Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

JF menyatakan Hai-Hai SESAT memFITNAH Stefanus mengenai 75 jiwa

jesusfreaks's picture

Orang bebal memperkosa alkitab, orang sok memperkosa kebenaran (JF)

 

Saya agak terheran – heran mengenai isi salah satu blog hai-hai yang menurut saya MEMFITNAH Stefanus.

Entah berapa blog sampah berseri lagi yang akan dibuatnya yang isinya FITNAH dan FITNAH.

Hai-hai : Tiga kali Perjanjian Lama mencatat bahwa jumlah keluarga Yakub yang pindah ke Mesir adalah 70 orang. Namun, Stefanus menyangkal catatan tersebut dengan mengajarkan bahwa jumlahnya 75 orang. Hanya tulang Yusuf yang dibawa oleh Musa untuk dikuburkan di Sikhem namun Stefanus mengajarkan bahwa semua mayat nenek moyang Israel (12 anak Yakub) dipindahkan ke Sikhem. Mengajarkan yang tidak diajarkan Alkitab sebagai ajaran Alkitab namanya MEMBUAL. Mengajarkan yang bertentangan dengan ajaran Alkitab sebagai ajaran Alkitab namanya MENYESATKAN.

 

Untuk MENELANJANGI BUALAN si hai-hai, berikut saya tampilkan 2 ayat yang membuat hai-hai MEMFITNAH Stefanus :

Kisah Para Rasul 7:14

Kemudian Yusuf menyuruh menjemput Yakub, ayahnya, dan semua sanak saudaranya, tujuh puluh lima jiwa banyaknya.

Kejadian 46:27

Anak-anak Yusuf yang lahir baginya di Mesir ada dua orang. Jadi keluarga Yakub yang tiba di Mesir, seluruhnya berjumlah tujuh puluh jiwa.

 

Ke 2 ayat diatas SEBENARNYA tidaklah bertentangan, dan Stefanus TIDAK MELEBIH-LEBIHKAN seperti yang DIFITNAH hai-hai.

Untuk memahaminya ada baiknya dan ada benarnya kita membaca lebih lengkap, yaitu Kejadian 48 : 8 – 27.

 

Ayat kuncinya ada di ayat 26 :

Semua orang yang tiba di Mesir bersama-sama dengan Yakub, yakni anak-anak kandungnya, dengan tidak terhitung isteri anak-anaknya, seluruhnya berjumlah enam puluh enam jiwa.

Jikalau saya harus memilih PERNYATAAN ayat MANA yang salah mengenai jumlah antara Kisah Para Rasul 7:14 dengan Kejadian 46:27 maka yang salah adalah Kejadian 46:27.

Namun sebenarnya Kejadian 46:27 tidak salah, karena Kejadian 46:26 sudah memperjelasnya terlebih dahulu, jumlah 70 jiwa yang dimaksud dalam Kejadian 46:27 SUDAH MEMPERHITUNGKAN Yusuf, Istri & ke 2 anaknya, makanya di ayat sebelumnya dinyatakan yang tiba di Mesir bersama-sama berjumlah 66 jiwa. Termasuk Yakub masuk kedalam hitungan 66 jiwa tersebut. Jikalau Yakub TIDAK DIHITUNG maka jumlahnya hanya 65 jiwa. Ya Cuma 65 jiwa.

Lah kok Cuma 65 jiwa ?!?! berarti Stefanus semakin NGACO menyatakan 75 jiwa.

Stefanus TIDAK NGACO, Stefanus BENAR, yang datang bersama Yakub adalah 75 jiwa DAN TIDAK MEMPERHITUNGKAN YUSUF & KELUARGANYA. Jikalau dihitung bersama YUSUF & KELUARGANYA maka semuanya berjumlah 79 jiwa. Dan jika ditambahkan dengan Yakub sendiri menjadi 80 jiwa.

Seperti yang saya katakan bahwa Kejadian 46:26 adalah ayat Kunci dari pernyataan Stefanus yang menyatakan bahwa Yakub datang bersama 75 jiwa (65 jiwa + 10 jiwa istri-istri anak anak yakub), TIDAK TERHITUNG Yakub sendiri dan YUSUF & KELUARGANYA.

10 jiwa itu adalah istri Ruben, istri Simeon, istri Lewi, istri Zebulon, istri Isakhar, istri Gad, istri Dan, istri Asyer, istri Naftali & istri Benyamin.

Istri Yehuda katanya sudah mati, Kejadian 38:12

 

Gitu aza kok repot... baca ulang... lebih seksama lagi... dan jangan suka memfitnah orang atau MENCARI-CARI alasan untuk memfitnah orang.

Dengan ini saya menyatakan hai-hai SESAT karena Mengajarkan yang tidak diajarkan Alkitab sebagai ajaran Alkitab namanya MEMBUAL. Mengajarkan yang bertentangan dengan ajaran Alkitab sebagai ajaran Alkitab namanya MENYESATKAN.

Amin...

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Debu tanah's picture

@ JF, hitungan mu salah tapi Hai hai memang MEMFITNAH Stefanus

Kejadian

46:26 Semua orang yang tiba di Mesir bersama-sama dengan Yakub, yakni anak-anak kandungnya, dengan tidak terhitung isteri anak-anaknya, seluruhnya berjumlah enam puluh enam jiwa.
46:27 Anak-anak Yusuf yang lahir baginya di Mesir ada dua orang. Jadi keluarga Yakub yang tiba di Mesir, seluruhnya berjumlah tujuh puluh jiwa.

Kl menurut saya begini hitungannya:

Bila dicermati maka ke 70 orang (tidak termasuk istri2) dapat dibagi menjadi 4 kelompok:

1. Kelompok pertama adalah 33 orang, yaitu Yakub ditambah keturunan Yakub dari Lea
2. Kelompok ke dua adalah 16 orang keturunan Yakub dari Zilpa
3. Kelompok ke tiga adalah 14 orang keturunan Yakub dari Rahel (termasuk Yusuf & 2 anaknya)
4. Kelompok ke empat adalah 7 orang keturunan Yakub dari Bilha.

Bila dari 70 orang dikurangi Yakub maka ada 69 orang (tidak termasuk istri-istri), kemudian ditambahkan 10 istri anak-anak Yakub (tidak termasuk istri Yusuf & istri Yehuda yang sudah mati), kemudian DIKURANGI 3 orang (Yusuf dan 2 anaknya), karena tidak ikut dijemput, MAKA semuanya menjadi 75 orang sanak saudara nya yang disuruh dijemput oleh Yusuf.

 

Jadi Hai hai memang telah memfitnah Stefanus dalam hal jumlah sanak saudara Yusuf yang dijemput.

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

mama nia's picture

@Debu tanah, koreksi

70 - 1 + 10 - 3 = 75 ?

mama nia's picture

@JF

Kej 46:26 Semua orang yang tiba di Mesir bersama-sama dengan Yakub, yakni anak-anak kandungnya, dengan tidak terhitung isteri anak-anaknya, seluruhnya berjumlah enam puluh enam jiwa.
Kej 46:27 Anak-anak Yusuf yang lahir baginya di Mesir ada dua orang. Jadi keluarga Yakub yang tiba di Mesir, seluruhnya berjumlah tujuh puluh jiwa.

