Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

DUNAMIS = Kharismatik berkedok presbyterian reformed bagian I

rogermixtin09's picture

Mau dibawa kemana gerejaku tercinta ini ?

 

Gereja masehi injili di minahasa (GMIM) yang dibentuk menjadi gereja bagian mandiri dari gereja protestan Indonesia ( GPI ) pada tahun 1934 merupakan salah satu gereja beraliran reformed yang terbesar di Indonesia.Gereja reformed adalah sebutan bagi gereja-gereja yang menganut teologia Calvinisme.

 

Saat ini ( 2011 ) GMIM memiliki 882 gereja ( jemaat lokal ) yang terbagi dalam 100 wilayah pelayanan dengan kurang lebih 1 juta anggota jemaat.

 

GMIM mengelola banyak lembaga sosial yaitu :

 

332 sekolah taman kanak-kanak,364 sekolah dasar,64 sekolah menengah pertama,20 sekolah menengah atas,6 sekolah kejuruan tingkat SLTA,1 universitas,2 sekolah luar biasa,2 panti asuhan,2 pusat pelatihan,2 rumah sakit umum,beberapa poliklinik,rumah bersalin,dan klinik keluarga berencana.

Universitas Kristen Tomohon telah mencetak banyak pendeta-pendeta berkualitas yang melayani di gereja-gereja GMIM,lembaga-lembaga sosial GMIM,lembaga nasional dan international seperti GPI,PGI,CCA dan lain-lain.

 

Sekolah luar biasa bagi para penderita cacat juga telah membuahkan hasil yang menggembirakan.Beberapa orang laki-laki dan perempuan tunanetra telah berhasil dididik menjadi pekabar-pekabar injil yang sungguh mengherankan.Dengan kondisi keterbatasan fisik mereka mampu mengabarkan injil dan memimpin ibadah di atas mimbar gereja pada ibadah minggu dan ibadah lainya.

 

Dari apa yang kita baca diatas, apakah kita masih meragukan bahwa Roh kudus bekerja dan memberkati pelayanan GMIM ?

 

Haruskah saat ini, setelah ratusan tahun Roh Kudus berkarya melalui De Protestantsche Kerk in Nederlandsch-Indie yang melahirkan GMIM kita masih harus menguji dan belajar membedakan apakah itu Roh Kudus atau roh wedus yang bekerja dalam  GMIM ?

 

Ibarat sebuah pohon, GMIM adalah pohon besar yang memiliki banyak cabang,ranting-ranting dan berbuah lebat.Itu sebabnya daerah minahasa yang merupakan lumbung GMIM sangat diminati oleh banyak denominasi gereja lainya terutama aliran-aliran dari Azuza street seperti pantekosta dengan gerakan menggempur sulawesi utaranya yang cukup berhasil  dan berbagai gereja kharismatik yang sangat gencar mengkampayekan kuasa Roh kudus dengan demonstrasi penyembuhan Ilahi yang ternyata tidak Ilahi dalam KKR mereka , bahkan Advent pun tak ketinggalan menjadikan tanah minahasa sebagai salah satu pusat Advent di Indonesia.Minggu yang baru lalu saya bahkan bertemu dan sempat berbincang bincang dengan salah satu dari 2 orang penginjil Saksi Yehova yang datang dari Hongkong dan sedang giat bekerja di tanah Minahasa.Ditengah-tengah gencarnya serangan dari berbagai arah ini, ada suatu kebanggan tersendiri ketika melihat kenyataan bahwa ternyata gereja GMIM dengan jemaatnya dapat bertahan dan terus berkembang.

 

Sebagai warga dari negara yang menjunjung kemerdekaan setiap orang dalam memilih dan menjalankan agamanya,adalah kewajiban kita untuk  menghormati dan menghargai setiap gerakan denominasi gereja yang ada di Indonesia termasuk di tanah Minahasa sesuai dengan amanat UUD dasar 45,namun sebagai pemimpin dalam lembaga gereja seperti SINODE GMIM,adalah kewajiban setiap hamba Tuhan dalam SINODE untuk melindungi dan mendidik calon pendeta dan jemaatnya agar dapat membedakan mana denominasi ataupun ajaran-ajaran yang tidak sesuai dengan aliran gereja dalam hal ini aliran Reformed atau Calvinis.

 

Sebagai hamba Tuhan yang terikat sumpah untuk setia menjalankan ajaran gereja Reformed,maka tindakan memasukan ajaran-ajaran lain dalam gereja yang bertentangan dengan ajaran reformed adalah penghianatan dalam gereja.Salah satunya adalah program DUNAMIS yang mulai  diajarkan di fakultas teologia UKIT Tomohon pada tahun 2010 lalu.Program DUNAMIS tidak lebih dari gerakan kharismatik yang menyusup atau disusupkan oleh orang-orang dalam kedalam gereja GMIM.

