaran ini memang mempraktekkan ajaran mereka dan sebagian dari mereka berhasil mendapat apa yang mereka harapkan terjadi atas mereka. akhirnya muncul pemahaman yang mengatakan bahwa otak manusia bisa memancarkan gelombang gelombang yang bisa membuat alam semesta ini menangkap gelombang tersebut dan akhirnya mewujudkannya di kehidupan nyata.betul atau gaknya,i dont know?? well....... bukankah ilmu pengetahuan semakin hari semakin maju. semua hal yang dulu tampak ajaib dan mustahil dilakukan manusia sekarang sudah bukan yang ajaib lagi. seperti cloning terhadap manusia.bayi tabung,dsb jika hal itu bisa dipelajari,bukankah itu berarti tidak ada yang menyimpang dari hukum alam,sebab manusia bisa melakukannya,alam memfasilitasi semuanya... bukan tidak mungkin di kemudian hari manusia bisa menjawab pertanyaan2 yang di jaman sekarang kita sebut dengan hal2 yang ajaib,dan mereka menertawakan kita dengan mengatakan ajaib dari hongkong???ha ha ha ha siapa yang tau jika semakin hari ilmu pengetahuan semakin maju,sehingga kita bisa saja menciptakan alat2 seperti punyanya doraemon??yang di jaman sekarang kita katakan ajaib Saya percaya Allah pasti konsisten dengan firmanNYA... jika Dia katakan sudah berhenti Mencipta ya pasti BERHENTI dan itu berarti segala sesuatu yang terjadi di dunia ini tidak ada yang melanggar hukum alam....
__________________

Love n Peace Lady silent

GODARMY's picture

Hmm..Allah memang

Hmm..Allah memang menggunakan hukum alam dan pengetahuan, tapi pengetahuan dan hukum alam bukan Allah..Hmm. memang yang diajarkan ko hai ini bisa bahaya bagi yang tidak bener-bener paham kayak gua, duh gua hampir jadi saksi yehova gawat..hahaha...:D JESUS IS GOD
__________________

JESUS IS GOD