Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Adam dan Hawa tidak makan daging

jesusfreaks's picture

Kejadian 1:29

Berfirmanlah Allah: "Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu.

Saya tidak tahu apa plus minusnya pola makan Adam dan Hawa yang tidak makan daging.

Apakah menjadikan kulitnya lebih mulus ?

atau Tubuhnya lebih sehat ?

Atau umurnya lebih panjang ?

Tapi yang pasti LEBIH SIMPLE, tinggal petik lalu makan.

 

Well hidup itu kembali lagi kepada pilihan pilihan, dan kayaknya memang manusia lebih senang dengan hidup kompleks.

Harusnya hanya makan yang ada bijinya, eh malah tambah variasi. Dan karena tidak sesuai tersebut ya makin sulit dicerna, dan mungkin dibaca sebagai "benda asing" sehingga sering terjadi reaksi reaksi yang tidak diinginkan.

Harusnya tinggal makan tanpa perlu diolah, eh malah maunya diolah. Makin kompleks olahannya ya makin sulit dicerna. Lagi-Lagi apa yang terjadi dengan tubuh yang dipaksa mengolah sesuatu yang bukan seharusnya.

 

Saya tidak sedang membahas atau mengajarkan suatu pola makan yang sehat, tapi seandainya kita merasa ada yang salah dengan organ-organ dalam tubuh kita, tidak ada salahnya kita mulai evaluasi apa-apa saja yang masuk ke dalam tubuh kita. Siapa tahu memang tubuh kita sudah di desain oleh Allah untuk makan makanan tertentu.

Lakukan eksperimen kecil kecilan, semisal tidak makan daging dalam sebulan, tidak mengkonsumsi gula dalam sebulan, atau minum hanya air putih saja dan lain sebagainya, ya sekedar melihat apakah memang ada perubahan yang signifikan pada tubuh kita.

Entah jadi lebih langsing, entah jadi lebih sehat.

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

sincere's picture

JF said: eksperimen tdk makan daging dlm sebulan

Selama ini pola diet yang umum kita jalankan, pada prinsipnya diet paleo juga, yaitu daging/lemak, karbohidrat, minyak, telor dll.

Belum banyak yang berani menjalankan plant-based-diet only, kecuali  oleh saudara-saudara kita yang karena keyakinan agamanya, menganjurkan mereka harus berpantang makan daging dari binatang dan atau produk turunannya.

Tapi belakangan ini, terutama kaum menengah terdidik dinegara-negara maju, karena dihantui oleh penyakit yang tak kunjung bisa mereka atasi (diabetes, stroke/penyakit jantung koroner, alzheimer, kanker prostate, payudara), mulai melirik kembali ke diet kaum vegetarian/vegan. Apalagi ketika dipraktekkan, ternyata memberikan hasil nyata dalam tempo yang cepat/satu sampai dua bulan.

You said: "Lakukan eksperimen kecil kecilan, semisal tidak makan daging dalam sebulan".

I did it, my friend, sudah jalan 2 minggu s/d saat komen ini saya tulis. We'll see.

Beberapa keywords bisa kamu ketik di web atau youtube, untuk mencari info lebih banyak mengenai diet plant-based : Dr. Hans Diehl, Dr. Collin Campbell, Dr. Cadwell Esselstyn, Dr. Neal Barnard, Dr. Dean Ornish, Dr. John McDougall.

jesusfreaks's picture

@sincere : me and my wife

Kalau saya pernah jalankan setahun hanya makan siang. Pagi malam tidak makan. Paling buah. Lumayan turun 5kg. Tapi ya gitu sudah tidak bisa turun lagi. Kecuali kita rubah lagi kali ya.

Istri saya akibat kena asam lambung yang parah, jadi anti makanan pedas, minyak dan daging. Lauknya hanya ikan mas. Porsi dan frekuensi makan tidak kurang malah nambah bisa 6 kali sehari. Tapi berhasil mengatasi asam lambungnya tidak kambuh kambuh dan turun juga 5kg, malah menurut saya kekurusan. Lebih kurus dibanding saat pertemuan pertama kali. Hehehehe

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

sincere's picture

Empat Tipe Manusia

Menurut Konghucu, didunia ini ada empat jenis manusia.

Jenis pertama - Orang ini terlahir sudah pintar. Inilah manusia tingkat I. Contoh, Joey Alexander. It's a gift, from the Almighty.

Jenis kedua   - Orang ini harus belajar mati-matian, baru jadi pintar. Manusia tingkat II, contoh...(boleh ente isi sendiri, misal eks blogger SS, sang Sentinel rambut panjang, menurut aku masuk kategori ini. Yang lain2, boleh anda tambahin, misal..., ...,...).

Tipe nomor tiga - Manusia macam ini, kalau belum kebentur tembok sampai berdarah-darah, ngak bakalan kapok. Ini ranking nomor tiga. Di SS dulu, yang kamu amatin, ada tak? Rasanya bukan Ken, betul?

Tipe nomor buntut - Orang tipe ini, biarpun sudah babak belur, kagak mau sadar-sadar juga. Ini tipe orang bebal, orang bo cai (istilah hokkien?), hopeless. Ini menurut Konghucu, masuk ke ranking yang paling bawah. 

Presiden Bill Clinton waktu mudanya mungkin masuk tipe 1,5 (satu setengah), dan ketika sudah tidak berkuasa, karena masih masyhur dan berharta, masih terbawa-bawa gaya hidup lama, lupa umurnya sudah diatas kepala 5 (disini BC masuk kategori 3). Sesudah onderdil jantung dan pembuluh darah harus dipermak dan turun mesin, dia baru sadar, dan mau merubah gaya hidup dan pola makan/diet nya.

Aku sudah nonton 7 videonya di youtube, bagaimana dengan anda? Beberapa dari tautan video tersebut, sudah aku pasang di Blosas.

 

jesusfreaks's picture

@sincere : saya kebentur tembok tapi cuma benjol

Ya diet yang saya lakukan bukan kesadaran sih.

Karena sudah mulai susah jongkok, gampang keringatan, suka gampang pusing. Ya udah coba deh lihat pola dan menu makan.

Hehehehe untungnya kebentur temboknya cuma benjol gak bocor

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

sincere's picture

Mumpung Belum Bocor

Versi Chinese/bhs Mandarin dari empat jenis manusia, aku taruh di Blosas, krn di SS aksara Chinese tampilan nya jadi kacau. Maybe still gaptek too or because I do not know that I do not know.