Debu tanah:

Bila dicermati maka ke 70 orang (tidak termasuk istri2) dapat dibagi menjadi 4 kelompok:

1. Kelompok pertama adalah 33 orang, yaitu Yakub ditambah keturunan Yakub dari Lea
2. Kelompok ke dua adalah 16 orang keturunan Yakub dari Zilpa
3. Kelompok ke tiga adalah 14 orang keturunan Yakub dari Rahel (termasuk Yusuf & 2 anaknya)
4. Kelompok ke empat adalah 7 orang keturunan Yakub dari Bilha.

JF: 

Namun sebenarnya Kejadian 46:27 tidak salah, karena Kejadian 46:26 sudah memperjelasnya terlebih dahulu, jumlah 70 jiwa yang dimaksud dalam Kejadian 46:27 SUDAH MEMPERHITUNGKAN Yusuf, Istri & ke 2 anaknya, makanya di ayat sebelumnya dinyatakan yang tiba di Mesir bersama-sama berjumlah 66 jiwa. Termasuk Yakub masuk kedalam hitungan 66 jiwa tersebut. Jikalau Yakub TIDAK DIHITUNG maka jumlahnya hanya 65 jiwa. Ya Cuma 65 jiwa.

mama nia:

Rangkuman Debu tanah udah benar (kej 46:8-25)

Di kej 46:26, jumlah 66 jiwa tdk termasuk Yakub.Kalo JF memasukkan Yakub dlm hitungan 66 jiwa maka untuk jadi total 70 jiwa JF harus memasukkan istri Yusuf padahal berdasarkan rangkuman Debu tanah, 70 jiwa itu tdk termasuk istri2 anak2 Yakub (artinya istri Yusuf jg tdk termasuk) karena emang tdk dihitung (baca detailnya di kej 46:8-25)

Dan di kej 46:27, ada 2 anak Yusuf yg lahir di Mesir (tentu bersama Yusuf)

Jadi, 66 jiwa + Yakub (1 jiwa) + Yusuf (1 jiwa) + 2 anak Yusuf (2 jiwa) = 70 jiwa, klop dengan rangkuman Debu tanah

Perhitungan Debu tanah dgn menambah istri2 (kecuali istri Yusuf dan Yehuda) lalu kurangi Yakub,Yusuf dan 2 anak Yusuf, hasilnya 76 jiwa bkn 75 jiwa. Jadi gimana membuktikan bhw yang Stefanus katakan 75 jiwa itu benar dan Ko hai hai memfitnah Stefanus dgn mengatakan bhw yg benar itu 70 jiwa?

 

 

 

 

 

Debu tanah's picture

@ Mama Nia, salah catat

Iya kamu benar Mama nia, saya memang salah hitung. Yang benar harusnya 76 orang termasuk istri-istri anak Yakub, kecuali istri Yusuf dan istri Yehuda.

Penjelasan yang paling mungkin tentang perbedaaan itu adalah bahwa penulis Kisah Para Rasul SALAH CATAT ! Lho koq bisa ? Ya bisa, penulis juga manusia kan? Hehe..

Menurut saya ayat berikut juga SALAH CATAT:

Keluaran 1:5 Seluruh keturunan yang diperoleh Yakub berjumlah tujuh puluh jiwa. Tetapi Yusuf telah ada di Mesir.

Dalam Kejadian 46:27, yang 70 orang adalah termasuk Yakub, sementara dalam ayat di atas disebutkan yang 70 orang adalah “keturunan Yakub”.

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

guestx's picture

@mamania, perhitungannya bagaimana ?

 

Debu Tanah :

1. Kelompok pertama adalah 33 orang, yaitu Yakub ditambah keturunan Yakub dari Lea

Mama Nia :

Rangkuman Debu tanah udah benar (kej 46:8-25)

 

Kalo didaftarkan 'kan begini, ya, daftar anak-anak Yakub dari Lea :

[1]  Ruben : 

1 Henokh, 

2 Palu 

3 Hezron 

4 Karmi 

 

[2]  Simeon : 

5 Yemuel

6 Yamin 

7 Ohad, 

8 Yakhin 

9 Zohar 

10 Saul 

 

[3] Anak-anak Lewi  : 

11 Gerson

12 Kehat 

13 Merari 

 

[4]  Yehuda : 

14 Er (meninggal dunia di Kanaan)

15 Onan  (meninggal dunia di Kanaan)

16 Syela 

17 Peres 

18 Zerah

 

[5]  Peres :

19 Hezron 

20 Hamul 

 

[6]  Isakhar : 

21 Tola 

22 Pua  

23 Ayub 

24 Simron

 

[7]  Zebulon : 

25 Sered, 

26 Elon  

27 Yahleel

 

[8] Dina (pr) 

 

Jadi, Keturunan Yakub dari istrinya Lea = 33 orang = 7 orang anak laki + 1 orang anak perempuan + 27 orang cucu - 2 orang cucu yang meninggal dunia di Kanaan

Kej 46:15 Itulah keturunan Lea, yang melahirkan bagi Yakub di Padan-Aram n  anak-anak lelaki serta Dina o  juga, anaknya yang perempuan. Jadi seluruhnya, laki-laki dan perempuan, berjumlah tiga puluh tiga jiwa. 

Tiga puluh tiga jiwa itu belum termasuk Yakub. Bukankah itu berarti, yang tiba bersama Yakub di Mesir adalah 67 orang (70 - 3 org keluarga Yusuf), bukan 66 orang sebagaimana dicatat dalam Kej 46:26 ?

Mungkin gak ya ada yg batalin emigrasi ke Mesir? Ataukah penulis Kitab Kejadian juga membual :) ?

__________________

------- XXX -------

mama nia's picture

@guestx, 2x

guestx, Peres itu cucu Yakub,anak Yehuda, anda hitung Peres 2x (no 17 dan [5])

guestx's picture

@mamania

ok, thks, clear.

yg gak clear jadinya yg 33 itu, ya.

 

__________________

------- XXX -------

Debu tanah's picture

@ Guestx, Keturunan Lea 32 orang

Mama nia sudah mengoreksi. TOTAL keturunan Lea adalah 32 orang, lalu kenapa disebutkan 33 orang ? Baca ayat:

Kejadian 46:8 Inilah nama-nama bani Israel yang datang ke Mesir, yakni Yakub beserta keturunannya.

Dikatakan “Inilah nama-nama bani Israel yang datang ke Mesir, TERMASUK Yakub !

Ayat 15 memang kurang tepat nulisnya:

46:15 Itulah keturunan Lea, yang melahirkan bagi Yakub di Padan-Aram anak-anak lelaki serta Dina juga, anaknya yang perempuan. Jadi seluruhnya, laki-laki dan perempuan, berjumlah tiga puluh tiga jiwa.

Lagi-lagi SALAH CATAT ! Innocent

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

guestx's picture

@deta

Lagi-lagi SALAH CATAT !

ho-oh. 

mungkinkah ada salah catat yang lain?

bukankah kitab ini standar kebenaran bagi sebagian orang ?

bukankah kitab ini hanya boleh dipahami, tak boleh ditafsirkan :) ?

__________________

------- XXX -------

Debu tanah's picture

@ Guestx, banyak yg salah catat

Saya sudah contohkan soal salah catat Keluaran 1:5 di atas.

[ Keluaran 1:5 Seluruh keturunan yang diperoleh Yakub berjumlah tujuh puluh jiwa. Tetapi Yusuf telah ada di Mesir.

