Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Satu dan Banyak---Misteri Pengetahuan tentang Allah Tritunggal

Vantillian's picture
Kejadian 2:23 Lalu berkatalah manusia itu: "Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki."
Kejadian 2:24 Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.
Yohanes 10:30   Aku dan Bapa adalah satu."
Yohanes  15:26   Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.
 
Manusia merupakan makhluk yang membingungkan. Ilmu jiwa/psikologi telah berusaha memahami manusia melalui serangkaian percobaan dan teori yang dikembangkan, tetapi masih belum bisa mengerti secara tuntas sebenarnya MANUSIA itu siapa dan apa. Mengapa ada kesadaran? Darimana rangkaian pikiran itu datang? Bagaimana esensi emosi? Apakah manusia dapat disebut manusia jika dipisahkan rohnya/jiwanya? Apakah mayat manusia dapat disebut manusia? Misteri tetap misteri. 
Apakah SAYA bisa disebut pribadi? Dapat. Berapa pribadi? SATU. Apakah saya benar-benar adalah SATU? Tidak. Karena saya mempunyai bagian jasmaniah dan rohaniah. Apakah itu berarti saya adalah BANYAK? Apakah jasmani saya adalah SATU? Iya. Lalu bagaimana dengan rohaniah saya? Satu juga. Berarti saya ada dua bagian. Berarti saya bukan Satu. Lalu darimana pikiran itu datang? Dari SAYA. Apakah pikiran bisa dipisahkan dari saya? Tidak dapat. Lalu apakah saya adalah pikiran? Kalau bukan, apakah saya adalah emosi? Saya adalah manusia, karena itu saya bisa berpikir dan merasa. Berpikir dan merasa itu datang dari KESATUAN pribadi saya. Tetapi saya tetap terdiri dari roh dan tubuh. Apakah saya satu yang dua/banyak? Atau saya adalah dua menjadi satu?
 
Ketika laki-laki meninggalkan orang tuanya dan menikah dengan wanita dan bersetubuh, Alkitab memakai kata "satu daging". Apakah daging suami dan istri menyatu? Atau apakah suami sama dengan istri dan istri sama dengan suami? Dua menjadi satu? Apakah itu pribadi atau esensi? Pribadi laki-laki tetap laki-laki, demikian juga perempuan, tetapi esensi mereka adalah satu. Satu dalam apa? Satu dalam banyak. Banyak dalam satu. Anda bisa membandingkan hal ini dari tulisan disini. Ketika seorang percaya kepada Yesus, ia dipersatukan di dalam Kristus, supaya bisa diterima oleh ALlah. Ketika ada 1000 orang percaya kepada Kristus, mereka dipersatukan dengan Kristus. Kristus menjadi SATU bagi 1000 orang percaya. Kristus menjadi WAKIL SATU-SATUNYA bagi orang percaya. Tetapi setiap orang percaya dibedakan dalam BANYAK. Hanya melalui SATU Adam, dosa telah masuk ke dalam dunia. Hanya melalui SATU Kristus, maka dosa telah diselesaikan. Satu Adam adalah banyak Adam. Satu Kristus adalah banyak Adam. Apakah Kristus sama dengan Adam? Mengapa SATU Kristus bisa mewakili BANYAK keturunan Adam di hadapan Allah?
 
MASALAH SATU DAN BANYAK
 
Contoh di atas adalah masalah satu-banyak dalam pemahaman dan pemikiran manusia. Masalah juga terjadi ketika bergelut dengan masalah "konkret" dan "abstrak". Bagaimana mungkin Allah itu ESA? Bukankah Allah adalah Roh? Apakah Allah itu SATU? Bagaimana mungkin Allah itu Tritunggal? Bukankah Allah adalah Roh? Bagaimana mungkin kita bisa menghitung roh? Satu meja dengan satu roh, meskipun kelihatan sama, tetapi perbedaan kualitatifnya begitu jelas. Satu konkret, satu abstrak. Yesus dan Bapa adalah satu. Apakah Yesus tidak dapat dibedakan dari Bapa? Roh Kudus keluar dari Bapa, apakah Roh Kudus sama dengan Bapa? Bagaimana mungkin satu bisa berarti banyak dan dibedakan dari dirinya sendiri dengan konsep banyak?
 
Apakah satu itu adalah satu? Bukankah konsep satu-banyak tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan kita? Pikiran kita menerima satu-banyak dalam menilai segala sesuatu. Ambillah contoh buku novel. Kita ambil SATU buku novel. Apakah buku itu satu? Benar. Tetapi apakah itu benar-benar satu? Seandainya tulisan dan semua kertas halaman dalam dibuang, apakah dapat disebut SATU BUKU NOVEL? Bukankah tinggal covernya? Sehingga sebutannya diganti menjadi SATU COVER BUKU? Satu buku novel harus dilihat dan dimengerti esensinya dalam bagian-bagian (partikularitas) yang menyusunnya. Kalau tidak, bukan buku novel namanya. Satu tidak bisa dipisahkan dari banyak. Tulisan, gambar, kertas adalah bagian dari satu novel.
 
Lalu apakah satu bisa DIMENGERTI karena dia adalah satu? Tidak. Satu hanya bisa dimengerti ketika dibandingkan dengan entitas satu yang lain. Allah adalah ESA. Itu artinya dibandingkan dengan semua ilah lain, tidak ada perbandingan yang lain, karena Allah adalah ESA. Berhala bisa satu atau banyak, tetapi ALlah adalah esa. Kesatuan Allah TIDAK MEMUNGKINKAN adanya kesatuan yang lain dimana esensinya sama. Dengan demikian, tidak ada Allah lain. Keesaan Allah adalah kemutlakan. Tetapi kesatuan Allah tidak bisa dimengerti tanpa adanya kebanyakan Allah, yaitu dalam Alkitab adalah Allah Tritunggal. Allah Bapa, Anak, Roh Kudus dapat dibedakan, tetapi juga merupakan kesatuan. Satu dalam banyak, banyak dalam satu. Satu Buku dalam esensinya sebagai BUKU tidak memungkinkan adanya esensi "buku" yang lain. Karena itu, BUKU adalah BUKU. Kata buku adalah esa. Demikian juga manusia. Manusia adalah esa. Monyet bukan termasuk esensi manusia. Karena itu keesaan manusia beda dengan keesaan monyet. 
 
Banyak terdiri dari bagian-bagian. Bagian harus dimengerti SEBAGAI kesatuan. Kesatuan harus dipandang DARI bagian-bagian. Itulah cara pengertian dan pengetahuan diturunkan dan diabstraksikan. Kita mengerti konsep SATU BUKU karena kita mengerti bagian-bagiannya, yaitu kertas, gambar, tulisan dsb. Itulah dasar pengetahuan manusia yang misterius. Bukankah penyataan Alkitab tentang Tritunggal juga mempunyai sifat yang sama? Misterius, tetapi merupakan landasan dalam segala pengetahuan dan pengertian manusia. Penuh paradoks, tetapi itulah salah satu cara mengerti segala sesuatu di dalam hukum pengertian. Apakah konsep Allah Tritunggal tidak masuk akal? Melebihi akal? Bukankah kita juga tidak bisa menjelaskan masalah satu-banyak ini dalam pemikiran kita? Bagaimana anda mengerti SATU itu? Dengan merujuk ke BANYAK. Bagaimana anda mendefinisikan BANYAK? Dengan menyatukannya ke SATU. Siapa yang menyatakan ajaran Allah Tritunggal TIDAK BENAR dan ABSURD, maka ia harus bisa membantah dan menyelesaikan masalah satu-banyak ini.
 
Ngomong-ngomong, apakah saya sedang menulis SATU tulisan? Atau BANYAK tulisan? Bagaimana anda mendefinisikan satu tulisan blog saya?
 
 
Bereans's picture

@vantillian

Allah esa dengan tiga pribadi.

Yesus selalu mengatakan bahwa Bapa-Nya adalah pengusaha kebun anggur, Yesus adalah pokok/batang dan kita(manusia) adalah carangnya.

Untuk mengetahui Allah esa dengan 3 pribadi seperti pohon anggur terbalik.

Akar adalah Allah yang tidak kelihatan yang berada di dalam tanah. Batang adalah Tuhan Yesus yang keluar dari akar dan setelah keluar dari akar tidak disebut akar tapi batang sehingga selalu Yesus(Anak Allah) menyebut diri-Nya anak Manusia dan getah adalah Roh Kudus.

Getah/Roh Kudus keluar diantara akar dan batang. Seperti firman katakan bahwa Roh Kudus keluar diantara Bapa dan Anak.

Kita manusia dicangkokan pada batang/Yesu dan getah itu/Roh Kudus masuk ke dalam batang yang dicangkokan(masuk ke dalam roh jiwa manusia).

Jika anda mengerti uraian yang singkat anda akan mengerti Allah esa dengan 3 pribadi.

Terima kasih

Vantillian's picture

Berean, kalau Roh kudus adalah getah...

Berean, kalau Roh Kudus adalah seperti getah, maka kita semua akan getahan, kemudian alergi, dan sakit kulit. Dimana ada getah Roh Kudus? Kenapa bukan lentisel atau stomata Roh Kudus? Sekedar info lentisel adalah lubang pada batang yang berfungsi dalam pernafasan sedangkan stomata adalah tempat pertukaran gas O2/CO2. Nafas itu kan lambang Roh. Tidak ada analogi KONKRET yang bisa mewakili Tritunggal, apalagi dengan contoh pohon, akar, carang, getah. Dan itu tidak ada hubungan dengan Tritunggal, karena selain pohon, akar, getah, carang masih ada epidermis, korteks, endodermis, xilem, floem, kambium, dan silinder pusat. Yang mana mewakili Tritunggal? Belum lagi apakah termasuk angiospermae atau gymnospermae, tumbuhan dikotil atau monokotil.

Intinya adalah ketika Yesus menggunakan contoh pohon anggur, apakah Yesus sedang mengajarkan doktrin Tritunggal?

Bereans's picture

@vantillian

wah, ternyata anda lucu juga. anda katakan Dimana ada getah Roh Kudus?

Dalam Yoh 15:5 dikatakan"Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya..."

Kalau penyataan kamu kamu terapkan pada ayat diatas jadinya seperti ini:

Ha..Yesus batang pohon anggur? Dimana ada batang Yesus? itulah ucapan bodoh.

Kalau Yesus adalah batang anggur lalu batang itu keluar dari apa?

 Yesus itu keluar dari mana?

Kita dicangkokan kepada zaitun sejati artinya apa?

Lalu yang menghidupi carang itu apa? getahkah atau apa?

Lalu Roh Kudus keluar dari Bapa itu seperti apa?

Apakah Allah/akar itu bisa dilihat? kecuali kepala anda dibenamkan kedalam tanah.

Pelajari dulu, cerna dulu, Ok brur

 

Vantillian's picture

berean, anda dapat wahyu baru?

 Berean, saya baru kali ini mendengar perumpamaan Roh Kudus sebagai getah, anda dapat wahyu baru? Haha...Anda mengganggap Bapa sebagai Pengusaha atau akarnya? 

Yesus pernah berkata : Akulah Roti hidup..Nah berean, coba anda kasih tahu, Bapa sebagai apa? Roh Kudus sebagai apa?

Yesus juga pernah berkata : Akulah Gembala yang baik. Nah berean, coba anda kasih tahu : Bapa sebagai apa? Roh Kudus sebagai apa?

Yesus berkata : Akulah pintu...Nah, berean, coba anda kasih tahu ke kita2, mana tahu anda mendapat wahyu baru : bapa sebagai apa? Roh Kudus sebagai apa?

Haha, kalau anda sendiri bodoh, tolong jangan anggap orang lain seperti anda. Anda pernah dengar ucapan ini kan? Saran saya, bacalah dan pelajari Alkitab baik-baik...jangan seenak jidat menafsir...Alkitab bukan buku untuk nembak nomor togel..

