Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

JF menyatakan haihai SESAT karena memFITNAH Stefanus soal MESOPOTAMIA

jesusfreaks's picture

entah apa yang merasuki haihai sehingga ia memBANTENG buta (lebih tinggi dari membabi buta) memFITNAH Stefanus.

Tapi tidak apa-apa mari kita bermain sirkus apologetika. mudah mudahan bisa menghibur dan memberi senyuman bagi para pembaca.

Haihai : Yang memanggil Abraham adalah El Shadday alias Allah Yang Mahakuasa, bukan Theos Doxa (Allah Yang Mahamulia). Abraham dipanggil di Haran, bukan di Mesopotamia, sebelum ia menetap di Haran. Terah, bapaknya yang membawa Abraham ke Haran, bukan Abraham yang membawa Terah, bapaknya dari Mesopotamia (Ur-kasdim) ke Haran. Abraham dipanggil untuk meninggalkan Haran bukan dipanggil untuk tinggal di Haran lalu pindah lagi. Mengajarkan yang tidak diajarkan Alkitab sebagai ajaran Alkitab namanya MEMBUAL. Mengajarkan yang bertentangan dengan ajaran Alkitab sebagai ajaran Alkitab namanya MENYESATKAN.

 

Yang pertama mau saya bahas, si haihai pernah LIHAT PETA gak sih. ya paling gak bergaya teolog awam lah pakai peta yang berupa lampiran di halaman halaman terakhir alkitab.

Apalagi dia merasa ilmunya tinggi, lampirin dong peta, sebagai bukti sebelum memFITNAH Stefanus.

Berdasarkan pernyataan haihai, mesopotamia adalah ur kasdim, namun berdasarkan peta Dunia Zaman Purbakala Mesopotamia adalah suatu wilayah yg didalamnya terdapat Haran, jauhhhh bangeddd dari ur kasdim.

Silahkan haihai memberikan peta lain yang bisa membantah peta lampiran alkitab, kalau sudah ada mari kita sama sama tuduh Stefanus SESAT, sementara ini baru sang haihai saja yang SESAT.

 

Yang kedua, mungkin istilah dipanggil atau dibawa terlihat berbeda, namun di Kejadian 15:7 jelas dinyatakan bahwa Allah membawa (memanggil) Abraham keluar dari Ur-Kasdim (bukan mesopotamia) ke Haran (Mesopotamia).

Dan Stefanus benar, Allah lagi lagi doyan manggil manggil kayaknya dalam Kejadian 12:1 keluar dari Haran (mesopotamia) ke Tanah Kanaan, Tanah Perjanjian.

Dan soal siapa membawa siapa, Terah membawa Abrahamkah atau Abraham membawa Terahkah, kayaknya gak ada salah kok. sama saja, bahkan kalau harus memilih mana yang benar, maka yang benar adalah Allah membawa Abraham lalu Abraham membawa Terah, Kejadian 15:7.

 

Udah dulu lagi ah...

Dengan ini lagi lagi, saya menyatakan HaiHai SESAT karena Mengajarkan yang tidak diajarkan Alkitab sebagai ajaran Alkitab namanya MEMBUAL. Mengajarkan yang bertentangan dengan ajaran Alkitab sebagai ajaran Alkitab namanya MENYESATKAN.

Amin.

 

 

 

 

 

 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

komenaja's picture

-

Gak gitu ngerti apa yg mau dibahas.

Abraham dipanggil di Ur-Kasdim (Mesopotamia) jelas banget ditulis di Kejadian 15:7.

Kej 15:7 Lagi firman TUHAN kepadanya: "Akulah TUHAN, yang membawa engkau keluar dari Ur-Kasdim untuk memberikan negeri ini kepadamu menjadi milikmu.

Kalau ga cukup masih ada Nehemia 9:7

Neh 9:7 Engkaulah TUHAN, Allah yang telah memilih Abram dan membawanya keluar dari Ur-Kasdim dan memberikan kepadanya nama Abraham.

Satu bukti lain, kalau Ur-Kasdim adalah Mesopotamia ada di Kej 24:10, ketika Abraham menyuruh hambanya untuk mencarikan istri bagi Ishak dari kampung halamannya.

Kej 24:10 And the servant took ten camels of the camels of his master, and departed; for all the goods of his master were in his hand: and he arose, and went to Mesopotamia, unto the city of Nahor.