Dalam Kejadian 46:27, yang 70 orang adalah termasuk Yakub, sementara dalam ayat di atas disebutkan yang 70 orang adalah “keturunan Yakub”. ]

Contoh lain: Matius mencatat bahwa ada 2 orang yg kerasukan roh jahat di Gerasa, tetapi Markus dan Lukas mencatat hanya ada 1 orang yg kerasukan roh jahat.

 

Walaupun penulisannya diilhami Roh Kudus, Alkitab ditulis dan diterjemahkan oleh manusia biasa. Jadi kita tidak perlu takut bila ternyata (faktanya) Alkitab ada yang salah catat atau kurang tepat penulisannya, asal kita mau memeriksa yg mana yg benar.

Tp, mudah-mudahan penulis tidak salah catat soal ajaran2 yang vital, misalnya soal Ajaran Allah Tritunggal yg lagi hot di Sabda. Jangan-jangan Allah itu KEMBAR SIAM? Hahaha...

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

guestx's picture

@deta, asal tentang kabar baik tidak salah catat juga

Jadi kita tidak perlu takut bila ternyata (faktanya) Alkitab ada yang salah catat atau kurang tepat penulisannya, asal kita mau memeriksa yg mana yg benar.

Tp, mudah-mudahan penulis tidak salah catat soal ajaran2 yang vital, misalnya soal Ajaran Allah Tritunggal yg lagi hot di Sabda.

ya...ya... terus terang gw gak tahu apakah memang di Alkitab banyak hal yg salah catat...maklumlah gw bukan pembaca Alkitab yg tekun dan teliti.Embarassed

yg penting bg gw Alkitab gak keliru soal yang utama, yaitu soal jaminan hidup kekal bagi orang yang percaya kepada Kristus. kalo itu sampai keliru, apes deh...

soal-soal seperti Tritunggal = Allah kembar siam, Adam = ular = iblis, Kristen tak mungkin murtad, 100% anugrah = respon manusia tdk ada artinya dalam keselamatan dll he...he...he...itu adalah ajaran yang tak gamblang diajarkan dalam Alkitab (kalo memang gamblang, mengapa begitu berseberangan pengertian pembacanya?) bagaikan steak alot dari sengkel sapi yg hanya cocok untuk orang yang bertaring dan bergeraham kuat. 

setuju, gak perlu takut kalo ada yg tampak aneh mengenai isi Alkitab maupun pemahaman orang-orang yang membacanya. banyak org mendengar injil dan diselamatkan sebelum ada Alkitab seperti kita kenal sekarang ini. gw jg ragu apakah Abraham, Musa, Daud, Elia, Yesus, Petrus, Paulus dll punya pemahaman yang sama tentang soal-soal yang lagi hot diperdebatkan.  wong Alkitabnya saja mereka belum punya...Smile, apa ya standar kebenaran mereka ?

__________________

------- XXX -------

jesusfreaks's picture

@deta : jangan perkosa kejadian 46:15

kamu kayak haihai aza, jangan perkosa alkitab bro.

Ayat 15a itu menjelaskan keturunan yakub dari Lea. ayat 15b memang ada hubungan dengan 15a, tapi tidak menekankan hanya pada keturunan yakub. melainkan pada rombongan pertama. diawal kamu sudah menjelaskan dengan baik sebagai satuan kelompok, bukan satuan keturunan. tidak ada yg salah catat bro.

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Debu tanah's picture

@ JF, bagaimana dengan Keluaran 1:5 ?

Oke, sepertinya Kej 46:15 bisa dipahami demikian.

Gimana soal Keluaran 1:5 ?

Keluaran 1:5 Seluruh keturunan yang diperoleh Yakub berjumlah tujuh puluh jiwa. Tetapi Yusuf telah ada di Mesir.

Kejadian 46:27 Anak-anak Yusuf yang lahir baginya di Mesir ada dua orang. Jadi keluarga Yakub yang tiba di Mesir, seluruhnya berjumlah tujuh puluh jiwa.

Dalam Kejadian 46:27, yang 70 orang adalah termasuk Yakub, sementara dalam Keluaran 1:5 disebutkan yang 70 orang adalah “keturunan Yakub”.

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

komenaja's picture

Ikut rembug

Saya lebih sependapat dgn tanggapan DeTa yg pertama:

Kejadian 46:27 Anak-anak Yusuf yang lahir baginya di Mesir ada dua orang. Jadi keluarga Yakub yang tiba di Mesir, seluruhnya berjumlah tujuh puluh jiwa.

1. Kelompok pertama adalah 33 orang, yaitu Yakub ditambah keturunan Yakub dari Lea (32 orang) 
2. Kelompok ke dua adalah 16 orang keturunan Yakub dari Zilpa
3. Kelompok ke tiga adalah 14 orang keturunan Yakub dari Rahel (termasuk Yusuf & 2 anaknya)
4. Kelompok ke empat adalah 7 orang keturunan Yakub dari Bilha.

Jumlah di atas sesuai 70 jiwa (Yakub + 69 anaknya)

Kejadian 46:26 Semua orang yang tiba di Mesir bersama-sama dengan Yakub, yakni anak-anak kandungnya, dengan tidak terhitung isteri anak-anaknya, seluruhnya berjumlah enam puluh enam jiwa.

66 dari 69 - 3 (Yusuf dan kedua anaknya)

Kisah 7:14 Kemudian Yusuf menyuruh menjemput Yakub, ayahnya, dan semua sanak saudaranya, tujuh puluh lima jiwa banyaknya.

Cuma coba kasih pendapat dari komentar John Wesley yg mengatakan Stefanus memasukan seorang anak dan cucu dari Manasye dan 3 orang anak dari Efraim sehingga jumlahnya 75.

Setelah dicaritahu di alkitab siapakah mereka, nama-nama ini yang saya temukan:

Anak dan Cucunya Manasye = (Makhir + Gilead)

3 anak Efraim =  (Sutelah, Bekher, Tahan)

Dengan begitu kita dapat jumlah 75. Dan apakah hal ini ada hubungannya dgn ayat Kejadian 48:5-6?

48:5  Maka sekarang kedua anakmu yang lahir bagimu di tanah Mesir, sebelum aku datang kepadamu ke Mesir, akulah yang empunya mereka; akulah yang akan empunya Efraim dan Manasye sama seperti Ruben dan Simeon.

48:6  Dan keturunanmu yang kauperoleh sesudah mereka, engkaulah yang empunya, tetapi dalam pembagian warisan nama mereka akan disebutkan  berdasarkan nama kedua saudaranya itu.

__________________

Kau Tolol, Bodoh, lebih TOLOL, SUPER TOLOL = Calon Penghuni Neraka (Mat 5:22)

Debu tanah's picture

@ KomenAja, John Wesley ngawur

Kisah 7:14 membicarakan 75 orang yang SEBAGIAN berbeda dengan 70 orang yang tercatat dalam Kejadian 46:26.

Kisah 7:14 mencatat jumlah orang disuruh dijemput oleh Yusuf, tentu saja TIDAK TERMASUK Yusuf dan keturunannya. Termasuk istri anak Yakub supaya genap 76 orang, kecuali istri Yusuf & istri Yehuda yg mati.

Sedangkan yang 70 orang yang tercatat dalam Kej 46:27 adalah Yakub & Keturunannya yg berada di Mesir, TERMASUK Yusuf dan 2 anaknya, cucu Yusuf jelas belum lahir waktu itu. Tidak termasuk istri-istri.

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

komenaja's picture

@deta, just try to make sense

Kita sedang mencari titik temu dari angka-angka 66, 70 dan 75.