Bereans's picture

@vantillian

sdr.vantillian anda baru tahu perumpamaan itu, sungguh kasihan. Berarti pengetahuan firman anda masih sangat dangkal, bahkan ilmu pengetahuan anda juga sangat dangkal.

Saya tidak mendapat wahyu baru, apakah setiap orang yang tidak sependapat dengan anda lantas anda bilang orang tersebut mendapat wahyu baru? sungguh picik.

Sodara vantillian anda jangan mengalihkan topik yang dibahas, jangan juga berkelit, jawab saja pertanyaan saya. Kejadian seperti ini bukan yang pertama kali bagi saya, hal ini terjadi juga antara saya dan  saudara Hai-hai di ICN dimana pertanyaan saya hingga saat ini masih belum bisa dia jawab, ternyata dari situ terbukti siapa diri kita masing-masing.

Anda juga mau tahu apa pertanyaan saya yang saya lontarkan terhadap saudara hai-hai? Rasanya saya harus ngetes anda juga rupanya, anda siap? Tapi tidak perlu bos, mengapa? karena saya tidak suka mengalihkan topik yang sedang dibahas.

Mengapa Yesus bebicara dalam perumpamaan? karena Yesus tahu apa itu Firman yang dari pada mulanya dan apa itu suara manusia yang keluar dari tenggorokan itu seperti angin yang hilang lenyap.

Dan juga pertanyaan anda sudah menunjukkan kebodohan anda dengan menyatakan pertanyaan yang nggak ada kaitan. Yesus adalah roti Hidup, Yesus adalah Gembala yang baik, Yesus adalah pintu itu gak ada kaitannya, dengan Yesus sebagai pokok anggur.

Yesus katakan bahwa Dirinya adalah pokok anggur dan kita sebagai manusia adalah ranting-ranting yang dicangkokkan kepada pokok/batang anggur, pokok anggur itu keluar dari apa? apakah bukan akar?

Yesus itu keluar dari pangkuan Bapa dalam Yohanes 1:18 dikatakan: "Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya".

Anda tahu Yesus itu keluar dari mana? Dari pangkuan Bapa atau dari sorga? silahkan dijawab?

Jika Yesus adalah pokok anggur berarti pokok atau batang itu keluar dari mana? dari akar apa dari hong kong?

 Broer, pokok atau batang itu keluar dari mana? anda jawab dulu, jangan mengalihkan ke yang lain.

Jika Yesus adalah pokok/batang, lalu kita (manusia) yang dicangkokan kepada pokok anggur hidup dari mana?, lalu yang menghidupkan ranting yang dicangkokan itu apa? getahkah? atau anda dapat inspirasi yang baru?

Anda tahu apa itu pekerjaan Roh Kudus? Sekarang yang bekerja itu Roh Kudus atau siapa ya??

Roh Kudus keluar diantara Bapa dan Anak, getah keluar diantara akar dan pokok batang. Getahlah yang menghidupi pokok dan ranting anggur. anda paham?

Sewaktu Firman itu keluar dari pangkuan Bapa dan masuk kedalam angkasa apakah Roh Kudus ketinggalan? Setiap carang keluar dari pokok nya getah juga ikut keluar untuk menghidupi carang tersebut, jika tidak carang itu tidak akan menghasilkan buah dan akhirnya akan ditebang dan dibuang kedalam api. Anda mengerti maksudnya?

Emangnya saya menafsir Alkitab harus pakai standar anda? ha..ha..ha.. emang anda siapa?

 

 

Vantillian's picture

Berean, Roh Kudus menghidupi Allah Bapa?

Berean, memang perumpamaan anda luar biasa, haha....Saya sudah katakan di awal komentar, kalau dengan perumpamaan anda yang gak nyambung itu, anda sudah pikir bisa mengenal Allah Tritunggal dengan baik. Apalagi dengan menyamakan Roh Kudus dengan getah? Anda masih tidak mengerti apa yang saya tanyakan. Justru saya memakai standar anda yang seenak jidat memakai perumpamaan. Supaya anda mengerti, saya akan pelan-pelan, karena terbukti anda tidak bisa mengikuti jurus saya.

Anda katakan : Roh Kudus adalah getah.

Saya tanya : Mengapa Roh Kudus bisa jadi getah? Kenapa bukan lentisel atau stomata, karena fungsinya justru penting bagi pertumbuhan tanaman.

Lalu anda jelaskan : Anda tahu apa itu pekerjaan Roh Kudus? Sekarang yang bekerja itu Roh Kudus atau siapa ya??Roh Kudus keluar diantara Bapa dan Anak, getah keluar diantara akar dan pokok batang. Getahlah yang menghidupi pokok dan ranting anggur. anda paham?

Saya tanya lagi : Kenapa harus getah. kalau anda boleh bilang getah, kenapa saya tidak boleh bilang Stomata Roh Kudus? Haha....Justru saya tidak berkelit, tetapi anda tidak mengerti apa yang saya maksudkan...Anda mau mengagulkan pengetahuan anda? Saran saya, pikirkan dulu sebelum anda jauh mempermalukan diri anda sendiri.

Perkataan Pokok Anggur itu dimana, berean? Bukankah itu di kitab Yohanes? Itu perumpamaan kan? Lalu apa maksud perumpamaan itu? Kalau anda BISA memakai perumpamaan pokok anggur untuk menggambarkan Allah Tritunggal, mengapa saya tidak bisa menerapkan PENAFSIRAN anda yang sembarangan itu ke dalam semua perumpamaan Yesus? Anda sudah mengerti kenapa saya tanya begitu? Menuduh orang berkelit, tetapi sendiri tidak paham persoalannya, itulah kebodohan sejati..Berean, Kitab Yohanes ada mencatat juga :

Yesus berkata : Akulah Pokok Anggur ( Anda sudah memberikan tafsiran anda )

Yesus berkata : Akulah Roti Hidup

Yesus berkata : Akulah Pintu

Yesus berkata : Akulah Gembala yang Baik

Nah, berean..silakan anda berikan tafsiran mengenai perkataan Yesus dan hubungannya dengan Allah Tritunggal. Mana Bapa, Mana Roh Kudus? Nah, saya mau tahu standar anda menafsir Alkitab. Bukankah anda mendapat wahyu baru? 

 

Bereans's picture

@vantillian

Dia awal komentar saya, saya katakan bahwa Allah Esa dengan 3 pribadi itu SEPERTI pohon anggur terbalik dan pohon zaitun sejati. Anda tahu artinya kata seperti? Saya tidak menafsirkan diluar apa yang dikatakan oleh Yesus dan Paulus. Paulus dalam Roma 11:1-24 mengatakan mengatakan Yesus adalah pohon zaitun sejati. diayat 17 dikatakan bahwa "karena itu apabila beberapa cabang telah dipatahkan dan kamu sebagai tunas liar telah dicangkokkan diantaranya dan turut mendapat bagian dalam akar pohon zaitun yang penuh GETAH, janganlah kamu bermegah terhadap cabang-cabang itu."

 di ayat 24 dikatakan :"sebab jika kamu telah dipotong sebagai cabang dari pohon zaitun liar, dan bertentangan dengan keadaanmu itu kamu telah dicangkokkan pada pohon zaitun sejati terlebih lagi mereka ini yang menurut asal mereka akan dicangkokkan pada pohon zaitun mereka sendiri."

vantillian, Yesus mengumpamakan diri-Nya seperti pokok pohon anggur, Paulus mengumpamakan Yesus sebagai pohon zaitun sejati, diluar itu Yesus dan Paulus tidak menafsirkan sembarang dari apa yang tertulis dari Kitab Para Nabi dan Hukum taurat.

Jika anda menerapkan penafsiran anda dengan sembarangan ke dalam semua perumpamaan Yesus itu berarti anda lebih hebat dari Yesus dan anda Lebih lihay dari Paulus. (jangan-jangan tafsiran anda dari ajaran kitab tiongkok, kenapa Paulus dan Yesus lupa ya bahwa ada kitab yang lebih hebat dari Kitab Taurat dan Para Nabi ya? kenapa Yesus dan Paulus tidak mengutip ya?) 

Pertanyaan saya belum anda jawab loh? Jika Yesus adalah pokok anggur lalu Allah itu apanya dan Roh Kudus itu apanya?

Jika Paulus katakan Yesus adalah pohon zaitun sejati, lalu Allah itu apanya pohon zaitun dan roh Kudus itu apanya pohon zaitun?

 Silahkan anda jawab, dan juga jangan lupa tuh ada kata getah di Roma 11:17 kenapa ya Paulus tidak katakan lentisel atau stomata ya?, silahkan dijawab jangan mengelak terus.

 

Vantillian's picture

Bereans, jangan permalukan dirimu sendiri..

Bereans, apakah anda seorang guru Alkitab? kalau anda seorang guru, saran saya, bertobatlah atau anda akan dipermalukan. Kalau anda seorang murid, carilah guru Alkitab yang lebih baik. Seorang murid tidak melebihi gurunya. Belajarlah cara tafsir yang benar. Ok lah bereans, karena anda seperti anak kecil yang mendapatkan satu mainan dan berpikir mainan ini dimainkan oleh setiap anak. Anda baru ketemu kata "getah" dan sudah merasa bisa menjelaskan perumpamaan anda? Haha....Anda memang tidak sadar dari awal mengapa saya pertanyakan perumpamaan anda dengan Allah Tritunggal? Anda memakai perumpamaan pokok anggur dan pohon zaitun. Bedanya di kitab Yohanes pohon anggur tidak tertulis kata "getah", sedangkan di Roma mengenai pohon zaitun ada kata "getah", kemudian anda serampangan menggabungkan keduanya dan menyatakan Roh Kudus dilambangkan dengan getah? Haha...Bereans, bereans...Kalau anda tidak belajar baik2, mengapa berani mempermalukan diri? Apakah saya berlebihan mengejek anda? Tanyalah kepada guru Alkitab ( jangan guru anda yang NGAWUR lagi) atau bacalah puluhan tafsiran mengenai Roma 11:17. Apakah getah=Roh Kudus?

Saya berikan satu contoh tafsiran dari Fausset & Brown mengenai getah akar zaitun :

 of the root and fatness of the olive tree (akar pohon zaitun yang penuh getah) — the rich grace secured by covenant to the true seed of Abraham.

Baiklah kalau anda menyatakan tafsiran ini salah. ( karena guru anda yang ngawur ngajar), saya ajak anda membaca Roma 11. Adakah disana berbicara mengenai Allah Tritunggal? Roh Kudus? Bereans, bereans...Kalau kamu bodoh dan sok tahu, jangan mengganggap yang lain juga begitu. Bahkan hanya dengan sedkit pemahaman Alkitab, orang akan tahu bahwa Roma 11 sedang menyatakan pemilihan Allah supaya yang dipilih jangan sombong. Getah akar ( lemak) itu adalah kekayaan kasih karunia (perjanjian) antara Allah dengan Abraham ( Israel) . Mana disana berbicara soal Roh Kudus? Kalau mau ngawur, jangan ngawur begini. Mungkin anda tidak bisa atau malas membaca sebagian besar ayat, saya copykan disini. Silakan ditafsir, mana Roh Kudusnya?

 Roma

11:17 Karena itu apabila beberapa cabang telah dipatahkan dan kamu sebagai tunas liar telah dicangkokkan di antaranya dan turut mendapat bagian dalam akar pohon zaitun yang penuh getah,

11:18 janganlah kamu bermegah terhadap cabang-cabang itu! Jikalau kamu bermegah, ingatlah, bahwa bukan kamu yang menopang akar itu, melainkan akar itu yang menopang kamu.

11:19 Mungkin kamu akan berkata: ada cabang-cabang yang dipatahkan, supaya aku dicangkokkan di antaranya sebagai tunas.

11:20 Baiklah! Mereka dipatahkan karena ketidakpercayaan mereka, dan kamu tegak tercacak karena iman. Janganlah kamu sombong, tetapi takutlah!

11:21 Sebab kalau Allah tidak menyayangkan cabang-cabang asli, Ia juga tidak akan menyayangkan kamu.