__________________

Kau Tolol, Bodoh, lebih TOLOL, SUPER TOLOL = Calon Penghuni Neraka (Mat 5:22)

jesusfreaks's picture

@komenaja : Mesopotamia BUKAN Ur Kasdim

Menurut HaiHai Mesopotamia itu Ur Kasdim.

Padahal Mesopotamia BUKANLAH Ur Kasdim.

Silahkan kamu buka alkitabmu, lalu lihat lampiran peta di halaman halaman terakhirnya. setelah kamu memahami perbedaan mesopotamia dan ur kasdim, baru kamu baca pelan pelan kisahnya, dan bandingkan dengan FITNAH haihai ke Stefanus.

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

komenaja's picture

@JF, Mesopotamia MEMANG bukan Ur-Kasdim

Menurutku Mesopotamia itu ibaratnya Propinsi, sedangkan Ur-Kasdim dan Haran (Charrhan) itu ibaratnya Kabupaten/Kotamadya. Jadi Mesopotamia memang bukan Ur-Kasdim, tapi Ur-Kasdim ada di Mesopotamia Laughing (baru sadar kalau sebelum2nya pakai emo yg salah, mau pake emo Laughing malah kepake yg Sealed, sori masih baru/newbie)

G5488

?????????

Charrhan

khar-hran'

Of Hebrew origin [H2771]; Charrhan (that is, Charan), a place in Mesopotamia: - Charran.

Jadi ceritanya begini: Tuhan menampakan diri kepada Abraham di kota X di Mesopotamia, kota X ini adalah kota sebelum dia tinggal di Haran, kalau kita telusuri kota itu namanya Ur-Kasdim. Haran sendiri pun cumalah sebuah kota lain di Mesopotamia. Setelah Terah mati, Tuhan berfirman lagi kepada Abraham di Haran (Kej 12:1), tidak ada di sini disebut pakai penglihatan atau menampakan diri (bandingkan dengan Kej 15:1 dan Kej 17:1)

__________________

Kau Tolol, Bodoh, lebih TOLOL, SUPER TOLOL = Calon Penghuni Neraka (Mat 5:22)

mama nia's picture

Lalu Terah membawa Abram,

Lalu Terah membawa Abram, anaknya, serta cucunya, Lot, yaitu anak Haran, dan Sarai, menantunya, isteri Abram, anaknya; ia berangkat bersama-sama dengan mereka dari Ur-Kasdim untuk pergi ke tanah Kanaan, lalu sampailah mereka ke Haran,  dan menetap di sana. Kej 11:31

Jawab Stefanus: "Hai saudara-saudara dan bapa-bapa, dengarkanlah! Allah yang Mahamulia telah menampakkan diri-Nya kepada bapa leluhur kita Abraham, ketika ia masih di Mesopotamia, sebelum ia menetap di Haran. Kis 7:2

Maka keluarlah ia dari negeri orang Kasdim, lalu menetap di Haran. Dan setelah ayahnya meninggal, Allah menyuruh dia pindah dari situ ke tanah ini, tempat kamu diam sekarang;Kis 7:4

JF, dengan anda mengatakan bahwa Ur-Kasdim bukan Mesopotamia,maka anda telah ikut menuduh Stefanus SESAT karena yg benar menurut Kej 11:31  Terah membawa Abram dll berangkat dari Ur-Kasdim. Dari mana Stefanus tahu bhw Allah menampakkan diri-Nya kepada Abraham ketika Abraham masih di Mesopotamia (bkn Ur-Kasdim)? Apakah ada ayatnya? Apakah Ur-Kasdim bukan negeri orang Kasdim?

komenaja's picture

@Mama Nia, taktir Latte donk

Mama Nia: Apakah Ur-Kasdim bukan negeri orang Kasdim?

Menurut saya tempat yg dimaksudkan sama, Ur-Kasdim.

Ur-Kasdim = Ur of the Chaldees (Kej 11:31)

the land of the Chaldaeans (Kis 7:4)

Mama Nia: Dari mana Stefanus tahu bhw Allah menampakkan diri-Nya kepada Abraham ketika Abraham masih di Mesopotamia (bkn Ur-Kasdim)? Apakah ada ayatnya?

Setidaknya ada 2 ayat yg telah disebutkan, Kej 15:7 dan Neh 9:7. Apakah masih ada ayat lain? Setidaknya itu dulu, belum sempat cari Laughing Dari mana Stefanus tahu bahwa Allah menampakkan diri-Nya kepada Abraham sebelum Abraham tinggal di Haran? Kalau kedua ayat Kej 15:27 dan Neh 9:7 belum cukup, sebelum ketemu ayat yg menulis tentang hal "menampkkan diri" ini, jawaban PAMUNGKAS-nya ialah ini: ROH KUDUS yg memberitahu Stefanus. Karena Yesus mengatakan:

 "tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.(Yoh 14:26).

