Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Puasa

victorc's picture

Shalom saudaraku,

Siang ini saya mau berbagi sedikit tentang puasa. Menurut Alkitab, merupakan tradisi Gereja zaman dahulu untuk berpuasa secara rutin. Selanjutnya ada yang tetap memelihara puasa dua kali seminggu, atau menjelang hari-hari raya Gerejawi. Bahkan kabarnya Wesley menghidupkan kembali tradisi puasa, dan tidak lama berselang terjadi Kebangunan Rohani yang Pertama. (lihat ref. [1]) Bahkan ada seorang teman saya yang masih sanggup berpuasa selama 40 hari.

Tapi dalam dunia modern tradisi ini sudah mulai luntur. Bahkan saya sendiri sudah lama tidak berpuasa. Terakhir saya puasa adalah sekitar 2009, waktu saya baru menyerahkan diri untuk melayani Tuhan Yesus.

Menjelang hari Pentakosta, ada tradisi yang saya dengar bahwa orang Kristen biasa berpuasa 7 hari atau 10 hari sebelum Pentakosta. Saya mulai kemarin malam juga memutuskan untuk puasa, walau memang agak terlambat. Menurut petunjuk seorang pendeta yang mengajari saya cara berpuasa Kristiani, saya masih makan malam dan minum sampai jam 22.00 wib, tapi kemudian stop makan dan minum sampai tadi jam 12.00 wib (siang). Jadi bukan puasa dari jam 4.00 sampai jam 18.00.

Pengalaman puasa hari pertama memang ada godaan untuk minum sebelum jam 12.00. Tapi syukurlah Tuhan menguatkan saya. Semoga saya bisa terus berpuasa sampai hari Pentakosta tanggal 24 mendatang.

Bagaimana dengan Anda? Apakah puasa masih perlu bagi kehidupan rohani Anda? Apakah Anda juga biasa berpuasa?

Tuhan kiranya senantiasa memberkati Anda. Jika ada komentar atau saran, silakan kirim email ke victorchristianto@gmail.com

 

19 Mei, 2015. pk. 12.48

VC

 

Ref.:

[1] http://www.rlhymersjr.com/Online_Sermons_Indonesian/2009/071909PM_WhenYouFast.html

__________________

Dari seorang hamba Yesus Kristus (Lih. Lukas 17:10)

Prepare for the Second Coming of Jesus Christ, http://bit.ly/ApocalypseTV