11:22 Sebab itu perhatikanlah kemurahan Allah dan juga kekerasan-Nya, yaitu kekerasan atas orang-orang yang telah jatuh, tetapi atas kamu kemurahan-Nya, yaitu jika kamu tetap dalam kemurahan-Nya; jika tidak, kamu pun akan dipotong juga.

11:23 Tetapi mereka pun akan dicangkokkan kembali, jika mereka tidak tetap dalam ketidakpercayaan mereka, sebab Allah berkuasa untuk mencangkokkan mereka kembali.

11:24 Sebab jika kamu telah dipotong sebagai cabang dari pohon zaitun liar, dan bertentangan dengan keadaanmu itu kamu telah dicangkokkan pada pohon zaitun sejati, terlebih lagi mereka ini, yang menurut asal mereka akan dicangkokkan pada pohon zaitun mereka sendiri.

11:25 Sebab, saudara-saudara, supaya kamu jangan menganggap dirimu pandai, aku mau agar kamu mengetahui rahasia ini: Sebagian dari Israel telah menjadi tegar sampai jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain telah masuk.

11:26 Dengan jalan demikian seluruh Israel akan diselamatkan, seperti ada tertulis: "Dari Sion akan datang Penebus, Ia akan menyingkirkan segala kefasikan dari pada Yakub.

11:27 Dan inilah perjanjian-Ku dengan mereka, apabila Aku menghapuskan dosa mereka 

Bereans, anda mau tahu latar belakang  contoh pohon anggur? Disinilah ayatnya :

Yesaya 5:2 Ia mencangkulnya dan membuang batu-batunya, dan menanaminya dengan pokok anggur pilihan; ia mendirikan sebuah menara jaga di tengah-tengahnya dan menggali lobang tempat memeras anggur; lalu dinantinya supaya kebun itu menghasilkan buah anggur yang baik, tetapi yang dihasilkannya ialah buah anggur yang asam.

Yesaya 5:3 Maka sekarang, hai penduduk Yerusalem, dan orang Yehuda, adililah antara Aku dan kebun anggur-Ku itu.

Yesaya 5:4 Apatah lagi yang harus diperbuat untuk kebun anggur-Ku itu, yang belum Kuperbuat kepadanya? Aku menanti supaya dihasilkannya buah anggur yang baik, mengapa yang dihasilkannya hanya buah anggur yang asam?

Nah, bereans..Apakah ayat di atas sedang menjelaskan Allah Tritunggal? Tritunggal ni te thou....

Bereans, itu baru argumen saya yang pertama. Bukankah anda mendapati anda seharusnya belajar daripada teriak2 disana sini dengan sombong? Capek deh...

Kedua, kalau anda mengidentifikasi Roh Kudus adalah getah, bukankah ayat di bawah ini juga melambangkan Roh Kudus? 

 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Ambillah wangi-wangian, yakni getah damar, kulit lokan dan getah rasamala, wangi-wangian itu serta kemenyan yang tulen, masing-masing sama banyaknya. ( kel 30:34)----Getah=Roh Kudus? Hahaha

Luar biasa bukan tafsiran anda yang ngawur?....Baiklah, mungkin anda mengatakan itukan PL, dan bukan PB sehingga gak bisa melambangkan Roh Kudus, atau anda gak memaksudkannya begitu ( saya mengalah lah),

Ketiga, saya bertanya : apa hubungan perumpamaan  pokok anggur dengan Allah Tritunggal?

Saya bertanya : Kenapa anda tidak menghubungkan perumpamaan Akulah Roti hidup dengan Allah Tritunggal? Bapa sebagai apa? Roh Kudus sebagai apa?

Anda  mengatakan : Saya memakai perumpamaan Rasul Paulus dan Yesus saja, bukan standar vantillian. Baiklah, bereans..saya juga memakai perumpamaan Yesus dan Paulus untuk bertanya kepada anda hubungan ini :

Yesus : Akulah Roti hidup ( Yoh 6:48)

Paulus : Jikalau roti sulung adalah kudus, maka seluruh adonan juga kudus ( Roma 11:16)----ini ayat di Roma 11 juga loh...INGAT.....Ada ROTINYA....Ada ROTINYA....Ada kata "ROTI"...Ups...

Nah, bereans, menurut WAHYU BARU anda yang NGAWUR dan sesat, Perumpamaan Roti hidup : Bapa sebagai apa? Anak sebagai apa? Roh Kudus sebagai apa? Hahahaha....Ingat bereans, saya sedang memakai standar Tafsiran anda yang menghubungkan perumpamaan Yesus dan Paulus yang anda bangga-banggakan sekaligus akan mempermalukan anda....

Maafkan saya, Bereans, pulang ke Korea untuk belajar lagi yah....Apakah saya berlebihan kalau mengejek anda? 

 

 

 

 

 

 

king heart's picture

Vantilian sewot

Vantilian :

Nah, bereans..Apakah ayat di atas sedang menjelaskan Allah Tritunggal? Tritunggal ni te thou....

Ha ha ha, anda bisa sewot juga ternyata, bro

Kata kata anda ( bold ) mestinya ditulis dalam bahasa Korea, tapi karena saya tidak bisa juga saya kasih terjemahan lain, syukur syukur dimengerti yaitu pale lu atawa endhas mu

GBU

 

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

Bereans's picture

@vantillian

vantillian, anda katakan saya mempermalukan diri saya sendiri? dimana saya mempermalukan diri saya? saya hanya bertanya kepada anda, jika Yesus adalah pohon zaitun sejati dan Yesus (keberadaan Illahi) adalah Firman yang menjadi daging dan Roh Kudus (Roh Illahi) dan Allah adalah (Esensi Illahi), dan Paulus katakan Yesus (keberadaan Illahi) adalah pokok zaitun berarti Allah (yang adalah Roh yang berada dengan sendirinya dan dari pada mulanya dan lebih besar dari langit yang mengatasi segala langit itu apa? dan Roh Kudus (Parakletos, yang keluar diantara Bapa dan Anak)itu apa? jawab saja, kenapa mutar-mutar gak karuan?

Yesus (Keberadaan Illahi) = pokok/Batang pohon (yang telah dilihat dan yang telah kami saksikan dan yang telah kami raba dengan tangan kami tentang Firman hidup dalam 1 Yoh 1:1-4)

Allah (Esensi Illahi) = ......

Roh Kudus (Roh Illahi) = ......

Cabang asli = Bangsa pilihan / Israel

Cabang zaitun liar = bangsa asing (diluar bangsa Israel)

Tinggal jawab aja kok mutar-mutar yah?

Walaupun anda mutar-mutar kalau belum jawab pertanyaan saya untuk apa komentar anda. Karena saya akan bertanya dengan pertanyaan yang sama sampai anda jawab.

 

Vantillian's picture

Bereans, pulanglah ke Korea, belajar wahyu baru lagi

Berean, saya minta maaf terlebih dulu dan semoga anda tidak sakit hati, karena komentar saya kali ini lebih banyak mencela anda. Berean, kalau terbukti anda tidak bisa mengikuti argumentasi orang, jangan menuduh orang muter-muter. Gak muter aza, anda udah kebingungan mengerti semua argumen saya. Saya tidak tahu mau menyebut anda bodoh, goblok, atau idiot.

Maafkan saya, anda memang sama sekali tidak mengerti mengapa saya menggunakan standar tafsiran anda untuk melawan anda sendiri. Bukankah anda sendiri yang muter-muter? Saya bertanya darimana anda tahu getah akar zaitun itu Roh Kudus? Lalu anda tunjukkan di Roma 11:17 ada kata GETAH, itukah Roh Kudus? Bukankah saya sudah tunjukkan bahwa konteksnya sama sekali bukan Roh Kudus?Lalu apakah setiap ada kata getah dalam Alkitab berarti Roh Kudus? Getah=Roh Kudus? Itukah ajaran guru anda? Hanya karena pengetahuan begini, anda berani tulis? Haha..berean. Masih mengaku kalahkan hai2? Jelas donk, anda menang, karena anda idiot. Ketika berargumen dengan orang idiot, apakah kita perlu bertekak? Ngapain ngotot berargumen? Wong dia sama sekali tidak mengerti alur pikir kita. Itulah anda berean, yang tidak mengerti mengapa saya berargumen begini. Bagaimana anda tidak menang, karena sama sekali gak nyambung. Orang bodoh masih bisa diajar. Orang bebal masih bisa ditegur. Tapi kalau udah IQ jongkok, mau apain juga gak bisa. Itulah anda berean. Yang tidak mengerti mengapa saya menggunakan perumpamaan Yesus tentang roti hidup dan Paulus tentang roti kudus untuk bertanya kepada anda. Apakah lulusan dari akademi seperti anda-anda memang bodoh begitu?

Anda mungkin pikir saya kasar dan sombong, bukankah anda harus bercermin? Kesesatan anda adalah bumerang bagi anda. Anda mengajukan pertanyaan yang gak ada ujung pangkal. kalau saya jawab, kenapa? Apakah bisa membuktikan bahwa Roh Kudus itu getah? 

Allah Bapa, Anak, Roh Kudus mempunyai esensi keAllahan yang setara dan sama. Tidak ada yang di atas atau di bawah. Allah adalah Roh. itulah esensi dan eksistensi Allah sekaligus. Anda mengerti? Anda tentu saja tidak mengerti, karena Tritunggal anda adalah Tritunggal ngawur. 

Anda nulis :

Yesus (Keberadaan Illahi) = pokok/Batang pohon (yang telah dilihat dan yang telah kami saksikan dan yang telah kami raba dengan tangan kami tentang Firman hidup dalam 1 Yoh 1:1-4)

 

Allah (Esensi Illahi) = ......

Roh Kudus (Roh Illahi) = ......

Cabang asli = Bangsa pilihan / Israel

Cabang zaitun liar = bangsa asing (diluar bangsa Israel)

Tinggal jawab aja kok mutar-mutar yah?

Bereans, Yesus disebut pokok/batang pohon karena bisa diraba? haha....Baiklah berean, saya mengalah, saya tidak tahu jawabannya, maukah anda memberitahu vantillian yang bodoh ini? Allah itu mempunyai esensi dan roh? Jadi esensi dan roh itu beda pada Allah? 

Bereans, kalau anda guru Alkitab, jangan permalukan diri anda lagi. Pulanglah ke Korea, bertanya dulu kepada guru besar anda, mana tahu mendapat wahyu baru...

 

bintang seven's picture

bereans

vantilan tega bgt si bereans di suruh pulang ke korea cm buat ketemu si kim ki dong... nggak dikasi ongkos lagi.... mudah2an si bereans pinter berenang... tp yg rada gw bingung jauh2 belajar di korea pasti keren donk... korea gitu loh... tp ternyata korea gak jaminan ya? wah besok gw klo ke korea pengen tau nih apa di perguruan korea org belajar utk.... jd orang IQ jongkok.... bodoh, goblok, atau idiot.... wah yg begini gak usah jauh2 ke korea....gimana nih bereans anda jd topik hangat disini ayo donk jurus2 anda dipakai pasti akan lebih indah lagi...

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

hai hai's picture

@ Bereans, Anda TOLOL Sekali?

Yesus katakan bahwa Dirinya adalah pokok anggur dan kita sebagai manusia adalah ranting-ranting yang dicangkokkan kepada pokok/batang anggur, pokok anggur itu keluar dari apa? apakah bukan akar?

Bereans, jadi orang GOBLOK itu nggak apa-apa. ASal anda rendah hati sehingga nggak kekeh jumekeh sok tahu serta rajin belajar maka cepat atau lambat anda akan pinter.

Saudara Bereans, orang TOLOL adalah orang yang menyangka dirinya pinter dengan cara menuduh orang lain bodoh. Bereans yang bloon, berlakulah bijaksana. jangan berlaku TOLOL sebab itu namanya mempermalukan diri sendiri. Menulislah tentang hal-hal yang anda tahu. Bila tidak tahu, akuilah bahwa anda tidak tahu. Jangan berlaku SOK TAHU, sehingga menjadikan anda orang TOLOL.