Markus 13:11  Dan jika kamu digiring dan diserahkan, janganlah kamu kuatir akan apa yang harus kamu katakan, tetapi katakanlah apa yang dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga, sebab bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Kudus. (bd. Mat 10:19, Luk 12:12)

Ayat-ayat di atas sesuai dgn kondisi yg dihadapi Stefanus saat itu, yg sedang dihakimi di hadapan Makamah Agama (Kis 6:12). Stefanus yg dipilih berdasarkan syarat penuh Roh Kudus dan hikmat (Kis 6:3). Yang mengherankan, kenapa ada orang-orang yg menentang dia? Jawabannya ada di ayat 51

Kis 7:51: Hai orang-orang yang keras kepala dan yang tidak bersunat hati dan telinga, kamu SELALU MENENTANG ROH KUDUS, sama seperti nenek moyangmu, demikian juga kamu.

Kalau Stefanus SESAT, maka ayat berikut ini harus diubah:

Kis 22:20  Dan ketika darah Stefanus, saksi-Mu itu, ditumpahkan, aku ada di situ dan menyetujui perbuatan itu dan aku menjaga pakaian mereka yang membunuhnya.

Seharusnya dalam ayat di atas Paulus mengatakan, "Stefanus, Saksi PALSU-Mu" atau "Saksi SESAT-Mu" atau "Saksi Pembual-Mu yg sudah sepantasnya mati sama seperti Yakobus yg tidak Engkau sertai dan lindungi (Kis 12:2)". Ataukah Paulus juga SESAT? Ataukah kitab Kisah Para Rasul ini SESAT? Kalau begitu tidak ada yg perlu dibahas lagi.

 

PS: Tentu saja, saya TIDAK mengatakan/menganggap Mama Nia menganggap Stefanus SESAT. Kiss  Wink

__________________

Kau Tolol, Bodoh, lebih TOLOL, SUPER TOLOL = Calon Penghuni Neraka (Mat 5:22)

mama nia's picture

@Komenaja,pertanyaan utk JF

Komenaja, pertanyaan saya itu utk JF karena menurut JF Mesopotamia bukan Ur-kasdim.

Ayat yg anda berikan Kej 15:7 dan Neh 9:7 mengatakan bhw TUHAN membawa Abraham keluar dari Ur-Kasdim, bukan dari Mesopotamia kan? Ingat Mesopotamia bukan Ur-Kasdim! (menurut JF). Seperti kata anda, juga tdk ada kata2 'menampakkan diri' dalam ayat2 tsb. Jadi dari mana Stefanus tahu bhw Allah menampakkan diri-Nya kepada Abraham ketika Abraham masih di Mesopotamia (bkn Ur-Kasdim)?

jawaban PAMUNGKAS-nya ialah ini: ROH KUDUS yg memberitahu Stefanus. Karena Yesus mengatakan:

"tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.(Yoh 14:26).

Komenaja, Yoh 14:26 mengatakan bhw Roh Kudus akan mengajarkan dan MENGINGATKAN kamu akan semua yang telah KUKATAKAN kepadamu. Jadi apa yg telah dikatakan di Alkitab yg harus diingatkan kembali oleh Roh Kudus kepada  Stefanus untuk diajarkan-nya? Apakah ada ayat yg mengatakan bhw Allah telah menampakkan diri-Nya kepada Abraham ketika ia msh di Mesopotamia, shg Roh Kudus memberitahu Stefanus demikian? Kalo gak ada ayatnya, berarti Roh Kudus salah mengingatkan dong, gitu ya Komenaja?....Smile

komenaja's picture

@mama nia, Lattenya

(Sel, 2012-01-10 14:45)

Roh Kudus bukan salah mengingatkan, tapi, kalau hal tersebut memang belum ada tertulis, Roh Kudus memberitahu. Ingat bahwa kitab-kitab yang ditulis itu PUN di-ilhami oleh Roh Kudus juga. Perhatikan misalnya ayat Kej 15:7 dan Neh 9:7 bukankah keduanya ditulis setelah Kej 12:1? Apalagi Kej 15 dan Kej 12, sama-sama ditulis oleh Musa, masak sih Roh Kudus ga konsisten? Jadi Abram dipanggil di mana? Ur-Kasdim (Kej 15:7) atau Haran (Kej 12:1)? Gak mungkin kan Roh Kudus ga konsisten?