 

Suatu hal yang sangat mengecewakan hati ini adalah ketika melihat jemaat GMIM yang sudah mengerti dan bertahan dari gempuran-gempuran dari luar,kini justru harus menghadapi serangan dari dalam diri sendiri.Tidak tanggung-tanggung serangan itu nanti akan datang dari para calon pendeta yang sudah mempelajari progran DUNAMIS.

 

Sungguh suatu hal yang sangat mungkin terjadi pada beberapa tahun kedepan bila kita melihat suasana peribadatan yang hikmat diiringi dengan alunan paino akan berganti dengan teriakan-teriakan histeris disertai dengan tumpang tangan dan minyak urapan serta  jatuh telentang seperti dalam KKR Beny Hinn

 

Mau dibawa kemana gerejaku tercinta ini ?

 

Bersambung.

 

Nb.

 

saya mengharapkan tanggapan, saran dan kritik dari para blosas setelah melihat video-video dalam link yang saya berikan,agar mengirimkannya ke PM saya untuk menjadi bahan tambahan dalam bagian berikutnya.Trims

 

 

 

 

 

 

mujizat's picture

Kotak-kotak ajaib

Shalom.

Sedikit saja, pak gembala. Jadi, intinya, kristen kharismatik adalah gerakan-gerakan yang tidak alkitabiah-kah? Yang menyimpang kah? Yang sesat kah?

Kalo iya, bisa ditunjukin kah mana sisi sesatnya?

Shalom.

__________________

 Tani Desa

rogermixtin09's picture

Intinya

Salam bang Muji.

Intinya saya tidak pernah menyinggung kharismatik itu sesat atau tidak dalam blog ini.

Intinya adalah saya sangat tidak setuju gerakan Dunamis yang berbau Kharismtik itu dimasukan dalam ajaran gerejaku karena gerejaku gereja Reformed bukan kharismatik.

Salam

mujizat's picture

Kotak-kotak ajaib

Shalom.

Dahulu dikenal mazhab Saduki dan mazhab Farisi. Sama-sama bersumber Taurat Musa; yang beda adalah interpretasi ajaran Musa. Tapi perbedaan interpret tersebut lah yang menempatkan keduanya dalam 'kotak ajaib' masing-masing.

So does christianity,...

Sumbernya sama: Alkitab. Interpretnya ajah yang dikit beda, lalu 'kita' masuk dalam kotak-kotak ajaib juga.

Atau juga seperti rekan sepupu, ada Sunni-is, ada Syiah-is, ada Muhammadiyah-is, ada NU-is. Semuanya, kalau udah 'malem' , masuk ke kotak ajaib masing2. Lalu kalau udah 'bangun tidur' , keluar untuk 'jotosan'.

Ha ha haa,... emang kotak ajaib itu hangat.

Semoga Yesus sedang mempersiapkan kotak-kotak ajaib di Sorga;

kotak pertama diberi label: Kristen mula-mula;

kotak kedua labelnya Katolik-is;

kotak ketiga berlabel Protestanis;

kotak keempat berlabel Calvinis atau Reformed-is

kotak kelima berlabel kharismatik-is

dst,...

Atau,... karena Yesus Mahakuasa, maka Yesus membelah diri menjadi banyak Yesus.

Yesus A sebagai Tuhan-nya Kristen mula-mula

Yesus B Tuhannya Katolik

Yesus D Tuhannya Calvinist

dst ...

Ha ha haaa - kah?

Tapi mungkin juga ini:

Roh Kudus nya yang beda kale?

....... kah?

Shalom.

__________________

 Tani Desa

rogermixtin09's picture

Empat langkah

Bang Muji yang budiman.

Sekali lagi dalam blog ini saya tidak berbicara soal kharismatik itu sesat atau tidak,tetapi ketidak setujuan saya akan progran DUNAMIS yang berbau kharismatik itu dimasukan dalam ajaran gereja saya.

Saya tidak setuju tentu saja harus ada alasanya itu sebabnya blog ini akan ada sambunganya dimana akan saya tunjukan bahwa ajaran Dunamis itu bertentangan dengan Alkitab

Mereka mengajarkan empat langkah dalam jurus membedakan roh apakah itu Roh kudus atau roh wedus.Saya akan menggunakan empat langkah mereka untuk membuktikan bahwa ajaran mereka salah.

