Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

X-Files dalam Alkitab (?)

victorc's picture

Sore ini saya mau cerita diskusi saya dengan beberapa sahabat pagi tadi. Usai menikmati sarapan pagi di warung ijo, kami berlima terlibat diskusi tentang berbagai hal. Diskusi itu berawal dari cetusan saya yang mengatakan bahwa sekitar tahun 2009 saya berkesempatan studi di moskow, tapi hampir setiap hari minggu saya selalu berusaha menyempatkan diri untuk berkeliling dari satu gereja ke gereja lainnya di moskow untuk melihat-lihat suasana di tiap gereja. Memang di moskow ada banyak sekali gereja atau kapel milik Gereja Ortodoks, hampir tiap 500 meter pasti ada sebuah kapel, entah besar atau kecil.

Holy grail
Lalu saya menambahkan bahwa motivasi saya berkeliling melihat gereja-gereja itu bukan karena saya terlalu rohani, tapi karena rasa penasaran sebab waktu masih di jakarta, saya membaca sebuah buku berbahasa indonesia yang mengatakan bahwa diduga Holy Grail atau cawan suci Yesus tersimpan di salah satu gereja fi moskow. Sayangnya waktu itu saya tidak membeli buku itu. Jadi saya ingin tahun benarkah ada Cawan suci di salah satu kapel di Moskow. Memang selama beberapa bulan saya berkeliling, kadang ada beberapa gereja yang menyimpan banyak cawan tembaga, tapi saya kira usianya masih agak muda, belum sampai dua ribu tahun. Jadi kesimpulan saya mungkin cerita dalam buku yang saya baca itu tidak benar.

Tombak
Salah satu misteri lain adalah di manakah letak tombak yang konon digunakan untuk menikam lambung Yesus. Kabarnya tombak itu dimiliki oleh Hitler pada saat perang dunia kedua. Lalu juga ada kabar tentang kain kafan yang digunakan untuk membungkus tubuh Yesus, konon dikenal sebagai Shroud Of Turin, meskipun yang terakhir saya dengar lukisan wajah dalam kain kafan itu adalah hadil rekayasa cermat dari Leonardo Da Vinci.

X-Files
Lalu saya menambahkan kepada mereka bahwa rasa penasaran saya tentang berbagai misteri dalam Alkitab itu bukan dipicu oleh kisah-kisah novel Dan Brown atau Indiana Jones, meskipun mereka mungkin memicu rasa ingin tahun yang lebih, tapi terutama dari serial X-Files yang diputar berseri sekitar tahun 1997-2000. Waktu itu saya rajin menonton setiap episode, bahkan saya pernah punya dvd lengkap seluruh episode X-Files.
Yang menarik adalah banyak kisah-kisah misteri yang dapat ditemukan dalam Alkitab, baik Perjanjian Lama atau Baru. Beberapa bulan lalu saya ada ide untuk suatu kali mengumpulkan fakta fakta lalu menulis sebuah buku berjudul X-Files in the Bible. Mungkin ada rekan-rekan pembaca yang dapat menolong dengan daftar misteri dalam Alkitab? Silakan kirim ke email saya: victorchristianto@gmail.com Saya mencoba browsing sebentar di google, dan hanya menemukna beberapa entri untuk keyword x files in the bible, misalnya: http://www.bible-uk.com/xfiles1.htm
Untuk memperjelas maksud saya dengan X-Files dalam Alkitab, perkenankan saya menulis daftar sementara problem problem misteri yang belum tuntas terjelaskan, hanya sebagai pemicu atau trigger bagi diskusi lebih lanjut:

a. The speaking serpent: siapa sebenarnya yang dimaksud dengan ular yang berbicara dalam Kejadian 3? Apakah itu hanya kisah dongeng atau kiasan, ataukah memang ada ras ular pada jaman dahulu? Kalau kita hubungkan dengan Buku Enoch dan juga X-Files, maka kesimpulan sementara adalah: malaikat yang jatuh mengambil bentuk ular yang berbicara, dan mungkin dapat berjalan. Itulah mungkin sebabnya di berbagai negara ada ritual pemujaan terhadap (serpent cult). Bahkan dalam x Files serta kisah-kisah UFO lainnya disebutkan bahwa ras alien yang terdiri dari reptil abuabu dan reptil hijau. Konon reptil abuabu lebih kejam dan bermaksud membinasakan manusia sementara reptil hijau lebih ramah dan membela manusia.

b. Henokh yang terangkat ke sorga: apakah kisah ini membenarkan kisah kisah mistis spiritual yang mengatakan bahwa orang-orang yang suci tidak akan mati tapi moksa? Kita juga tahu bahwa makam Musa tidan dapat ditemukan demikian juga Elia terangkat ke surga?