Yang harus kita perhatikan apakah yang diberitahukan itu bertentangan dengan yang tertulis? Roh Kudus TIDAK MENENTANG firman yang telah diberikan (tolong mengerti kata TIDAK MENENTANG tsb, bukan dalam pengertian kekanak-kanakan). Apakah hanya karena tidak ada ditulis "menampakkan diri" membuktikan Stefanus membuali (baca: memperkosa -istilah teman-teman di sini keren juga- Laughing ) ayat Kej 15:7? Saya kira hal ini mengada-ada. Justru melalui perkataan Stefanus itulah kita makin JELAS bagaimana Tuhan pertama kalinya memanggil Abraham. Sehingga kita bisa tahu dan ga meraba-raba dalam gelap (bertanya-tanya) apakah Abraham mendengarkan suara saja? Suara yang bagaimana? Kok Abraham ga berpikir kalau dia salah dengar? Kok Abaraham ga berpikir jangan-jangan keponakannya Lot lagi mengerjai dia?

Permasalahan mereka yg meragukan perkataan Stefanus adalah karna meragukan kalau saat itu Roh Kudus berbicara melalui Stefanus.

  

** Tambahan buat mama nia (Sel, 2012-01-11 00:02)

 "tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.(Yoh 14:26).

Di ayat di atas, dikatakan ada 2 TUGAS dari ROH KUDUS:

1) Mengajarkan = renungkan atau telaah kata ini, mengajarkan berarti ada sesuatu yg baru yg diajarkan (apalagi ruang lingkup ajarannya adalah SEGALA SESUATU).

2) Mengingatkan = nothing new, tidak ada yg baru, hanya pengulangan saja dari yg sudah diajarkan sebelumnya (liat ruang lingkupnya terbatas yg sudah diajarkan).

 

__________________

Kau Tolol, Bodoh, lebih TOLOL, SUPER TOLOL = Calon Penghuni Neraka (Mat 5:22)

jesusfreaks's picture

@mamania : pahami kejadian 15:7

silahkan pahami kejadian 15 : 7.

Ingat terah mati di haran.

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jesusfreaks's picture

@mamania : silahkan baca baca dulu alkitabnya

Silahkan kamu baca baca dulu. kisah dari ur kasdim ke haran, lalu dari haran ke kanaan.

Kalau alurnya kamu belum confident akan sulit kamu memahami.

Soal haihai sesat, trust me, untuk point point yang saya buat blog, hanyalah mengembalikan tuduhan sesat ke Stefanus.

HaiHai sesat ataupun tidak, gak akan mengurangi ataupun menambahi "sesuatu" alias gak ngefek

wkwkwkwkwk

 

Bwi hi hi hi... bwi xi xi xi...

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

mama nia's picture

@JF, alur pikiran

JF, kalo ikutin pemahaman anda maka ceritanya jadi gini:

Allah menampakkan diri-Nya kepada Abraham di Mesopotamia (bkn Ur-Kasdim), lalu entah gimana walaupun Allah menampakkan diri-Nya di Mesopotamia (bkn Ur-Kasdim) namun Allah membawa Abraham keluar dari Ur-Kasdim (bkn Mesopotamia) dan menetap di Haran (Mesopotamia). Jadi Allah 'bertemu' dgn Abraham di Mesopotamia,lalu Abraham kembali ke Ur-Kasdim kemudian kembali lagi ke Mesopotamia (Haran), gitu ya JF?

jesusfreaks's picture

@mamania : siapa suruh ikuti alur pikir saya.

kamu gak perlu ikuti alur saya. saya bilangkan kamu baca alkitab, lihat peta. ikuti alurnya. simple kok.

Kayaknya lu sama haihai 1 guru 1 ilmu ya ? bwi hi hi hi

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

mama nia's picture

@JF, saya udah baca

JF, saya udah baca dan lihat peta-nya, makanya saya bertanya pada anda utk memastikan apakah benar alur pikiran anda seperti yg saya tanyakan di komentar saya sebelumnya?

jesusfreaks's picture

@mamania : tanah yang dijanjikan gamblang dan jelas

kamu tahu baca gak sih, kemana Allah memanggil ?

Haran itu bukan negeri Tujuan yang dijanjikan Allah.

Makanya saya bilang baca baik baik.

Haran itu masih setengah perjalanan, lihat lagi petanya.