Sejak purbakala, artinya sejak sebelum Yesus turun ke dunia, angggur berkembang biak dengan dua cara. Generatif, artinya dengan biji dan vegetatif artinya dengan cangkok, stek cabang, stek mata, penyambungan.

Bereans yang sok tahu namun bloon sekali yang terhormat, apabila anda menanam biji anggur, maka yang pertama-tama muncul adalah TUNAS, tunas itu tumbuh menjadi BATANG naha, batang itulah yang dimaksudkan Alkitab LAI sebagai POKOK. Akar akan MUNCUL kemudian. Itu berarti AKAR muncul dari POKOK.

Bereans yang SOK tahu, supaya anda tidak SOK tahu di kemudian hari sehingga mempermalukan diri di di depan orang banyak. sebaiknya anda belajar baik-baik. Dari mana anda tahu bawa pokok anggur keluar dari AKARNYA? Ha ha ha ha ha ...... Anda tahu dari guru-guru anda yang orang Korea? Bila orang-orang Korea tahu bahwa orang-orang Indonesia percaya pada bualan pokok anggur keluar dari akarnya. Mereka pasti menyangka semua orang Kristen Indonesia SETOTOL anda. Ha ha ha ha ... Bereans, jangan-jangan anda tahu dari hongkong?

Bereans yang mikir tapi nggak mau belajar, Bila anda menanam anggur dengan cara VEGETATIF, maka yang anda butuhkan adalah CARANG yang cukup tua. Carang itu lalu menjadi POKOK setelah mengeluarkan AKAR. Nah, kembali lagi, Bereans yang menyangka dirinya pinter. AKAR anggur keluar dari pokoknya.

Bereans, tidak setiap saat saya bisa mengajari anda dengan baik. Mungkin, orang lain tidak sesabar dan selucu saya ketika mengajari anda. Jadi, tolong, janga berlaku TOLOL, MERASA diri pinter dengan menuduh orang lain bodoh.

Bila anda mau rendah hati dan belajr dengan cara yang benar, saya yakin, tulisan Vantillian ini dan komentar saya di bawah, seharusnya membuka wawasan anda dan menunjukkan betapa TOLOL-nya cara berpikir guru anda ketika mengajarkan tentang  Kristus keluar dari Bapa dan Roh Kudus keluar dari Bapa dan Anak.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

king heart's picture

Biar Lengkap

Koh Hai hai,

Untuk lengkapnya mestinya anda terangkan juga mengenai cara tanam ginseng. Kan menurut bereans, Allah Bapa adalah akar, pasti klop kalau itu ginseng. Cuma masalahnya, berumur berapa tahun,puluh tahun atau ratusan bahkan ribuan tahun genseng tersebut ?

 

 

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

Bereans's picture

@king heart

Ternyata anda sudah banyak kecewa ya dengan banyak pengajaran dan denominasi, kasihan sekali. Anda pernah ikut Toronto Blessing mengenai Holy Laughter? mengapa mereka bisa suka cita Roh Kudus. apa kata para guru-guru anda? mengapa anda tidak uji dulu guru-guru anda. bukan guru anda yang salah tetapi anda yang merana.

Mengapa anda tidak uji dulu Firmannya? sebab apa orang bisa suka cita Roh Kudus? dasarnya apa? tidakkah anda bertanya kepada Yesus melalui Alkitab?

Mereka suka mengucapkan Rema Algon, anda tahu itu?

Orang yang menerima Suka cita Roh Kudus seperti apa kelakuannya? anda bisa jawab karena anda sudah mengalami. Tetapi atas dasar  apa suka cita Roh Kudus itu?

 Yesus dalam Lukas 10: 17-21 katakan apa? Setelah ketujuh puluh murid itu kembali dengan gembira dan berkata Yesus, juga roh-roh najis takluk kepada kami demi nama-Mu, lalu saat itu bergembiralah Yesus dalam Roh Kudus.

PERNAHKAH anda dan guru-guru anda yang dulu yang membuat anda kecewa mengusir roh-roh najis (setan-setan) seperti yang Tuhan Yesus lakukan dan ke 12 murid dan ke 70 murid lakukan? lantas dasar apa anda dan orang-orang itu bersuka cita Roh Kudus? bukankah sesuatu hal yang tanpa janji Firman adalah MISTIK? Anda suka mistik? jangan brur kembalilah ke Alkitab yang seutuhnya jangan ke doktrin ya?

kasihan anda sudah melanglang buana tetapi mungkin anda sekarang lihay kali ya, oleh sebab itu coba anda rasakan pertanyaan rasa ginseng korea.

 1. Siapakah Iblis itu dan asal mula Iblis? Kapan sebutan SATAN itu berlaku kepada Penghulu Malaikat Luciel yang merosot itu  ya? dan Sebutan Iblis itu kapan berlaku  ya? Dimanakah Iblis itu dipenjarakan ya? sebab dalam wahyu 12:9 naga si ular tua itu disebut IBLIS atau SATAN dua nama satu oknum. coba anda cicipi ya pertanyaan dari ginseng korea?

Dan juga anda bisa jelaskan siapakah ilah dunia/ilah zaman ini Ya?

Anda jelaskan dulu kepada saya kalau tidak tahu nanti saya kasih contekannya nanti anda baru tahu pahitnya ginseng korea, selamat ya.

Jangan anda bilang seperti sesepuh-sesepuh anda dimana saya suka mengagul-agulkan diri saya tetapi katanya kita harus saling mengasah dan menguji kemampuan dengan Alkitab sebagai standar tertinggi. Oleh sebab itu saya terapkan ukuran yang dipakai oleh penghuni disini kepada diri anda.

jawab saja, mudah kok pertanyaan nya.

king heart's picture

@bereans

Bagus sekali, anda memaparkan mengenai holy laughter dan lain lain untuk mencoba mengikuti gaya saya dalam "menertawakan" anda, anda ternyata cukup cermat dan pandai sehingga mengumpulkan informasi lumayan banyak tentang saya. Ha ha ha.

Saya suka melanglang buana ? itu sih tergantung dari mana cara pandangnya, tapi boleh juga sih diterima. Buat saya tak perlu malu jika dicap demikian.

Jika anda mau mengikut saya mestinya dituntaskan juga bagaimana dan mengapa saya berbalik dari ajaran demikian ? Tak perlu istilah istilah teologi muluk muluk, tak perlu kutip ayat Firman Tuhan segudang jika kita mau sungguh mengerti dan memahaminya. Kuncinya cuma satu kok, rendah hati dan siap dikoreksi.

Semestinya anda bersyukur memperoleh "lawan tanding" di Sabda Space ini, inilah waktu dan tempat yang tepat untuk mencoba merendahkan hati, tak perlu sampai rendah diri kok. dengan cara anda menalar dan menafsir Firman Tuhan, para tetua di sini cukup bijak dan murah hati mau menunjukkan kesalahan pemahaman anda dan juga rela berbagi melayani kecongkakan anda kalau tidak sopan disebut kebebalan anda.

Sayangnya saya tidak berkualifikasi menjadi tetua di sini ( ilmu masih cetek ), masih perlu banyak belajar lagi. Saya hanya seorang penggembira yang hanya bisa merasa mana yang berbobot dan mana yang awur awuran, yang kadang menulis ringan, kadang berkomentar ringan dan juga kadang colak colek menggoda tapi ( sayangnya ) kurang berbobot mengajar anda. Tapi yang saya mau kemukakan adalah saya banyak belajar dari anda, untuk bagaimana menghindari kebodohan yang telah anda tempuh dan yakini, itu saja.

Sudah jawabannya, mudah kok.

 

 

 

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

hai hai's picture

@King Heart, Ginseng Korea

kingheart, mungkin Bereans kebanyakan makan ginseng Korea makanya mikirnya jadi Akaricentris, artinya akarlah central dari tanaman. Ha ha ha ha ha ... Namun, sayang pemikiran demikian sama sekali SALAH.

Ginseng berumur 1000 tahun memang top baik di dalam cerita silat maupun kisah dongeng-dongeng Tionghua dan Korea. Namun itu hanya dongeng, sebenarnya ginseng hanya perlu waktu sekitar + 5 bulan untuk panen.

Ginseng berkembang biak dengan cara VEGETATIF, dalam hal ginseng, melalui STEK batang. Artinya, bila ketemu pohon ginseng, patahkanbatangnya lalu tancep di tanah, maka AKARNYA akan keluar kemudian. AKAR keluar dari POKOK.

Anda bisa mengembangkan Jahe, Lengkuas, kencur, ubi jalar, kentang dengan  menanam AKARNYA.  Yang benar adalah UMBI, bukan AKAR. Nah, apa beda umbi dan AKAR?

Ha ha ha ha ha ... Sudahlah kingheart, makin dibahas makin ketahuan betapa TOLONYA si Bereans. TEORI akar keluar dari pokok itu diajarkan oleh guru-gurunya, maka kita sudah TAHU, seberapa PINTER gurunya yang paling guru tersebut. Klo gak salah Bereans bilang dia orang Korea ya? Yang ilmunya dipelajari sebagian ma Ev. Andereas Samudera?

Ha ha ha ha ha .. Ev. Andereas Samudera cukup beruntung hanya belajar sebagian, coba kalau dia belajar sampai BATANG keluar dari akar? Ha ha ha ha ha ...

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Vantillian's picture

Hai, kenapa tidak mengajar?

Hai, kenapa tidak mengajar ilmu biologi? Haha...Anda menjelaskan dengan sangat baik sehingga saya yang mengerti hanya teori saja tidak mempunyai kemampuan menjelaskan seperti itu kepada anak didik saya...Haha...Jadi malu sendiri...

hai hai's picture

Vantillian, Saya Seorang Petani

Saudara Vantillian, saya seorang petani, itu sebabnya banyak tahu tentang tanaman. Namun pengetahuan saya hanya tentang hal-hal mendasar saja kok.

Nah, kalau si Bereans, itu pengetahuannya tingkat propesor, sebab dia mengajarkan ilmu baru bahwa AKAR keluar dari Batang.

Saudara-saudara INI ANGGUR BARU, ha ha ha ha... ANGGUR INI BARU. BARU karena batangnya keluar dari AKARNYA. Ini ANGGUR mujizat. Ha ha ha ha ... Anggur nich ye? *khusus ke Sandman.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

sandman's picture

@Hai2 &berrians

Saudara bereans maksud anda BATANG yang Berakar itu mungkin KETELA alias SAMPEU. Saya suka tuh sama itu, nah kalau pakai perumpamaan pohon ketela baru anda bisa memasukan kepala si Ventillian kedalam tanah, karena buahnya ada di dalam tanah alias di akarnya.

 

Ngomong-ngomong anda punya Fesbuk? kalau punya...

 

FESBUKkan nich Yee... ?

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

king heart's picture

@sandman

Urusan masuk memasukkan kepala ke dalam tanah bisa menimbulkan persoalan baru karena jangan jangan bereans salah tangkap dikiranya burung onta memasukkan kepalanya ke dalam tanah supaya kepalanya bisa mengeluarkan akar. Tambah runyam....

 

 

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

sandman's picture

@KH bisa aja anda..

Jika anda berkata burung unta itu sedang memasukan kepala kedalam tanah sedang berakar, bagaimana dengan para TIKUS TANAH, yang bukan sekedar memasukan kepala kedalam tanah, tapi seluruh tubuhnya masuk kedalam tanah apakah bisa disebut dia sedang BERAKAR -AKAR.

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

Vantillian's picture

sandman, berean sedang menjelaskan tentang pokok anggur

 Sandman, berean sedang memakai perumpamaan pokok anggur, bukan ketela...

sandman's picture

@Saya cuma memberi masukan...

