Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Umur Yesus

mujizat's picture

Sebagian orang tidak tahu berapa usia Yesus; sebagian lagi beranggapan bahwa umur Yesus sekitar 33 tahun, namun sebagian lagi berpendapat bahwa usia Yesus tidak terukur; artinya, lebih dari ribuan tahun, jauh lebih panjang dari umur Adam yang kurang dari 1000 tahun; dan tidak tertutup kemungkinan adalah adanya pendapat-pendapat lain yang bervariasi.

Alkitab mencatat Henokh yang tidak sempat mati; melainkan dengan raganya ia diangkat oleh Allah (Kejadian 5:24). Tetapi apakah itu berarti bahwa Henokh masih hidup sampai hari ini? Yang jelas, saat ini Henokh tidak dapat berinteraksi dengan manusia yang masih hidup di Bumi.

Lalu juga nabi Elia yang diangkat oleh TUHAN bersama jasadnya, sehingga beliau tidak mengalami kematian fisik. Namun dia pun tidak berinteraksi dengan manusia hidup di Bumi.

Kemudian ada Lazarus yang pernah dibangkitkan dari kematian, namun akhirnya dia meninggal juga. Alkitab tidak mencatat berapa umur Lazarus di "kematian keduanya".

Tetapi Yesus mengalami seperti Lazarus, Beliau sempat meninggal, lalu bangkit kembali, tetapi setelah itu TETAP HIDUP dengan tubuh "yang lain" yang dengan tubuh tersebut Yesus naik ke Tahta Allah Yang Mahatinggi. Saat ini "fisik" Yesus berada di Sorga, duduk di sebelah kanan Allah Bapa (Kisah 7:55). Namun berbeda dengan Henokh maupun Elia, maka Yesus ini sanggup berinteraksi dengan manusia yang masih hidup.

Salah satu interaksi Yesus dengan manusia hidup ialah ketika Dia mempertobatkan Saulus (Kisah 9:1-9). Yesus saat itu berbincang-bincang dengan Saulus.

Kemampuan Yesus untuk tetap berinteraksi dengan manusia hidup telah dijanjikan-Nya di kitab Injil (Matius 28:20), yakni janji-Nya untuk menyertai pemberita Injil sampai kepada akhir zaman.

Kitab Daniel mencatat seorang pribadi yang disebut sebagai "Yang Lanjut Usia" (Daniel 7:22). Mungkinkah tokoh dimaksud adalah Yesus Kristus? Yesus lebih tahu.

Yang jelas, salah satu tanda manusia hidup (sehat) adalah kemampuan untuk berinteraksi atau bersosialisasi, dan Yesus hingga hari ini masih tetap memiliki kemampuan tersebut. Sudahkah kita menemukan-Nya? Yesus yang usianya lanjut?

Shalom.

__________________

 Tani Desa

Huanan's picture

Tubuh rohani yg tidak dapat binasa

Bang Muji, yang saya tahu manusia nantinya bisa memiliki tubuh sama seperti kebangkitan Tuhan Yesus. Bukan seperti tubuh jasmani yang kita miliki sekarang ini.

(1Kor 15:51-53)

15:51 Sesungguhnya aku menyatakan kepadamu suatu rahasia kita tidak akan mati semuanya, tetapi kita semuanya akan diubah, 15:52 dalam sekejap mata, pada waktu bunyi nafiri yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah. 15:53 Karena yang dapat binasa ini harus mengenakan yang tidak dapat binasa, dan yang dapat mati ini harus mengenakan yang tidak dapat mati.

 

1kor 15:44-45

15:44 Yang ditaburkan adalah tubuh alamiah, yang dibangkitkan adalah tubuh rohaniah. Jika ada tubuh alamiah, maka ada pula tubuh rohaniah. 15:45 Seperti ada tertulis: "Manusia pertama, Adam menjadi makhluk yang hidup ", tetapi Adam yang akhir menjadi roh yang menghidupkan.

Wahyu 20:6 –6

20:6 Berbahagia dan kuduslah ia, yang mendapat bagian dalam kebangkitan pertama itu. Kematian yang kedua tidak berkuasa lagi atas mereka, tetapi mereka akan menjadi imam-imam Allah dan Kristus, dan mereka akan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Dia, seribu tahun lamanya.

Filipi 3:20-21

3:20 Karena kewargaan kita adalah di dalam sorga, dan dari situ juga kita menantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat, 3:21 yang akan mengubah tubuh kita yang hina ini, sehingga serupa dengan tubuh-Nya yang mulia, menurut kuasa-Nya yang dapat menaklukkan segala sesuatu kepada diri-Nya.

__________________

Huanan