Baca kejadian 12 : 5-7

Baca kejadian 24 : 7

Simplenya gini : dari ur kasdim ke haran, lanjut ke tanah yang dijanjikan.

Terah menetap diharan dan mati diharan, tapi haran bukanlah tanah yang dijanjikan, bukanlah tanah kemana Tuhan memanggil Abraham.

 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jesusfreaks's picture

@mamania : tanah yang dijanjikan gamblang dan jelas

kemana Allah memanggil ?

Haran itu bukan negeri Tujuan yang dijanjikan Allah.

Makanya saya bilang baca baik baik.

Haran itu masih setengah perjalanan, lihat lagi petanya.

Baca kejadian 12 : 5-7

Baca kejadian 24 : 7

Simplenya gini : dari ur kasdim ke haran, lanjut ke tanah yang dijanjikan.

Terah menetap diharan dan mati diharan, tapi haran bukanlah tanah yang dijanjikan, bukanlah tanah kemana Tuhan memanggil Abraham.

 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

mama nia's picture

@JF, saya tahu

Aduh bang JF, masa' gak ngerti pertanyaan saya sih..?..Smile

Saya tahu bhw TUHAN yg membawa Abraham keluar dari Ur-Kasdim (kej 15:7 dan Neh 9:7), tapi karena anda bilang Ur-Kasdim bukan Mesopotamia, sementara Stefanus bilang Allah menampakkan diri kpd Abraham di Mesopotamia, itu berarti Allah menampakkan diri kpd Abraham di tempat lain (Mesopotamia) namun abraham keluar/berangkat dari tempat lain (Ur-Kasdim)? Karena Mesopotamia dekat Haran, maka Abraham dari Mesopotamia ke Ur-Kasdim dulu lalu balik lagi ke Haran, gitu ya JF?

Tentu kita semua tahu bhw dari Haran, setelah Terah mati dan setelah Allah berfirman kpd Abraham, maka Abraham berangkat menuju tanah perjanjian.

jesusfreaks's picture

@mamania : dimana Allah menampakkan diri ?

menurut yang kamu baca dimana ALLAH menampakkan diri kepada Abraham ?

 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

mama nia's picture

@JF

JF, anda gak jawab pertanyaan saya, malah balik bertanya,padahal kita sedang membahas pendapat anda di blog anda ini.

Ok lah, anda gak harus jawab pertanyaan saya kok...jd kita sudahi aja diskusinya...sampai ketemu di topik lain yg lbh menarik.

jesusfreaks's picture

@mamania : tujuan saya sudah tercapai

dear mamania, kamu gak lanjutkan juga gak apa apa.

karena tujuan saya sudah tercapai, membantah pernyataan SESAT dan tuduhan SESAT Dewa HaiHai.

 

kamu mau setuju sama HaiHai, monggo kerso, mau setuju sama saya, silahkan saja.

 

tunggu saja blog menarik saya tentang TriTunggal : Adam, Hawa & anak-anaknya

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jesusfreaks's picture

For ALL, Spesial buat MamaNia : Update Peta Mesopotamia

Blog sudah saya edit, jadi ada PETA nya :

semoga Peta tersebut Bisa menyamakan pandangan kita, mengenai kegamblangan bukan kejamblangan

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

mama nia's picture

@JF, thanks

Thanks utk pengertiannya, JF..

jesusfreaks's picture

@mamania : Abraham dipanggil di HARAN (Mesopotamia)

TERAH menetap dan mati di HARAN (kejadian kejadian 11:31-32) lalu pada saat di HARAN abraham di panggil Allah untuk menuju kanaan (kejadian 12:1)

Mengenai kejadian 15:7 itu pernyataan TUHAN bahwa dia membawa keluar Abraham dari Ur Kasdim. Itu hanya pernyataan TUHAN, tapi kalau itu kamu artikan panggilan, maka kejadian 12:1 adalah panggilan kedua. itu maksud tulisan saya. kalau kamu masih nggak ngerti juga. ya nasib gw lagi sial aza.