Masukan kepada bereans bahwa   BATANG yang BERAKAR itu adalah pohon ketela bukan ANGGUR. Ketela sih ditanam batangnya aja jadi berakar. Supaya analoginya bisa bener.  Itu sebabnya menjelaskan kenapa ketika beribadah kita sering mengangkat tangan ke atas memuji2 Tuhan berdoa sambil tangan kita terbuka keatas. Pohon anggur buahnya  DIATAS.  Kalau pake ketela jadi sujud kebawah.

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

king heart's picture

@sandman : bisa aja.... ha ha ha

Sandman :

Itu sebabnya menjelaskan kenapa ketika beribadah kita sering mengangkat tangan ke atas memuji2 Tuhan berdoa sambil tangan kita terbuka keatas. Pohon anggur buahnya  DIATAS.  Kalau pake ketela jadi sujud kebawah.

Lho kalo memujinya sambil mengepalkan tangan, ada yang melambai-lambaikan tangan, ada yang loncat loncat terus artinya apa ? he he he

Analogi anda antara tanaman dan cara memuji sangat kreatif tapi jadinya lucu......, ngakak saya membacanya, ada ada aja...bro sandman

 

 

 

 

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

sandman's picture

@Kh..

Lho kalo memujinya sambil mengepalkan tangan, ada yang melambai-lambaikan tangan, ada yang loncat loncat terus artinya apa ? he he he

Mengepalkan tangan itu karena lengket sama getah, terus loncat2 itu karena kegatelan kena getah.

Kena Getahnya Nich Yee...? *khusus Hai2

 

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

hai hai's picture

kingheart, Theologia AKAR

Lho kalo memujinya sambil mengepalkan tangan, ada yang melambai-lambaikan tangan, ada yang loncat loncat terus artinya apa ? he he he

kingheart, itu artiny carangny ketiup angin dan tidak BERAKAL, eh maksud saya tidak berakar. Carang anggur kok berakar ya harus berakal. Eh salah lagi, harus berakar bukan berakal.

Anda tahu kenapa Yesus lupa menyebut GETAH ketika membuat perumpamaan? Karena saat itu gurunya Bereans belum mengajarinya. 

Akar = Allah Bapa
Batang = Yesus Kristus
Cabang = Orang Kristen
Getah = Roh Kudus
Buah Anggur = Buah roh
Daun Anggur = Malaikat

Klo di pas pasin, pas juga bro.

Yesus itu keluar dari pangkuan Bapa dalam Yohanes 1:18 dikatakan: "Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya".

Anda tahu Yesus itu keluar dari mana? Dari pangkuan Bapa atau dari sorga? silahkan dijawab?

Anda tahu kenapa Yesus keluar dari pangkuan Bapa? Sebab kalau keluar dari buah dada Bapa, namanya Susu, bukan Yesus.

Anda tahu kenapa Yesus keluar dari pangkuan Bapa, bukan keluar dari Sorga? Karena sorga itu namanya angkasa. Bila anda lihat burung terbang, itu angkasa pertama. Bila anda lihat astronout melayang-layang, nah itu angkasa kedua. Angkasa yang ketiga berisi surga dan neraka. Sementara Robert Angkasa itu salah satu anggota MLM Amway yang paling top di Indonesia (katanya). Setelah angkasa ketiga, itulah Allah. Tidak boleh ada ruang antara angkasa dan Allah, sebab bila ada ruang, itu berarti ada lebih dari satu Allah. Ada Allah, di dalam Allah ada Angkasa, Di dalam Angkasa ada dunia, di dalam dunia ada manusia, di dalam manusia ada tai.    

Anda tahu kenapa kebenaran tersebut di atas tidak tercatat di dalam Alkitab? Karena malaikat yang diperintahkan untuk menyampaikan firman tersebut NYASAR ke Tiongkok. Itu sebabnya di Tiongkok ada ajaran:

Agama Dao membagi alam semesta menjadi tiga bagian yaitu: Tian (langit atau surga), Di (bumi) dan Diyu (dunia bawah atau neraka). Tian atau langit terbgi menjadi 36 tingkat (Sanshiliu daluo tian).  Di masing-masing penjuru angin ada delapan langit, di atas ketiga puluh dua langit itu ada tiga langit dan satu langit yang melingkupi semua langit (35 langit).

28 langit pertama disebut  langit 3 wujud (Sanjie) yang dihuni oleh dewa-dewi fana yang yang masih bisa mati dan mengalami reinkarnasi.... Langit tingkat 25 - 28 disebut langit tanpa wujud (wusejie). ... Langit tingkat 29 - 32 disebut empat langit sempurna (sifantian) atau langit bibit manusia (Zhongmintian) karena di langit ini tinggal dewa-dewi tanpa rupa dan wujud, tanpa nafsu dan abadi sehingga tidak mengalami reinkarnasi lagi dan tidak ikut musnah ketika kiamat. ...Langit tingkat 33 - 35 disebut tiga langit maha sempurna (sanqing jing).

Langit tingkat 36 adalah langit dari segala langit. Langit ini melingkupi semua langit, bumi dan dunia bawah. Langit ke 36 adalah Dao itu sendiri.

Anda tahu, kenapa Orang Tionghua membaginya demikian detail sementara orang Yahudi hanya membagi langit menjadi tiga? Karena orang Yahudi dari sononya mang pelit. Jadi bagi tiga aja cukup dech.

Anda tahu kenapa Yesus Kristus ke dunia? Itu terjadi Karena Dia ada di pangkuan Bapa, nah lama-lama Bapa pegel karena duduk melulu. Suatu kali Bapa berdiri, karena berdiri ya nggak ada pangkuan dong yao? Yesus jatuh. Jatuh dari pangkuan Bapa, menembus angkasa tiga lapis lalu masuk ke Maria. Anda tahu kenapa masuk ke maria?Karena kalau masuk ke MARIAM namanya PELOR. Anda tahu kenapa Yesus masuk ke rahim Maria? Karena kalau masuk ke perut Maria, pasti dilahirkan kebesokannya, sementara itu Herodes kan blom bikin rencana sensus?    

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Bereans's picture

@hai-hai jika saya tolol apalagi anda?

Anda katakan jadi orang goblok ga apa-apa asal rendah hati dan tidak keuhkeuh sok tahu dan asal mau belajar maka cepat atau lambat akan pinter?

Wah ternyata anda sudah banyak kemajuan. Terlihat anda pintar tetapi apakah anda sudah bisa membedakan kalimat perintah dan kalimat tanya? Apakah anda sudah banyak belajar? apakah anda sudah rendah hati? apakah anda sudah bisa mengakui kesalahan sendiri dan menerima kekurangan diri anda?

Anda sampai saat ini pun belum menjawab pertanyaan saya dan kabur dalam babak pertama dan menghilang di babak ke dua, apakah anda akan kabur di babak ketiga ini?

 Brur sejak kapan Kejadian 22:1-2 dikatakan sebagai kalimat tanya? Apakah kata "Ambillah" adalah kalimat tanya? sejak kapan kata AMBILLAH adalah kata tanya dan ayat 1 dan 2 dari kejadian 22 adalah kalimat pertanyaan?Apakah Allah memerintahkan Abraham ataukah Allah bertanya kepada Abraham? apakah anda sudah rendah hati dan mau mengakui kesalahan anda? belum tuh sampai saat ini? kenapa anda tidak menjawab pertanyaan-pertanyaan mudah yang saya berikan?

Anda katakan bahwa Iblis atau setan tetapi wahyu 12:9  Iblis atau SATAN dan saya katakan Iblis atau SATAN, anda tidak bisa membedakan SATAN dan setan bahkan mengutip saja salah, apakah anda mengakui kesalahan anda? tidak, malah memutar balikkan kesalahan kepada saya, apakah anda sudah rendah hati dan mau belajar? belum tuh? Sepertinya kesalahan adalah yang memalukan bagi anda. Kalau anda saja keuhkeuh tidak mengakui kesalahan anda mengapa anda memaksa orang untuk rendah hati?

Jika saya tolol apalagi anda brur, jangankan mengerti ayat mengutip aja salah dan membedakan kalimat perintah dan kalimat tanya aja salah, disebut apa ya anda itu?

Satu lagi tulisan yang anda nyatakan "Sejak purbakala, artinya sejak sebelum Yesus turun ke dunia" Saya mau belajar nih dari anda, emank Yesus itu turun dari mana brur?  turun dari sorga atau keluar dari Pangkuan Bapa, anda tulis saja kutipan anda itu, saya mau belajar nih dan mau rendah hati setelah anda ajar saya  nanti saya kasih tahu kesalahannya. Ok.

Maaf, brother saya tidak bermaksud menyingkap kesalahan anda karena berbuat salah adalah manusiawi, tetapi anda sendiri yang mendesak saya.

jesusfreaks's picture

@bereans : hai2 memang ngaco

Harap maklum aza, si hai hai sering ngaco kok. Dia selalu mengagulkan, BICARA YANG DIA TAHU. Padahal bicara tentang TUHAN bukanlah bicara yang kita TAHU. Bicara tentang TUHAN adalah bicara SOK TAHU. Tapi hai2 katanya TIDAK SOK TAHU. Gw cuma senyum aza deh.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

JF, kompor nich yee?

JF, kompor nich ye? Ha ha ha ha ha ...

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

bintang seven's picture

come on bereans

bereans udah banyak orang yg bilang si hai2 tolol, kurang ajar, sok tau dll... skrg giliran anda... bereans gw memberi semangat krn siapa tau anda berhasil skrg ini membuktikan ketololan itu... tp klo gak berhasil mbok ya jgn sakit hati terus menghilang sebenarnya saran gw lo hrs fokus pd materi bahasan jgn pd emosi dan kebencian pd si bengcu... teknik kedua jgn mengeluarkan pernyataan aneh2 spt org yg sudah2....dg mengatakan Yesus adalah ciptaan Allah Bapa...keselamatan ditentukan oleh manusia, dunia akan dijadikan surga... teknik ketiga...jika tidak tahu katakan tidak tahu krn klo sok tau anda akan dipermalukan... keempat penonton disini akan ikut campur tp tetap kuasai ide anda... kelima begitu ada celah, menyeranglah tp klo gak mempan mundur pelan2 lalu angkat topik sekitar dan katakan saya sebenarnya gak bermaksud begitu.... terakhir jika memang banyak jurus2 anda keluarkan dan ia tetap hidup dan jd mandor ss ini maka rendah hatilah dan katakan hai emang kamu orang sakti... maka penonton2 ss ini bahkan akan menghormati anda lebih dr pemenang... krn kerendahan hati anda...bereans pertempuran ini bakal seru... oleh sebab itu ijinkan saya membuat kopi dan pisang goreng dl....selamat bertempur....

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

hai hai's picture

Wow ... Bereans

Wow ... Bereans ... Bereans ....ternyata sampai saat ini anda masih tidak paham Kejadian 22:1-2. Mungkin itu terjadi karena anda kekeh jumekeh tidak mau belajar.Nasehat saya masih sama saudara Bereans, rendah hati, belajar Alkitab dengan cara yang benar dan berdoalah semoga Roh Kudus membimbing anda.

Bila anda hendak belajar, pertama tama bacalah tulisan anda lalu baca komentar saya. Dengan demikian anda akan paham. Bila tidak paham juga ya belajar lagi.

Saudara Bereans, bagi anda Setan itu bukan Satan. Saya tidak menjelaskannya kepada anda sebab memberi kesempatan kepada anda untuk belajar sendiri. seharusnya anda mengambil kesempatan itu dengan belajar tentang kata-kata tersebut di kamus dengan benar. Setelah belajar kamus dengan benar, silahkan baca Alkitab anda lagi dengan teliti. cobalah anda membandingkannya dengan bahasa Inggris dan bahasa Asli Alkitab. Hal demikian sederhana ternyata jgua tidak anda pahami? Ha ha ha ha ha .....Mengangap diri pinter lagi?

Jika saya tolol apalagi anda brur, jangankan mengerti ayat mengutip aja salah dan membedakan kalimat perintah dan kalimat tanya aja salah, disebut apa ya anda itu?