Syukurlah bahwa ternyata bang Muji maklum bahwa sebenarnya Yesus tidak perlu membelah diri menjadi Yesus A,B dan D namun apakah gereja bang Muji sudah menghentikan praktek membaptis orang yang sudah dibaptis ? Sebab orang yang sudah dibaptis tentu saja sudah punya gereja bukan ? Baptislah orang yang memang belum mengenal Yesus alias bukan orang kristen sebab bagi saya,tidak ada kebanggaan samasekali membaptis orang yang sudah dibaptis.

mungkin agar lebih jelas mengapa saya mengatakan tidak ada kebanggaan sama sekali membaptis orang yang sudah dibaptis dapat dilihat pada ayat dibawah ini :

2 Korintus 10:13-16

13 Sebaliknya kami tidak mau bermegah melampaui batas, melainkan tetap di dalam batas-batas daerah kerja yang dipatok Allah bagi kami, yang meluas sampai kepada kamu juga.

14 Sebab dalam memberitakan Injil Kristus kami telah sampai kepada kamu, sehingga kami tidak melewati batas daerah kerja kami, seolah-olah kami belum sampai kepada kamu.

15 Kami tidak bermegah atas pekerjaan yang dilakukan oleh orang lain di daerah kerja yang tidak dipatok untuk kami. Tetapi kami berharap, bahwa apabila imanmu makin bertumbuh, kami akan mendapat penghormatan lebih besar lagi di antara kamu, jika dibandingkan dengan daerah kerja yang dipatok untuk kami.

16 Ya, kami hidup, supaya kami dapat memberitakan Injil di daerah-daerah yang lebih jauh dari pada daerah kamu dan tidak bermegah atas hasil-hasil yang dicapai orang lain di daerah kerja yang dipatok untuk mereka.

 

 

mujizat's picture

Rogermixtin, BAPTIS ULANG,...

Shalom.

Soal baptisan, ...

Setahu saya, Alkitab TIDAK mengajarkan baptisan bayi. Tapi, baptisan dilakukan oleh orang yang SADAR tentang makna baptisan. Jelasnya, orang yang sudah aqil baliq, kira2 begitu.

Gereja2 protestan dll melakukan baptisan bayi, yang TIDAK DIAJARKAN Alkitab. Silahkan dipelajari lagi kapan mulai ada baptisan bayi,.....

Lebih jauh, setahuku, baptisan air adalah prosesi lahir baru, dimana seorang sedang memulai lakukan Perjanjian Baru dengan Tuhan. Sebuah Perjanjian tentulah dilakukan oleh dua pihak yang memiliki kesadaran penuh. Itulah sebabnya, setidaknya seorang terbaptis air selayaknya sudah aqil baliq. Itulah juga sebabnya, saya berpendapat bahwa baptisan bayi BELUM KUAT sebagai suatu bentuk Perjanjian dari hati yang suci antara manusia dengan Allah.

Nah,...

Banyak fakta menunjukkan 'korban-korban" dari dogma yang salah soal baptisan air, sehingga walau (merasa) Kristen, tetapi ngak menikmati janji-janji Allah, misalnya soal kesehatan dimana sakit penyakit sudah ditanggung oleh bilur Yesus,...................................................

Karena itu pula Kharismatik mengajarkan perlunya BAPTIS ULANG bagi pelaku baptis bayi. Bahkan seorang dewasa yang pernah baptis celup pun, ketika melakukannya tidak dengan pemahaman yang benar, diseyogyakan lakukan baptis selam ulang.

Bangsa Israel adalah bangsa yang sudah terikat Perjanjian (Lama) dengan Tuhan. Namun ada sebuah kisah dimana Israel MEMPERBAHARUI perjanjian dengan Tuhan. Ayatnya dimana saya lupa, tapi ada.

Ketika saya menggembala di "protestan" selama 13 tahun dahulu, saya mungkin akan cemburu ketika seorang jemaat saya melakukan (dibaptis) selam di gereja kharismatik, karena sama saja dengan tidak mengakui baptisan di gereja kami.

Tapi sekarang, setelah saya tahu kebenarannya, makna pentingnya BAPTISAN AIR YANG DIHAYATI MAKNANYA , ngak ada masalah apakah seseorang yang pernah dibaptis, dia dibaptis lagi. Bagi saya, keselamatan jiwa si terbaptis JAUH LEBIH PENTING dari pada KESOMBONGAN gereja.