`Kej 46:27. 70 jiwa dari 69 + Yakub

Kej 46:26. 66 jiwa dari 69 - 3 (Yusuf dan 2 anaknya)

Kisah 7:14. 75 dari mana? That's the question Sealed

Kalau jumlah 66 + istri2, maka istri2nya harus berjumlah 9 org saja.

Kalau pandangan Wesley, aku melihatnya begini: titik sorotnya berada di Yusuf. Jadi Kis 7:14 lebih dilihat dari sisi Yusuf (termasuk keturunannya). Sementara yg Kej 46:8-27 titik sorotnya ada di Yakub.

Setidaknya dengan demikian, kalau belum diketemukan jawaban lain buat jumlah 75, aku bisa move on, dan ga terus berkutat dgn hal ini Wink

 GBU

1 Tim 1:3 - 4

1Ti 1:3  Ketika aku hendak meneruskan perjalananku ke wilayah Makedonia, aku telah mendesak engkau supaya engkau tinggal di Efesus dan menasihatkan orang-orang tertentu, agar mereka jangan mengajarkan ajaran lain

1Ti 1:4  ataupun sibuk dengan dongeng dan silsilah yang tiada putus-putusnya, yang hanya menghasilkan persoalan belaka, dan bukan tertib hidup keselamatan yang diberikan Allah dalam iman.

Titus 3:9  Tetapi hindarilah persoalan yang dicari-cari dan yang bodoh, persoalan silsilah, percekcokan dan pertengkaran mengenai hukum Taurat, karena semua itu tidak berguna dan sia-sia belaka.

__________________

Kau Tolol, Bodoh, lebih TOLOL, SUPER TOLOL = Calon Penghuni Neraka (Mat 5:22)

Debu tanah's picture

@ KomenAja, kan sudah saya jawab

[ Kita sedang mencari titik temu dari angka-angka 66, 70 dan 75. ]

 

Kan sudah saya jawab pada komentar saya pertama dengan koreksi harusnya 76 orang bukan 75 orang.

- Angka 66 adalah jumlah keturunan Yakub yang tiba di Mesir. (tidak termasuk istri-istri dan TIDAK TERMASUK Yusuf & Keturunannya)

- Angka 70 adalah 66 + 1 (Yakub) + 3 (Yusuf dan 2 anaknya)

- Angka 76 (koreksi dari angka 75) adalah jumlah orang yang disuruh DIJEMPUT oleh Yusuf, tentu TIDAK TERMASUK Yusuf dan 2 anaknya dan TIDAK TERMASUK Yakub.

 

Penjelasan angka 76 orang:

Angka 70 dikurangi Yakub, Yusuf dan 2 anaknya = 70 - 1 - 3 = 66

SUPAYA genap 76 maka ditambahkan 10 yaitu istri-istri anak Yakub (kecuali istri Yusuf dan kecuali istri Yehuda yg sudah mati.

Kisah Para Rasul 7:14 Kemudian Yusuf menyuruh menjemput Yakub, ayahnya, dan semua sanak saudaranya, tujuh puluh lima jiwa banyaknya.

Yakub dan 3 istrinya tidak dihitung karena cara penyebutannya: Yakub DAN semua SANAK SAUDARANYA. Jadi yang 76 adalah SANAK SAUDARA nya Yusuf. Kl termasuk Yakub dan 3 istrinya maka TOTAL yang dijemput adalah 76 + 1 + 3 = 80 orang.

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

komenaja's picture

@deta, 75 atau 76?

Yup, kalau soal 76...

Kalau yg ditulis adalah 76, tp yang ditulis adalah 75., seventy and five (pente = 5).

Jadi "pengkoreksian 76" hanya menawarkan satu jawaban lain spt misalnya kalau mengasumsikan jumlah istri-istrinya 9 org saja Wink

__________________

Kau Tolol, Bodoh, lebih TOLOL, SUPER TOLOL = Calon Penghuni Neraka (Mat 5:22)

Debu tanah's picture

@ KomenAja, 76

Stefanus kan nyebut2 jumlah SANAK SAUDARA Yusuf adalah 75 orang orang yang DIJEMPUT.

Di sini kita mencoba menghitung siapa saja yang 75 orang itu, ternyata angka yang MUNGKIN dan terdekat adalah 76, yaitu 66 + 10 istri-istri anak Yakub. (Istri Yusuf tidak termasuk karena memang ada di Mesir, istri Yehuda sudah mati).

Kenapa ada perbedaan yang tercatat dalam Kisah 7: 14 yang menyebut angka 75 orang sedangkan yang kita hitung adalah 76?

- Hai hai berkata bahwa STEFANUS sesat, Hai hai berkata harusnya 70 orang. >> Sudah kita buktikan bahwa Hai hai KELIRU besar.

- Kl saya bilang ini adalah kesalahan penulis Kisah Para Rasul dalam mencatat jumlah orang.

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

komenaja's picture

@ deta :)

Deta: - Kl saya bilang ini adalah kesalahan penulis Kisah Para Rasul dalam mencatat jumlah orang.

 Kalau itu pendapat deta sih, no problemo with me Sealed tapi kalau aku sih, tidak ingin membunuh kemungkinan jawaban yang lain, siapa tau aja suatu hari pengetahuan bertambah, atau menemukan ada dicatat di bagian kitab lain ttg istri-istri anak Yakub yg mendukung teori "+9 istri" Wink

What I want to say is keep studying, who knows... one day we find the right answer.

__________________

Kau Tolol, Bodoh, lebih TOLOL, SUPER TOLOL = Calon Penghuni Neraka (Mat 5:22)

Veritas's picture

@ komenaja, Kalau mau nyari 9 sih gampang... :D

12 anak lelaki.

Yusuf dan Yehuda tidak dihitung maka jadi 12-2 =10

Satu lagi yang tidak dihitung adalah Istri Simeon, karena istrinya orang kanaan.

Kemungkinan sih tidak ikut dibawa.

Just my 2 cents

__________________

Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS

http://www.facebook.com/veritasq

komenaja's picture

@ deta, isteri Yehuda sudah mati?

Deta:  Bila dari 70 orang dikurangi Yakub maka ada 69 orang (tidak termasuk istri-istri), kemudian ditambahkan 10 istri anak-anak Yakub (tidak termasuk istri Yusuf & istri Yehuda yang sudah mati), kemudian DIKURANGI 3 orang (Yusuf dan 2 anaknya), karena tidak ikut dijemput, MAKA semuanya menjadi 75 orang sanak saudara nya yang disuruh dijemput oleh Yusuf.

Ok, meskipun salah hitung yg seharusnya 76, tapi sebenarnya ada 1 pertanyaan, yaitu kenapa tidak memasukan Istri Yehuda, apakah ada dicatat kalau istri Yehuda telah mati? Atau apakah gagasan di atas cuma berdasarkan Yehuda yang menghamili Tamar menantunya? Kalau begitu apakah istrerinya Ruben juga telah meninggal, sehingga Ruben meniduri Bilha gundik Yakub? Kalau benar begitu, bukankah jumlahnya juga 75?

__________________

Kau Tolol, Bodoh, lebih TOLOL, SUPER TOLOL = Calon Penghuni Neraka (Mat 5:22)

Veritas's picture

Hitungannya sudah Tepat Ko ... :)

Semua berhitung kayaknya bersalahan :))

Mari kita Hitung Ulang !

1.