Nggak bisa begitu dong Bereans, karena anda tolol itu tidak berarti saya goblok. bukankah sudah berkali-kali saya menasehati anda, bila tahu diri sendiri bodoh, jangan menganggap orang lain lebih bodoh?

Satu lagi tulisan yang anda nyatakan "Sejak purbakala, artinya sejak sebelum Yesus turun ke dunia" Saya mau belajar nih dari anda, emank Yesus itu turun dari mana brur?  turun dari sorga atau keluar dari Pangkuan Bapa, anda tulis saja kutipan anda itu, saya mau belajar nih dan mau rendah hati setelah anda ajar saya  nanti saya kasih tahu kesalahannya. Ok.

Mohon maaf, Bereans, nampaknya kemampuan anda masih terlalu dangkal untuk mampu memahami kalimat saya tersebut. Saya turut sedih atas hal itu, namun maaf, tidak bisa membantu karena anda sama sekali tidak menunjukkan itikat baik untuk belajar. bila saya menjelaskan maka itu hanya akan memberitahu para pembaca lainnya bahwa anda tidak tahu bahwa anda tidak tahu nmun kekeh jumekeh belagak tahu.

Anda sudah baca komentar saya di bawah ini yang berjudul Waktu, Ruang dan Wujud - Misteri Tritunggal? Sayang anda belum membacanya, bila anda sudah membacanya, lebih sayang lagi, itu berarti anda jauh lebih maaf, bodoh dibandingkan dugaan saya. Ha ha ha ha ha ...

Ha ha ha ha ha ... Bila ajaran anda benar, bukankah itu berarti  Yesus Turun dari pangkuan Bapa? Bukan keluar! Ha ha ha ha ... Bukankah saya sudah menulis apa yang terjadi dengan asumsi apa yang anda ajarkan benar? Suatu hari Bapa merasa pegal lalu berdiri tiba-tiba sehingga Yesus jatuh dari pangkuanNya? Ha ha ha ha ha ...

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

hai hai's picture

WAKTU, RUANG dan WUJUD - Misteri TRITUNGGAL

Salah satu kesalahan saya selama bertahun-tahun untuk memahami ajaran Tritunggal adalah BERUSAHA memahaminya melalui PERUMPAMAAN. Saya sudah menganalisa banyak sekali perumpamaan tentang Tritunggal dan mampu menunjukkan ketidaksempurnaan perumpamaan-perumpamaan tersebut, termasuk perumpamaan yang saya tulis sendiri.

Setelah mempelajari banyak perumpamaan tersebut, saya tiba pada satu kesimpulan. SEMUA perumpamaan tersebut mampu menolak serangan-serangan terhadap ajaran Tritunggal namun SAMA SEKALI tidak mampu menjelaskan Allah Tritunggal dengan BENAR dalam arti sempurna.

Kenapa kita tidak MAMPU mendefinisikan Allah Tritunggal dengan SEMPURNA? Menurut saya hal itu terjadi karena tiga hal:

WAKTU
RUANG
WUJUD

Contoh yang paling jelas adalah perumpamaan yang saya gunakan untuk menjelaskan Allah Tritunggal. Ketika memasukkan FAKTOR waktu, ruang dan wujud, maka perumpamaan tersebut menjadi SAMPAH.

Ada waktu ketika Adam ada sendirian. Ada waktu ketika Adam dan Hawa ada berdua dan ada Waktu ketika Adam dan Hawa serta anaknya berada bertiga. Ketika memasukkan faktor waktu, maka perumpamaan tersebut benar-benar SAMPAH.

Ada ruang yang berbeda antara Adam dan Hawa serta anak mereka. Demikian pula ada Wujud yang berbeda antara Adam dan Hawa dan anak mereka. Di samping itu, Adam dan Hawa serta anak mereka TIDAK ESA artinya TIDAK SATU.

Sebelum meninggalkan RUANG dan WAKTU serta WUJUD, mustahil manusia MAMPU memahami Allah tritunggal dengan SEMPURNA apalagi menjelaskannya dengan sempurna.

Apabila meninggalkan ruang dan waktu serta wujud, saya tidak tahu apakah saat itu manusia mampu memahaminya.

Karena WAKTU kita tahu apa itu masa lalu, sekarang dan nanti. Ketika menjelaskan Allah Tritunggal, selalu muncul SIAPA yang duluan ada?

Karena RUANG kita tahu di sini dan di sana, di atas, di bawah, di kiri di kanan, di depan di belakang. Di sana bukan di sini, di atas bukan di bawah, di kanan bukan di kiri, di depan bukan di belakang, di tengah bukan di pinggir. Dari mana kita tahu Hawa bukan Adam? Dari ruang. Adam bukan Hawa karena RUANGANNYA beda. Ruang yang disebut Adam bukan ruang yang disebut Hawa.

Karena WUJUD, maka kita tahu ini dan itu, manusia, binatang, tumbuhan dan alam, saya, kamu, dia. Dari mana kita tahu ini manusia, itu binatang, ini tumbuhan, itu alam, ini saya dan ini kamu serta ini dia. Ini Adam itu Hawa. Ini Adam karena dia bukan Hawa.

Apa yang terjadi bila manusia ada di dalam TIDAK ada waktu, tidak ada ruang dan tidak ada wujud. Manusia menjadi TIDAK ADA. Karena Manusia diciptakan dalam WAKTU, RUANG dan WUJUD. Manusia ada karena keberadaannya di dalam BELENGGU WAKTU, RUANG dan WUJUD.

Untuk membedakan saya dan kamu, dibutuhkan dua hal, RUANG dan WUJUD.

RUANG. Ini saya, itu kamu. Saya bukan kamu, kamu bukan saya. Bila tidak ada ruang, bagaimana saya tahu ini saya dan itu kamu?

WUJUD. Ini saya, itu kamu. Saya bukan kamu, kamu bukan saya. Bila tidak ada wujud, bagaimana membedakan saya dan kamu?

Allah Itu ESA. Tidak ada ruang yang membatasi, tidak ada wujud yang membedakan. Bukankah itu ESA? Bukankah itu SATU? Bukankah itu BUKAN tiga namun ESA alias SATU?

SATU namun TIGA. Dari mana kita tahu? Karena Kristus mengajarkan bahwa Dia bukan Allah Bapa, Dia juga bukan Roh Kudus dan Roh Kudus bukan Allah Bapa.

Yesus Kristus Keluar dari Allah, Yesus Keluar dari Allah Bapa, Yesus Keluar dari Roh Kudus. Roh Kudus keluar dari Allah Bapa, Roh Kudus keluar dari Kristus. Apa arti KELUAR? Keluar berarti keluar dari TIDAK ada waktu, ruang dan wujud Ke dalam waktu, ruang dan wujud.

Apabila kita umpamakan:

TIDAK ada waktu, ruang dan wujud  =  TIDAK ADA

ADA waktu, ruang dan wujud  =  ADA

Apakah ketika Kristus keluar dari TIDAK ADA ke dalam ADA, Dia tetap ADA di TIDAK ADA? Apa bila Yesus tidak ada di TIDAK ADA ketika Dia ada di  ADA, maka itu berarti di TIDAK ADA itu ADA waktu, ruang dan wujud. Atau Waktu, ruang dan Wujud MAMPU membelenggu Allah.

Saya tidak mau melanjutkan lagi karena kepala saya berdenyut-denyut menandakan saya tidak sanggup lagi untuk menjelaskan. Bila anda suka, silahkan memikirkannya sendiri. Vantillian, anda benar-benar tahu cara untuk membuat orang Kristen Stress. Jadi Ingat sebuah buku yang judulnya kira-kira begini, Pak Pendeta, Buatlah Jemaat Stres tulisan Mas Arie Saptaji.

NB.
Vantillian, ini adalah konsep salah satu tulisan yang sedang saya persiapkan sejak lama untuk menggebrak pasar Klewer, namun tulisan anda benar-benar membuat saya hilang kendali. Ha ha ha ha ... Saya kehilangan peluang untuk mendapatkan 10 point karena tidak mengunggahnya sebagai blog baru. Mendapatkan 1 point lalu kehilangan 4 point karena mengedit komentar ini 5 kali. 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Vantillian's picture

Hai...Satu, Dua, Tiga, sayang semuanya...Haha

Hai, anda terlalu memuji saya, haha...Terima kasih untuk masukannya. Seperti yang anda tuliskan : Setelah mempelajari banyak perumpamaan tersebut, saya tiba pada satu kesimpulan. SEMUA perumpamaan tersebut mampu menolak serangan-serangan terhadap ajaran Tritunggal namun SAMA SEKALI tidak mampu menjelaskan Allah Tritunggal dengan BENAR dalam arti sempurna. 

Itu benar sekali. Meskipun demikian, saya pribadi tidak menentang pemakaian perumpamaan untuk menjelaskan tentang kebenaran rohani. Karena Yesus sendiri memakai perumpamaan untuk mengajarkan tentang Kerajaan Sorga. Bagi saya, siapa yang bisa mengajar dengan perumpamaan dengan tepat, maka ia adalah orang bijaksana yang telah memahami apa yang dia ajarkan ( Itulah sebabnya saya sangat mengagumi guru-guru TK dan SD yang sering harus mengajar dengan cerita dan contoh2 ). Yang kurang tepat adalah sembarangan memakai perumpamaan untuk menjelaskan kebenaran rohani. Allah Tritunggal termasuk topik yang sering diumpamakan secara serampangan. Namun, seperti yang anda tuliskan, perumpamaan tidak dapat menjelaskan dengan tepat konsep Allah Tritunggal, yang menurut saya---karena keterbatasan pengetahuan manusia dan ketergantungan pengetahuan manusia terhadap penyataan Allah--.

Terus terang, saya juga ingin menuliskan tentang waktu dan ruang karena ini adalah hal yang menarik untuk dijabarkan dalam hubungannya dengan pengetahuan kita tentang Allah. tetapi karena keterbatasan dalam pengetahuan fisika modern, maka saya urung menuliskan. Takut semakin menulis, semakin gak ngerti sendiri. Haha

Masalah SATU-BANYAK ( The problem of one and many ) sudah sering menjadi pokok perdebatan di antara filsuf. Para filsuf ada yang memandang REALITAS sebagai SATU, ada yang memandang REALITAS sebagai BANYAK. Apakah realitas itu tunggal atau jamak? Kalau tunggal, mengapa kita tidak dapat menjelaskannya dalam SATU penjelasan yang memadai? Kalau jamak, mengapa kita terus mereduksinya dalam pengertian yang tunggal? Tujuan blog saya adalah memperlihatkan bahwa pikiran manusia sangat terbatas dan harus bergantung kepada penyataan/wahyu Allah. Asumsi saya adalah SEMUA pengetahuan manusia didasarkan atas PENYATAAN/WAHYU umum dan khusus dari Pencipta. Tentu saja asumsi ini harus diuji lagi. Tapi saya yakin, semua pikiran manusia yang MENENTANG PENYATAAN ALLAH, sedang menentang dirinya sendiri. Dalam arti semua argumen yang melawan kebenaran sejati, sebenarnya sedang meruntuhkan dirinya sendiri. Mengapa begitu? Karena argumen yang melawan kebenaran, bukan kebenaran itu sendiri, sehingga akan menjadi bumerang bagi diri sendiri. Apalagi dalam pemikiran manusia berdosa, terdapat konsistensi dan inkonsistensi sekaligus dalam memahami sesuatu. Bagaimana pengetahuan yang seharusnya bergantung kepada kebenaran itu, melawan kebenaran itu sendiri? (Kitab Roma pasal 1-2 menekankan hal ini). Salah satunya adalah masalah dalam pemikiran itu sendiri-- menurut saya, ini seharusnya menjadi dasar apologetika kristen--dimana terdapat kecacatan dan inkonsistensi di dalamnya. Kalau masalah satu-banyak tidak dapat dipecahkan oleh manusia, bagaimana mungkin bisa begitu sombong menyatakan ajaran Allah Tritunggal tidak benar? 