 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

mama nia's picture

Stefanus vs JF

Jawab Stefanus: "Hai saudara-saudara dan bapa-bapa, dengarkanlah! Allah yang Mahamulia telah menampakkan diri-Nya kepada bapa leluhur kita Abraham, ketika ia masih di Mesopotamia, sebelum ia menetap di Haran, Kis 7:2  

 dan berfirman kepadanya: Keluarlah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan pergilah ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu. Kis 7:3 

Maka keluarlah ia dari negeri orang Kasdim, lalu menetap di Haran. Dan setelah ayahnya meninggal, Allah menyuruh dia pindah dari situ ke tanah ini, tempat kamu diam sekarang; Kis 7:4

JF:

@mamania : Abraham dipanggil di HARAN (Mesopotamia)

TERAH menetap dan mati di HARAN (kejadian kejadian 11:31-32) lalu pada saat di HARAN abraham di panggil Allah untuk menuju kanaan (kejadian 12:1)

Mengenai kejadian 15:7 itu pernyataan TUHAN bahwa dia membawa keluar Abraham dari Ur Kasdim. Itu hanya pernyataan TUHAN, tapi kalau itu kamu artikan panggilan, maka kejadian 12:1 adalah panggilan kedua. itu maksud tulisan saya. kalau kamu masih nggak ngerti juga. ya nasib gw lagi sial aza.

JF, coba perhatikan perkataan Stefanus di atas:

1. Allah menampakkan diri kpd Abraham 'ketika ia MASIH di Mesopotamia,SEBELUM ia menetap di Haran', itu artinya Mesopotamia gak sama dengan Haran dan Abraham blm menetap di Haran. Bandingkan dgn pernyataan anda bhw Abraham dipanggil di Haran alias Mesopotamia di mana Abraham sudah menetap di Haran. Anda bs melihat perbedaannya kan? Pernyataan anda bertolak belakang dgn pernyataan Stefanus,itu karena anda menganggap Mesopotamia = Haran.

2. Perhatikan kis 7:4, setelah Allah menampakkan diri di Mesopotamia dan berfirman kpd Abraham,lalu apa yg Abraham lakukan? Maka keluarlah Abraham dari negeri org Kasdim lalu menetap di Haran. Bandingkan pernyataan anda bhw Abraham dipanggil di Haran alias Mesopotamia ketika Abraham sudah menetap di Haran.Berbeda kan? Ini juga karena anda menganggap Mesopotamia = Haran.

Jadi, sebenarnya yang gak sepaham dengan Stefanus soal Mesopotamia itu anda, bukan Ko hai hai, karena dengan Ko hai hai mengatakan bhw Mesopotamia yg dimaksud Stefanus adalah Ur-Kasdim maka alur cerita Stefanus jadi benar.Mulai dari Mesopotamia (Ur-Kasdim) ke Haran lalu ke tanah perjanjian. Itu sebabnya yg dipermasalahkan oleh Ko hai hai bkn letak Mesopotamia, tp dimana Abraham dipanggil,siapa yg memanggil,dipanggil dari mana ke mana,dst-nya.

Semoga bs dimengerti...

NB: Saya sendiri gak tahu apakah Ur-Kasdim dan Haran termasuk wilayah Mesopotamia apa gak, karena kedua tempat tsb terletak diluar garis batas seperti yg terlihat di peta di blog ini. Jika kedua tempat tsb tidak termasuk dlm wilayah Mesopotamia, maka apa yg dikatakan Stefanus salah.

 

 

     


 

 

jesusfreaks's picture

@mamania : dimana Allah menampakkan diri ke Abraham ???

coba tunjukkan ke kita ayat dalam alkitab yang mengatakan Abraham bertemu Allah (memanggilnya) di ur kasdim ????

Kita udah sepakat alur dari ur kasdim ke haran ke kanaan. good.

 

Sekarang kita sepakat kan dulu DIMANA Allah menampakakkan diri dan memanggil ABRAHAM ?

Forget dulu soal mesopotamia !!!

Pilihannya Ur Kasdim atau Haran ? mana kamu pilih.

Semoga kamu ngerti...

 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jesusfreaks's picture

@mamania : lebih make sense Ur Kasdim atau Haran ?

Kisah Para Rasul 7 : 2 menyatakan ALLAH menampakkan diri di MESOPOTAMIA.

Kejadian 12 : 1-4 menyatakan ALLAH menampakkan diri di HARAN

 

Udah make sense belom ?

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

@jesusfreaks, di Mekah

JF, Allah menampakkan diri kepada Abraham di Mekah tau.

 

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

mama nia's picture

@JF, Stefanus sesat?

Kisah Para Rasul 7 : 2 menyatakan ALLAH menampakkan diri di MESOPOTAMIA.