Semua orang yang tiba di Mesir bersama-sama dengan Yakub, yakni anak-anak kandungnya, dengan tidak terhitung isteri anak-anaknya, seluruhnya berjumlah enam puluh enam jiwa (Kej 46:26).

Yakub dan anak-anaknya jumlahnya 66 Jiwa. Jadi Anak-anaknya =65 Jiwa.  Disini anak-anaknya dan cucu dari anaknya, tidak dihitung istri anaknya.

Sekarang kita mau tahu brp istri anaknya? Anak laki-lakinya ada 12 orang. Yang berangkat ke Mesir ada 11 orang. Yusuf sudah di mesir lebih dahulu. Jadi Istri anaknya ada 11. Tapi sayang, istri Yehuda sudah mati duluan. Istrinya adalah anak Syua. Coba baca di kisah Yehuda dan Tamar. Maka istri anak-anak Yakub yang ikut ke Mesir adalah 10 Orang. Maka Total yang ke Mesir adalah 75 Orang selain Yakub. Kalau ditambah Yakub jadi 76 Orang.

2.

Kemudian Yusuf menyuruh menjemput Yakub, ayahnya, dan semua sanak saudaranya, tujuh puluh lima jiwa banyaknya. (Kis 7: 14)

Perhatikan : Yakub + 75 Sanak Saudara Yusuf  (Yakub dan Sanak Saudara Yusuf)

Dalam matematika, kata dan itu artinya menggabungkan. Maka Total yang Pergi ke Mesir bersama Yakub adalah 75+1 = 76.

Sampai disini hitungan masih tepat. Oke kita lanjut

3.

Anak-anak Yusuf yang lahir baginya di Mesir ada dua orang. Jadi keluarga Yakub yang tiba di Mesir, seluruhnya berjumlah tujuh puluh jiwa (Kej 46:27).

 

Seluruh keturunan yang diperoleh Yakub berjumlah tujuh puluh jiwa. Tetapi Yusuf telah ada di Mesir.(Kel 1:5)

65 Jiwa + 3 Jiwa = 68 Jiwa.

Lalu semua akan bilang, wah Musa Teler ga bisa ngitung :))

Kata kuncinya adalah keturunan Yakub !

Anda harus hitung Er dan Onan yang mati dibunuh oleh Y**H.  Mereka itu keturunan Yakub juga dan termasuk yang dihitung dibawa ke Mesir.

Lalu ko tahu bahwa Er dan Onan dibawa ke Mesir? Jawabnya ini :

Anak-anak dan cucu-cucunya laki-laki dan perempuan, seluruh keturunannya dibawanyalah ke Mesir. (Kej 46:7)

Jadi Total : 68+2 = 70.

=======================

Kesimpulan, Hai-Hai sepertinya harus cabut itu blog !

__________________

Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS

http://www.facebook.com/veritasq

komenaja's picture

@ Veritas dan yg lain, 65 atau 66?

Ok, istri Yehuda telah mati, Kejadian 38:12.

Jumlah anak-cucu-cicit Yakub dalam daftar di Kejadian 46:26 tsb adalah 65 atau 66? Kalau dihitung manual (ketuk satu-satu di atas nama-namanya) maka yg di dapat adalah 69 dikurangi 3 (Yusuf dan 2 anaknya) yg sudah di Mesir maka jumlah yg didapat adalah 66 kalau dikurangi 1 lagi hingga jadi 65 berarti ada yang bukan keturunan Yakub dalam daftar 69 tsb

Silakan hitung nama-nama ANAK-CUCU-CICIT keturunan Yakub dalam Kej 46:8-27 tsb, mgkn saja deta dan saya telah salah hitung, karena ini yang saya dapat:

Keturunan Yakub dari:

Lea: 7 anak + 25 cucu + 2 cicit =34 (dikurangi 2 cucu (Er dan Onan) = 32)

Zilpa: 2 anak + 12 cucu + 2 cicit = 16

Rahel: 2 anak + 12 cucu =14

Bilha:  2 anak + 5 cucu =7

Jumlahnya 71 (dikurangi Er dan Onan = 69)

__________________

Kau Tolol, Bodoh, lebih TOLOL, SUPER TOLOL = Calon Penghuni Neraka (Mat 5:22)

jesusfreaks's picture

66jiwa termasuk yakub, makanya baca blog saya baik baik

ampun ngalor ngidul kemana mana. kan saya udah bilang dari awal 66 jiwa termasuk Yakub didalamnyaaa. cape dehhh. kelompok pertama yang berjumlah 33 itu termasuk Yakub didalamnya. capeee dehhh...

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Debu tanah's picture

@ JF, belajar berhitung dl

Kayaknya elu perlu belajar berhitung dulu, baru berhadapan dengan Hai hai..  Embarassed

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jesusfreaks's picture

@deta : udah saya edit

Istri yehuda sudah mati, dan saya lupa masukkan istri naftali.

Udah klop tuh, gak usah dibuat jlimet ahhh.

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Debu tanah's picture

@ JF, masih salah

Dalam blog lu nulis:

[ Namun sebenarnya Kejadian 46:27 tidak salah, karena Kejadian 46:26 sudah memperjelasnya terlebih dahulu, jumlah 70 jiwa yang dimaksud dalam Kejadian 46:27 SUDAH MEMPERHITUNGKAN Yusuf, Istri & ke 2 anaknya, makanya di ayat sebelumnya dinyatakan yang tiba di Mesir bersama-sama berjumlah 66 jiwa. Termasuk Yakub masuk kedalam hitungan 66 jiwa tersebut. Jikalau Yakub TIDAK DIHITUNG maka jumlahnya hanya 65 jiwa. Ya Cuma 65 jiwa. ]

 

Bukan jliment, tp yang saya kasih warna merah masih SALAH.

Harusnya istri Yusuf jangan dihitung, karena istri dikecualikan.

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jesusfreaks's picture

@DETA : Gak Jlimet kok...

gak susah kok memahaminya. pahami saja secara terpisah.

ayat 26 menyatakan : 66 jiwa + istri anak-anak yakub. (diluar yusuf, istri & 2 anaknya)

 

ayat 27 menyatakan : 70 jiwa (66 jiwa + yusuf, istri & 2 anaknya)

kenapa istri yusuf dimasukan (kenapa tidak ?!?!)

ayat 26 jugakan memasukkan istri-istri anak yakub yang lain sebagai bagian dari rombongan tersebut, HANYA saja tidak DISEBUT JUMLAHNYA dan TIDAK DITAMBAHKAN.

makanya dipersimple oleh Stefanus menjadi 75 Jiwa.

 

gak jlimet kok...

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Debu tanah's picture

JF, koq gak mudeng juga

Ah payah deh lu. 

Kita sependapat bahwa Yakub masuk hitungan. Jumlah yang 70 adalah Yakub + 69 keturunan Yakub. Maka bila tambah istri Yusuf maka total menjadi 71 orang.

Coba lu hitung nama-nama keturunan Yakub dalam Kejadian 46:8 - 27.

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

@Debu Tanah, JF Mudeng?

debu tanah, kalau si JF mudeng, itu mah pertanda kiamat udah deket. Ha ha ha ha ...

 

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

@hahihai : kacian deh lu @deta : berdoa biar mudeng

mau manfaatin situasi nih yeee. Yg gak mudeng itu deta. Kalau lu sih pura pura gak mudeng. kalau gentle, edit dong blog lu. paling gak beberapa point SESAT lo soal Stefanus.