Konsep WAKTU, RUANG, BENTUK adalah pemikiran yang dalam, sampai sekarang para filsuf dan teolog belum mendapatkan kesepakatan bersama. Apalagi dikaitkan dengan Allah Tritunggal atau predestinasi. Tapi saya yakin, ini adalah konsep inti dalam memahami realitas rohani. Terus terang, setelah membaca komentar hai-hai, mengapa tidak menuliskannya dalam satu blog? Saya pernah memikirkan, tetapi belum mampu memahami dengan cukup memadai. Saya masih memikirkan kalimat Kitab Tao : Tao ke Tao, Fei Chang Tao. Ming ke Ming, Fei Chang Ming. Menurut saya, Lao Tzi memahami bahwa pengetahuan tentang Tao harus bergantung kepada Tao itu sendiri. Bagaimana pendapat Hai?

Memang memikirkan Allah Tritunggal cukup menguras energi, belum lagi mesti menjelaskan. Akhirnya vantillian cuma bisa menyanyikan lagu : Satu, Dua, Tiga, sayang semuanya....Haha....

hai hai's picture

@ Vantillian, Satu dan Banyak

Saudaa Vantillian, memikirkan satu dan banyak memang membaut kepala berdenyut-denyut. Itu seperti memasuki labirin tanpa jalan keluar. 

Namun pemahaman yang benar tentang Satu dan Banyak itu sangat berguna, itu sebabnya banyak filsuf yang memasuki area itu.

Terus terang, saya sendiri tidak akan mampu menulis apa yang sudah kamu tulis di atas. Terima kasih sudah mau bersusah payah memikirkannya, mengolahnya lalu menjelaskannya dengan cara sederhana. Itu sebabnya saya sangat antusia untuk mendukungnya.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

@ Hai hai, minta penjelasan teori baru anda..

Hai said:

Apa yang terjadi bila manusia ada di dalam TIDAK ada waktu, tidak ada ruang dan tidak ada wujud. Manusia menjadi TIDAK ADA.

Karena Manusia diciptakan dalam WAKTU, RUANG dan WUJUD. Manusia ada karena keberadaannya di dalam BELENGGU WAKTU, RUANG dan WUJUD.


Deta:

Menurut saya konsep yang terlalu TEORITIS nih om.

Sepertinya anda melupakan bahwa ada makhluk ciptaan yaitu malaikat yang adalah roh (tidak punya wujud), jelas malaikat itu hidup di alam kekekalan.

Gimana ini om? Bukankan manusia bila sudah mati dan masuk Surga akan hidup seperti malaikat juga hidup di alam kekekalan?  Dan waktu itu dunia sudah tidak ada lagi lho.. Mohon penjelasan teorinya..

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

Debu Tanah, Sorga

Debu Tanah, konon katanya para Malaikat itu hidup di Surga. Saya belum pernah piknik ke surga itu sebabnya apa yang saya tulis ini hanya berdasarkan kisah yang tercatat di Alkitab, bukan cerita mereka yang konon katanya piknik ke surga.

Debu Tanah, coba perhatikan kitab Wahyu, bagian yang mencatat penglihatan Yohanes di sorga. Bukankah di sana ada Waktu, ada ruang dan ada wujud? Bila tidak ada WAKTU, mustahil Yohanes menggunakan kata, LALU, KEMUDIAN. Bila di Sorga tidak ada RUANG, mustahil Yonahes menggunakan kata, Di SANA, DI SEBELAH, DISEKLILING. Bila di sorga tidak ada WUJUD, Mustahil Yohanes menggunakan kata, TAHWA, WAJAHNYA, RUPANYA.

Debu Tanah, ini PR buat anda, bila anda tertarik. SORGA itu ciptaan Allah atau sudah ada bersama-sama dengan Allah? Apabila Sorga adalah ciptaan Allah kapan itu diciptakan? Apakah Alkitab mencatat kisah penciptaan Sorga? 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

sandman's picture

@Debu Tanah Selamat ...

Anda dapat PR dan masuk dalam labirin...

PR NICH YE..?

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

minmerry's picture

@ Vantillian : thinkin'

Thinking hard

 

I m thinkin' really hard... 

Vantillian said :
Kita mengerti konsep SATU BUKU karena kita mengerti bagian-bagiannya, yaitu kertas, gambar, tulisan dsb. Itulah dasar pengetahuan manusia yang misterius.

 

but i agree with this.

 

__________________

logo min kecil

Vantillian's picture

Min, dont think too hard...

 Min, dont think too hard...but must think wisely...( bukan anak hai-hai)..Aniwe, thx for the foto...its really enrich my blog....

Debu tanah's picture

@ Vant, Konsep satu vs banyak

Vant wrote:

Hanya melalui SATU Adam, dosa telah masuk ke dalam dunia. Hanya melalui SATU Kristus, maka dosa telah diselesaikan. Satu Adam adalah banyak Adam. Satu Kristus adalah banyak Adam. Apakah Kristus sama dengan Adam?

Mengapa SATU Kristus bisa mewakili BANYAK keturunan Adam di hadapan Allah?



Deta:

Menurut saya hal di atas tidak bisa menjelaskan  konsep satu vs banyak lho.

Karena SETIAP ORANG bertanggung jawab atas dirinya sendiri ! Tidak berkaitan secara langsung. Tetapi memang Allah menciptakan manusia yang baru dengan jalan diperanakkan melalui 2 manusia laki-laki dan perempuan. Jadi ini adalah masalah ketetapan Allah atau metode Allah menciptakan manusia (selain Adam dan Hawa):

Kenapa 1 manusia (Adam pertama melambangkan  manusia duniawi) berdosa maka semua manusia ikut berdosa? Karena Allah menetapkan bahwa manusia jasmani (daging) lahir dengan cara diperanakkan oleh orang tuanya yang berdosa. (Yang diperanakan daging adalah daging).

Kenapa 1 manusia baru (Adam ke 2 melambangkan manusia rohani) dibenarkan maka semua manusia yang percaya bisa ikut dibenarkan? Karena Allah menetapkan bahwa manusia berdosa bisa diselamatkan dengan cara dilahirkan kembali dari Roh oleh Bapa kita di Surga.

Jadi itu masalah KONSEP apa yang DILAHIRKAN DAGING ADALAH DAGING dan apa yang DILAHIRKAN DARI ROH ADALAH roh.

Yohanes  3:6 Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh.

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Vantillian's picture

Deta, maksud saya...

Deta, maksud saya adalah apakah ada penjelasan dalam konsep perwakilan mengenai satu-banyak ini dengan merujuk kepada karena satu Adam, semua manusia jatuh dalam dosa ( melakukan pelanggaran), tetapi karena satu Kristus, banyak manusia bisa selamat. Satu bisa mewakili banyak. Bukankah ini adalah misteri pengetahuan? Allah menerima kita karena Kristus. Apakah kita dan Kristus satu? Dari kalimat anda, sepertinya Allah menetapkan adanya kemungkinan berdosa? Hehe...

Debu tanah's picture

@ Vant, ajaran Alkitab..

Vant:
Dari kalimat anda, sepertinya Allah menetapkan adanya kemungkinan berdosa? Hehe...


Deta:
Bukan  kalimat saya kok, tapi ajaran Alkitab dalam Yohanes 3:6 itu.

Kita dilahirkan itu artinya kita MEWARISI gen-gen orang tua kita bukan hanya sifat-sifat fisik saja, tetapi sifat-sifat jiwa dan roh.

Demikian juga bila kita dilahirkan dari Roh Allah, itu artinya kita benar-benar MEWARISI (diturunkan) sifat-sifat Allah ke dalam diri kita. Dengan cara inilah kita diselamatkan.

Yohanes 3:3 Yesus menjawab, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah."

Jadi Allah memang menetapkan (ajaran Alkitab bukan Deta, hehe..) bahwa manusia itu berdosa karena mewarisi sifat orang tuanya yang berdosa, demikian juga manusia selamat karena mewarisi sifat-sifat Allah (dilahirkan kembali).


Mungkin bisa tulis satu blog baru tuh, kenapa adam berdosa menyebabkan semua manusia ikut berdosa? Kayaknya bakal seru tuh perdebatannya.. hehehe...

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Vantillian's picture

Iya, deta...dosa warisan memang misterius

 Benar deta, mengapa Adam berdosa, tetapi kita yang kena getahnya? Apakah karena adanya dosa warisan? Gimana diwariskan? Ini memang misterius..Saya memang berencana mengulasnya, tetapi belum cukup memadai dalam topik ini. Mungkin deta yang bisa memulai duluan?

Debu tanah's picture

@ Vant & SF, sebaiknya SF saja yang tulis

Wah terus terang saya belum cukup ilmu buat menulis topik ini.

Menurut saya, saat ini SF lah orang yang paling berkualifikasi menulis blog tentang topi ini.

Sebenarnya SF sudah menulis satu blog DUA ADAM. SF juga sudah baca tulisannya CUNSTANCE (kalo gak salah tulis) tentang aspek kejatuhan manusia secara fisik karena makan buah beracun.

Tetapi blog itu belum cukup dalam, belum menjawab pertanyaan kita di atas.

Gimana SF mau terima tantangan?

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Samuel Franklyn's picture

Terlalu panjang untuk blog

Topik ini terlalu panjang untuk bentuk blog. Sebenarnya musti menggabungkan pemikiran Custance dan Watchman Nee. Custance membahas kejatuhan Adam dari sisi jasmani. Sedangkan Watchman Nee membuat saya paham akan 2 cara Tuhan berurusan dengan manusia yaitu secara individu dan secara korporat/bersama. Kejatuhan Adam itu sebenarnya bicara kejatuhan umat manusia secara rohani dan jasmani secara korporat bukan secara individu. Penebusan Kristus juga merupakan penebusan umat manusia secara korporat atau secara bersama.

Debu tanah's picture

@ SF, blognya bikin berseri..

Panjang jangan jadi halangan brow, bikin berseri aja.. kayak blognya John Adisubrata sampai berpuluh seri juga tidak masalah..

Pasti menarik dan menjadi berkat bagi semua..

Selain itu juga kemungkinan akan membuka tabir PREDESTINASI yang belum terkuak karena masih para penganut dan penentangnya masih diselubungi kabut..

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jesusfreaks's picture

@vantilian : misterius ?!

Kayaknya memahami dosa warisan gampang aza. Dikisah taman edenKan TUHAN bilang, ketika kamu memakannya pasti mati. Kalau adam dan hawa mati saat itu, kan itu berarti TIDAK ADA MANUSIA lagi, kecuali TUHAN menciptakan manusia SELAIN ADAM.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Vantillian's picture

JF, lalu penjelasannya?

 JF, lalu penjelasannya? Ada manusia lain? Ada Adam lain? Sori, vant udah gak nyambung...Gampang? Jadi manusia percaya yang ditebus dan diwakili oleh SATU Kristus juga gampang dimengerti? Anda tidak SKSDST kan?

erick's picture

Got it right

Sf, you really got it right.

Kejatuhan manusia dalam dosa, merupakan kejatuhan Adam dan Hawa, (Coorporat) baik secara jasmani dan rohani (Jamak).

__________________

Lord, when I have a hammer like YOU, every problem becomes a nail. =)

jesusfreaks's picture

@SF : SETUJUUU DETA

Gw setuju, kalau lo yang tulis. Tulisan lo PANJANG, tapi enak dibaca. Lagian mendingan baca tulisan orang SOK TAHU, daripada baca tulisan orang NGAKU TAHU.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

bintang seven's picture

beginilah gayanya vantilan

vantilan klo gw cermatin ada orang yg begitu kenal bakso terus jualan eh ampe cucu cicitnya jualan bakso... mereka hidup dr bakso... ada org tau somay ampe tua somay nya gak ada yg ngalahin enaknya.... van lo dah kenal teologi.. dan dari gaya lo gw sumpahin lo ntar jd teolog terkenal.. van gak papa kan nyumpahin lo begitu? moga2 bukan cuma satu vantilan tp banyak... satu tp byk duh sori kayaknya tk somay baca2 dl ja deh............