Kejadian 12 : 1-4 menyatakan ALLAH menampakkan diri di HARAN

JF, dari dua ayat yg anda kutip di atas, anda mau mengatakan bhw apa yg dikatakan Stefanus di Kis 7:2 itu benar alias gak sesat alias sesuai dgn Kej 12:1-4, karena menurut anda Mesopotamia = Haran.

Namun, dengan anda berpendapat bhw Mesopotamia = Haran, pendapat anda ini justru bertolak belakang dgn apa yg diajarkan Stefanus dlm kata2 selanjutnya, perhatikan frase "ketika ia masih di Mesopotamia, sebelum ia menetap di Haran", juga frase "maka keluarlah Abraham dari negeri orang Kasdim,lalu menetap di Haran", artinya, Stefanus mengajarkan bhw Mesopotamia BUKAN Haran.

JF, dari pendapat anda bhw Mesopotamia = Haran, sebenarnya menyiratkan bhw anda setuju Allah menampakkan diri/berfirman kpd Abraham di Haran sesuai Kej 12:1-4, dan setelah tahu ajaran Stefanus bhw Mesopotamia BUKAN Haran,bukankah anda juga akan setuju dengan Ko hai hai bhw Abraham dipanggil di Haran,bukan di Mesopotamia? Apakah dalam hal ini anda juga akan mengatakan Stefanus sesat?

Gimana JF?

 

 

jesusfreaks's picture

@mamania : mesopotamia lagi ya

okay... walau saya udah kasih mana yang paling make sense. kamu malah ngalor ngidul lagi.

Kita revisi pemahaman sedikit.

MASIH di MESOPOTAMIA, SEBELUM MENETAP.

Kamu memahaminya MESOPOTAMIA dengan ur kasdim.

Saya memahaminya dengan Mesopotamia sebagai HARAN juga, tapi baru SAMPAI, BELUM Menetap. sebagai info HARAN adalah kota di MESOPOTAMIA.

Tidak ada bukti YANG LEBIH MAKE SENSE mengenai MESOPOTAMIA adalah Ur Kasdim yang Stefanus maksud.

Trust me Stefanus TIDAK SESAT, yang SESAT itu HaiHai.

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jesusfreaks's picture

@mamania : Dekat HARAN atau baru SAMPAI

saya ulangi lagi, soal MESOPOTAMIA yang Stefanus maksudn

Dekat HARAN atau BARU SAMPAI HARAN, belum MENETAP.

Seperti orang merantau, misal saya SAMPAI DIBekasi tapi belum MENETAP di Bekasi.

Kata kuncinya juga ALLAH menampakkan diri.

1 kata kunci kurang valid, mungkin 2 kata kunci valid.

Bisakah kamu menjelaskan dan meghubungkan penampakan TUHAN ke Abraham dengan Ur Kasdim ?!?!?!

 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

mama nia's picture

@JF, menetap

JF, kata kuncinya adalah MENETAP. Dengan anda mengatakan bhw Mesopotamia yg Stefanus maksudkan dekat Haran atau baru sampai Haran, belum menetap, maka pernyataan anda ini gak cocok dengan Kej 12:1-4 karena Abraham dipanggil di Haran ketika ia SUDAH menetap di Haran. Bukankah anda telah menunjukkan bhw Stefanus sesat?

Itu aja dulu,silahkan ditanggapi.

komenaja's picture

Haran vs Ur-Kasdim

[url=http://postimage.org/image/z2u3nze3v/][img]http://s17.postimage.org/z2u3nze3v/Route_of_Abraham.jpg[/img][/url] 

Kalau gambarnya ga muncul tolong pindahin ke blognya donk, thx Embarassed (http://postimage.org/image/z2u3nze3v/)

Di manakah Tuhan memanggil Abraham?

 

Di Kejadian 11:31 dikatakan Terah membawa Abram keluar dari Ur-Kasdim dengan tujuan ke Kanaan, tapi cuma sampai di Haran dan menetap di sana. Pertanyaannya kenapa bisa begitu? Silakan pertanyakan. Apakah ayat 32 memberikan sedikit clue buat bertanya-tanya? Silakan pertanyakan.

 

Kej 11:31  Lalu Terah membawa Abram, anaknya, serta cucunya, Lot, yaitu anak Haran, dan Sarai, menantunya, isteri Abram, anaknya; ia berangkat bersama-sama dengan mereka dari Ur-Kasdim untuk pergi ke tanah Kanaan, lalu sampailah mereka ke Haran, dan menetap di sana.

Kej 11:32  Umur Terah ada dua ratus lima tahun; lalu ia mati di Haran.