Deta : saya sudah kasih view, tambahan 4 adalah yusuf, istri dan 2 anaknya. wong jelas gitu kok. yang 66, yakub masuk di dalamnya.

Ada baiknya kamu doa dululah...

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jesusfreaks's picture

@deta : saya mau tahu alur hitungmu selanjutnya.

andaikan sudah 71 terus bagaimana menghubungkannya jadi 75 atau 7lainnya? Ayolah wong gamblang gitu kok. ayat 26 bilang 66 lalu menjadi 70. artinya ada tambahan 4, yang paling logis ya yusuf, istri + 2 anaknya. simple kan.

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

mama nia's picture

@JF,baca kej 46:19-22

Patokannya adalah angka 70 jiwa, sesuai rangkuman deta. 70 = 33 + 16 + 14 + 7 14 jiwa adalah keturunan Yakub dari Rahel, di situ istri Yusuf tdk dihitung (kej 46:19-22).Kalo istri Yusuf dihitung jadinya 15 jiwa bkn 14 jiwa.Kalo 15 jiwa maka totalnya 71 jiwa bkn 70 jiwa. Jd yg benar itu 66 jiwa TANPA Yakub (semua keturunan Yakub yg tiba di Mesir), shg utk jd 70 jiwa tinggal ditambah Yakub,Yusuf dan 2 anaknya.
jesusfreaks's picture

@mamania : saya sudah baca

saya sudah baca. berkali kali malah. sekarang coba untuk sesaat kamu terima pendapat dalam blog saya. kamu buang dulu cara hitungmu.

Bagaimana ?

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

mama nia's picture

@Veritas

46:15 Itulah keturunan Lea, yang melahirkan bagi Yakub di Padan-Aram anak-anak lelaki serta Dina juga, anaknya yang perempuan. Jadi seluruhnya, laki-laki dan perempuan, berjumlah tiga puluh tiga jiwa.

Veritas, kalo Er dan Onan ikut dihitung maka jumlah keturunan Lea + Yakub seharusnya 35 jiwa, tapi kenapa di kej 46:15 tercatat 33 jiwa?

70 jiwa diperoleh dari = 33 + 16 + 14 + 7 (sesuai rangkuman deta dari kej 46:8-25)

Jadi 70 jiwa itu TANPA Er dan Onan.

Veritas's picture

@ Mama Nia... Saya Salah hitung

Saya agak bingung juga. Setelah saya hitung dari awal keturunan2nya, saya dapati bahwa ada 72 (termasuk er dan onan)

68 anak laki-laki, 2 Anak Perempuan, 2 anak yang meninggal (er dan onan).

Reply sebelumnya saya hitung berdasarkan kesimpulan akhir yaitu 66 di ayat 26.(minus Yakub jadi 65).

Apa mungkin Musa salah menyimpulkan? Kenapa 66 ? Terus Musa menulis Yusuf dan 2 anaknya maka dapat kesimpulan 70 setelah itu, Padahal harusnya 69.

Jangan2 Musa benar2 Sakau :))

==========================

Dengan ini reply sebelumnya saya recall.  Saya akan explore lagi, mengapa Musa bisa "salah" hitung.

JF, Blog anda sepertinya menyesatkan :))

Sebab dia tidak menyebutkan istri Naftali alih alih menyebut istri Yehuda yang sudah mati.  Tolong ente edit dulu bos... biar ga menyesatkan

Istri Naftali ente kawinin ya?? Parah ente bro...

 

__________________

Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS

http://www.facebook.com/veritasq

jesusfreaks's picture

@veritas : wakakakakakakak

ups salah... maaf saya salah... saya lupa ada naftali anak saya juga anak yakub

Okay saya edit...

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jesusfreaks's picture

@mamania : coba tulis yg 33

kamu bilang 66 adalah tanpa yakub.

Coba kamu tulis nama nama yg masuk dalam kelompok 33.

Kalau tanpa yakub akan jadi 32.

Tulis ya, bukan ngerjain, tapi biar kamu mudeng istilah (deta n haihai)

Lihat si haihai udah mati kutu. kalau saya salah pasti dia akan koment.

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

mama nia's picture

@JF, pelan2 aja

JF, rangkuman deta : 33 + 16 + 14 + 7 = 70 jiwa

70 jiwa = seluruh keturunan Yakub + Yakub (tanpa istri2)

Yakub masuk di kelompok 33 jiwa, shg sudah termasuk dlm 70 jiwa.

Skrg kita tahu 70 jiwa sudah termasuk Yakub,Yusuf dan 2 anaknya, namun istri2 tidak dihitung. Kalo ada 66 jiwa keturunan Yakub yg tiba di Mesir lalu ditambah Yusuf dan 2 anaknya yg udah tinggal di Mesir maka baru 69 jiwa,berarti kurang 1 jiwa. Yg 1 jiwa ini tdk bisa anda tambahkan istri Yusuf karena jumlah 70 jiwa di atas tdk termasuk istri2. Lalu siapa yg 1 jiwa itu? Yakub! Makanya dibilang 66 jiwa tdk termasuk Yakub.

Yakub termasuk di 33 jiwa bukan berarti termasuk dlm 66 jiwa.

Semoga anda mulai mudeng...Smile

hai hai's picture

@JF, Orang BODOH bertindak PINTER = Bijaksana

Itulah keturunan Lea, yang melahirkan bagi Yakub di Padan-Aram anak-anak lelaki serta Dina juga, anaknya yang perempuan. Jadi seluruhnya, laki-laki dan perempuan, berjumlah tiga puluh  tiga jiwa. Kejadian 46:15

Itulah keturunan Zilpa, yakni hamba perempuan yang telah diberikan Laban kepada Lea, anaknya perempuan, dan yang melahirkan anak-anak bagi Yakub; seluruhnya enam belas jiwa. Kejadian 46:18

Itulah keturunan Rahel, yang telah lahir bagi Yakub, seluruhnya berjumlah empat belas jiwa. Kejadian 46:22

Itulah keturunan Bilha, yakni hamba perempuan yang diberikan Laban kepada Rahel, anaknya yang perempuan dan yang melahirkan anak-anak itu bagi Yakub--seluruhnya berjumlah tujuh jiwa. Kejadian 46:25

Semua orang yang tiba di Mesir bersama-sama dengan Yakub, yakni anak-anak kandungnya, dengan tidak terhitung isteri anak-anaknya, seluruhnya berjumlah enam puluh enam jiwa. Kejadian 46:26

Anak-anak Yusuf yang lahir baginya di Mesir ada dua orang. Jadi keluarga Yakub yang tiba di Mesir, seluruhnya berjumlah tujuh  puluh jiwa. Kejadian 46:27

1.    Lea = 33
2.    Zilpa = 16
3.    Rahel = 14
4.    Bilha = 7
TOTAL = 70 jiwa

Berapa JUMLAH Keluarga Yakub yang ke Mesir dari Kanaan?  66 Orang. 66 Orang itu terdiri dari siapa saja?

1.    Lea = 33
2.    Zilpa = 16
3.    Rahel = 10
4.    Bilha = 7
TOTAL = 66 jiwa

Kisanak, bila tidak MEMBUAL orang Yahudi yang PELIT mustahil salah HITUNG. Bila tidak MEMBUAL orang Tionghoa yang HAUS CHUAN (laba) nggak mungkin SALAH hitung. Bila demikian, dimana KESALAHAN hitung yang dilakukan oleh JF, Debu tanah dan lain-lainnya? 