c. Nephilim: siapakah sebenarnya kaum Nephilim yang merupakan hasil kawin silang antara para malaikat yang jatuh dengan para perempuan keturunan hawa? (Kej. 6) Kalau dihubungkan dengan Kitab Enoch, apakah itu yang disebut dengan The watchers? (lihat misalnya film Noah). Ataukah kaum Nephilim itu ada hubungannya dengan legenda Anunaki, yang merupakan tokoh hebat yang konon mengajarkan manusia tentang teknologi pertanian? Apakah Anunaki ini merupakan seorang yang datang dari luar angkasa (alien)?

d. Menara Babel: apakah menara tersebut ada hubungannya dengan piramida yang tidak saja ditemukan di Giza tapi juga di Peru, dan beberapa daerah lainnya termasuk China? Apakah piramida piramida tersebut menunjukkan hasil pengaruh dari kaum alien yang datang ke bumi? (lihat misalnya film Indiana Jones yang terakhir, The Crystal Skull)

e. jembatan ke surga: konon dikisahkan bahwa Yakub tidur di suatu tempat di Betel, dan malam hari ia bermimpi ada tangga atau jembatan menuju surga. Jika mimpi itu dapat dipercaya, apakah hal itu menunjukkan bahwa tangga ke surga itu mirip dengan lubang cacing ? (wormhole) Benarkan ada jalan tembus menuju surga? Apakah lubang cacing itu memang mungkin terdapat dalam alam semesta? Lihat misalnya film Interstellar.

f. Keledai yang berbicara: ketika bangsa Israel sedang berjalan di gurun, Bileam diminta mengutuki mereka. Tapi keledai Bileam ternyata menolak dan akhirnya berbicara kepada tuannya. Bagaimana mungkin itu terjadi?

g. Masih banyak yang lain yang belum yang ingat, jadi kalau ada yang mengingatnya, tolong email ke saya ya. Sebagai tips terakhir, saya kira akan menarik untuk menyimak Wahyu 12:7-9 bahwa ada peperangan di surga antara Mikhael dan pasukannya serta Satan dan balatentaranya. Apakah hal itu mengindikasikan semacam perang di luar galaksi kita? Mungkinkah ada peperangan abadi, mirip dengan yang dikisahkan dalam Star Wars? Kalau itu benar, maka berarti kita yang di bumi sebagai pengikut Kristus juga mesti hidup dalam spiritual warfare dengan roh-roh jahat. Mungkinkah itu yang dimaksud oleh Rasul Paulus yang menulis agar kita mengenakan baju zirah rohani?

Demikian beberapa butir pemikiran yang masih kasar, belum dipoles lagi. Tapi kiranya dapat berguna sebagai bahan diskusi lebih lanjut.

Penutup
Maksud penulisan ini bukanlah untuk membingungkan para pembaca dengan berbagai fakta yang tidak berhubungan. Melainkan saya hanya berusaha jujur dengan diri sendiri, bahwa meskipun saya telah menjadi orang kristen selama lebih dari 40 tahun, tapi masih saja ada banyak pertanyaan yang belum tuntas terjawab, bahkan setelah saya menyelesaikan studi pascasarjana dalam bidang teologi. Mungkin di antara pembaca bisa menemukan jawaban atas berbagai misteri yang saya sebutkan di atas, silakan kirim email ke victorchristianto@gmail.com. Terimakasih.

18 april 2015. Pk. 19:06
VC

Catatan: terimakasih kepada Eben, Tika, Khenny, Ody

__________________

Dari hamba yang tidak berguna (Lih. Lukas 17:10)

Prepare for the Second Coming of Jesus Christ.

jesusfreaks's picture

@victorc : my x-files

Dear victorc,

salam kenal.

salah satu x-file menurut saya adalah Untuk Apa Tuhan menciptakan manusia ?

saya pernah menulis di sabda space ini. bahwa Tuhan menciptakan manusia untuk menyelamatkan Lucifer (Fallen Angel). baca di sini http://www.sabdaspace.org/bapa_sorgawi_mengasihi_lucifer

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

victorc's picture

Sorry, pandangan anda tidak biblika

Sorry sepertinya anda bermaksud membaca Alkitab dengan lensa anda sendiri. Saya tidak tahu motivasi anda apa, tapi tampaknya itu tidak biblika. VC
__________________

Dari hamba yang tidak berguna (Lih. Lukas 17:10)

Prepare for the Second Coming of Jesus Christ.