 

Jadi, Tuhan memanggil Abram di Haran atau Ur-Kasdim?

 

Kej 15:7 vs Kej 12:1

 

Ayat yang mendukung Haran:

1) Kej 12:1  Berfirmanlah TUHAN kepada Abram: "Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu;

 

Ayat yang mendukung Ur-Kasdim:

1)Kej 15:7 Lagi firman TUHAN kepadanya: "Akulah TUHAN, yang membawa engkau keluar dari Ur-Kasdim untuk memberikan negeri ini kepadamu menjadi milikmu.

 

2) Neh 9:7 Engkaulah TUHAN, Allah yang telah memilih Abram dan membawanya keluar dari Ur-Kasdim dan memberikan kepadanya nama Abraham.

 

3) Kej 24:7  TUHAN, Allah yang empunya langit, yang telah memanggil aku dari rumah ayahku serta dari negeri sanak saudaraku, dan yang telah berfirman kepadaku, serta yang bersumpah kepadaku, demikian: kepada keturunanmulah akan Kuberikan negeri ini--Dialah juga akan mengutus malaikat-Nya berjalan di depanmu, sehingga engkau dapat mengambil seorang isteri dari sana untuk anakku.

 

Siapakah sanak saudara yang dimaksud di ayat di atas? Apakah Abram ada sanak saudara di Haran selain yang bersama-sama dengan dia keluar dari Ur-Kasdim? Terah mati, Lot ikut pindah, trus yang tinggal di Haran siapa donk?

 

4) Tentu masih ada Kisah 7:2-4 yang dituduh membual.

 

Kisah 7:2-4

7:2 Jawab Stefanus, "Hai Saudara-saudara dan Bapak-bapak, dengarkanlah! Allah yang Mahamulia telah menampakkan diri-Nya kepada bapak leluhur kita Abraham, ketika ia masih di Mesopotamia, sebelum ia menetap di Haran,

7:3 dan berfirman kepadanya: Keluarlah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan pergilah ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu.

7:4 Lalu keluarlah ia dari negeri orang Kasdim, lalu menetap di Haran. Setelah ayahnya meninggal, Allah menyuruh dia pindah dari situ ke tanah ini, tempat kamu diam sekarang;

 

Siapa membawa siapa?

 

Abram membawa Terah atau Terah membawa Abram? Terah membawa Abram.

Jangan lupa, kalau rombongan yang keluar itu diibaratkan pasukan (bd Kej 32:7, 8, 10; 33:8), maka tongkat komando masih ada di tangan Terah. Terah masih kepala rumah tangga Abram saat itu, wewenang masih ada di tangan Terah, belum beralih kepada Abram. Komandan Pasukan masih Terah, yang mempunyai wewenang tertinggi buat memberi perintah pasukan untuk membentangkan kemah atau bergerak maju, ke kanan atau kiri, adalah Terah. Itu kenapa disebut Terah yang membawa Abram. Simple.

 

Sudah boleh disimpulkan Stefanus tidak membual?

Ya (Tidak Membual).

 

 

 

 

PS: Seperti melihat anak kecil yang kesulitan memasukkan balok kubus mainannya ke dalam lubang berbentuk bujur sangkar, yang bentuk tabung ke lubang lingkaran, tapi ketika tidak bisa masuk membanting mainannya dan menuduh membual? Gimana mau masukan Unta ke lubang jarum ya???

__________________

Kau Tolol, Bodoh, lebih TOLOL, SUPER TOLOL = Calon Penghuni Neraka (Mat 5:22)

jesusfreaks's picture

komenaja : saya dukung anda HaiHai sesat

okay brow, saya setuju.

Like this yo...

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

komenaja's picture

@ JF: pindahin petanya donk

Akhirnya JF nonggol...

Belum pindahin peta yang udah kubuat hehe...

Pindahin dong ke dlm blog nya biar bisa dilihat yg lain, peta rute Abraham, taruh di bagian paling bawa tulisanmu aja. Ini linknya:

 (http://postimage.org/image/z2u3nze3v/)

thanksSmile

__________________

Kau Tolol, Bodoh, lebih TOLOL, SUPER TOLOL = Calon Penghuni Neraka (Mat 5:22)

jesusfreaks's picture

@komenaja : okay tunggu ya gw edit

tenang bro, gw edit

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jesusfreaks's picture

UPDATE PETA PERJALANAN ABRAHAM

saya ada update peta perjalanan Abraham di blog ini agar lebih CLEAR.

thanks to komenaja. i love you bro

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-