1. Dalam Keturunan Lea, ada DUA nama PERES.

Mama Nia memberitahu guestx  bahwa Peres dihitung 2 Kali. Padahal memang ada 2 Peres.

    a. Peres Anak Yehuda
    b. Peres Anak Yakub  Yehuda

2. Benyamin ad di Mesir

Yusuf ada di Mesir dengan 2 orang anaknya, TOTAL jadi 3 Orang.

66 + 3 Orang = 69 Orang

dikatakan jumlah keluarga Yakub = 70 Orang.

hilang 1 orang. untuk menggenapinya ditambahkan Yakub

66 + 3 Orang + Yakub = 70 Orang

70 orang - 3 Orang = 67 Orang

Kenapa dikatakan keluarga Yakib yang ke Mesir dari Kanaan = 66 Orang?

hilang 1 orang. Untuk menggenapinya DIKURANGI Yakub

70 orang - 3 Orang - Yakub = 67 Orang

Seluruh keturunan yang diperoleh Yakub berjumlah tujuh puluh jiwa. Keluaran 1:5

Bukankah Keluaran 1:5 mencatat dengan TEGAS dan GAMBLANG sehingga mustahil menyangkalnya? Keturunan Yakub = 70 orang.

Kerabatku sekalian, apa yang dilakukan oleh orang-orang PINTER seperti JF dan Debu Tanah ketika menghadapi KERAGUAN saat belajar Alkitab? Karena PINTER maka mereka YAKIN maslahnya tidak ada pada AKAL BUDINYA namun ada di Alkitab itu sebabnya keduanya pun segera MENGERAHKAN KEPINTERANNYA untuk membantu Allah. JF segera mengeluarkan JURUS tafsir 1001 mimpinya dan SERUDUK sana sini. Debu Tanah menghibur orang kristen, "Nggak apa apa Alkitab salah. Yang nulis kan MANUSIA? Wajarlah Yao!"

Apa yang dilakukan oleh JF dan Debu tanah itulah yang saya sebut:

Orang PINTER bertidak BODOH = TOLOL

Handai taulan sekalian, apa yang dilakukan oleh hai hai dan mama nia yang BODOH dalam menghadapi KERAGUAN ketika membaca Alkitab? Karena menyadari dirinya BODOH maka keduanya pun langsung menarik KESIMPULAN bahwa MASALAHNYA adalah pada AKAL BUDIKU, mustahil pada Alkitab. Itu sebabnya keduanya pun belajar lagi lebih keras dengan MEMBACA Alkitab lebih TELITI lagi dan lagi dan lagi dan lagi dan lagi dan lagi. Akhirnya mereka TAHU bahwa kitab Kejadian MENCATAT bahwa Setelah DIAJAK ke Mesir, BENYAMIN tidak kembali lai ke Kanaan. Itu sebabnya:

Keturunan Rahel yang TOTAL = 14 Orang. 4 Orang yaitu: Yusuf dan ke 2 anaknya serta  Benyamin adiknya, SUDAH ada di Mesir. Itu sebabnya yang berangkat dari Kanaan ke Mesir adalah 66 orang dan yang ada di Mesir adalah 4 Orang. 66 + 4 = 70 orang. itulah semua Keturunan Yakub yang masih Hidup saat itu. Er dan onan sudah MATEHO.

Apa yang dilakukan oleh Mama nia dan hai hai itulah yang disebut:

Orang BODOH bertindak PINTER = Bijaksana

Ha ha ha ha ha ... JF, gimana? Ha ha ha ha ha .... kalah lagi dech kali ini. Ha ha ha ha ... Namun nggak apa-apa. Yang anda angkat ini belum pernah saya BACA JAWABAN yang BENAR di tempat lainnya. silahkan klik di SiNi untuk melihatnya. Jangan berkecil hati karena anda nggak mampu memahaminya, JF sebab Pdt. Budi Asali MDiv yang mulia itu pun SAMA payahnya dan dia juga mengutip TAFSIR 1001 mimpi teolog lain yang sama NGACO BELONYA. untuk membacanya silahkan klik di SINI. Ha ha ha ha ha ha ha ha .....

inilah bukti: Sekali  MENAFSiRKAN Alkitab maka anda pun KEHILANGAN kesempatan untuk memahaminya dengan BENAR.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

HaiHai Pembual semakin sesat soal Benyamin

haihai makanya kalau baca tuh komplit, lo baca kejadian 45:22 biar lo nyaho. benyamin ada dimana ?

Benyamin sueb yg tinggal dimesir sewaktu balik ke Yakub.

 

Wakakakakakakakakakakakakakakakkakakakakakakakakakak

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

@JF, Benyamin Gak Ikut Pulang

JF, kan gua dah bilang si Benyamin nggak ikut pulang? Anda tahu kenapa dia nggak ikut pulang ke Kanaan? Karena dia BANTUAN JF mencari SANAK saudara Yusuf. Si Ayu ting ting juga ikut bantuin lagi. Ha ha ha ha ha ha ha ...

ya, ya, ya ya ya ....

Kemana, kemana, kemana.....?

ku harus mencari ke mana?

Sanaknya saudara si yusuf ....

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

@ Hai hai, TOLOL koq dipelihara

[ Bila demikian, dimana KESALAHAN hitung yang dilakukan oleh JF, Debu tanah dan lain-lainnya? 

1. Dalam Keturunan Lea, ada DUA nama PERES.

Mama Nia memberitahu guestx  bahwa Peres dihitung 2 Kali. Padahal memang ada 2 Peres.

    a. Peres Anak Yehuda
    b. Peres Anak Yakub  Yehuda

2. Benyamin ad di Mesir ]

 

TOLOL koq dipelihara, Peres ya cuman ada satu, Peres bin Yehuda ! Peres memang disebutkan 2 kali: pertama waktu disebut sebagai "anak Yehuda ialah ... Peres", dan kedua waktu menyebutkan "anak-anak Peres ialah"

Kejadian 46:12 Anak-anak Yehuda ialah Er, Onan, Syela, Peres dan Zerah; tetapi Er dan Onan mati di tanah Kanaan; dan anak-anak Peres ialah Hezron dan Hamul.

 

Btw, emangnya Mama nia sependapat dengan anda? Bukankah Mama nia masih berpendapat yang sama dengan saya, soal keturunan Lea adalah 32, di tambah Yakub = 33 orang? Hahaha... nyari kawan nih ye ? Saya yakin Mama nia gak mau jadi kawan anda saat ini, ha ha ha...

Soal Benyamin anda juga mengada-ada, mana ayat yang berkata bahwa Benyamin tinggal di Mesir? Benyamin TIDAK tinggal di Mesir. Bila Benyamin tinggal, pastilah Yakub sudah MODAR karena sedih. Ayat yang ditunjukkan JF (Kejadian 45:22) jelas mengindikasikan bahwa Benyamin juga pulang (tidak tinggal di Mesir).

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

@Debu tanah, Bloon

eh kisanak, masak ente nggak tahu kalau si JF lagi cari SANAK SAUDARA Yusuf? Kenapa dicari? Karena ngak TERDAFDAR sebelumnya. Siapa sanak saudara si Yusuf yang dicari oleh si JF? Namanya si Peres. Peres anak YAKUB. Kalau Peres anak Yehuda itu PONAKAN si Yusuf. Peres anak Yakub baru SAUDARANYA si Yusuf.