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

Vantillian's picture

B7, nyumpahin gue? gawat.....

B7, nyumpahin gue jadi teolog? gawat...pengennya jadi aktor sih, haha.....Aktor gaek...B7, pliz deh...tadi gak nyumpahin tujuh keturunan kan? Ntar tujuh turunan jadi teolog semua kan gawat. Haha....

Anyway, thx untuk pujiannya. Vantillian hanya orang biasa, banyak belajar dari SS disini..Btw, Bintang seven itu SATU atau BANYAK? haha....

minmerry's picture

@ Bereans : khusus u bereans

 

bro, mana tau susah u imagine the subject,

grapes on tree

(atas) ini pohon anggur, meski cuma keliatan carang ama buahnya. tapi, inilah pohon anggur itu. (anggur banyak jenisnya, ini adalah salah satu jenis diantaranya).

 

CIMG1993

 

nah, kalo ini (atas),  ini Ginseng, (ada yang mengeja Gingseng), sama aza sih.

nah, moga moga membantu, bereans.

perlu gambar burung unta juga bro? i'm ready nih...

__________________

logo min kecil

Vantillian's picture

Min, mungkin bereans tahu yang mana Allah tritunggal

 Min, dari gambar anda, mungkin bereans bisa memberitahu mana Allah Bapa, mana Yesus Kristus, dan mana Roh Kudus...Haha...Soalnya dapat wahyu dari hongkong...ups...korea...

Aniwe, thx lagi...buat gambarnya, memperkaya blog saya...GBU..

king heart's picture

@minmerry

Anda lucu juga ternyata, tapi memang mestinya kalau ada foto burung unta ( yang lagi nungging ) kayaknya lebih afdol tuh ha ha ha

Hati hati kalau bereans ngamuk anda bisa jadi korban sumpahnya, seumur umur anda bakalan tidak bisa ke korea ...

 

 

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

minmerry's picture

@ king heart

ga, dia ga akan ngamuk, king heart. percaya deh. dia sedang nonton drama korea bareng ama guru koreanya.

king heart, produk korea ga disambut kali ini, produk Hongkong menguasai pasar klewer...

^-^

__________________

logo min kecil

hai hai's picture

Kingheart, Kayak gini?

Anda lucu juga ternyata, tapi memang mestinya kalau ada foto burung unta ( yang lagi nungging ) kayaknya lebih afdol tuh ha ha ha

Maksudnya kayak gini?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

sandman's picture

@Hai..

Niat sekali googling cari tuh burung unta...

 

Nungging Nich Yee..

 

Karena kita sungguh berharga bagi-Nya dan Dia mengasihi kita.

__________________

hai hai's picture

Demi Anak Sand

Namanya burung unta Sand, kalau ketakutan dia akan menyembunyikan kepalanya dan merasa aman karena tidak melihat lawannya.

Dengan gambar itu, maka si Wisely tidak mendapat kesulitan untuk memahaminya.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

king heart's picture

Sayang Anak

Ha ha ha, gambarnya benar benar lucu

Si wisely gak salah mengenal gambar tersebut kan ? kuatir nanti dikiranya pohon kecil he he he

 

 

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

hai hai's picture

Kurang Lebih

Ha ha ha ha ... kingheart saya justru khawatir anda menyangka itu foto si bereans. Begitu menancapkan kepalanya dalam ajaran guru Koreanya, maka dia merasa semuanya beres dan tak tergoyahkan.

Anda tahu nggak apa maksud pertanyaannya tentang Kejadian 22:1-2? Apakah itu kalimat tanya atau kalimat perintah? Ha ha ha ha ... Coba anda tanya sama dia, soalnya kejadiannya sangat lucu.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

autor-hJ's picture

HUAHHAHHAHHAAAAA!

Cuma mencoba ketawanya Iblis, bersukacita karena orang Kristen berdebat-berat masalah misteri Bapa-Anak-RohKudus. Diau-domba leh si Iblis, sehingga terpecah-belah (Mat.12:30).

Yang mau berhenti berdebat dan beroleh kejelasannya, kirim saja alamat e-mail anda ke e-mail saya, autor06hj. Saya kirimi artikelnya.

Supaya stop perdebatan, dan mulai memperhatikan KESEDIHAN HATI YESUS karena pertikaian Theologis yang (sudah ribuan tahun tidak menyelesaikan masalahnya).

Mari perhatikan hal yang lebih penting: PENGINJILAN AKHIR ZAMAN, yakni sibuk menginjili saudara-saudara yang belum mengenal Yesus. Pasti Yesus sukacita dan Iblis marah,  bermerah muka.

Jika anda mau join dengan Penginjilan Zaman akhir, kitimkan alamat rumah lengkap, supaya kami kirimi 'kit'-nya. Tinggal bergerak saja memenangkan jiwa-jiwa, bahkan tanpa harus keluar rumah! Sebab Why.14:6.

Tidak ada ketakutan di dalam KASIH!

Salam sejahtera di dalam Yesus Kristus.

 

 

Vantillian's picture

autor, haha....

 Autor, kenapa harus mengirimkan email kepada anda baru bisa jelas? Tulislah pendapat anda disini di blog anda, supaya ketahuan kebodohan anda yang dipakai oleh Iblis.

 

bintang seven's picture

@author hj ttg muka iblis

author hj  anda menulis

Supaya stop perdebatan, dan mulai memperhatikan KESEDIHAN HATI YESUS karena pertikaian Theologis yang (sudah ribuan tahun tidak menyelesaikan masalahnya).

Mari perhatikan hal yang lebih penting: PENGINJILAN AKHIR ZAMAN, yakni sibuk menginjili saudara-saudara yang belum mengenal Yesus. Pasti Yesus sukacita dan Iblis marah,  bermerah muka.

gw klo liat muka artis pasti tau artisnya... tp iblis gimana ya? emang iblis punya muka ya? kok bisa berubah merah klo lagi sebel... tp pasti bukan itu maksud anda hj.... saya yakin itu krn pasti anda akan menekankan penginjilan yg anda tulis diatas... satu lagi hj ...Terus Yesus yg ngeliatin penginjilan akhir zaman akan bersukacita.. mukanya pasti rada beda.. gak merah kan? author saya yakin anda punya karunia penglihatan ya kan? tolong dilihat donk anda sungguh luar biasa...krn muka iblis pernah anda liat jgn denger hai2 yg mengira anda sekomplotan dg iblis krn saya rasa anda punya karunia yg luar biasa shg anda sering gaul  dan tatap muka ama iblis dan punya akses kesana gak kaya hai2. hai2 iri tuh.....

author anda suka menginjil? bgmna cara menginjil yg benar? apakah anda bisa bahasa Roh? hj apakah orang2 yg sudah menginjil dan berbuah yg akan ke surga? tentunya bukan orang2 yg suka berdebat kan? saya rasa anda pasti benar2 tau krn kata2 anda di atas sungguh meyakinkan...tolong bantu saya hj........apakah perdebatan itu tidak penting? lalu ketika kita mulai rajin menginjil lalu perdebatan yg sudah ribuan tahun tak terselesaikan akan selesai? ... sebagai orang yg luar biasa... mohon pencerahan.....

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

hai hai's picture

autor-hJ, Ketawa BLAGU

autor-hJ, ketawa anda bukan ketawa Iblis, namun ketawa orang TOLOL blagu karena menganggap diri paling rohani.

Saya sudah sering bertemu dengan tong kosong seperti anda, orang yang menggunakan kalimat-kalimat yang disangkanya rohani tanpa menyadari betapa tololnya kalimat-kalimat itu.

Cuma mencoba ketawanya Iblis, bersukacita karena orang Kristen berdebat-berat masalah misteri Bapa-Anak-RohKudus. Diau-domba leh si Iblis, sehingga terpecah-belah (Mat.12:30).

Siapa tidak bersama Aku, ia melawan Aku dan siapa tidak mengumpulkan bersama Aku, ia mencerai-beraikan. Matius 12:30

Kapan Iblis kasih tahu anda dia bersuka cita karena orang Kristen diskusi tentang ajaran Alkitab? apakah anda termasuk kelompok Yohanes 8:44? Ha ha ha ha ha .... Ini bukan ketawa iblis, ini ketawa hai hai mengejek kamu.

Supaya stop perdebatan, dan mulai memperhatikan KESEDIHAN HATI YESUS karena pertikaian Theologis yang (sudah ribuan tahun tidak menyelesaikan masalahnya).

Mang Yesus Kristus berkeluh-kesah kepada anda? Bila tidak, sebaiknya jangan sok tahu ya. Nanti anda diolok-olok.

Mari perhatikan hal yang lebih penting: PENGINJILAN AKHIR ZAMAN, yakni sibuk menginjili saudara-saudara yang belum mengenal Yesus. Pasti Yesus sukacita dan Iblis marah,  bermerah muka.

Jangan berpikiran PICIK. Anda pikir karena berdebat di sini kami tidak menginjili? SOK ATUH, maksud saya, sok tahu.

Jika anda mau join dengan Penginjilan Zaman akhir, kitimkan alamat rumah lengkap, supaya kami kirimi 'kit'-nya. Tinggal bergerak saja memenangkan jiwa-jiwa, bahkan tanpa harus keluar rumah! Sebab Why.14:6.

Dan aku melihat seorang malaikat lain terbang di tengah-tengah langit dan padanya ada Injil yang kekal untuk diberitakannya kepada mereka yang diam di atas bumi dan kepada semua bangsa dan suku dan bahasa dan kaum, WAhyu 14:6

Anda bodoh bila menganggap ada cara baru untuk memberitakan Injil. Kenapa anda tidak menulis blog sehingga saya dapat membongkar kedok ajaran anda yang ngawur?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

glitter's picture

Vantillian:Anda penggemar dr Cornelius Van Til?

-Pandangan satu dan banyak kamu itu pandangan dari conelius van til ya?

-Bagaimana penjelasan  anda terhadap pernyataan C VanTil yg menyatakan :......bahwa Allah, yaitu keseluruhan keAllahan, adalah satu Pribadi.

-Saya rasa anda pasti memiliki pengenalan yg lebih dalam tentang van til karena itu saya ingin mendengar penjelasan kamu tentang satu Pribadi.

Vantillian's picture

Glitter, Cornelius Van Til....

 Glitter, anda benar...Konsep satu-banyak di blog ini didasarkan atas pemikiran Van Til...Van Til adalah salah satu ahli apologetika Reformed yang terkenal dengan pandangannya yang sangat ketat. Secara pribadi, saya termasuk pengagum Van Til..Sayang di Indonesia, buku-bukunya belum diterjemahkan. Kita hanya bisa belajar dari buku murid-muridnya yang sudah diterjemahkan, antara lain John Frame, Richard Pratt dan melalui artikel dari internet. Van Til termasuk teolog yang susah dimengerti. Saya hanya mengerti sebagian kecil dari pemikirannya. Itupun belum pernah membaca bukunya secara lengkap. Hanya membaca artikel dan buku muridnya. Saya belum layak mengupas pemikirannya, hanya percikan-percikannya. 

Van Til lah yang menyatakan bahwa Allah Tritunggal adalah Allah dengan satu pribadi sekaligus tiga pribadi. Kalimat ini memang termasuk kontroversial dan saya belum pernah membaca analisis terhadap pemikirannya ini. Allah kita adalah SATU dan TIGA sekaligus. SATU adalah TIGA. TIGA adalah SATU. Ini kelihatan berkontradiksi, tetapi yang termasuk kontradiksi adalah SATU PRIBADI sama dengan SATU NON-PRIBADI. Ini baru berkontradiksi. 

Buku John Frame " Analisis terhadap Pemikiran Cornelius Van Til" adalah buku yang sangat baik memahami teolog ini. Setelah itu, adalah buku Doktrin Pengetahuan tentang Allah jilid 1 dan 2 oleh John Frame juga.