Saya sekarang di bawah naungan Ibu Dorcas, penatua Kharismatik, tetapi saya sendiri , dahulu, dibaptis selam di gerejanya Philip Mantofa, gereja Mawar Sharon. Namun Ibu Dorcas TIDAK PERNAH MENYURUH MAUPUN MENGANJURKAN SAYA BAPTIS SELAM ULANG di gerejanya Ibu Dorcas, lantaran saya sudah pernah menjalani baptisan air YANG ALKITABIAH, dan sayapun tidak pernah baptis selam di gereja Ibu Dorcas.

Berhati-hatilah dengan "kecemburuan" Anda, kawan, sebab jemaat bukan milik Anda, tetapi milik Tuhan Yesus

Shalom.

__________________

 Tani Desa

rogermixtin09's picture

dimakan juga

He he he bang muji,saya hanya memberi umpan dan ternyata anda memakanya juga.

Ketika saya menyinggung kharismatik anda bilang Yesus itu bukan Yesus A,B dan D tapi ternyata anda membaptis ulang juga.

Jadi jelaskan kharismatik itu memang berbeda dengan reformed dan tidak akan pernah sama.Oleh sebab itu janganlah tersinggung apabila saya tidak setuju gerejaku disusupi oleh ajaran kharismatik.

salam.

Huanan's picture

Numpang tanya ..

Bang Muji, saya numpang tanya.. Kalau Gereja Bang Muji (Kharismatik ya ?) dimasukkan ajaran reformed menurut bang Muji gimana ? Apakah dalam hati yg terkecil Bang Muji bisa menerimanya ?. Kalo Bicara Tuhan Yesus dan Roh Kudus ya sudah pasti 1 lah.  Masalahnya kan ngak semudah yang kita bayangkan menggabungkan kotak2 tsb menjadi 1 kotak besar. Bukankah begitu Bang muji. ? Tapi saya Yakin di sorga nanti ngak ada pengotakan2.. semuanya yang percaya dan manjalani fiman Tuhan baik itu reformed, Kharismatik, katolik, protestan, fundamentalist, dll.. ada disana. Gimana menurut Bang Muji..?

__________________

Huanan

mujizat's picture

@Huanan, kotak ajaib

Shalom Huanan,

Maksud Huanan ajaran Reformed yang mana? Yang kutahu mungkin TULIP,...

Sedikit melebar,...

Pada umumnya, setiap kekristenan yang masih dlm koridor FT, Muji welcome. Tapi kalau sudah mulai "nyeleneh" , misalnya nyembah Tuhan lewat patung, pakai hafalan doa-doa, lewat perantara orang mati (tegasnya: bagian dari dogma Katolik), Muji tolak mentah-mentah, lantaran memang ngak pas dengan FT.

Protestan bagus, Reformed lebih melengkapi, tapi kalau kharismatik juga melengkapi dari sisi yang lain. Jadi kurasa, tidak lah perlu dibesar-besarkan sampai ada 'sakit hati' segala.

Bagi Muji, saya ngak punya gereja, saya tak layak bilang "itu gerejaku", sebab Gereja (Jemaat, Jemaah, Ummat) adalah milik Tuhan Yesus.

Bagian kita, dalam konteks hamba Yesus, adalah mengontrol agar tiada suatupun ajaran yang MENYIMPANG dari FT , itu saja.

Muji juga yakin bahwa Tuhan tak suka 'pengkotak-kotakan' umat-Nya.

Manusia saja yang kadang bangga tinggal di dalam kotak bikinan sendiri...

Demikian menurut hemat Muji, Huanan.

Shalom.

__________________

 Tani Desa

KEN's picture

Muji itu munafik!

Dari sekian banyak tulisannya, semuanya bertentangan dan ngga konsisten. Tapi dengan ngga tau malunya ia bilang menerima masukan dari ajaran aliran gereja manapun termasuk ajaran reform. Sementara, tulisan2 mengenai ajaran2 reform begitu banyak membanjiri, tapi dengan membabibuta ia menolaknya mentah2. Coba lihat semua tulisannya, tak ada satupun tulisannya yg tidak bertentangan dengan ajaran reform, apalagi ajaran Alkitab?!
jesusfreaks's picture

@ken : bukan munafik, pencerahan

Luarrr biasaaa, ternyata lae muji, sudah mendapat pencerahan. Sudah memahami keintiman dengan TUHAN, dimana didalamnya terdapat KEuNIKAN. Sebagaimana SETIAP manusia adalah unik, demikian juga seharusnya KEINTIMAN dengan TUHAN. Semoga lae muji terus menghargai keunikan manusia. Memahami kedaulatan TUHAN, memahami "semau gw" nya TUHAN. Bwi hi hi hi
__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-