Kenapa Nama PERES anak Yakub nggak pernah tercatat? ha ha ha ha ha ... Lho kan ente yang BILANG Alkitab ma udah biasa SALAH? ha ha ha ha ha .... Kata Ayu ting ting, ALAMATNYA palsu makanya nggak KETEMU.

gimana sich lu? Ha ha ha ha ha ha ha ha ha ......

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

hai hai's picture

@Debu tanah, Mama nia

Debu tanah: Btw, emangnya Mama nia sependapat dengan anda? Bukankah Mama nia masih berpendapat yang sama dengan saya, soal keturunan Lea adalah 32, di tambah Yakub = 33 orang? Hahaha... nyari kawan nih ye ? Saya yakin Mama nia gak mau jadi kawan anda saat ini, ha ha ha...

Tentu saja mama nia setuju. Benyamin nggak pulang karena dia ketemu Ayu Ting ting yang lagi nyari sanak saudara Yusuf. Dan Tentu saja mama Nia setuju Sanak saudara Yusuf yang lagi dicari si JF adlah Peres anak Yakub karena ente bilang alkitab udah BIASA salah.

Ha ha ha ha ha .... bloon. Gua sebut nama mama nia bukan karena dia setuju tapi ingetin dia tuk BACA lagi, oon, biar bisa ikutan NGAKAK. Karena Benyamin sama Ayu ting ting mencari Peres anak Yakub, sanak saudara Yusuf. Ha ha ha ha ha ha ...

udah dech, berani BAYAR berapa diajarin ajaran yang BENAR yang belum dipahami geneerasi sebelumnya. Yang juga nggak dipahami oleh Esra Alfred Soru dan pdt. Budi Asali bahkan Pdt. Stephen tong dan John Calvin? Ha ha ha ha ha ha ha ha ha ... gua belom pernah aksih tahu siapa siapa nich. Jadi kalau elu gua kasih tahu, elu jadi orang kedua dalam SEJARAH yang yan tahu. Ha ha ha ha ha ...

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

Dasar TOLOL

[ udah dech, berani BAYAR berapa diajarin ajaran yang BENAR yang belum dipahami geneerasi sebelumnya. Yang juga nggak dipahami oleh Esra Alfred Soru dan pdt. Budi Asali bahkan Pdt. Stephen tong dan John Calvin? Ha ha ha ha ha ha ha ha ha ... ]

 

Halah halah..... Ngitung anak-anak Yakub aza gak becus, mau sok ngajarin saya?

Btw lama berlalu, sudah paham apa itu metode Carbon Dating yang benar blm ? Trus udah belajar cara kerja AC yang benar? Jangan-jangan di test masih ngawur juga nih? Itu dulu pahami, hal-hal yang sederhana, baru belajar yang sulit-sulit. Biar gak keliatan TOLOL nya. Ha ha ha ha..

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

@Debu Tanah, Nggak punya duit ya?

kisanak, nggak punya duit ya? ha ha ha ha ha ..... Kalau nggak punya duit yaudah. Terima aja DOKTRIN Alkitab udah biasa SALAH. Ha ha ha ha ha ha ....

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

haihai badut pembual sesat : seupil Stephen Tong

wakakakakakakak mengangkat diri sendiri. memalukan.

Lu tuh Seupil Stephen Tong, mengkontradiksi konteks yang berbeda

Lu tuh Seupil Calvin, bingung nyari benyamin kemana

Lo tuh Seupil Budi Asali, gak punya murid tapi menganggap diri guru

 

Semoga Hawa sang penolong ngajak lu makan buah kesemek

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jesusfreaks's picture

@haihai : tahu arti sanak saudara

inilah gaya penyesat yang pengecut. alih alih mengakui kesesatannya malah mengganggap diri bijaksana. Siapa yang menentang jumlah 70 ? tidak ada. gw setuju kok jumlah 70. makanya berdoa biar gk tolol. kita mencari sanak saudara yusuf, sanak saudara, sanak saudara jumlahnya 75. gw ulangi ya sanak saudara yusuf. bukan keturunan yakub. dodol dipelihara.

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

@Jf, Tuh kan bloon?

JF, udalah udah ketahuan bloonnya. Ha ha ha ha ... SOK mencari sanak saudara Yusuf tidak membuat anda benar tahu. Kalau mau CARI juga, jangan di Alkitab, TANYA si Ayu Ting ting.

di mana, di mana, di mana .....

Kemana, kemana, ke mana .....

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

@haihai sang badut pembual sesat : dimana benyamin sueb ?

udah gw bilang jangan perkosa alkitab, jangan perkosa kebenaran. 

Wakakakakakakakakakakakakakakkak

Mending lo minta maaf aza, daripada semakin mempermalukan diri.

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jesusfreaks's picture

@haihai pembual sesat : 70, sanak saudara dan benyamin

Berikut gw pakai jurus pintar bin bodoh :

1. gw tidak mempersoalkan angka 70, karena itu gw yakini benar.

2. kisah rasul menyatakan Yusuf menjemput, kejadian menyatakan keturunan yakub.

3. benyamin ikut balik kejadian 45:22

 

Usul gw nyerahlah, jangan permalukan diri. 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

@JF, Benyamin Gak Balik

kisanak, benyamin nggak balik lagi. dia bantuin JF cari sanak saudara Yusuf. Dia memang ikut dapat pembagian baju dan duit. Setelah itu dia pergi nyari sanak saudara Yusuf. Ha ha ha ha ha ..... Emang elu aja yang bisa bikin TAFSIR 1001 mimpi? Ha ha ha ha ..

Sebenarnya jAWABANNya sangat sederhana. gua pura pura bloon aja supaya ELU yang katanya lagi banyak DUIT mau diajak TAROHAN. ha ha ha ha ha ... Baca alkitab yang TELITI kissanak. JANGAN menafsir. Itu kuncinya.

Si debui tanah kok nggak nyamber? kayaknya dia baru naik pangkat tuh. jadi duitnya banyak buat ikut TAROHAN. Ha haha ha ha ha ha ...

 

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

haihai badut pembual sesat : benyamin balik

dibuka alkitabnya, gak usah ngeles sana sini. makin lo ngeyel makin mempermalukan diri.

Benyamin balik makanya lo baca apa yang gw suruh baca.

Mau sampai kapan lo permalukan diri lo.

 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Veritas's picture

Kayaknya disudahi saja...

Sepertinya ga ada yang bisa dibahas lagi :))

Kelihatan sudah belangnya hahahahaha...

JF salah kutip dan salah persepsi mengenai istri Yusuf, Hai-hai salah mengenai Peres.

DETA yang sampai saat ini belum keliru. Hanya dia bingung mengenai 9 sanak saudara Yusup untuk menggenapi 75 orang yang diklaim Stefanus.

 

__________________

Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS

http://www.facebook.com/veritasq

jesusfreaks's picture

veritas : quo vadis veritas ?!?!

Kamu memakai nick veritas, tapi loyo amat.

Haihai badut pembual sesat mengkontradiksikan 2 ayat yang jelas jelas konteksnya berbeda, lalu menuduhkannya ke Stefanus. si haihai badut pembual sesat bukan cuma salah soal peres, tapi juga salah memFITNAH Stefanus. dia udah kadung malu menjilat muntahnya sendiri.

Sekarang saya tanya dimana veritas ? kemana veritas ? bukankah Stefanus mati demi veritas ?!

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-